Thursday, January 8, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Tips Untuk Lolos Tahap Awal Melamar Kerja

Posted: 08 Jan 2015 04:36 PM PST

Sebelum anda membuat lamaran kerja, sebaiknya anda mengetahui tips berikut ini agar lamaran yang anda berikan tidak menjadi perbuatan yang sia-sia dengan hasil yang tidak diinginkan. Banyak pelamar yang gagal karena mereka tidak memiliki tips saat akan melamar suatu pekerjaan, melamar kerja itu tidaklah mudah, banyaknya persaingan membuat perekrut atau staff yang ditunjuk untuk merekrut calon pekerja lebih teliti dan memilih, selain itu beberapa tes yang perlu anda lalui sebagai cara untuk memastikan dan meyakinkan pihak perekrut saat menyeleksi dari sekian pelamar yang mereka terima. Nah, dengan memiliki tips untuk setiap tahap yang akan anda hadapi pastinya setiap tes yang akan anda lalui tidak akan terlalu rumit karena anda sudah memperisapkan diri bersaing dengan pelamar lain untuk menarik perhatian pihak perusahaan. Ditahap awal penyeleksian ini setiap perusahaan pasti akan meminta berkas lamaran sebagai syart awal yang harus dipenuhi oleh calon pekerja. Disini setiap pelamar mengandalkan berkas lamaran yang diberikan dan perusahaan bisa mencabut beberapa pelamar dari bagaimana berkas yang mereka terima. Nah, agar berkas lamaran anda dilirik pihak perusahaan dan masuk untuk tahap berikutnya, berikut ini Tips Membuat Lamaran Kerja untuk membantu persiapan anda.

Tips Untuk Lolos Tahap Awal Melamar Kerja

kredit gambar : female.kompas.com

  • Jenis pekerjaan yang akan anda lamar adalah pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi diri yang anda miliki.
  • Syarat yang diminta perusahaan dapat terpenuhi
  • Surat lamaran dibuat dengan baik, maksud dari surat tersampaikan dan dapat dimengerti oleh pembaca, tertulis dengan rapih, penggunaan bahasa yang baik dan struktur surat tertulis dengan benar.
  • Berkas pelangkap surat lamaran terlampirkan dengan lengkap, apa yang ditulis dalam surat lamaran itu memiliki bukti yang sesuai.
  • Daftar Riwayat hidup tertulis dengan ringkas dan jelas, informasi data benar panjang Daftar riwayat hidup tidak lebih dari 2 halaman. Tulisan rapih, mudah dibaca dan dimengerti.
  • Tunjukan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang akan anda geluti, perlihatkan harapan dan keinginan untuk pekerjaan tersebut. yakinkan pihak perusahaan dengan memeberikan kualitas diri yang dimiliki untuk pekerjaan yang akan anda lamar.
  • Jaga kerapihan semua berkas jangan sampai ada coretan atau berkas lamaran kusut.
  • Lakukan pengecekan ulang sebelum anda memasukannya kedalam amplop, periksa kembali penulisan serta kelengkapan berkas.
  • Masukan semua berkas lamaran dengan rapih menggunakan amplop besar untuk melamar kerja, tuliskan alamat perusahaan dengan benar dan jelas.

Itulah Tips Membuat Lamaran Kerja agar lamaran anda dapat diterima baik oleh perusahaan, semoga postingan ini bermanfaat dan sukses untuk anda yang akan melakukan lamaran kerja.

Menjawab Tentang Pertanyaan Dokumen Lamaran Kerja yang Baik

Posted: 08 Jan 2015 04:35 PM PST

Sebaiknya bahasa apa yang dipergunakan untuk menulis dokumen lamaran kerja, yang umumnya terdiri dari cover letter dan CV kerja?

Baiknya, anda bisa membuatnya dalam dua versi CV kerja yang sama persis. Dimana satu versi dibuat menggunakan Bahasa Indonesia serta satu versi lagi dibuat menggunakan Bahasa Inggris. Kalau itu menjadi sulit bagi anda, standar aturannya bisa disederhanakan dalam dokumen lamaran kerja seperti ini : Jika iklan lowongan kerja yang anda minati menggunakan Bahasa Inggris, kirimkan cover letter serta CV kerja anda menggunakan yang versi Bahasa Inggris. Begitupun sebaliknya, bila iklan lowongan kerja yang anda minati ternyata memakai Bahasa Indonesia, silakan anda kirimkan cover letter dan CV kerja anda menggunakan yang versi Bahasa Indonesia.

Menjawab Tentang Pertanyaan Dokumen Lamaran Kerja yang Baik

Kredit gambar: humas.pontianakkota.go.id

Foto pada CV atau resume kerja apa sebaiknya disertakan atau tidak ya?

Pada dasarnya untuk foto bukan merupakan sebuah hal yang wajib disertakan dalam sebuah curriculum vitae kerja. Ini bisa kita artikan, kalau anda mau disertakan boleh, namun tidak juga tidak masalah dalam CV dokumen lamaran kerja. Di luar negeri sana menyertakan foto dalam sebuah CV bukan merupakan praktek yang lazim ditemui dalam dokumen lamaran kerja. Boleh dibilang pada prinsipnya kita lebih percaya atau lebih tepatnya berpikir positif kalau CV kerja akan dibaca dengan seksama, asalkan kualifikasi anda memenuhi kualifikasi atau job requirement yang diminta serta dibutuhkan untuk posisi yang ditawarkan.

Perlukah menyertakan cover letter dalam mengirimkan dokumen lamaran kerja Online?

Standarnya Cover Letter sebetulnya bukan menjadi hal yang secara mutlak disebut sebagai dokumen wajib dalam sebuah dokumen lamaran kerja. Dimana sebuah cover letter memiliki fungsi utama yaitu sekedar memberikan gambaran atau overview kepada orang yang membacanya dalam hal ini pihak recruiter/ HRD menyangkut beberapa hal berikut:

  • Maksud. Mengapa anda mengirimkan dokumen lamaran kerja kepada mereka?
  • Posisi. Posisi apa yang ingin anda lamar?
  • Sumber. Darimana anda mengetahui adanya lowongan kerja yang anda minati tersebut?
  • Alasan. Mengapa anda berminat melamar untuk posisi lowong tersebut?
  • Pertimbangan. Bagaimana latar belakang kompetensi termasuk pengalaman kerja dan pelatihan yang pernah anda ikuti bisa membuat anda layak dipertimbangkan untuk menjadi kandidat yang masuk kedalam shortlist untuk posisi yang anda minati?
  • Kontak. Nomor telepon yang mudah dihubungi dan kapankah waktu terbaik untuk menghubungi anda?

Meskipun cover letter bukanlah dokumen lamaran kerja yang wajib anda sertakan, namun tidak ada salahnya juga kalau anda menyertakan cover letter dalam setiap dokumen lamaran kerja yang anda kirimkan. Sebab kita pun tidak pernah tahu, bisa jadi satu halaman cover letter yang anda buat sebagai dokumen lamaran kerja itu justru memberikan informasi tambahan yang sangat berguna bagi recruiter dalam mempertimbangkan secara lebih serius CV kerja yang anda kirimkan tersebut.

Tips Menjawab Soal Gaji dalam Pertanyaan Interview Kerja

Posted: 08 Jan 2015 04:15 PM PST

Bila anda mendapatkan pertanyaan interview kerja yang dilontarkan recruiter ataupun HRD, Berapa jumlah gaji atau recent salary berikut benefits yang anda terima dari perusahaan anda saat ini? Apa yang harus anda lakukan?

Bila anda memang cukup tertarik dengan posisi yang ditawarkan, disarankan anda menjawab pertanyaan interview kerja tersebut dengan terbuka serta tidak berbohong. Mengapa demikian? , ya tentu ada alasan tertentu kenapa anda harus menyebutkan dengan jujur jumlah gaji ataupun benefits yang anda terima saat ini, karena itu akan menjadi patokan bagi recruiter atau calon atasan anda untuk menilai apakah kira-kira profesional dengan kualifikasi seperti anda masih masuk dalam budget yang mereka miliki.

Tips Menjawab Soal Gaji dalam Pertanyaan Interview Kerja

Kredit gambar: okezone.com

Bila memang kualifikasi anda sangat baik, tidak menutup kemungkinan recruiter akan mempertimbangkan untuk menaikkan budget yang mereka miliki untuk menawarkan posisi tersebut kepada anda. Satu mesti anda ingat tentang menjawab soal gaji di kala wawancara kerja, jangan pernah coba-coba berbohong kepada pewawancara dengan menyebutkan jumlah gaji yang lebih besar dari yang anda terima saat ini dengan harapan anda bisa mendapatkan tawaran gaji yang jauh lebih tinggi.

Dalam menanggapi pertanyaan gaji, kecenderungan yang muncul dalam menanggapi pertanyaan interview kerja oleh sebagaian besar pelamar kerja ialah dihinggapi sedikit rasa kuatir atau ketakutan untuk menyebutkan expected salary -nya. Hal ini mungkin saja lebih disebabkan rasa kuatir bilamana menyebutkan angka yang jumlahnya terlalu tinggi atau malah terlalu rendah. Sebagai solusi amanya,  lebih baik sebutkan saja bahwa anda akan mengikuti company policy untuk soal salary sesuai dengan posisi yang anda lamar. Namun jangan lupa, sebutkan pula bahwa anda pribadi berharap bahwa salary yang akan diterima nantinya bisa 25-30% lebih tinggi daripada current salary yang diterima saat ini.

Sebagai informasi supaya anda tidak ragu menjawab soal gaji dalam pertanyaan interview kerja, bahwa persentase 25-30% merupakan angka yang dianggap wajar untuk mengharapkan kenaikan salary. Tidak usah takut maupun kuatir untuk menyebutkan rasio persentase dalam persoalan gaji, sebab jika perusahaan yang baik serta memiliki sistem administrasi kepegawaian yang rapi bisa dipastikan mereka akan membuat salary range untuk setiap posisi yang ada di perusahaan tersebut atau istilahnya job grade. Jadi saran terakhir, Jagalah baik-baik reputasi anda sebagai profesional dengan selalu berbicara sesuai fakta.

Khusus +18 yang Masih Merasa Bingung Menghadapi Dunia Kerja

Posted: 08 Jan 2015 04:05 PM PST

Gegap gempita suasana kelulusan sekolah terasa sangat menyenangkan buat kita, bahkan saat lulus sekolah ada kawan yang merayakan kelulusan sampai malam keliling kota melampiaskan suka cita menyelesaikan sekolah. Tapi ini awal perjalananmu kawan, itu justru awal dari perjalanan karir yang akan penuh dengan tantangan dan perubahan sebelum masuk dunia kerja.

Khusus +18  yang Masih Merasa Bingung Menghadapi Dunia Kerja

Kredit gambar: kreditgogo.com

Tantangan pertama ialah bagaimana memulai menetapkan langkah selanjutnya, khususnya bagi anda yang sepertinya tidak melanjutkan pendidikannya (kuliah) serta harus segera bekerja. Boleh jadi anda kerap dihinggapi rasa bingung begitu banyak peluang kerja tapi semuanya membutuhkan pengalaman di dunia kerja.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ialah mulai mencari-cari peluang untuk magang dulu, hal ini penting untuk menambahkan pengalaman dalam CV kita dan juga menyesuaikan diri dengan suasana kerja. Keuntungan lainnya, magang juga bisa membantu kita adaptasi dengan mindset atau polapikir yang baru, Saat kita di sekolah kita terbiasa dibimbing dengan banyak koridor, saat kita kerja, kita sendirilah yang harus membuat koridor itu sendiri. Misalnya saja di sekolah ada waktu-waktu tertentu untuk mengikuti ujian, yang mana didalamnya ada penilaian, ada waktu ulangan umum, dan lain sebagainya. Sedangkan ketika anda memasuki dunia kerja, hal tadi tidak akan terjadi bahkan setiap hari anda akan mengalami ujian, dimana tidak akan ada evaluasi yang sejelas seperti halnya di sekolah, atau tidak akan pernah ada penilaian angka 10 atau nilai sempurna melainkan selalu kurang apalagi kenaikan kelas atau jabatan rame-rame.

Agar kita bisa lebih cepat beradaptasi serta menyesuaikan diri dan cepat berubah sebelum masuk dunia kerja, sebaiknya anda memiliki mentor. Seorang mentor penting untuk membimbing kita agar mampu melakukan perubahan dengan tepat dan cepat. Sedangkan kekurangan bila anda tidak memiliki mentor, yakni kemungkinan besar anda harus mencari pengalaman sendiri bahkan mengalami banyak hal yang terjadi terutama kesalahan-kesalahan yang bisa anda lakukan sehingga tidak menghemat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak dalam lingkup dunia kerja. Jadi, persiapkan diri anda sebelum anda menapaki karir di dunia kerja.

Cara Penulisan Lamaran Pekerjaan Yang Diterima Baik Perusahaan

Posted: 08 Jan 2015 04:00 PM PST

Lamaran Pekerjaan Contoh penulisan yang baik untuk setiap berkas lamaran kerja yang akan anda buat, pada saat ini tips karir akan memberikan gambaran mengenai bagaimana penulisan untuk berkas lamaran kerja agar diterima oleh perusahaan. Sebelum pihak perusahaan mengetahui kualifikasi diri yang anda miliki, awal ketertarikan mereka yaitu dari lamaran pekerjaan yang anda buat, Lamaran kerja yang tidak baik sudah pasti akan terlewatkan, bahkan ada sebagian perusahaan yang hanya melihat penampilan surat lamaran untuk minat tidaknya mereka membaca berkas lamaran anda. Buat Kesan yang baik dengan membuat berkas lamaran kerja yang bisa membuat tertarik pihak perusahaan ingin mengenal anda kembali. Salah satu cara untuk menarik perhatian pihak perusahaan yaitu dari penulisan setiap berkas yang akan mereka baca. Berikut cara penulisan yang harus diperhatikan untuk membuat berkas atau dokumen lamaran kerja yang baik dan benar.

Cara Penulisan Lamaran Pekerjaan Yang Diterima Baik Perusahaan

kredit gambar : ecc2.careernews.web.id

  • Tulis Surat Lamaran Kerja pada kertas yang baik sesuasikan dnegan penulisan yang akan anda lakukan. Jika diketik buat dengan menggunakan kertas HVS ukuran A4 sedangkan bila ditulis tangan gunakan Kertas folio bergaris.
    Tulislah dengan rapih, penggunaan huruf yang tepat khusunya bila diketik pilih jenis huruf formal dan ukuran yang standar.
  • Miliki struktur surat yang telah ditetapkan. Pastikan semuanya tercantum dalam surat lamarn anda. isikan setiap bagian dengan jelas dan maksud surat tersampaikan.
  • Untuk CV atau Resume sebaiknya anda buat sendiri, jangan membeli kertas CV yang tersedia seperti di tmpat fotocopy menur saya itu kurang pas. Buat CV anda dengan menarik, informasi data diri jelas dan benar. Yakinkan dengan mencantukanhal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang akan anda lamar.
  • Buat Menarik CV anda dnegan menambahkan template untuk penampilan, biasanya CV tertulis pada kertas yang polos, tetapi alangkah baiknya anda buat beda dengan memberikan template pada kertas tersebut.
    Gunakan bahasa yang baik, Ejaan yang benar, serta tanda baca yang tepat. tiga hal tersebut perlu anda perhatikan sebab, kenyamanan pembaca itu ditentukan oleh hal-hal tersebut.
  • Jaga Kerapihan Kertas, hindari kesalahan penulisan serta bekas hapusan dan coretan. Bila anda melakukan kesalahan menulis sebaiknya lakukan penulisan ulang dengan kertas yang berbeda, jangan melakukan penghapusan itu akan mengganggu kerapihan kertas lamaran anda.
  • Masukan semua berkas dnegan rapih, tulislah setiap bagian yang harus dituliskan dalam amplop surat dengan benar. Alamat surat jelas dan pasyikan untuk tidak ada kesalalahan.

Jika anda akan melakukan pengiriman lamaran kerja secara online, berikut ini beberapa hal yang ahrus anda perhatikan dalam penulisan lamaran tersebut

  1. Tulisan rapih dan tidak ada kesalahan kalimat
  2. Alamat email perusahaan benar
  3. Subject  tertulis dnegan jelas
  4. Ukuran file untuk setiap berkas memiliki ukuran kecil
  5. Alamat email yang anda gunakan milik sendiri, menggunakan nama akun email yang jelas dan mudah diingat.

Seperti itulah Lamran Pekerjaan Contoh Penulisan untuk berkas lamaran kerja yang diterima perusahaan. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk menambah kesiapan anda.

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Posted: 08 Jan 2015 03:55 PM PST

Sudah mencoba memulainya? ya, utamanya bagi anda yang masih dalam periode menganggur tentu menjadi keniscayaan untuk mengharapkan bisa bekerja. Pekerjaan apapun yang penting halal sering kali muncul tatkala segala upaya sudah anda coba lamar sana-sini namun hasilnya nihil belum dapat panggilan atau gagal dalam seleksi. Sabar dan terus mencoba, klasik memang namun kata ini menjadi rumit dipraktekan bilamana anda tidak melakukan evaluasi salah satunya membuat Surat Lamaran Kerja yang bisa memberikan potensi bukan sekadar persyaratan administrasi saja..

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru

Kredit gambar: okezone.com

Sebuah pertanyaan yang menarik dalam melamar kerja: Perlukah Melampirkan copy Ijasah, KTP, Paspor, berbagai sertifikat pelatihan, atau referensi dari perusahaan sebelumnya pada setiap Surat Lamaran Kerja?, Khusus bagi anda yang ingin melamar kerja secara online jawabanya nya ialah : Tidak Pelu jika perusahan tidak mempersyaratkannya. Namun bila ternyata tidak ada ketentuan yang mengharuskan anda mengirimkan dokuman, tetap berpegang pada aturan yang paling mudah, silakan kirimkan saja Suarat Lamaran Kerja (cover letter) dan CV atau resume anda, lalu anda cantumkan dari CV dibagian paling bawah : Support documents anda references are available upon requerst.

Nah, untuk melengkapi pengetahuan anda, bagaimanakah membuat surat lamaran kerja yang tidak hanya baik tapi juga benar?. Guna menjawabnya, ada beberapa hal yang patut anda perhatikan dalam struktur surat lamaran kerja. Dianataranya :

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang menjadi tujuan
  • Salam Hormat
  • Paragraph pembuka
  • Isi cover later ( Data Pribadi; Pengalaman ; skill)
  • Paragraph penutup

Untuk membuat surat lamaran kerja, perhatikan beberapa tips berikut ini:
Pergunakan bahasa Indonesia/ Inggrir yang baik juga benar juga tidak bertele-tele
Jika menggunakan teknik pengetikan, Penulisan dan layout Surat Lamaran Kerja tersusun dengan rapi dan proporsional dengan menggunakan huruf yang mudah dibaca seperti normatifnya menggunakan Arial atau Times New Roman dengan besaran huruf 12. Selain itu gunakan margin atau spasi yang tidak terlalu rapat/ renggang.

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam bentuk hardcopy :
Bandung, 1 Januari 2015
Kepada Yth :
HRD PT Alihdaya Indonesia
Jl. Ahmad Yani No. 10 Bandung

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Selly Marcia
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 1 Januari 1992
Jenis Kelamin : Wanita
Pendidikan : Sekolah Tinggi Perhotelan Bina Lestari Bali
Alamat : Jl. Dewi Sartika No. 179 Bandung
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Sertifikat TOEFL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.
Hormat saya
Shelly Marcia

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik Untuk Posisi Marketing

Posted: 08 Jan 2015 03:55 PM PST

Memiliki informasi lowongan kerja untuk posisi marketing yang merupakan posisi yang diinginkan pasti menarik anda untuk mendaftarkan diri sebagai salah satu calon karyawan baru. mengingat lowongan pekerjaan yang sangat sulit apalagi lowongan pekerjaan yang diinginkan bukan waktu yang sebentar untuk mendapatkan peluang ini. tidak ingin kesempatan ini hilang gara-gara kecerobohan dalam membuat berkas lamaran kerja, terutama surat lamaran, banyak yang gagal karena kesalahan dalam penulisan surat lamaran yang diberikan.  Nah, untuk menghindari hal tersebut,  langkah tepat anda berada dihalaman ini karena disinia akan diberikan Contoh Surat Lamaran Kerja untuk anda yang akan melamar kerja sebagai marketing. Dengan begitu anda bisa menjadikan surat lamaran ini sebagai pegangan anda untuk pembuatan surat lamaran nanti.

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik Untuk Posisi Marketing

kredit gambar : tipskarir.com

Bekasi, 8 Januari 2015
Kepada
Staff Personalia
Pt.  Indo Jaya
Jl. Ratulangi No. 9
Jakarta

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                  :  Robin Ahmad
Tempat, Tgl. Lahir    : Bekasi, 8 Agustus 1991
Alamat                :  Jl. Sumbawa no 19 Bekasi 24579
No. Telp/HP           :  081909878655
Pendidikan            :  S1 Manajemen

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Robin Ahmad

Nah, itulah surat lamaran untuk melamar kerja sebagai marketing, setelah meilhat Contoh Surat Lamaran Kerja ini jadikan ini referensi anda jangan lakukan penjeplakan. Perhatikan juga kerapihan penulisan serta kertas lamaran yang anda berikan karena itu bisa menjadi pengaruh kesuksesan anda untuk lolos ditahap penyeleksian surat lamaran kerja ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar

Posted: 08 Jan 2015 03:50 PM PST

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar ini dipostingkan untuk membantu anda yang masih awam dalam pembuatan surat lamaran kerja atau masih ragu takut surat lamaran yang anda buat tidak diterima perusahaan. Surat lamaran kerja umum ini adalah salah satu contoh surat lamaran yang baik untuk jadi referensi anda dalam pembuatan surat lamaran kerja yang akan anda lakukan. Buat surat lamarn anda dengan baik, jangan sampai anda kehilangan pekerjaan yang anda inginkan karena kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja. Contoh surat dibawah ini bisa membantu persiapan anda dalam pembuatan surat lamaran yang akan anda lakukan agar surat lamran ayang akan anda buat dapat diterima baik perusahaan

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik Dan Benar

kredit gambar : ciricara.com

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Prima Jasa
Jl. Patimura No 88
Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Prima Jasa yang saya dapatkan dari harian Indo Merdeka pada tanggal 29 Desember 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Prima Jasa.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama : Dede Taryan
Tempat / tgl. lahir : sumedang, 05 mei 1990
Pendidikan Terakhir : S1 Manajemen Informatika Jakarta
Alamat : Jl Pangeran Timur No 56
Telepon (HP) : 081456786777
Status : Belum Menikah

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,

Dede Taryan

Jangan lupa untuk berikan tanda tangan pada surat lamaran tersebut. Semoga Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Diatas bisa membantu persiapan anda sukses melamar kerja tahap awal.

Cara Membuat Resume Berkualitas Bagi Fresh Graduate

Posted: 08 Jan 2015 03:45 PM PST

Berkas lamaran kerja yang baik dan kelengkapan lamaran kerja adalah hal yang berpengaruh untuk keberhasilan anda dalam melawati tahap awal mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain dari kualifikasi yang dimiliki, anda harus memperhatikan berkas lamaran yang akan anda buat, berkas lamaran yang baik dan lengkap itulah yang akan dipilih oleh pihak perusahaan. Dalam tahap awal melamar kerja, berkas lamaran yang harus anda buat dengan baik salah satunya adakah Resume yang merupakan gambaran tentang diri anda. Resume yang diterima perusahaan adalah resume yang tersusun dengan baik dan lengkap berisi ringkasan berbagai keterampilan serta pengalaman kerja sebelumnya. Mungkin, bagi anda yang sudah memiliki pengalaman melamar kerja sebelumnya tidaklah sulit untuk membuat berkas resume ini, tatapi bagi anda yang baru pertama kali akan terjun kedunia kerja dan membuat lamaran pasti sedikit kesulitan. Pesimis bersaing dengan mereka yang memiliki pengalaman keja mungkin itu yang dirasakan. Namun jangan khawatir, Berikut ini akan diberikan  beberapa tips untuk Cara Menulis Resume berkualitas Yang Baik Untuk anda yang Pemula Atau Belum memiliki pengalaman Kerja.

Cara Membuat Resume Berkualitas Bagi Fresh Graduate

kredit gambar : kerjayuk.com

  • Menunjukan Keterampilan
    Usaha terbaik bagi fresh graduate yaiutu menunjukan keterampilan yang dimiliki dengan sebaik mungkin. Pikirkan keahlian yang relean dnegan pekerjaan yang akan anda geluti, dan tonjolkan kelebihan tersebut di dalam resume. Perusahaan akan menghargai keterampilan yang anda miliki jika anda dapat merepresentasikannya dengan baik dalam resume yang berkualitas.
  • Kepribadian
    Menunjukan kepribadian denganmemaparkan aktivitas atau hobi yang berhubungan dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan. tuliskan kegiatan-kegiatan organisasi yang pernah anda ikuti untuk menambah poin plus. Tulislah aktivitas dan hobi yang anda miliki secara rapi dan profesional. Bicarakan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan cara yang segar dan menarik. Gunakan kata-kata dan bahasa yang mencerminkan siapa Anda secara pribadi. dan jangan membuat peryataan yang bukan kepribadian anda.
  • Tuliskan Usaha Sukarela  serta tentang keterampilan di kehidupan nyata
    Ceritakan dengan singkat dan jelas beberapa  upaya yang telah anda lakukan secara sukarela dan berbicaralah mengenai berbagai keterampilan yang anda pelajari dari situ. Gambarkan juga keterampilan dari kehidupan nyata yang diambil dari pengalaman pribadi yang dimiliki serta ceritakan juga tentang hal itu. Hal ini akan sangat mendukung penulisan resume sebagai nilai plus pengganti pengalaman kerja yang orang lain miliki.
  • Penulisan Resume
    Pastikan bahwa resume yang anda buat memiliki tulisan yang rapih, mudah dibaca dan mudah dicerna oleh siapapun. Gunakan kertas putih polos tanpa background. Hindari juga penggunaan form resume yang banyak dijual di toko-toko. Sebaiknya CV tidak ditulis tangan, melainkan diketik dengan menggunakan jenis huruf formal dan ukuran yang standar. Jangan lupa untuk melampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 atau 4×6 yang berwarna dan mengenakan pakaian resmi.
  • Ringkas, Jelas Dan Optimis
    Buat resume yang berkualitas, buatlah dengan singkat, padat dan Jelas. Jangan memanjang-manjangkan isinya hanya karena tidak percaya diri dengan tidak memiliki pengalaman kerja. Tulis dengan sebaik mungkin dan semua informasi data benar.  Yang terpenting tetaplah percaya diri.

Itulah Cara Menulis Resume untuk anda yang belum memiliki pengalam kerja, Semoga ini Bermanfaat dan bisa dijadikan motivasi anda untuk sukses mendapatkan pekerjaan pertama yang anda inginkan.

Langkah Mudah Membuat Resume Lebih Bagus Dan Terlihat Menarik

Posted: 08 Jan 2015 03:45 PM PST

Membuat Berkas lamaran kerja yang menarik perhatian perusahaan untuk merekrut anda sebagai calon pekerja menempati posisi yang dibutuhkan itu adalah hal yang harus dilakukan, dari puluhan malah ratusan berkas lamaran yang perusahaan terima tentu bukan hal yang mudah untuk anda menarik perhatian perusahaan agar bisa mengambil berkas lamaran yang anda buat untuk bisa lolos seleksi dan masuk ketahap selanjutnya. Semua pelamar pasti akan membuat berkas lamaran dengan baik, tetapi kualifikasi yang dimiliki seseorang jelas akan berbeda, ketertarikan pihak perusahaan saat merekrut calon pekerja memilih yang baik dari yang terbaik selain dari kualifikasi yang dimiliki pelamar, penampilan berkas lamaran yang anda berikan akan menjadi nilai tambah untuk memutuskan pihak perusahaan mengambil beberapa kandidat masuk ketahap selanjutnya. Bila anda sudah memiliki kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan untuk menempati pekerjaan tersebut, kini saatnya anda yakinkan dengan membuat berkas lamaran kerja yang akan anda buat sebaik dan semenarik mungkin. Dalam berkas lamaran yang perlu anda buat dengan baik yaitu surat lamaran, serta daftar riwayat hidup cv atau resume, Nah, untuk Resume yang merupakan salah satu berkas penting dan bisa menarik perhatian pihak perusahaan, disini akan diberikan Cara Membuat Resume Yang Bagus untuk tuntunan anda dalam pembuatan berkas lamaran agar diterima perusahaan untuk lolos tahap selanjutnya. Cara ini bisa membantu anda untuk pembuatan resume yang baik, menarik dan bisa diterima perusahaan.

Langkah Mudah Membuat Resume Bagus Dan Terlihat Menarik

kredit gambar : id.jobsdb.com

Berikut langkah-langkah mudah untuk membuat resume pekerjaan yang Bagus dan menarik:

  • Menggunakan Template
    Template atau desain inilah yang bisa membuat Resume anda lebih menarik dan terlihat bagus, untuk mendapatkan template ini anda bisa mendapatkannya dengan cara membuka browser anda, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome atau apapun. Lakukan search mengenai template untuk resume, disana anda akan mendapatkan ratusan contoh template resume yang bonafide. Langsung dari website resmi Microsoft.
  • Pemilihan Template
    pilihlah template yang sesuai dengan bidang karir yang akan anda lamar. Misalkan anda ingin menjadi admin database, ketikkan database admin di kolom search. Jika anda ingin menjadi Staff IT misalnya, ketikkan IT staff di kolom search. Tidak perlu terburu-buru, pilihlah template yang bagus.
  • Setelah mendapatkan pilihan anda, klik pada thumbnail, dan download. Kemudian,Buka template tadi pada Microsoft Word, dan edit sesuai keinginan anda.
  • Penulisan Data
    isikan Data penting yang sangat berpengeruh untuk pekerjaan anda, buat dengan ringkas maksimal Resume anda 2 halaman, informasi data diri ringkas dengan jelas, hindari penulisan yang kurang penting.

Itulah Cara Penulisan Resume Yang Bagus, Semoga dengan penjelasan diatas memberikan manfaat untuk persiapan anda.

No comments:

Post a Comment