Thursday, May 14, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat Tapi Membius Perhatian Personalia

Posted: 14 May 2015 05:24 PM PDT

Contoh Surat Lamaran Kerja Singkat – apakah surat lamaran kerja harus dibuat panjang dan detil?, ataukah dibuat sesingkat mungkin?. Pertanyaan ini kerap menjadi pemikiran para pelamar kerja ketika hendak membuat surat permohonan kerja pada salah satu perusahaan. Pada dasarnya, surat lamaran sebaiknya tidak dibuat lebih dari satu halaman mengingat tujuannya sebagai mengantar maksud dan tujuan melamar kerja serta pengantar dari CV Anda.

Jadi alangkah baiknya surat lamaran kerja tersebut dibuat secara singkat namun memiliki bobot yang cukup dalam menonjolkan kompetensi diri sebagai bagian kekuatan yang Anda miliki. Tak heran bila sebagian besar staf personalia memiliki sedikit waktu membaca surat lamaran kerja para pelamar, atau fokus pada ‘power pont’ yang disampaikan pelamar melalui surat lamaran kerja yang dikirimnya.

Sebagai referensi, silakan perhatikan contoh surat lamaran kerja singkat berikut ini;

……………..,Tgl/Bln/Thn

Kepada

Yth. Manager HRD

PT. …………………….

Jl. …………………

di Tempat

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan Informasi Kerja yang dimuat di situs resmi, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada PT. ………………. untuk menempati posisi sebagai Marketing Executive yang anda butuhkan sekarang.

Dengan latar pendidikan sarjana Ekonomi jurusan Bisnis Manajemen serta  berbekal 1 tahun pengalaman sebagai public-speaking dan memiliki kemampuan membuat laporan hingga level eksekutif. Kebutuhan anda akan seorang Marketing Executif yang handal saya rasa tepat dengan riwayat bekerja saya selama 1 tahun terakhir yang mencapai target dengan baik.

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor HP …….. atau email………. Besar harapan saya untuk dapat diterima  dan bergabung di PT. …………….. , Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Hormat Saya,

 

(Nama Lengkap Anda)

Perkerjaan Idaman Gak Usah Dikejar, Asalkan..

Posted: 14 May 2015 05:06 PM PDT

Bisa mendapatkan pekerjaan seperti yang di idam-idamkan memang menjadi harapan semua orang. Namun tidak jarang dari mereka yang juga harus rela memilih pekerjaan yang bukan diinginkannya. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak usah terlampau kuatir karena masih ada hal baik menyertainya ketika Anda tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang diidamkan selama ini.

  • Anda bisa memperoleh bantuan mengenai pengalaman kerja di masa depan. Meski pekerjaan yang Anda lakukan sekarang bukan pilihan utama, tapi yakinlah kalau pekerjaan Anda sekarang bisa memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman berharga. Pekerjaan ini akan membantu Anda serta menambah kaya pengalaman sekaligus  CV Anda jika kelak melamar kerja di perusahaan yang lebih maju.
  • Mendapatkan kesempatan membangun jaringan ditempat baru. Pekerjaan yang dilakukan sekar sekarang bisa membantu Anda dalam memperoleh saran mengenai pekerjaan selanjutnya. Selain itu, Anda bisa belajar mengenai pengalaman seseorang dari pekerjaan ini.
  • Bisa menetapkan pekerjaan selanjutnya dengan tepat. Anda mungkin sudah memiliki gambaran tentang pekerjaanmu kelak. Dan pekerjaanmu yang sekarang bisa membantu Anda untuk memberi gambaran yang lebih baik tentang pekerjaan apa yang sebenarnya Anda inginkan.
  • Bisa mempunyai kesempatan yang lebih baik di masa depan. Pekerjaan Anda pertama setelah lulus bisa menjadi batu loncatan untuk meraih kesuksesan. Tidak peduli apa pekerjaan Anda sekarang, namun tujuannya haruslah lebih menarik.
  • Bisa mengasah kemampuan. Bagi Anda yang tergolong minim pengalaman dan fresh graduate, hal ini menjadi waktu yang tepat untuk bisa mengasah kemampuan yang Anda miliki. Disamping itu, Anda pun sebaiknya mencari tahu kemampuan apa yang diharapkan oleh perusahaan impian dan Anda bisa pergunakan pekerjaan saat ini untuk menunjukkan potensi yang kamu miliki.
  • Bisa memperoleh gaji yang lebih besar. Perihal gaji biasanya didapatkan berdasarkan pengalaman kerja. Pekerjaan Anda saat ini serta didukung pengalaman yang semakin meningkat, diharapkan bisa membantu Anda untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi.

Cara Memberikan Jawaban Terbaik Untuk 5 Pertanyaan Wawancara Kerja

Posted: 14 May 2015 04:50 PM PDT

Jawaban wawancara kerja yang baik – Dalam wawancara kerja setiap pelamar sudah pasti  akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan baik dan tepat. Pertanyaan yang diberikan HRD dalam wawancara adalahpertanyaan yang memiliki tujuan dan maksud tertentu dalam mengenali karakter dari setiap masing-masing pelamar. Setiap jawaban yang diberikan itu akan menjadi satu nilai pertimbangan pihak perusahaan untuk melihat pantas tidaknya pelamar tersebut menempati posisi bekerja diperusahaan yang mereka pimpin, dari itu setiap pelamar harus bisa memberikan jawaban yang cerdas dalam menarik minat pihak perusahaan untuk terpilih dalam sesi ini dan mendapatkan pekerjaan tersebut.

Menjawab setiap pertanyaaan yang diberikan nanti mungkin salah satu hal yang menjadi penyebab ketakutan setiap pelamar dalam menghadapi tes wawancara kerja. Maka dari itu, agar rasa takut atau tegang yang kini Anda arsakan saat akan mengikuti tes wawanacara kerja, dapat Anda hilangkan dengan persiapan yang baik. Persiapan tersebut yaitu mengenali pertanyaan yang mungkin diberikan pihak hrd dan mengetahui jawaban wawancara kerja yang baik untuk pertanyaan tersebut, karena dengan mengetahui jawaban terbaik dari setiap pertanyaan di sesi interview ini, rasa takut Anda saat wawancara akan berkurang dan Anda akan lebih berpeluang diterima di posisi yang Anda inginkan.

Nah, untuk pertanyaan yang mungkin muncul dalam wawanacara kerja yang harus Anda kenali, berikut beberapa contoh pertanyaan sengaja dipostingkan beserta tips memberikan jawaban pertanyaan tersebut untuk membantu persiapan Anda dalam melatih diri agar bisa memberikan jawaban yang baik pada pertanyaan wawancara kerja nanti.

  • Beritaku kami tentang Anda
    Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering muncul dan kemungkinan besar nanti akan pewawancara berikan kepada Anda. Cara menjawab pertanyaan ini berikan deskripsi diri dengan singkat dan jika sudah memiliki pengalaman kerja silahkan ceritakan pengalaman kerja Anda. Sebaiknya siapkan jawaban pertanyaan ini dari sekarang sehingga nanti saat pertanyaan muncul Anda sudah memiliki jawaban dan bisa menjawab pertanyaan ini dengan percaya diri.
  • Apakah Anda tahu, mengapa kami merekrut Anda ?
    Pertanyaan ini diberikan tujuannya untuk mengetahui seberapa cocok Anda untuk posisi pekerjaan yang mereka tawarkan. Cara menjawab pertanyaan ini sebutkan keunikan diri yang Anda miliki yang sesuai dengan pekerjaan tersebut yang mungkin tidak dimiliki oleh pelamar lain. Musalnya jika Anda melamr kerja untuk posisi marketing, sebutkan keunikan diri untuk pekerjaan tersebut seperti Anda pandai mempengaruhi orang lain sehingga minat untuk memiliki produk perusahaan yang Anda tawarkan.
  • Mengapa Anda berhenti dari perusahaan sebelumnya ?
    Bagi Anda yang sudah memiliki pengalamn kerja, pertanyaan ini pasti hrd berikan. Cara menjawab pertanyaan ini, hindari jawaban yang bersifat merendahkan perusahaan dan atasan sebelumnya dan juga hindari karena masalah keuangan atau gaji. Jawaban yang cerdik untuk pertanyaan ini cari alasan apa yang membuat Anda tertarik untuk bekerja diperusahaan tersebut yang tidak dimiliki oleh perusahaan sebelumnya misal berhubungan dengan pengembangan karir.
  • Apa kekurangan dan kelebihan diri yang Anda miliki ?
    Pertanyaan ini termasuk slaah satu pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Nah, cara menjawab pertanyaan ini Triknya adalah sebutkan kelebihan Anda dalam bentuk kekurangan. Misalkan seperti ini"Saya memiliki kelemahan yaitu kadang terlalu ambisius dalam mencapai suatu target".
  • Berapa Gaji yang Anda Inginkan ?
    Pertanyaaan yang cukup membingungkan bukan ? Akan tetapi jangan khawatir, untuk mengatasai pertanyaan ini cobalah untuk mengetahui berapa gaji yang tepat untuk posisi pekerjaan yang sedang Anda lamar, bisa Anda bertanya pada rekan atau sodara yang memiliki pekerjaan yang sama dengan Anda. Bila tidak bisa melakukan itu, bisa Anda bertanya kembali kepada pihak perusahaan besar gaji yang ditetapkan dari perusahaan untuk posisi tersebut.

Itulah cara untuk menjawab pertanyaan yang mungkin Anda hadapi dalam wawanacra nanti, silahkan pelajari untuk kesuksesan wawancara kerja Anda. Semoga postingan untuk jawaban wawancara kerja yang baik ini bermanfaat. Salam sukses

 

Pria Ganteng Bakal Sulit Kerja, Beneran Gak sih?

Posted: 14 May 2015 04:47 PM PDT

Mempunyai tampang rupawan ternyata tak menjamin Anda sukses melamar dan diterima bekerja. Faktanya, menurut studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari University of Maryland, bahwa para pria tampan ‘ganteng’ seringkali ditolak saat wawancara kerja. Penyebabnya ialah banyak atasan maupun pihak pewawancara yang menganggapnya sebagai saingan.

Lucunya bila pria tampan diwawancara langsung oleh atasan perusahaan, maka jarang sekali pelamar pria rupawan tersebut yang akan diterima bekerja. Menurut asisten profesor tim peneliti Marko Pitesa, menyatakan kalau para pria tampan dianggap tampak lebih kompeten, Jadi ini hanya penilaian rasional secara subjektif untuk mendiskriminasi maupun melawan mereka.

Lewat studinya, Pitesa bersama tim melakukan penelitian pada 241 orang dewasa. Mereka diminta menilai para pelamar kerja berdasarkan kualifikasi palsu. Tim juga meminta para partisipan untuk menilai para pelamar kerja secara gender, pria menilai pria dan wanita menilai wanita. Wajah para pelamar fiksional itu ditampilkan pada monitor komputer. Ada yang berparas menarik dan tidak.

“Terlihat pola diskriminasi pada para pelamar berparas menarik khususnya para pria tampan,” ungkap Pitesa.

Sementara itu pada tes lain, partisipan wanita menilai pelamar pria san sebaliknya para pria menilai pelamar wanita. Dari hasil tes ini justru menunjukkan hal sebaliknya, para partisipan wanita memilih bekerja dengan para pria tampan dan bersaing dengan pria berparas biasa.

Nah, bagi Anda yang berparas rupawan jangan berbesar hati dulu ya, karena wajah bisa menjadi dua sisi yang berbeda, apakah akan menguntungkan atau justru merugikan karir Anda. Namun dibalik itu semua, setiap orang memperoleh kesempatan yang sama sepanjang Anda mampu mengoptimalkan dan menunjukan kopentensi yang dimiliki.

Tips Membuat CV Lamaran Kerja yang Kreatif

Posted: 14 May 2015 04:40 PM PDT

Contoh CV kreatif – Cara untuk membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar mungkin sudah banyak contoh yang dapat Anda lihat dengan mudah di internet, tetapi bagimana untuk cara membuat CV yang kreatif ?

CV atau daftar riwayat hidup adalah berkas lamaran kerja yang penting untuk diperhatikan dalam persiapan lamaran kerja, karena ketertarikan pihak perusahaan saat melakukan tes seleksi dari sekian surat lamaran kerja yang mereka terima akan memiliki rasa tertarik pada pelamar yang bisa menulis berkas lamara ini dengan baik, apalagi dibuat dengan menambahkan kekreatifan diri yang bisa membuat beda dengan CV lamaran kerja yang lain, tentu menjadi rasa penasaran pihak perusahaan untuk ingin mengenal diri pelamar yang membuat lamaran kerja tersebut. Mungkin bukan hal yang gamoang untuk bisa membuat lamaran kerja yang bisa menarik perhatian pihak perusahaan, apalagi perusahaan memiliki banyak pelamar tentu rasa bingung untuk menentukan memilih orang yang tepat akan dirasakan mereka. Tetapi jika lamaran kerja yang diberikan bisa menarik perhatian perekrut ditambah dengan potensi diri yang baik, jelas mereka akan mengingat diri Anda dan kemungkinan mereka akan memilih lamaran kerja yang diberikan menjadi lamaran pertama yang lolos untuk masuk ketahap selanjutnya.

Untuk itu jangan Asal syarat membuat lamaran ini, apalagi untuk berkas lamaran yang akan menjadi pusat perhatian pihak perusahaan penting untuk Anda buat dengan baik, menarik, dan kreatif. Jika penulisan CV lamaran yang baik sudah Anda ketahui, lalu bagaimana caranya untuk membuat CV Anda agar lebih menarik dan dilirik pihak perusahaan ? Berikut

Tips membuat untuk Contoh CV kreatif lamaran kerja yang akan Anda persiapkan.

  • Tulis CV dengan Komputer
    Menulis CV dengan komputer ini bisa menambah kekreatifan Anda dalam membuat CV. Dengan menggunakan komputer Anda bisa menambahkan desain template untuk lembar CV yang Akan Anda buat.
  • Pilih Template yang Tepat
    Ketika melakukan pemilihan template, pilihlah desain tempalate yang tepat dan menarik Jangan pilih tempalate yang terlalau rame terkecuali jika pekerjaan yang akan Anda lamar membutukan kekretifan yang lebih bisa Anda pilih template tersebut. Sesuaikan pemilihan tempalate ini dengan pekerjaan yang akan Anda lamar.
  • Berika Kesan Profesional
    Jangan lupa untuk tetap buat CV tersebut yang memberikan kesan keprofesionalan diri Anda.
  • Tulis Dengan Benar Dan Rapih
    Perhatikan acar penulisan CV,  jangan sampai ada kesalahan penulisan kata atau kalimat yang mungkin bisa menjadi kesalah pahaman arti. Lakukan penulisan denga rapih dan sesuai dengan EYD. Cara penulisan juga akan berpengaruh untuk ketertarikan pihak perusahaan dalam seleksi ini.
  • Jangan Mewarnai Huruf
    Kreatif bukan berarti Anda harus merubah warna huruf. Itu adalah hal yang sangat salah, apalagi menggunakan jenis huruf yang sulit untuk terbaca. Jangan lakukan hal ini.
  • Jaga kerapihan Kertas
    Bahi Anda yang akan mengirim lamaran kerja Via pos, perhatikan kertas CV jangan sampai kotor dan kusut.

Itulah tips untuk membuat CV yang keratif agar bisa duterima baik perusahaan, semoga postingan untuk Contoh CV kreatif ini bermanfaat. Salam sukses

Contoh CV Lamaran Kerja Fresh Graduate

Posted: 14 May 2015 04:35 PM PDT

Contoh CV fresh graduate –  Mempersiapkan lamaran kerja bisa dikatakan mudah jika Anda telah memahami bagaimana persiapan tepat yang harus dilakukan, terutama dalam menulis CV atau daftar riwayat hidup satu berkas lamaran yang akan Anda persiapkan dengan menulis sendiri, bila sudah mengetahui cara penulisan berkas tersebut maka persiapan lamaran yang dilakukan akan terasa gampang. Kesulitan dalam mempersiapakan lamaran kerja bukan dari susahnya mengumpulkan berkas lamaran ini, melainkan rata-rata yang menjadi kesulitan setiap pelamar yaitu dari cara bagaimana mempersiapakan lamaran seperti CV yang akan dipersiapkan.

CV atau daftar riwayat hidup merupakan berkas penting yang cukup berpengaruh untuk keberhasilan pelamar dalam melewati awal seleksi lamaran kerja. Dari penulisan CV yang baik disertai potensi diri yang bagus akan membuat pihak perusahaan tertarik untuk meloloskan Anda dari seleksi tes surat lamaran kerja. Maka berkas CV ini penting dipersaipakan sebaik mungkin. Nah, contoh CV fresh graduate ini saya postingkan untuk membantu persiapan Anda yang baru lulus menyelesaikan masa pendidikan dan memiliki keinginan untuk melamar kerja untuk referensi agar Anda tidak membuat CV lamaran kerja yang salah, sebab perlu Anda ketahui penulisan CV yang salah cukup berpengaruh untuk keberhasilan melewati tahap awal ini, kemungkinan bisa membuat lamaran Anda tidak diterima. Dari itu sebelum melakukan menulis CV tersebut, sebaiknya perhatikan contoh berikut

Contoh CV Fresh graduate

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI
Nama Lengkap                    : Muklis kamandana wiradi
Tempat, Tanggal Lahir     : Bandung, 22 Oktober 1994
Jenis Kelamin                      : Laki-Laki
Kewarganegaraan              : Indonesia
Agama                                  : Islam
Status                                   : Belum Menikah
Alamat                                  : Jl. Graha timur no 91 kel munceng, Bandung 24346
No. Telpon                           : 089 767 878 990
Email                                    : Muklis @gmail.com

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
Pendidikan Formal

2012 – 2015 : D-3 Universitas Karang Bakti Jakarta
2009 – 2012 : SMK Negri 011 Bandung
Pendidikan Non Formal
2008 – 2009 : Kursu Bahasa Asing inggris dan Jepang
20012 – 2013 : Brivat Perpajakan Dan Akuntasi

KEMAMPUAN
1. Mampu berbicara dan menulis bahasa inggris dan jepan dengan baik
2. Mampu bekerja dengan komputer
3. Internet
4. Sistem pajak dan akuntansi

PENGALAMAN ORGANISASI
2005 – 2006 : Ketua OSIS SMP Negri 3 Bandung
2008 – 2009 : Wakil Ketua Osis Dan Ketua KIBRA SMK Negri 011 Bandung
2011 – 2012 :  Bendahara Dari Anggota Himpunan Mahasiswa UKB Jakarta

PRESTASI
1. Meraih prestasi Juara 1 Lomba pidato bahasa inggris tingkat antar SMP kota Bandung
2. Membahwa Anggota KIBRA SMK 011 Bandung Juara 1 tingkat SMK kota Bandung

PENGALAMAN KERJA
Praktek kerja lapangan di PT. SUZUKI Jakarta
Periode : Desember 2014 –S Maret 2015
Tujuan : Tugas Akhir gelar D-3
Posisi : Operator Administrasi

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sejujurnya dan sanggup untuk dipertanggung jawabkan.

Bandung, 12 Mei 2015
Muklis Kamandana Wiradi

Nah, itulah contoh CV Fresh graduate yang saya bagikan, bagi Anda yang kini akan melakukan persiapan lamaran kerja yang merupakan penagalaman awal melamar kerja, persiapkan dengan baik dan bisa Anda lihat Contoh diatas untuk referensi CV yang akan Anda buat. Salam Sukses

4 Kebiasaan ini, Akan Menghambat Anda Sukses!

Posted: 14 May 2015 04:28 PM PDT

Kesuksesan senantiasa jadi impian hampir setiap orang, baik untuk seorang staf karyawan biasa maupun pebisnis sekalipun. Salah seorang motivator ternama asal Amerika Serikat Earl Nightingale berpendapat, kalau cara berpikir dan bersikap seseorang dapat menjadi salah satu kunci penting dalam mencapai kesuksesan.

Menurutnya kalau kesuksesan sebagai hal subjektif dimana setiap individu mempunyai definisi masing-masing. Walau begitu selalu ada indikator yang hampir sama dan dianggap sebagai penunjuk suksesnya seseorang. Ironisnya, demi mencapai kesuksesan sebagian orang rela melakukan apa saja, padahal ada beberapa hal penting yang harus Anda hindari bila ingin sukses:

Perfeksionis atau selalu ingin sempurna. Bila Anda seringkali dihujam rasa frustasi saat beberapa pekerjaan dianggap kurang berhasil, atau saat lamanya waktu pengerjaan dari rencana awal. Tidak jarang jika perasaan Anda akan sangat tertekan bila membayangi detil-detil kecil yang justru malah terlewatkan. Hati-hati dan jangan terlalu fokus pada sebagian besar hal kecil karena akan membuat Anda lebih merana dan menjadi kurang produktif dan sulit mencapai kesuksesan.

Berbicara hal negatif. Mendengar pembicaraan yang negatif dari orang lain dapat mempengaruhi tekad kuat Anda dalam mencapai kesuksesan kerja maupun bisnis. Apalagi jika Anda terlibat aktif dalam pembicaraan hal yang negatif dan gak penting itu. Sebaiknya, walau perbincangan itu sulit dihindari tapi alangkah bijak jangan dengarkan hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi jalan Anda serta usahakan supaya tetap berusaha mencapai kesuksesan tersebut.

Jangan hanya fokus pada hari ini. Orang sukses akan cenderung memahami makna dari rencana yang baik yang lebih prospektif. Mulai dari merencanakan, tujuan, anggaran sampai bagaimana menentukan masa depannya. Ini dapat diartikan bila Anda ingin sukses, sebaiknya jangan fokus hanya pada hari ini saja. Tidak salahnya jika ANda membai perhatian dan fokus pada bagaimana membut hari-hari menjadi lebih produktif namun tetap menyenangkan. Jadi berhenti kebiasaan buruk dan lawan bersenang-senang hanya untuk hari ini dan mulailah membangun kesuksesan di masa mendatang.

Merendahkan orang lain. Orang sukses memahami dirinya bukan satu-satunya sosok yang berperan dalam pekerjaan. Jadi hindari merendahkan orang lain hanya karena jabatan lebih tinggi maupun demi memberikan kesan baik di hadapan orang lain. Lagipula, kebanyakan orang sukses lebih mampu menguasai cara untuk hidup seimbang antara karir serta kehidupan pribadi. Sangat baik jika Anda bisa bekerja sendiri tapi lebih penting lagi bekerjasama dengan seluruh bagian dari pekerjaan.

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja yang Memuaskan HRD

Posted: 14 May 2015 04:25 PM PDT

Cara menjawab wawancara kerja – Tujuan utama dari berlangsunya suatu tes wawancara kerja yaitu saling mengenal, baik perusahaan mengenal pelamar begitupun dengan pelamar mengenal perusahaan yang akan menjadi tempat kerja. Cara untuk bisa mewujudkan dari tujuan tes ini dengan memberikan sejumlah pertanyaan, dominan pertanyaan ini diberikan pihak perusahaan yang mana setiap pertanyaan itu memiliki arti dan tujuan apa yang ingin diketahui pihak perusahaan terhadap diri pelamar. Dengan pertanyaan tersebut, memberikan suatu jawaban jelas yang akan dilakukan, jawaban yang baik, tepat dan sesuai dengan apa yang ingin diketahui perusahaan itu yang akan menjadi poin keberhasilan sebagai keyakina pihak perusahaan untuk memilih siapa yang pantas menempati posisi yang akan diberikan atau menentukan layak tidaknya pelamar tersebut bekerja diperusahaan.

