Friday, January 9, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Inilah Rahasia Mendapatkan Promosi Jabatan Tanpa Menyikut Kolega

Posted: 09 Jan 2015 04:58 PM PST

Sulitnya mendapatkan kenaikan maupun promosi jabatan di perusahaan, baik bekerja di perusahaan raksasa yang memiliki ratusan ribu karyawan atau bekerja di sebuah perusahaan kecil sekalipun dengan struktur organisasi yang cenderung flat, tanpa ada ekses hingga anda disebut seorang penjilat atau menyikut kolega.

Inilah Rahasia Mendapatkan Promosi Jabatan Tanpa Menyikut Kolega

Kredit gambar: yokeepo.com

  • Pertama. ketahui dulu sebetulnya standar performa terbaik seperti apa yang diharapkan oleh perusahaan atau atasan anda. Ini menjadi sangat krusial dalam meraih promosi jabatan karena anda harus menganggap bahwa perusahaan atau atasan anda adalah internal customer yang harus diservis sebaik mungkin. Dengan mengetahui secara pasti apa sebetulnya yang diharapkan oleh perusahaan atau atasan anda, akan lebih mudah menyusun sebuah strategi dalam upaya memberikan standar kinerja yang memukau, termasuk didalamnya upaya melakukan continuous professional development, baik yang bersifat formal maupun informal.
  • Kedua. Ketika anda memiliki bawahan, jangan lupa untuk melakukan kaderisasi supaya suatu hari nanti bawahan anda bisa mengambil alih. Logikanya adalah meskipun anda menunjukkan kinerja luar biasa, tapi perusahaan atau atasan melihat bahwa ternyata belum ada orang yang kualifikasinya tepat untuk menggantikan posisi anda, sampai kapan pun anda akan sangat sulit naik jabatan atau mendapat promosi jabatan. Hal ini terutama berlaku untuk anda yang bekerja dengan mengandalkan tacit knowledge, misalnya profesional di bidang teknik, bidang penjualan, ataupun semua bidang yang berkaitan dengan art. Memang sulit mengajarkan pengetahuan yang sifatnya tacit, tapi ini tetap harus dilakukan karena sebetulnya ada kewajiban tidak tertulis yang berlaku bagi semua profesional, yaitu harus bersedia melakukan knowledge transfer ke para kolega dan juga bawahannya demi mulusnya operasional perusahaan.
  • Ketiga. Pertahankan pikiran positif bila promosi jabatan tak kunjung tiba. Jangan pernah apriori apalagi menjelek-jelekkan perusahaan atau atasan sebagai pelampiasan rasa frustrasi anda. Alangkah lebih baiknya anda terus meningkatkan standar kinerja, membuat berbagai prestasi gemilang sebagai bentuk kontribusi nyata anda bagi kemajuan perusahaan. Disamping itu konsisten menjalin silaturahmi dengan berbagai kalangan dan percayalah bahwa dengan cara yang tidak terduga, kelak anda akan mendapatkan kenaikan jabatan atau promosi jabatan.

Intinya ialah kenaikan atau promosi jabatan merupakan bentuk pengakuan dari perusahaan sebagai pihak yang mempekerjakan anda atas performa kerja yang dinilai sangat baik terhadap perkembang perusahaan. Tentu saja, ini menjadi prospek terbaik dalam karir anda di masa depan karena dipandang mampu mengemban peran yang lebih strategis dibarengi dengan tanggung jawab yang tentunya juga lebih berat.

Hindari pikiran ingin kenaikan promosi jabatan semata-mata hanya demi mengejar gengsi tapi sebetulnya anda sendiri yang pada dasarnya anda tidak siap mengemban konsekuensinya. Ingatlah, bahwa baru-baru ini semakin banyak profesional di PHK  yang justru memegang posisi senior di perusahaan. Mengejar kenaikan jabatan atau promosi sah-sah saja dilakukan asalkan anda tidak melabrak etika umum yang berlaku hingga anda mengorbankan integritas pribadi. Jadi, mulai dari sekarang persiapkan pola pikir yang tepat, susunlah strategi yang baik dan laksanakan seluruh pekerjaan anda dengan riang dan ringan!, Semoga Sukses.

Contoh Surat Lamaran Bagi Anda Pencari Kerja

Posted: 09 Jan 2015 04:47 PM PST

Bagi anda yang saat ini akan memulai terjun ke dunia kerja, tentunya anda harus benar-benar mempersiapkan diri sematang serta semaksimal mungkin. Jangan pernah anda menyepelekan surat lamaran yang anda kirimkan pada perusahaan. Anda bisa membayangkan, jika surat lamaran yang anda kirimkan berantakan serta tidak tersusun secara rapi jika tidak menarik, apakah calon atasan anda di perusahaan tersebut pantas untuk mempertimbangkan anda untuk bekerja di perusahaannya? Oleh karena itu anda harus memastikan kalau surat lamaran kerja yang anda buat dapat menarik perhatian calon atasan anda, serta buatlah serapi mungkin, karena salah satu cara perusahaan menilai karakteristik anda dilihat dari surat lamaran yang anda ajukan.

Contoh Surat Lamaran Bagi Anda Pencari Kerja

Kredit gambar: die-quelle.blogspot.com

Itu sebabnya anda jangan pernah meremehkan surat lamaran pekerjaan yang anda ajukan kepada pihak perusahaan yang akan anda lamar. Berikut beberapa tips dalam penulisan surat lamaran kerja yang dapat anda gunakan.

  • Pergunakanlah bahasa dalam penulisan surat lamaran kerja dengan menggunakan EYD yang baik dan benar, selain itu pergunakan pula bahasa yang sopan, resmi namun dapat menarik perhatian pihak perusahaan.
  • Ada baiknya jika semua persyaratan yang ditentukan oleh pihak perusahaan dapat anda lengkapi, jangan sampai ansa menyepelekan atau meremehkan beberapa syarat yang telah ditentukan.
  • Setelah itu, anda dapat menunjukan kemampuan yang anda miliki, anda dapat menjelaskan kalau anda merupakan seorang yang berkompetensi pada bidang yang anda lamar.
  • Pada pembuatan surat lamaran kerja, ada baiknya jika anda menulis secara manual dalam arti lain anda menulis lamaran kerja dengan menggunakan tangan anda sendiri serapih mungkin, karena pihak perusahaan juga bisa menilai kepribadian seseorang dari tulisan tangan.
  • Jangan pernah anda menulis ulang yang telah anda cantumkan di CV dalam pembuatan surat lamaran kerja.
  • Anda juga harus memperhatikan paragraf pertama serta paragraf terakhir, buatlah paragraf pertama tidak berbelit-belit dan langsung kepada pokok pembahasan, sedangkan untuk paragraf terakhir buatlah setegas mungkin.
  • Sebutkan kemampuan yang menurut anda sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan anda lamar, anda jangan menyebutkan seluruh kemampuan yang anda miliki karena telah tercantum didalam CV.
  • Jangan lupa untuk memberikan tanda tangan pada surat lamaran yang anda buat, walaupun terlihat kuno tapi hal tersebut sangatlah penting untuk anda perhatikan.
  • Dan yang terakhir terkait dengan presentasi surat lamaran kerja anda, anda harus memastikan kalau surat lamaran yang anda kirim masih dalam keadaan rapi tidak kotor serta tidak lecet.

Dan di bawah ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang mungkin bisa anda gunakan jika berkenan :

Contoh Surat Lamaran kerja 1

surat lamaran1

 

 

Contoh Surat Lamaran kerja 2   

surat lamaran2

 

 

Contoh Surat Lamaran 3

surat lamaran3

Itu merupakan beberapa tips dalam penulisan surat lamaran kerja juga beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang mungkin bisa anda gunakan.

 

Tips Interview: Mengubah Kelemahan Anda Menjadi Kekuatan Besar Saat Wawancara

Posted: 09 Jan 2015 04:46 PM PST

Ketika proses wawancara berlangsung, dan kala itu ada seorang pihak pewawancara mengajukan pertanyaan kepada anda terkait apa kekuatan terbesar anda saat ini?, maka anda harus memberikan jawaban yang cepat serta tepat. Jangan sampai ketika pihak pewawancara mengajukan pertanyaan, anda malah tidak bisa menjawabnya, atau bahkan anda bisa menjawab pertanyaan tersebut namun dalam waktu berpikir yang lama. Jika anda benar-benar memiliki keinginan yang besar agar anda bisa memberikan jawaban yang cepat serta tepat, anda harus memperhatikan beberapa strategi yang tepat, yaitu sebagai berikut.

Tips Interview, Mengubah Kelemahan Anda Menjadi Kekuatan Besar Saat Wawancara

Kredit gambar: warigunawan.blogspot.com

1. Anda harus menunjukan bagaimana anda bisa mengatasi satu masalah

Pastinya setiap orang memiliki kelemahan atau pun kekurangan, dan kelemahan tersebut pastinya dibutuhkan satu perbaikan yang pasti. Maka untuk memperbaiki kekurangan tersebut anda bisa menggali dari beberapa pengalaman yang anda miliki terkait cara anda dalam mencapai sebuah kemajuan. Hal tersebut merupakan cara yang ampuh guna menggambarkan kelemahan yang anda miliki menjadi sebuah keunggulan yang ada di dalam diri anda.

2. Mengatasi ketidakpastian dalam latar belakang pekerjaan

Ketika proses wawancara berlangsung, terkadang akan muncul keraguan dari benak anda seperti tidak cocok nya latar belakang ilmu yang anda miliki serta pengalaman yang anda miliki dengan bidang pekerjaan yang akan anda lamar. Dan inilah waktu yang memang tepat untuk mengatasi ketidakpastian tersebut.

Setidaknya anda bisa berbicara terkait rintangan yang sulit yang memang pernah anda hadapi. Setelah itu, anda dapat menyoroti kekuatan yang anda miliki dalam memecahkan permasalahan tersebut. Misalnya sebagai contoh, "mungkin hal ini terlihat seperti kelemahan terbesar yang saya miliki, dikarenakan saya memang tidak memiliki pengalaman dalam bidang penjualan. Namun keterampilan yang saya peroleh selama saya bergelut dibidang proyek penggalangan dana juga sangat relavan dengan posisi tersebut. Maka saya meminta agar saya diberikan kesempatan untuk menjelaskan nya."

3. Menggambarkan sebuah kelemahan sebagai kekuatan

Anda dapat memilih kelemahan yang ada didalam diri anda yang memang mungkin bisa anda jelaskan dalam perspektif yang paling positif. Anda bisa mencoba menggunakan beberapa kata yang memang bisa dipandang sebagai kekuatan yang profesional seperti berdedikasi atau pun gigih. Bisa diambil contoh yaitu sebagai berikut, "saya memang memiliki kecenderungan perfeksionis sehingga terkadang saya mengalami kesulitan dalam meninggalkan sebuah proyek sampai proyek tersebut benar-benar telah terselesaikan." Jawaban yang anda berikan tersebut akan membahas terkait kelemahan yang anda miliki, namun anda juga harus menjelaskan kembali dengan cara yang anda berikan yang bersifat positif.

Anda bisa mencoba beberapa tips diatas ketika anda akan menghadapi permasalahan tersebut dalam proses wawancara kerja yang akan anda hadapi, anda harus mengingat satu hal, rasa percaya diri yang ada di dalam diri anda merupakan satu modal pertama bagi anda.

3 Pertanyaan Yang Dapat Menjebak Anda Saat Wawancara Kerja

Posted: 09 Jan 2015 04:44 PM PST

Sebagian besar dari orang-orang yang melamar pekerjaan, mereka sering beranggapan kalau proses wawancara kerja merupakan sesi yang paling menyulitkan. Ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak pewawancara dan jika anda ingin diterima di perusahaan tersebut maka anda harus dapat menjawab dengan tepat setiap pertanyaan yang diajukan tersebut. Bahkan ada juga beberapa hal yang tidak bisa anda duga terjadi ketika wawancara berlangsung.

3 Pertanyaan Yang Dapat Menjebak Anda Saat Wawancara Kerja

Kredit gambar: www.indoenergi.com

Berikut ini ada beberapa pertanyaan sulit yang bisa menjebak anda ketika wawancara kerja, dan anda bisa menemukan cara agar anda dapat memberikan satu jawaban yang terbaik ketika wawancara kerja berlangsung.

1. Apa kelemahan terbesar Anda?

Pertanyaan yang satu ini bisa dibilang cukup menjebak serta menjadi pertanyaan yang sangat favorit bagi para pihak pewawancara dari perusahaan untuk diajukan kepada pihak pelamar kerja. Ketika pihak pewawancara melontarkan pertanyaan tersebut, jangan pernah anda menjawabnya dengan ungkapan saya tidak tahu atau saya tidak memiliki kelemahan, karena setiap orang pastinya memiliki kelamhan. Anda bisa menjawab pertanyaan tersbeut dengan, "biasanya saya terlalu terobsesi pada pekerjaan," atau berikan jababan seperti "terkadang, saya akan terus menerus memoles pekerjaan yang saya kerjakan jika saya merasa pekerjaan tersebut belum sempurna saya kerjakan." Jika anda menjawab pertanyaan dengan jawaban-jawaban seperti itu, maka anda tidak akan membongkar kelemahan sesungguhnya yang anda miliki.

1. Apakah anda pernah aktif dalam kegiatan sosial selain bekerja?

Jika saat itu anda sudah cukup lama mengganggur, maka pihak perusahaan akan terus fokus bertanya pada aktivitas yang memang anda lakukan selama anda berada di masa anda belum bekerja. Ketika anda menjawab pertanyaan tersebut dengangan jawaban "saya sibuk mencari pekerjaan," atau anda menjawab "saya tidak sempat melakukan banyak hal, karena saya terlalu sibuk mengurus keluarga." Jawaban-jawaban tersebut sangat tidak layak untuk anda lontarkan ketika pihak perusahaan menanyakan hal tersebut. Ada baiknya untuk anda mengakali pertanyaan tersbeut dengan mengubah sudut pandang menjadi buku yang memang tengah anda baca, bergabung dengan klub atau kompetensi yang baik yang anda ikuti serta yang lainnya.

3. Apakah anda punya pertanyaan untuk kami?

Sebelum anda melamar satu pekerjaan, anda jangan lupa untuk mencari tahu informasi-informasi yang berkaitan dengan perusahaan yang anda lamar, dan carilah informasi tersebut sebanyak-banyaknya. Sehingga ketika pertanyaan tersebut terlontar, anda bisa memberikan pertanyaan terbaik bagi mereka. Berikut ini ada beberapa saran pertanyaan yang mungkin bisa anda ajukan kepada pihak pewawancara, yaitu sebagai berikut:

  • Bagaimana anda melihat posisi pekerjaan yang memang telah ditawarkan ini menjadi satu potensi guna mengembangkan perusahaan ini?
  • Dilihat dari latar belakang serta pengalaman saya dalam bekerja, menurut anda seberapa pantaskah saya menduduki jabatan ini?
  • Apa saja bentuk inisiatif yang telah dilakukan oleh perusahaan ini untuk mencapai tujuan bersama?

Kalimat-kalimat Penting Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015

Posted: 09 Jan 2015 03:59 PM PST

Mau melamar kerja? . Ya, melamar kerja diperlukan serta surat lamaran dan dokumen kerja yang baik yang digunakan perusahaan baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kali ini yang akan kita kupas berkenaan surat lamaran kerja dan saat ini sudah banyak Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015 yang bisa anda jadikan referensi. Ketika anda mebuat surat lamaran kerja, disaat itupula anda dapat melakukan personal branding dengan menuliskan profil lengkap anda pada surat lamaran supaya mendapat kesan pertama yang baik guna memberikan daya tarik pada recruiter . Berikut beberapa catatan dalam memilih Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Template yang baik untuk dijadikan masukan anda:

Kalimat-kalimat Penting Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015

Kredit gambar: disertasi.com

  • Fokus pada target. Hindari kesan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015 yang bertele-bertele atau kami istilahkan ‘lebay’ sebab disamping kepanjangan juga salah-salah bisa membuat recruiter enggan membacanya. Langsung pada tujuan alias straight to the point, dimana didalamnya menyebutkan bahwa anda mendapat informasi tentang lowongan perusahaan tersebut. Misalnya: "I am writing to express my interest in the Sales Manager position advertised on your Web site. I have enclosed a copy of my resume for your review.”
  • Jangan keluar dari keahlian anda. Dalam menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015 hendaknya apa adanya atau tidak melebih-lebihkan, proporsional dan sesuai kemampuan Anda. Disamping anda meyakinkan perusahaan bahwa anda kandidat calon karyawan yang berkualitas dan pengalaman, dan silakan pada kesimpulan dari akhir kalimat seperti Anda dapat menuliskan keahlian Anda, dengan menulis  "I am confident that these combined experiences make me an ideal candidate for this position.”
  • Jadikan sebagai personal branding. Jangan sekedar meniru Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Template, namun Anda mesti bisa memperlihatkan apa yang bisa anda lakukan buat perusahaan. Untuk menguatkannya gunakan kata aksi seperti developed, managed, dan facilitated dalam  mempersonofikasikan kemampuan anda pada pekerjaan sebelumnya jika pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.  Silakan buat kalimat penegasannya seperti “I strongly believe I possess the right combination of skills and experience you are looking for”.

Ketika anda menggunakan kesempatan membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015, hal ini dapat menjadi  kesempatan baik untuk menunjukkan skill bahasa Inggris anda dalam menulis secara profesional. Ingat, jangan anda gunakan kata-kata yang rumit agar recruiter yang membacanya tidak sulit menangkap pesan anda, serta tidak membuat bingung buat mereka.

Jangan terburu-buru dalam membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 2015. Silakan anda periksa ulang, tapi kalau anda masih ragu dalam penyusunan kata maupun kalimatnya, alangkah baiknya anda konsultasikan pada mentor atau orang yang anda anggap lebih menegerti bahasa Inggris. Pastikan kembali dan dibaca setiap kalimatnya satu persatu, guna memastikan kalau anda tidak salan menggunakan ejaan, tatabahasa maupun dalam penuturan kalimat-kalimatnya. Demikian, selamat mencoba ya!.

10 Tips yang Harus Dihindari pada saat Wawancara Kerja

Posted: 09 Jan 2015 02:30 PM PST

Kemungkinan besar Anda sudah berkali-kali melamar pekerjaan ke sebuah  perusahaan, namun belum satupun perusahaan yang menerima lamaran Anda. Coba Anda perhatikan 10 kesalahan yang sering dilakukan seorang pelamar saat wawancara kerja berikut ini. Siapa tahu Anda pun  pernah melakukannya. Ini bisa jadi bahan introspeksi diri Anda untuk memperbaikinya.Coba Anda simak dan perhatikan dibawah ini:
1. Menjawab dan Menjelaskan Secara Klise
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat interview, yaitu menjelaskan atau menjawab pertanyaan yang diberikan dengan klise. Misalnya Anda mengatakan bahwa "Ini pekerjaan impian saya". tidak sebaiknya Anda mengatakan hal itu dan sebaiknya yang harus dilakukan adalah menjelaskan seberapa besar Anda berguna dan mampu bekerja diperusahaan tersebut.
10 tips yang harus dihindari pada saat wawancara kerja

007beritaterkini.blogspot.com

2. Mengatakan kejelekan Bos Lama
Walaupun atasan lama Anda merupakan sosok orang yang kejam atau galak, namun ada baiknya jika Anda tidak mengatakan kejelekan bos lama kepada si pewawancara. Karena jika Anda mengatakannya, Anda akan dinilai tidak respek pada atasan, hingga akhirnya si pewawancara menganggap Anda akan melakukan hal yang sama pada bos baru nantinya.
3. Meminta Jatah Cuti
Cuti memang merupakan hak setiap pekerja untuk melakukan cuti, namun jangan pernah Anda bicarakan di awal wawancara. Hal untuk meminta jatah cuti agar bisa berlibur bersama pasangan atau keluarga saat baru diwawancara kerja bukanlah ide yang sangat baik. Sebab, pewawancara hanya ingin mendengar sebesar apa kontribusi yang akan Anda berikan pada perusahaan saat Anda diterima nantinya.
4.Minum
ketika wawancara sedang berlangsung jangan pernah Anda minum apapun meski keadaan Anda sedang sangat haus. Jika memang minuman itu telah disediakan oleh kantor tersebut, sebaiknya Anda meminumnya saat wawancara kerja telah selesai dan sudah dipersilahkan untuk meminumnya. Hindari juga minuman berkafein sebelum berwawancara, selain menciptakan bau mulut, kafein juga dapat merusak konsentrasi Anda pada saat wawancara dan membuat Anda akan cepat haus.
5. Berdandan Sangat Seksi
Jangan sampai Anda datang untuk wawancara kerja dengan dandan terlalu berlebihan. Karena hal tersebut dapat membuat Anda dinilai lebih mementingkan penampilan Anda ketimbang otak. Sebaiknya Anda menggunakan busana yang rapi dan sopan. Hindari memakai baju yang transparan atau atasan berbelahan dada rendah dan terlalu banyak motif. Sebanyak 95 persen perekrut kerja mengaku, berpakaian terlalu seksi dapat membuat si pelamar kerja dicoret dari daftar kandidat pekerja.
6. Membicarakan Gaji
Semua pewawancara tahu bahwa orang cenderung pindah kerja untuk mencari penghasilan yang lebih baik. Namun jangan pernah Anda untuk menanyakan soal gaji jika mereka tidak memulainya, termasuk juga untuk negosiasi gaji. Karena hal tersebut terbilang sangat sensitif. Jadi sebaiknya diungkapkan pada waktunya nanti.
7. Terlalu Santai
Memiliki chemistry atau berusaha dekat dengan calon bos memang sangat penting dalam sebuah interview, namun bukan berarti Anda juga bebas berbicara seenaknya dengan mereka. Sebanyak 83 persen perekrut kerja mengungkapkan, jika Anda menganggap seorang pewawancara kerja sebagai teman, Anda akan dianggap tidak sopan dengan atasan.
8. Berpakaian Tidak Rapi
Meskipun kantor yang akan Anda datangi memiliki aturan yang sangat longgar dalam berbusana atau bebas memakai pakaian apa saja namun bukan berarti Anda dapat bebas menggunakan jeans dan t-shirt saat interview. Sebaiknya Anda gunakan celana panjang hitam dengan blouse yang rapi. Karena sebanyak 95 persen perekrut kerja mengharapkan si pelamar kerja datang dengan pakaian formal saat interview.
9. Tidak Mematikan Ponsel
Ponsel Anda berdering pada saat sedang melakukan wawancara kerja hanya dapat mengganggu dan membuat peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan hilang. Selain tidak sopan, Anda juga akan dianggap tidak serius untuk wawancara kerja. Sebanyak 91% perekrut kerja mengatakan mereka akan segera mencoret Anda dari daftar salah satu kandidat pekerja jika melakukan hal itu.
10. Datang Terlambat
Perusahaan tak peduli apapun alasannya, 90% perekrut kerja mengatakan bahwa mereka yang datang terlambat pada saat interview akan langsung ditolak. Bukan hanya dianggap sebagai orang yang tidak disiplin, Anda juga akan dinilai sebagai orang yang tidak peduli dengan pekerjaan yang akan diterima dan tidak menghargai waktu sehingga perusahaan akan menjadi ragu menerima waktu.
Sekarang waktunya bagi Anda untuk merubah diri. Hindari 10 hal di atas dan jangan pernah Anda melakukan hal kesalahan tersebut. And good luck! Semoga Anda mendapatkan pekerjaan sesuai yang Anda idamkan.

Tips Sukses Menjawab Interview Bahasa Inggris yang Baik

Posted: 09 Jan 2015 02:30 PM PST

Interview bahasa Inggris dalam bidang pekerjaan memang sangat memberikan tekanan tersendiri bagi yang melaksanakan. Sebagai seorang pelamar, Anda dituntut untuk harus percaya diri dan harus menjawab beragam pertanyaan secara jelas dan sempurna. Teknik menjawabnya tentu saja tidaklah mudah, ini semua dibutuhkan kemampuan yang sesuai agar semua hal dapat dituntaskan dengan baik.

Selain biasa digunakan oleh pelamar ketika ingin mendapatkan pekerjaan dari perusahaan asing, interview ini juga sangat penting dipelajari oleh siswa dan para mahasiswa. Mengetahui seluk-beluk tentang interview, akan memudahkan mereka di masa depan nanti dan membuat mereka tidak merasa canggung apabila harus berhadapan dengan teks interview.

tips sukses menjawab interview bahasa inggris yang baik

Di bawah ini, ada contoh interview bahasa Inggris yang sangat lengkap dan beberapa tips bagaimana menjawab dengan baik.

silakan Anda simak dengan baik seorang pelamar yang ingin bergabung di institute pengajaran Bahasa Inggris besar ini.

  • Tell me about yourself!

Ketika Anda diberikan sebuah pertanyaan seperti ini, maka Anda jawablah dengan secara umum. Interviewer tidak ingin Anda menceritakan keseluruhan jalan hidup. Namun, cukup Anda jelaskan siapa nama Anda, Anda lulusan bidang apa, posisi Anda dimana, dan apa keunggulan Anda dibandingkan yang lain.

Contoh jawaban : Hello sir, my name is Raditya Prambudi, I am a fresh graduate at English department of Indonesian University. Even though a fresh graduate, I have experiences as private teacher for 3 years, lecture assistant for about 2 years, and a leader of the biggest English club in my University. I am also an Internet Marketing expert so it is quite useful for your product selling.

 

  • What about this job interests you?

Interviewer ingin mendengarkan jawaban Anda mengenai kenapa Anda tertarik terhadap pekerjaan yang ada diperusahaan ini. Kemudian Anda Jawablah dengan kalimat yang singkat dan jelas. Sekedar tips: disarankan bagi Anda untuk memberikan keyakinan bahwa Anda sangat tertarik karena mempunyai pengalaman yang cukup dan kemampuan tambahan yang tidak kalah bagus. Sejatinya, interviewer ingin menguji seberapa pantas Anda untuk bergabung dengan mereka.

Contoh jawaban : Your company is one of my top choices and I come here because my experiences and interests are quite useful for this educational company. I can teach the  students and I can also handle the task of marketing by internet. As I told before that Internet marketing is one of my expertise.

  • What are your career expectations and would you tell me what do you see yourself five years from now?

Jelaskan apa yang ingin Anda capai dalam sebuah karir dan apa yang akan Anda lakukan selama 5 tahun kedepan untuk kesuksesan Anda.

Contoh jawaban : Within 5 years, I am going to generate your company as the top 5 educational companies in Indonesia. I will improve my teaching capabilities by following the course and take so many additional seminars. Also, I would like to take online school in order to improve my marketing strategy in order to help this company branding indludes the wider market.

 

  • Why did you leave your job as a private teacher?

Seorang interviewer ingin mengetahui mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir dan memilih bergabung bersama mereka. Dalam hal ini, Sebaiknya Jelakan Bahwa Anda terlalu hebat untuk terus berada diposisi perusahaan sebelumnya dan kemudian menganggap bahwa perusahaan yang baru mempunyai prospek yang sangat cerah. Yakinkan interviewer bahwa perusahaan merekalah yang terbaik.

Contoh jawaban : I dream big and your company is the solution for me. When I was a leader in educational institute of private teacher, I think that place was not my own. I have to be bigger and smarter. So, I left my position as a leader and decided to join your company. Here, I can reach the higher personal branding, the wider market, and the great experiences of my work.

 

  • What are your strengths?

Ceritakan apa saja keunggulan yang Anda miliki dalam sebuah pekerjaan. Sebagai contoh, Anda mampu memimpin sebuah perusahaan dengan baik, dan menjadi seorang manager untuk teman-teman Anda secara cermat. Anda harus mampu menghitung dengan cepat, atau melakukan multi-tasking. Ceritakanlah semuanya namun secara ringkas!

Contoh jawaban : I have a good flexibility like changing a job to another in a fast response. Second, because my last job was a manager, I am capable to manage people , turn the negative environment out, and develop a productive team.

 

  • What are your weaknesses and how will you improve all of those?

Anda diharuskan untuk dapat menceritakan kelemahan yang Anda punya dan bagaimana Anda memperbaikinya. Kendati demikian, tetap Anda hadirkan kata-kata yang membuat interviewer yakin dengan perbaikan yang akan Anda lakukan dan seolah-olah kekurangan tersebut tidak akan ada lagi saat ini.

Contoh jawaban : My weakness is hard to adapt with the new situation. But for the 2 years experiences as a manager of the private teachers institute, I can reduce my weakness so well. I learned how to face the new situations and fixed the problems in a great solution.

 

  • What are your salary expectations?

Sebaiknya bagi Anda untuk tidak menyebutkan angka secara terang-terangan namun memberikan sedikit pendapat yang sopan. Jika memang Anda ingin tawar menawar soal gaji, maka lakukanlah riset kecil-kecilan mengenai gaji pada posisi Anda bekerja di wilayah tempat Anda tinggal. Jangan megambil standar yang terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah.

Contoh jawaban : I will need more information about my all responsibilities and tasks in this company. It would be great if you could give me an idea about the budget that your company arranged for me.

 

  • Do you have any questions?

Selalu Anda  sediakan pertanyaan untuk seorang interviewer. Ini akan membuat Anda terlihat sangat tertarik dengan perusahaan mereka dan memberikan apresiasi khusus terhadap perusahaan tersebut.

Beberapa pertanyaan yang bisa diajukan adalah :

  1. Would you mind to describe the detailed task of this position?
  2. What kind of management style of this company and how it done?
  3. What are the best things about working here?

Itulah sebuah contoh sederhana mengenai interview bahasa Inggris yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semoga dapat membantu Anda.

No comments:

Post a Comment