Tuesday, May 19, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Hai Fresh Graduates, Apa sih Keuntungan Kerja Di Perusahaan Kecil?

Posted: 19 May 2015 05:40 PM PDT

Baru terima surat kelulusan tapi bingung cari kerja di perusahaan yang bagus?,, mimpi ingin bekerja di perusahaan besar, ternama atau bahkan bertaraf internasional tentu menjadi harapan dari sekian banyak pencari kerja. Selain tampak lebih keren, perusahaan juga dapat menjamin dan memberikan berbagai fasilatas, akomodasi hingga kesejahteraan karyawan diatas rata-rata. Sehingga tak heran, bila perusahaan besar tersebut membuka lowongan pekerjaan maka ada ribuan dan berjubel orang yang melamar.

Namun jika pada akhirnya bukan Anda yang mendapatkan pekerjaan tersebut, jangan berkecil hati dan putus asa. Mungkin ini saatnya bagi Anda untuk memutuskan melamar di perusahaan kecil atau perusahaan yang baru berkembang. Sangat masuk akal bila mengalami naik turun yang membuat jantung berdebar, hal ini disebabkan dinamika kerja yang sangat dinamis, kamu bisa bekerja lebih efisien, tidak adanya batasan tanggung jawab, pengetahuan, dan belajar mengenai segala hal yang berhubungan dengan bisnis.

Masih ragu kerja di perusahaan kecil?, mari kita simak keuntungan lainnya yang ditawarkan perusahaan kecil bagi Anda berikut ini ;

  • Kekeluargaan. Mengingat jumlah karyawan yang relatif sedikit di Perusahaan kecil maka memungkinkan lingkungan kerja yang lebih kekeluargaan sehingga menjadi poin penting karena dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Sebaliknya bila Anda bekerja di perusahaan besar, meski sudah bertahun-tahun belum tentu bisa mengenal satu sama lain.
  • Inovasi. Bekerja di perusahaan kecil berpeluang menemukan tim yang bersemangat dan antusias. Hal ini dapat memicu inspirasi dan akhirnya akan muncul ide-ide yang inovatif. Hal ini akan mendorong ke perkembangan bisnis yang lebih maju lagi. Menjadi bagian dari tim kewirausahaan juga merupakan cara terbaik untuk belajar tentang inovasi mengenai bagaimana menangani masalah dan menemukan cara efisien mengatasinya.
  • Pencapaianmu yang nyata. Dengan bekerja di perusahaan kecil, hasil kerjamu akan terlihat nyata, sekecil apapun itu. Anda bisa berkontribusi secara langsung dan terlibat dalam setiap program perusahaanmu, sehingga Anda akan bisa produktif setiap harinya. Hasil kerja akan memberikan kontribusi kepada keberhasilan ataupun kegagalan bisnis perusahaan. Karena hal itulah, sistem organisasi mereka dibuat sedatar mungkin.
  • Mengembangkan Skill. Walaupun kamu mempunyai job description yang jelas, namun bukan berarti kamu tidak bisa belajar hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaanmu. Walau mungkin hal tersebut tidak terlalu terdengar positif, tapi bagi kamu yang menginginkan tantangan pastinya akan bersemangat untuk berkerja di perusahaan kecil atau pun startup. Anggap saja hal baru yang akan kamu pelajari sebagai selingan untuk menghindari kebosanan yang umumnya dilanda karyawan perusahaan besar.
  • Mengembangkan Karir. Bila saat ini Anda masih sedang merancang karir impian, bukan tidak mungkin dikemudian hari akan mendapat tawaran di posisi yang Anda inginkan. Jika tekun dan berusaha keras mewujudkannya, tinggal selangkah lagi Anda akan  berada di posisi tersebut. Misalnya saja jika Anda memiliki cita-cita yang ingin membangun perusahaan sendiri, maka bekerja di perusahaan kecil akan menjadi pembinaan diri terbaik. Lingkungan kerja di perusahaan kecil bisa mendidik Anda  tentang cara menetapkan tujuan, melaksanakan strategi, menjalankan operasi bisnis.

Bekerja di perusahaan besar dan ternama memang menguntungkan. Tapi hal bukan berarti Anda memandang sebelah mata terhadap perusahaan kecil. Bila Anda menyukai tantangan jadi tidak ada alasan untuk putus asa lamaran pekerjaanmu tidak ada tanggapan dari perusahaan besar, dimana perusahaan kecil bisa menjadi alternatif solusi karir Anda.

Tata Cara Melamar Pekerjaan Melalui Via Email Dengan Sukses

Posted: 19 May 2015 04:35 PM PDT

Tata cara melamar pekerjaan adalah hal yang akan saya bahas pada kesempatan ini, guna untuk membantu persiapan Anda yang kini tengah disibukan dalam mengajukan lamaran kerja pada perusahaan yang telah menyediakan lowongan pekerjaan yang Anda inginkan.

Melamar kerja dengan memberikan beberapa berkas data diri merupakan awal yang dilakukan setiap pencari kerja untuk meminta permohonan dan izin memperkenalkan diri saat menginginkan bergabung dengan perusahaan. Lamaran kerja yang diberikan menjadi awal yang bisa menarik minat pihak perusahaan dan mewujudkan keinginan Anda untuk bekerja dengan perusahaan, dari itu Anda harus bisa membuat lamaran yang baik agar pihak perusahaan bisa mewujudkan apa yang diinginkan.  Nah, untuk persiapan lamaran kerja agar bisa tersusun dengan baik sehingga diterima baik perusahaan, Anda harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam melamar kerja. Sehingga persiapan lamaran kerja yang Anda lakukan dapat dilakukan dengan baik dan diberikan sesuai dengan waktu yang tepat. Untuk itu disini tata cara wawancara kerja dipostingkan untuk membantu Anda dimana dari tata cara ini Anda akan mengetahui apa yang harus Anda persiapkan dengan baik saat melakukan melamar kerja.

Membuat lamaran kerja bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dibuat manual dan menggunakan komputer. Begitupun dengan cara melamar kerja bisa dilakukan dengan cara via pos dan via email. Mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih, banyak perusahaan yang melakukan penerimaan lamaran kerja melalui via email sebab banyak keuntungan yang didapat dari cara ini, baik untuk perusahaan dan pelamar. Karena kini melamar kerja sering dilakukan dengan cara via email, maka untuk tata cara melamar pekerjaan berikut ini akan diberikan untuk melamar pekerjaan via email yang benar dan mungkin ini bisa menjadi panduan Anda untuk melakukan pengiriman lamaran kerja email yang belum Anda pahami

Tata Cara Melamar Pekerjaan Via Email

  1. Miliki akun email sendiri, jika belum memiliki akun email sbaiknya buat dari sekarang karena membuat email dapat dilakukan dengan mudah. Tips sebaiknya email menggunakan gmail atau yahoo karena itu merukan email yang dikenal dan bonafid.
  2. Gunakan nama akun email yang mudah diingat. Alangkah lebih baik gunakan nama akun email dengan nama sendiri yang singkat, hindari penamaan akun alay karena itu akan mencerminkan bahwa Anda tidak profesional. Contoh nama akun email yang baik Ramdani@gmail.com.
  3. Pastikan email perusahaan benar dan jika bisa miliki kontak person salah satu karyawan perusahaan untuk memastikan diterima belumnya lamaran tersebut agar lamaran kerja dapat terkirim dengan tepat.
  4. Persiapkan berkas lamaran kerja
    Buat surat lamaran dan CV dengan diketik komputer, tulis dengan baik dan benar. Tidak lupa untuk scann data yang akan Anda lampirkan seperti ktp, skck, ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat lain yang penting untuk dilampirkan.
  5. Kirim berkas file dengan format .doc atau .rtf pastikan kelengkapan berkas dan beri nama Anda pada file tersebut.
    Perkecil ukuran file agar nanti lamaran kerja Anda mudah dibuka
  6. Jangan lupa untuk menuliskan subjek pada form pengiriman email. Tuliskan subjek email dengan singkat dan jelas.
  7. Sebelum melakukan pengiriman pada email perusahaan, alangkah baiknya untuk mencoba mengirim lamaran kerja pada email rekan atau milik Anda sendiri, jika sudah sempurna baru Anda kirim ke email perusahaan.

Itulah tata cara melamar pekerjaan untuk mengirim lamaran kerja via email, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Contoh Jawaban Terbaik Untuk 5 Pertanyaan Wawancara Kerja

Posted: 19 May 2015 04:30 PM PDT

Tanya jawab interview kerja – Wawancara kerja adalah suatu tes yang berlangsung dengan tanya jawab antara pihak perusahaan dan calon pekerja yang telah berhasil melewati tahapan tes kerja yang diberikan sebelumnya. Sangat beruntung bagi pelamar yang telah berhasil masuk ketahap tes ini sebab tidak semua pelamar yang ingin mengikuti tes wawancara kerja tidak mereka dapatka. Walaupun tes ini sangat menakutkan dan membuat tegang tetapi ini sangat membahagiakan karena artinya satu langkah lagi pekerjaan yang diinginkan akan didapatkan.

Berhasil menaklukan tahapan wawanacara atau interview kerja adalah kunci untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, tetapi untuk menghadapi tes wawancara kerja tentu bukanlah hal yang mudah. Berlangsung baik tidaknya wawancara kerja itu tergantung dari bagaimana pelamar mengatasi setiap pertanyaan dengan jawaban yang diberikan. Jika pertanyaan yang diberikan bisa teratasi dengan baik maka wawancara bisa berlangsung dengan baik begitupun dengan hasil yang akan didapat sudah jelas akan baik. Nah, dari itu jika ingin wawancara kerja yang akan Anda hadapi ini bisa berlangsung dengan baik, maka sangat penting untuk Anda melakukan latihan diri dengan mencoba mengenali pertanyaan dan mengetahui jawaban yang baik untuk setiap pertanyaan wawancara kerja.

Nah untuk membantu persiapan Anda dalam melatih diri untuk mengenali pertanyaan dan jawaban dari wawancara kerja, berikut ada beberapa contoh pertanyaan yang diberikan dalam wawancara kerja saya postingkan besetta contoh jawaban untuk masing-masing pertanyaan i diberikan sebagai cara singkat dan mudah untuk persiapan melatih diri yang Anda butuhkan untuk tanya jawab wawancara kerja yang akan Anda hadapi nanti.

