TipsKarir.Com | ![]() |
- Contoh Surat Lamaran Kerja Jadi Dosen dan Pengajar
- Waspada Penipuan ‘Pengacara’ Berkedok Pegawai BKN!
- Ini Alasan dan Motif Mengerjakan Psikotes Kraepelin
- Atasi Rasa Grogi Saat Wawancara Kerja
- Etika Yang Harus Anda Perhatikan Saat Wawancara Kerja
- 5 Hal Yang Harus Anda Tonjolkan Saat Wawancara Kerja
- Jangan Yakin Dulu Keabsahan Ijasah Anda, Asli atau Ijasah Palsu?
Contoh Surat Lamaran Kerja Jadi Dosen dan Pengajar Posted: 21 Jan 2015 05:35 PM PST Bagi anda yang lulusan ilmu pendidikan maupun keguruan tentu menjadi Dosen ataupun pengajar adalah target akhir karir anda. Namun tidak sedikit daiantaranya walau bukan lulusan ilmu pendidikan, memilih profesi sebagai tenaga pengajar. Hal ini tidak lah aneh karena dewasa ini perkembangan dunia pendidikan sedang menjamur terutama sekolah-sekolah swasta yang didirikan sebuah yayasan, memang suatu prospek karir yang menjanjikan namun belum cukup menggiurkan. Melamar kerja menjadi dosen dan pengajar tentu sudah menjadi keniscayaan, utamanya bagi yang ingin coba peruntungan di dunia pendidikan. Contoh surat lamaran kerja jadi dosen, akan menjadi partner setia anda menyiapkan dokumen lamaran kerja sebelum anda menjadi dosen maupun pegajar. Agar anda tidak melakukan kekeliruan dan efektif dalam membuat lamaran kerja, contoh surat lamaran kerja jadi dosen yang baik sebaiknya menjadi referensi anda dalam menulis surat lamaran. Sebagaimana membuat surat lamaran kerja pada umumnya, isi contoh surat lamaran kerja jadi dosen padasarnya sebagai penghantar dokumen lamaran, menyampaikan maksud dan tujuan serta sekilas kualifikasi dan kompetensi diri anda untuk memperkuat CV kerja yang anda buat. Agar anda lebih mudah memvisualkannya, silakan perhatikan contoh surat lamaran kerja jadi dosen di bawah ini: Bandung, 22 januari 2015 Kepada Hal : Lamaran Pekerjaan Dengan hormat, Berdasarkan informasi peluang kerja yang diterima melalui ketua BAK, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) untuk menempati posisi sebagai Dosen Pengajar Pemrograman yang anda butuhkan sekarang. Dengan latar pendidikan Sarjana program studi Teknik Informatika serta berbekal penguasaan public-speaking dan memiliki kemampuan membuat analisis sistem basis data, menguasai bahasa pemrograman C++, Java Script, Sistem Operasi windows, Linux serta mampu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pernah bekerja di sebuah perusahaan web developer. Kebutuhan anda akan seorang Dosen pemrograman yang handal saya rasa tepat dengan kompetensi yang dimiliki. Sebagai bahan referensi yang bisa anda pertimbangkan, saya lampirkan :
Demikian surat permohonan pekerjaan ini dibuat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 087755667 atau email taufiqhidayatgmail.com. Besar harapan saya untuk dapat bekerja sama dan bergabung di Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika . Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan. Hormat Saya,
Taufiq Hidayat , |
Waspada Penipuan ‘Pengacara’ Berkedok Pegawai BKN! Posted: 21 Jan 2015 04:45 PM PST Berita CPNS – Selalu ada saja orang yang ngaku-ngaku pegawai BKN, motif maupun modus yang digunakannya tidak lain dan tidak bukan untuk menipu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sangat berhasrat jadi PNS. Usaha yang dilakukan oleh segilintir orang yang menjabat “Pengacara” alias Pengangguran Banyak Acara ini dan pastinya bukanlah seorang lawyers ahli hukum atau pembela hukum. Kejadian ini menghiasi berita CPNS, terjadi dan terbukti sebagaimana yang telah dilansir pada pemberitaan Tribunnews.com (22/01/2015), Petugas Polres Jombang membekuk Gatut Wahyu Wibisono (42), warga Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang, yang diduga penipu berkedok calo Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Jumat (19/12/2014). Dari aksinya ini Gatut mampu meraup penghasilan yang fantastis hingga Rp. 3.5 miliar dan tidak cuma di Jombah bahkan sedikitnya 7 kabupaten di Jawa Timur yang menjadi lokasi aksi tipu-tipunya ini. Modus operandi yang dilancarkan Gatut terbilang klasik yaitu dengan cara meyakinkan calon korban, dengan bermodal surat yang menjadikan dia sebagai petugas BKN (Badan Kepegawaian Negara). Untuk melancarkan aksinya itu, dia menawarkan lolos masuk PNS tanpa ujian dan pada akhirnya calon korban harus meneyetor sejumlah uang dimana untuk lulusan SMA seharga Rp. 120 Juta dan lulusan sarjana diberi tarif Rp. 110 juta. Tidak tanggung-tanggung korban yang terjaring oleh tipu daya Gatut mencapai ratusan orang. Karena yang dijanjikan Gatut tak kunjung nyata, maka korban pun gerah karena uangnya raib tak ada hasil dan melapor ke Polres Jombang. Sebagaimana yang dituturkan Kasubbag Humas Polres Jombang, AKP Lely Bachtiar "Korbannya mencapai ratusan orang. Untuk di Jombang sendiri sekitar 15 orang korban. Namun yang melapor masih satu orang,” . Pada akhirnya Tuhan pun berkehendak, Gatut si jago dongeng sekaligus gembong penipuan ini ditangkap dekat Terminal Bus Kepuhsari Jombang, saat menunggu calon korbannya dan digiring ke Mapolres diperiksa. Gatut.. Gatut… :) Nah, buat anda yang kini masih bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS), kiranya lika-liku berita CPNS ini menjadi pelajaran yang berharga. Setidaknya anda lebih waspada dan mengurungkan niat jadi PNS dengan cara instan atau suap, yakin dan percaya pada diri sendiri. Good Luck !. |
Ini Alasan dan Motif Mengerjakan Psikotes Kraepelin Posted: 21 Jan 2015 04:15 PM PST Mengerjakan Psikotes Kraepelin merupakan salah satu model psikotes yang kerap dilakukan oleh berbagai perusahaan, utamanya yang berkaitan dengan keuangan atau penghitungan. Perusahaan perbankan atau manufaktur selalu menyempatkan jenis tes ini, khususnya untuk posisi-posisi tertentu yang membutuhkan ketelitian, kecermatan maupun kestabilan dalam bekerja. Mengerjakan Psikotes Kraepelin memiliki tujuan untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek tertentu, sesuai dengan visi dan kebutuhan institusi perusahaan. Penilaian ini menjadi acuan recruiter yang berdasarkan standar yang ditentukan, diinterpretasikan serta dibaca tester berdasarkan instrumen grafik dan skor.
Nah, dari gambaran maksud, tujuan serta motif Mengerjakan Psikotes Kraepelin di atas. Dapat kita simpulkan dalam dua buah pertanyaan: Mana yang lebih baik memiliki skor yang tinggi atau memiliki grafik yang stabil? dan Bagaimana cara memaksimalkan hasil psikotes karepelin? Idealnya untuk menjawab dan mengerjakan Psikotes Kraepelin yaitu jawaban dengan skor yang tinggi dan grafik yang stabil. Namun karena dihadapi dengan pilihan maka Lebih baik memiliki skor yang menengah namun tapi grafik yang stabil. Pada prinsipnya ialah sesuai dengan apa yang sedang dibutuhkan recruiter, yakni kebutuhan karakteristik kandidat yang memenuhi kualifikasi yang diperlukan pada posisi/ jabatan yang ditawarkan. Menjawab pertanyaan yang kedua, silakan jawablah dengan realistis. Pahami dahulu jobdesk maupun ruang lingkup tugas yang akan dikerjakan di posisi yang anda lamar, jika anda pahami maka menjadi stimulus agar berlatih dan belajar labi. Selain itu berlatih secara akademik berbagai bentul latihan soal tes, hal ini dimaksudkan agar anda tidak kaget dengan berbagai pola soal dan cara mengerjakan Psikotes Kraepelin. |
Atasi Rasa Grogi Saat Wawancara Kerja Posted: 20 Jan 2015 09:08 PM PST Trik Wawancara Kerja – Sebelum anda menjalankan serangkaian proses wawancara kerja, ada baiknya jika anda mempersiapkan diri sematang serta semaksimal mungkin. Dan persiapan tersebut tentunya sangatlah penting untuk dilakukan bagi sebagian besar para pelamar kerja. Persiapan diri tersebut yang harus dilakukan merupakan upaya agar anda dapat menguasai diri anda saat proses wawancara berlangsung serta anda merasakan ketenangan dan menghindari rasa krogi atau gugup. Bagi anda para pelamar kerja, ada baiknya jika anda tidak terlalu mencemaskan timbulnya rasa grogi yang muncul pada diri anda saat proses wawancara kerja berlangsung. Karena rasa grogi saat proses wawancara kerja berlangsung yaitu salah satu hal yang memang wajar, terutama jika anda masih belum memiliki pengalaman dalam dunia bekerja. Agar anda dapat mengatasi perasaan grogi saat proses wawancara kerja berlangsung, kali ini kami akan mencoba mengulas beberapa kiat sukses agar anda dapat mengatasi rasa grogi saat wawancara , yaitu sebagai berikut: 1. Memiliki waktu tidur cukup Memang sangatlah penting jika anda memiliki waktu istirahat yang cukup agar stamina tubuh anda tetap terjaga. Sebaiknya anda memiliki waktu tidur selama 7-9 jam setidaknya selama 3 malam berturut-turut sebelum proses wawancara kerja berlangsung. Dikarenakan berdasarkan hasil pengamatan dari pakar kesehatan, ketika anda memiliki waktu yang cukup untuk tidur, akan sangat membantu anda dalam meningkatkan konsentrasi serta rasa percaya diri saat proses wawancara kerja berlangsung. 2. Persiapkan wawancara Ketika anda kurang mempersiapkan diri sebelum proses wawancara kerja berlangsung maka akan menyebabkan rasa khawatir yang memang berlebihan. Ada baiknya jika anda memiliki waktu luang guna mempelajari posisi yang memang anda inginkan di perusahaan yang anda lamar serta latar belakang dari perusahaan tersebut. Selain itu, anda juga harus mempersiapkan pertanyaan yang memang nantinya akan anda ajukan kepada pihak pewawancara ketika proses wawancara akan diakhiri. 3. Melatih berbicara dan kontak mata Selama proses wawancara kerja berlangsung, ada baiknya jika anda memberikan kontak mata kepada pihak pewawancara. Ketika anda tidak memberikan kontak mata kepada pihak pewawancara saat proses wawancara berlangsung, maka anda akan terkesan bahwa anda bukanlah seseorang yang memang memiliki rasa percaya diri. Dan sebelum proses wawancara kerja berlangsung, sebaiknya anda berlatih walau dalam beberapa menit hanya untuk melakukan kontak mata yang tepat dengan keluarga anda atau pun teman anda. 4. Sarapan Sebelum anda menjalankan serangkaian proses wawancara , sebaiknya anda sarapan terlebih dahulu. Karena ketika anda sarapan, maka akan memberikan banyak manfaat untuk diri serta tubuh anda sepanjang hari. Selain itu, dengan anda sarapan juga akan membantu anda menambahkan energi pada tubuh, serta membuat anda menjadi lebih berkonsentrasi agar anda lebih fokus saat proses wawancara kerja berlangsung. 5. Tarik napas dalam Ketika anda telah datang ke tempat proses wawancara digelar, mungkin denyut jantung anda akan lebih meningkat ketingkat yang tidaklah normal. Agar anda dapat mengatasi persoalan tersebut, mungkin anda bisa menarik napas dalam-dalam agar denyut jantung anda secara perlahan kembali normal. 6. Persiapkan jawaban Sebelum anda akan memberikan setiap jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pihak pewawancara, ada baiknya jika anda dapat mencerna setiap pertanyaan tersebut kurang dari 10 detik dan setelah itu baru anda menjawab pertanyaan tersebut. Anda harus mengusahakan menjawab setiap pertanyaan tidak dengan terbata-bata, karena hal tersebut dapat mengesankan kalau anda memang tidak siap untuk wawancara kerja yang anda jalankan. |
Etika Yang Harus Anda Perhatikan Saat Wawancara Kerja Posted: 20 Jan 2015 09:06 PM PST Langkah Wawancara Kerja – Bagi anda yang saat ini tengah sibuk dengan proses pencarian kerja, bahkan anda telah membuat surat lamaran kerja dan anda telah mengirimkannya kepada perusahaan yang bersangkutan. Dan dimana dalam surat lamaran yang anda buat tersebut tercantumkan satu kata bahwa anda masih belum memiliki pengalaman dalam dunia pekerjaan dikarenakan saat ini anda masih fresh graduate. Berbagai tahapan akan dilakukan oleh pihak perusahaan dalam proses penerimaan karyawan baru. Proses tersebut biasanya akan dimulai dari proses tes tertulis yang biasa digelar oleh sejumlah perusahaan tertentu. Dalam tes tertulis tersebut anda akan dihadapkan dengan sejumlah soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum atau pun dalam bentuk soal terkait dengan bidang latar belakang pendidikan si calon karyawan tersebut. Jika pihak perusahaan telah menyatakan bahwa anda lolos dalam proses ujian atau tes tahapan pertama, maka anda akan menjalankan proses tes tahapan selanjutnya. Dan tes kedua biasanya akan sangat erat kaitannya dengan psykologi serta bakat yang dimiliki oleh setiap calon karyawan, dan tes tersebut adalah tes psikotes. Jika tahapan tes psikotes dapat dilalui dengan sukses, maka proses selanjutnya yang akan dilalui oleh para calon pegawai baru yaitu proses wawancara yang biasanya akan dilakukan oleh pihak HRD serta dengan pihak yang memang berkaitan yang disesuaikan dengan tujuan surat lamaran kerja yang anda kirim. Dalam proses wawancara kerja sangat diperlukannya beberapa etika baik guna membuat kesan yang baik pula saat berlangsungnya proses wawancara kerja. Pengertian dari etika itu sendiri menurut kamus besar bahasa indonesia yaitu nilai terkait perilaku mana yang benar serta mana yang salah yang memang dimiliki oleh setiap orang.Berikut ini beberapa etika saat proses wawancara kerja berlangsung yang memang harus anda perhatikan.
Anda harus memastikan bahwa anda datang ke tempat wawancara dengan waktu yang tepat, jangan terlambat ketika anda akan datang ke tempat wawancara. Jika anda datang 15 menit lebih awal dari agenda yang telah ditentukan, maka setidaknya anda akan memiliki waktu yang panjang guna mempersiapkan diri anda kembali sebelum sesi wawancara berlangsung. Namun alangkah lebih baik jika anda datang 1-2 jam sebelum sesi wawancara akan dimulai.
|
5 Hal Yang Harus Anda Tonjolkan Saat Wawancara Kerja Posted: 20 Jan 2015 09:05 PM PST Tips Wawancara Kerja – Wawancara kerja adalah salah satu momen yang sangatlah penting guna menentukan apakah anda benar-benar layak atau tidak untuk bekerja di perusahaan yang memang selama ini telah anda incar tersebut. Oleh sebab itu, anda jangan sampai menyia-siakan kesempatan yang memang telah ada di depan mata anda, pergunakanlah kesempatan tersebut sebaik mungkin, satu hal yang harus anda ingat, kesempatan tidak datang dua kali. Selain yang berkaitan dengan latar belakang pendidikan anda serta pengalaman anda dalam bekerja jika anda memang memiliki pengalaman bekerja, anda juga sangat perlu untuk menonjolkan beberapa hal ketika sesi wawancara kerja berlangsung. Dan beberapa hal tersebut dapat anda simak dibawah ini. 1. Etika Kerja Yang harus anda perhatikan pertama kali saat proses wawancara kerja yaitu etika anda dalam bekerja. Anda harus menunjukkan bahwa anda termasuk kedalam kategori orang-orang yang selalu tepat waktu serta anda selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas yang anda terima. Selain itu, anda juga bisa menunjukkan seberapa besar ambisi anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. 2. Kemampuan Berkomunikasi Sebelum proses wawancara kerja berlangsung, alangkah lebih baik jika anda mempersiapkan diri sebelum wawancara guna menunjukkan keahlian anda dalam berkomunikasi yang baik. Anda juga harus memberikan satu contoh atau dalam kata lain bukti dari pengalaman anda bekerja di perusahaan sebelumnya, hal tersebut dapat memberikan poin plus terhadap anda. 3. Bersikap Positif Ketika proses wawancara berlangsung, anda harus menunjukkan sikap positif yang anda miliki dengan anda selalu ramah dan tersenyum serta tidak arogan. Karena jika hal tersebut tidak anda lakukan, maka pihak pewawancara akan menilai anda sebagai orang yang tidak tepat untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu, anda juga jangan pernah lupa untuk mendengarkan dengan baik ketika pihak pewawancara sedang dalam keadaan bicara dengan anda. 4. Manajemen Waktu Anda bisa menjelaskan kepada pihak pewawancara bagaimana anda dapat menyelesaikan sejumlah tugas yang memang diberikan kepada anda, serta tunjukkan pula cara anda dalam membagi atau memanaj waktu yang anda miliki. Anda juga harus menunjukkan kepada pihak pewawancara kalau anda bekerja dengan menggunakan skala prioritas. 5. Percaya Diri Untuk poin yang terakhir berkaitan dengan rasa percaya diri yang anda miliki. Mungkin anda dapat menunjukkan rasa percaya diri anda dengan melalui cara anda dalam berbicara serta dalam berpakaian. Dan hal tersebut dapat memberikan nilai yang baik dari pihak pewawancara saat proses wawancara berlangsung. Namun ada satu hal yang memang harus anda ingat, ketika proses wawancara berlangsung, percaya diri memang perlu untuk anda tunjukkan, namun jika anda terlalu over PD maka akan sangat mengurangi nilai anda dari pihak pewawancara. Beberapa poin diatas merupakan poin-poin penting yang memang harus anda tonjolkan saat proses wawancara kerja berlangsung. |
Jangan Yakin Dulu Keabsahan Ijasah Anda, Asli atau Ijasah Palsu? Posted: 20 Jan 2015 06:14 PM PST “Penjualan ijasah palsu, kelas jarak jauh, ini ada di swasta atau negeri. Di swasta ada, negeri itu ada,” Kutipan Muhamad Nasir, Menteri Riset dan Teknologi RI melalui situs Merdeka.com 8/1/2015. Ijasah palsu menjadi pembicaraan hangat dan mencuat, ditengah kembung-kempisnya pemerintah Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dalam mempersiapkan sumber daya manusia. Ditengah ketertinggalan mengejar langkah dari negara tetangga, Indonesia seakan lari tunggang langgang melakukan berbagai upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) sampai akhir 2015 nanti. Lebih satu dasawarsa pemimpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang. Hal ini bertujuan supaya daya saing Asean meningkat serta bisa menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi asing. Sektor peningkatan penanaman modal asing di wilayah ini sangat dibutuhkan untuk membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan yang lebih luas. Pengaruh dari butir-butir kesepahaman Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) atau yang disitilahkan pembentukan pasar tunggal ini memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara hingga menyebabkan kompetisi akan semakin berat dan ketat. Selain itu, berbagai profesi maupun tenaga kerja asing boleh masuk dan bekerja di Indonesia dengan leluasa, sebagai imbas dari adanya penghapusan aturan-aturan yang sebelumnya menghalangi perekrutan tenaga kerja asing. Nah, apa jadinya bila anda mempunyai Ijasah palsu? Miris memang, tatkala pemeritintah RI berupaya meningkatkan mutu pendidikan, alih-alih ingin memperbaiki yang terjadi dilapangan justru sebaliknya. Permasalahan kasus ijasah palsu itu malah terjadi di banyak perguruan tinggi swasta maupun negeri. Kemenristek telah mendesak agar makin perketat keamanan sistem pendidikan khususnya perguruan tinggi juga mempertimbangkan adanya perbaikan infrastruktur yang mampu memberikan rasa nyaman pada masyarakat. Disamping itu, perguruan tinggi mesti meningkatkan kualitas serta diwajibkan memikirkan nasib mahasiswa kurang mampu. |
You are subscribed to email updates from Tips Karir To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment