TipsKarir.Com | ![]() |
- Definisi dan Sikap Profesional Munurut Saya Seperti ini
- Kesalahan Tidak Terpuji Dalam Mengirim Lamaran Kerja via Online
- Kompilasi Terbaru Contoh Surat Lamaran Kerja Online 2015
- Cara Pintar Sukses Psikotes Kerja
- Anda Ingin Segera Mendapatkan Pekerjaan? Pahamilah 5 Tips Ini!
- Tips Berhasil Melewati Tahap Wawancara Kerja
- Lakukan 6 Hal ini Agar Stres Hilang Saat Mencari Kerja
- Tips Agar Tidak Salah Pilih Mendapatkan Pekerjaan
- Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Terlihat Professional
- Ingin Lamaran Kerja Anda Diterima? Ini Tipsnya
Definisi dan Sikap Profesional Munurut Saya Seperti ini Posted: 26 Jan 2015 05:51 PM PST Kalau definisi profesional secara umum bisa diartikan sebagai profesi yang diperlukan keahlian atau kepandaian khusus untuk menjalankannya. Tapi kalau saya pribadi cara mendefinikan profesional lebih kepada sebuah kualitas individu dalam berpikir serta bertindak sehingga menjadi bagian dari kepandaian ataupun keahlian yang dimilikinya. Definisi dan sikap profesional sebagian orang lebih menilainya sebagai pertimbangan subjektif, namun menurut saya profesional lebih menyukai sebagai suatu hal yang objektif, sebab tentang penilaiannya profesionalnya seseorang bukan dihasilkan penilaian diri sendiri, melainkan pertimbangan orang lain. Sikap profesionalnya seseorang dapat ditunjukan dari cara dia melakukan berbagai tugasnya. Sikap-sikap apa saja yang bisa dianggap profesional, kurang lebih seperti ini :
Itulah definisi dan sikap profesional menurut saya, bagaimana ‘profesional’ menurut anda? |
Kesalahan Tidak Terpuji Dalam Mengirim Lamaran Kerja via Online Posted: 26 Jan 2015 04:55 PM PST Lamaran kerja via online kini menjadi hal yang biasa anda akan lakukan dalam melamar kerja. Segenap persiapan dan persyaratan pastinya anda lakukan agar rencana anda sampai tujuan, alih-alih ingin mendapat email balasan yang memberi kabar positif, yang terjadi justru malah lamaran kerja anda tidak mendapat respon. Berbagai kesalahan masih terjadi dan dilakukan para kandidat (pelamar kerja), baik kesalahan teknis atau sekadar kecerobahan kecil yang berakibat fatal ketika mengirim lamaran kerja via online. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut ini 6 kesalahan tidak terpuji dalam mengirimkan lamaran kerja :
|
Kompilasi Terbaru Contoh Surat Lamaran Kerja Online 2015 Posted: 26 Jan 2015 04:15 PM PST Contoh surat lamaran kerja online 2015, adalah contoh bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik, memenuhi struktur penulisan yang benar serta mampu mempengaruhi perhatian pembacanya. Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat secara singkat, jelas dan mudah dipahami, hal ini penting karena recruiter tidak memiliki waktu banyak membaca sebuah dokumen lamaran kerja. Disamping itu, berikan kesan yang positif pada isi surat lamaran kerja anda, salah satunya mencantumkan posisi yang anda lamar, tujuan anda melamar serta sekilas latar belakang anda serta skill yang bisa anda tawarkan pada perusahaan. Untuk mempersingkat waktu anda mempelajari, berikut ini adalah dua buah format dan contoh surat lamaran kerja 2015. Contoh 1 Surat Lamaran Kerja Online 2015 To : Support@perusahaanindonesia.co.id Dengan hormat, Sesuai dengan informasi pada website, bahwa PT Perusahaan Indonesia membutuhkan beberapa lowongan Supervisor, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya : Nama : Alexa Dewi Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk di tes dan di wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya. Hormat saya, Alexa Dewi Contoh 2 Suratl lamaran kerja online 2015; To/ke = alamat@website.com cc= – Judul/subject email: Lamaran Pekerjaan Dengan hormat, Sebagaimana informasi lowongan kerja yang ada pada situs resmi perusahaan, bahwasanya PT……………… saat sedang membutuhkan tenaga Staf Administrasi. Sesuai dengan pendidikan saya sebagai sarjana lulusan sarjana Ilmu Komputer Universitas ……………., tepatnya dari Jurusan ………… Dengan ini, bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di PT …………….., khususnya sebagai ………………….. Didukung kondisi kesehatan yang sangat baik serta kompetensi yang saya miliki yaitu menguasai bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu terbiasa bekerja menggunakan komputer, terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet. Kebutuhan anda akan seorang Staf Administrasi yang handal saya rasa tepat dengan riwayat pendidikan serta kompetensi yang dimiliki. Sebagai bahan penunjang referensi, berikut saya lampirkan : 1. Daftar riwayat hidup Demikian surat permohonan pekerjaan ini dibuat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 087726003636 atau email taufiqhidayat@gmail.com. Besar harapan saya dapat bergabung di PT. ……………… Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan. Hormat saya, …………………. |
Cara Pintar Sukses Psikotes Kerja Posted: 26 Jan 2015 07:27 AM PST Tips Psikotes Kerja – Anda telah mencari kerja kemana-mana? Namun hasilnya tetap sama, Anda masih belum diterima? Padahal telah banyak cara yang Anda lakukan demi mencapai keinginan Anda tersebut. Namun tetap saja, dalam setiap ujian yang Anda lalui dalam proses penerimaan karyawan baru selalu berakhir dengan kegagalan. Mungkin Anda merasa bingung, apa yang harus Anda lakukan, sedangkan semakin hari umur Anda semakin bertambah. Anda tidak perlu khawatir dan putus asa, karena setiap kegagalan pasti ada jalan untuk memperbaiki kegagalan tersebut. Oleh karena itu, dalam ulasan kami kali ini, kami akan menguraikan beberapa cara agar Anda lolos ujian psikpotes. Perlu Anda ingat, kesuksesan yang ada yang ada di dalam kehidupan tidaklah dapat diperoleh secara instan, pastinya semua membutuhkan proses yang tepat dalam setiap tahapan demi memperoleh kesuksesan tersebut. Dan saat ini mungkin Anda tengah menjalani sebagian proses tersebut, tanpa Anda sadar. Sangat diperlukan ketekunan serta kegigihan agar Anda dapat melewati sejumlah proses tersebut sehingga nantinya Anda dapat menginjakkan kaki diatas kesuksesan tersebut. Dan satu hal yang memang benar-benar harus Anda miliki dalam memasuki dunia kerja, yaitu memiliki kemauan untuk terus berusaha dan terus berikhtiar meskipun sampai saat ini Anda masih belum mendapatkan hasil yang memang selama ini telah Anda impikan. Dan jangan sampai Anda menghilangkan poin yang satu ini, karena tanpa adanya satu tekad dan ikhtiar, sangat akan mustahil apa yang Anda inginkan dapat terwujud. Masih berbicara dengan kegagalan Anda dalam menjalani serangkaian tes psikotes kerja atau pun proses wawancara kerja, sebelumnya Anda bisa mengintropeksi diri Anda. Coba Anda ingat kembali, ketika Anda mendapatkan kegagalan, apakah kegagalan tersebut sebelumnya telah Anda prediksi? Atau bahkan adanya faktor lain? Proses psikotes kerja atau pun proses wawancara tidak bisa dengan mutlak dapat Anda pelajari dengan mudah, karena hal tersebut digunakan guna mengetahui gambaran terkait dengan diri Anda serta potensi yang Anda miliki. Untuk penilaian itu sendiri, akan didasarkan atas kesesuaian potensi dengan kualifikasi yang memang tengah dibutuhkan oleh perusahaan, dan cara yang tepat serta efektif yang dapat Anda berikan yaitu dengan memberikan jawaban secara spontan pada setiap pertanyaan yang memang benar-benar dapat menggambarkan diri Anda. Sebelum Anda menjalankan serangkaian bentuk tes psikotes, ada beberapa hal yang memang sangat perlu dan penting untuk Anda persiapakan, diantaranya yaitu:
Nah itu merupakan cara pintar dalam menghadapi psikotes kerja, semoga dengan adanya tips yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu Anda semua. |