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja

  1. Mengapa Anda ingin bekerja diperusahaan kami ?
    jawab pertanyaan ini dengan positif dan jangan berikan lasan karena perusahaan tersebut bisa memberikan Anda upah yang besar. Itu sangat salah. Berikan jawaban yang positif dan kenali apa yang menjadi keutamaan dari perusahaan tersebut sehingga menarik Anda untuk ingin bergabung bekerja dengan perusahaan.
    Contoh Jawaban : "karena saya ingin berkarir di perusahaan ini dan ingin mengembangkan perusahaan ini sehingga dengan berkembangnya perusahaan akan mengurangi pengangguran".
  2. Berapa lama Anda ingin bekerja disini ?
    Jangan berikan jawaban yang terlalu spesifik. Contoh jawaban : "Saya ingin bekerja disini selama saya masih diberi kesempatan untuk berkarir di perusahaan dan perusahaan puas dengan hasil kerja saya".
  3. Apa harapan Anda setelah bergabung selama 1 tahun bekerja disini ?
    Contoh jawaban : "Harapan saya, dapat mengenali luar – dalam perusahaan, sehingga saya lebih mudah untuk mengambil tindakan dalam upaya memajukan perkembangan perusahaan ".
  4. Apa kelebihan diri yang Anda miliki ?
    Beritahu pewawancara mengenai potensi yang Anda miliki dan bersangkutan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar atau bisa Anda memberikan jawaban dengan menyebutkan visi Anda dalam bekerja seperti Contoh jawaban : " Kelebihan diri yang saya miliki,saya selalu diperbudak oleh daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan di kantor terselesaikan."
  5. Apa kekurangan yang dimiliki diri Anda ?
    Beritahu pewawancara mengenai kekurangan atau kelemahan diri yang Anda miliki dan sertakan dengan upaya untuk memperbaiki kelemahan diri tersebut. Contoh jawaban : " Saya memiliki sifat pendiam tetapi saya belajar untuk berkomunikasi dengan cara mengikuti suatu organisasi.

Semoga postingan untuk tanya jawab wawancara kerja diatas bermanfaat dan bisa menjadi panduan Anda dalam menjawab beberapa pertanyaan yang akan Anda hadapi, khusunya untuk beberapa pertanyaan diatas, jika Anda dihadapkan dengan pertnayaan tersebut Anda sudah memiliki gambaran untuk menjawab setiap pertanyaan itu dengan tepat. Selamat mempersiapkan dan semoga sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja Di SPBU Pertamina dan Perusahaan Oil

Posted: 19 May 2015 04:27 PM PDT

Minat Kerja di SPBU?, Jika tertarik, tidak salahnya sebelum Anda buat surat lamaran SPBU sebaiknya pahami dulu tentang sekilas SPBU ini.  Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum atau yang lebih dikenal dengan SPBU merupakan prasarana umum yang disediakan oleh minyak dimana sebagian besar di dominasi oleh  PT. Pertamina untuk masyarakat luas guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Sebagian besar SPBU menjual bahan bakar sejenis premium, solar, pertamax dan pertamax plus.

Secara ruang lingkup bisnisnya SPBU sendiri dibagi menjadi 3 jenis usaha yaitu : COCO (Company Operation Company Owner) sebagai SPBU yang di miliki dan di kelola oleh pertamina. Dalam hal ini yaag mengelola dalah PT. Petamina Retail sebagai anak perusahaan. Kemudian ada juga DODO (Dealer Operation Dealer Owner) sebagai SPBU murni milik swasta atau perorangan. Jadi segala hal mengenai manajemen perusahaan di kelola oleh perorangan atau badan usaha. Dan yang terakhir CODO (Company Operation Dealer Owner) sebagai  SPBU milik swasta atau perorangan yang bekerjasama dengan PT Petamina Retail

Produk yang umum ada pada SPBU yakni Premium merupakan bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Warna kuning tersebut akibat adanya zat pewarna tambahan (dye). Penggunaan premium pada umumnya adalah untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti mobil, sepeda motor, motor tempel dan lain-lain. Bahan bakar ini sering juga disebut motor gasoline atau petrol. Selain itu ada juga Pertamax, merupakan motor gasoline tanpa timbal dengan kandungan aditif lengkap generasi mutakhir yang akan membersihkan Intake Valve Port Fuel Injector dan ruang bakar dari carbon deposit dan mempunyai Research Octane Number (RON) 92. Pertamax merupakan bahan bakar ramah lingkungan(unleaded) dan beroktan tinggi.

Yups, jika Anda sudah memahaminya, sekarang saatnya Anda membuat surat lamaran kerja SPBU. Pada dasarnya bentuk maupun format suratnya tidak jauh berbeda dengan contoh surat lamaran untuk ke perusahaan lainnya, sebagaimana contoh berikut ini;

———————————–

Bandung, ……….. 2015
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Manager personalia
PT. ____________

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. …………., seperti yang termuat dari harian ….. (atau bisa info dari teman – sebutkan nama pemberi info) pada tanggal ………. 2015. Saya mengajukan diri untuk posisi …………. di PT. XXX sebagai berikut:
Nama : ……………………..
Tempat & tgl. Lahir : …………………..
Pendidikan Akhir : ………………….
Alamat : …………………

Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah SMK.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di CV (Riwayat Hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,
ttd
Nama lengkap

6 Persiapan Tepat Untuk Menghadapi Wawancara Kerja

Posted: 19 May 2015 04:25 PM PDT

Menghadapi wawancara kerja merupakan satu tantangan yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kini sedang Anda lamar untuk karir yang lebih baik. Menghadapi tes wawancara kerja memang membuat setiap pelamar merasa tegang dan takut yang mungkin karena akan berhadapan langsung dengan pihak perusahaan, tetapi jika dilakukan dengan persiapan yang baik maka hal tersebut akan hilang, malahan Anda akan tampil lebih percaya diri meskipun akan bertemu dan berbicara langsung dengan HRD perusahaan. Nah dari itu persiapkan diri Anda dengan baik dan benar sehingga saat wawancara kerja nanti Anda bisa mengikuti tes wawancara kerja dengan baik dan percaya diri.

Sudah tahukan Anda persiapan diri apa yang harus dilakukan dalam menghadapi wawancara kerja? Pertanyaan ini saya berikan karena kini masih banyak pelamar yang belum mengetahui apa yang harus dilakukan dan disiapkan untuk menghadapi wawancara kerja tersebut, kebanyakan meraka bersikap apa adanya tanpa mengetahui apa yang harus ditunjukan saat wawancara yang akhirnya bisa membuat mereka gagal. Untuk itu disini saya akan mempostingkan beberapa hal yang tepat untuk dilakukan dan dipersiapan dalam menghadapi wawancara kerja agar Anda bisa mempersiapkan diri dengan tepat sehingga wawancara nanti dapat dilalui dengan baik.

  • Penampilan Fisik
    Penampilan fisik merupakan satu penilain yang diberikan oleh pewawancara dari sejak awal pelamar masuk ke ruangan wawancara. Sebelum mereka ingin mengenal dan mengetahui tentang diri Anda, awal ketertarikan untuk melakukan wawancara ini diawali dengan bagaimana penampilan yang diberikan seorang pelamar. Penampilan yang tidak baik bahkan tidak disukai pewawancara itu bisa menjadi faktor kegagalan Anda. Dari itu perhatikan penampilan fisik Anda mulai dari pakaian dan penampilan fisik seperti gaya rambut, riasan wajah bagi perempuan, dan hal lainnya yang bisa mendukung penampilan Anda untuk menarik simpaati pewawancara.
  • Persiapan Mental
    Dalam menghadapi wawancara kerjapersiapan mental sangat penting untuk dilakukan, mental Anda sangat akan diuji dalam tes ini, jika mental Anda jelek maka wawancara tidak akan berlangsung dengan baik. Latih mental diri dengan mencoba mengenal pertanyaan wawancara, mencari tahu atas jawaban yang harus diberikan saat wawancara, lakukan latihan wawancara, serta istirahat dengan cukup agar diri Anda bisa lebih prima dan mental yang terlatih akan mendapat dukungan dari kondisi tubuh yang baik untuk mendapatkan konsentrasi yang baik.
  • Belajar Cara Berbicara yang Baik
    Jika mental diri sudah terlatih, berbicara akan terasa nyaman berbeda dengan mental diri yang tidak baik, saat berbicara suara Anda akan terdengar bergetar dan bisa tidak terdengar jelas oleh pewawancara. Cara berbicara ini menjadi nilai yang akan diberika  pihak perusahaan, dari itu mental diri penting untuk dilatih agar bisa memberikan jawaban dengan suara yang jelas dan saat berbicara atau menjawab dari pertanyaan berikan dengan bahasa yang sopan, mudah dimengerti, tegas, memiliki keyakinan dan percaya diri.
  • Pengetahuan Tentang perusahaan dan Pekerjaan yang Dilamar
    Sempatkan untuk mencari tahu informasi mengenai perusahaan dan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Ini penting dilakukan karena saat wawancara kerja nanti kemungkinan akan muncul pertanyaan yang bersangkutan dengan perusahaan dan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Dngan memnyempatkan waktu untuk mengetahui perusahaan dan pekerjaan tersebut, maka jika pertanyaan itu diberikan Anda bisa menjawabnya dengan tepat.
  • Memahami Soal Gaji
    Pertanyaan mengani gaji sering diberikan perusahaan, dan itu akan menjadi satu pertanyaan yang cukup membingugkan Anda. Dari itu ketahui cara memecahkan masalah dari pertanyaan ini dengan cara ketahui berapa kisaran gaji standar diberikan oleh perusahaan untuk posisi tersebut jika Anda disuruhkan menyebutkan nilai atau angka gaji yang diinginkan, tetapi jik tidak bisa Anda menjawabnaya dengan alasan yang positif.
  • Ketahui pertanyaan yang sering muncul saat wawancara
    Sudah berpenampilan baik tetapi belum memahami pertanyaan wawancara kerja tentu tidak sempurna. Mengenal pertanyaan yang diberikan saat wawancara kerja penting untuk pegangan Anda dalam melatih diri untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang akan diberikan nanti, meskipun Anda belum mengetahui pertanyaan yang akan diberikan, tetapi setidaknya dengan mengenal dan mencoba menjawab dari pertanyaan wawanacara kerja yang Anda temukan, akan menjadi gambaran untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan saat wawancara nanti serta menambah kesiapan diri Anda.

Demikian bebrapa hal yang harus Anda persiapkan untuk menghadapi wawancara kerja, silahkan Anda persiapkan dan jemput kesuksesan mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Salam sukses

Kumpulan Contoh Soal Wawancara Kerja yang Sering Diberikan HRD

Posted: 19 May 2015 04:20 PM PDT

Mengenal soal wawancara kerja adalah salah satu persiapan yang tepat untuk dilakukan. Dengan mengetahui hal tersebut setidaknya bisa menjamin kelancaran wawancara yang akan dihadapi karena sebagian besar yang menjadai faktor membuat berjalan baik tidaknya wawanacar kerja, itu akan tergantung pada bagimana seorang pelamar bisa mengatasi pertanyaan dengan jawaban yang diberikan. Untuk mencari jawaban yang tepat atas setiap pertanyaan wawancara kerja bisa dilakukan  dengan salah satu caranya yaitu dengan mengenal soal wawanacar kerja disaat ini, sehingga saat wawancara nanti diri Anda sudah terlatih dalam menghadapi setiap pertanyaan yang diberikan, dan rasa percaya diri akan meningkat serta lebih siap untuk menghadapi tes wawancara kerja.

Tes wawancara kerja bisa dikatakan tes yang sangat menegangkan dan sulit untuk Anda bisa melewati tahapan ini jika tidak bisa mempersipakan diri dengan baik. Untuk persiapan menghadapi tes wawancara kerja salah satu hal penting yang harus dilakukan yaitu mencari tahu dan mempelajari beberapa soal yang kemungkinan akan muncul dalam wawanacar kerja, dengan begitu saat wawanacara nanti Anda tidak akan merasa kaget dan bingung untuk memberika  jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan. Nah, dari soal wawancara kerja yang penting untuk Anda ketahui, untuk itu disini akan dipostingkan contoh soal atau pertanyaan wawancara kerja untuk membantu persiapan diri yang Anda butuhkan untuk mengambil kesuksesan melewati tes yang menentukan karir diri yang lebih baik.

Contoh Soal pertanyaan wawancara kerja

  1. Coba ceritakan/beritahu kami tenang diri Anda !
  2. Apa yang Anda ketauhi dari perusahaan ini ?
  3. Apa yang mendorong Anda untuk bekerja disini ?
  4. Apa yang Anda ketahui dari pekerjaan tersebut ?
  5. Apa kelemahan diri yang Anda miliki ?
  6. Apa yang menjadi kelebihan dalam diri Anda  ?
  7. Apakah Anda tahu mengapa kami merekrut Anda
  8. Apa yang dapat Anda berikan kepada perusahaan yang tiudak dapat orang lain berikan ?
  9. Mengapa Anda resign dari perusahaan sebelumnya ?
  10. Apakah Anda tidak menyukai atasan Anda ?
  11. Berapa Gaji Anda dari perusahaan sebelumnya ?
  12. Berapa Gaji yang Anda inginkan dari perusahaan kami ?
  13. Konstribusi Apa yang bisa Anda berikan pada perusahaan ?
  14. Apakah Anda siap bekerja dibawah tekanan ?
  15. Apakah Anda menyuaki kerja secara tim ?
  16. Apa yang Akan Anda lakukan 5 tahun kedepan ?
  17. Jika Anda dihadapkan dengan suatu masalah yang bersangkutan engan pekerjaan, apa yang akan dilakukan ?
  18. Pengalaman kerja apa yang Anda miliki ?
  19. Mengapa Anda ingin bekerja diperusahaan ini ?
  20. Apa yang menarik minat Anda untuk bekerja dengan posisi tersebut ?
  21. Ada yang Ingin Ditanyakan ?

Itulah soal wawancara kerja yang biasanya diberikan oleh seorang hrd saat melakukan wawancara kerja, sebagian dari beberapa soal diatas kemungkinan besar akan muncul saat wawancara nanti, dari itu  setelah mengetahui contoh pertanyan tersebut selanjutnya coba pelajari dan ketahui cara untuk menjawab setiap soal agar nanti saat wawancara berlangsung dan Anda menemukan soal yang sama, Anda bisa menjawabnya dengan mudah karena jawaban tersebut sudah Anda persiapakan.

Mungkin demikian yang dapat saya bagikan, semoiga ini memberikan manfaat dan bisa membantu persiapan Anda untuk sukses menghadapi wawancara kerja.

Wawancara kerja merupakan tahap akhir di mana setelah proses anda melamar pada suatu perusahaan dan anda akan di tes atau interview,wawancara kerja mungkin akan begitu menjadi tantangan buat anda yang seblumnya belum pernah di wawancarai masalah hal hal yang berkaitan dengan perusahan tersebut.
di antara tahapan tahapan wawancara kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan misalnya masalah penampilan,wawasan,tujuan bekerja pada perusahan tersebut dan lain sbagainya.

6. Penampilan yang baik bagi Pria
Bagi pria, disarankan untuk memakai pakaian dengan warna agak gelap seperti biru atau hitam. Kenakan sepatu pantofel yang sudah dipoles dengan baik. Kenakan kaus kaki hitam yang cukup panjang sehingga kaki berbulu tidak akan terlihat jika Anda menyilangkan kaki.
7. Perhatikan kerapian
Biasanya pria lebih tidak peduli jika menyangkut soal penampilan. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan kerapian, misalnya pastikan kemeja dimasukkan ke dalam celana panjang dan gunakan ikat pinggang. Bersihkan juga sepatu, jangan sampai ada sisa-sisa tanah yang menempel. Selain itu, perhatikan juga rambut agar tertata rapi. Untuk pria, mungkin bisa melakukan trim terlebih dahulu. Sedangkan wanita, biasakan rambut diikat untuk yang memiliki rambut panjang.
Anda harus memberikan kesan professional
a. Jangan menggumam, berbicaralah dengan jelas dan penuh percaya diri
b. Tenangkan diri Anda sebelum memasuki ruang wawancara kerja, jangan gelisah
c. Perhatikan body language Anda : Berikan jabatan tangan yang tegas dan cukup kuat. Duduk tegak. Lakukan kontak mata dengan pewawancara. Jangan lupa untuk tersenyum
d. Beri kesan professional dan organize, dengan membawa folder/agenda. Buka agenda/catatan yang telah Anda siapkan. Catat bila ada informasi penting yang perlu dicatat
e. Hindari bawang putih, alcohol, rokok dan hal-hal lain yang membuat nafas Anda tidak sedap
f. Sebelum interview, pastikan Anda dalam kondisi fit
g. Sebelum menemui pewawancara, coba pergi dulu ke toilet untuk mengecek penampilan Anda lagi. Jangan sampai keringat Anda berbekas di baju, atau ada sisa makanan yang menempel di baju
h. Hindari pemakaian parfum yang terlalu menyengat, jadi pakai parfum secukupnya saja
i. Jangan mengunyah permen karet

Contoh Penulisan Resume atau CV Lamaran Kerja yang Baik

Posted: 19 May 2015 04:15 PM PDT

Contoh Resume – Resume atau sering juga disebut dengan daftar riwayat hidup merupakan salah satu hal penting yang harus dilampirkan dalam melamar kerja. Resume dalam melamar kerja dikatakan sebagai satu berkas penting sebab resume ini merupakan penjelas dari data seorang pelamar untuk dikenali pihak perusahaan dan menentukan layak tidaknya pelamar tersebut bisa menempati posisi pekerjaan yang tersedia.

Perkenalan awal yang akan dilakukan perusahaan dalam sesi penyeleksian tenaga kerja baru atau karena ada pengajuan lamaran pada perusahaan, akan dilihat dari resume atau daftar riwayat hidup yang terlampir. Dengan melihat resume, pihak perusahaan bisa mengenal masing-masing data diri pelamar . Bisa dikenal baik tidaknya seorang pelamar itu tregantung dari bagaimana cara penulisan resume yang dilakukan. Jika pelamar ingin dikenal baik maka harus bisa membuat resume ini dengan baik. Nah, maka dari itu  jika kini Anda akan melakukan melamar kerja, selain dari surat lamaran kerja yang harus dipersiapkan dengan baik, Resume atau daftar riwayat hidup merupakan satu berkas yang harus diperhatikan dengan baik agar bisa menjadi berkas yang diterima pihak perusahaan dan dikenal baik sehingga menarik minat mereka untuk merektur Anda sebagai karyawan diperushaaan yang mereka pimpin.

Banyak yang gagal melewati tes seleksi surat lamaran kerja dikarenakan penulisan resume yang tidak baik. Jangan buat kesempatan kerja Anda hilang karena hal seperti itu. Dari itu untuk membuat resume lamaran kerja yang akan Anda buat, sebaiknya perhatikan contoh resume berikut ini untuk gambaran penulisan yang baik dalam membuat sebuat resume lamaran kerja.

Rangga Prahmadiya
Jl. Pajajaran II Bandung 245368
Rangga@gmail.com
089 878 989 909

Objectif Karir
Menjadi Operator Administrasi di PT. Singga Makmur Jakarta

Pendidikan
Universitas Marantha Bandung Sarjana Ekonomi dengan IP 3.7 Periode 2009-2013

Pengalaman Kerja
Staff Opertaor Administrasi PT. Sindo Sanjaya Bandung
Periode : April 2000 – June 2000
Rincian Pekerjaan:
Mengupdate data konsumen
Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
Menyiapkan tagihan

Kemampuan

  1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
  2. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
  3. Mampu Berbicara dan menulis bahsa inggris dengan baik.

Seperti itulah cara penulisan untuk resume lamaran kerja yang akan Anda lakukan, semoga contoh resume ini bermanfaat dan bisa membantu persiapan Anda. Salam sukses

Tips Menulis CV Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar

Posted: 19 May 2015 04:10 PM PDT

Menulis CV dalam persiapan melamar kerja adalah salah satu hal yang yang harus dilakukan dengan baik. CV atau daftar riwayat hidup merupakan berkas penting yang bisa membawa seorang pelamar diterima untuk mendapatkan peluang selanjutnya. Maka CV ini penting untuk dibuat dengan baik dan terlampirkan dengan benar.

Cara penulisan yang dilakukan untuk sebuah CV banyak perbedaan, CV selain disebut dengan daftar riwayat hidup juga dikenal dengan resume dalam penulisannya tergantung pada negara tertentu seperti di negara Amerika serikat penulisan untuk CV ini tidaklah wajib mencantukan data diri mengenai status perkawinan, tempat tanggal lahir dan menyertakan foto. Tetapi diindonesia data tersebut wajib tercantumkan. Mungkin perbedaan ini dipengaruhi koleh budaya, kebiasaan, pandangan politik, juga aturan main yang berbeda-beda. Dari itu jika Anda ingin melamar kerja diluar kota Anda harus memahami apa yang harus Anda tuliskan dan tidak boleh Anda tuliskan dalam CV ini, sebab kesalahan penulisan CV bisa menjadi faktor hambatan untuk lolos melewati tes seleksi surat lamaran kerja.

Nah, bagi Anda yang akan melamar kerja diperusahaan atau instansi Indonesia, untuk cara penulisan CV yang harus dilakukan dengan baik, dalam menulis CV lamaran kerja tersebut, berikut beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam CV Anda.

  1. Penulisan dilakukan dengan baik dan rapih
  2. Data yang diberikan jujur
  3. Penulisan jelas dan bisa dipahami pembaca
  4. Informasi data yang tertulis sanagt berhubungan dengan pekerjaan yang dilamat
  5. Penulisan sesuai dengat urutan yang telah ditentukan

Jika belum mengenal urutan penulisan CV, Berikut saya jelaskan

  • Data Pribadi
    Data pribadi ditulis pada poin awal, cantumkan identitas diri dengan jelas seperti nama, tempat tanggal lahir, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon, serta e-mail. Lengkapi pengisian data dengan baik dan benar.
  • Latar Belakang Pendidikan
    Tuliskan latar belakang pendidikan baik itu formal atau non formal. Tulis dengan lengkap beserta tahun kelulusan. Untuk penulisan pendidikan formal, tidak harus Anda menulisnya dari pendidikan dasar, cukup ambil pendidikan menengah serta  dan penddidikan akhir.Urutan penulisan dimulai dari pendidikan formal kemudian pendidikan non formal.
  • Kemampuan
    Beritahu pembaca mengenai kemampuan diri yang Anda miliki, tuliskan minimal 3 kemampuan yang Anda miliki dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jangan mencoba menuliskan kemampuan yang bukan Anda miliki sebab itu harus Anda pertanggung jawabkan.
  • Pengalaman Organisasi
    Jika Anda aktif dalam sebuah organisasi, beritahu pewawancara dengan begitu mereka akan menilai Anda sebagai orang yang aktif. Tetapi ingat berikan pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar.
  • Referensi Kerja
    Jika ada, untuk meyakinkan pihak perusahaan mengenai diri Anda, Anda bisa menuliskan nama orang tersebut sebagai referensi yang bisa dihubungi pihak perusahaan untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri Anda. Untuk memilih orang tersebut Anda harus yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui tentang diri Anda. Biasanya yang dijadikan referensi adalah bos atau atasan perushaan duku Anda bekerja.
  • Pengalaman Kerja
    Bila Anda sudah memiliki pengalaman kerja, tuliskan pengalaman tersebut dengan jelas mulai dari nama perusahaan, periode kerja, status, dan posisi serta rincian pekerjaan yang Anda lakukan. Jika memiliki pengalaman kerja yang banyak, cukup Anda menuliskan pengalaman yang ada hubungannya dengan posisi pekerjaan yang akan Anda lamar. Tetapi jika menurut Anda penagalaman tersebut kurang baik, bisa Anda lewati poin ini.

Seperti itulah pembahasan untuk menulis CV lamaran  kerja, silahkan pahami dan terapkan dalam CV yang akan Anda buat.  Semoga ini bisa membantu persiapan Anda dan salam sukses.

Contoh Redaksi Penulisan CV Melamar Kerja yang Simple dan Relevan

Posted: 19 May 2015 04:08 PM PDT

CV Melamar kerja simple pada dasarnya sebuah kronologis pengalaman diri dibuat secara efektif namun isinya memiliki hubungan (relevan) dengan tugas pekerjaan dari posisi atau jabatan yang sedang dilamar. Tidak hanya itu, sebuah CV melemar kerja ya simple juga mempertimbangkan berapa lama waktu baca yang bisa dianggap efektif sehingga isi dari curriculum vitae yang Anda buat dapat tertangkap dengan mudah dalam waktu yang cukup singkat.

Untuk struktur maupun format dari cv melamar kerja yang simple hampir sama dengan bentuk CV pada umumnya, baik itu menggunakan metode kronologis atau fungsional. Dimana Fungsi CV lamaran kerja model fungsional dalam penyusunannya lebih menekankan pada fungsi, kemampuan hingga prestasi yang dimiliki kandidat sepanjang masa karirnya. Struktur penulisan riwayat kerja agak berbeda dengan model kronologis dimana posisi atau jabatan, nama perusahaan maupun masa kerja tidak diutamakan dan seringkali dihilangkan. Sebagai gantinya, untuk fungsi CV lamaran kerja model fungsional penulisannya menggunakan fungsi ataupun prestasi yang dimiliki kandidat, kemudian di bawahnya diberi keterangan dan penjelasan mengenai kemampuannya.

Sebaliknya CV dengan model kronologis untuk penulisannya lebih menekankan pada urutan masa bekerja. Struktur penulisan riwayat kerja dapat menggunakan konsep susunan kronologi terbalik, yaitu dimulai dengan pekerjaan yang paling baru dialami (update), disusul selanjutnya ke pengalaman-pengalaman kerja sebelumnya. Penyusunan Judul posisi/jabatan, nama perusahaan/organisasi serta tahun bekerja ditulis sebagai sub-judul. Kemudian di bawahnya diikuti dengan diberi keterangan tentang uraian tugas yang pernah dijalankan di perusahaan tersebut.

Perhatikan contoh CV melamar kerja simple berikut ini :

Curriculum Vitae

Nama                             : Amalia Husna
Jenis Kelamin              : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir   :  Bandung, 20 Mei 1991
Pendidikan                   : Sarjana Ekonomi (Akuntansi)
Kewarganegaraan       : Warga Negara Indonesia
Status Perkawinan      : Single
Alamat                           : Perum Citra Kencana, Jl. Cibiru  No. 23 Blok A Kecamatan Cibiru, Kabupaten Bandung
Contact Person    : 081322xxxxxx (HP)
Email                     : amaliahusna@gmail.com

KEAHLIAN :

•    Mampu  membuat kompilasi laporan keuangan
•    Mampu membuat sistem pencatatan atas berbagai transaksi keuangan
•    Mampu membuat form-form transaksi
•    Mampu melaksanakan tugas  audit sebagai upaya pengendalian

PENDIDIKAN :
•    2009 – 2013    : Program Sarjana (S1) Akuntansi Universitas Padjadjaran Bandung; Mata kuliah yang diepelajari : Akuntansi, Manajemen, Bahasa Inggris, Komputer Akuntansi, Manejemen Perbankan

PRESTASI :

Mendapat Beasiswa Pendidikan dari Universitas Padjdjaran Bandung

PENGALAMAN ORGANISASI :

Tahun 2013, Sebagai Bendahara Umum Himpunan Masiswa Fakultas Ekonomi; Kegiatan, Seminar dan worksop ” Pengelolaan Keuangan Aparatur Pemerintahan Desa”

PENGALAMAN KERJA :

Staff Consultant di PT. Mitra Consultan  2013 s.d November 2014
Urain Singkat Pekerjaan :
•    Membuat kompilasi laporan keuangan
•    Membuat Ssistem pencatatan atas berbagai transaksi keuangan perusahaan
•    Membuat form-form transaksi yang terjadi di perusahaan
•    Melakukan internal  audit sebagai upaya pengendalian internal perusahaan
•    Melakukan eksternal  audit untuk memeriksa laporan keuangan dan meyakinkan pelaporan bebas dari salah saji material
•    Menghitung dan menganalisis potensi –potensi pajak perusahaan
•    Membuat Pelaporan perpajakan perusahaan

Demikian saya buat dengan sebenar-benarnya,

Bandung, 20 Mei 2015

Amalia Husna

Contoh Soal Psikotes Kepribadian Untuk Tes Efektifitas, Motivasi, Team Work

Posted: 19 May 2015 03:43 PM PDT

Psikotes Kpribadian –  Sebelum Anda berlatih soal psikotes sebaiknya perhatikan dahulu beberapa tips berikut ini:

  • Kenalilah faktor-faktor ketidakefektifan anda sendiri. Misalnya malas, lamban, mudah menyerah, tidak gigih menyelesaikan tugs dsb.
  • Sadarilah kekurangan anda tersebut
  • Kuatkan tekad untuk memperbaiki diri
  • Perbaiki kekurangan secara bertahap dan mantap
  • Berilah jawaban sesuai dengan keinginan dan jangan lama berpikir

Contoh soal Tes Efektifitas diri merupakan tes psikologi yang dikembangkan oleh Mark Sherer serta James Maddux. Tes ini mempunyai tujuan mengetahui seberapa tangkas, juga seberapa cekatan seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan seberapa mampu dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit.

Jelaskan reaksi anda terhadap situasi dan keadaan seperti dibawah ini.

  1. Ketika membuat suatu perencanaan. Saya yakin dapat melaksanakan rencana tersebut. ( )
  2. Saya terkadang tidak bisa segera mulai bekerja ketika saya seharusnya melakukannya ( )
  3. Ketika saya gagal melaksanakan tugas untuk pertama kali, maka saya gigih mencobanya sampai berhasil melakukannya ( )
  4. Saya jarang mencapai tujuan-tujuan penting yang sudah saya tetapkan sebelumnya ( )
  5. Saya menyerah ketika melakukan sesuatu sebelum saya menyelesaikannya ( )

Contoh soal Tes Motivasi Kepemimpinan : Jawablah pertanyaan ini secara spontan sesuai dengan diri anda. Jangan berpikir terlalu lama. Jawablah dengan skala 1 sampai dengan 5.

  1. Saya merasa sangat senang jika ide-ide saya dipakai oleh banyak orang
  2. Saya memotivasi orang lain untuk mengajukan saran-saran yang membangun dalam penyelesaian tugas bersama
  3. Saya tak segan memberikan pujian tulus kepada orang lain yang telah bekerja dengan baik
  4. Saya sering memberi semangat kepada orang lain baik pada saat mendapat kemudahan ataupun kesusahan
  5. Pencapaian tujuan bersama (tujuan tim) adalah lebih penting bagi saya daripada tujuan pribadi saya sendiri

Contoh Soal Tes Teamwork : Jawablah pertanyaan ini tanpa harus berpikir lama. Jawablah secara spontan sesuai dengan kondisi diri anda sendiri. Berilah nilai skala 1 sampai dengan 10 terhadap jawaban anda. Misalkan jika pada nomor satu, anda sangat percaya penuh pada rekan anda, maka angkanya adalah 10. Jika sangat tidak percaya maka angkanya adalah 1.

  1. Jika anda bekerja dengan rekan kerja lainnya, seberapa besar anda percaya bahwa rekan anda bekerja dengan baik ?
  2. Seberapa besar anda menghargai rekan-rekan kerja anda dalam perusahaan ?
  3. Seberapa besar anda peduli dengan kesulitan yang dihadapi rekan dalam tim kerja anda ?
  4. Seberapa baik anda mengakomodasi cara-cara penyelesaian tugas yang diinginkan oleh mayoritas anggota tim ?
  5. Seberapa baik anda mengikuti jadwal kerja yang telah menjadi kesepakatan tim ?

No comments:

Post a Comment