Wednesday, May 27, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja yang Mencuri Perhatian HRD

Posted: 27 May 2015 06:47 PM PDT

Tips menjawab pertanyaan wawancara kerja – Bagi Anda yang telah berhasil melewati tahap tes seleksi surat lamaran kerja dan tes psikotes, wawancara kerja adalah tahapan tes selanjutnya yang harus Anda tempuh dengan sukses. Saat mengikuti tes wawancara kerja, Anda akan dihadapi dengan beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab dengan baik dan benar, karena jawaban yang dilontarkan adalah poin-poin nilai yang bisa membawa Anda untuk meyakinkan pihak HRD dan berhasil melewati tes wawancara kerja.

Untuk memberikan suatu jawaban dari pertanyaan yang diberikan, tentu Anda tidak bisa melakukannya secara otodidak, perlu banyak hal latihan dalam berbicara karena dalam tes wawancara nanti disamping Anda harus menjawab pertanyaan, rasa gelisan dan grogi yang menggangu bisa Anda rasakan. Dari itu suatu pelatihan diri sangat diperlukan. Jawaban yang baik tentu menjadi nilai baik untuk membawa Anda pada gerbang keberhasilan. Nah, bagimanakah cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja? Berikut tips menjawab pertanyaan wawancara kerja akan tipskarir bagikan untuk membantu persiapan Anda.

  1. Kuasai pertanyaan yang umum diberikan saat wawancara kerja, cari tahu hal ini baik dari rekan yang pernah mengikuti wawancara kerja atau Anda searching diinternet. Dengan mengetahui pertanyaan tersebut bisa Anda jadikan untuk melatih diri dalam menjawab setiap pertanyaan guna melatih cara memahami dalam pertanyaan yang diberikan.
  2. Ketahui trik mengambil jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan sehingga jawaban yang diberikan bisa menjadi jawaban yang baik dan tepat sesuai dengan maksud pertanyaan dari pihak perusahaan.
  3. Berikan jawaban dengan ringkas dan jelas, hindari jawaban yang bertele-tele sebab itu akan membingungkan pihak perusahaan dan mereka tidak bisa mengerti maksud dari apa yang Anda bicarakan.
  4. Gunakan bahasa yang baik dan sopan. Karakter seseorang bisa dilihat dari gaya ia berbicra, maka jangan sampai Anda menunjukan karakter buruk Anda dati cara berbicara nanti, itu akan membuat Anda gagal. Berlatihlah berbicara yang baik.
  5. Atur intonasi bicara Anda untuk tidak terlalu lembut dan juga tidak terlalu keras, pastikan pihak HRD bisa mendengar baik apa yang Anda bicarakan.
  6. Berikan senyuman sesekali ketika pihak perusahaan melihat Anda dan tunjukan keramahan diri tetapi tetap memiliki jiwa yang tegas.
  7. Saat berbicara jangan seperti Anda menghapal suatu jawaban, berbicaralah dengan rilex dan lakukan kontak mata dengan baik sebagai cara meyakinkan perusahaan terhadap Anda.
  8. Jangan melakukan pemotongan pembicaraan, tunggu sampai HRD selesai berbicara. Sekalipun ada yang kurang dimengerti jangan menanyakanya langsung tetapi tunggu dulu sampai ia selesai berbicara baru Anda pertanyakan.
    Bersikaplah profesional untuk bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda orang yang tepat untuk mereka pilih. Tetapi ingat jangan terlalu percaya diri.
  9. Dalam setiap jawaban yang diberikan, semuanya benar dan mengarah pada hal yang positif. Hindari membicarakan masalah pribadi, malasah gaji terkecuali pihak perusahaan yang memulai, serta menjelek- jelekan perusahaan atau atasan terdahulu.

Semoga tips menjawab pertanyaan wawancra kerja ini memberikan manfaat dan berguna untuk persiapan diri menjemput kesuksesan pekerjaan yang Anda inginkan. Salam sukses

Kiat Sukses Taklukan Tes Wawancara Kerja

Posted: 27 May 2015 06:39 PM PDT

Kiat Sukses wawancara kerja – Wawancara kerja atau interview merupakan bagian tes dari tes seleksi karyawan baru yang biasanya dilakukan setelah tes psikotes atau tes seleksi surat lamaran kerja, tergantung dari tahapan tes yang diberikan perusahaan. Tes ini sangat menentukan, maka pelamar yang memiliki kesempatan mengikuti tes wawancara harus bisa mempersiapkan diri dengan baik agar bisa memperoleh hasil yang maksimal dan bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Persiapan diri untuk tes wawancara kerja bukanlah hal yang gampang, banyak hal yang harus dipersipakan agar wawancara yang dihadapi bisa berlangsung dengan baik. Unruk membantu persiapan Anda, berikut akan dipostingkan hal yang harus Anda lakukan dalam melamar kerja

  • Pelajari Biodata Diri Anda
    Coba lihat dan buka kembali CV atau daftar riwayat hidup yang telah Anda kirimkan pada perusahaan, sebab saat wawancara nanti biasanya pihak perusahaan akan memberikan pertanyaaan yang bersangkutan dengan apa yang telah Anda tulis dalam sebuah CV. Mempelajari CV ini guna untuk mengatasi jika nanti diberikan pertanyaan mengenai ini Anda tidak memberikan jawaban yang berbeda dengan apa yang telah Anda tulis dalam CV, jika Anda memberikan jawaban yang berbeda itu bisa menjadi kekeliruan dan memunculkan keraguan pihak perushaaan terhadap Anda.
  • Kenali Pertanyaan wawancara kerja
    Penting untuk Anda mengatahui contoh pertanyaan yang mungkin muncul dalam wawancara kerja, guna untuk melatih diri agar lebih siap dalam menghadapi pertanyaan yang akan diberikan. Jika sebelum wawancara Anda melakukan pencaraian mengenai contoh pertanyaan yang diberikan, maka dari sekarang Anda bisa melatih cara mengambil jawaban untuk setiap pertanyaan dan disaat nanti dihadapkan dengan pertanyaan yang serupa Anda sudah mengetahui cara menjawab pertanyaan tersebut.
  • Kenali Perusahan Dan Pekerjaan yang Anda lamar
    Mengetahui tentang kronologi perusahaan merupakan satu hal yang menunjukan bahwa Anda serius untuk ingin bekerja diperusahaan dan mengenal tentang pekerjaan merupakan hal yang meyakinkan pihak perusahaan untuk memberikan pekerjaan tersebut kepada Anda, maka penting untuk Anda mengetahui perusahaan dan pekerjaan yang kini akan Anda lamar.
  • Persiapkan Pakaian
    Pilih pakaian yang tepat sehingga bisa menarik perhatian pihak perusahaan untuk ingin mengenal diri Anda dalam wawancara ini. Pakaian nilai utama yang akan diberikan jadi harus Anda persiapkan dengan baik. Persiapkan pakaian yang pas untuk Anda kenakan, sopan, bersih dan rapih.
  • Istirahat Dengan Cukup
    Maksimal 3 hari sebelum hari wawancara kerja mulailah beristirahat dengan cukup, jangan biasakan bergadang apalagi jika esok harinya hari wawancara kerja. Kesehatan diri Anda adalah faktor utama, jika persiapan yang dilakukan sudah maksimal tetapi Anda tidak memperhatikan kesehatan tubuh Ada, maka itu akan menjadi hal yang menghambat kesiapan diri untuk menghadapi tes wawancara. Kondisi tubuh yang tidak prima membuat Anda hilang kefokusan dan tidak konsentrasi, sedangkan hal itu sangat diperlukan saat wawancara kerja.
  • Atur Waktu Keberangkatan
    Agar tidak terlambat, perkirakan waktu keberangkatan dari rumah hingga tiba ke lokasi wawancara, maksimal Anda memiliki waktu 20 menit sebelum waktu wawancara dimulai. Waktu tersebut guna untuk mengatasi kejadian yang tidak terduga sewaktu diperjalanan dan bisa untuk mempersiapkan diri lebih tenag jika sudah berada di lokasi wawancara.

Itulah beberapa persiapan yang penting untuk Anda perhatikan dan lakukan sebagai kiat sukses wawancara kerja agar bisa menghadapi wawancara kerja dengan baik dan bisa lolos dari tahap tes yang menentukan ini, semoga berhasil dan salam sukses

Tips Melawan Gugup Ketika Wawancara Kerja

Posted: 27 May 2015 05:17 PM PDT

Wawancara kerja menjadi langkah penting dalam meraih karir dan pekerjaan idaman. Dengan melakukan persiapan yang baik maka peluang Anda diterima untuk posisi yang dilamar semakin terbuka lebar. Namun tidak sedikit yang menganggap kalau wawancara kerja sebagai proses seleksi yang menegangkan dan mendebarkan sehingga tak aneh kalau diantaranya tampak gugup saat diwawancarai, apalai bagi yang pertama kali mengalaminya.

  • Berpikir positif. Hal ini menjadi langkah awal yang baik,  dengan demikian yakin dan percayalah bahwa Anda dapat melalui wawancara kerja tersebut secara baik, terlepas dari keputusan dan hasilnya nanti. Jika Anda mampu berpikir positif maka dengan sendirinya akan mengurangi stres akibat merasa terintimidasi oleh proses dan hasil wawancara kerja.
  • Mempersiapkan hal-hal yang dianggap perlu dan di bawa. Mempersiapkan semua hal yang dianggap perlu untuk wawancara seperti dokumen terkait dalam map atau folder khusus sehingga Anda mudah mendapatkannya. Hal ini untuk jaga-jaga apabila ditanyakan atau diminta pewawancara. Selain itu, persiapkan juga pakaian akan digunakan untuk wawancara kerja dan pilihlah pakaian, sepatu, kaus kaki, dasi, dan parfum dengan warna yang baik sehingga membantu meningkatkan percaya diri.
  • Mempelajari profil dan bisnis perusahaan serta job desc posisi yang dilamar.  Hal ini bisa Anda dapatkan melalui website resmi perusahaan, brosur perusahaan  maupun menanyakan langsung atau via telpon pada customer service perusahaan tersebut. Khusus job desc bisa Anda pelajari lewat kualifikasi maupun persyaratan pada iklan lowongan kerja perusahaan tersebut. Beberapa hal diantaranya; sejarah perusahaan, Pencapaian perusahaan, budaya kerja perusahaan, masalah yang dihadapi perusahaan serta target perusahaan
  • Berlatih menjawab pertanyaan wawancara kerja. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri atau dengan teman Anda, tulislah pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul dan dipertanya dengan melihat berbagai referensi, tips atau trik wawancara kerja yang banyak Anda dapatkan melalui internet. Selain itu,  Anda dapat mencari data yang diperlukan untuk memperkuat jawaban Anda.
  • Datang lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. perilaku disiplin Ini penting dilakukan sehingga Anda tidak terlambat atau terburu-buru. Maka jika Anda datang lebih awal, selain bisa menunjukan profesionalitas terhadap waktu juga bisa Anda manfaatkan untuk rehat sejenak, merapikan pakaian dan rambut serta memastikan dokumen mudah ditemukan, atau bahkan pergi ke toilet terdekat jika perut Anda bermasalah.
  • Berdoa dan meminta restu dari orang yang dihormati/ dituakan. Biaskanlah Anda sesuai keyakinan masing-masing. Jangan sepelekan makna do’a karena sesungguhnya itulah yang menjadi kekuatan sekaligus menanamkan rasa percaya diri Anda.  Dengan yakin pada Tuhan dan sekaligus do’a dari orang-orang yang dicintai adalah berkah tersendiri bagi Anda yang sedang berikhtiar.

Sebagai catatan, pewawancara kerja biasanya memverifikasi keterampilan dan perilaku Anda dengan berdialog yang cair dan ringan, jadi wawancara bukanlah tanya jawab seperti halnya aparat yang sedang menginterogasi . Oleh sebab itu, setiap perbincangan bawalah santai tapi sopan sehingga Anda mampu memberikan jawaban yang berbobot dan menarik dengan memberikan bukti bahwa Anda merupakan orang yang tepat untuk posisi yang dilamar. Mengatasi rasa gugup ketika wawancara kerja tentu saja butuh cara, maka cobalah mempraktikkan tips di atas tadi. Selamat mencoba !

Contoh Surat Lamaran Kerja Dari Segi Penulisan yang Benar

Posted: 27 May 2015 05:15 PM PDT

Surat lamaran kerja sebagai surat permohonan kerja yang dibuat seorang pelamar yang hendak bekerja pada sebuah kperusahaan atau tertentu. Surat lamaran kerja menjadi salah satu bentuk surat resmi, sehingga cara penulisannya berbeda dengan surat biasa dan ada aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisannya. Oleh sebab itu, kali ini tips karir akan memberikan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar dari segi bentuk dan penulisannya

Secara umum, surat lamaran kerja mempunya bagian-bagian seperti ini: Tempat dan tanggal pembuatan surat, Nomor surat,Lampiran, Hal atau perihal, Alamat tujuan, Salam pembuka, Isi surat yang terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu: paragraf pembuka, isi surat dan paragraf penutup, Salam penutup sereta Tanda tangan dan nama terang

Khusu untuk Nomor Surat pada surat lamaran kerja, hal ini menjadi tidak perlu dicantumkan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Selain dari itu, ada beberapa bentuk dalam penulisan surat lamaran kerja menurut kaedah penulisan surat resmi yang benar.

1. Bentuk Surat Lamaran Kerja Full Blok Style

Bentuk surat lamaran kerja seperti ini biasanya dipergunakan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan asing. Contoh surat lamaran dalam bentuk Full Block Style seperti ini :

Surabaya, 28  Mei 2015

Kepada Yth.
HRD Manager Exxon Mobile, Inc.
Wisma GKBI, Ground Floor. JI. Jenderal Sudirman No. 28
Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat pada website resmi Exxon Mobile, Inc Indonesia tertanggal 28 Mei 2015 tentang dibutuhkannya Staff Accounting di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas saya adalah sebagai berikut :

Nama : Agung Laksono
Tempat/Tanggal lahir : Surabaya, 14 Maret 1994
Alamat Asal dan Telp. : Jl. Pahlawan no 123 Surabaya
Pendidikan : Sarjana (S1) Akuntansi, Universitas Indonesia

Kemampuan yang saya miliki sesuai dengan bidang studi saya adalah Akuntansi Keuangan, Administrasi Bisnis, Korespondensi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Perpajakan, Pengisian SPT, Personality Development, serta ilmu komputer (Ms. Windows XP, Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, FoxPro, Internet, Ms Acces).

Saya belum memiliki pengalaman kerja teteapi saya pernah magang di PT. Indobara Surabaya di bagian Accounting. Saya siap mengikuti test sesuai dengan prosedur recruitment perusahaan Bapak/Ibu, saya adalah orang yang bertangguns jawab, sabar, telaten, jujur serta aktif. Saya percaya bahwa dengan kemampuan yang saya miliki serta semangat kerja keras saya dapat menjadi kandidat terbaik perusahaan Bapak/Ibu. Saya mudah bergaul dan beradaptasi serta dapat bekerja sebagai tim (teamwork).

Jika Bapak/Ibu setuju bahwa kualifikasi dan kemampuan saya ini cocok dengan persyaratan yang Bapak/Ibu ajukan, saya akan senang jika saya dapat turut bergabung berbuat baik untuk perusahaan ini. Besar harapan saya atas terkabulnya permohonan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Agung Laksono

Lampiran :
1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
2. Pas Photo 4×6 (2 lembar)
3. Photo Copy KTP/SIM
4. Photo Copy Ijazah/STTB/Transkrip Nilai
5. Photo Copy Sertifikat
6. SKCK

2. Bentuk Surat Lamaran Kerja Block Style

Seperti contoh surat lamaran keja dalam bentuk Full Block Style, bentuk Block Style ini juga biasanya digunakan untuk melamar kepada perusahaan asing hanya untuk penulisan tanggal berada pada kiri pojok dengan rata kanan dan kiri. Berikut ini adalah contohnya

Surabaya, 28  Mei 2015

Kepada Yth.
HRD Manager Exxon Mobile, Inc.
Wisma GKBI, Ground Floor. JI. Jenderal Sudirman No. 28
Jakarta

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat pada website resmi Exxon Mobile, Inc Indonesia tertanggal 28 Mei 2015 tentang dibutuhkannya Staff Accounting di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas saya adalah sebagai berikut :

Nama : Agung Laksono
Tempat/Tanggal lahir : Surabaya, 14 Maret 1994
Alamat Asal dan Telp. : Jl. Pahlawan no 123 Surabaya
Pendidikan : Sarjana (S1) Akuntansi, Universitas Indonesia

Kemampuan yang saya miliki sesuai dengan bidang studi saya adalah Akuntansi Keuangan, Administrasi Bisnis, Korespondensi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Perpajakan, Pengisian SPT, Personality Development, serta ilmu komputer (Ms. Windows XP, Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, FoxPro, Internet, Ms Acces).

Saya belum memiliki pengalaman kerja teteapi saya pernah magang di PT. Indobara Surabaya di bagian Accounting. Saya siap mengikuti test sesuai dengan prosedur recruitment perusahaan Bapak/Ibu, saya adalah orang yang bertangguns jawab, sabar, telaten, jujur serta aktif. Saya percaya bahwa dengan kemampuan yang saya miliki serta semangat kerja keras saya dapat menjadi kandidat terbaik perusahaan Bapak/Ibu. Saya mudah bergaul dan beradaptasi serta dapat bekerja sebagai tim (teamwork).

Jika Bapak/Ibu setuju bahwa kualifikasi dan kemampuan saya ini cocok dengan persyaratan yang Bapak/Ibu ajukan, saya akan senang jika saya dapat turut bergabung berbuat baik untuk perusahaan ini. Besar harapan saya atas terkabulnya permohonan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Agung Laksono

Lampiran :
1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
2. Pas Photo 4×6 (2 lembar)
3. Photo Copy KTP/SIM
4. Photo Copy Ijazah/STTB/Transkrip Nilai
5. Photo Copy Sertifikat
6. SKCK

3. Bentuk Surat Lamaran Kerja Semi Block Style

Bentuk surat lamaran kerja Semi Block Style bisa Anda pergunakan untuk pekerjaan pada perusahaan swasta dan yang membedakan adalah awal kalimat/ paragraf yang menjorok. Berikut inidalah contohnya ;

Hal : Lamaran Pekerjaan                                                                                              Surabaya, 28  Mei 2015

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Manadala Sakti, Tbk
Jl. MT. Haryono no 23 kav 1
Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat pada website resmi PT. Mandala Sakti, Tbk tertanggal 28 Mei 2015 tentang dibutuhkannya Staff Accounting di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas saya adalah sebagai berikut :

Nama : Agung Laksono
Tempat/Tanggal lahir : Surabaya, 14 Maret 1994
Alamat Asal dan Telp. : Jl. Pahlawan no 123 Surabaya
Pendidikan : Sarjana (S1) Akuntansi, Universitas Indonesia

Kemampuan yang saya miliki sesuai dengan bidang studi saya adalah Akuntansi Keuangan, Administrasi Bisnis, Korespondensi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Perpajakan, Pengisian SPT, Personality Development, serta ilmu komputer (Ms. Windows XP, Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, FoxPro, Internet, Ms Acces).

Saya belum memiliki pengalaman kerja teteapi saya pernah magang di PT. Indobara Surabaya di bagian Accounting. Saya siap mengikuti test sesuai dengan prosedur recruitment perusahaan Bapak/Ibu, saya adalah orang yang bertangguns jawab, sabar, telaten, jujur serta aktif. Saya percaya bahwa dengan kemampuan yang saya miliki serta semangat kerja keras saya dapat menjadi kandidat terbaik perusahaan Bapak/Ibu. Saya mudah bergaul dan beradaptasi serta dapat bekerja sebagai tim (teamwork).

Jika Bapak/Ibu setuju bahwa kualifikasi dan kemampuan saya ini cocok dengan persyaratan yang Bapak/Ibu ajukan, saya akan senang jika saya dapat turut bergabung berbuat baik untuk perusahaan ini. Besar harapan saya atas terkabulnya permohonan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Agung Laksono

Lampiran :
1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
2. Pas Photo 4×6 (2 lembar)
3. Photo Copy KTP/SIM
4. Photo Copy Ijazah/STTB/Transkrip Nilai
5. Photo Copy Sertifikat
6. SKCK

4. Bentuk Surat Lamaran Kerja Indented Style

Surat bentuk ini biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan di Instansi pemerintah atau BUMN dan lain-lain. Tak berbeda jauh dengan format sebelumnya, yang diberikan lekuk atau indented style pada bentuk surat lamaran kerja ini yaitu bagian atas surat yaitu pada penulisan nomor lampiran dan hal surat. Disamping itu, bagian lain yang ditulis lekuk yaitu pada penulisan penerima surat yaitu Yth … dst. Selanjutnya, bagian salam, tanda tangan, nama jelas dan nama jabatan juga ditulis dengan gaya yang samaBerikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan dengan bentuk Indented Style.

Hal : Lamaran Pekerjaan                                                                                             Surabaya, 28  Mei 2015

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Petrokimia Persero
Jl Tanah Abang III 16 Petojo Selatan Gambir Jakarta Pusat
Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan yang dimuat pada website resmi PT. Petrokimia Gresik tertanggal 28 Mei 2015 tentang dibutuhkannya Staff Accounting di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, maka dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas saya adalah sebagai berikut :

Nama : Agung Laksono
Tempat/Tanggal lahir : Surabaya, 14 Maret 1994
Alamat Asal dan Telp. : Jl. Pahlawan no 123 SUrabaya
Pendidikan : Sarjana (S1) Akuntansi, Universitas Indonesia

Kemampuan yang saya miliki sesuai dengan bidang studi saya adalah Akuntansi Keuangan, Administrasi Bisnis, Korespondensi Bisnis, Administrasi Perkantoran, Perpajakan, Pengisian SPT, Personality Development, serta ilmu komputer (Ms. Windows XP, Ms Word, Ms Excel, Ms Power Point, FoxPro, Internet, Ms Acces).

Saya belum memiliki pengalaman kerja teteapi saya pernah magang di PT. Indobara Surabaya di bagian Accounting. Saya siap mengikuti test sesuai dengan prosedur recruitment perusahaan Bapak/Ibu, saya adalah orang yang bertangguns jawab, sabar, telaten, jujur serta aktif. Saya percaya bahwa dengan kemampuan yang saya miliki serta semangat kerja keras saya dapat menjadi kandidat terbaik perusahaan Bapak/Ibu. Saya mudah bergaul dan beradaptasi serta dapat bekerja sebagai tim (teamwork).

Jika Bapak/Ibu setuju bahwa kualifikasi dan kemampuan saya ini cocok dengan persyaratan yang Bapak/Ibu ajukan, saya akan senang jika saya dapat turut bergabung berbuat baik untuk perusahaan ini. Besar harapan saya atas terkabulnya permohonan surat lamaran kerja ini, atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Agung Laksono

Lampiran :
1. Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae)
2. Pas Photo 4×6 (2 lembar)
3. Photo Copy KTP/SIM
4. Photo Copy Ijazah/STTB/Transkrip Nilai
5. Photo Copy Sertifikat
6. SKCK

 

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Posisi Engineer

Posted: 27 May 2015 04:45 PM PDT

Surat Lamaran Kerja Engineer – Engineering merupakan sebuah profesi yang boleh dikatan sama halnya dengan ilmuwan, dokter atau profesi lainnya. Profesi bidang ilmu dasar yang dipelajarinya erat kaitanya dengan pengetahuan matematika, ilmu alam serta pengalaman praktek. Sedangkan untuk Profesi engineering menuntut standard sikap terhadap yang tinggi terhadap mitra dan masyarakat sebagai satu kesatuan yang utuh. Posisi ini memerlukan bidang pengetahuan yang lebih spesifik, dimana para anggotanya mendapatkan status profesional setelah mamapu melalui jalur-jalur pendidikan juga pelatihan yang jelas.

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan teknik dan mempunyai minat berkarir di posisi ini, berikut adalah contoh surat lamaran kerja engineer ;

Hal : Lamaran Pekerjaan                                                          Karawang, 28 Mei 2015

Kepada Yth,

Manager HRD
PT. Astra Honda Motor Indonesia
Kawasan Industri MM2100,  Karawang
Cikarang Barat
Up. HRD Manager

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Bagus Nurcahyo
Jenis kelamin : Laki-laki
Usia : 23 tahun
Pendidikan terakhir : D3, Jurusan Otomotif Politeknik ITB
Alamat : Jl. jakarta no 111 Bandung

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di berita harian Radar Bandung terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan sebagai Process Controller di PT. Astra Honda Motor (AHM) Cikarang, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

Dengan kondisi kesehatan yang baik, menguasai software CAD dengan baik , mengerti fungsi kerja mesin/jig/peralatan, mengenal jenis material, memahami proses manufacturing serta mampu berkomunikasi dan bekerja team work yang baik. Atas dasar ini, saya pantas menjadi satu satunya kandidat yang Anda butuhkan untuk mengisi posisi Process Controller.

Bersama dengan surat ini, berikut saya lampirkan dokumen administratif:

  • Ijazah Terakhir.
  • Transkrip nilai akademik.
  • Curriculum Vitae.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) .
  • Surat Keterangan Pengalaman Kerja.
  • Pas foto 4 x6 : 3 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi saya yang sebenarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, maka saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

Bagus Nurcahyo

5 Cara Membuat CV yang Baik Agar Diterima Perusahaan

Posted: 27 May 2015 04:35 PM PDT

Cara membuat CV yang baik – Ketika mengirim lamaran kerja pada suatu instansi atau perusahaan yang menjadi tempat keinginan Anda untuk bekerja, CV atau daftar riwayat hidup merupakan salah satu berkas lamaran kerja yang harus terlampirkan dengan baik. CV menjadi berkas lamaran yang memberikan keterangan tentang diri pelamar kepada pihak perusahaan sebagai perkenalan awal diri, maka berkas ini penting terlampirkan dengan baik dan benar agar pihak perusahaan bisa menerima lamaran yang diberikan dan mengenal baik Anda untuk bisa menjadi pekerja diperusahaannya.

Nah, mengenai CV atau daftar riwayat hidup dalam membuat berkas ini terlihatna seperti mudah, akan tetapi perlu Anda ketahui banyak pelamar yang gagal saat melamar kerja atau lamaran yang diberikan ditolah itu disebabkan karena CV atau daftar riwayat hidup ini tidak terlampirkan dengan baik. Untuk itu Anda sangat perlu hati-hati dalam membuat CV ini, jangan sampai Anda kehilangan kesempatan pekrjaan dikarenakan kesalahan penulisan CV yang kurang menarik minat perhatian pihak perusahaan untuk merekrut Anda.Untuk itu disini akan diberikan cara membuat CV yang baik untuk membantu Anda dalam menulis CV yang akan Anda lakukan agar bisa diterima oleh pihak perusahaan. Dan caranya yaitu Anda dengan melakukan dan memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Cari Contoh Penulisan Untuk CV
    Saat ini sudah anyak dalam internet contoh untuk penulisan CV lamaran kerja, jadi bukanlah hal yang sulit untuk Anda mencarai poin ini. Tetapi yang perlu dierhatikan adalah ketelitian dari pengambilan contoh untuk penulisan CV tersebut, jangan sampai Anda meniru CV yang salah. Perhatikan dari penbulisa CV tersebut apakah poin-poinnya sudah bisa melengkapi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, biasanya untuk sebuah CV akan ada data pribadi, latar belakang pendidikan, kemampuan diri, pengalaman oeganisasi, dan pengalaman kerja. Pastikan poin-oin itu terdapat pada CV yang kan Anda buat.
  2. Jangan Menjeplak CV yang Anda temukan
    Bila sudah mendapatkan contoh dari CV, Jadikan itu hanya sebuah referensi. Jangan melakukan penjiplakan atau menulisakan apa yang bukan menjadi riwayat hidup Anda. Jika Anda menulis CV dengan riwyat yang bukan ada pada diri Anda, itu akan mejadi beban yang mungkin jika berhasil dari tes ini, saat wawancara nanti Anda akan kebingungan.
  3. Tulis Informasi Diri Dengan Benar
    Apa yang tertulis dalam sebuah CV, itu benar-benar mengenai diri Anda. Jangan karena ingin diterima kerja Anda menuliskan apa yang buka Anda miliki, misalnya kebanyakan kebohongan yang dilakukan dari kemampuan diri, kebanyakan mereka memberikan informasi bohong karena ingin lolos. Silahkan Anda melakukan ini tetapi Anda harus siap untuk mempertanggung jawabkannya nanti di depan HRD.
  4. Penulisan Rapih
    Tulis dengan rapih, penempatan tanda baca yang benar, serta jelas. Penulisan yang dilakukan menjadi poin pendorong untuk bisa pihak perusahaan mengetahui tentang Anda, jika penulisan sulit terbaca atau kurang dipahamai maka pihak perushaaan akan kebingungan untuk menegtahui tentang Anda. Sebaiknya buat CV ini dengan diketik komputer agar lebih rapi, tetapi jika Anda memiliki tulisan yang bagus silahkan Anda tulis tangan itu akan menjadi nilai tambah. Selain itu jaga juga kerapihan kertas jika CV Anda akan di print Out.
  5. Periksa Kembali
    Sebelum diberikan, periksa kembali CV yang telah Anda buat, perhatikan keseluruhan informasi data diri Anda pastikan tidak ada kesalahan baik itu untuk data yang diebrikan atau penulisan yang dilakukan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan dan Anda perhatikan sebagai cara membuat CV yang baik, semoga ini bisa menjadi panduan Anda dalam penulisan CV yang akan Anda persiapkan. Salam sukses

Cara Menjawab Dan Contoh Jawaban Terbaik 5 Pertanyaan Wawancara Kerja

Posted: 27 May 2015 04:30 PM PDT

Jawaban pertanyaan wawancara kerja – Pada postingan sebelumnya tipskarir sudah berbagi mengenai contoh pertanyaan dalam wawancara kerja sekaligus bagaimana cara menjawabnya. Untuk kesempatan kali ini, postingan yang akan dibagikan dari beberapa pertanyaan wawancara kerja, Ada 5 contoh pertanyaan yang akan sering muncul dalam tes wawancara kerja. Pertanyaan tersebut akan dijelaskan dibawah ini. Sedikit dijelaskan kembali, mengenai pertanyaan wawancara kerja merupakan hal penting yang harus diatasi dengan baik, sebab untuk bisa berlangsungnya suatu wawancara dengan baik sehingga menghasilkan keputusan yang diharapkan salah satu halnya terdapat pada pertanyaan yang akan dihadapi. Maka siapkan diri Anda dalam menghadapi pertanyaan tersebut, dengan mengenal 5 contoh pertanyaan ini.

  1. Coba gambarkan tentang diri Anda!
    Pertanyaan ini sudah umum menjadi kalimat pertanyaan pembuka dalam wawancara kerja dan sudah pasti akan Anda temukan dalam wawancara nanti. Coba pahami kalimat dari pertanyaan ini, menggambarkan berarti Anda harus bisa menjawab pertanyaan ini dengan ringkas. Berikan jawaban mengenai data diri nama, alamat, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja (jika ada).
    Contoh jawaban : "Saya Fitri Anisa tinggal di jl. Kabumen 43 bandung, menyelesaikan S1 di Universitas Hasanuddin, program studi Geofisika. Selama kuliah saya aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan sebagai anggota dan pengurus. Selesai kuliah, saya bekerja di perusahaan X sebagai Customes service .
  2. Mengapa Anda ingin bekerja diperusahaan ini ?
    Pertanyaan yang cukup membingungkan jika Anda belum melakukan pencaritahuan menegani perusahaan yang akan Anda lamara. Mengetahui tentang perusahaan adalah kunci untuk bisa menjawab pertanyaan ini. Maka dari itu ketahui perusahaan yang sedang Anda lamara, usahakan Anda mengenal produk, keutamaan yang dimiliki perusahaan tersebut dibandingkan perusahaan lain serta kaitkan dengan potensi diri yang Anda miliki.
    Contoh Jawaban : "Perusahaan ini adalah perusahaan jasa seismik processing terkemuka di tanah air. Dan keahlian saya adalah seismik processing. Saya yakin perusahaan dapat menunjang karir saya ke depannya, begitu pula sebaliknya saya dapat berkontribusi kepada perusahaan".
  3. Jika ada peluang kerja dari perusahaan lain, perusahaan mana yang akan Anda pilih ?
    Ini adalah pertanyaan jebakan untuk perusahaan mengetahui seberapa benar Anda ingin bekerja diperusahaan tersebut. Jika Anda ingin benar-benar diterima, jangan sekali-kali menyebutkan oerusahaan lain.
    Contoh jawaban : "Sebelum memutuskan untuk melamar ke perusahaan ini, saya telah melakukan riset terlebih dahulu dan saya yakin perusahaan inilah yang paling tepat untuk saya berkarir sesuai dengan keahlian yang saya miliki".
  4. Apa yang akan Anda capai dalam 5 tahun ke depan ?
    Pertanyaan ini diberikan untuk mengetahui jangka panjang yang akan Anda lakukan. Hati-hati jangan sampai salah mengatakan bahwa di 5 tahun yang akan datang Andaingin bekerja di perusahaan lain dengan posisi dan gaji lebih baik. Berikan jawaban apa yang akan direncanakan ketika Anda masih berada diposisi tersebut.
    Contoh jawaban : "5 tahun lagi saya ingin menjadi seismic processor terbaik yang dimiliki perusahaan ini. Sudah menjadi team leader yang bisa menangani dan mengatur proyek pengolahan data seismik".
  5. Berapa gaji yang Anda minta?
    Pertanyaan ini sangat sensitif dan susah untuk dijawab. Setiap pelamar sudah pasti akan merasa bingung untuk mengambil jawaban seperti apa ketika dihadapkan dengan pertanyaan ini. Nah, tips menjawab pertanyaan ini ketahui kisaran gaji untuk posisi pekerjaan yang sedang Anda lamar itupun jika Anda disuruh menyebutkan angka besaran gaji yang diinginkan.

Selamat mempersiapkan dan semoga postingan dari jawaban pertanyaan wawancara kerja diatas bermanfaat, salam sukses.

Cara Berpenampilan yang Baik Untuk Wawancara Kerja

Posted: 27 May 2015 04:25 PM PDT

Penampilan baik wawancara kerja – Tes wawancara kerja merupakan tes yang bersifat kritikal, penilaian yang dilakukan dalam tes ini tidak hanya dari padangan kecerdasan yang dimiliki, mulai dari penampilan serta sikap akan menjadi poin nilai dan penantu untuk bisa memilih siapa yang akan mereka angkat untuk jadi tenaga kerja diperusahaan yang mereka pimpin. Maka dari itu selain dari cara menjawab pertanyaan yang diberikan, penting untuk Anda memperhatikan sikap apa yang harus ditunjukan dan pakaian yang akan Anda gunakan karena hal itu adalah hal yang bisa menjadi pelangkap untuk menarik pihak perusahaan. Pintar menjawab dari pertanyaan, sikap Anda baik serta berpenampilan sudah menjadi tiket besar untuk Anda bisa lolos dari tahapan tes wawancara kerja.

Nah untuk itu setelah saya membagikan beberapa contoh pertanyaan dan cara menjawab setiap pertanyaan yang tepat serta sikap yang harus Anda tunjukan beberapa hari yang lalu, dalam kesempatan ini sebagai bantuan untuk persiapan Anda menghadapi tes wawancara kerja saya akan membagikan cara berpenampilan yang baik saat wawancraa kerja. Ingat penampilan Anda adalah nilai awal yang akan pihak perusahaan berikan, dan itu yang menjadi poin minat mereka untuk melangsungkan wawancara kerja, jadi penting untuk Anda perhatikan.

Nah agar penampilan Anda nanti bisa menarik dan ternilai baik oleh pihak perusahaan, ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan, diantaranya sebagai berikut :

  • Pemilihan Pakaian yang Tepat
    Pakaian yang Anda kenakan hendaknya sesuai dengan posisi pekerjaan yang sedang Anda lamar, misalnya Anda melamar kerja sebagai teller bank maka sesuaikan pakaian Anda layaknya seorang teller. Anda bisa meniru pakaian yang digunakan seorang teler. Pakaian Anda formal, perpaduan warna yang serasi, bersih, rapih, serta pas untuk Anda pakai. Hindari pakaian yang seksi. Untuk atasan bisa Anda memilih pakaian kemeja boleh pendek atau panjang, tetapi bagi laki-laki sebaiknya gunakan kemeja tangan panjang. Untuk celana atau rok baiknya pilihlah warna hitam.  Jika Anda melamar kerja dikantoran akan lebih menggunkaan jas atau blazer agar terlihat lebih rapih.
  • Riasan Wajah
    Bagi perempuan penting untuk Anda bersolek untuk mempercantik wajah Anda, tetapi jangan keterlaluan. Cukup hiasi wajah Anda dnegan riasan wajah yang natural sehingga kecantikan alami Anda lebih menonjol. Merias wajah juga penting agar Anda terlihat lebih fresh. Tata juga rambut Anda dengan rapih baik diikat atau disanggul jika rambut Anda panjang. Bagi laki-laki mungkin Anda cukup memperhatikan rambut Anda sebab itu sangat berpengaruh pada wajah, jika rambut Anda gondrong segera lakukan pangkas rambut sehingga wajah Anda akan terlihat lebih segar.
  • Aksesoris
    Untuk aksesoris bagi wanita cukup untuk menggunkaan giwang, jam tangan dan cincin, jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan yang membuat Anda ribet, itu akan menggangu. Nah, bagi laki-laki alangkah baiknya jika Anda memakai jam tangan.
  • Pakai Sepatu yang Tepat
    Sepatu meskipun berada dibawah, tetapi tetap harus diperhtikan karena pewawancara akan melihat Anda dari atas sampai bawah, maka sepatu ini juga penting diperhatikan untuk keserasian penampilan Anda. Pilih warna sepatu yang hitam, lihat pekerja kantoran dan gunakan sepatu seperti itu. Gunakan kaos kaki yang berwarna hitam, tetapi jika Anda wanita yang akan memakai rok sebaiknya pakai stocking.

Itulah hal yang penting Anda perhatikan untuk penampilan baik wawancara kerja yang akan Anda hadapi, selamat mempersiapkan dan salam sukses.

Cara Melatih Mental Diri Untuk Lebih Tenang Menghadapi Wawancara Kerja

Posted: 27 May 2015 04:20 PM PDT

Menghadapi wawancara kerja menjadi hal yang angat menegangkan, tidak hanya dirasakan oleh para pemula, bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman mengikuti tes wawancara kerja, ketika akan menghadapi tes ini akan merasa tegang. Tegang adalh hal yang lumrah, karena menghadapi tes ini menjadi satu benteng yang bisa menentukan nasib diri pelamar, berhasil atau gagal mendapatkan pekerjaan ini akan ditentukan dari tes wawancara kerja. Tes inilah yang akan memberikan hasil sesungguhnya. Bila berhasil melewati tahap tes ini, maka Anda berhasil mendapatkan pekerjaan tersebut. Tetapi jika sebaliknya maka Anda harus bisa mencari pekerjaan lain.

Kesempatan untuk wawancara kerja tentu hanya diberikan kepada pelamar tertentu yang dianggap telah memiliki kriteria yang sesuai dengan yang perusahaan butuhkan. Jika saat ini Anda dipanggil untuk mengikuti tes seleksi wawancara kerja, maka Anda sudah bisa menjadi pekerja perusahaan tersebut, tetapi disini pihak perushaan ingin meyakinkan kembali apakah Anda orang yang tepat atau belum, maka dari itu pihak perusahaan melakukan tes wawancraa kerja untuk mengetahui hal ini. Semua pelamar sudah pasti ingin berhasil melewati tahapan ini yang begitupun dengan Anda.
Ingin lolos tes wawancraa kerja ? Persiapkan diri dengan baik. Dari persiapan diri tersebut salah satu hal yang penting harus dilakukan adalah persiapan Mental karena itu yang menjadi faktor pembawa Anda untuk bisa menghadapi wawancara kerja dengan baik.

Cara Melatih Mental Diri untuk Wawancara Kerja
Berhadapan dengan pihak yang akan menentukan nasib Anda dengan menghadapi sejumlah pertanyaan yang harus Anda atasi tentu sangat menguji mental diri. Mental diri yang kurang terlatih akan membuat wawancara Anda tidak akan berlangsung baik, rasa grogi dan glisah pastinya akan Anda rasakan, dan irulah yang membuat wawancar Anda bisa menjadi tidak baik. Maka agar tidak gerogi sebaikya latih mental diri untuk bisa lebih tenag dan rilex saat wawancara berlangsung, dengan rasa tenang Anda bisa lebih siap, fokus, penuh konsentrasi, dan lebih percaya diri sehingga wawancra bisa berlangsung lancar.

Lalu bagimana cara melatih mental diri ? Untuk melatih mental diri  caranya Anda harus mencari dan mengetahui soal pertanyaan sekaligus mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Ajak rekan atau sodara Anda untuk melakukan simulasi wawancara kerja, lakukan wawancara dengan serius dengan menjawab setiap pertanyaan yang diberikan, dengan begitu mental diri akan terlatih dan saat wawancara nanti Anda sudah terbiasa berbicara dengan tenang, begitupu dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan Anda tidak akan merasa grogi dan kebingunangan.

Mental adalah salah satu faktor yang bisa mendukung keberlangsungan wawancara Anda, berlangsung baik tidaknya wawancara Anda itu tergantung dari mental dalam diri Anda, jika mental diri kurang terlaitih maka kemungkinan besar saat menghadapi wawancara kerja nanti Anda akan merasakan grogi dan gelisah yang luar biasa sehingga saat berbicara Anda tidak bisa tenang begitupun saat menjawab pertanyaan Anda akan kehilangkan konsentrasi yang pada akhirnya wawancara Anda gagal. Maka persipakan mental diri Anda . Semoga ini bisa menjadi bantuan melatih diri mental Anda, salam sukses.

Jawaban Wawancara Kerja: Mengapa Kami Harus Menerima Anda?

Posted: 27 May 2015 04:05 PM PDT

Jawaban Wawancara Kerja – Pertanyaan ini seakan menjadi pertanyaan yang sering dan biasa ditanyakan pewawancara pada calon karyawan. Dari segi bobot, pertanyaan tersebut tampak mudah tapi sebenarnya pertanyaan tersebut tergolong sulit mengingat memiliki motif untuk menggali skill Anda. Perusahaan pastinya ingin mendapatkan seseorang tepat untuk suatu posisi, juga cocok dengan budaya perusahaan dan segala hal yang berhubungan dengan ruanglingkup pekerjaannya. Oleh sebab itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan penguasaan keahlian yang cukup, ketenangan serta kemampuan komunikasi yang baik agar pewawancara mengerti dari apa yang Anda sampaikan.

Sebagai Jawaban Wawancara Kerja dari pertanyaan di atas, berikut adalah tipsnya :

  • Antusias.  Sebagai salah satu cara dalam menghadapi pertanyaan ini ialah dengan memotong apa yang ingin dikatakan pewawancara. Pada dasarnya jika Anda memotong pertanyaan yang disampaikan pewawancara, maka ia akan terdiam sehingga membiarkan Anda berbicara. Bila ia terdiam untuk membiarkan Anda berbicara dengan demikian melihat Anda sebagai calon karyawan yang memiliki antusias,, sehingga Ia menganggap Anda sebagai kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Inti pertanyaan ini adalah membahas mengenai diri Anda.
  • Anda adalah Ahli. Bila sudah menceritakan mengenai pengalaman maupun kompetensi Anda saat wawancara tapi kemudian ternyata pewawancara melaontarkan pertanyaan tersebut,  Salah satu caranya menjawabnya ialah dengan mengeluarkan pengetahuan juga pemahaman Anda seputar perusahaan tersebut. Untuk itu Anda bisa mencari informasi tentang perusahaan sehingga Anda pun bisa membicarakan mengenai keunikan perusahaan tersebut baik dari sejarah perusahaan, tujuan perusahaan hingga strategi Anda untuk mencapai tujuan jika bergabung dengan perusahaan. Selain itu, tunjukanlah kalau Anda sangat tertarik pada posisi tersebut, sebagai personal yang lebih mudah dilatih dibandingkan kandidat lain, dimana hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda lebih menonjol dari kandidat lain.
  • Pemberi Solusi. Lazimnya, pewawancara menanyakan pertanyaanseperti  ini oleh sebab perusahaan mempunyai masalah yang perlu diselesaikan. Ketika menjawab, sebaiknya to the poin dan secara detail bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah dan usahakan tidak membahas mengenai pekerjaan yang Anda lakukan di perusahaan sebelumnya. Fokuslah pada tujuan dan jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan tersebut dengan demikian menunjukan bahwa Anda memiliki visi dan prospektif sebagai karyawan yang mampu bekerja secara individu maupun bersama tim.

No comments:

Post a Comment