Sudah Anda ketahui bahwa Wawancara kerja adalah tes yang sangat kritikal, tidak hanya dari segi jawaban, penampilan atau sikap yang salah walaupun kesalahan kecil akan menjadi satu pertimbangan mereka untuk memilih Anda bahkan bisa jadi itu membuat Anda gagal.  Apalagi dari jawaban atas pertanyaam yang akan diberikan, bila Anda menjawab dengan tidak tepat atau meragukan keyakinan HRD itu akan membuat Anda bisa kehilangan pekerjaan tersebut.

Nah untuk itu, cara menjawab wawancara kerja merupakan bagian penting yang harus Anda ketahui, agar dalam wawancara nanti saat Anda menghadapi beberapa pertanyaan yang diberikan Anda bisa memberikan jawaban yang tepat untuk masing-masing pertanyaan. Dan untuk cara menjawab pertanyaan wawancara kerja berikut cara menjawab wawancara kerja dan 5 contoh pertanyaan umum yang sering muncul dalam wawancara kerja beserta cara menjawab tipskarir postingkan untuk membantu persiapan Anda.

Cara Menjawab Pertanyaan Dalam Wawancara Kerja

  1. Dengarkan pertanyaan dengan baik, dan kenali maksud apa yang ingin diketahui dari pertanyaan tersebut.
  2. Berikan jawaban yang ringkas dan jelas
  3. Hindari jawaban yang bertele-tele
  4. Jangan perlihatkan mimik wajah yang bingung disaat mendengar pertnayaan tersebut
  5. Jika Belum bisa memehami pertanyaan, bisa minta HRD untu mengulang pertanyaan tersebut.
  6. Berikan pertanyaan dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti
  7. Perkatakan jawaban dengan jelas, jangan sampai pihak perusahaan tidak memahami apa yang Anda katakan.
  8. Atur suara jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut
  9. Berikan jawaban dengan percaya diri

Contoh Dan Cara menjawab pertanyaan yang umum diberikan saat Wawancara Kerja

  1. Ceritakan Tentang Diri Anda !
    Ini akan menjadi kalimat pembuka dan sudah pasti akan Anda hadapi dalam wawancara nanti. Cara menjawab pertanyaan ini, Cukup Anda beritahu nama, alamat, pendidikan terakhir serta pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.
  2. Apa yang Anda ketahui Tentang Perusahaan Kami ?
    Cara menjawab pertanyaan ini cobalah untuk cari tahu mengenai perusahaan yang sedang Anda lamar, ketahu psofil perusahaan tersebut setidknya Anda bisa mengetahui produk dan kelebihan perusahaan yang bisa membuat Anda tertarik untuk melamar kerja diperusahaan ini.
  3. Mengapa Anda meninggalkan Pekerjaan sebelumnya ?
    Jawab pertanyaan ini dengan jujur meskipun alasan Anda karena dipecat. Yang terpenting Anda tidak memberikan jawaban masalah pribadi dan menjelek-jelekan perusahaan atau atasan dari tempat kerja sebelumnya. Jika pewawancara banyak bertanya soal ini Anda jangan terbawa emosi.
  4. Berapa Gaji yang Anda inginkan ?
    Pertanyaan yang cukup gampang dan sangat sensitif, Jangan berfikir ini kesempatan Anda untuk mendapatkan gaji yang besar, sebernanya ini adalah salah satu pertanyaan jebakan jadi hati-hati ketika Anda dihadapkan dnegan pertanyaan ini. Cara menjawab pertanyaan soal gaji, jangan katakan berupa angka. Tetapi, bila pihak perusahaan memaksa bisa Anda sebutkan angka kisaran untuk posisi pekerjaan tersebut.
  5. Ada yang Ingin dipertanyakan ?
    Bila diberi kesempatan untuk bertanya, jangan Anda menjawab "tidak" . Berikan pertanyaan paling tidak 3 pertanyaann yang berhubungan dengan pekerjaan dan hindari pertanyaan soal gaji.

Demikian penjelasan mengenai cara menjawab wawancara kerja yang dapat saya bagikan untuk persiapan Anda, Semoga bermnafaat dan Salam sukses.

11 Pertanyaan Paling Umum Diberikan Saat Wawancara Kerja

Posted: 14 May 2015 04:20 PM PDT

Mencari tahu tentang pertanyaan saat wawancara kerja sangat penting dilakukan dalam persiapan Anda untuk menghadapi tes wawancara kerja . Dengan mengetahui contoh pertanyaan tersebut guna untuk melatih diri dalam memahami berbagai pertanyaan yang mungkin akan muncul dan akan Anda hadapi saat wawancara berlangsung, sehingga saat dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan tesebut Anda tidak akan merasa kaget dan bingung untuk memberikan jawaban pertanyaan yang diberikan. Nah, berikut beberapa contoh pertanyaan saat wawancara kerja yang biasa diberikan seorang HRD kepada calon pekerja yang sedang mereka rekrut

  • Beritahu kami tentang diri Anda !
    Ini bisa dikatakan sebagai pertanyaan pembuka dalam wawancara kerja. Kemungkinan besar pertanyaan ini akan Anda dapatkan dari HRD nanti, untuk itu bisa Anda siapkan jawaban dari pertanyaan ini dari sekarang.Berikan jawaban yang ringkas cukup dengan mneyebutkan nama, alamat, pendidikan terakhir serta pengalaman kerja.
  • Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini ?
    Kenali perusahaan yang akan Anda lamar. Usahakan Anda mengenal produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, target, permasalahan, gaya managemen, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan. Jika Anda bisa menjelaskan dengan tepat tentang perusahaan ini, pihak HRD akan terkesan dengan Anda dan itu artinya Anda benar-benar setius untuk bergabung dengan perusahaan.
  • Kontribusi apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan ini yang tidak bisa orang lain beri ?
    Sebutkan kelebihan yang Anda miliki dan prestasi yang telah Anda capai. Sebutkan hal yang bisa menarik perhatian pihak perusahaan. Ingat, jangan lakukan berbohong dalam hal ini sebab itu harus Anda pertanggung jawabkan.
  • Mengapa Anda ingin Bekerja Disini ?
    Sebutkan keutamaan yang dimiliki perusahaan dibandingkan perusahaan lain. Dan harus diingat, jangan mengungkit soal keuangan meskipun itu yang menjadi faktor keinginan Anda untuk bekerja dengan perusahaan.
  • Apakah Anda tahu, mengapa kami merekrut Anda ?
    Berikan alasan yang memungkinkan Anda berbeda dengan pelamar lain, bisa diambil dari kelebihan diri yang Anda miliki, atau lokasi tempat tinggal yang mungkin dekat dengan perusahaan dibandingkan pelamar lain.
  • Apa yang Anda cari dalam sebuah pekerjaan ?
    Berikan jawaban yang berotasi dengan opurtinitas dalam organisasi. Beritahu pewawancara kalau Anda ingin memberikan kotribusi dan dikenali.
  • Apa yang Anda ketahui untuk posisi ini ?
    Pastikan Anda mengenali posisi yang Anda inginkan, berikan jawaban mengenai tugas dan kewajiban posisi tersebut dan hubungkan dengan kelebihan diri yang dimiliki. Jawab pertanyaan ini dengan ringkas.
  • Berapa lama Anda akan bersama kami ?
    Berikan jawaban bahwa Anda tertarik untuk berkarir dengan perusahaan dan Anda ingin tetap tertantang untuk mencapai target bersama.
  • Mengaap Anda berhenti bekerja dari perusahaan sebelumnya ?
    Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, kemungkinan besar pertanyaan ini akan pewawancara berikan. Berikan jawaban yang diplomatis dan jujur meskipuan lasannya karena dipecat. Hindari jawaban mengenai masalah pribadi serta menjelek-jelekan perusahaan dan atasan sebelumnya. Hindari juga masalah keuangan sebab jika Anda berbicara soal itu maka pewawancara akan memberikan kesan yang negatif terhadap Anda.
  • Apa yang Anda rasakan ketika harus meninggalkan pekerjaan ?
    Berikan jawaban bahwa Anda merasa khawatir dan Anda siap menerima segala esiko demi mendapatkan pekerjaan yang cocok. Dan jangan berika jawaban bahwa Anda mementingkan kestabilan keuangan.
  • Berapa gaji yang diinginkan ?
    Pertanyaan yang cukup membingungkan untuk Anda jawab. Untuk mengatasi pertanyaan ini ketahui dari sekarang berapa kisaran gaji untuk posisi yang sedang Anda lamar, dengan begitu Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan gaji yang pantas. Jika Anda belum bisa mendapatkan kisaran gaji untuk posisi tersebut atau takut salah menjawab bisa Anda lakukan dengan cara bertanya pada pewawancara berapa kisaran pada pekerjaan sejenis.

Coba pelajari cara mengatasi pertanyaan dengan beberapa contoh pertanyaan saat wawancara kerja diatas sebagai persiapan meningkatkan percaya diri untuk lebih siap dalam menghadapi pertanyaan yang akan Anda hadapi nanti. Semoga sukses

5 Tips Persiapan Tepat Agar Wawancara Kerja Berlangsung Baik Dan Sukses

Posted: 14 May 2015 04:20 PM PDT

Tips wawancara kerja yang baik – Tes wawancara kerja merupakan suatu tes yang paling menegangkan bagi setiap pelamar kerja, selain harus berbicara secara langsung dengan pihak perusahaan, tes ini  akan menjadi penentu diri mereka untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Keberhasilan melewati tes wawancara kerja adalah keberhasilan yang sebenarnya, meskipun sudah berhasil melewati beberapa tahap tes kerja dengan sukses, tetapi belum bisa melewati tes wawancara kerja itu belum menjadi suatu keberhasilan yang sesungguhnya. Maka sudah mejadi hal yang lumrah jika setiap pelamar merasakan tegang malah takut untuk menghadapi tes wawancara ini sebab keputusan dari tes wawancara kerja akan menjadi penentu nasib mereka. Nah, begitupun dengan Anda yang saat ini mendapatkan panggilan untuk tes wawancara kerja, sudah pasti sedang merasaka gelisah atau cemas bagimana untuk menghadapi tes wawancara tersebut agar tes yang akan dihadapi bisa berlangsung dengan baik dan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Untuk mengatasai persiapan Anda saat ini berikut ada beberapa tips wawancara kerja saya bagikan untuk membantu persiapan Anda agar wawancara kerja yang akan dihadapi dapat Anda ikuti dengan baik dan benar.

Tips wawancara kerja yang baik

  • Kenali Pertanyaan yang Diberikan Dalam Wawancara kerja
    Mengetahui pertanyaan untuk wawancara kerja menjadi satu persiapan yang baik, sebab dengan mengenali pertanyaan wawancara ini bisa menjadi satu latihan diri sebagai gambaran untuk lebih siap dalam menghadapi petanyaan yang diberikan HRD nanti, dengan mengenali pertanyaan tersebut setidaknya dari sekarang Anda bisa mempersiapkan jawaban dari pertanyaan wawancara yang didapat sebagai latihan diri baik dalam cara menjawab dan bisa juga untuk melakukan latihan diri dengan melakukan simulasi wawancara kerja yang berguna untuk melatih mental.
  • Persiapkan Pakaian
    Bila persiapan yang pertama sudah dilakukan, selanjutnya persiapakan pakaian yang akan Anda kenakan dalam wawancara nanti. Ingat penampilan akan menjadi kesan awal ketertarikan HRD dari itu sangat penting untuk diperhatikan. Persiapkan pakaian yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar, pas untuk Anda kenakan, sopan, dan tentunya bersih dan rapih.
  • Lakukan latihan
    Untuk persiapan yang lebih maksimal lakukan latihan, ajak sodara atau rekan Anda untuk melakukan latihan ini, lakukan latihan dengan serius anggap itu wawancara yang sesungguhnya. Bila Anda memiliki sodara atau rekan yang berpengalaman dalam wawancara kerja, akan lebih baik berlatih dengan dia agar proses latihan ini bisa disesuaikan dengan pengalaman tersebut dan Anda bisa belajar dari pengalaman.
  • Perhatikan Kesehatan tubuh
    Meskipun disibukan dengan persiapan, jangan sampai Anda lupa memperhatikan kesehatan diri. Misalnya sering bergadang, pola makan yang tidak teratur dan lain sebagainya, itu sangat menggangu kesehatan diri yang pada akhirnya Anda tidak dapat mengikuti wawancara kerja dan kemungkinan Anda diblacklist. Hal tersebut tentu tidak ingin terjadi kepada Anda bukan, Dari itu sebanyak apapun persiapan yang akan dilakukan, atur semuanya agar Anda dapat membagi waktu untuk tidak mengambaiakn kesehatan diri, lakukan istirahat dengan cukup dan perhatikan pola makan Anda.
  • Perkirakan Waktu Keberangkatan
    Ketahui waktu perjalanan yang Anda butuhkan untuk keberangkatan dari rumah hingga tiba ke lokasi wawancara. Bila Anda belum mengetahui lokasi wawancara lakukan survey dari sekarang, agar Anda bisa memperkirakan waktu keberangkatan untuk datang lebih awal dari waktu wawancara kerja yang telah ditentukan. Usahakan miliki 15 menit dari waktu dimulainya wawancara, waktu tersebut guna untuk mengatasi kejadian yang tidak terduga dan jika sudah berada dilokasai waktu tersebut dapat Anda gunkan untuk mempersiapakan kembali diri seperti kerapihan pakaian, menenangkan diri, serta hal lainnya sehingga saat berhadapan dnegan pewawancara Anda akan tampil lebih percaya diri.

Itulah beberapa hal sebagai tips untuk persiapan wawancara yang akan dilakukan, semoga postingan untuk tips wawancara kerja yang baik ini memberikan banyak manfaat untuk Anda. Semoga sukses

No comments:

Post a Comment