Anda Ingin Segera Mendapatkan Pekerjaan? Pahamilah 5 Tips Ini! Posted: 26 Jan 2015 05:41 AM PST Cara Mencari Kerja – Memang benar, menjadi seorang pengangguran itu sangatlah tidak enak. Bahkan, apa yang bisa dijadikan sebagai suatu kebanggaan, jika pekerjaan saja tidak punya? Pastinya Anda harus membenahi diri Anda, jika Anda ingin merubah diri Anda menjadi lebih baik lagi. Apakah Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda inginkan? Sebagai saran, berikut ini terdapat beberapa tips bagi Anda agar Anda dapat segera memperoleh pekerjaan yang memang selama ini Anda harapkan, agar Anda bisa memiliki sesuatu yang bisa Anda banggakan, yaitu sebagai berikut: 1. Tulis resume sebaik mungkin Perlu Anda ketahui, pihak perusahaan akan menilai Anda pertama kali dari resume yang Anda buat dan Anda kirimkan kepada mereka. Oleh karena itu, Anda harus bisa membuat resume sebaik serta semaksimal mungkin. Di dalam resume yang Anda buat, Anda bisa menulis kemampuan yang Anda miliki, prestasi, bahkan pengalaman Anda dalam bekerja yang memang berkaitan erat dengan pekerjaan yang saat ini akan Anda lamar. Bukan hanya itu, Anda juga harus membekali diri Anda dengan pengetahuan yang banyak, terutama terkait profesi yang akan Anda lamar, agar nantinya ketika Anda akan berhadapan dengan pihak perusahaan saat sesi wawancara kerja, Anda sudah siap 100%. 2. Hubungi perusahaan setelah 2 minggu Jika Anda telah mengirimkan resume, namun dalam kurun waktu 1-2 minggu Anda masih belum mendapat panggilan untuk melangsungkan tes, maka Anda memiliki hak untuk menanyakan kepastian kepada pihak perusahaan tempat Anda melamar kerja. Ketika Anda mempertanyakan kepastian kepada pihak perusahaan, maka setidaknya pihak perusahaan juga akan terkesan terhadap sikap Anda yang ulet. Dengan begitu, pastinya mereka akan langsung dengan cepat mencari resume yang telah Anda kirimkan, yang mungkin saja terlewat oleh pihak HRD atau personalia. Siapa tahu jika kualifikasi Anda memenuhi, Anda akan segera mendapatkan panggilan untuk melangsungkan wawancara kerja. 3. Siapkan baju kerja terbaik Ketika Anda mendapatkan panggilan untuk melangsungkan sesi wawancara kerja, maka penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Terutama mempersiapkan pakaian yang akan Anda pergunakan. Anda harus memilih pakaian yang sesuai dengan pekerjaan atau posisi yang Anda lamar, selain itu perhatikan juga warna juga kerapian pakaian yang akan Anda gunakan. Gunakanlah pakaian yang rapi serta terlihat profesional. 4. Jadilah profesional Ketika Anda tengah melangsungkan sesi wawancara kerja, penting bagi Anda memperhatikan setiap kalimat atau jawaban yang Anda berikan kepada pihak pewawancara. Jika memang pihak pewawancara mengharuskan Anda menjawab pertanyaan yang diajukan dalam Bahasa Inggris, maka Anda harus menggunakan Bahasa Inggris. Dan itu artinya, Anda harus memahami grammer yang benar-benar bagus serta kosakata yang luas. Ingat! Jawab setiap pertanyaan yang di ajukan oleh pihak pewawancara dengan baik, berikan jawaban sebaik mungkin. 5. Latihan Sebelum Anda menghadapi sesi wawancara kerja, alangkah lebih baik lagi jika Anda berlatih untuk menjawab setiap pertanyaan yang nantinya akan di lontarkan oleh pihak pewawancara. Anda bisa berlatih wawancara kerja dengan cara bermain peran bersama teman atau keluarga terdekat Anda. Perhatikan setiap jawaban yang Anda berikan beserta bahasa tubuh Anda. Itulah beberapa tips tepat bagi Anda agar Anda dapat dengan cepat memperoleh pekerjaan yang selama ini Anda impikan. Semoga berhasil! |
Tips Berhasil Melewati Tahap Wawancara Kerja Posted: 26 Jan 2015 05:30 AM PST Tes interview atau wawancara kerja adalah tes yang sudah pasti akan dilalui oleh setiap orang yang akan melamar kerja dan biasanya tes interview ini dilakukan setelah tes psikotes. Rasa tegang sudah pasti dirasakan, takut untuk melakukan kesalahan ketika berhadapan dengan orang yang akan menentukan untuk keberhasilan mendapatkan pekerjaan ini yang mungkin menjadi apa yang ditakuti oleh setiap pelamar. Sedikit saja melakukan kesalahan itu akan sangat berpengaruh untuk menentukan anda dalam mendapatkan pekerjaan yang sedang anda lamar. Maka dari itu sangat perlu untuk anda mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi tes ini. Sebagai salah satu persiapan anda berikut ini akan diberikan beberapa tips agar Anda bisa lulus tes interview atau wawancara yang akan anda hadapi Perhatikan penampilan Persiapkan Yang Perlu Anda Bawa Rapihkan Kembali Saat wawancara kerja berlangsung, lakukan beberapa hal berikut :
Bila anda ingin lulus interview atau wawancara kerja maka ikuti saran diatas dengan begitu peluang untuk sukses ditahap akhir ini akan anda miliki. Optimis dan sukses untuk anda yang akan interview kerja |
Lakukan 6 Hal ini Agar Stres Hilang Saat Mencari Kerja Posted: 26 Jan 2015 12:13 AM PST Tips Mencari Kerja – Ketika Anda mencari pekerjaan, terkadang akan membuat kondisi tubuh serta pikiran Anda terasa begitu sangat lelah, bahkan bisa menimbulkan stres. Jika demikian, bagaimana cara yang tepat agar bisa mengilangkan stres ketika mencari kerja? Dan berikut ini ada beberapa cara bagi Anda agar rasa stres saat mencari pekerjaan bisa dengan cepat terlupakan, yaitu sebagai berikut: 1. Jangan terlalu dipikirkan Ketika Anda gagal diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda harapkan, maka Anda jangan terlalu memikirkan hal tersebut. Anda harus bisa membebaskan fikiran Anda, dengan Anda tidak terlalu memikirkannya, maka Anda akan cepat segera move on dari keterpurukan Anda ketika gagal mendapatkan pekerjaan. Dan jika Anda terlalu lama terpuruk, maka hal tersebut selamanya tidak akan membuat situasi menjadi lebih membaik. 2. Lebih produktif Agar Anda bisa terbebas dari fikiran yang bersifat negatif, maka Anda harus bergerak dan melakukan aktivitas yang memang bisa menunjang karir Anda. Dimisalkan melakukan beberapa aktivitas dalam kegiatan sosial seperti sukarelawan. Dengan Anda bergerak lebih produktif lagi, maka Anda bisa menambah daftar prestasi di dalam surat lamaran kerja yang Anda buat. 3. Kreatif Bagaimana caranya Anda mencari pekerjaan yang Anda inginkan? Jika Anda mencari lowongan pekerjaan hanya melalui dunia maya, maka Anda harus mencoba cara yang jauh lebih kreatif. Ingat! Ada banyak jalan untuk menuju roma, itu artinya Anda jangan hanya mencoba satu cara untuk pergi ke tempat tersebut. Banyak cara yang bisa Anda pergunakan. 4. Beristirahat Ketika Anda merasa stres, sebenarnya hal itu merupakan salah satu cara tubuh memberi tahu Anda kalau Anda membutuhkan istirahat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengistirahatkan tubuh Anda serta menceritakan persoalan Anda kepada teman dekat atau keluarga Anda. Kata-kata bijak yang diberikan oleh teman Anda pastinya bisa membuat diri Anda kembali bersemangat. 5. Percaya diri Salah satu hal yang sangat penting untuk Anda miliki ketika Anda mencari pekerjaan yaitu rasa percaya diri. Sebab jika Anda tidak memiliki percaya diri, pastinya Anda akan mudah terjatuh serta stres ketika Anda mengalami kegagalan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memiliki rasa percaya diri yang optimal. 6. Jadi wiraswasta Anda belum mendapatkan balasan dari perusahaan yang Anda lamar? Jika hal itu terjadi, bagaimana jika Anda mencoba untuk menjadi wiraswasta? Untuk menjadi seorang wiraswasta memang membutuhkan persiapan yang sangatlah matang agar Anda bisa membuka usaha sendiri. Akan tetapi, jika Anda merasa mampu, kenapa tidak? Itulah beberapa cara tepat mengatasi rasa stres ketika Anda tengah mencari pekerjaan. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda semua. Semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda impikan. Semoga berhasil! |
Tips Agar Tidak Salah Pilih Mendapatkan Pekerjaan Posted: 25 Jan 2015 11:12 PM PST Setelah sukses lulus dari SMA/SMK, sebagian mungkin ada yang ingin melanjutkan kuliah dan beberapa juga ada yang memilih untuk bekerja. Mencari kerja bagi anda yang lulusan sekolah tinggi mungkin tidak akan sulit, hanya yang menjadi kesulitan itu mencari pekerjaan yang nyaman sesuai dengan apa yang diharapkan. Jam kerja yang terlalu mengikat, suasana kerja yang tidak menyenangkan, itu akan membuat Anda merasa kurang puas dan nyaman dengan pekerjaan, sehingga anda merasa tersiksa dengan tekanan yang diberikan. Bekerja itu perlu, tetapi jika pekerjaan mengekang anda itu sangat tidak baik. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk bekerja dan melamar suatu pekerjaan agar pekarjaan yang anda lamar memberikan kenyamanan untuk diri anda, ketahuilah beberapa hal ini yang harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum anda memilih dan mendapatkan pekerjaan agar anda bisa memiliki pekerjaan yang ideal.
