Wednesday, January 14, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Kenali Rahasia Kepribadian Pimpinan Anda dari Bentuk Bibirnya!

Posted: 14 Jan 2015 05:05 PM PST

Betulkah bentuk bibir dapat menggambarkan pribadi seseorang?, memang menganalisa kepribadian dari bentuk bibir masih sedikit yang tahu. Percaya atau tidak, bentuk bibir bisa mempengaruhi pandangan hidup seseorang serta caranya menjalani kehidupan selain bagian tubuh lainnya seperti Alis, atau yang terpopuler garis tangan. menurut hasil analisa yang dimuat dalam buku Lipsology: The Art and Science of Reading Lip Prints, Jily Eddy menyatakan meski bentuk bibir orang berbeda-beda, hal tersebut tidak menjadi ukuran ilmiah kepribadian seseorang. Supaya anda lebih mengetahui penjelasannya, utamanya buat anda yang kini menjadi karyawan dan memiliki atasan, kenali kepribadian pimpinan lewat bibirnya. Yup, kita tengok disini :

Kenali Rahasia Kepribadian Pimpinan Anda dari Bentuk Bibirnya!

Kredit gambar: vemale.com

  • Bibir Bentuk Bergelombang. Jika atasan atau bos anda memiliki bibir seperti ini, kecenderungan kepribadian pimpinan yang mempunyai pribadi kreatif dan romantis. Bergelombang disini bukan berarti bentuknya keriting melainkan ukuran bibirnya tidak simetris. Jika bibir bagian atas berbentuk V dan terbelah, hal ini menandakan ia mempunyai selera tinggi dalam memasak, hobi makan, dan romantis dalam hubungan asmara.
  • Bibir Bentuk Oval. Jika pimpinan atau atasan anda mempunyai bibir berbentuk oval kecil, hal ini menandakan kepribadian pimpinan atau bos anda bukan tipe orang yang suka terlibat dalam konflik. Ia lebih menyukai berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitar atau rekan kerja. Jika ia memiliki sudut kecil bibir serta jarak diantara bibir menunjukkan kepribadiannya memiliki sisi multitalenta juga tak suka akan hal-hal yang membosankan.
  • Bibir Bentuk Berlian. Jika bos atau atasan anda memiliki bibir berbentuk berlian, berarti kepribadian pimpinan anda mempunyai pribadi yang murah hati dan suka memberi. Jika dilihat bibir bawah penuh sempurna, artinya menandakan ia seorang komunikator yang ulung dan mudah bergaul.
  • Bibir Bentuk Lingkaran. Bila bibir atasan anda berbentuk mirip busur panah (cupid's bow) artinya bibir Anda berbentuk lingkaran. Kepribadian pemimpin yang memiliki bibir dengan bentuk ini merupakan orang yang unggul dalam bernegosiasi. Selain itu orang yang berbibir lingkaran juga berarti suka melakukan meditasi ataupun merenung. Bentuk bibir lingkaran cenderung mempunyai jarak antara bibir atas dengan bibir bawah. Hal ini mengisyaratkan sikapnya yang terbuka dan tidak suka berprasangka pada orang lain.
  • Bibir Bentuk Rapat dan Rata. Ruang yang kecil diantara bibir bisa menunjukan sikap keras kepala atau bahkan sulit mendengarkan orang lain. Hati-hati dengan kepribadian pimpinan yang memiliki sifat ini, penyebabnya ia merasa lebih mengetahui dan akhirnya kurang menerima masukan orang lain. Hal ini bisa ditunjukan pula dari bentuk cetakan bibir yang rapat dengan tonjolan kecil dilekukan bibir bagian atas pun menandakan sikap yang tertutup dan penuh kasih sayang.

Jadi, semua analisa ini bukanlah tolok ukur utama menilai karakter maupun kepribadian pimpinan anda, melainkan dapat menjadi referensi dan pertimbangan anda dalam bergaul maupun komunikasi terhadap atasan anda. Sehingga anda tahu sikap apa yang sepantasnya jika berhadapan dengan pimpinan. Ok, goodluck ya!

Produktivitas Kerja Merosot? Tips Kurangi Kecanduan Gara-Gara Sosmed

Posted: 14 Jan 2015 04:35 PM PST

Semenjak sosial media alias ‘Sosmed’ booming yang hampir satu dekade ini, banyak produktivitas kerja pada karyawan jadi menurun karenanya. Sebagaimana yang dilansir pada laman magforwomen, tanggal 14 Januari 2015, banyak pegawai yang tidak tahan dan akhirnya kecanduan untuk mengakses media sosial di tengah waktu kerjanya. Pastinya dengan kebiasaan tersebut akan menggangu terhadap perkembangan perusahaan, yang mana sebagian waktu kerja karyawan disaat jam kerja digunakan kurang optimal. Kreatifitas yang semestinya tercurah untuk perusahaan justru kontra produktif, karena karyawan lebih suka mengobrolkan tentang dirinya di sosial media.

Produktivitas Kerja Merosot Tips Kurangi Kecanduan Gara-Gara Sosmed

Kredit gambar: trenologi.com

Ya, memang terkadang sosial media bisa saja menjadi inspirasi buat anda, jika anda pandai-pandai mengatur waktu atau pilih-pilih tema yang sedang anda bicarakan. Tapi ironisnya banyak juga karyawan yang lebih senang membuang waktu kerjanya dan kemudian panik saat menemukan banyak pekerjaannya yang terbengkalai akibat ditunda-tunda. Buat anda yang kini bekerja di salah satu perusahaan, berikut tiga cara agar tidak kecanduan mengakses media sosial di tempat kerja:

  • Menutup notifikasi. Sebaiknya anda menutup notifikasi otomatis di telepon seluler maupun gadget lain saat jam kerja agar anda lebih fokus pada tugas dan pekerjaan anda. Bila ini tidak anda lakukan, kuatir tidak bisa menahan diri untuk memeriksa notifikasi di jejaring sosial saat tengah bekerja. Kondisi seperti ini dianggap bisa mengganggu produktivitas kerja anda. Alangkah baiknya anda mengecek status, foto dan komentar lain di media sosial pada jam istirahat atau sepulang kerja saja.
  • Berinteraksi dengan teman kerja atau teman sejawat. Melakukan interaksi ataupun berdiskusi dengan teman sekantor atau se-tim kerja akan lebih menuai manfaat ketimbang anda asyik mengakses media sosial atau ngobrol aplikasi chatting di media sosial. Kalau pun anda mengaksesnya, sebaiknya dilakukan disaat penting saja itupun jika anda memerlukan solusi yang diluar kemampuan anda dan relevan dengan jenis pekerjaan anda. Setidaknya lebih baik anda habiskan istirahat di dunia nyata di bandingkan dunia virtual.
  • Berhenti menulis status saat jam kerja. Ketagihan meluapkan perasaan dan kegiatan melalui sosial media disaat waktu produktif anda, dikuatirkan anda akan sering mengecek media sosial guna mengetahui respon pengguna lain. Pada akhirnya, konsentrasi kerja anda menurun dan berdampak pada produktivitas kerja juga prestasi dimana perusahaan sudah menanamkan berbagai target pekerjaan yang mesti anda rampungkan.

7 Arahan Atasi Problematika Kuliah Sambil Kerja

Posted: 14 Jan 2015 04:15 PM PST

Ditengah himpitan kebutuhan atau mimpi besar meraih sukses, tidak sedikit orang yang mengambil keputusan kuliah sambil kerja atau sebaliknya kerja sambil kuliah. Keduanya memiliki problematika yang hampir sama, yaitu mengerjakan sebagreg tugas dan tanggungjawab diantara waktu yang amat terbatas.  Sikap disiplin dan pembagian waktu yang jelas seolah menjadi obat penawar agar keduanya dapat dilakukan dengan baik. Tapi tidak sedikit orang yang stres karena mengalami kesulitan untuk membagi perhatian terhadap keduanya, tidak heran disamping banyak yang sukses juga tidak sedikit orang yang gagal menjalankan kuliah sambil kerja sehingga harus dikorbankan salahsatunya.

7 Arahan Atasi Problematika Kuliah Sambil Kerja

Kredit gambar: pendaftaranuniversitas.com

Nah, agar anda lebih prepare dalam mengambil keputusan kuliah sambil kerja. Berikut beberapa saran buat sahabat Tipskarir yang diharapkan membantu supaya anda dapat meminimalisir resiko maupun ekses negatif di masa depan :

  1. Kesiapan Diri. Cobalah bertanya dan buat sugesti pada diri sendiri , apakah anda percaya diri bilamana kuliah sambil kerja memiliki keinginan untuk menjawab kebutuhan masa depan. Bila anda percaya dan yakin, lakukanlah!
  2. Cari Dukungan Lingkungan. Bila anda kini sedang kuliah atau sebaliknya sedang bekerja, poin ini dianggap sangat penting dimana dukungan lingkungan disini ialah dari keluarga juga teman dekat anda. Sampaikan rencana anda ingin kuliah sambil kerja secara terbuka, selain bisa mendapat dukungan moril, juga ada upaya tak and give. Dan khusus bagi anda yang saat ini bekerja tapi ingin kuliah, perusahaan akan sangat diuntungkan bila karyawan memiliki kemampuan lebih, memilik pengetahuan unggul.
  3. Dukungan Finansial. Yang harus dpenuhi untuk kuliah sambil kerja bukan hanya biaya pendidikan, tapi juga biaya operasional lain, seperti buku, jurnal, bacaan pendukung, peralatan kuliah, laptop, kalkulator. Jangan sampai kuliah putus di tengah jalan gara-gara anggaran tak mencukupi. Ukur dulu kemampuan, tapi jangan pernah merasa rugi. Investasu ini yang pasti akan kembali.
  4. Siap Belajar. Ketika kembali kuliah, perisapan diri untuk mengambil segala konksekunsinya. Baik itu kesiapan fisik, tapi belajar megatur waktu tatkala teman anda pulang kuliah atau libur anda justru harus bekerja. Memang tidak mudah mengatur waktu kuliah sambil kerja, tapi sebetulnya masih banyak waktu jika anda pandai mengatur kesempatan belajar.
  5. Siapkan Mental. Belajar dan kerja sama-sama menguras waktu, tenaga maupun pikiran. Apabila kurang kesiapan mental kuliah sambil kerja, malah-malah kuliah anda akan tertunda atau pahitnya DO. Mulailah pula belajar untuk terbuka terhadap argumentasi orang lain, bersaing secara sehat, serta mau berbagi dan bekerja sama.
  6. Bijaksana  dalam membagi Waktu. Anda perlu membuat rencana 2 atau 3 langkah ke depan. Artinya, bila ada waktu, mulailah mencicil tugas-tugas anda sebelum 'jatuh tempo'. Sehingga bila ditengah perjalanan anda menghadapi halangan, tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Bila Anda bisa membaca buku dalam perjalanan ke kantor atau mengerjakan latihan atau kuis sewaktu makan siang, lakukanlah, atau Anda mencari waku untuk belajar. prinsipnya, gunakan waktu seefektif mungkin dalam menjalankan kuliah sambil kerja.
  7. Refreshing. Waktu libur pun sebaiknya dipikirkan dengan baik, walau hari-hari anda dipadati oleh jadwal kuliah dan aktivaitas kerja. Upayakan sebisa mungkin, jangan abaikan waktu untuk berisitirahat atau memanjakan diri anda. Hal ini cukup efektif untuk meng-charge motivasi dan semangat anda.

Delapan Jenis dan Penerapan Hak Cuti Karyawan

Posted: 14 Jan 2015 04:05 PM PST

Hi, sahabat Tipskarir. Kali ini kami akan berikan beberapa penjelasan tentang berbagai jenis hak cuti karyawan. Buat anda para ‘Freshgrads’ atau yang baru saja masuk ke dunia kerja, penting kiranya anda mengetahui aturan hak cuti karyawan ini. Supaya anda tidak salah memposisikan cuti ataupun mengeluh karena gak dikasih cuti padahal itu hak yang karyawan dan anda sudah memenuhi kewajiban pada perusahaan. Jadi, pemerintah beserta lembaga pengatur ketenaga kerjaan telah mengatur beragam jenis cuti sebelum karyawan mengajukan. Berikut adalah jenis-jenis dan penjelasan hak cuti karyawan :

Delapan Jenis dan Penerapan Hak Cuti Karyawan

Kredit gambar: businesslounge.co

  1. Cuti Tahunan. Cuti ialah hak setiap tenaga kerja dalam setahun dimana setiap bulan diperkenankan mengambil satu hari cuti atau 12 hari dalam setahun. Dalam tahap pelaksanaannya beberapa perusahaan memiliki aturan main dalam penghitungan hak cuti karyawan. Ada yang dapat di akumulasi ke tahun berikutnya namun juga ada yang menghanguskan sisa jatah cuti. Ada pula perusahaan yang memberikan kompensasi sejumlah uang kali sisa jatah cuti yang belum diambil. Sebagai intinya, cuti tahunan merupakan hak setiap karyawan. Tapi maksud dan tujuan hak cuti karyawan ini dipacu oleh sistem perusahaan, atas dasar kemanusian juga demi produktivitas.
  2. Cuti Melahirkan. Khusus buat anda kaum perempuan/ wanita menikah ada yang dinamakan cuti melahirkan yang masanya selama 3 bulan dan termasuk hak cuti karyawan. Jika merujuk pada undang-undang (UU), cuti ini dihitung dalam satu setengah bulan sebelum plus satu setengah bulan sesudah melahirkan. Pertimbangan dari cuti ini karena wanita dengan kondisi hamil tua rentan risiko jika kurang dapat menjaga kehamilan. Disamping itu, pasca melahirkan perlu waktu untuk pemulihan dan merawat anak dengan baik. Realisasinya, cuti melahirkan diberikan pasca tanggal pengajuan (bisa sebelum melahirkan atau dekat waktu melahirkan).
  3. Cuti Menstruasi. Masih banyak diantara karyawati yang belum memahami cuti haid dan banyak perusahaan yang melupakan cuti haid padahal ini masih tergolong sebagai hak cuti karyawan, kendati UU telah mengatur untuk cuti jenis ini. Cuti ini juga merupakan hak cuti khusus yang ditujukan untuk perempuan. Namun untuk mendapatkannya perlu dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
  4. Cuti Bersama. Cuti ini merupakan hak cuti karyawan yang diatur pula oleh pemerintah untuk keperluan masyarakat luas. Seperti, hari kurang efektif karena diantara libur dan akhir pekan atau hari raya yang membutuhkan tambahan libur. Meski demikian, untuk pelaksanaannya tergantung kebijakan perusahaan masing-masing karena biasanya diberikan dengan memotong jatah cuti tahunan.
  5. Cuti Ibadah (Haji). Cuti ini diberikan khusus muslim dan menjadi hak cuti karyawan dengan dasar adanya salah satu kewajiban agama yang harus ditunaikan yaitu beribadah haji. Untuk masa waktu yang diberikan tergantung jenis paket haji yang diambil, untuk ONH plus diberikan sekitar 2 minggu sedangkan cuti haji biasa sekitar 40 hari. Sedangkan ibadah umroh, cuti tidak termasuk tanggungan perusahaan.
  6. Cuti Masa Kerja. hak cuti karyawan ini biasa diterapkan untuk karyawan yang telah mengabdi cukup lama, dan beberapa perusahaan menerapkan jenis cuti ini. Ada yang memberikan cuti masa kerja setelah 5 tahun ada juga yang lebih. Cuti ini diberikan sebagai upaya memberikan waktu beristirahat demi produktivitas kerja.
  7. Cuti Insidental. Cuti juga dapat diambil oleh karyawan karena keperluan khusus seperti, menikah, menikahkan anak, mendampingi istri melahirkan, khitan, baptis, kematian keluarga inti. Insiden yang dialami harus terkait dengan keluarga inti untuk mendapatkan cuti insidental selama 2 hari kerja sebagai hak cuti karyawan.
  8. Cuti Ditanggung dan di Luar Tanggungan Perusahaan. Cuti ini biasanya berkaitan dengan kepentingan perusahaan, seperti sekolah untuk pengembangan skill karyawan yang disarankan oleh perusahaan. Selama cuti tersebut, karyawan tetap mendapatkan gaji per bulan karena masih tergolong hak cuti karyawan. Sebaliknya bila cuti yang dilakukan diluar ketentuan perusahaan jumlah cuti akan dipotong gaji sang karyawan.

 

Cara Membuat Resume Untuk Melamar Kerja

Posted: 14 Jan 2015 03:55 PM PST

Membuat Resume yang bisa membuat pihak perusahaan tertarik untuk mengenal dan memanggil anda kembali itu yang menjadi tujuan setiap pelamar saat membuat lamaran kerja, melamar kerja diawal tahap untuk bisa mendapatkan pekerjaan bersaing dengan pelamar lain tentu membuat setiap pelamar mencari cara bagaimana supaya lamaran kerja yang mereka buat dilirik dan mendapatkan perhatian dari pihak perusahaan. membuat lamaran kerja dengan baik adalah langkah awal dan paling penting untuk mendapatkan pekerjaan, dan yang ahrus anda buat dengan baik yaitu surat lamaran dan cv atau resume yang akan menjadi berkas penting dan pusat perhatian pihak perusahaan serta menjadi keputusan layak tidaknya pelmaar masuk ketahap selanjutnya. Untuk Cara Membuat Resume yang baik, perhatikan beberapa hal berikut yang harus anda perhatikan dan terapkan dalam resume yang akan anda buat.

Cara Membuat Resume Untuk Melamar Kerja

kredit gambar : blog.4tests.com

  • Informasi yang Benar
    Resume nada diisi dengan informasi nyata yang benar tanpa direkayasa sedikitpun. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih.
  • Data Lengkap & Ringkas
    Cantumkan data seperti nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil Anda di mata staf personalia atau user.
  • Resume Mudah Dibaca
    Buat resume dengan tulisan yang jelas, ringkas dan mudah dimengerti oleh pembaca, usahakan Setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.
  • Teliti Sebelum Mengirim
    Lakukan pemerikasaan ulang sebelum resume nada kirimkan. periksa terlebih dulu resume Anda dan jangan sampai ada yang salah tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.
  • Sertakan Informasi Tambahan yang Mendukung
    Tuliskan pengalaman kerja atau kemampuan yang relevan dengan bidang pekerjaan. Bisa juga prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja dan meyakinkan pihak perusahaan bahwa anda pantas untuk peklerjaan tersebut. jangan menuliskan informasi tambahan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan anda, itu hanya akan membuat resume anda panjang.
  • Panjang Halaman
    Karena Resume ini lebih singkat dari srbuah cv alangkah lebih baiknya resume anda buat dalam satu halaman saja.
  • Subjek Jelas
    Untuk poin ini penting jika anda mengirim lamaran kerja lewat email. Pastikan subjek yang Anda cantumkan jelas dan singkat. Begitupun File attachment juga harus jelas.

Semoga pembahasan untuk Cara Membuat Resume diatas bisa bermanfaat untuk membuat resume yang baik saat akan melamar kerja.

Tips Dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Posted: 14 Jan 2015 03:50 PM PST

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik sudah pasti akan dilakukan oleh setiap pelamar, surat lamaran yang dibuat ingin diterima oleh perusahaan untuk bisa masuk ketahap selanjutnya agar sukses mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan itu adalah harapan dari setiap pelamar. Namun nyatanya masih banyak pelamar yang gagal ditahap awal meski mereka sudah membuat dengan baik surat lamaran yang mereka berikan, jika mengingat, jangan keluhkan semuanya pada nasib, siapa tahu persiapan yang anda lakukan sudah maksimal namun kurang teliti. Penyeleksian surat lamaran ini sangat sensitif apalagi jika lamaran yang perusahaan terima banyak, pihak perusahaan akan semakin teliti untuk menyeleksi surat lamaran setiap pelamar kerja. Jika dari penampilan saja sudah tidak baik jangan harap untuk dibuka sudah pasti terlewatkan, dan itu tentu tidak ingin terjadi kepada andakan, nah supaya hal itu tidak terjadi kepada anda, dan untuk mengatasai hal tersebut, pelajari dan pahami hal berikut, disini akan diberikan contoh serta Tips yang baik untuk surat lamaran kerja.

Tips Dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

kredit gambar : www.anneahira.com

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bekasi , 30 Desember 2014
Kepada:
Yth. Bapak/Ibu Personalia
PT. Big Finance
Gedung Rio Jakarta

Dengan Hormat,
Menanggapi iklan Bapak/Ibu di Harian Lingga tanggal 29 Desember 2014 tentang lamaran pekerjaan posisi sebagai Financial Advisor dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan, yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                           : Jimmi arif
TTL                               : Bekasi, 20 Juli 1990
Agama                         : Islam
Jenis Kelamin            : Wanita
No. Telp                       : 089 989 765 333
Kewarganegaraan    : Indonesia

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan persyaratan berikut ini:
Pas photo warna 4×6 2 lembar
Foto copy KTP
Foto copy Ijazah
Foto copy Transkrip nilai
Foto copy kartu kuning
Foto copy SKCK
Foto copy sertifikat-sertifikat
Foto copy akta kelahiran
Daftar riwayat hidup

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, kebijaksanaan dan dikabulkan permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Jimmi Arif

Tips Membuat Surat lamaran kerja yang harus diperhatikan :

  1. Struktur surat lamaran kerja tersusun dengan tepat sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan.
  2. Penulisan surat rapih, tidak ada hapusan atau coretan
  3. surat lamaran tertulis pada kertas yang baik dan sesuai dengan cara penulisan yang diambil.
  4. penggunaan bahasa, ejaan, tanda baca yang baik
  5. isi setiap bagian dibuka dengan baik dan diakhiri dengan sopan. isi surat lamaran dapat dimengerti oleh pihak perusahaan.
  6. kertas surat lamaran terjaga dari kotor dan kusut
  7. tidak ada kesalahan penulisan
  8. surat lamaran tertanda tangani.

Seperti itulah contoh dan tips untuk membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik. Semoga Bermanfaat

Curriculum Vitae Yang Baik Untuk Melamar Kerja

Posted: 14 Jan 2015 03:50 PM PST

Curriculum Vitae dalam lamaran kerja yang yang berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai diri seorang pelamar kepada pihak perusahaan sudah pastilah harus dibuat dengan baik dan benar, dikenal baik tidaknya anda oleh perusahaan itu tergantung dari Curriculum Vitae yang anda buat. Ini berkas penting yang harus dimiliki saat melamar kerja, karena jika seorang pelamar tidak menyertakan berkas ini dalam lamaran kerjanya sudah pasti tidak akan bisa lolos untuk masuk ketahap selanjutnya. Untuk membuat curriculum vitae perhatikanlah beberapa hal berikut agar CV anda dapat dibuat dengan baik dan sesuai dengan apa yang harus dimiliki sebuah CV dalam melamar kerja.

Curriculum Vitae Yang Baik Untuk Melamar Kerja

kredit gambar : lowkerlist.com

  • Isi Data CV Jujur
    Jangan pernah anda menuliskan data yang tidak jujur dalam cv anda, jika anda merasa gengsi atau karena ingin diterima kerja anda menuliskan hal-hal yang menarik tetapi tidak anda miliki itu cara yang sangat salah. Bila anda melakukan ini dan pada akhirnya ketahuan bisa-bisa anda di blacklist dan itu akan membuat diri anda lebih buruk.
  • Idealkan Jumlah Halaman
    Idealnya jumlah halman CV itu 1-2 halaman, tetapi bila memang riwayat pekerjaan/karir anda sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan anda sangat banyak. Maka anda boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman . ini hanya untuk CV, untuk surat lamaran anda jangan lebih dari 1 halaman.
  • Penggunaan Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan.
    Gunakan Tata bahasa, tanda baca, dan ejaan yang benar, hindari kesalahan untuk hal ini karena jika dalam CV terjadi kesalahan menyangkut hal tersebut, itu tidak dibenarkan. Lebih telitilah.
  • Ringkas Dan Jelas
    Tuliskan CV anda dengan ringkas tetapi semua informasi tersampaikan dengan lengkap dan tertulis denganb jelas sehingga tidak membuat orang yang membaca CV atau resume anda mengartikan hal yang berbeda.
  • Mudah Dibaca dan Dimengerti
    Buat CV yang mudah dibaca, urutannya jelas, dan logis sehingga pembaca bisa mengerti dan memahami tentang diri anda. bila ada kata yang sangat penting tonjolkan dengan menebalkan huruf tetapi jangan terlalu banyak yang dipertebal nantinya tidak terlihat lagi bagian yang sangat penting tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu jadi perhatian anda dalam membaut Curriculum Vitae Semoga postingan diatas bisa membantu persiapan anda. Semoga sukses

 

Format Menarik Curriculum Vitae Untuk Melamar Kerja

Posted: 14 Jan 2015 03:45 PM PST

Format of Curriculum Vitae berikut ini bisa membantu anda untuk membuat CV yang lebih menarik minat pihak perusahaan untuk ingin melihat, membaca dan mengenal anda lagi. Semua pelamar pastinya berlomba untuk membuat lamaran kerja yang baik dan menarik untuk menghadapi tes awal ini, sebab ditahap awal ini persaingan setiap pelamar itu hanya mengandalkan berkas lamaran yang mereka berikan, untuk kualifikasi diri mungkin memiliki kesamaan dan kelebihan masing-masing, namun untuk berkas lamaran ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan pihak perusahaan untuk memutuskan layak tidaknya anda masuk ketahap selanjutnya dibandingkan pelamar yang lain. Dan untuk menarik perhatian pihak perusahaan yaitu dengan cara membuat berkas lamaran yang menarik dibandingkan dengan pelamar lain baik itu dalam surat lamaran kerja atau CV anda. Nah, untuk CV sebagai perantara memeprlihatkan diri dan bakat anda, berikut ini akan diberikan format Curriculum Vitae yang menarik dan efektif dimana anda bisa menjadikan ini sebagai pegangan anda untuk pembuatan CV yang anda lakukan.

Format Curriculum Vitae

NAMA
Alamat
Nomor telepon dan email
——————————————————————————————–
Pernyataan karir atau profil keahlian

Format Menarik Curriculum Vitae Untuk Melamar Kerja

kredit gambar : ahmadjn.com

Pengalaman Kerja
Pengalaman 1
Pengalaman 2
Pengalaman 3

Pendidikan
Pendidikan 1
Pendidikan 2

Kursus Dan Pelatihan
Pendidikan 1
Pendidikan 2
Pendidikan 3

Keterampilan
keahlian 1
keahlian 2
keahlian 3

Profil Diri
Minat Dan Hobi
Minat/hobi 1
Minat/hobi 2
Minat/hobi 3

—————————————————————————————–

 

Format of Curriculum Vitae diatas lebih banyak mendatangkan panggilan wawancara, karena menyampaikan informasi kepada calon atasan berdasarkan urutan kebutuhan untuk menentukan perlu tidaknya diadakan wawancara. Ingat, atasan akan lebih tertarik dengan keahlian dan pengalaman Anda dibandingkan berapa usia atau minat Anda. maka dari itu tuliskan keahlian dan pengalaman yang anda miliki dengan jelas dan cari yang relevan dnegan pekerjaan yang dilamar. Selamat mencoba dan Semoga Sukses.

4 Poin Penentu Sukses Pengiriman Lamaran Kerja Online

Posted: 14 Jan 2015 03:30 PM PST

Kemajuan teknologi membuat semuanya serba canggih dan mudah, termasuk dalam pengiriman lamaran kerja, jika dulu kita harus pergi jauh kekantor pos untuk mengirimkan lamaran tersebut, disaat ini tidak lagi seperti itu, Lamaran Kerja Online dapat anda lakukan, anda tidak perlu cape-cape berangkat dari rumah menyiapkan dan membeli ini itu untuk membuat lamaran kerja dan meminta bnatuan petugas pos untuk lamaran anda karena saai ini kita bisa mengirim lamaran kerja dengan sediri yaiutu melalui internet. Hampir seluruh perusahaan menggunakan internet sebagai media yang dapat membantu mereka menjalankan urusan bisnis serta untuk menyaring para pelamar kerja dengan lebih cepat. Begitupun keuntungan dirasakan oleh pelamar, mereka lebih mudah dan cepat mengirim lamaran kerja tanpa perlu datang ke tempat atau kantor pos apalagi saat melamar perusaahaan yang jauh. Akan tetapi untuk pengiriman lamaran dengan internet atau email ini  anda harus memperhatikan hal-hal berikut

4 Poin Penentu Sukses Pengiriman Lamaran Kerja Online

kredit gambar : www.solusihp.com

  • Memperhatikan Judul Email
    Tulis Judul lamaran kerja dengan jelas dan singakat. Sehingga, petugas perusahaan yang bertugas menyeleksi surat lamaran kerja bisa dengan cepat mengetahui maksud email Anda. Misal bila anda melamar sebagai staff admin maka buat judul lamaran anda  "Melamar Kerja untuk Staff Admin" atau “Lamaran Pekerjaan Staff Admin”.
  • Menggunakan Akun Emai Yang Baik
    Gunakan alamat email yang jelas dan terlihat profesional, akan lebih baik jika email anda menggunakan nama asli dengan begitu pihak perusahaan bisa mengingat alamat email anda dengan mudah, hindari penggunaan alamat email yang menggunakan alamat email yang sulit dan milikn orang lain. Contoh alamat email yang baik Rahman@gmail.com
  • Tidak Menulis CV pada Badan Email
    Badan email hanya untuk surat lamaran anda, jadi jangan tulis CV anda dalam  badan email juga. Jika anda menulis CV pada badan email itu akan terlihat sangat tidak rapi dan menyulitkan pembaca, dengan begitu cv anda tidak akan terbaca. Disarankan menulis resume/CV pada dokumen word atau pdf atau sesuai yang diminta perusahaan, lalu lampirkan dalam bentuk attachment.
  • Jenis File Attachment Dan Ukuran file Ringan
    Bila perusahaan tidak menyebutkan jenis file yang harus anda kirim, kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc). dan untuk ukuran file termasuk lampirannya (attach) tidak melebihi 300 kb. jangan masukkan file foto yang size-nya terlalu besar itu akan memberatkan dalam proses pembukaan lamaran anda, Perkecil size-nya dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor. Sajikan dalam bentuk ZIP selain ukuran file menjadi lebih kecil, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

Itulah yang harus menjadi perhatian anda dalam mengirim Lamaran Kerja Online. Semoga tips diatas Bermanfaat

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Sopan

Posted: 14 Jan 2015 03:25 PM PST

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Sopan itu bukan berarti isi dalam surat lamaran harus merendah diri yang berlebihan, itu salah. memang kita pelamar yang sedang membutuhkan pekerjaan tetapi kita juga harus memiliki harga diri, dalam berkas lamaran yang akan anda berikan kepada perusahaan jangan sampai isi berkas tersebut terlalu bermuluk-muluk. perusahaan tidak menyukai itu dan tidakpun harus menyombongkan diri . Dalam berkas lamaran ini anda tunjukan bagaimana diri anda dan niat anda dengan sopan namun memiliki nilai jual yang baik sehingga perusahaan bisa menanggapi anda. setiao pelamar sudah pasti akan membuat lamaran dengan sebaik mungkin agar bisa dilirik oleh pihak perusahaan. Lamaran kerja yang baik dan bisa menarik perhatian perusahaan itulah sudah pasti lolos. Jika anda akan membuat surat lamaran kerja dan ingin diterima oleh perusahaan, tidak ada salahya nada meilhat contoh surat lamaran berikut

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Sopan

kredit gambar : tipskarir.com

Jakarta, 17 Agustus 2014
Yth:
HRD Manager PT Rimbba
Jl. Hasan No. 44 Jakarta
Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari media cetak, Exspres media mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Lila nuri
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 24 Juli 1992
Jenis Kelamin : Permpuan
Pendidikan : SMK Politeknik Jakarta
Alamat : Jl. Leoni II No. 12 Jakarta
Telepon :089 888 768 765

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang , saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
1.    Pas Photo.
2.    Foto copy KTP Jakarta.
3.    Daftar Riwayat Hidup.
4.    Foto copy Ijazah Terakhir.
5.    Foto copy SKHUN.
6.    Foto copy Sertifikat Competensi.
7.    Foto copy Sertifikat PKL.
8.    Foto copy Surat Keterangan Refrensi.

Demikianlah Surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Lila Nuri

Semoga Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Sopan diatas bisa melengkapi persiapan anda. jangan lupa untuk menanda tangani surat lamaran anda.

No comments:

Post a Comment