Tuesday, January 20, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Berita Karir : Gamal Albinsaid Dokter Inspirator yang Sudi Dibayar Sampah

Posted: 20 Jan 2015 04:51 PM PST

“Alhamdulillah, saya mampu meraih penghargaan tersebut berkat kontribusi besar masyarakat dan juga tim saya selama ini. saat itu, saya mendirikan sebuah klinik yang sistem pembayarannya menggunakan asuransi dengan premi sampah,” : Petikan Studentpreuneur, Desember 2014.

Berita Karir Gamal Albinsaid Dokter Inspirator yang Sudi Dibayar Sampah

Kredit gambar: indoconnectsingapore.com

Jagat kedokteran Indonesia tengah berbangga hati menghiasi berita karir kali ini, bukan karena menemukan metode pengobatan canggih melainkan se sosok dokter muda yang berhati mulia. Ya, Gamal Albinsaid ialah seorang dokter muda yang inspiratif yang mampu membuat terobosan baru dari profesi mulianya itu.

Awal tahun 2014 silam, tepatnya pada 31 Januari 2014 berita karir dikejutkan oleh salah seorang putera Indonesia yang menjadi pemeberitaan dunia. Gamal memperoleh apresiasi masyarakat dunia dengan meraih “The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneurship First Winner 2014“. Event penghargaan ini diselenggarakan oleh Unilever dan Cambridge University  yang diperuntukan para entrepreneur muda yang peduli pada sumber daya yang berkelanjutan, sebagai wujud kehormatan company serta kerajaan Inggris Pangeran Charles .

Event Program penghargaan internasional tersebut digelar bertujuan untuk menginspirasi seluruh pemuda di seluruh dunia agar turut andil dalam persoalan global dan berperan menyelesaikan isu lingkungan, sosial serta kesehatan. Disamping itu, event penghargaan ini juga mengundang wirausaha yang berusia dibawah 30 tahun untuk berpartisipasi memberikan solusi nyata yang menginspirasi, praktis serta jelas untuk membantu mewujudkan sustainability living.

Program kesehatan yang dijalankan Gamal merupakan yang sangat bermanfaat dan real bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar dibawah garis kemiskinan. Kosep yang ditawarkan Gamal bersama tim nya ke masyarakat, setiap masyarakat yang ingin berobat ke klinik namun tak memiliki uang dapat menggantinya dengan mengumpulkan sampah. Sampah yang dibawa ke klinik memiliki nilai Rp 10.000 yang dapat digunakan untuk berobat. kala itu program yang dijalankannya menjadi yang terbaik karena dalam waktu yang bersamaan menyelesaikan ia berhasil dua masalah sekaligus, yaitu menangani masalah sampah untuk menyelesaikan kesehatan.

Ide dari program ini berawal dari kesedihan Gamal melihat pemberitaan di media massa tentang kisah seorang bocah kecil berumur 3 tahun yang bernama khaerunisa menghembuskan nafas terakhirnya. Penanganan medis yang terlambat serta deraan kemiskinan, mempersulit tindakan dan pencegahan kesehatan secara dini. Masalah ini tentu menjadi persoalan sebagian besar masyarakat Indonesia. Semoga progam yang dijalankan Gamal menjadi berita karir yang menginsipirasi para dokter, dan lebih banyak lagi tokoh muda yang seperti Gamal Albinsaid seorang profesional dan berhati mulia.

 

6 Tahapan Membuat CV Bahasa Jepang

Posted: 20 Jan 2015 04:15 PM PST

Apakah anda ingin bekerja di perusahaan Jepang?. Ya, kebutuhan tenaga kerja buat perusahaan-perusahaan yang notabenenya berasal ras kuning ini, sesungguhnya memiliki prospek dan peminat yang cukup tinggi. Hanya saja proses seleksi yang cukup ketat menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang berkeinginan kuat, terlebih yang memiliki latar belakang sastra jepang ataupun pemahaman bahasa Jepang yang kuat. Sederhanya salah satu posisi spesialis dalam sebuah perusahaan ialah seorang interpreter. Sebuah curriculum vitae pada dasarnya hampir sama, baik menggunakan berbagai versi bahasa maupun CV bahasa Jepang, semuanya memiliki tujuan yang sama yakni memberi informasi sebaik-baiknya agar perusahaan tertarik dan memilih anda sebagai kandidat yang potensial.

7 Tahapan Membuat CV Bahasa Jepang

Kredit gambar: gopixpic.com

Agar anda tidak merasa canggung lagi menulis CV Bahasa Jepang, jadikan tahapan-tahapan di bawah ini sebagai sub resume kerja yang bisa membantu anda. Berikut ini adalah beberapa tahapannya :

#1 Tahap Menulis Biodata

  • Menulis tanggal pengiriman CV Bahasa Jepang baik tahun-bulan-tanggal. Penulisannya dalam bahasa Jepang seperti berikut ini 平成 ~年(Tahun) ~月(Bulan) ~日(Tanggal). Bagi anda yang masih bingung, sebagai patokan saja 平成1年(Heisei 1 nen) sama dengan tahun 1989 maka untuk tahun 2014 adalah 平成26年。
  • Furigana dalam katakana (cara baca) dari nama anda. Orang jepang tidak terbiasa dengan tulisan romaji jadi untuk memudahkan, pada CV bahasa Jepang silakan ditulis saja furigana nama anda.
  • Tulis nama lengkap menggunakan romaji. Tapi jika memang anda adalah keturunan cina atau jepang, CV bahasa Jepang, silakan anda bisa tulis saja kanjinya dengan furigananya di atas nama.
  • Mencantumkan Tanggal lahir dan umur pada CV bahasa Jepang anda .
    Penulisan gender dalam CV bahasa Jepang silakan pilih salah satu dan lingkari. Untuk perempuan pilih onna 女 laki-laki pilih otoko 男.
  • Penggunaan foto pada CV bahasa Jepang pada dasarnya sam biasanya berwarna dan sopan
    Penulisan  alamat yang dihubungi  pada CV bahasa Jepang dengan Furigana (cara baca dalam bahasa Jepang)
  • Cantumkan  Nomor contact person di CV bahasa Jepang anda dengan dipisah 4-4. Contohnya: 0234-3164-7890 plus kode negara +62212-3131-4021.

#2 Tahap Menulis Riwayat Pendidikan:

  • Cantumkan tahun anda lulus atau masuk sekolah pada CV bahasa Jepang, dengan penulisan tahun heisei yang digunakan pada langkah pertama di atas.
  • Menulis bulan lulus atau masuk sekolah sebaiknya ditulis dengan angka saja dalam CV bahasa Jepang.
  • Mencatumkan nama sekolah atau universitas, jurusan, fakultas pada CV bahasa Jepang
    Mencantumkan periode kelulusan seperti: 入学(Nyuugaku) artinya masuk sekolah, 卒業 (Sotsugyo) artinya lulus sekolah. Silakan tulis pada CV bahasa Jepang dengan contoh: 平成25年7月 インドネシア教育大学 言語芸術学部 日本語教育学科 卒業 , artinya: Tahun 2013-Juli Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Lulus.

#3 Tahap Menulis Riwayat Pekerjaan:

  • Tulislah nama perusahaan  formatnya seperti ini 株式会社+nama perusahaan. Setelah itu tuliskan lagi nyuusha (入社) yang artinya masuk perusahaan serta spesifikasi perusahaan
  • Deskripsi pekerjaan, uraian tugas, posis/ jabatan secara rinci, jelas, dan sopan pada CV bahasa Jepang.
  • Cantumkan alasan berhenti dari pekerjaan dalam CV bahasa Jepang dan jangan lupa memberi tanda ijou 以上

#4 Tahap Menulis Keahlian:  Perlihatkan semua kemampuan anda atau komptensi yang anda miliki pada CV bahasa Jepang. Contoh: Kemampuan komputer seperti Ms.excel, Ms.Office, Internet, Toefl mendapatkan skore 600 dsb atau Lulus JLPT N1 (Noryukushiken).

#5 Tahap Menulis Bidang Skill Tambahan : silakan cantumkan yang anda sukai dan kuasai, hobi anda yang relevan dengan pekerjaan yang ingin anda lamar.

#6 Tahap Menulis Prestasi

  • Tuliskan kepintaran atau keunggulan anda dalam suatu hal, biasanya melakukan apa, prestasi, pengalaman, kemampuan yang ada dalam diri anda. Bebagai aktifitas estrakulikuler atau prganisasi  apa saja yang pernah diikuti. Aktifitasnya apa saja.
  • Silakan deskripsikan secara menarik pada CV bahasa Jepang dengan tujuan untuk menarik perhatian perusahaan yang anda lamar tersebut. Semua hal ini bisa anda cantumkan bila menemukan kolom: “自己PR/ jiko PR” yang artinya kekuatan yang ada dalam diri anda.

 

Silahkan Pilih Contoh CV Bahasa Inggris Fresh Graduate ini !

Posted: 20 Jan 2015 04:05 PM PST

Sebelum anda melangkah membuat sebuah curriculum vitae yang menggunakan versi bahasa Indonesia maupun versi contoh CV bahasa Inggris fresh graduate, ada beberapa hal yang menjadi kaidah prinsip pembuatan CV. Bagi anda yang tergolong lulusan baru ataupun yang masih minim pengalaman kerja, tidak usah kuatir karena anda masih memiliki peluang kerja yang cukup besar asalkan resume kerja anda mampu menarik perhatian pihak perusaahaan. Setidaknya anda saat ini memiliki referensi yang baik dari berbagai contoh CV bahasa Inggris yang baik dan benar.

Silahkan Pilih Contoh CV Bahasa Inggris Fresh Graduate ini !

Kredit gambar: widyadharma.ac.id

Berikut beberapa tips contoh cv bahasa Inggris yang baik :

  • Pastikan anda menguasai struktur dan pemahaman bahasa Inggris yang baik, agar ketika anda mengikuti contoh CV bahasa Inggris fresh graduate tidak asal copy paste tapi anda mampu memeriksa kembali dengan seksama
  • Menentukan pengetahuan, pengalaman, serta keterampilan seperti apa yang cocok dengan lowongan kerja yang akan anda lamar sebagaimana yang ada pada contoh CV bahasa Inggris fresh graduate . Membuat sebuah kronologis pengalaman juga kualifikasi yang bertujuan menggambarkan jika anda merupakan orang yang cocok untuk bekerja di posisi yang anda lamar.
  • Jika anda seorang lulusan baru, silakan cantumkan prestasi yang pernah anda raih dimasa lalu, dimana prestasi tersebut memiliki hubungan dengan lowongan kerja yang akan anda lamar. Pada contoh CV bahasa Inggris fresh graduate, disana anda bisa menunjukkan jika anda adalah orang yang cocok bila harus menerima tanggung jawab tersebut. Jangan lupa tambahkan kualifikasi pendidikan khususnya yang berkaitan dengan lowongan kerja yang akan anda lamar.
  • Memastikan format contoh CV bahasa Inggris fresh graduate atau resume kerja tersebut konsisten dilihat dari segi format fungsional ataupun kronologis. Tuliskan tujuan karir yang ingin anda capai serta memberikan beberpa pemikiran anda seperti apa cara anda untuk memberikan kontribusi kepada perusahaan yang Anda tengah anda lamar.

contoh CV bahasa Inggris fresh graduate yang baik anda ikuti :

Anna Joan Harahap

PERSONAL SUMMARY
A recent graduate who is currently employed assisting to source, buy and deliver
a specific range of products at the right cost, right time and the right place.
Successfully helping the company to maintain a competitive advantage over
rivals. Looking to be part of an organisation that is passionate about its products
and that offers potential for personal development and progression.
Possessing a good level of numeric skills with an eye for detail, currently looking
for a position as a graduate buyer.

ACADEMIC QUALIFICATIONS
BA (Hons) Retail Buying
Indonesia University 2012 – 2014
A levels: Maths (A) English (A) Physics (A)
Central College 2009 – 2012

WORK EXPERIENCE
Salford Accountancy Firm – Coventry

RETAIL BUYER October 2014 – Present

Involved in a hands on role that includes liaising closely with merchandisers,
suppliers and other departments to ensure that new products are accurately set up
in corporate systems and delivered according to agreed timescales.

Duties:

  • Helping to eliminate costs throughout the supply chain.
  • Updating and maintaining the supplier database.
  • Making sure there is minimum wastage and production cost targets are achieved.
  • Ensuring customer specifications are met.
  • Chasing up deliveries.
  • Responsible for product quality.
  • Promotional and pricing administration is completed efficiently and effectively.
  • Monitoring and measuring company initiatives.
  • Maintain accurate supplier billing and invoicing issues.
  • Carrying out filing and general administrative duties.
  • Developing purchasing strategies in line with corporate objectives.
  • Dealing with and resolving any invoice queries.
  • Helping to develop logistic simplification programmes.

KEY SKILLS AND COMPETENCIES

  • Ability to identify, evaluate and recommend suitable alternative sources of supply.
  • Experience of reviewing sales, forecasting stock requirements & placing re-buys.
  • Familiar with producing management reports on supplier performance.
  • Experience of working closely with merchandising & quality assurance teams.
  • Able to manage key suppliers to ensure a high level of service from them.
  • Good IT skills, specifically Excel & MS Office.
  • Effective communicator & net worker.
  • Excellent admin and organisational ability.
  • Knowledge of business principles and core values.
  • Constantly on the look out to reduce inefficiencies.

REFERENCES – Available on request.

Rahasia Agar Kesuksesan Dapat Mendarat Di Tangan Anda

Posted: 20 Jan 2015 03:20 PM PST

Tips Karir – Kesuksesan akan datang dengan sendirinya kepada mereka yang memang mempercayai bahwa kesuksesan bisa di raih dengan perjuangan. Setiap orang pastinya ingin menjadi orang yang sukses, akan tetapi sayangnya hanya sedikit orang yang tahu cara untuk mendapatkan hal tersebut.

Rahasia Agar Kesuksesan Dapat Mendarat Di Tangan Anda

Kredit gambar: blogspot.com

Apakah Anda ingin menjadi orang yang sukses? Jika jawabannya iya, maka Anda bisa membaca beberapa tips di bawah ini dengan baik guna mengetahui cara tepat meraih suatu kesuksesan yang selama ini Anda impikan, yaitu sebagai berikut:

1. Memvisualisasikannya dan mulai berpikir besar

Ketika Anda telah memvisualisasikan mimpi yang Anda miliki, maka hal tersebut akan membantu diri Anda untuk mengaktualisasikanya. Pastinya Anda pernah mendengar tentang kekuatan yang bisa dijadikan sebagai visi, bukan? Oleh karena itu, agar Anda bisa meraih suatu hal yang besar, maka Anda juga harus mencoba untuk berfikir besar.

2. Menerima kegagalan

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya kegagalan dalam hidup, namun setelah itu ada beberapa orang yang mencoba untuk bangkit dari kegagalan yang dialaminya. Oleh karena itu, jika Anda pernah gagal dalam sebuah karir, jangan pernah Anda berfikir kalau hal tersebut merupakan sebuah kemunduran bagi hidup Anda. Dan Anda harus berfikir sebaliknya. Anda harus beranggapan kalau kegagalan yang Anda alami tersebut merupakan salah satu cara untuk menunjukkan ke mana Anda harus berjalan dalam meraih mimpi Anda. Jadi, Anda harus menerima kegagalan tersebut dengan lapang dada, setelah itu teruslah menatap ke depan.

3. Menyeimbangkan hidup

Sebuah kehidupan yang seimbang akan bisa membantu Anda untuk menuju ke arah yang lebih benar dalam meraih kesuksesan. Jika hidup yang Anda jalankan seimbang, maka Anda tidak akan pernah kehilangan fokus terhadap apa yang akan Anda tuju. Setelah itu, kehidupan yang seimbang akan membantu Anda dalam meraih setiap hal yang memang tengah Anda butuhkan dalam hidup. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyeimbangkan kehidupan Anda dengan membuat beberapa prioritas.

4. Lakukan sekarang!

Jika Anda tidak melakukan hal tersebut sekarang, maka kesempatan yang ada di depan mata akan hilang begitu saja. Maka akan sangat penting bagi Anda untuk selalu menghargai waktu, serta melakukan segalanya yang disesuaikan dengan jadwal.

5. Jadilah berbeda!

Anda harus menjadi orang yang lebih inovatif, dan refleksikan hal tersebut terhadap cara Anda berfikir. Anda harus mencoba untuk selalu berfikir beda dalam meraih sesuatu dalam kehidupan Anda. Jangan pernah Anda mencoba untuk mengopi pemikiran orang lain, jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam hidup Anda. Mengapa demikian? Karena dengan Anda mengopi pemikiran orang lain, pada akhirnya Anda hanya akan menjadi follower.

Dan itulah beberapa tips tepat bagi Anda agar Anda bisa meraih kesuksesan Anda yang tertunda, dan bisa Anda raih dengan tangan Anda sendiri. Teruslah bermimpi, berjuang, dan membuktikan bahwa Anda bisa meraih mimpi Anda.

Lawan Rasa Malas Anda di Hari Senin Dengan Cara Ini!

Posted: 20 Jan 2015 03:15 PM PST

Tips Karir – Apakah Anda membenci hari Senin? Sebaliknya, seharusnya Anda harus bisa menyambut hari Senin yang Anda benci ini dengan perasaan penuh suka cita. Seni pagi yang Anda alami akan Anda rasakan jauh lebih menyenangkan, jika Anda mengetahui cara tepat untuk menikmatinya.

Lawan Rasa Malas Anda di Hari Senin Dengan Cara Ini!

Kredit gambar: www.pehtem.com

Dan berikut ini ada beberapa cara tepat bagi Anda, agar Anda bisa melawan rasa malas untuk menyambut hari Senin, yaitu sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi masalah

Pastinya Anda harus memiliki alasan mengapa Anda sangat membenci hari Senin, dan mengapa hari Senin begitu mengerikan bagi hidup Anda. Mungkin Anda memiliki masalah dengan atasan atau rekan kerja Anda di kantor, sehingga Anda merasa kalau hari Senin begitu mengerikan. Atau mungkin, Anda membenci pekerjaan yang Anda tekuni. Agar Anda bisa mengalahkan rasa malas Anda di hari Senin, maka Anda harus mengetahui akar dari masalah yang memang kerap Anda rasakan. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi rasa malas tersebut.

2. Mempersiapkan segalanya

Mungkin Anda bisa memulai untuk membuat catatan terkait beberapa tugas penting yang akan Anda lakukan untuk hari Senin. Dengan adanya satu perencanaan yang matang akan membuat diri Anda merasa lebih termotivasi untuk berangkat ke kantor di hari Senin. Bahkan Anda juga bisa melakukan hal ini untuk perencanaan hari-hari berikutnya, agar pekerjaan Anda tidak berantakan dan Anda tetap memiliki motivasi yang tinggi.

3. Menikmati akhir pekan tanpa gangguan apa pun

Pada kenyataannya, gadget telah mengambil sebagian besar waktu yang Anda miliki, terutama di akhir pekan. Agar Anda bisa memaksimalkan akhir pekan Anda, sebaiknya Anda bisa menghindari gangguan dalam bentuk apapun, misalkan seperti terlalu lama menyentuh gadget atau bahkan menyentuh pekerjaan Anda. Anda harus menjadi orang yang lebih pintar lagi dalam mengatur waktu yang Anda miliki.

4. Tidur lebih awal

Agar kondisi tubuh Anda lebih baik ketika Anda terbangun dari tidur, maka Anda harus menghindari tidur yang terlalu larut. Anda harus mencoba untuk tidur lebih awal dari biasanya dan bangun lebih awal pula, sehingga tubuh Anda akan jauh lebih segar, dan Anda akan terhindar dari rasa malas di hari Senin.

5. Ceria

Anda harus menjadi orang yang ceria. Mengapa demikian? karena sikap tersebut akan membuat mood Anda tetap terjaga serta dapat melawan rasa malas di hari Senin.

Dan itulah beberapa cara ampuh bagi Anda yang memang sering merasa malas di hari Senin, Anda bisa melakukan beberapa hal di atas agar rasa malas yang Anda rasakan bisa semakin berkurang. Ingat, jika memang Anda memiliki niat yang kuat untuk melakukan suatu hal, maka tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi. Semuanya tergantung pada diri dan niat Anda yang sungguh-sungguh. Semoga berhasil!

Waspadalah! 5 Hal Ini Dapat Menghancurkan Karir Anda

Posted: 20 Jan 2015 03:10 PM PST

Hal yang Menghancurkan Karir – Ada beberapa hal yang pastinya bisa merusak karir Anda, diantaranya yaitu kinerja Anda yang semakin hari semakin memburuk, berteriak kepada atasan Anda, sampai mencuri uang perusahaan. Namun, selain hal-hal tersebut, ada juga hal yang memang tanpa Anda sadari bisa membahayakan posisi Anda di perusahaan. Lantas, apa saja hal yang bisa menghancurkan perjalanan karir? Dan berikut ini ada beberapa hal yang menghancurkan karir Anda:

Waspadalah! 5 Hal Ini Dapat Menghancurkan Karir Anda

Kredit gambar: health.detik.com

1. Bertahan pada satu pekerjaan saja

Tidak ada salahnya jika Anda mencintai pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. namun ingat, Anda jangan pernah terjebak pada satu pekerjaan saja, terutama jika Anda masih memiliki kesempatan untuk terus berkembang. Ketika Anda bertahan di dalam satu  pekerjaan, itu sama saja dengan Anda membatasi kemampuan yang selama ini Anda miliki tanpa Anda kembangkan.

2. Pandai pada pekerjaan yang tidak disuka

Umumnya, jika Anda semakin pandai melakukan hal tertentu, maka semakin sering pula Anda akan diminta untuk mengatasi persoalan tersebut. Walaupun Anda tidak harus melakukan pekerjaan tersebut dengan hasil yang buruk, namun Anda juga tidak perlu untuk bersusah payah terlihat pandai ketika Anda melakukan pekerjaan yang memang tidak Anda sukai. Lakukanlah hal yang sewajarnya sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, jangan pernah memaksakan diri jika memang Anda tidak mampu melakukannya.

3. Diam saat tak setuju dengan atasan

Anda jangan hanya berdiam diri dan patuh terhadap ide yang memang diajukan oleh atasan Anda. Walaupun Anda hanya seorang karyawan, namun Anda tetap memiliki hak untuk mengutarakan pendapat yang Anda miliki. Jika Anda hanya selalu setuju akan ide yang dimiliki oleh atasan atau rekan kerja Anda, maka semakin lama Anda akan semakin terpaksa ketika Anda harus melakukan sesuatu yang diperintahkan oleh atasan, padahal jelas Anda tidak menyukainya. Oleh karena itu, jika Anda tidak setuju dengan ide tersebut, Anda bisa menentangnya, namun Anda juga harus mengutarakan ide yang jauh lebih baik, atau utarakan alasan yang tepat mengapa Anda tidak setuju dengan ide tersebut.

4. Merekomendasikan teman di tempat bekerja

Membantu teman Anda untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang sama dengan tempat Anda bekerja memang merupakan satu hal yang baik. Namun satu hal yang harus Anda tahu, merekomendasikan seseorang juga bisa mengancam posisi Anda di perusahaan tersebut. Mengapa demikian? Karena, jika performa teman Anda nyatanya tidaklah baik, maka Anda akan dianggap sebagai seseorang yang kurang kompeten dalam menilai kemampuan yang dimiliki oleh orang lain, jelas itu sangatlah buruk.

5. Absen di setiap acara sosial perusahaan

Walaupun Anda kurang menyukai berkumpul dengan banyak orang, namun Anda harus mencoba untuk hadir sesekali di acara sosial yang diadakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Dimisalkan perayaan ulang tahun atau perayaan lainnya. Satu hal yang harus Anda ingat, membangun hubungan sosial merupakan satu langkah awal untuk Anda mengembngkan jaringan dan karir Anda.

Dan itulah beberapa hal yang memang bisa menghancurkan karir Anda saat ini. Oleh karena itu, agar karir Anda tidak hancur dan semakin berkembang, jangan sampai Anda melakukan hal-hal tersebut!

Pertimbangkan Perubahan karir Anda Dengan 5 Tips Ini!

Posted: 20 Jan 2015 03:05 PM PST

Tips Perubahan Karir – Apakah Anda pernah merasa, kalau Anda bisa melakukan hal yang lebih baik daripada karir yang tengah Anda jalankan saat ini? Selain itu, apa pernah Anda merasa kalau ada pekerjaan di luaran sana yang sesuai dengan kemampuan serta minat Anda? Namun sayang, banyak diantaranya orang-orang yang merasakan hal lain, bahkan banyak juga mereka yang bertahan serta merasa kalau mengubah karir bukanlah satu keputusan yang tepat.

Pertimbangkan Perubahan karir Anda Dengan 5 Tips Ini!

Kredit gambar: ikhtisar.com

Merubah karir merupakan salah satu pilihan yang tidak mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. Selain itu, meninggalkan karir yang tengah dijalankan demi sebuah karir yang memang belum tentu jelas bisa membuat sebagian besar orang mundur demi suatu kenyamanan. Akan tetapi, ada beberapa alasan yang memang mengharuskan Anda untuk mengubah jalan karir Anda. Dan jika Anda memiliki beberapa alasan di bawah ini, maka kemungkinan besar Anda layak untuk mempertimbangkan perubahan karir Anda, berikut ini alasan yang mengharuskan Anda mengubah karir Anda:

1. Ini adalah pekerjaan ‘terpaksa’

Bagi sebagian besar orang, karir atau pekerjaan yang saat ini tengah dijalani bukanlah sebuah pekerjaan yang mereka pilih. Bisa saja ada seseorang yang membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Atau bahkan mereka mendapatkan pekerjaan tersebut hanya bermodalkan skill standar yang mereka miliki, namun mereka tak mampu membayangkan harus melakukan pekerjaan tersebut selama 20 tahun lagi.

Jika pekerjaan yang saat ini dijalani hanya Anda jadikan sebuah batu loncatan, atau Anda melakukannya guna kesibukan sementara untuk membayar tagihan, serta tak ada sangkut pautnya dengan hal yang selama ini ingin Anda kejar, maka sebaiknya Anda mulai untuk mempertimbangkan perubahan karir Anda. Anda bisa mencari tahu minat Anda dalam bekerja dengan jelas, setelah itu baru sesuaikan dengan kemampuan atau skill yang selama ini Anda miliki. Dan setelah itu, Anda akan menemukan bayangan pekerjaan yang selama ini Anda inginkan di dalam benak Anda, dan itulah yang sebaiknya Anda kejar.

2. Perubahan hidup memunculkan ketertarikan baru

Tidak jarang perubahan yang besar di dalam hidup dapat mengubah segalanya dalam diri Anda. Dimulai dari perspektif, cara pandang Anda, kehidupan Anda, atau bahkan hal yang Anda prioritaskan. Hal ini merupakan alasan yang tepat untuk Anda memulai mengevaluasi lagi pilihan Anda, termasuk terhadap karir yang Anda geluti. Ingat! Anda tidak perlu menunggu menikah atau memiliki Anda untuk Anda mengevaluasi karir Anda. Dan bisa saja beberapa hal yang Anda temui sehari-hari bisa menjadi salah satu infirasi yang baru guna membuat bisnis sendiri atau banting setir ke pekerjaan lain.

3. Pekerjaan di bidang Anda memburuk

Prospek di bidang tertentu pastinya akan menjadi lebih buruk jika ada bidang lain yang memang lebih maju serta berkembang dari bidang tersebut. Dan hal ini bisa terjadi kapan saja. Jika prospek pekerjaan di bidang yang Anda geluti pada awalnya menjanjikan, dan semakin lama semakin memburuk, maka sebaiknya Anda dapat mengubah jalur karir Anda. Anda harus memperhatikan bidang kerja yang memang sesuai dengan kemampuan serta minat Anda, akan tetapi Anda jangan lupa untuk selalu memperhatikan prospek pekerjaan tersebut untuk waktu kedepannya.

4. Pikirkan bidang baru

Bersamaan dengan prospek pekerjaan yang semakin hari semakin menurun, bukan tidak mungkin jika nanti akan muncul bidang baru yang memang sesuai dengan perkembangan zaman. Dan saat ini, banyak isu yang beredar terkait lingkungan hidup, global warning, dan teknologi semakin memanas. Apakah saat ini Anda melihat diri Anda sebagai seorang pionir untuk bidang-bidang yang akan semakin berkembang ini? Dan jika hal ini ada di benak Anda, maka Anda jangan pernah ragu untuk mulai mengembangkan bidang baru dengan kemampuan yang Anda miliki.

5. Pekerjaan tak menawarkan nilai yang Anda inginkan

Nilai dasar yang pastinya dimiliki oleh seseorang yaitu kepercayaan, dan hal tersebut sangat penting dimiliki untuk menjadi panduan dalam kehidupan. Dan nilai dasar ini bisa berkaitan terhadap kepemimpinan, stimulasi intelektual, dan lainnya. Anda bisa mencoba menanyakan kepada diri Anda sendiri, nilai-nilai apa yang selama ini Anda miliki? Apakah pekerjaan yang Anda geluti saat ini sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki? Apakah pekerjaan ini dapat membawa hidup Anda ke arah yang lebih menjanjikan? Jika jawabannya tidak, maka Anda bisa mengubah karir Anda dari sekarang.

Memang benar, mengubah karir serta memilih pekerjaan lain merupakan satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan, dan hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan ceroboh atau terburu-buru. Butuh persiapan yang matang untuk melakukannya. Sebelum Anda banting setir, maka sebaiknya Anda evaluasi terlebih dahulu kemampuan serta kekuatan yang Anda miliki, setelah itu baru Anda banting setir.

Cara Tepat Menyeimbangkan Karir Dengan Kehidupan Pribadi

Posted: 20 Jan 2015 03:00 PM PST

Menyeimbangkan Karir dan Kehidupan Pribadi – Tanpa kita sadari, banyak diantaranya orang-orang yang bekerja melebihi dari jadwal kerja mereka. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki semangat yang tinggi dalam bekerja, dan akhirnya waktu untuk diri sendiri semakin berkurang. Padahal perlu Anda ketahui, bahwa tubuh serta fikiran Anda pastinya membutuhkan ruang yang tepat untuk bersantai agar kondisi tubuh Anda tetap terjaga. Bekerja memang merupakan satu hal yang penting untuk kehidupan, sama halnya dengan kehidupan pribadi Anda. Akan tetapi, Anda harus mampu menyeimbangkan kedua hal tersebut, walaupun Anda rasa sangat sulit. Agar Anda bisa menyeimbangkannya, maka Anda bisa mengikuti panduan tepat menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi Anda, yaitu sebagai berikut:

Cara Tepat Menyeimbangkan Karir Dengan Kehidupan Pribadi

Kredit gambar: bisnis.liputan6.com

1. Menulis kegiatan

Langkah awal yang harus Anda perhatikan yaitu, Anda bisa membuat catatan terkait segala hal yang memang akan Anda lakukan. Dan setelah itu, Anda bisa mencoba untuk memeriksa semua kegiatan yang memang telah Anda rencanakan dan telah Anda catat. Dari sanalah Anda akan tahu, apakah waktu yang Anda miliki lebih banyak di gunakan untuk bekerja atau malah untuk bersantai. Anda harus bisa mengutamakan kegiatan yang memang Anda rasa penting, dan Anda bisa mengubah aktivitas yang memang dirasa tidak begitu penting bagi Anda namun bisa menyita banyak waktu Anda.

2. Evaluasi

Anda harus melakukan evaluasi terhadap pekerjaan Anda. Lihatlah, apakah selama ini kinerja Anda telah maksimal atau tidak? Jika Anda banyak menemukan hal yang tidak berkembang di dalam diri Anda, maka itu artinya Anda kurang nyaman dengan pekerjaan tersebut. Daripada Anda melakukan kegiatan yang memang membuat Anda kurang nyaman, maka sebaiknya Anda mencari hal lain yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Dengan begitu, ketika bekerja Anda akan merasa senang tanpa merasa memiliki beban.

3. Kesehatan

Coba Anda fikirkan lagi, apa selama ini Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat serta untuk berolahraga? Jika jawabannya tidak, itu artinya Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda di kantor. Anda harus bisa meluangkan waktu yang Anda miliki untuk merilekskan tubuh serta fikiran Anda. Jika tubuh Anda tidak sehat, maka Anda tidak akan bekerja dengan maksimal.

4. Ubah rutinitas

Jika selama ini Anda terbiasa untuk tidur larut dan bangun lebih siang, maka sebaiknya Anda mengubah kebiasaan tersebut. Anda harus mencoba untuk tidur serta bangun lebih awal dari biasanya. Hal tersebut selain bisa membuat tubuh serta fikiran Anda menjadi lebih segar, Anda juga memiliki waktu yang lebih untuk mempersiapkan segalanya. Setidaknya dengan bangun lebih awal, Anda bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari, memasak untuk sarapan Anda, atau menonton televisi untuk merilekskan fikiran Anda, dan setelah itu barulah Anda berangkat ke kantor untuk bekerja.

5. Kelola jadwal dengan baik

Selama ini Anda menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk yang diberikan oleh atasan Anda. Maka Anda harus bisa menentukan jadwal untuk bersenang-senang, hal tersebut perlu Anda lakukan guna menghilangkan kejenuhan dalam bekerja. Weekend merupakan salah satu waktu yang tepat dimana Anda bisa melakukan kegiatan pribadi Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menggunakan waktu tersebut sebaik mungkin.

Perlu Anda ingat, Anda bisa bekerja dengan baik jika keadaan tubuh serta fikiran Anda ada dalam kondisi yang fit. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi Anda, sebab kedua hal tersebut merupakan hal yang saling mendukung.

Tips Pakaian yang Sesuai untuk Wawancara Kerja

Posted: 20 Jan 2015 02:30 PM PST

Memakai pakaian untuk wawancara kerja itu tidak sembarangan,karena setiap bidang harus memakai pakaian yang sesuai. pada kali ini saya akan membahas tips pakaian yang sesuai untuk wawancara kerja.

Ketika Wawancara kerja Anda harus menggunakan pakaian yang sesuai dengan bidang pekerjaan apa yang akan Anda hadapi. Dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan bidang pekerjaan dapat merubah imej Anda di depan perusahaan yang dilamar. Dimulai dari perusahaan di bidang profesional hingga industri kreatif. masing-masing mempunyai tipikal yang berbeda. ini dia pakaian yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda:

1. bidang media
Ketika Anda melamar kerja ke sebuah perusahaan media, Anda dapat menggunakan pakaian yang santai namun terlihat sopan, layaknya di bank atau perusahaan profesional yang lain. namun bukan berarti anda dapat menggunakan jeans di waktu interview kerja.Sebaiknya Anda  jatuhkan pilihan pada style kasual, contohnya : kemeja serta trouser.

2. bidang hukum serta keuangan
Jika Anda memperoleh panggilan interview dari perusahaan di bidang hukum atau finance, Sebaiknya Anda terlihat profesional. gabungan style klasik dengan setelan blazer warna gelap serta kemeja warna basic akan terlihat lebih bagus. sedangkan untuk rambut, tentukan tatanan yang konvensional. Untuk wanita anda dapat mengikatnya kebelakang supaya tampak rapi.

3. industri fashion
Anda dapat berpenampilan fashionable jika melamar di industri fashion, tetapi jangan memakai jeans, maupun pakaian yang terlalu terbuka. anda dapat bermain dengan motif serta warna, tetapi harus terlihat cocok. tentukan  saja satu warna terang atau motif didalam satu penampilan. kuncinya yaitu Anda terus tampak profesional meskipun berpenampilan kasual.

4. bidang pendidikan
Jika  Anda melamar ke lembaga pendidikan yang terkait dengan anak-anak layaknya sekolah maupun free school, Anda membutuhkan penampilan kesan dewasa serta pandai. karenanya hindari penggunaan rok mini ketat, atau pakaian yang berpotongan rendah. sebaiknya menggunakan atasan ruffle warna pastel serta rok midi untuk Anda para perempuan, disamping itu gunakan sepatu ber hak rendah serta tambahan aksesories yang minimalis supaya terkesan simpel.

Tips Pakaian yang Sesuai untuk Wawancara Kerja

kumpulan.info

5. Bank
Ketika waktu wawancara kerja di bank, Anda harus tampak cantik, profesional serta tampak meyakinkan. Anda dapat menggunakan blazer, kemeja, serta rok midi atau rok mini (namun tidak terlalu pendek) dengan warna seirama untuk kesan resmi. Namun untuk aksesories, cukup Anda gunakan belt kecil serta sepatu dengan hak yang tidak terlampau tinggi.

6.BUMN serta PNS
melamar ke sebuah  lembaga pemerintahan, menuntut Anda untuk tampak profesional tetapi tampak simpel. karenanya pastikan pakaian yang Anda guanakan konvensional dengan kemeja putih serta setelan blazer hitam maupun abu-abu.

7. industri kreatif
Ketika Anda melamar ke sebuah industri kreatif, untuk menjadikan kesan profesional, Anda dapat memakai dress serta tambahan ikat pinggang kecil saat wawancara kerja di industri kreatif layaknya agency, advertising maupun public relation. disamping itu, atasan peplum serta rok pensil akan menambah Anda tampak menarik dan lebih terlihat rapi.

Itulah sedikit tips pakaian yang sesuai ketika wawancara kerja, semoga ini dapat menjadi inspirasi dan pengetahuan untuk Anda. Semoga sukses!

7Hal yang Dapat Mengganggu interview kerja

Posted: 20 Jan 2015 02:30 PM PST

ketika Anda akan melamar kerja mungkin Anda sudah mempunyai sebuah rencana akan bekerja di perusahaan apa dan dimana,dan setelah melamar mungkin Anda akan mendapat panggilan kerja untuk tes interview.

Pastikan sebelum Anda wawancara sebaiknya Anda sudah belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai pertanyaan yang mungkin akan dilontarkan oleh para pewawancara, dan mempersiapkan mental Anda dalam menghadapi kemungkinan untuk diterima atau ditolak. Namun proses belajar ini harus membutuhkan waktu yang banyak untuk berlatih.Anda akan sangat mudah terjebak dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara sehingga dapat membuat Anda bingung untuk menjawab pertanyaan itu.
dan pada kesempatan kali ini saya akan membantu Anda untuk menghindari beberapa hal yang dapat membuat interwiew kerja gagal.

7Hal yang Dapat Mengganggu interview kerja :

1.Menunjukan bahasa tubuh yang mengganggu.
Ada beberapa bahasa tubuh yang terlihat mengganggu seperti duduk bersandarpada bahu kursi, karena hal itu dapat membuat Anda akan terlihat malas. Sedangkan duduk terlalu maju juga dapat membuat Anda terlihat lebih agresif. Sebaiknya Anda duduk dengan posisi yang benar, jangan melipat tangan Anda atau memutar-mutar rambut Anda dan menggigit jari kuku tangan Anda saat Anda sedang merasa gugup. Anda harus memperhatikan setiap kata yang telah dilontarkan oleh pewawancara sehingga mereka dapat membaca keseriusan dan ketertarikan kita terhadap perusahaan itu.
2. Jangan pernah Anda menceritakan keluhan Anda kepada pihak pewawancara meskipun Anda harus berhadapan dengan jalanan yang macet atau cuaca yang buruk pada saat Anda akan melaksanakan wawancara, Usahakan jangan sampai Anda dinilai salah oleh pewawancara.
3. Datang terlambat
Manager dan para staffnya memiliki kesibukan yang sangat tinggi, oleh karena itu jangan sampai Anda membuang waktu mereka karena menunggu Anda untuk wawancara kerja. Karena HRD akan menolak calon pewawancara kerja yang memiliki masalah keterlambatan.
4.. Menceritakan kehidupan pribadi Anda secara berlebihan
Sudah seharusnya Anda mencerikan atau memberikan informasi Anda dengan detil, namun sesuaikan dengan prtanyaan yang diajukan oleh pihak pewawancara. Patikan Anda tidak menceritakan terlalu jauh sehingga mengganggu proses berjalannya wawancara.

7Hal yang Dapat Mengganggu  interview kerja

www.loker.web.id

5. Tidak melontarkan pertanyaan
Sebaiknya Anda berusaha melontarkan pertanyaan kepada pewawancara pada saat wawancara, jangan hanya diam saja, karena mungkin saja pihak perusahaan akan mengganggap bahwa Anda tidak serius menjalani sesi ini. Dengan bertanya akan menunjukan bahwa Anda telah melakukan riset mengenai perusahaan dan posisi yang Anda lamar itu.
6.Mengatakan hal yang tidak pantas
Banyak cara yang ,membuat perkataan Anda terlihat kurang pantas dihadapan pewawancara yang mungkin tidak Anda sadari. Sebaiknya Anda perhatikan reaksi pewawancara jika mereka kaget dengan perkataan yang Anda lontarkan,maka segeralah Anda untuk meminta maaf kepada pewawancara dan mencoba memperbaiki kesalahan Anda.
7.Menceritakan keburukan atasan atau perusahaan terdahulu
Jangan pernah Anda menceritakan keburukan perusahaan Anda terdahulu atau atasan Anda walaupun hanya sesekali saja.Hal ini akan menimbulkan kekhawatiran dari pihak perusahaan tempat Anda melamar karena takut pada suatu saat nanti mungkin Anda akan menjelekan perusahaan tersebut sama seperti Anda menceritakan keburukan Perusahaan Anda dulu bekerja.Selain itu mereka akan segera tahu bahwa Anda bukanlah tim yang baik. Jika ini terjadi maka ada kemungkinan besar Anda tidak akan diterima kerja.

itulah diantaranya 7hal yang dapat membuat wawancara Anda gagal, Semoga setelah Anda membaca artikel ini Anda tidak akan mengalami sebuah kegagalan pada interview kerja, Selain itu teruslah latih kemampuan Anda sebelunya dan terus percaya diri.
Semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment