Cara Menghadapi Sikap ‘Musuhan’ Rekan Sekantor Posted: 31 May 2015 07:13 PM PDT Tidak semua berjalan ideal, selalu saja ada masalah salah satunya musuh yang siap menjatuhkan Anda walau Anda sudah berusaha tersenyum dan menyapa dengan ramahnya. Di dunia kerja, sikap suka atau tidak suka kenyataan ini bisa Anda temui yang mana ada orang-orang yang tidak menyukai Anda, apa karena persoalan pribadi atau kemajuan karir Anda. Dan mereka inilah yang bisa dikatakan sebagai yang ‘berpikiran rumit’ di tempat kerja. Sebab mengapa mereka tidak suka tentu banyak ragamnya, jika terjadi di kantor besar biasanya muncul masalah di seputar pekerjaan atau karir. Seperti orang yang tidak menyukai dengan prestasi dan promosi yang Anda raih atau mungkin perkara finansial hingga gaji yang bisa menimbulkan kecemburuan sosial di tempat Anda bekerja. Lantas sikap apa yang sebaiknya Anda terhadap mereka yang ‘musuhan’ dengan Anda?. Ya. tentunya tidak ada tempat untuk menghindar karena ia teman sekantor yang setiap hari bisa bertemu. Jadi tidak ada pilihan selain Anda harus berani menghadapinya. Menghindar sesaat mungkin sebagai solusi sementara tapi bukan berarti konflik bisa langsung mereda. Berani disini bukan dalam artian membalas dengan memaki maupun menggunakan cara kekerasan. Sebaliknya, Anda bisa menghadapi mereka dengan cara yang lebih profesional juga elegan. Salahsatunya dengan menunjukan tingkat inteletualitas dan kematangan emosional Anda pada mereka. ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi sikap ‘Musuhan’ rekan sekantor, - Tetap bekerja secara Profesional. Walaupun Anda terpancing dan marah dengan musuh Anda, makan jangan hadapi dengan cara subyektif, seperti menolak bekerjasama dengannya, sementara Anda satu tim/divisi dengannya. Tetap bersikap profesional saat bekerja bersama musuh Anda. Ingat, walaupun profesional, jangan sekalipun menunjukan rasa kasihan apabila musuh Anda gagal melaksanakan tugasnya, namun bukan berarti pula Anda boleh tertawa di atas kegagalannya. Jika musuh Anda butuh bantuan, berilah bantuan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas Anda.
- Amati reputasinya. Coba selidiki lebih jauh reputasi rekan kerja Anda selama bekerja di kantor. Apakah ia seorang yang bisa diandalkan, brilian atau kreatif?. Ataukah malah sebaliknya, ia sebagai seorang yang pemalas, culas atau gemar mencuri ide? . Janganlah Anda terlalu kasihan karena kalau membiarkannya mungkin saja akan tambah menghancurkan, sikap buruk rekan terkadang perlu ‘cambuk’ agar ia menyadari kalau sikapnya itu telah keliru. Jadi, pada rekan tersebut serta jangan tutup mata dengan keburukannya dan saat bos meminta kesaksian terhadap reputasi musuh Anda, katakan sejujurnya dan sewajarnya, tidak kurang dan tidak lebihkan.
- Menjadi contoh baik. Selama bekerja, tunjukanlah sikap dewasa dalam bekerja sehingga membawa Anda sebagai pegawai teladan juga profesional. jangan pantang menyerah dan terus belajar untuk mengasah kemampuan dan keahlian Anda yang semakin meningkat. Jangan lupa untuk berhubungan baik dengan atasan dan rekan sejawat, sehingga tidak ada celah sedikitpun untuk musuh Anda untuk menjatuhkan reputasi Anda di kantor.
|
Tips Awal Masuk Kerja Posted: 31 May 2015 06:25 PM PDT Apapun sikap Anda ketika menerima status sebagai karyawan baru serta menghadapi hari pertama bekerja, tentu saja perusahaan tersebut mempunyai harapan besar terhadap Anda. Tidak salah jika perusahaan mengharapkan Anda memiliki kualifikasi yang dibutuhkan, sehingga perusahaan betul-betul merasakan kontribusi Anda dalam bekerja. Sebagai langkah positif ketika awal masuk kerja, berikut ini adalah tips nya : - Tidak boleh terlambat. Terlambat di hari pertama bekerja ialah sebagai ´aib´ yang akan Anda terima. Walau Anda tinggal di kota Jakarta yang rawan macet sekalipun, tidaklah dijadikan alasan karena bisa diantisipasi dengan berangkat lebih awal maupun mencari alternatif transportasi lain.
- Menggunakan pakaian kerja formal. Apapun nature of business perusahaan tempat Anda bekerja, tetaplah kenakan busana kerja formal. Seiring waktu Anda bekerja di perusahaan tersebut dan Anda sudah bisa mengenali budaya perusahaan tempat Anda bekerja, barulah Anda bisa mengikuti cara mereka berpakaian. Misalnya, orang yang bekerja di bidang kreatif seperti advertising agency umumnya lebih ekspresif dalam menerapkan aturan gaya berpakaian.
- Berinisiatif berkenalan. Biasanaya atasan baru Anda akan memperkenalkan pada rekan kerja baru, tapi bilamana tidak, maka mulailah berinisitaif untuk perkenalkan diri Anda kepada mereka, serta jangan ragu bertanya. Sebaliknya mereka pun mempunyai kewajiban untuk membantu rekan kerja.
- Patuh pada aturan kerja. Lingkungan dan budaya kerja menjadi pengalaman baru buat Anda, ada beberapa hal dalam pekerjaan yang biasanya tidak dipelajari di kampus, tapi Anda sentidiri tidak memiliki kewenangan untuk merubah SOP atau atauran lainnya agar bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Beberapa bulan pertama bukan waktu yang tepat untuk merubah sesuatu, kecuali bila Anda memang diminta untuk melakukannya oleh atasan atau perusahaan.
- Menjadi diri sendiri. Untuk minggu pertama, serap segala pengetahuan baru yang ada dilingkungan kerja baru, dengan demikian perlahan-lahan Anda akan tahu apa yang diharapkan. Jujur terhadap kemampuan Anda, sebaiknya jangan menyanggupi jika Anda dihadapkan pada sebuah tugas yang belum Anda pahami. Mengenali lingkungan bukan merubah kepribadian Anda yang positif.
- Siap meeting. Dihari pertama kerja, kemungkinan besar akan bertemu dengan banyak pihak, jadi siapkan selalu notepad serta alat tulis Anda.
- Jangan complain. Bilamana ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan harapan Anda. Apapun sebabnya, sebaiknya jangan gampang mengeluhkan sesuatu, bisa-bisa Anda dianggap ‘manja’ atau tukang keluh.
- Sebagai tim. Jika Anda ada rekan kerja yang pulang lebih lama dari Anda, hang back, sebaiknya tunggulah mereka. Jangan jadi orang pertama dalam tim Anda yang pulang. Momen ini juga dapat dijadikan kesempatan untuk mengenal rekan kerja lebih jauh juga mengetahui budaya perusahaan.
|
Cara Agar Mendapatkan Hasil Baik Tes Medical Chek Up Kerja Posted: 31 May 2015 05:36 PM PDT Bisa lulus seleksi administrasi, psikotes hingga wawancara tapi masih juga gagal diterima kerja, Kenapa bisa?. Kegagalan tersebut bisa jadi karena dalam hasil Medical Check-Up (MCU) Anda tidak sesuai yang diharapkan perusahaan. Agara Anda lebih memahaminya, Apa saja penyebabnya dan apa rahasianya supaya lulus MCU? Alasan seleksi Medical Chek Up dilakukan derusahaan General MCU sebagai bentuk pemeriksaan lengkap, yang setidaknya harus dilakukan agar mengetahui ada tidaknya penyakit maupun risiko suatu penyakit. Oleh karenanya, MCU menjadi tahap seleksi penting dan berhubungan dengan keselamatan kerja. Kalau menilik dari tujuannya, perusahaan melakukan tes MCU memiliki maksud: - Mendapatkan calon karyawan yang sehat, produktif sebagai bentuk dari pencegahan terjadinya penyakit juga kecelakaan pada pekerja.
- Sebagai usaha deteksi dini dari berbagai jenis penyakit.
- Sebagai data dasar serta pembanding dalam rangka mendeteksi bilamana adanya kemungkinan Penyakit Akibat Hubungan Kerja (PAHK).
- Sebagai data dasar guna pengembangan berbagai kegiatan promosi kesehatan untuk karyawan.
Tahapan MCU yang lazim dilakukan pada seleksi kerja MCU boleh dibilang tahapan seleksi kerja dengan proses panjang, diantaranya ada beberapa tahap yang wajib dilalui oleh setiap calon karyawan, antara lain: - Anamnesis atau wawancara. Pada tahap ini terdiri dari pengisian formulir identitas diri hingga medical record. Pengisian formulir meliputi pengisian nama, umur, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk medical record terdiri dari pengisian riwayat kesehatan calon karyawan maupun keluarga serta riwayat pekerjaan serta riwayat haid. Jika Anda sedang sakit saat proses anamnesis berlangsung, sebaiknya Anda menjawabnya dengan jujur. Padahal jika Anda jujur, seperti halnya menyampaikan sedang sakit, biasanya dokter menyarankan perusahaan agar melaksanakan proses pengulangan pemeriksaan setelah kondisinya Anda fit kembali.
- Pemeriksaan organ fisik. Pemeriksaan ini mencakup tinggi dan berat badan, pemeriksaan mata, tes buta warna, detak jantung, pengukuran tensi, perabaan organ dalam, denyut nadi, denyut telinga, dan lain sebagainya.
- Pemeriksaan laboratorium. Pemeriksan laboratorium sebagai tindakan maupun prosedur pemeriksaan khusus dengan mengambil bahan serta sampel dari penderita, seperti halnya tes darah, urine (air kencing), sputum (dahak), ataupun sampel dari hasil biopsy.
- Pemeriksaan penunjang lain. Ada beberapa pemeriksaan penunjang yang bisa dilakukan ketika tes MCU, diantaranya foto rontgen, Ultrasonography (USG), Electroechocardiography (ECG), audiometri, spirometri, dan lain sebagainya. Audiometri dilakukan guna mengetahui tingkat pendengaran seseorang. Oleh sebab itu, penting bagi Anda merawat alat pendengarannya secara tepat. Ingat, sebaiknya Anda hindari penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga, karena dikuatirkan kotoran tersebut tidak akan keluar akan tetapi malah masuk terus ke dalam telinga. Jika kotoran itu semakin mengeras, maka menyumbat gendang telinga hasil pemeriksaan pendengaran kita jelek.
Tips agar mendapatkan hasil MCU yang baik - Memberikan asupan karbohidrat yang cukup (paling sedikit 150 gr/hari) selama 3 hari sebelum pemeriksaan
- Perhatikan asupan karbohidrat yang kamu makan. Beri tubuhmu takaran setidaknya 150 gram karbohidrat setiap harinya.
- Puasa selama 12 jam, sejak malam hari hingga waktu pengambilan darah/bahan pemeriksaan lain
Puasa menjadi penting karena berpengaruh terhadap glukosa. Pemeriksaan glukosa puasa menjadi wajib karena penyakit diabetes melitus tidak hanya penyakit yang menyerang orang tua tetapi remaja dan anak-anak juga. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa yaitu makan, minum teh, kopi, dan susu. Satu-satunya yang boleh dikonsumsi adalah air putih. Disarankan jangan berpuasa lebih dari 14 jam. - Tidak berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat sejak 12 jam sebelum pengambilan darah.
- Olahraga dan aktivitas fisik yang berat dapat memengaruhi tekanan darah. Hal ini lebih disebabkan dengan pola kondisi tekanan darah tinggi akan banyak penyakit penyertanya, seperti kalau hipertensi penyakit bisa ke arah jantung, ginjal, dan penurunan produktivitas kerja. Padahal tensi tinggi teman-teman itu tidak selalu disebabkan oleh bakat tensinya tinggi, tapi bisa juga kemarin main futsal, badminton maupun begadang.
- Berhenti minum obat sejak 4-24 jam sebelum pengambilan darah atau 48-72 jam sebelum penampungan urin.
- Kecuali, dokter tetap menganjurkan minum obat atau kondisi kesehatan tidak memungkinkan (informasikan ke petugas lab)
- Hindari mengkonsumsi junk food serta merokok, beberapa perusahaan tidak akan memberikan toleransi bagi Anda yang merokok. Namun ada juga yang memberikan sedikit toleransi.
- Hindari tato dan tindik. disamping rokok, tato juga menjadi faktor utama yang bisa menggagalkan dalam tahap MCU. Kecuali jika Anda yang tinggal di daerah tertentu, seperti halnya Bali atau pedalaman Kalimantan yang biasanya ada tradisi mengharuskan warganya bertindik atau bertato.
|
Tips Menghadapi Tes Wawancara Kerja Dengan Percaya Diri Posted: 31 May 2015 04:45 PM PDT Ingin menghadapi tes wawancara kerja dengan sukses? Persiapakan dirimu dengan baik dan miliki sikap percaya diri ketika tes ini berlangsung. Percaya diri menjadi satu modal yang harus dimiliki setiap peserta interview, karena dengan percaya diri tes ini bisa berlangsung dengan baik. Lain halnya jika kurang percaya diri dan masih memiliki rasa grogi, itu akan menjadi satu penyebab kegagalan dalam melewati tes wawancara kerja. Meskipun Anda sudah bisa melewati tahapn tes sebelumnya dengan baik, pengalaman kerja yang banyak, serta potensi yang baik, jika tidak memiliki rasa percaya dalam diri ketika berhadapan dengan hrd nanti, sedikit kemungkinan untuk Anda berhasil melewati tes wawancara kerja. Nah, untuk memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi tes wawancara kerja, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebagai tips untuk memiliki percaya diri yang baik ketika mengikuti tes wawancara kerja.  kredit gambar : bisnis.liputan6.com - Melatih Mental Diri
Latih mental diri dengan mengenali sejumlah pertanyaan yng umum diberikan saat wawancara, ketahui bagaimana cara untuk menjawab pertanyaan tersebut, serta lakukan latihan wawancara kerja untuk melatih diri Anda agar tidak grogi saat wawancara yang sesungguhnya. Siapkan juga jawaban atas pertanyaan yang Anda temukan, sehingga saat nanti menemukan pertanyaan yang sama Anda tidak akan bingung untuk mengambil jawaban dan Anda bisa menjawabnya dengan cepat serta percaya diri. - Pakaian Rapih
Dengan berpenampilan rapi akan menjadi satu kesan awal yang baik, Pakai pakaian yang formal, bersih, sopan dan tentunya rapi. Bagi wanita hati-hati untuk memilih pakaian, hindari pakaian yang berkesan seksi. Bagi Anda pria yang suka tidak terlalau memperhatikan penampilan, untuk tes wawancara ini usahakan berpenampian dengan rapi baik itu dari pakaian dan rambut, karena hal tersebut menjadi satu nilai yang akan membawa Anda untuk mendapatkan suatu pekerjaan. - Persiapkan Dokuman
Periksa surat dan dokumen yang dibutuhkan dan harus dibawa saat tes interview. Dan jangan lupa untuk membawa alat tulis, untuk persiapan jika dibutuhkan. - Istirahat Dengan Cukup Dan Sarapan
Tampil lebih prima menjadi faktor yang mendorong Anda untuk lebih siap berhadapan dan mengahadpi segala pertanyaan dari pihak perusahaan, agar Anda bisa tampil prima cukup dengan mengatur waktu istirahat dan tidak lupa sebelum berangkat isi perut dengan sarapan makan yang membuat Anda lebih fresh. - Datang Lebih Awal
Usahakan tiba di lokasi memiliki waktu setidaknya 20 menit sebelum waktu wawancara dimulai. Waktu tersebut guna untuk mengatasi kejadian yang tidak terduga saat diperjalanan, jika ada yang lupa, serta guna untuk lebih mempersiapkan diri sebelum dipanggil. - Bersikap Sopan
Tunjukan sikap sopan terhadap calon karyawan, staff perusahaan, begutupun dengan hrd yang akan merekrut Anda. Lakukan sikap yang sopan saat masuk ruanagn hingga wawancara diakhiri.Perusahaan tidak mencari mereka yang cerdas, tetapi perusahaan juga mencari yang memiliki sikap baik untuk karyawan diperusahaannya. Itulah tips untuk melatih diri agar tampil percaya diri dalam menghadapi tes wawancara kerja, jika Anda ingin memiliki sikap percaya diri yang baik untuk kesuksesan diri Anda, silahkan lakukan beberapa hal yang telah diberikan diatas. Salam sukses |
Tips Menggambar Rumah Dalam Tes Psikotes Dengan Nilai Tinggi Posted: 31 May 2015 04:40 PM PDT Tips psikotes menggambar rumah – Dari beberapa soal tes psikotes, soal menggambar merupakan salah satu soal yang gampang-gampang susah, mungkin Anda yang hobby menggambar untuk soal menggambar bukanlah yang sulit, tetapi dari soal gambar ini bukan hanya keindahan dan kebagusan yang dinilai, ada beberapa hal yang dilihat dari hasil gambaran tersebut yaitu sebagai nilai untuk melihat karakter seseorang yang membuat gambar tersebut. Tentunya Anda sudah mengetahuikan bahwa tes psikotes ini adalah tes yang diberikan untuk menilai karakter seseorang yang mengikuti uji tes. Karekter diri Anda dapat dilihat dari hasil jawban yang Anda berikan pada setiap soal tes yang nanti akan Anda hadapi, maka usahakan Anda bisa memberikan jawaban yang terbaik untuk karakter tepat yang dicari oleh perusahaan.  kredit gambar : www.gakerja.com Dari soal tes gambar tidak hanya menggambar rumah, biasanya pohon dan manusia subjek yang digunakan untuk menggambar dalam tes psikotes, dan ada juga tes gambar yang menggambar atas inisiatif Anda sendiri dengan bentuk gambar yang telah ada, itu adalah tes wartegg. Untuk persiapan menghadapi soal tes gambar ini, jika Anda ingin mengenal cara untuk menggambar baik rumah, berikut tips psikotes menggambar rumah akan diberikan untuk Anda agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. - Buat gambar rumah dengan ketebakan garis yang sedang, artinya jangan Anda menggambar terlalu tebal dan juga jangan terlalau samar.
- Gambar rumah dengan lengkap mulai dari jendela, pintu, dan atap. Untuk menggambar pintu dan jendela sebaiknya gambar dengan keadaan terbuka, hal ini menunjukan bahwa Anda adalah orang yang terbuka dan suka melakukan interaksi dengan orang lain.
- Buat ukuran rumah yang cukup besar, besar kecilnya ukuran rumah ini behubungan dengan pengaruh Anda dengan perusahaan. Bila Anda membuat ukuran rumah engan ukuran besar, utu artinya Anda memiliki pengaruh yang besar terhadap perusahaan.
- Buat juga pagar rumah dengan begitu menunjukan bahwa Anda memiliki sistem keamanan yang baik.
- Tidak ada salahnya untuk Anda menambahkan orang atau pohon didalam gambar tersebut untuk pelengkap gambar agar lebih indah dilihat.
- Jaga kerapihan kertas, dan lakukan goresan pensil dengan satu goresan dan hindari bekas hapusan sebab itu akan menghindari Anda dari sifat bahwa Anda peragu.
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai tips psikotes menggambar rumah, silahkan cobalah berlatih menggambar dan mengkonsep gambar dari sekarang sehingga nanti saat waktu tes Anda tidak membuang waktu untuk mengambil gambar rumah yang akan Anda buat. |
Cara Berpenampilan Wawancara Kerja yang Baik Bagi Wanita Posted: 31 May 2015 04:40 PM PDT Cara berpenampilan wawancara kerja merupakan hal penting yang harus Anda ketahui untuk penampilan yang tepat saat menghadiri suatu tes wawancara kerja. Penampilan yang baik menjadi kesan awal yang baik untuk keberlangsungan tes yang menentukan dan menegangkan ini. Cara penampilan yang Anda berikan menjadi penarik awal minat pihak pewawancara untuk ingin mengenal lebih jauh dan menjadi pertimbangan menentukan keputusan mereka. Maka dari itu penting untuk Anda memperhatikan penampilan Anda saat akan menghadapi tes wawancara kerja.  kredit gambar : tipskarir.com Nah mengenai cara berpenampilan wawancara kerja yang akan dipostingkan yaitu penampilan yang baik bagi wanita yang akan mengikuti tes wawancara atau interview kerja. Dengan mengetahui cara berpenampilan dengan beberapa hal yang harus dilakukan dan dihindari dibawah ini setidaknya bisa menjadi pandun Anda untuk bisa menampilkan penampilan yang menarik dan berkesan baik dimata pewawancara nanti. Cara Berpenampilan yang Baik Bagi Wanita Saat Wawancara Kerja - Pakaian
Pilih pakaian yang pas dengan tubuh Anda, tidak kekecilan dan juga tidak kelonggaran. Hindari pakaian yang memberikan kesan seksi, dan motif yang rame. Sesuaikan pakaian dengan pekerjaan yang Anda lamar. Sopan, bersih, dan rapih menjadi hal yang harus dimiliki dalam pakaian yang akan Anda kenakan dan Anda merasa nyaman dengan pakaian tersebut. - Warna
Warna dari pakaian juga penting untuk Anda pilih karena warna pakaian akan berpengaruh untuk keserasaian penampilan Anda. Jika ingin memakai pakaian yang berwarna selin putih, pilih warna biru atau warna yang elegan lain. Serasikan warna pakaian dengan celana atau rok serta blazer atau jas yang akan Anda pakai. - Rambut
Tata rambut Anda dengan rapih, bisa diikat jika rambut Anda panjang. Usahakan rambut Anda tidak menutupi wajah. Nah, bila Anda melamar kerja disuatu kantor dengan posisi tertentu Anda bisa meniru gaya rambut karyawan yang bekerja untuk posisi tersebut. - Make-up
Pakai Make-up untuk tampil lebih fresh dan mempercantik wajah Anda. Pakai dengan tidak berlebihan, dan gunakan warna-warna yang natural sehingga kecantikan alami Anda lebih terlihat. Pakai parfum untuk membuat tubuh Anda segar. - Aksesoris
Sebagain besar wanita menyukai aksesoris, segala macam bentuk aksesoris pasti akan dipakai untuk mempercantik dirinya. Tetapi untuk penampilan tes wawancara ini, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan. Bila Anda berhijab cukup memakai jam tangan saja dan jika tidak berhijab boleh Anda memakai giwang yang simpel. - Sepatu
Alangkah lebih baik pakai sepatu pantopel dengan heels tetapi jika tidak terbiasa, boleh Anda gunakan sepatu tanpa heels. Warna sepatu sebaiknya hitam. Dan jangan lupa untuk memakai stoking terutama Anda yang memakai rok. Itulah cara berpenampilan wawancara kerja dengan poin-poin penting yang harus diperhatikan dan dilakukan bagi Anda wanita yang akan mengikuti tes wawancara kerja, selamat mempersiapkan dan semoga sukses. |
Tips Dan Trik Mengerjakan Soal Psikotes Dengan Sukses Posted: 31 May 2015 04:30 PM PDT Tips dan trik tes psikotes – sebelumnya apakah Anda pernah mengikuti tes psikotes ? Tes psikotes satu bentuk tes yang bertujuan untuk mengetahui karakter dari seseorang, baik itu yang sedang melakukan melamar kerja atau yang akan melanjutkan pendidikan pada suatu sekolah atau universitas favorite. Tes ini dilakukan sebagai cara untuk bisa mengenali karakter yang dirancang oleh para ahli pakar psikologi dengan memberikan sejumlah soal logika. Anda yang kini akan mengikuti tes psikotes, sejumlah pertanyaan akan Anda hadapi. Menjawab dari setiap soal psikotes tidaklah bisa ditebak, karena soal dari tes ini tidaklah sama dengan soal-sol layaknya seperti ujian sekolah, soal psikotes pastinya sudah tergambarkan oleh Anda yang sudah pernah mengalami tes ini baik itu semasa sekolah atau ketika melamar kerja diperusahaan sebelumnya.  kredit gambar : massageng.com Untuk menghadapi tes psikotes jelas banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari persiapan fisik, mengenal jenis soal psikotes dan cara mengatasi pertanyaan sehinga semuanya bisa berlangsung dengan baik. Akan tetapi akan lebih tepat lagi jika persiapan diri untuk menghadapi tes psikotes ini Anda mengetahui tips dan trik dalam mengerjakan psikotes, sehingga saat mengerjakan tes nanti Anda tidak keteteran dalam mengerjakan soal yang bisa menjadi poin penentu untuk masuk ketahap selanjutnya. Tips Dan Trik Mengerjakan Soal Psikotes Dalam mengerjakan soal psikotes pengawas tes akan memberikan waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut, usahakan semua soal yang diberikan bisa terselesaikan dengan baik. Tetapi hati-hati jangan karena dibatasi waktu membuat Anda terburu-buru dan hilang konsentrasi, tetaplah tenang dan bisa melakukan hal-hal berikut untuk membantu Anda dalam mengerjakan soal yang akan Anda kerjakan nanti - Sebelum masuk ruangan periksa kembali alat tulis yang harus Anda bawa, jangan sampai Anda lupa membawa alat tulis dan harus mencarinya diwaktu tes dimulai.
- Tenangkan diri Anda agar bisa berkonsentrasi dengam baik.
- Masuk dan duduk dengan rilex, serta persipakan alat tulis diatas meja.
- Berdo'alah untuk ketenangan dan kelancaran dalam menghadapi soal-soal yang diberikan.
- Dengarkan instruksi dari pengawas karena itu berupa arahan untuk Anda dan biasanya berhubungan dengan cara menjawab soal psikotes.
- Jika Ada yang tidak dimengerti, jangan malu untuk bertanya.
- Jangan lupa untuk mengisi data diri, ini sering terjadi dan sebagain yang gagal dari tes ini karena lupa menuliskan data diri.
- Tenang dan konsentrasi, jangan terlalau memikirkan waktu.
- Dahulukan mengerjkaan soal yang menurut Anda mudah
- Kerjakan sendiri dan jangan mencoba mencontek dalam kondisi apapun karena ini adalh nilai karakter diri.
- Usahakan semua soal terjawab.
- Jika memiliki sisa waktu, periksa kembalilembar jawaban Anda dan pastikan semua soal terjawab dengan tepat.
Itulah tips dan trik tes psikotes dalam mengerjakan soal psikotes, semoga ini bisa menjadi motivasi diri untuk sukses mengerjakan soal psikotes dan lolos masuk tes selanjutnya. Salam sukses |
8 Soal Terbaru Dalam Tes Psikotes, Wajib Anda Pelajari !! Posted: 31 May 2015 04:25 PM PDT Soal psikotes terbaru – Setelah berhasil sukses menarik perhatian pihak perusahaan dalam tes seleksi surat lamaran kerja, langkah selanjutnya tinggal Anda melakukan tindakan pola pikir Anda untuk bisa berhasil melewati tes psikotes kerja dengan baik. Tes psikotes sudah menjadi tahapan tes yang umum diberikan suatu perusahaan dalam penyeleksian tenaga kerja setelah seorang pelamar terpilih dalam penyeleksian surat lamaran kerja. Untuk berhasil melewati tahapan tes kerja tentu tidak akan lepas dari suatu persiapan, karena persiapan tersebut yang akan menjadi tiket untuk membawa perjalanan Anda melewati tahapan tes kerja hingga mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Persiapan apa yang tepat untuk tes psikotes kerja? Mengetahui soal psikotes terbaru merupakan satu langkah tepat yang baik untuk persiapan dalam menghadapi tes psikotes kerja. Dengan mengatahui beberapa soal yang mungkin menjadi soal dalam tes psikotes nanti, bisa menjadi satu latihan diri untuk berpikir dan mencari tahu bagaimana mengatasi soal tes psikpotes tersebut. Untuk itu disini tipskarir membagikan soal yang diberikan dalam tes psikotes sebagai gambaran untuk Anda yang kemungkinan akan muncul dalam psikotes kerja sebagai bantuan melatih diri agar bisa menghadapi tes psikotes dengan baik. - Soal Antonim Dan Sinonim, soal tes yang meminta Anda untuk mencari lawan dan persamaan kata dari kalimat yang sudah ada. Untuk mengatasi soal ini bisa Anda download contoh soal dan jawaban untuk Anda pelajari dan mengasah ingatan dalam meningat berbagai lawan kata dan persamaan kata yang nanti harus Anda tuliskan.
- Soal Aritmatika,tes berbentuk soal matematika yang jawabnnya berhubungan dengan hitungan metematika seperti perkalian, pembagian dan lainnya.
- Soal Deret Angka, salah satu pertanyaan yang mengecoh cara pikir Anda dalam mengerjaknnya, jika Anda tidak bisa memahami cara untuk mengerjakan soal tersebut, disini Anda harus benar-benar menegrti pola dari soal tersebut untuk mengetahui deret angka yang selanjutnya.
- Soal Koran tes yang meminta jawaban berbentuk susunan sesuai dengan permintaan. Untuk tes ini Anda harus bisa mencari tahu bagaimna cara mengerjakan soal tes koran ini dan mengetahui dengan benar craa menegrjakannya.
- Soal Logika Angka Dan Logika Formil, pertanyaan yang memainkan logika, lakukan latihan berpikir logika secara terus menerus agar cara berpikir logika Anda semakin besar.
- Soal Menggambar, dari pertanyaan ini Anda akan disuruh menggambar yang biasanya menggambar pohon atau manusia. Tujuannya dari hasil gambaran tersebut akan terlihat atau menunjukan karakter diri Anda.
- Soal Perdana Hubungan, merupakan butir-butir pertanyaan yang memiliki tantangan besar karena semua jawaban dari soal ini harus berhubungan dengan satu sama lain.
- Soal Warteg, sama seperti tes gambar akan tetapi bedanya disini akan tersedia beberapa kotak dengan isi kotak terdapat bentuk gambar yang belum terselesaikan dan Anda harus berinisiatif menggambar suatu benda dari bentuk atau goresan yang telah ada pada suatu kotak.
Semoga postingan untuk soal psikotes terbaru ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan untuk persiapan diri yang lebih maksimal dalam menghadapi tes psikotes. |
Contoh Dan Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) yang Diterima Perusahaan Posted: 31 May 2015 04:20 PM PDT Cara membuat CV yang baik hanya dapat Anda lakukan dengan memiliki contoh cv yang baik serta memahami apa yang harus tercantum dalam sebuah CV. CV merupakan berkas penting yang sangat mutlah terlampirkan dalam melamar kerja, berkas ini yang menerangkan tentang diri pelamar maka sangat penting untuk dimiliki dalam berkas lamaran kerja. Pihak perusahaan bisa mengenali dan mengatahui cocok tidaknya pelamar tersebut dilihat dari CV yang diberikan, karena dari sini informasi diri pelamar akan didapatkan.  kredit gambar : katakata.co Seorang pelamar dapat dikenali baik oleh pihak hrd perusahaan dalam tahap perkenalan ini tergantung dari berkas CV yang diberikan, penulisan CV yang baik sudah tentu akan membuat Anda dikenal baik perusahaan. Nah untuk membuat CV ini, agar cv Anda bisa diterima baik dan Anda dikenal baik perusahaan, untuk memebuat CV yang baik seperti yang telah dijelaskan diatas berikut Contoh CV lamaran kerja dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penulisan sebuah CV. Curriculum Vitae Data Pribadi Nama : Rifandi Ahmad Tempat, tanggal lahir : Bekasi, 23 Januari 1992 Jenis kelamin : Laki-laki Agama : Islam Kewarganegaraan : Indonesia Status : Belum menikah Alamat : Jl. Singgasana no 89 Blok D kel. Bergia, Bekasi 09898 Telepon : 098 989 009 898 Email : Latar Belakang Pendidikan Pendidikan Formal 2010-2013 : S-2 Universitas Bakti Nusa Bekasi 2007-2010 : SMK Yabanus Bekasi Pendidikan Non Formal 2005-2006 : Kursus Komputer 2008-2009 : Kursusu Sastar Bahasa Asing 2011-2012 : Sistem Perpajakan Kemampuan 1. mampu mengoprasikan komputer dengan baik 2. Bisa menulis dan berbicara fasih bahasa asing inggris dan jepang 3. Sistem Pajak Pengalaman Kerja Bekerja di PT.Kuala Bangsa Periode : Juni 2013 – Februari 2014 Status : Kontrak Posisi : Staff Administrasi Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan siap untuk dipertanggung jawabkan. Bekasi, 29 Mei 2015 Rifandi Ahmad Contoh CV diatas hanya untuk referensi Anda untuk format penulisan CV lamaran kerja, silahkan lakukan penulisan data diri Anda dengan lengkap. Dan berikut ebebrapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penulisan CV lamaran kerja CV tertulis dengan baik dan Rapih - Penggunaan bahasa dan tanda baca yang Baik dan benar.
- Isi CV Jujur, Ringkas dan Jelas
- Penulisan CV sebaiknya diketik komputer dengan jenis huruf formal dan tidak berwarna
- Buat CV menarik dengan menggunakan background yang tidak polos bisa Anda tambahkan tempalate sesuaikan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.
- Halaman CV jika Anda fresh graduate berjumlah 1 halaman dan jika memiliki pengalaman kerja maksimal 3 halaman.
- Isi data relevan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar
- Periksa ulang untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan data riwayat diri Anda.
Nah, itulah contoh dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menulis CV lamaran kerja sebagai cara membuat CV yang baik, semoga bermanfaat dan selamat mempersiapakan. |
No comments:
Post a Comment