Nah, setelah anda memahami beberapa poin diatas, praktekan hal tersebut saat anda akan mencari kerja, dan jika sudah memperoleh pekerjaan yang pas kerjakan pekerjaan tersebut dengan baik. Ingat, anda telah menyisihkan orang lain yang mungkin memiliki keinginan yang lebih besar dibandingkan Anda. Anda telah meraihnya dengan susah payah. Jadi sudah sepatutnya anda mengerjakan pekerjaan itu dengan baik. Jangan jadikan pekerjaan anda sebagai beban, jadikanlah pekerjaan anda itu kegiatan favorit anda dengan begitu ketika bekerja anda akan akan terasa lebih mudah, ringan dan Anda akan semakin sukses. |
Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Terlihat Professional Posted: 25 Jan 2015 10:11 PM PST Tips Membuat Lamaran Kerja mungkin anda perlukan saat akan membuat berkas lamaran kerja sebagai permohonan diri untuk mencalonkan sebagai salah satu calon pekerja menempati posisi yang ditawarkan adalah syarat awal yang akan diberikan pelamar kepada perusahaan yang bersangkutan. Penyeleksian lamaran kerja yaitu tahap awal yang harus dilalui oleh setiap pelamar untuk memiliki peluang masuk ketahap berikutnya, ketika anda akan membuat berkas lamaran kerja, yang anda perhatiakan pasti kebenaran untuk penulisan berkas tersebut, ya itu memang itu harus anda perhatikan akan tetapi selain dari itu karena ditahap ini pihak perusahaan akan mencari lamaran kerja yang baik dari yang terbaik, sudah pasti lamaran yang benar dan memiliki kemenarikan dan kesan profesional yang akan dicari. perbandingan akan dilakuan bila pihak perusahaan bingung untuk memutuskan mana yang layak untuk masuk ketahap selanjutnya, dan poin tambah itu bisa dimiliki dari kemenarikan dan kesan profesioanla yang dimiliki lamara kerja tersebut, jadi bila anda ingin memenangkan itu, milikilah lamaran kerja yang tampak profesional, berikut ini tipsnya Tips Membuat Lamaran Kerja Agar Terlihat Professional
Semoga tips membuat lamaran kerja diatas bermanfaat dan bisa membuat lamaran kerja anda menjadi lebih profesional. Semoga sukses |
Ingin Lamaran Kerja Anda Diterima? Ini Tipsnya Posted: 25 Jan 2015 09:19 PM PST Untuk membantu anda dalam membuat lamaran kerja yang baik dan diterima perusahaan, berikut akan diberikan tips membuat lamaran kerja sebagai panduan anda dalam pembuatan lamaran kerja sebagai tiket anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang saat ini anda inginkan. Mungkin bukan hal yang mudah untuk bisa lolos di tahap awal ini, meyakinkan pihak perusahaan dengan berkas lamaran yang anda berikan yang mana berkas tersebut akan bersaing dengan sekian berkas lain yang perusahaan terima, menarik perhatian pihak perusahaan agar memilih surat lamaran anda tentulah memerlukan sebuah teknik, bagaimana caranya agar berkas lamaran yang anda berikan dapat diakui oleh perusahaan salah satau cara anda mengetahui tipsnya. Seperti penjelasan diatas maka berikut ini penjelasan untuk tips dalam membuat lamaran kerja
Semoga dengan tips membuat lamaran kerja diatas bisa memberikan manfaat untuk membantu anda agar bisa melewati tahap awal melamar kerja dengan baik. |
You are subscribed to email updates from Tips Karir To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment