TipsKarir.Com | ![]() |
- Sukses Lulus Interview Kerja Walau Hanya Sebagai Underdog
- Naas, 50 % Tenaga Kontrak Akan Diberhentikan Mulai Tahun Depan
- Format dan Contoh Surat Penolakan Lamaran Kerja yang Baik
- Kalau Mau Aman Pulang Kerja Lembur Jangan Pilih Taksi ini!
Sukses Lulus Interview Kerja Walau Hanya Sebagai Underdog Posted: 25 Jan 2015 04:45 PM PST Enthusiasm is the mother of effort, and without it nothing great was ever achieved." by Ralph Waldo Emerson yang artinya; Antusiasme adalah ibu dari usaha, dan tanpa itu tidak ada yang besar yang pernah dicapai. Ya, awal perjalanan karir tidaklah semudah dengan apa yang kita rencanakan, setidanya ungkapan tersebut sebagai sokongan buat anda yang saat ini berusaha meraih impian. Lulus Interview Kerja ialah harapan akhir sebagian besar pelamar kerja (kandidat) dari berbagai seleksi yang sudah dihadapinya. Meski anda memiliki latar belakang pendidikan yang tidak mentereng, prestasi yang pas-pasan, serta pengalaman yang minimalis atau usia yang masih muda, yakinlah kesempatan itu selalu ada jika anda mampu menunjukan antusiasme yang maksimal. Perhatikan beberapa pengalaman berikut yang lulus interview kerja dikarenakan kasus abnormal, namun mereka sukses melewati seleksi tahap akhir hingga lulus interview kerja. Mari pelajari yang menjadi kisah dan alasannya berikut ini:
Dari ketiga kasus lulus interview kerja diatas, dapat kita simpulkan kalau ketiga kandidat tersebut hampir mempunyai satu kesamaan. Mereka merupakan kandidat ‘underdog’, yang datang dengan kesadaran penuh bahwa mereka memiliki disadvantage, baik dari sisi pengalaman kerja, usia, maupun prestasi akademisnya. Dibalik semua itu, mereka pun memiliki kesamaan juga dalam hal berusaha untuk menutupi kekurangannya dengan cara membuat si pewawancara terkesan sejak menit awal disaat sesi wawancara kerja berlangsung. |
Naas, 50 % Tenaga Kontrak Akan Diberhentikan Mulai Tahun Depan Posted: 25 Jan 2015 04:25 PM PST Sejalan dengan surat edaran mengenai pelarangan Pemda untuk mengangkat pegawai honorer/ naban, berimbas pada dikeluarkannya edaran ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengevaluasi kebutuhan pegawai serta beban kerja. Dari hasil kajian tersebut akan digunakan tahun depan bersamaan dengan berakhirnya masa kontrak naban. Dari beban anggaran yang terjadi, khususnya Pemerintahan Kota (Pemkot) Balikpapan sudah memiliki rencana menghapus separuh atau memberhentikan 50% tenaga bantuan (naban) mulai tahun depan. Sebagaimana diterangkan Tatang Sudirja selakau kepala Badan Kepegawaian Daerah Balikpapan : “Berdasarkan PP 48/2005, Pemda dilarang untuk mengangkat pegawai honor/naban. ini menyikapi kebijakan pusat terkait efesiensi penggunan anggaran” (jpnn.com, 26/1/2011) Sekarang ini, sudah lebih 2 ribu Tenaga Bantuan (naban) yang anda di pemkot balikpapan yang tersebar di semua SKPD. Tatang Sudirja menambahkan “Sudah ada arahan dari sekkot untuk dikurangi paling banyak yang di bidang administrasi. Untuk yang tenaga ahli belum ada rencana”. “Selama ini pegawai kontrak bekerja berdasarkan ada atau tidaknya kegiatan,” Ujar Kepala BKD Balikpapan ini. Sebagaimana informasi yang ada, tiap bulan honorarium yang diterima naban untuk pegawai administrasi saja sekitar Rp 1,2 juta. Sedangkan beban pengeluaran untuk seorang tenaga operasional bisa lebih dari itu. Untuk menutupi beban anggaran tersebut, dana diambil di belanja kegiatan. Tentu saja jika tenaga bangtuan ini dikurangi, maka pekerjaan mereka akan diserahkan ke PNS. Sementara itu, berdasarkan catatan yang ada Pegawai Negeri Sipil Pemkot Balikpapan saat ini sekitar 6 ribu orang. Namun berdasarkan keperluan di lingkungan pemerintah kota masih kurang sekitar 4 ribu orang. BKD sudah mempelajari pole sejak 2011. Tatang Menegaskan “Sekarang tinggal kebijakan untuk menerapkan. Saya tidak bicara teknis tapi pemikiran. Kalau mau kurangi pegawai naban, terus pakai tenaga swasta dengan pola outsourcing,” Kepala BKD Balikpapan dalam hal ini berharap agar Pemkot menambah jumlah pegawai bisa diakomodasi pemerintah pusat. Contohnya saja untuk mengisi kekurangan tenaga kerja di lingkungan RSUD Balikpapan. Kemudian ia pun memiliki keinginan Pemkot memberlakukan pola outsourcing untuk kegiatan tertentu seperti kebersihan di Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP), atau pengerukan parit di Dinas Pekerjaan Umum (PU), sebagaimana yang sudah diterapkan di Surabaya.
|
Format dan Contoh Surat Penolakan Lamaran Kerja yang Baik Posted: 25 Jan 2015 04:15 PM PST Etika tidak hanya ditampilkan dalam tingkah-laku maupun sikap, melainkan tata cara administratif maupun surat menyurat utamanya untuk surat-surat resmi. Sebuah perusahaan besar maupun bonafid, akan senantiasa melakukan hubungan dan komunikasi yang baik terhadap karyawan atau bahkan terhadap calon karyawannya. Hal ini dilakukan dalam menjaga pencitraan nama baik perusahaan itu sendiri. Kebiasaan baik ini bisa ditunjukan dalam proses lamaran kerja, dimana tetap dilakukannya komunikasi kepada para pelamar yang tidak lulus seleksi atau tidak memenuhi kualifikasi perusahaan. Melalui kebiasaan inilah, maka kredibilitas akan perusahaan yang memiliki sistem administrasi serta manajemen yang sehat akan senantiasa terpelihara. Menyiapkan surat penolakan lamaran kerja yang baik, setidaknya perusahaan berempati sebagai bentuk balasan serta apresiasi atas usaha yang ditunjukan para pelamar kerja selama ini. Lamaran kerja merupakan proses yang tidak dapat dilihat dari satu sisi, melainkan suatu proses yang boleh dikatakan hubungan yang saling menguntungkan. Hanya saja dengan ketersediaan posisi yang terbatas tidak sebanding dengan besarnya peminat, maka perusahaan pun mengeluarkan kebijakan yaitu melakukan seleksi internal agar semua memiliki kesempatan yang sama, baik mulai tahap penyeleksian dokumen hingga seleksi akhir wawancara kerja. Di bawah ini ialah contoh Surat Penolakan Lamaran Kerja yang biasanya juga disebut sebagai Surat Jawaban Lamaran Kerja pada saat proses lamaran kerja: _____________________________ SURAT PENOLAKAN LAMARAN KERJA Kepada Yth.: Dengan Hormat, Dengan ini kami beritahukan bahwa kami telah menerima surat lamaran dari saudari pada tanggal 26 Januari 2015 yang menyatakan berminat untuk mengisi posisi Staf Keuangan di PT. Lautan Harapan. Namun dengan berat hati harus kami sampaikan bahwa kami harus menolak surat lamaran saudara karena ada beberapa hal yang masih berada dibawah kualifikasi kami. Demikian Surat Penolakan Lamaran Kerja ini kami sampaikan semoga suatu saat nanti saudari bisa bergabung dengan PT. Lautan Harapan. Hormat kami, Taufiq Hidayat, SE. |
Kalau Mau Aman Pulang Kerja Lembur Jangan Pilih Taksi ini! Posted: 25 Jan 2015 04:05 PM PST Kerja lembur merupakan hal yang tidak bisa dihindari tatkala anda menghadapi padatnya pekerjaan dan jam kerja normal sudah tidak bisa menjadi solusi. Tidak heran kalau jam pulang pun semakin molor hingga larut malam karena dead line yang sudah didepan mata. Bila anda tak menggunakan kendaraan pribadi, maka angkutan umum pun menjadi pilihan. Terlebih bagi para wanita karir, taksi seakan menjadi pilihan utama, selain lebih cepat juga taksi dianggap kendaraan umum yang relatif aman. Buat anda yang sibuk, kerja lembur seakan menjadi pilihan sekaligus konsekuensi terhadap perusahaan. Sayang, pada kenyataanya naik taksi tidak selamanya memberi rasa nyaman juga aman. Penumpang taksi sering kesal sebab ulah oknum sopir yang menuntut uang lebih (semacam tip), tidak mau menggunakan argometer, penumpang sengaja dibawa berputar-putar, berpura-pura tidak punya uang kembalian atau bahkan dalam sejumlah kasus sopir taksi bahkan menjadi pelaku perampokan terhadap penumpangnya. Namun Kejahatan terhadap penumpang taksi dapat diminimalisir bila kita sebagai penumpang lebih waspada. Memilih taksi yang resmi disaat pulang kerja lembur adalah sebagai solusi bijak dalam menanggapi berbagai aksi kejahatan yang terjadi selama ini. Kelebihan menumpang maupun memesan taksi resmin yaitu bila terjadi sesuatu seperti barang tertinggal, konsumen dapat menghubungi pusat layanan taksi tersebut untuk menyampaikan keluhan. Selain itu, sebaiknya sebelum anda menumpang pastikan dahulu wajah pengemudi dengan foto yang ada pada kartu identitasnya. Berikut ini tips waspada numpang taksi sehabis kerja lembur:
|
You are subscribed to email updates from Tips Karir To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment