Thursday, January 29, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Rahasia Lulus Interview Kerja Dibalik Mitos Aroma Bunga

Posted: 29 Jan 2015 04:35 PM PST

Banyak riset yang meragukan teori bahwa lingkungan mempengaruhi gaya hidup seseorang, padahal yang sebenarnya adalah manusia yang memberikan pengaruh pada lingkungan. Manusia yang menciptakan lingkungan bukan sebaliknya, ujar Jeanette Haviland – Jones dari Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat.

Rahasia Lulus Interview Kerja Dibalik Mitos Aroma Bunga

Kredit gambar: akikaseb.blogspot.com

Sejak beberapa tahun kebelakang, banyak peneliti yang memberi kesimpulan bahwa aroma tubuh atau harum ruangan bisa mempengaruhi suasana hati seseorang, utamanya di ruang kerja. Hal ini disebabkan aroma yang segar mampu membangkitkan semangat serta motivasi kerja seseorang.

Kemudian untuk membuktikannya, Haviland-Jones menghelat penelitian dan melibatkan sebanyak 59 mahasiswa. Para peneliti menyemprotkan parfum klasik Chanel No.5 dan Johnson & Johnson yang populer dengan aroma lembut khas bedak nan harum. Kemudian, seluruh 59 responden diminta menulis mengenai sebuah kejadian yang baru saja berlalu dan yang akan mereka hadiri di waktu mendatang. Selanjutnya, mereka diminta untuk pindah ruangan tanpa pewangi dan melakukan tugas serupa.

Hasilnya, tulisan para responden yang dikerjakan di ruang berpewangi, lebih banyak mengandung tulisan positif menggunakan kata-kata yang menandakan optimisme. Lalu, tulisan responden yang dikerjakan di ruang tanpa pewangi, ditemukan lebih datar, kurang bersemangat, dan tidak menunjukkan sikap percaya diri. Alhasil, Haviland – Jones menyimpulkan bahwa aroma berpengaruh pada semangat dan penilaian pihak lain.

Selain itu, Haviland – Jones juga merangkum hasil penelitian bahwa wewangian bisa memberikan dampak baik saat melakukan wawancara. Sebab, berdasarkan penelitiannya, calon karyawan yang mengenakan wewangian beraroma bunga terlihat lebih mampu, percaya diri, dan lancar dalam rangkaian pertanyaan. Sebaliknya, hal yang sama tidak ditemukan pada calon karyawan yang tidak mengenakan parfum.

Karir Bisa Menanjak Tergantung Pasangan Anda, Benarkah?

Posted: 29 Jan 2015 04:25 PM PST

Pada sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh Association for Psychological Science menganalisis karakteristik pasangan yang telah menikah. Tujuan penelitian ini tidak lain untuk mengetahui ciri kepribadian apa yang dimiliki pribadi seseorang dengan pasangannya yang dapat mendongkrak prestasi kerja. Bagi pegawai kantoran, mendapatkan promosi jabatan serta kenaikan gaji merupakan impian sekaligus prestasi yang membanggakan. Nyatanya, disamping kemampuan dan kecerdasan, karakteristik pasangan juga memengaruhi kinerja anda di tempat kerja, qo bisa?.

Karir Bisa Menanjak Tergantung Pasangan Anda, Benarkah

Kredit gambar: molto.co.id

Metode penelitian yang digunakan yakni peneliti mengumpulkan data dari 4.554 orang responden yang telah menikah minimal selama lima tahun. Dalam tahun pertama pernikahan, para partisipan melaporkan bagaimana mereka menilai kepribadian seperti ketelitian, neurotisme, keramahan, keterbukaan pasangan. Selanjutnya, untuk empat tahun berikutnya, mereka melaporkan kepuasaan mereka terhadap pekerjaan, pendapatan, dan promosi jabatan.

Kemudian peneliti mencoba mencari tahu tentang ciri kepribadian apa sebenarnya yang paling berkaitan erat dengan kesuksesan dalam pekerjaan. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketelitian paling terkait dengan kesuksesan kerja. Hasil ini dilaporkan oleh peneliti, partisipan yang memiliki pasangan yang teliti memiliki kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan dan pendapatan mereka.

Beberapa kesimpulan lain, dimana partisipan yang memiliki pasangan yang teliti lebih mempunyai kesempatan yang lebih tinggi untuk naik jabatan. hal ini berdasarkan fakta yang menyatakan bahwa mereka yang mengaku sebagai orang yang teliti ditemukan memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap pekerjaan serta pendapatan mereka. Pada akhirnya, mereka lebih mempunyai peluang besar naik jabatan.

Selain itu, untuk partisipan yang cenderung mempunyai sifat ekstrover, ramah juga teliti dilaporkan memiliki kepuasan yang tinggi terhadap pekerjaan mereka. Tapi menurut para peneliti, kunci sukses sebagai karyawan ialah bagi yang mempunyai prinsip dan tidak selalu setuju dengan atasan yang sarannya bisa merugikan perusahaan, karena orang yang selalu nurut dan berkata "ya" malah lebih sulit untuk naik jabatan.

Jadi Pramugari Pakai Hijab, Apa Bisa?

Posted: 29 Jan 2015 04:15 PM PST

Menjadi pramugari seakan masih menjadi primadona buat wanita yang ingin berkarir, bila dilihat dari luar menjadi seorang pramugari seakan menyenangkan bahkan dengan seragamnya menawan dan eksklusif menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wanita di dunia sehingga terkesan glamour. Bagaimana tidak, ia bisa bekerja sambil keliling dunia bahkan tidak mengeluarkan banyak budget sebagaimana turis lainnya.

Jadi Pramugari Pakai Hijab, Apa Bisa

Kredit gambar: flyroyalbrunei.com

Bicara tentang seragamnya yang biasa dikenakan pramugari, pada umumnya merupakan padu padan kemeja dan rok pensil ketat juga tidak ketinggalan aksesori syal yang ditata di area leher. Nah, jika begini bagaimana dengan kaum perempuan muslim yang terbiasa mengenakan hijab? Apakah mereka mempunya kesempatan untuk menjadi seorang pramugari tanpa harus menanggalkan tata busana sesuai dengan keyakinannya itu?

Marintan, pramugari pada sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Saudi Arabia, sekaligus Founder dari forumpramugari.com mengatakan bahwa pertanyaan tersebut merupakan isu yang pelik. Sebagaimana dalam acara Seminar Binus Onlie Learning yang dielenggaran dan bekerja sama dengan Forum Pramugari , membahas teman ”How To Be A Cabin Crew”. Lanjut Maritan “Tergantung maskapai penerbangan dan komitmennya untuk menajdi pramugari atau tidak,” jawab Marintan.

Sayangnya, pemberlakuan mengenakan seragam yang disesuaikan dengan syariat Islam, masih terbatas dan belum berpihak pada kaum perempuan muslim. Disamping itu, Ia menjelaskan bahwa masih banyak teman sesama profesinya yang tetap berhijab lepas bertugas di pesawat. Aturan seragam pramugari berhijab ini agaknya masih sedikit "tabu" bagi banyak maskapai. Pilihannya sulit memang, sebagaimana Marintan menjelaskan bahwa satu hal yang paling penting dan utama para kandidat wanita ingin yang mencalonkan diri atau melamar pekerjaan sebagai seorang pramugari ialah harus bersedia mengenakan seragam sesuai ketentuan dari masakapai tersebut.

Kemudian ia mengatakan, meskipun maskapai dari negara-negara timur tengah sekalipun, tak juga memberlakukan seragam yang tertutup untuk para pramugarinya. “Contohnya Emirates, betis pasti terlihat, dan rambut ketika di kabin akan terlihat, karena topi dibuka” Ujarnya. Marintan menjelaskan jika perempuan berhijab yang masih ingin terus mengejar mimpinya dengan tetap menggunakan jilbab, hanya ada dua pilihan. “Pilihannya cuma dua, di maskapai Saudi Arabia, atau di carteran haji,” tuturnya. “Sebab seragam itu adalah bagian dari image maskapai tersebut. Ada alasan mengapa maskapai penerbangan memberlakukan aturan seragam,” Pungkasnya.

Jangan Kuatir, Ada Kesempatan Jadi Pegawai Tetap Buat Tenaga Outsourcing!

Posted: 29 Jan 2015 04:05 PM PST

Saat ini sistem outsourcing seakan menjadi pilihan berita buruh kali ini. Sebagaimana  dalam undang-undang ketenagakerjaan, secara hukum dikenal 2 (dua) macam Pekerja yaitu Pekerja Kontrak (PKWT) dan Pekerja Tetap atau Pekerja PKWTT/Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu. Pekerja kontrak atau outsourcing sering disebut Pekerja PKWT, maksudnya Pekerja dengan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu.

Jangan Kuatir, Ada Kesempatan Jadi Pegawai Tetap Buat Tenaga Outsourcing!

Kredit gambar: solopos.com

Menjadi karyawan outsourcing bukan berarti karier anda akan jalan di tempat dan tidak ada harapan. Sebab, ada beberapa alasan yang dapat memengaruhi seorang pegawai outsourcing agar bisa diangkat menjadi pegawai tetap, atau diberikan hak yang hampir sama dengan perusahaan layaknya pegawai tetap.

Menurut Kerry Nurrakhma, salahsatu praktisi didunia tenega kerja sekaligus Direktur PT Sandi Jasa Estika sebagai perusahan yang bergerak dalam penyalur tenaga kerja outsourcing yang telah berdiri semenjak tahun 2003 silam, menuturkan bahwa peluang pegawai outsourcing sama besarnya dengan pegawai kontrak untuk menjadi pegawai tetap. lanjutnya, pengalaman kerja dari seorang pegawai outsourcing juga menjadi pertimbangan. Semakin piawai dalam menjalankan tugasnya, maka akan semakin disukai dan diapresiasi oleh perusahaan.

Ada beberapa pertimbangan yang biasa menjadi perusahaan sehingga dirasa layak untuk diangkat menjadi pegawai tetap. Salah satunya ialah sikap rajin, tekun bekerja atau tekun. Ini adalah hal utama yang memengaruhi penilaian dalam perubahan status dan pengangkatan sebagai pegawai tetap. Disamping itu keinginan pegawai outsourcing untuk terus maju, yang salah satunya ingin meningkatkan jenjang pendidikan. Sebab, tak jarang, pegawai outsourcing yang belum puas dengan kedudukannya memutuskan untuk melanjutkan jalur pendidikan demi perbaikan laju karier.

Hal ini membuka peluang besar bagi pegawai outsorcing untuk naik jabatan atau diangkat menjadi pegawai tetap. Tidak jarang ketika seorang pegawai outsorcing yang disalurkan perusahaan jasa outsourcing ke perusahaan memperoleh kemajuan karier karena menerapkan hal-hal yang disebutkan di atas. Jadi, jangan pernah berkecil hati atau menyerah ketika anda harus menjadi pegawai outsourcing. Sebaliknya, teruslah berkeinginan untuk maju dengan meningkatkan kualitas dalam diri anda.

Ciri Lamaran Kerja via Email Anda Bakal Diterima

Posted: 28 Jan 2015 07:59 PM PST

Dewasa ini, kecenderungan perusahaan membuka rekruitmen tenaga kerja lebih menyukai pengiriman lamaran kerja via email atau online. Bahkan terkadang perusahaan hanya menyediakan alamat email perusahaannya saja, agar pelamar kerja cukup mengirimkan ke email tersebut. Hal ini tak lepas dari kemudahan serta kecepatan proses pingiriman lamaran kerja sebagai bagian pemanfaatan teknologi Informasi yang semakin berkembang. Dengan demikian pelamar kerja pun harus melakukan penyesuaian, setidaknya mengetahui cara melamar kerja via email atau mengirim lamaran kerja online.

Ciri Lamaran Kerja via Email Anda Bakal Diterima

Kredit gambar: careernews.web.id

Berikut ciri lamaran kerja via email akan diterima dengan baik oleh recruiter (HR) :

  •  Membuat Judul email. Silakan tulis judul lamaran kerja via email anda dengan jelas dan singkat contohnya: "Melamar kerja untuk Accounting Staff". Sehingga pihak recruiter yang menerima email anda dapat dengan cepat mengetahui maksud dari email anda. Namun diantaranya ada beberapa perusahaan yang sudah menentukan judul email yang akan dipakai, misalnya ‘Accounting’ atau dengan subject kode ‘ACC’.  Nah, bilamana anda menemukan permintaan seperti ini, disarankan untuk mengikuti ketentuan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.
  • Membuat cover letter. Sebagaimana kebiasaan baku dalam mengirimkan lamaran kerja lewat Pos,  begitu juga dengan megirimkan lamaran kerja via email cover letter berfungsi sebagai pembuka komunikasi, maka isi surat lamaran ditulis dibagian body email.
  • Melampirkan CV atau resume kerja. Sebaiknya dibuat dengan file tersendiri yaitu sebagai lampiran email anda.  Sebaiknya tidak menulis CV kerja pada body email, sebab bisa menjadikan surat lamaran kerja tidak enak dibaca. Selain itu pastikan bahwa isi CV kerja anda memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.
  • Membuat file lampiran. Jika dalam iklan lowongan kerja memintan beberapa dokumen seperti ijasah, transkrip dan lainnya, sebaiknya jenis file yang boleh anda kirim dalam format .doc, pdf atau .txt. Tapi jika perusahaan tidak meminta jenis file yang dikirim, lebih baik menggunakan file .doc. Disamping itu, sebelum anda mengirimkan lamaran kerja via email periksa dahulu ukuran filenya, usahakan ukuran file termasuk foto kurang dari 500 KB. Lebih baik lagi jika file yang dikirim di zip, sehingga kapasitas filenya lebih rendah dan mempengaruhi kecepatan disaat mendownload.  Terkadang recruiter enggan menyortir dan men-download file yang terlalu berat karena menyita waktu, padahal lamaran kerja yang masuk tidak sedikit bisa sampai ratusan.
  • Tes dan cek. Sebelum anda mengirimkan email ke perusahaan yang dituju, sebaiknya anda menguji coba dulu mengirim email ke beberapa email anda yang lain atau email teman. Hal ini untuk memastikan bahwa email dan file lampirannya terkirim dengan baik, jika ada kesalahan pun masih bisa diperbaiki atau terlanjur dikirimkan yang bisa berakibat fatal.

Inilah Profesi yang Membantu si Pemalu Menjadi Maju

Posted: 28 Jan 2015 06:21 PM PST

Rasa malu tentu berbeda dengan pemalu, kecenderungan dari si pemalu ialah menjadi orang yang tertutup kepada orang lain juga mudah mengkritik diri sendiri atas kesalahan yang anda perbuat dalam arti kata mudah merasa bersalah. Negatifnya, si pemalu juga merupakan orang yang terkadang pesimis bahkan rendah diri terhadap lingkungan sekitar hingga menganggap orang lain terasa memiliki kemampuan lebih daripada anda. Tidak bisa ditapik kalau yang memiliki karakteristik pemalu  cenderung sulit memilih profesi yang akan ditekuni-nya. Bagi anda yang menjadi pemalu kiranya dapat menjadi hambatan dalam menentukan karir anda.

Inilah Profesi yang Membantu si Pemalu Menjadi Maju

Kredit gambar: rahasiaotakjenius.blogspot.com

Jangan kuatir, buat anda yang pemalu masih banyak profesi yang diyakini bisa membantu tanpa harus memaksa anda dan bersusah payah keluar dari zona malu anda. Selain itu, profesi ini dianggap mampu  mengeksplorasi sikap malu anda yakni bekerja tanpa harus dituntut kemampuan berkomunikasi level maxi juga berhadapan dengan banyak orang seperti halnya customer service, public realation ataupun marketing.

Alternatif profesi yang bisa ditekuni si pemalu sebagian besar bersifat analitik, perancangan, ataupun keuangan yang tidak memerlukan ekspresi tubuh berlebihan. Pekerjaan ini mampu mengarahkan anda bekerja secara individual, kalaupun berhubungan dengan orang lain hanya bersifat koordinasi atau menerima perintah saja. Ini adalah beberapa profesi yang bisa menjadi pilihan dan alternatif anda yang merasa menjadi pemalu :

  • Akuntan. Menjadi seorang akuntan akan dituntut akurasi yang sangat tinggi sehingga dalam bekerja akan banyak fokus pada dokumen dan sedikit melakukan interaksi publik.
  • Programmer. Jenis pekerjaan ini akan menuntut seseorang lebih banyak berinteraksi dengan perangkat komputer. Sehingga dalam melakukan pekerjaannya, biasanya dilakukan seorang diri dan minim interaksi publik.
  • Penulis. Segala ekspresinya yang malu untuk diungkapkan lisan, dapat ia tuangkan dalam bentuk tulisan yang dapat mendatangkan keuntungan.
  • Apoteker/ Analis. Sama halnya dengan akuntan, seseorang yang bergelut di bidang farmasi akan banyak menghabiskan waktunya sendiri dalam hal penelitian untuk kesehatan.
  • Seniman seni rupa/ seni lukis. Seorang seniman akan memiliki keleluasaan dalam menentukan waktu ia bekerja dan lebih banyak melakukan interaksi dengan imajinasinya sendiri.

Dari berbagai jenis profesi maupun pekerjaan di atas, diharapkan dapat meningkatkan produktifitas meski anda merasa sebagai pemalu. Yakinlah, bahwa anda memiliki potensi yang sepantasnya bisa dikembangkan dan memiliki peluang sama untuk menjadi orang yang sukses. Karakteristik yang menurut anda kelemahan tersebut, pada dasarnya bisa menjadi kekuatan yang dapat membantu anda lebih baik. Selamat mencoba dan sukses ya!.

No comments:

Post a Comment