TipsKarir.Com | ![]() |
- Solusi Meningkatkan Kerjasama Tim yang Loyo
- Metode Menjawab Interview Kerja Terbaik dan Efektif
- Intip Motif Pertanyaan Wawancara Kerja Jika Ingin Cepat Lulus!
- Kiat Memilih Informasi Lowongan Kerja Untuk Anda yang Masih Sekolah
- Pencari Kerja Pasti Mengalami 4 ‘Mimpi Buruk’ Ini
- Sukses Hadapi Interview Kerja! Lakukan Beberapa Hal Ini
Solusi Meningkatkan Kerjasama Tim yang Loyo Posted: 11 Jan 2015 04:48 PM PST "Saya ingin mempunyai tim saya memiliki rasa saling memiliki, motivasi tinggi, ramah, jujur juga peduli dengan pekerjaan temannya .." Keinginan meningkatkan kerjasama tersebut sering diucapkan oleh sebagian besar para manager, tapi sebaliknya para karyawan justru mengatakan bahwa mereka tidak bisa bekerja maksimal karena kurang adanya dukungan dari atasan, mereka merasa diberi training namun mereka merasa kurang dilibatkan dalam perbaikan sistem atau proses kerja sehingga mengakibatkan adanya kesenjangan juga menurunnya kerjasama tim . Inilah realitas yang cukup ironis, semua berpikir pada perspektifnya masing-masing hingga kalau selalu dibiarkan tidak heran kalau tim tersebut menjadi loyo dan tidak bertenaga alias tidak bersemangat. padahal umumnya orang dewasa lebih mencari sesuatu dari pada hanya sekedar gaji atau uang. Selebihnya, mereka ingin diperlakukan sebagai seorang manusia. Persoalan klasik memang, tapi itulah realitas yang tidak bisa dihindari karena masih banyak atasan yang belum mengerti atau paham terhadap bawahannya sehingga sulit membangun apalagi meningkatkan kerjasama tim dengan baik. Guna menanggapi persoalan ingin dipahami juga dimengerti sebagai pribadi dewasa, berikut ini tips praktis dan konkret yang bisa anda gunakan dalam meningkatkan kerjasama tim:
|
Metode Menjawab Interview Kerja Terbaik dan Efektif Posted: 11 Jan 2015 04:25 PM PST Dalam menjawab interview kerja atas setiap pertanyaan dari recruiter atau pewawancara, diperlukan cara yan sistematis agar jawaban anda dimengerti dan efektif sebagaimana tujuan pertanyaannya itu. Guna menyikapinya, berikut ini beberapa metode berikut penjelasannya dalam menjawab interview kerja yang diharapkan dapat membantu anda :
|
Intip Motif Pertanyaan Wawancara Kerja Jika Ingin Cepat Lulus! Posted: 11 Jan 2015 03:45 PM PST Ketahuilah bahwa dalam pertanyaan wawancara kerja yang diajukan oleh recruiter pada anda bukanlah pertanyaan biasa tanpa maksud dan tujuan. Secara sederhana, motif dari setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara dapat dibagi menjadi tiga tujuan:
|
Kiat Memilih Informasi Lowongan Kerja Untuk Anda yang Masih Sekolah Posted: 11 Jan 2015 03:35 PM PST Jumpa kembali sahabat Tipskarir, apa sudah memasuki semester akhir masah sekolah dan kuliah anda?. Well, bagi anda yang sedang mengalami masa-masa akhir kuliah tentu sebagian besar masih merasa bingung kalau habis sekolah ataupun kuliah mau ngapain ya. Bagi anda yang kini memiliki keinginan bekerja dan masih menunggu akan bekerja pada suatu perusahaan yang masih berkembang atau sudah maju, kiranya mencari informasi lowongan kerja gampang-gampang susah. inilah beberapa kiat buat para mahasiswa juga fresh graduate dalam memilih pekerjaan :
|
Pencari Kerja Pasti Mengalami 4 ‘Mimpi Buruk’ Ini Posted: 11 Jan 2015 03:06 PM PST Memang benar, ketika kita dihadapkan dengan proses pencarian kerja, maka kita juga akan dihadapkan dengan berbagai bentuk kebingungan. Namun sebenarnya proses pencarian kerja itu susah-susah gampang. Lebih-lebih jika para pencari kerja berhadapan dengan ‘mimpi buruk’ yang memang kerap dihadapi oleh sebagian besar para pencari kerja. Lantas, jika dihadapkan dengan ‘mimpi buruk itu’ apa yang harus kita lakukan? 1. Atasan yang sekarang tahu bahwa anda sedang mencari pekerjaan baru Ketika anda memiliki keinginan untuk berganti profesi atau pekerjaan, itu bukanlah satu hal yang salah, karena setiap orang pastinya mengalami hal tersebut. Dan pada dasarnya setiap orang yang mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat kerja sebelum mereka mendapatkan pekerjaan yang baru tersebut mereka akan tetap menjalankan pekerjaannya yang saat ini tengah digeluti. Walaupun pencarian kerja dirahasiakan oleh mereka, namun bisa saja atasan mengetahui hal tersebut dan bisa jadi seorang atasan menyabotase usaha dalam pencarian kerja tersebut agar anda tidak pindah dari pekerjaan anda saat ini. Dan jika hal tersebut memang dialami oleh anda, anda bisa membicarakan hal tersebut dengan baik bahwa anda memang berkeinginan untuk mengembangkan keterampilan serta kemampuan yang anda miliki di tempat yang lain. 2. Anda tidak bisa meminta surat rekomendasi dari atasan yang lama Surat rekomendasi merupakan salah satu syarat yang memang sangat diperlukan ketika anda akan mencari pekerjaan baru. Lalu bagaimana jika anda memang tidak bisa meminta hal tersebut kepada atasan anda yang lama? Dan satu-satunya cara yang memang bisa anda lakukan yaitu dengan anda memberikan penjelasan yang tepat kepada pihak pewawancara mengapa atasan anda tidak bisa memberikan surat rekomendasi tersebut kepada anda saat proses wawancara berlangusng. 3. Ingin pindah, tetapi ditawari kenaikan pangkat, namun tidak terjadi Mungkin keinginan anda untuk pindah bekerja saat ini sempat tertunda dikarenakan tempat kerja anda saat ini, dan secara tiba-tiba anda ditawari oleh atasan anda kenaikan pangkat di perusahaan tersebut. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidaklah pernah terjadi terhadap anda. Oleh karena itu, walaupun anda telah mendapatkan satu tawaran untuk kenaikan pangkat, anda seharusnya jangan pernah menyerah untuk terus mencari pekerjaan baru yang memang dapat mengembangkan bakat yang anda miliki. Walaupun demikian, dengan adanya kenaikan pangkat itu bukan berarti gaji anda juga akan naik. 4. Terlanjur berhenti bekerja, tawaran pekerjaan baru ternyata ditarik Mimpi buruk bagi anda para pencari kerja yang lainnya yaitu ketika anda telah mendapatkan tawaran kerja di perusahaan lain dengan posisi yang memang sesuai dengan kemampuan anda, maka setelah itu sebaiknya jika anda segera untuk keluar dari pekerjaan anda saat ini, namun tawaran kerja yang anda dapatkan tersebut ternyata dibatalkan kembali oleh pihak perusahaan yang pada awalnya telah menerima anda dan pada akhirnya anda menjadi seorang pengangguran. Nah jika hal tersebut terjadi pada anda, sebaiknya anda jangan pernah menyerah untuk terus mencoba, anda mungkin bisa mengejar perusahaan yang lain dan jelaskan kepada pihak perusahaan yang akan anda lamar kalau anda telah merelakan pekerjaan anda yang lama untuk bisa masuk ke perusahaan ini. |
Sukses Hadapi Interview Kerja! Lakukan Beberapa Hal Ini Posted: 11 Jan 2015 03:00 PM PST Ketika anda mendapatkan panggilan untuk interview kerja, mungkin hal tersebut merupakan satu hal yang dapat membuat diri anda senang, karena hal tersebut telah anda tunggu sejak lama. Namun banyak pula diantaranya orang-orang yang mengalami ketakutan atau mereka merasakan nervous ketika hendak menjalankan sesi wawancara. Proses wawancara yang berjalan dengan baik akan ditandakan dengan selama wawancara berlangsung terlihat seperti percakapan pada umumnya, bukan terlihat seperti sedang mengintrogasi. Berikut ini beberapa tips agar proses wawancara kerja dapat berjalan dengan lancar. 1. Kenali diri anda Tidak jarang jika proses wawancara dimulai dengan pihak pewawancara mengajukan satu pertanyaan yang memang terdengar sangatlah ringan, yaitu Coba ceritakan tentang diri anda'. Pertanyaan yang diajukan tersebut memang terdengar sangatlah mudah untuk dijawab, namun jika anda menjawab pertanyaan tersebut dengan tidak tepat, maka anda akan kehilangan kesempatan yang besar untuk bekerja di perusahaan tersebut. Pastinya anda tahu bukan, apa yang anda inginkan selama ini, serta kaitkanlah dengan beberapa alasan mengapa anda melamar pekerjaan di tempat tersebut. 2. Gabungkan antara percaya diri serta ketertarikan Jika anda memiliki kemampuan serta keterampilan tertentu, maka anda harus memastikan kalo anda menyebutkan hal tersebut ketika proses wawancara berlangsung, lebih-lebih jika hal tersebut sangat berkaitan erat dengan bidang pekerjaan yang memang anda inginkan. Anda juga harus tampil dengan percaya diri serta tunjukan keterampilan apa yang anda miliki, karena keterampilan yang anda tunjukan dapat anda jadikan sebagai satu modal agar anda sukses dalam menjalankan sesi wawancara kerja. Dan berkaitan dengan percaya diri, sebaiknya anda jangan terlalu over PD, karena hal tersebut akan mengurangi nilai anda. 3. Tahu kapan harus berhenti Banyak diantaranya pihak HRD perusahaan yang memang sangat tidak menyukai jawaban-jawaban yang memang terlalu panjang serta berbelit-belit, Anda bisa menjawab setiap pertanyaan yang terlontar dari pihak pewawancara dengan tepat serta tidak terlalu panjang apalagi berbelit-belit. Walaupun pihak pewawancara tidak menunjukan atau memberi tanda untuk berhenti, jika anda merasa jawaban yang anda berikan sudah lebih dari cukup serta jelas, maka anda jangan pernah takut untuk berhenti. 4. Tunjukkan bahwa anda mampu bekerja dalam tim Selain itu, banyak industri serta beberapa perusahaan yang memang menuntut seluruh karyawannya agar dapat bekerja dalam satu kelompok atau satu tim. Selain kemampuan individu, kemampuan dalam berkomunikasi serta berkoordinasi juga menjadi salah satu pertimbangan ketika wawancara berlangsung. Jika anda pernah bergabung dalam satu organisasi, anda dapat menyertakan pengalaman tersebut kedalam CV yang anda buat atau surat lamaran kerja. Tips diatas merupakan beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika proses wawancara berlangsung, agar wawancara kerja yang anda jalankan berjalan dengan sukses. |
You are subscribed to email updates from Tips Karir To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment