Monday, January 26, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Definisi dan Sikap Profesional Munurut Saya Seperti ini

Posted: 26 Jan 2015 05:51 PM PST

Kalau definisi profesional secara umum bisa diartikan sebagai profesi yang diperlukan keahlian atau kepandaian khusus untuk menjalankannya. Tapi kalau saya pribadi cara mendefinikan profesional lebih kepada sebuah kualitas individu dalam berpikir serta bertindak sehingga menjadi bagian dari kepandaian ataupun keahlian yang dimilikinya. Definisi dan sikap profesional sebagian orang lebih menilainya sebagai pertimbangan subjektif, namun menurut saya profesional lebih menyukai sebagai suatu hal yang objektif, sebab tentang penilaiannya profesionalnya seseorang bukan dihasilkan penilaian diri sendiri, melainkan pertimbangan orang lain.

Definisi dan Sikap Profesional Munurut Saya Seperti ini

Kredit gambar: ibrahimfundamental.blogspot.com

Sikap profesionalnya seseorang dapat ditunjukan dari cara dia melakukan berbagai tugasnya. Sikap-sikap apa saja yang bisa dianggap profesional, kurang lebih seperti ini :

  • Disiplin dan tepat waktu. Memiliki komitmen terhadap waktu merupakan aspek penting dalam menjaga sikap profesional. Itu artinya seseorang yang disiplin terhadap waktunya, boleh dipastikan lebih mengetahui kualitas kerja yang efektif dan tidak suka membuang waktu. Selain itu sikap yang tidak ingin menunda tugas akan menjadi kredit tersendiri dalam menjaga kepercayaan terhadap klien atau partner kerjanya. Deadline seakan menjadi rencana strategis orang yang mampu menghargai waktu sebagai benefit income, karena hal ini menjadikan rencana tugasnya sebagai tujuan, arah dan proses yang jelas.
  • Menyadari ke ahlian yang dimiliki. Sikap profesional tidak lepas dari kompetensi, skill maupun kemampuan diri. Semakin ahli maka semakin luwes ia mengerjakan tugas pekerjaanya, tidak hanya bekerja secara individu tetapi kemampuan bekerja secara tim pun sanggup dilakukan. Penilaian dari cara maupun hasil kinerja inilah yang menjadi poin akhir terhadap sikap profesional, bila sesuai harapan maka ia telah menunjukan kompentensi yang mumpuni dalam menyelesaikan persoalan kerja.
  • Integritas. Sikap profesional bisa ditunjukan dari keunggulannya dalam menjaga kepercayaan klien maupun rekan kerja. Kejujuran dan integritas akan selalu menjadi pedoman baku dalam membangun komunikasi kerja serta mengambangkan kemampuan interpersonal dirinya. Tidak heran, jika orang yang memiliki integritas yang tinggi akan selalu dipercaya dan diberi berbagai tugas yang semakin komplek. Dari komplokesitas tugas inilah dapat disimpulkan bahwa adanya level kerja yang berkembang dan meningkat sejalan dengan posisi dan jabatannya yang semakin besar.
  • Menjaga ettitude. Sikap profesional tidak lepas dari menjaga hubungan kerja yang baik, salahsatunya menjaga sikap, menghormati rekan kerja serta menjaga penampilan secara proporsional. Sikap hormat yang tidak pandang bulu, baik dari bawahan terhadap atasan ataupun atasan ke bawahan senantiasa menjadi perilaku yang mencerminkan keterbukaan diri dalam menyerap berbagai masukan pada dirinya. Dari karakterikstik inilah, ia mampu bekerja sepenuh hati dan totalitas membagun kinerja yang positif tanpa harus menjadi pribadi yang dominan, otoriter, ataukah pribadi yang exclusive.

Itulah definisi dan sikap profesional menurut saya, bagaimana ‘profesional’ menurut anda?

Kesalahan Tidak Terpuji Dalam Mengirim Lamaran Kerja via Online

Posted: 26 Jan 2015 04:55 PM PST

Lamaran kerja via online kini menjadi hal yang biasa anda akan lakukan dalam melamar kerja. Segenap persiapan dan persyaratan pastinya anda lakukan agar rencana anda sampai tujuan, alih-alih ingin mendapat email balasan yang memberi kabar positif, yang terjadi justru malah lamaran kerja anda tidak mendapat respon. Berbagai kesalahan masih terjadi dan dilakukan para kandidat (pelamar kerja), baik kesalahan teknis atau sekadar kecerobahan kecil yang berakibat fatal ketika mengirim lamaran kerja via online. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut ini 6 kesalahan tidak terpuji dalam mengirimkan lamaran kerja :

Kesalahan Tidak Terpuji Dalam Mengirim Lamaran Kerja via Online

Kredit gambar : ristizona.com

  1. Cover letter yang tidak qualified. Membuat lamaran kerja via online sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini; Email Subject harus menyebutkan posisi yang dilamar dengan jelas dengan disertakan pengalaman relevan agar menarik recruiter. Body of Email, sebaiknya dibuat tidak lebih dari 4 palagraf, dengan masing-masing tidak lebih dari tiga baris, usahakan singkat dan padat. Relevant experience, cantumkan sesuai dengan kebutuhan posisi yang dilamar, supaya tepat dan mendapatkan gambaran singkat mengenai kualifikasi dan kompetensi anda sasaran pada email anda. Contohnya kandidat yang bukan berlatar belakang pendidikan IT tetapi dengan sangat pede mengirimkan lamaran untuk posisi Software Engineer.
  2. CV anda yang terlalu standar. Membuat lamaran kerja via online, sebaiknya anda tidak meniru template CV yang itu-itu saja. Buatlah CV yang lebih original dan mengggambarkan diri anda, jika tidak mau bersusah-payah menyesuaikan CV anda dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk setiap posisi, jangan heran hiring manager maupun stafnya lebih tertarik menekan Tombol Delete (DEL) pada keyboard.
  3. Dokumen lamaran kerja dengan data yang sudah kadaluwarsa. Hal menjengkelkan recruiter ialah ketika lamaran kerja online anda sudah memenuhi kualifikasi, tapi disaat membalas lamaran kerja anda ternyata  alamat emailnya bouncing atau nomor hp yang anda kirimkan tidak aktif.
  4. Dokumen lamaran kerja yang over kapasitas. Mengirim lamaran kerja via online, melampirkan semua sertifikat kedalam dokumen lamaran kerja bukanlah hal yang bijak, bukanya medarat dengan selamat dan masuk kedalam shortlist melainkana makin cepat masuk kedalam trash folder. Disarankan tidak lebih dari 1 atau 2 MB
  5. Penulisan yang tidak cermat dan asal-asalan. Mengirim lamaran kerja via online, sebaiknya hindari kesalahan ejaan dalam penulisan, lamaran kerja yang tidak informatif serta lebih menonjolkan prestasi sekolah atau prestasi lain yang tidak relevan karena akan menjadi tidak jelas inti dan tujuan anda menigirimkan dokumen tersebut. Sekali lagi, seorang recruiter hanya butuh 1 detik untuk menekan tombol Delete.
  6. Salah sambung. Kesalahan paling krusial dalam mengirim lamaran kerja via online ialah salah dalam menulis tujuan perusahaan yang dilamar. Kasus ini masih sering dilakukan para pelamar kerja, lebih kepada kecerobohannyan sewaktu mengirimkan lamaran kerja via online. Mungkin saja disebabkan mengiriman lamaran kerja yang masif atau satu dokumen untuk semua posisi/ perusahaan. Bila ini anda lakukan, hanya perlu waktu sekitar 1 detik dan maksimal 2 detik saja untuk menekan tombol Delete karena dianggap dokumen kerja yang salah sambung.

Kompilasi Terbaru Contoh Surat Lamaran Kerja Online 2015

Posted: 26 Jan 2015 04:15 PM PST

Contoh surat lamaran kerja online 2015, adalah contoh bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik, memenuhi struktur penulisan yang benar serta mampu mempengaruhi perhatian pembacanya. Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat secara singkat, jelas dan mudah dipahami, hal ini penting karena recruiter tidak memiliki waktu banyak membaca sebuah dokumen lamaran kerja. Disamping itu, berikan kesan yang positif pada isi surat lamaran kerja anda, salah satunya mencantumkan posisi yang anda lamar, tujuan anda melamar serta sekilas latar belakang anda serta skill yang bisa anda tawarkan pada perusahaan. Untuk mempersingkat waktu anda mempelajari, berikut ini adalah dua buah format dan contoh surat lamaran kerja 2015.

Kompilasi Terbaru Contoh Surat Lamaran Kerja Online 2015

Kredit gambar: visitjepara.info

Contoh 1 Surat Lamaran Kerja Online 2015

To : Support@perusahaanindonesia.co.id
Cc : –
Subject : Supervisor

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website, bahwa PT Perusahaan Indonesia membutuhkan beberapa lowongan Supervisor, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Alexa Dewi
Alamat : Jl. Swadaya – Sumedang
TT L : Sumedang, 15 April 1989
Pendidikan : S1 Management Universitas Indonesia

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Bersama ini saya lampirkan satu laman daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bpk/Ibu yang saya lampirkan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk di tes dan di wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Alexa Dewi

Contoh 2 Suratl lamaran kerja online 2015;

To/ke = alamat@website.com

cc= –

Judul/subject email: Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Sebagaimana informasi lowongan kerja  yang ada pada situs resmi perusahaan, bahwasanya PT……………… saat sedang membutuhkan tenaga Staf Administrasi. Sesuai dengan pendidikan saya sebagai sarjana lulusan sarjana Ilmu Komputer Universitas ……………., tepatnya dari Jurusan ………… Dengan ini, bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di PT …………….., khususnya sebagai …………………..

Didukung kondisi kesehatan yang sangat baik serta kompetensi yang saya miliki yaitu menguasai bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu terbiasa bekerja menggunakan komputer, terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet. Kebutuhan anda akan seorang Staf Administrasi yang handal saya rasa tepat dengan riwayat pendidikan serta kompetensi yang dimiliki. Sebagai bahan penunjang referensi, berikut saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi ijazah terakhir
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi KTP
5. dan lain-lain

Demikian surat permohonan pekerjaan ini dibuat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 087726003636 atau email taufiqhidayat@gmail.com. Besar harapan saya dapat bergabung di PT. ………………

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Hormat saya,

………………….

Cara Pintar Sukses Psikotes Kerja

Posted: 26 Jan 2015 07:27 AM PST

Tips Psikotes Kerja – Anda telah mencari kerja kemana-mana? Namun hasilnya tetap sama, Anda masih belum diterima? Padahal telah banyak cara yang Anda lakukan demi mencapai keinginan Anda tersebut. Namun tetap saja, dalam setiap ujian yang Anda lalui dalam proses penerimaan karyawan baru selalu berakhir dengan kegagalan. Mungkin Anda merasa bingung, apa yang harus Anda lakukan, sedangkan semakin hari umur Anda semakin bertambah.

Anda tidak perlu khawatir dan putus asa, karena setiap kegagalan pasti ada jalan untuk memperbaiki kegagalan tersebut. Oleh karena itu, dalam ulasan kami kali ini, kami akan menguraikan beberapa cara agar Anda lolos ujian psikpotes.

Perlu Anda ingat, kesuksesan yang ada yang ada di dalam kehidupan tidaklah dapat diperoleh secara instan, pastinya semua membutuhkan proses yang tepat dalam setiap tahapan demi memperoleh kesuksesan tersebut. Dan saat ini mungkin Anda tengah menjalani sebagian proses tersebut, tanpa Anda sadar. Sangat diperlukan ketekunan serta kegigihan agar Anda dapat melewati sejumlah proses tersebut sehingga nantinya Anda dapat menginjakkan kaki diatas kesuksesan tersebut.

Dan satu hal yang memang benar-benar harus Anda miliki dalam memasuki dunia kerja, yaitu memiliki kemauan untuk terus berusaha dan terus berikhtiar meskipun sampai saat ini Anda masih belum mendapatkan hasil yang memang selama ini telah Anda impikan. Dan jangan sampai Anda menghilangkan poin yang satu ini, karena tanpa adanya satu tekad dan ikhtiar, sangat akan mustahil apa yang Anda inginkan dapat terwujud.

Masih berbicara dengan kegagalan Anda dalam menjalani serangkaian tes psikotes kerja atau pun proses wawancara kerja, sebelumnya Anda bisa mengintropeksi diri Anda. Coba Anda ingat kembali, ketika Anda mendapatkan kegagalan, apakah kegagalan tersebut sebelumnya telah Anda prediksi? Atau bahkan adanya faktor lain?

Proses psikotes kerja atau pun proses wawancara tidak bisa dengan mutlak dapat Anda pelajari dengan mudah, karena hal tersebut digunakan guna mengetahui gambaran terkait dengan diri Anda serta potensi yang Anda miliki. Untuk penilaian itu sendiri, akan didasarkan atas kesesuaian potensi dengan kualifikasi yang memang tengah dibutuhkan oleh perusahaan, dan cara yang tepat serta efektif yang dapat Anda berikan yaitu dengan memberikan jawaban secara spontan pada setiap pertanyaan yang memang benar-benar dapat menggambarkan diri Anda.

Sebelum Anda menjalankan serangkaian bentuk tes psikotes, ada beberapa hal yang memang sangat perlu dan penting untuk Anda persiapakan, diantaranya yaitu:

  • Persiapkan fisik Anda dengan Anda cukup beristirahat serta sarapan sebelum Anda mengikuti tes.
  • Sebaiknya Anda datang ke tempat tes sebelum waktu tes dimulai.
  • Anda juga dapat menciptakan pikiran positif serta rasa percaya diri tinggi guna hasil yang optimal.
  • Anda dapat membaca petunjuk serta pahami sebaik mungkin cara dalam mengerjakan soal.
  • Jangan lupa berdoa sebelum Anda mengerjakan soal

Nah itu merupakan cara pintar dalam menghadapi psikotes kerja, semoga dengan adanya tips yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu Anda semua.

Anda Ingin Segera Mendapatkan Pekerjaan? Pahamilah 5 Tips Ini!

Posted: 26 Jan 2015 05:41 AM PST

Cara Mencari Kerja – Memang benar, menjadi seorang pengangguran itu sangatlah tidak enak. Bahkan, apa yang bisa dijadikan sebagai suatu kebanggaan, jika pekerjaan saja tidak punya? Pastinya Anda harus membenahi diri Anda, jika Anda ingin merubah diri Anda menjadi lebih baik lagi.

Apakah Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda inginkan? Sebagai saran, berikut ini terdapat beberapa tips bagi Anda agar Anda dapat segera memperoleh pekerjaan yang memang selama ini Anda harapkan, agar Anda bisa memiliki sesuatu yang bisa Anda banggakan, yaitu sebagai berikut:

1. Tulis resume sebaik mungkin

Perlu Anda ketahui, pihak perusahaan akan menilai Anda pertama kali dari resume yang Anda buat dan Anda kirimkan kepada mereka. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat resume sebaik serta semaksimal mungkin. Di dalam resume yang Anda buat, Anda bisa menulis kemampuan yang Anda miliki, prestasi, bahkan pengalaman Anda dalam bekerja yang memang berkaitan erat dengan pekerjaan yang saat ini akan Anda lamar. Bukan hanya itu, Anda juga harus membekali diri Anda dengan pengetahuan yang banyak, terutama terkait profesi yang akan Anda lamar, agar nantinya ketika Anda akan berhadapan dengan pihak perusahaan saat sesi wawancara kerja, Anda sudah siap 100%.

2. Hubungi perusahaan setelah 2 minggu

Jika Anda telah mengirimkan resume, namun dalam kurun waktu 1-2 minggu Anda masih belum mendapat panggilan untuk melangsungkan tes, maka Anda memiliki hak untuk menanyakan kepastian kepada pihak perusahaan tempat Anda melamar kerja. Ketika Anda mempertanyakan kepastian kepada pihak perusahaan, maka setidaknya pihak perusahaan juga akan terkesan terhadap sikap Anda yang ulet. Dengan begitu, pastinya mereka akan langsung dengan cepat mencari resume yang telah Anda kirimkan, yang mungkin saja terlewat oleh pihak HRD atau personalia. Siapa tahu jika kualifikasi Anda memenuhi, Anda akan segera mendapatkan panggilan untuk melangsungkan wawancara kerja.

3. Siapkan baju kerja terbaik

Ketika Anda mendapatkan panggilan untuk melangsungkan sesi wawancara kerja, maka penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Terutama mempersiapkan pakaian yang akan Anda pergunakan. Anda harus memilih pakaian yang sesuai dengan pekerjaan atau posisi yang Anda lamar, selain itu perhatikan juga warna juga kerapian pakaian yang akan Anda gunakan. Gunakanlah pakaian yang rapi serta terlihat profesional.

4. Jadilah profesional

Ketika Anda tengah melangsungkan sesi wawancara kerja, penting bagi Anda memperhatikan setiap kalimat atau jawaban yang Anda berikan kepada pihak pewawancara. Jika memang pihak pewawancara mengharuskan Anda menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Bahasa Inggris, maka Anda harus menggunakan Bahasa Inggris. Dan itu artinya, Anda harus memahami grammer yang benar-benar bagus serta kosakata yang luas. Ingat! Jawab setiap pertanyaan yang di ajukan oleh pihak pewawancara dengan baik, berikan jawaban sebaik mungkin.

5. Latihan

Sebelum Anda menghadapi sesi wawancara kerja, alangkah lebih baik lagi jika Anda berlatih untuk menjawab setiap pertanyaan yang nantinya akan di lontarkan oleh pihak pewawancara. Anda bisa berlatih wawancara kerja dengan cara bermain peran bersama teman atau keluarga terdekat Anda. Perhatikan setiap jawaban yang Anda berikan beserta bahasa tubuh Anda.

Itulah beberapa tips tepat bagi Anda agar Anda dapat dengan cepat memperoleh pekerjaan yang selama ini Anda impikan. Semoga berhasil!

Tips Berhasil Melewati Tahap Wawancara Kerja

Posted: 26 Jan 2015 05:30 AM PST

Tes interview atau wawancara kerja adalah tes yang sudah pasti akan dilalui oleh setiap orang yang akan melamar kerja dan biasanya tes interview ini dilakukan setelah tes psikotes. Rasa tegang sudah pasti dirasakan, takut untuk melakukan kesalahan ketika berhadapan dengan orang yang akan menentukan untuk keberhasilan mendapatkan pekerjaan ini yang mungkin menjadi apa yang ditakuti oleh setiap pelamar. Sedikit saja melakukan kesalahan itu akan sangat berpengaruh untuk menentukan anda dalam mendapatkan pekerjaan yang sedang anda lamar. Maka dari itu sangat perlu untuk anda mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi tes ini. Sebagai salah satu persiapan anda berikut ini akan diberikan beberapa tips agar Anda bisa lulus tes interview atau wawancara yang akan anda hadapi

Tips Berhasil Melewati Tahap Wawancara Kerja

kredit gambar : cararahasia.com

Perhatikan penampilan
penampilan ini sangat penting untuk anda perhatikan, karena penampilan anda akan menjadi nilai awal untuk bisa menarik perhatian pewawancara. Pakailah pakaian formal seperti kemeja yang berwarna terang tetapi tidak mencolok dan jangan memakai celana jeans untuk bawahan, pakailah celana dengan bahan formal dengan ukuran yang standar.

Persiapkan Yang Perlu Anda Bawa
persiapkan dimalam hari dan periksa kembali bila memang ada dokumen atau hal lain yang perlu anda bawa, jangan sampai ketinggalan dan membuat anda harus kembali kerumah.

Rapihkan Kembali
Sebelum nama anda dipanggil, sempatkan sedikit waktu untuk anda merapihkan kembali pakaian dan lakukan hal yang bisa menenangkan diri anda supaya lebih rilex.

Saat wawancara kerja berlangsung, lakukan beberapa hal berikut :

  • Ketuk pintu dan jabat tangan pewawancara saat masuk ruang interview, selain menunjukan untuk rasa hormat berguna untuk mencairkan suasana yang tegang saat proses wawancara. Jangan lupa juga untuk memberikan sedikit senyuman yang ramah.
  • Jika anda sudah dipersilahkan duduk, duduklah dengan santai dan sopan.
  • Lakukan kontak mata dengan baik, disaat berbicara atau menjawab setiap pertanyaan dari pewawancara jangan anda menunduk atau melihat kemana saja, lakukan kontak mata sebagai salah satu komunikasi anda dalam meyakinkan pewawancara atas jawaban yang akan anda berikan. Dengan begitu pewawancara akan berpikir bahwa Anda orang yang sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan pada bagian perusahaan mereka.
  • Jawab Pertanyaan Dengan Jelas
    Berikan jawaban yang mengarah dari tujuan pertanyaan yang diberikan pewawancara, jawab pertanyaan dengan jelas dan tidak bertele-tele, karena jawaban yang bertele-tele itu akan manilai anda bahwa anda orang yang tidak bisa fokus dalam suatu masalah.
  • Bisa Mengendalikan Diri
    Jangan anda terpancing oleh pertanyaan yang bisa mengeluarkan hal yang tidak seharusnya anda ucapkan. Seperti contohnya bila anda diberi pertanyaan mengenai alasan anda keluar dari perusahaan lama, anda jangan menjelek jelekan tempat pekerjaan atau atasan terdahulu. Jawablah dengan cara diplomasi dan sopan tanpa menjelek-jelekkan pihak manapun.
  • Hindari Hal-hal yang bisa merugikan anda seperti : Memberikan jawaban yang tidak benar, menggunakan kalimat yang tidak baku, memalingkan wajah dari pewawancara saat menjawab pertanyaan, menyilangkan dada ditangan dan hal negatif lainnya.

Bila anda ingin lulus interview atau wawancara kerja  maka ikuti saran diatas dengan begitu peluang untuk sukses ditahap akhir ini akan anda miliki. Optimis dan sukses untuk anda yang akan interview kerja

Lakukan 6 Hal ini Agar Stres Hilang Saat Mencari Kerja

Posted: 26 Jan 2015 12:13 AM PST

Tips Mencari Kerja – Ketika Anda mencari pekerjaan, terkadang akan membuat kondisi tubuh serta pikiran Anda terasa begitu sangat lelah, bahkan bisa menimbulkan stres. Jika demikian, bagaimana cara yang tepat agar bisa mengilangkan stres ketika mencari kerja? Dan berikut ini ada beberapa cara bagi Anda agar rasa stres saat mencari pekerjaan bisa dengan cepat terlupakan, yaitu sebagai berikut:

Lakukan 6 Hal ini Agar Stres Hilang Saat Mencari Kerja

Kredit gambar: tercela.blogspot.com

1. Jangan terlalu dipikirkan

Ketika Anda gagal diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda harapkan, maka Anda jangan terlalu memikirkan hal tersebut. Anda harus bisa membebaskan fikiran Anda, dengan Anda tidak terlalu memikirkannya, maka Anda akan cepat segera move on dari keterpurukan Anda ketika gagal mendapatkan pekerjaan. Dan jika Anda terlalu lama terpuruk, maka hal tersebut selamanya tidak akan membuat situasi menjadi lebih membaik.

2. Lebih produktif

Agar Anda bisa terbebas dari fikiran yang bersifat negatif, maka Anda harus bergerak dan melakukan aktivitas yang memang bisa menunjang karir Anda. Dimisalkan melakukan beberapa aktivitas dalam kegiatan sosial seperti sukarelawan. Dengan Anda bergerak lebih produktif lagi, maka Anda bisa menambah daftar prestasi di dalam surat lamaran kerja yang Anda buat.

3. Kreatif

Bagaimana caranya Anda mencari pekerjaan yang Anda inginkan? Jika Anda mencari lowongan pekerjaan hanya melalui dunia maya, maka Anda harus mencoba cara yang jauh lebih kreatif. Ingat! Ada banyak jalan untuk menuju roma, itu artinya Anda jangan hanya mencoba satu cara untuk pergi ke tempat tersebut. Banyak cara yang bisa Anda pergunakan.

4. Beristirahat

Ketika Anda merasa stres, sebenarnya hal itu merupakan salah satu cara tubuh memberi tahu Anda kalau Anda membutuhkan istirahat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh Anda serta menceritakan persoalan Anda kepada teman dekat atau keluarga Anda. Kata-kata bijak yang diberikan oleh teman Anda pastinya bisa membuat diri Anda kembali bersemangat.

5. Percaya diri

Salah satu hal yang sangat penting untuk Anda miliki ketika Anda mencari pekerjaan yaitu rasa percaya diri. Sebab jika Anda tidak memiliki percaya diri, pastinya Anda akan mudah terjatuh serta stres ketika Anda mengalami kegagalan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memiliki rasa percaya diri yang optimal.

6. Jadi wiraswasta

Anda belum mendapatkan balasan dari perusahaan yang Anda lamar? Jika hal itu terjadi, bagaimana jika Anda mencoba untuk menjadi wiraswasta? Untuk menjadi seorang wiraswasta memang membutuhkan persiapan yang sangatlah matang agar Anda bisa membuka usaha sendiri. Akan tetapi, jika Anda merasa mampu, kenapa tidak?

Itulah beberapa cara tepat mengatasi rasa stres ketika Anda tengah mencari pekerjaan. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda semua. Semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda impikan. Semoga berhasil!

Tips Agar Tidak Salah Pilih Mendapatkan Pekerjaan

Posted: 25 Jan 2015 11:12 PM PST

Setelah sukses lulus dari SMA/SMK, sebagian mungkin ada yang ingin melanjutkan kuliah dan beberapa juga ada yang memilih untuk bekerja. Mencari kerja bagi anda yang lulusan sekolah tinggi mungkin tidak akan sulit, hanya yang menjadi kesulitan itu mencari pekerjaan yang nyaman sesuai dengan apa yang diharapkan. Jam kerja yang terlalu mengikat, suasana kerja yang tidak menyenangkan, itu akan membuat Anda merasa kurang puas dan nyaman dengan pekerjaan, sehingga anda merasa tersiksa dengan tekanan yang diberikan. Bekerja itu perlu, tetapi jika pekerjaan mengekang anda itu sangat tidak baik. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk bekerja dan melamar suatu pekerjaan agar pekarjaan yang anda lamar memberikan kenyamanan untuk diri anda, ketahuilah beberapa hal ini yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum anda memilih dan mendapatkan pekerjaan agar anda bisa memiliki pekerjaan yang ideal.

Tips Agar Tidak Salah Pilih Mendapatkan Pekerjaan

kredit gambar : www.vemale.com

  • Kenali Potensi Diri Anda
    Mengetahui segala kelebihan dan kekrungan mungkin ini sangat sulit karena anda harus bisa menilai diri sendiri, untuk mengenalai potensi yang diri anda miliki anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat nilai raport atau hasil belajar anda pelajaran apa yang paling memiliki nilai baik, dan cocokan dengan gambaran pekerjaan yang akan anda lamar, apakah cocok atau sebaliknya. Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan potensi Anda kemungkinan untuk sukses lebih besar dari pada melakukan pekerjaan yang tidak sesuai nantinya pekerjaan tersebut akan menjadi beban anda.
  • Pekerjaan Relevan Dengan Kepribadian
    Jika anda adalah pribadi yang suka traveling mungkin anda cocok dengan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan publik seperti menjadi seorang wartawan. Tetapi, bila anda seorang yang menyukai hal-hal detail, tidak banyak berhubungan dengan orang, merasa lebih nyaman mengerjakan pekerjaan di belakang meja mungkin pekerjaan yang cocok adalah di bidang finance dan accounting.
  • Idealisme dan Pola Kerja Cocok
    Setiap orang pasti memiliki idealisme yang berbeda satu sama lain. Kecocokan ideliasme dengan pekerjaan yang Anda akan tekuni nantinya ini harus menjadi perhatian anda juga sesuaikan idealisme diri anda dengan bidang pekerjaan yang anda geluti, jangan memilih pekerjaan yang menyimpang karena itu akan menyebabkan Anda tidak akan pernah merasa nyaman, sehingga akan sering tidak fokus dan pada akhirnya menimbulkan stres.
  • Minta Saran Orang Terdekat
    Mintalah saran dari orang terdekat anda untuk lebih tahu hasil kerja Anda sendiri. Dengarkan dan pertimbangkan saran orang lain mengenai pekerjaan Anda. Pendapat orang lain mungkin akan lebih baik dibandingkan penilaian dari diri sendiri karena kebanyakan dari kita sering beranggapan bahwa selama ini telah bekerja baik, padahal orang lain menganggap kurang. Dan itu bisa anda perbaiki kembali.
  • Buat Daftar Prioritas
    Setelah memiliki empat poin di atas kini tinggal anda membuat Daftar prioritas perusahaan yang akan anda lamar. akan lebih baik anda sudah mengetahui tentang pekerjaan apa yang cocok dengan Anda.

Nah, setelah anda memahami beberapa poin diatas, praktekan hal tersebut saat anda akan mencari kerja, dan jika sudah memperoleh pekerjaan yang pas kerjakan pekerjaan tersebut dengan baik. Ingat, anda telah menyisihkan orang lain yang mungkin memiliki keinginan yang lebih besar dibandingkan Anda. Anda telah meraihnya dengan susah payah. Jadi sudah sepatutnya anda mengerjakan pekerjaan itu dengan baik. Jangan jadikan pekerjaan anda sebagai beban, jadikanlah pekerjaan anda itu kegiatan favorit anda dengan begitu ketika bekerja anda akan akan terasa lebih mudah, ringan dan Anda akan semakin sukses.

Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Terlihat Professional

Posted: 25 Jan 2015 10:11 PM PST

Tips Membuat Lamaran Kerja mungkin anda perlukan saat akan membuat berkas lamaran kerja sebagai permohonan diri untuk mencalonkan sebagai salah satu calon pekerja menempati posisi yang ditawarkan adalah syarat awal yang akan diberikan pelamar kepada perusahaan yang bersangkutan. Penyeleksian lamaran kerja yaitu tahap awal yang harus dilalui oleh setiap pelamar untuk memiliki peluang masuk ketahap berikutnya, ketika anda akan membuat berkas lamaran kerja, yang anda perhatiakan pasti kebenaran untuk penulisan berkas tersebut, ya itu memang itu harus anda perhatikan akan tetapi selain dari itu karena ditahap ini pihak perusahaan akan mencari lamaran kerja yang baik dari yang terbaik, sudah pasti lamaran yang benar dan memiliki kemenarikan dan kesan profesional yang akan dicari. perbandingan akan dilakuan bila pihak perusahaan bingung untuk memutuskan mana yang layak untuk masuk ketahap selanjutnya, dan poin tambah itu bisa dimiliki dari kemenarikan dan kesan profesioanla yang dimiliki lamara kerja tersebut, jadi bila anda ingin memenangkan itu, milikilah lamaran kerja yang tampak profesional, berikut ini tipsnya

Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Terlihat Professional

kredit gambar : ahmadjn.com

Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Terlihat Professional

  • Buat surat lamaran anda dengan menyebutkan dari mana anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut dan  gunakan kata-kata yang telah disesuaikan dalam informasi yang anda dapatkan .
  • Bila anda memiliki penguasaan yang baik dalam bahasa inggris, gunakanlah lamaran berbahasa Inggris, karena dengan membuat lamaran dnegan menggunakan bahasa Inggris akan  meningkatkan kualitas dua kali lebih baik dari lamaran berbahasa Indonesia.
  • Gunakan kertas HVS dengan ukuran A4 80 gram.
  • Pakailah amplop coklat  khusus untuk melamar kerja, dengan begitu akan membuat berkas lamaran anda serasi dengan pelamar lain. Bila kertas lamaran anda tidak mencukupi untuk dimuat dalam amplop lamaran kerja yang tersedia, agar lebih rapih buatlah amplop sendiri menggunakan kertas conqueror yang sama dengan kertas lamaran Anda.
  • Untuk lebih menarik , buatlah riwayat hidup Anda dengan versi resume, bukan dengan versi CV dnegan begitu akan terlihat simpel dan emmiliki kesan profesional.
  • Masukanlah hanya data yang penting dan menjual  kualitas diri anda. jangan memasukan berkas yang hanya memeperbanyak tetapi tidak memiliki pengaruh yang menjamin.
  • Berikan pas foto dengan pakaian formal, pakailah jas dan dasi untuk pria dan blazer untuk wanita. Gunakan foto berwarna dan ukuran 4X6
  • Ceritakan dengan baik pengalaman Anda , berikan gambaran pada perekrut kompetensi apa yang Anda kuasai dan yang anda jaminkan untuk pekerjaan tersebut.
  • Pertimbangkan jumlah dokumen yang Anda masukkan ke dalam amplop lamaran, semakin sedikit lembar dokumen yang Anda masukkan, tetapi bisa mencukupi apa yang ingin diketahui oleh perekrut akan membuat perekrut menaruh respek dan penghargaan pada Anda.
  • Buat berkas lamaran ini dengan cepat, bila perlu kirimkan lamaran Anda pada hari iklan dimuat dengan begitu berkas lamaran anda akan terperhatikan.

Semoga tips membuat lamaran kerja diatas bermanfaat dan bisa membuat lamaran kerja anda menjadi lebih profesional. Semoga sukses

Ingin Lamaran Kerja Anda Diterima? Ini Tipsnya

Posted: 25 Jan 2015 09:19 PM PST

Untuk membantu anda dalam membuat lamaran kerja yang baik dan diterima perusahaan, berikut akan diberikan tips membuat lamaran kerja sebagai panduan anda dalam pembuatan lamaran kerja sebagai tiket anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang saat ini anda inginkan. Mungkin bukan hal yang mudah untuk bisa lolos di tahap awal ini, meyakinkan pihak perusahaan dengan berkas lamaran yang anda berikan yang mana berkas tersebut akan bersaing dengan sekian berkas lain yang perusahaan terima, menarik perhatian pihak perusahaan agar memilih surat lamaran anda tentulah memerlukan sebuah teknik, bagaimana caranya agar berkas lamaran yang anda berikan dapat diakui oleh perusahaan salah satau cara anda mengetahui tipsnya. Seperti penjelasan diatas maka berikut ini penjelasan untuk tips dalam membuat lamaran kerja

Ingin Lamaran Kerja Anda Diterima? Ini Tipsnya

kredit gambar : membukapinturezeki.blogspot.com

  • Informasi Yang Diberikan Benar
    Menuliskan informasi yang benar tanpa direkayasa sedikitpun itu yang harus dilakukan pelamar saat menukliskan informasi mengenai diri yang merupakan informasi sekaligus tahap perkenalaan dengan perusahaan. Tulis dengan jujur Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan prestasi yang pernah diraih. Jangan pernah mencoba untuk melebihkan atau mengada-ngada sedikitpun, jika ketahuan itu akan menjadi hal yang snagat buruk.
  • Ringkas, Lengkap Dan Jelas
    Buat berkas lamaran anda dnegan ringkas namun memiliki informasi data yang lengkap dan jelas, seperti nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan dan juga informasi-informasi tambahan lainnya buat ringkas dengan menuliskan hal pentinga yang bisa menunjang profil Anda di mata staf personalia. Bila nad akan menjadi poin tambah jika nada melampirkan sertifikat pelatihan yang pernah diikuti, kursus atau pengalaman organisasi. Ingat, buat surat lamaran anda dalam 1 halaman, dan CV anda maksimal 3 halaman ideal 2 halaman. Tidak usah panjang itu akan berkesan bertele-tele, yang pasti anda buat cv anda itu singkat tetapi memiliki nilai jual.
  • Mudah Dibaca Dan Dimengerti
    Kemudaah membaca itu tergantung dari tulisan anda, tulislah dnegan rapih dan tanda baca yang tepat, anda bisa memilih jenis huruf imes new rowman atau arial dengan ukuran huruf  tulisan cukup besar sehi ngga staff personalia akan merasa nyaman dan jelas ketika membacanya. Perhatikan untuk setiap paragraf jangan terlalu panjang dan bertele-tele, tulislah degan kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.
  • Teliti Sebelum Mengirim
    Sebelum berkas lamaran anda masukan kedalam amplip untuk dikirim, cobalah periksa dnegan teliti jangan sampai ada yang salah tulis dan terlewatkan. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, Anda juga perlu periksa ulang data-data di dalamnya.
  • Berikan Informasi Tambahan Yang Mendukung
    Menuliskan informasi tambahan yang bisa mendukung keberhasilan untuk lolos ditahap awal ini bisa anda lakukan dengan menuliskan pengalaman kerja atau kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan tanpa mengada-ngada atau melebihkn apa yang bukan diri anda miliki. Selain itu, bisa juga anda memberikan informasi mengenai prestasi yang pernah didapatkan untuk menunjukkan keseriusan dalam melamar kerja.

Semoga dengan tips membuat lamaran kerja diatas bisa memberikan manfaat untuk membantu anda agar bisa melewati tahap awal melamar kerja dengan baik.

No comments:

Post a Comment