4 Keahlian yang Membuat Anda Disukai Atasan Posted: 21 May 2015 06:08 PM PDT Sejalan dengan perkembangan bisnis maupun usaha dewasa ini, pola industri terus mengalami perubahan. Oleh sebab itu, sebagai pekerja profesional tentu saja akan dituntut untuk lebih fleksibel mengenai kemampuan juga dalam hal wawasan . Selain itu, para pegawai harus senantiasa mempelajari hal baru untuk meningkatkan kinerjanya di kantor. Tapi meski industri maupun pola kerja mengalami perubahan, ada beberapa kemampuan yang menjadi ciri khas dan selalu dicari banyak perusahaan pada para pegawainya. Karyawan ideal ialah mereka yang mampu memenuhi target serta ekspektasi para pemilik perusahaan : - Kemampuan memimpin. Sebagian orang ditakdirkan memiliki kemampuan memimpin yang baik sementara sebagian lain tidak. Meski begitu, kemampuan memimpin memainkan peranan penting dalam setiap pekerjaan. Lagipula, tak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk mempelajari kemampuan tersebut. Sayangnya, seringkali kemampuan kepemimpinan tidak diajarkan di tempat kerja tapi Anda dituntut untuk memilikinya.
- Kemampuan komunikasi. Kemampuan berkomunikasi yang baik kerap menjadi kunci suksesnya dari sejumlah proyek. Sebagai pegawai, Anda pastinya sudah faham betapa pentingnya sebuah tim kerja dalam menyelesaikan berbagai proyek. Sementara itu, tidak ada satu pun tim kerja yang baik tanpa memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga. Membayangkan apa yang Anda ingin capai mungkin mudah, namun menyampaikan visi tersebut pada tim kerja Anda belum tentu bisa dengan mudah terselesaikan.Sehingga tak heran, bilamana kemampuan komunikasi menjadi salah satu syarat kemampuan idaman para atasan perusahaan agar dimiliki oleh para pegawainya. Kemampuan komunikasi juga dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai masalah internal dengan karyawan.
- Kemampuan bisnis. Meski sebagian orang menganggap bahwa kemampuan bisnis merupakan bakat yang tidak bisa dipunya oleh setiap orang, namun faktanya kemampuan tersebut bisa dipelajari dengan mudah. Kemampuan bisnis memang terdengar kompleks sebab terdiri dari sejumlah kualitas. Contohnya saja, pebisnis sukses senantiasa memiliki visi jangka panjang, selalu jujur juga memiliki insting dan mampu menilai berbagai peluang yang datang padanya. Kemampuan analisa serta wawasan luas juga menjadi salah satu elem dalam jiwa berbisnis seseorang sehingga membuat dirinya menjadi orang yang diandalkan para atasan.
- Kemampuan negosiasi. Para pegawai maupun pebisnis sukses harus dibarengi dengan kemampuan negosiasi yang bagus. Kemampuan ini dianggap penting untuk mencapai kesepakatan yang adil antar rekan kerja tanpa mesti mengganggu komunikasi secara jangka panjang. Bukansuatu hal yang dipaksakan, tapi bagi staf yang mempunyai keahlian dalam bernegosiasi tentu sangat memahami makna seni berbicara
|
Tips : Jika Lelah Bekerja Keras Posted: 21 May 2015 05:33 PM PDT Seperti halnya dalam sebuah hubungan, maka hubungan Anda dengan pekerjaan juga akan berputar seperti rolcoaster, kadang menyenangkan atau juga bisa menjadi sangat melelahkan. Kelelahan maupun rasa jenuh ketika bekerja mungkin tak akan langsung tampak secara fisik namun Anda bisa mengenalinya. Seperti halnya ketika Anda berpikir, hari ini masih Senin dan sudah tak sabar ingin hari Jumat segera tiba. Hal ini bisa menjadi salah satu ciri bahwa Anda sudah sangat jenuh pada pekerjaan yang dilakukan. Disamping itu, jika Anda kurang semangat, malas, juga merasa tidak tertarik berangkat ke kantor ataupun menghindari banyak orang di kantor. perilaku dan sikap seperti ini sebenarnya wajar terjadi jika Anda sudah merasa terlalu lelah sehingga merasa seperti kehilangan semangat untuk bekerja. Dari apa yang terjadi pada diri Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengusir seluruh kejenuhan tersebut. Berikut adalah caranya; - Jujur dan mengakui pada diri sendiri. Akui perasaan Anda tentang kehidupan kerja di kantor. Tulis seluruh perasaan Anda maupun bicarakan dengan seseorang yang dapat dipercaya. Tapi ingat dan berhati-hatilah, jika semakin Anda mengabaikan perasaan Anda justru akan membuat situasi perasaan Anda malah semakin bruk. Dengan semakin cepat Anda jujur pada diri dan mengakui perasaan tersebut, maka semakin mudah mengatasinya.
- Mencari inspirasi. Carilah buku maupun film yang bisa menceritakan sejumlah kisah sukses juga menginspirasi Anda sebagai penikmatnya. Hal ini penting dan bisa menjadi masukan buat Anda, mengingat banyak orang sukses yang berhasil mendapatkan insipirasi justru setelah mendapati berbagai tekanan.
- Menikmati kehidupan pribadi. Saat sibuk, tmungkin saja Anda melewatkan moment untuk bercengkrama dan melupakan sahabat dan keluarga lantaran menghabiskan banyak waktu untuk bekerja sehingga lupa akan lingkungan sekitar kehidupan pribadi Anda. Maka luangkan lah waktu dengan orang-orang terdekat yang dapat memberikan semangat juga perasaan bahagia setiap hari.
- Menyusun rencana. Banyak orang hanya datang ke kantor hanya sekedar menunaikan rutinitas dan kewajiban. Akan sangat sulit bagi Anda untuk merasa bersemangat setiap hari jika Anda tidak tahu cara mengsiasatinya. Maka mulailah dengan menyusun rencana berbagai hal menyenangkan yang bisa dilakukan di kantor maupun sepulang kerja. Namun bila Anda masih merasa kelelahan, mungkin ini waktunya Anda menyusun rencana untuk bekerja di tempat lain.
|
7 Anjuran Agar Tetap ‘Waras’ Dimasa Menganggur Posted: 21 May 2015 05:06 PM PDT Tidak mempunyai pekerjaan alias nganggur menjadi status yang bisa memberikan tekanan. jika Anda menjadi seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training alias tidak dalam pelatihan, pendidikan maupun pekerjaan), hari-hari tanpa pekerjaan bisa menjadi waktu dimana mental Anda diuji. Apalagi, periode pengangguran ini seringkali tidak diduga-duga kapan akan berakhir. Berikut ini tips-tips bagaimana agar Anda tetap ‘waras’ di masa-masa menganggur: - Pertama, Jika Anda pernah mengundurkan diri dari pekerjaan lama jangan benci dan memutuskan untuk tidak kembali lagi . Jika Anda tidak menyukai dengan tempat kerja Anda sekarang, jika belum ada pekerjaan lain maka tidak disarankan untuk meninggalkannya dengan bersungut-sungut. Sebaliknya, penting untuk menjaga hubungan baik bersama rekan kerja guna memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan berikutnya.
- Kedua, Menerima apa yang terjadi. Bukan cuma Anda yang harus mengalami masa menganggur ini. Masih banyak yang mengalami hal dan persoalan yang sama, jadi jangan sampai Anda jatuh depresi tapi usahakan kelilingi diri anda dengan iklim yang optimistis dan menyemangati.
- Ketiga, Pikirkan lagi tujuan dan prioritas Anda. Menjadi seorang pengangguran bisa membawa Anda pada kondisi dimana uang bisa lenyap dengan cepat, apalgi bila Anda orang yang termasuk suka nongkrong. Yang jelas, karena belum ada pemasukan, Anda harus menghemat uang makan dan kebutuhan hidup lainnya, termasuk berbagai macam tagihan atau cicilan. Jadi ber Nongkrong ria yang kurang berguna tidak seharusnya ada di agenda Anda.
- Keempat, Jika ada jangan tunda bayar cicilan. Jika Anda masih memeiliki angsuran pembayaran, masalah keuangan tidak bisa menjadi alasan Anda tidak membayar tagihan. Bahkan, menunda membayar bisa mendatangkan masalah yang lebih besar dan membengkaknya tagihan. Status pengangguran merupakan bagian hidup dan sebaiknya Anda negosiasikan ini dengan bank Anda.
- Kelima, Jangan putus asa dan mudah menyerah. Mengirim ratusan CV maupun surat lamaran kerja, namun belum mendapat panggilan kerja bukan sesuatu yang harus disesali. Hal ini penting, agar Anda tetap mengevaluasi dan senantiasa meningkatkan performa diri maupun kompetensi yang ada.
- Keenam, Ambil pandangan holistik terhadap situasi yang dialami Anda. Sisi positif harus senantiasa Anda tanamkan pada pikiran Anda, dengan menganggur bisa memberi waktu agar Anda melakukan pencarian diri. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda tidak puas dengan jalan karir Anda saat ini dan ingin melakukan perubahan. Anda bisa mengambil kursus atau bahkan sekolah lagi untuk mengembangkan keterampilan Anda.
- Ketujuh, Jangan merana dan terlantarkan diri Anda sendiri. Tidak jarang sepresi dan stres akibat menjadi pengangguran Untuk itu ada baiknya Anda tetap menjaga kesehatan fisik maupun mental Anda.
|
Inilah 5 Negara Dengan UMR Tertinggi Posted: 21 May 2015 04:36 PM PDT Sudah menjadi hal lazim jika negara-negara maju memiliki standar upah yang lebih tinggi dibanding negara berkembang. Salahsatunya upah minimum pekerja tertinggi di dunia saat ini ialah di Australia. Ini berdasarkan Peringkat dibuat oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dari peringkat 27 negara yang telah mengubah upah minimum pekerjanya. Berdasarkan dari data tersebut, bahwa pekerja berumur 21 tahun ke atas di wilayah Australia, upah minimumnya mencapai AU$ 15,96/jam. Setelah dikurangi pajak dan biaya lain, upah bersih setara US$ 9,54 atau Rp 124.000/jam. “Mereka (Australia) menerapkan upah minimum yang tinggi. Menariknya, pajak di Australia terbilang rendah. Australia menyadari, memberi dukungan terhadap upah pekerja lewat sistem pajak sangat penting,” papar Herwig Immervoll, penulis laporan OECD ini, seperti dilansir dari CNN, Kamis kemarin (21/5/2015). Sementara itu negara-negara lain juga ada yang menaikan upah minimum pekerjanya. Ironisnya, mereka malah menaikan tarif pajak penghasilannya, sehingga upah bersih yang diterima pekerja lebih kecil. Dalam peringkat tersebut, Amerika Serikat (AS) menduduki peringkat 11, dengan upah minimum US$ 7,25/jam. Dipotong pajak dan lain-lain, upah bersih pekerja adalah US$ 6,26/jam. Disisi lain peringkat AS bisa naik, bila hal ini dihitung berdasarkan upah tiap negara bagian. Hampir saparuh dari negara bagian memberikan jaminan dengan upah pekerja di atas upah minimum yang ditetapkan pemerintah pusat. Berdasarkan laporan dari OECD ini juga memperlihatkan, untuk pekerja dengan 2 anak dapat bekerja hanya 6 jam per minggu agar bisa mengangkat taraf hidupnya. Oleh sebab iitu mereka diberikan tunjuangan oleh negara Di Amerika Serikat, pekerja dapat memperoleh profil yang sama, dan harus bekerja 50 jam per minggu agar terhindar dari kemiskinan. Sementara itu di negara Republik Ceko, pekerja harus bekerja 79 jam tiap minggunya untuk bisa lepas dari kemiskinan. Dari 8 negara, termasuk Finlandia, Swedia juga Swiss tidak masuk dalam laporan ini, mengingat pemerintah mereka tidak mengatur soal upah minimum pekerjanya. Inilah 5 besar negara dengan upah minimum pekerja tertinggi yang berdasarkan data dari OECD : - Australia dengan US$$ 9,54/jam
- Luksemburg dengan US$ 9,24/jam
- Belgia dengan US$ 8,57/jam
- Irlandia dengan US$$ 8,46/jam
- Prancis dengan US$ 8,24/jam
Sebaliknya untuk negara dengan upah minimum terendah berdasarkan data OECD ialah Latvia, Chili serta Meksiko, yang menerapkan standar upah minimumnya di sekitar US$ 1/jam atau Rp 13.000/jam. |
Cara Berpakaian Dan Bersikap yang Baik Saat Wawancara Kerja Posted: 21 May 2015 04:30 PM PDT Wawancara kerja yang baik – Suatu proses mencari kerja dapat dikatakan sukses jika Anda bisa berhasil melewati tes wawancara kerja. Percuma jika Anda berhasil melewati beberapa tes tahap kerja tetapi gagal dari tes wawancara, pekerjaan yang Anda inginkan akan hilang. Maka dari itu jangan kaget jika Anda pernah mendengar ada pencari kerja yang stress setelah gagal dari tahapan tes wawancara ini, mengingat perjuangan persaipan diri yang sudah dilakukan sejak awal harus gagal dan kesempatan kera hilang karena hal sepele yang dilakukan, jelas itu akan menjadi sangat kecewa. Nah jangan sampai kejadian itu terjadi tehadap Anda, meskipun Anda memiliki kualifikasi dan potensi yang baik untuk lolos dari tes seleksi surat lamaran kerja jangan jadikan itu andalan Anda dalam tes wawancara kerja, sebab keahlian dan kualifikasi yang Anda miliki tidaklah bisa menjamin untuk bisa lolos dalam tes wawancara kerja. Saat tes wawancara kerja, tidak hanya menilai itu, keahlian yang Anda miliki harus terbuktikan, keseluruhan mengenai diri Anda akan ternilai ditambah Anda akan berbicara langsung dengan pihak perusahaan jelas akan membuat Anda harus mempersiapkan diri lebih maksimal. Dari cara berbicara, penamplan dan sikap, metupakan poin yang menjadi penilain pihak perusahaan. Persiapakn ketiga hal tersebut dengan baik. Nah, tahukan Anda mereka yang dapat memiliki cara berbicara yang baik bahkan pintar dalam setiap mejawab pertanyaan, tetapi harus gagal ? Sikap dan penampilan yang menjadi kendala mereka untuk berhasil, dan biasanya hal sepele itu terjadi dari sikap dan penampilan yang mereka tunjukan. Maka untuk persiapan wawancara Anda, agar terhindar dari sikap dan penampilan yang bisa menghambat kesuksesan Anda, berikut tipskarir akan memberikan cara berpakaian dan sikap yang baik saat wawancara kerja Cara Memilih Pakaian Pilih pakaian yang sopan pas dan layak untuk Anda pakai. Jika Anda melamar untuk suatu posisi tertentu, sesuaikan pakaian Anda dengan posisi pekerjaan tersebut atau bisa Anda meniru gaya pakaian pekerja untuk posisi yang sedang Anda lamar. Hindari pakain kasual, dan pakian yang seksi. Pastikan pakain tersebut pas tidak kekecilan dan terlalu longgar serta pilih warna yang elegan dan serasi dengan jas atau celana yang akan Anda pakai. Bagi Anda yang berjilbab, pilih pakaian yang tidak ribet, terlalu banyak motif dan sebaiknya gunanakan bawahan celana agar Anda bisa melangkah dengan bebas. Tentunya pakaian yang Anda pakaian bersih dan rapih. Pakian yang baik dan membuat Anda nyaman akan menjadi kenyamanan orang lain. Sikap yang Harus Baik Ditunjukan Mulai dari masuk ruangan wawancara, perlihatkan sikap yang baik dan berikut panduannya - Ketuk pintu ruangan wawancara jika wawancara dilakkan dalam suatu ruangan
- Masuk dan Ucapkan salam
- Untuk ketengangan saat akan melangkah, silahkan Anda lakukan tarik nafas sejenak
- Saat pewawancara melihat Anda, berikan senyuman dan melangkah dengan tenang
- Jabat tangan pewawancara dan ucapkan bahwa Anda senang brtemu dengan mereka
- Jangan duduk sebelum dipersilahkan
- Duduk dengan posisi yang baik, tidak menunduk dan bersandar
- Berikan ekspresi wajah yang siap, siap untuk menghadapi pertanyaan yang diberikan
- Jangan menunjukan ketegangan
- Bila disuruh memperkenalkan diri, perkenalkan diri dengan baik
- Berbicara dengan jelas atur intonasi suara untuk tidak terlalu lembut dan terlalu keras dan gunakan bahasa yang baik dan benar
- Berbicara dengan tegas dan meyakinkan
- Jangan terlalu percaya diri
- Jika memiliki kebiasaan yang jelek, tahan hal itu selama berhadapan dengan pewawancara
- Dalam berbicara sesekali tersenyum
- Dengarkan pertanyaan dengan baik, jangan memotong pembicaraan pewawancara
- setelah pewawancara selesai berbicara, beri jarak sekitar 5 detik saat akan menjewab.
- Cermat dalam mengenal pertanyaan, karena biasanya ada pertanyaan jebakan
- Akhiri wawancara dengan meninggalkan kesan yang baik, jabat kembali tangan pewawancara dan berikan sikap tenang saat keluar.
Seperti itulah cara memilih pakaian dan sikap yang harus Anda tunjukan saat menghadapi wawancara kerja, semoga dengan mengetahui ini wawancara kerja yang akan Anda hadapi bisa menjadi wawancara kerja yang baik dengan hasil yang diharapkan. Salam sukses |
4 Persiapan Tepat Menjelang Wawancara Kerja Posted: 21 May 2015 04:25 PM PDT Tes wawancara kerja atau interview kerja merupakan satu bagian terpenting dalam suatu poses perekrutan kerja. Pada tahapan tes ini, kepribadian masing-masing pelamar akan dinilai. Maka untuk itu persiapan diri sangat penting dilakukan sebelum menghadiri tes wawancara. Persiapan sangat penting sebab ini yang akan membawa diri Anda untuk bisa lolos tidaknya menghadapi wawancara kerja. Jika ingin berhasil melewati tes wawancara yang menentukan ini dengan baik, maka persiapakan diri dengan baik agar wawancara yang akan dihadapi bisa berlangsung dengan sukses. Nah, untuk membantu persiapan Anda saat akan mengahadapi wawancara kerja, pada kesempatan ini tipskarir akan mengulas mengenail hal yang penting dipersiapakan saat menghadapi wawancara kerja. Sengaja ini dipostingkan untuk membantu persiapan Anda dan sangat tepat untuk melakukan pengetahuan apa saja yang harus dilakukan dalam sebuah persiapan lamaran kerja. Dengan langkah yang kini Anda lakukan bisa menjadi satu nilai positif yang dapat membantu Anda untuk bisa lolos tes wawancara kerja. Berikut Hal yang Penting dipersiapakan Untuk Mengikuti Tes Wawancara Kerja Mengingat bahwa tes wawancara merupakan proses pengenalan pribadi serta kemampuan yang Anda miliki, maka ada baiknya Anda mempersiapkan penampilan Anda. Jangan sampai penampilan Anda tidak mencerminkan hal yang negatif untuk perusahaan yang akan Anda masuki. - Kenali Deskripsi Perusahaan Dan Posisi Pekerjaan yang Anda Lamar
Kenali mengenai perusahaan yang sedang Anda lamar dan pahami dengan baik gambaran pekerjaan dari posisi ditawarkan. Pengetahuan untuk mengenal perusahaan dan posisi pekerjaan yang akan Anda lamar penting untuk mengatasi jawaban dari pertanyaan yang bersangkutan dengan kedua hal tersebut. Pertanyaan mengenai perusahaan dan pekerjaan akan muncul, tujuannya untuk mengetahui seberapa besar Anda serius untuk bekerja diperussahaan tersebut. Jika Anda bisa menjawab pertanyaan dengan tepat maka Artinya Anda serius dan betul memahami pekerjaan yang akan diberikan, dengan begitu pihak perekrut memiliki keyakinan kepada Anda. - Ketahui Pertanyaan Wawancara Sekaligus Cara menjawab
Saat ini sudah dapat Anda temukan bocoran soal untuk pertanyaan wawancara kerja. Cukup dengan searching di internet, pertanyaan tersebut dapat Anda temukan. Pelajari juga bagaimana cara memberikan jawaban yang tepat dan coba untuk memberikan jawaban pada pertanyaan-pertanyaan tersebut. - Latih Mental Diri
Mental diri Anda sangat akan diuji dalam tes ini, penting untuk melatih mental diri sebab dengan meningkatkan mental yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk lebih tenang dan memiliki konsentrasi yang penuh dalam wawancara nanti. Melatih mental diri dapat dilakukan dengan melatih bicara dan menjawab soal dari setiap pertanyaan yang diberikan. Latihan ini bisa dilakukan sendiri dengan cara bercermin atau meminta rekan untuk menemani Anda sebag - Persiapkan Penampilan
Penampilan merupakan nilai tambah yang akan menjadi nilai awal Anda. Saat pewawancara melihat Anda, mereka akan melihat penampilan Anda dan itu akan menjadi satu poin ketertarikan yang diberikan. Jika penampilan Anda baik maka mereka akan segan untuk mewawancarai Anda, tetapi jika sebaliknya mungkin saja Anda akan disuruh pulang kembali. Maka persiapakan penampilan dari saat ini mulai dari pakaian, dan hal lain yang bisa memperindah penampilan Anda. Siapkan pakaian yang sopan, bersih dan rapih. serta sesuaikan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Bagi perempuan hindari penggunaan make-up dan aksesoris yang berlebihan. Perhatikan gaya rambut sebab itu yang mnjadi pendukung kerapihan diri. Kesiapan yang matang akan menjadi hal baik di mata perusahaan yang akan Anda masuki. Dari itu jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri dan tunjukan penampilan diri Anda yang terbaik dalam tes wawancara kerja dengan melakukan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas. Salam sukses |
3 Persiapan Hilangkan Grogi Saat Menghadapi Pertanyaan Wawancara Kerja Posted: 21 May 2015 04:20 PM PDT Pertanyaan wawancara kerja – Wawancara kerja adalah satu tahap tes yang mutlak dilalui oleh setiap pelamar pekerjaan untuk bisa diterima kerja diperusahaan yang sedang dilamar, baik untuk posisi pekerjaan yang tinggi seperti untuk posisi manager atau hanya sekedar menjadi karyawan tetap harus melewati tahapan tes ini. Tidak semua pelamar yang bisa mengikuti tes wawancara kerja, merasakan duduk berhadapn dengan beberapa pewawancara tidaklah bisa dirasakan oleh semua pelamar yang mengajukan diri untuk bekerja diperusahaan tersebut, karena tes wawancara kerja ini dapat diikuti oleh pelamar yang telah lolos dalam syarat tes sebelumnya baik itu tes seleksi surat lamaran kerja dan tes psikotes. Dari kedua tes sebleum tes wawancara kerja, tujuannya untuk mengetahui apakah pelamar sudah memenuhi syarat atau belum. Nah, jika saat ini Anda sudah bisa memasuki tes wawancara kerja, maka sebagian besar Anda sudah melengkapai syarat yang dibutuhkan perusahaan. Dalam wawancara ini Anda tinggal meyakinkan mereka bahwa Anda layak untuk bekerja diperusahaan yang mereka pimpin. Untuk mengikuti tes wawancara persiapkan diri dengan maksimal, sebab dari tes ini keseluruhan diri dan kepribadian Anda akan terlihat. Dari persiapan yang dilakukan untuk menghadapi wawancara kerja, salah satu persiapan penting yang harus dilakukan yaitu persiapan untuk menghadapi pertanyaan wawancara kerja. Sejumlah pertanyaan akan diberikan dengan beragam dari tes ini yang mana harus dijawab dengan langsung, tepat jelas dan meyakinkan. Jawaban yang diberikan akan menjadi poin untuk keberhasilan Anda melewati tahapan ini. Maka persiapan yang penting dilakukan yaitu persiapan diri dalam menghadapi pertanyaan wawancara kerja. Persiapan Menghadapi pertanyaan Wawancara Kerja - Ketahui Pertanyaan Wawancara Kerja
Mungkin saja Anda cerdas menjawab soal dalam tes lisan, tetapi Anda belum tentu bisa dalam menjawab soal atau pertanyaan wawancara kerja secara lisan. Dalam menjawab pertanyaan wawancara kerja banyak hal yang Anda rasakan, apalagi saat berhadapan dengan perekrut kemungkinan Anda akan merasakan tegang dan gerogi sehingga tidak bisa konsentrasi untuk mendengar pertanyaan dan memberikan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Maka untuk itu persiapan diri menghadapi pertanyaan wawancara kerja ini dengan mengetahui sejumlah pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara nanti. Dengan mengetahui pertanyaan wawancara kerja Anda bisa mempelajari dan mengenali pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan Anda hadapi sehingga saat wawancara kerja, Anda tidak akan merasakan kaget dengan pertanyaan yang diberika. - Kenali Tips Menjawab Pertanyaan
Selain mengetahui pertanyaan, kenali cara untuk menjawab setiap pertanyaan wawancara, biasanya dalam suatu pembahasan pertanyaan ini akan disertai dengan tips menjawab pertanyaan tersebut. ketahui hal itu maka Anda bisa mengetahui cara untuk memberikan jawaban yang tepat dari masing-masing pertanyaan yang diberikan. Setelah mengetahui cara menjawab pertanyaan, coba lakukan menjawab atas soal-soal wawancara kerja, dengan begitu bisa menjadi satu latihan diri untuk mengambil setiap jawaban. Dan saat diberikan jawaban yang sama Anda sudah memiliki jawaban yang tepat. - Lakukan Latihan Wawancara
Setelah melakukan kedua hal diatas, lakukan latihan diri wawancara kerja. Ajak rekan atau teman untuk melakukan hal ini, akan lebih baik jika Anda melakukan latihan wawancara kerja dengan orang yang sudah berpengalaman dalam tes wawancara kerja sehingga Anda bisa belajar dari pengalaman orang tersebut. Lakukan latihan ini dengan serius, anggap wawancara yang sesungguhnya. Hal ini guna untuk melatih mental diri sehingga saat berhadapan dengan pewawancara Anda sudah terbiasa dan tidak akan merasa gugup. Semoga postingan dari cara menghadapi pertanyaan wawancara kerja ini bermanfaat dan bisa membantu persiapan diri Anda. Salam sukses |
5 Tips Mengambil Kunci Sukses Wawancara Kerja Posted: 21 May 2015 04:20 PM PDT Tips wawancara kerja – Tes wawancara kerja biasanya dilakukan setelah tes psikotes. Bagi pelamar yang telah lolos menghadapi tes psikotes, maka selanjutnya akan dihadapkan dengan tes yang menegangkan dan cukup menakutkan, yaitu tes wawancara kerja. Mengapa menegangkan atau menakutkan.. Mungkin beberapa alasan yang bisa menjadi alasan setiap pelamar harus merasakan tegang menghadapi tes wawancara kerja, misalnya tegang karena harus berhadapan dan berbicara langsung denga pihak perusahaan dan takut untuk gagal. Dari itu persiapan mengahadpi wawancara kerja sangat harus dilakukan dengan maksimal.Nah Untuk persiapan apa yang penting dilakukan, tepatnya ketahui tips wawancara kerja. Tips wawancara kerja sangat penting diketahui sebagai panduan mengenai hal apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja agar bisa mengikuti wawancara dengan baik dan mendapatkan hasil yang terbaik. Tanpa mengetahui apa yang harus dilakaukan dan dipersiapkan dalam mengahadapi suatu tantangan baik itu hal melamar kerja ataupun lainnya tidak akan berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang diharapkan jika tidak dilakukan dengan persiapan diri yang baik. Agar persiapan yang dilakukan dapat dilakukan dengan tepat dan menjadi kekuatan untuk menerobosa tahapan yang cukup menegangkan ini, tips wawancara kerja dengan beberapa hal yang harus dilakukan cocok untuk dipelajari sehingga Anda dapat menyusun setiap persiapan dengan tepat. Berikut tips wawancara kerja guna untuk membantu persiapan Anda. - Memahami Pekerjaan yang Dilamar
Tujuan dari wawancara kerja salah satunya yaitu untuk mengetahui seberapa besar pemahaman pelamar mengenai perusahaan yang kemudian menyangkut pada pengetahuan mengenai posisi pekerjaan yang dilamar. Untuk itu persiapkan diri dengan mengenali perusahan dan posisi pekerjaan yang sedang Anda lamar, untuk menunjukan bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut dan bekerja diperusahaan yang mereka pimpin. - Ketahui Lokasi Wawancara
Bila Anda belum mengetahui lokasi wawancara, cari tahu dari sekarang jangan mendadak dihari wawancara kerja. Mengetahui lokasi wawancara sangat penting untuk menghindari keterlambatan yang bisa membuat wawancara Anda kacau. Jika lokasi sudah terketahui , Anda bisa mengatur waktu berangkat dan tiba ke lokasi. - Datang Lebih Awal
Atur waktu keberangkatan Anda untuk tiba dilokasi wawancara kerja, usahakan Anda memiliki waktu 20-15 menit sebelum wawanacara dimulai. Lebih baik menunggu dan bisa mempersiapkan diri lebih siap daripada datang dengan penampilan lusuh karena terlambat. - Jawab Pertanyaan Dengan Baik
Saat diberikan pertanyaan, berikan jawaban dengan jujur, tegas dan jelas . Hati-hati dalam menghadapi pertanyaan ini sebab banyak pertanyaan yang menjebak. Sebelum menjawab denganran dengan baik dan pahami apa yang ingin diketahui pihak perusahaan dalam pertanyaan tersebut dan berikan jawaban yang tepat. - Berpakaian Baik Dan Bersikan Sopan
Pakaian dan sikap menjadi hal yang diperhatikan oleh pewawancara dan ini menjadi nilai tambah Anda. Gunakan pakaian yang baik, rapi dan tidak ribet atau seksi. Penampilan Anda mencerminkan karakter diri maka penting untuk diperhatikan. Tunjukan sikap yang sopan dan membuat pewawancara senang dengan Anda. Dengan mengetahui tips wawancara kerja diatas, setidaknya sekarang Anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan agar wawancara bisa berlangsung dengan baik. Salam sukses |
Tata Cara Berpenampilan Profesional Untuk Wawancara Kerja Posted: 21 May 2015 04:15 PM PDT Tata cara wawancara kerja – Persaingan untuk mendapatkan suatu pekerjaan sangatlah ketat. Tidak hanya satu tes yang bisa meloloskan Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini, bisa jadi lebih dari 2 tahapan tes yang harus dilalui dengan baik dan berhasil yang umumnya yaitu tes seleksi surat lamaran kerja, tes psikotes, dan tes wawancara kerja. Bila saat Ini Anda sudah melakukan tahapan tes dengan baik dan memiliki panggilan wawancara kerja, tinggal satu langkah lagi Anda mencoba meyakinkan pihak perusahaan agar bisa berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Tes wawancara kerja sangat menentukan, dan keberhasilan dari tes ini yang menjadi keberhasilan sesungguhnya. Karena tes wawancara ini menentukan, maka dalam penilaian yang dilakukan sangatlah kritikal. Persiapan yang baik sangat penting dilakukan. Persiapan untuk menghadapi wawancara kerja selain persiapan mental dan kepercayaan diri, penampilan adalah hal penting yang juga harus diperhatikan dengan baik.Dari penampilan ini akan menjadi satu nilai tambah dan juga penarik minat pewawancara untuk ingin mengenal Anda. Penampilan untuk wawancara kerja tidaklah perlu berlebihan dan juga tampil apa adanya. Untuk itu, agar penampilan Anda tepat dan berkesan profesional dihadapan pihak pewawancara, berikut tipskarir akan memberikan saran berpenampilan yang tepat saat wawancara kerja. - Gaya Rambut
Rambut merupakan salah satu pelengkap dari suatu penampilan, pakaian yang rapih tapi rambut Anda acak-acakan tentu tidak akan berkesan baik. Cobalah keramas rambut Anda agar lebih fresh dan tata rambut dengan sederhana. Jika rambut Anda panjang silahkan ikat dengan meniru gaya rambut pekerja yang bekerja pada posisi yang sedang Anda lamar atau potong rambut agar tidak menutupi wajah. Hindari pewarnaan rambut, jika rambut Anda sudah diwarnai silahkan hitamkan kembali atau bisa dengan Anda menggunakan jilbab. - Riasan Wajah
Bagi wanita, untuk mempercantik diri poles wajah Anda dengan make up. Tetapi ingat, jangan terlalu berlebihan atau menor. Gunakan make up yang berwarna natural untuk terlihat lebih fresh dan tetap menonjolkan kecantikan alami. Hidari warna make –up yang terlalu terang serta terlalu gelap. - Kesehatan kuku
Kuku merupakan hal kecil yang tidak boleh Anda lupakan karena kuku Anda terutama kuku tangan penting untuk diperhatikan. Pastikan kuku Anda terawat dan tetap memberikan kesan formal. Silahkan jika Anda ingin cat kuku Anda, tetapi pilih warna yang baik dan cocok dengan warna kulit Anda. - Memakai Parfum
Tampil percaya diri dengan tubuh yang wangi. menggunkaan parfum sangat baik untuk membuat tubuh Anda terlihat segar dan wangi meski harus menunggu. Pilihlah aroma parfum yang tidak terlalu menyengat dan jangan lupa gunakan deodoran. - Pilih pakaian yang Tepat
Pilih dan siapkan pakaian yang sesuai dengan posisi pekerjaan Anda. Patikan pakaian tersebut, cocok, pas dan pantas untuk Anda gunakan, tidak lupa bersih dan rapih. Pilih pakaian yang formal seperti kemeja, celana dan rok bukan dari jeans, dan bisa tambahkan blazer. Hindari pakaian ketat dan seksi sebab itu akan mengganggu kenyamanan Anda begitupun dengan orang lain yang melihat. - Sepatu
Pilihlah sepatu pentopel dengan warna hitam. Bagi wanita jika bisa sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki hills, tetapi jika tidak bisa sepetu hill tidak diwajibkan, boleh Anda gunakan yang membuat Anda nyaman. Gunakan kaos kaki dan bagi wanita yang memkai rok pakailah stocking. Penampilan merupakan awal dari ketertarikan seorang perekrut, dari itu tampilkan diri Anda dengan baik. Semoga postingan tata cara wawawancara kerja untuk penampilan ini bisa menjadi motivasi untuk membantu persiapan penampilan wawancara kerja yang akan Anda hadapi. Salam sukses |
Cara Sukses Mengirim Lamaran Kerja Via Email Posted: 21 May 2015 04:10 PM PDT Cara mengirim lamaran kerja via email – Semakin majunya teknologi membuat manusia semakin mudah untuk berkomunikasi, seperti dengan adanya handphone setiap orang bisa berkomunikasi dengan cepat tanpa perlu langsung bertemu. Begitupun dengan suatu pekerjaan, media internet bisa menjadi satu alat yang berperan untuk mendukung keinginan pencari kerja, mulai dari mencari informasi lowongan kerja, mempersiapakan hal yang akan dipersiapkan untuk beberepa tes tahapan kerja, dan mengirim lamaran kerja. Dapat Anda temukan semuanya di internet. Mengirim lamaran kerja melalui internet kini sudah menjadi hal yang umum, apalagi saat ini perusahaan-perusahaan besar sudah memiliki website masing-masing yang pastinya ketika mereka membuka suatu lowongan kerja saat melakukan penerimaan surat lamaran akan dilakukan dengan via online. Anda yang barus pertama kali akan melakukan mengirim lamaran kerja via online atau email, baik untuk Anda yang sudah melakukan proses melamar kerja namun tidak terpanggil untuk lolos seleksi berikutnya, saat mengirim lamaran kerja ada beberpa hal yang harus diperhatikan agar lamaran yang diberikan dapat diterima dengan baik - Akun Email
Email yang Anda gunakan memiliki nama akun yang baik, jelas, dan mudah diingat. Sebaiknya gunakan email dengan nama Anda sendiri agar lebih terkesan profesional. Pastikan juga alamat email perusahaan benar sehingga lamaran kerja Anda dapat terkirim dengan tepat. - Judul Email Tepat
Beri nama judul emai dengan jelas dan singkat . Tujuannya agar petugas yang menerima email bisa dengan cepat mengetahui maksud email yang Anda berikan. Misalnya Bila Anda melamar kerja sebagai Customer service sperusahaan maka subjeck atau judul email yang tepat "Melamar Kerja untukCustomer service".Tepai jika perusahaan sudah menentukan judul emai yang akan dipakai. Misalnya, untuk Customer service kodenya "CS". Maka untuk judul lamaran kerja Anda ikuti ketentuan tersebut. - Buat Berkas Lamaran Dalam Bentuk File
Untuk surat lamaran dan CV jangan lakukan Anda menulis dari bada email sebab itu bisa menyebabkan sulit untuk terbaca. Tulislah surat lamaran dan CV dalam bentuk file, serta lakukan penulisan dengan baik dan rapih. - Lampiran Lengkap
Lampiran adalah berkas yang akan menjadi satu bahan pertimbangan penilain seorang pelamar sekaligus pembanding untuk pelamar yang lain. Untuk itu snagat penting Anda melampirkan berkas penting yang snagat bisa menarik perusahaan untuk tertarik dengan Anda. Pastikan lampiran Anda scann dengan lengkap tanpa ada satu berkas yang terlupkan. - Jenis File
File yang akan Anda kirimkan gunakan file yang berektensi ..doc, pdf, atau .txt. Jika perusahaan tidak memberikan syarat file yang harus Anda gunakan, maka Anda bisa menggunakan file .doc. Usahakan file berukuran kecil tidak lebih dari 300 KB, termasuk foto. Agar lamaran Anda ringan terdownload. Itulah cara mengirim lamaran kerja via email. Lakukan dengan teliti dan pastikan semua lampiran terkirim dengan baik. |
No comments:
Post a Comment