Friday, May 29, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Jika Perusahaan Retail Jadi Pilihan Terakhir Anda, Inilah Tips-nya

Posted: 29 May 2015 06:00 PM PDT

Mungkin Anda sudah familiar dengan nama beragam perusahaan retail yang di bawah PT. Sumber Alfaria seperti Alfamart,  Alfa midi atau yang di bawah PT. Indomarco Prismatama (Indomart Group) seperti Indomaret Plus, Indomaret Point, Indomaret, Ceria Mart maupun  IndoGrosir.

Dengan cakupan bisnis yang luas dan menyebar di wilayah Indonesia hingga Ada di tiap kecamatan utamanya di pulau Jawa, perusahaan tentu akan mencari orang-orang yang mempunyai kompetensi terbaik dan mempunyai good attitude. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan bisa melihat orang yang dapat menghasilkan performa baik serta mampu berkontribusi secara nyata untuk perusahaan, baik untuk level sarjana atau diploma yang nantinya akan dipersiapkan untuk memasuki bagian manajemen sehingga perkembangan bisnis perusahaan.

Berbagi tahapan seleksi yang lazim dilakukan di perusahaan retail

Mulai dari seleksi administrasi atau seleksi CV, tentu saja menjadi cara pertama yang dilakukan oleh setiap perusahaan untuk menyaring ratusan pelamar. Kemudian para kandidat (pelamar kerja) yang memenuhi syarat administratif akan menjalani psikotes agar pihak Human Resources yang bertujuan untuk mengetahui tipikal kepribadiannya, hungga mengetahui apakah termasuk analitis, fleksibel ataupun pribadi yang mobile. Selanjutnya tahapan tes berikutnya adalah interview HRD, dimana didalamnya pewawancara akan mengonfirmasi benar hasil psikotes, yang mana hasil wawancara kerja tersebut akan memengaruhi penempatan posisi untuk departemen atau bagian apa yang sesuai dengan kepribadian kandidat, sehingga di interview berikutnya pelamar akan menjalani interview user juga offering letter.

Perspektif sebuah CV unik yang mampu menarik dimata rekruter perusahaan retail

Dari sekian banyak atau ratusan CV yang masuk ke perusahaan, sudah saatnya membuat diferensiasi pada CV lamaran kerja Anda. Bocoran dari berbagai praktisi HRD  perusahaan retail, sebenarnya hal unik dari sebuah CV bukan dilihat dari Anda  harus mampu membuat desain CV yang menarik tapi lebih kepada bobot isi dan informasi yang akan disampaikan.

Selain itu, ada beberapa kesalahan kecil yang berakibat fatal oleh pelamar kerja ketika menuliskan lampiran pada CV, setelah dicek tidak ada. Biasanya orang HRD kalau tidak lengkap, langsung tidak dilihat. Kemudian untuk pemeilihan bahasa pada sebuah CV, biasanya mereka lebih tertarik CV dengan berbahasa Inggris, karena lebih menarik maka akan didahulukan untuk segera diproses.

Tipsnya :

Untuk mendukung CV lamaran kerja, usahakan lampiran yang paling update. Agar bisa meyakinkan pihak rekruter, jangan lupa Anda melampirkan hal-hal berikut:  Ijazah dan transkrip nilai;  Sertifikat mengikuti seminar atau training; Sertifikat pengalaman organisasi atau kepanitiaan.  Selain ditulis pada CV lamaran kerja, Anda juga dapat melampirkan bukti bahwa Anda benar-benar mengikuti organisasi; Surat pengalaman pernah magang atau menjadi freelance; Sertifikat memenangkan kejuaraan ataupun kompetisi yang relevan; Lampirkanlah sertifikat serta surat keterangan antara waktu 3-4 tahun terakhir

Buat surat lamaran kerja dengan teliti

Pastikan kalau surat lamaran kerja Anda  memuat hal berikut:

  • Cantumkan tanggal pembuatan surat. Bagian ini diangggap penting dibuat karena ini akan menunjukan kapan perusahaan akan melakukan follow-up. Jangan sampai Anda sepelekan mengenai fungsi penanggalan ini, baik menuliskan bulan dan tahun yang salah bisa-bisa orang HRD/ personalia tidak akan meneruskan membaca lebih lanjut lamaran kerja Anda.
  • Di bagian perihal/ Hal pada surat lamaran, Anda harus tuliskan ‘Perihal : surat lamaran’
  • Tidak Salah menulis alamat atau tujuan surat karena jika salah akan langsung di abaikan atau dibuang.
  • Jika melalui iklan atau informasi media, jangan lupa cantumkan sumber informasi, dari mana Anda mengetahui lowongan tersebut. Tuliskan dari mana Anda mengetahui tentang informasi lowongan perusahaan seperti halnya di koran, lembaga karir  ataupun iklan melalui website resmi perusahaan.
  • Cantumkan dan tuliskan kompetensi Anda pada surat lamaran, seperti : Saya bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.
  • Jangan scan tanda tangan tapi harus ditandatangai asli di akhir lamaran. Mengapa demikian?, karena tanda tangan asli memiliki makna keseriusan Anda serta mengukur kesunguh-sunguhan atau tidaknya pelamar kerja.

Jenjang karir di perusahaan retail

Disaat Anda lolos dan masuk sebagai karyawan, pada mulanya statusnya ialah karyawan kontrak dalam jangka waktu selama 12 bulan. Pada periode kontrak pihak HRD akan melihat performa kerja Anda, dan bila Anda tidak dapat menunjukan performa baik, maka jangan heran jika perusahaan akan memilih langkah terburuk yakni tidak melanjutkan kontrak.

Tapi, jika ternyata Anda mampu bekerja dengan baik dan kontrak dilanjutkan, kesempatan berkarir Anda akan terbuka yaitu naik ke level Management Development Program selama 2,5 tahun serta tidak menutup kemungkinan kalau Anda naik pada level Junior Manager. Umumnya perusahan akan melakukan training setiap tiga bulan sekali untuk memastikan karyawannya yang siap menduduki level Manager, Senior Manager sampai di tingkat Department Director. Peningkatan karir tentunya akan dilihat dari performa kerja Anda, salah satunya dengan memberikan ide-ide yang cemerlang dan berkontribusi bagi perusahaan secara progresif yang berbasis kinerja.

Kesalahan-Kesalahan yang Membuat ‘Tak Lolos’ Tahapan Seleksi PLN

Posted: 29 May 2015 04:54 PM PDT

PT PLN (Persero) sebagai perusahaan listrik negara, setiap tahunnya senantiasa memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompetensi dibidangnya. Sehingga tak jarang PLN membuka lowongan kerja beberapa kali di setiap tahunnya, baik itu melalui rekrutmen sendiri, job fair hingga rekrutmen kampus.

Sebagai perusahaan BUMN yang terus melakukan ekspansi maupun inovasi, PLN sangat memerlukan talenta yang mempunya sifat inovatif untuk bergabung bersama perusahaan. Sebagai satu-satunya perusahaan yang memiliki bisnis sebagai penyedia energi listrik di Indonesia, PLN mempunyai tuntutan jangkauan pelayanan masyarakat yang menyebar ke seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, PLN mencari kandidat terbaik yang mempunyai keinginan serta antusias untuk terus berkarya melalui proses belajar. Tentunya bagi karyawan yang memiliki keinginan menambah dan mengembangkan kapabilitas diri, perusahaan senantiasa mempersiapkan reward seperti menyediakan beasiswa dalam negeri serta luar negeri, mutual research hingga employee exchange.

Tahapan seleksi PLN

Perlu diketahui bagi Anda yang memiliki minat bekerja di PLN, di PLN mempunyai berbagai tahapan tes akademis yang tentunya disesuaikan dengan latar belakang jurusan pendidikan calon karyawan. Oleh sebab itu, jika Anda ingin lebih percaya diri maka pelajari kembali materi perkuliahan Anda dengan baik. Disamping itu, peliharalah fisik dan kesehatan Anda karena tes kesehatan juga akan dilakukan pada calon karyawan. Pada tahapan inilah para pelamara kerja sering mengalami kendala.

Ada fakta menarik, sebagian besar mereka tidak lolos tes kesehatan gara-gara karena memiliki kolesterol tinggi, padahal kandidat mempunyai potensi yang sangat baik dibidangnya. Bagi Anda yang tidak ingin perjuangan Anda gagal dan tidak terjungkal di tahapan seleksi PLN, Ada beberapa tips untuk melaluinya :

  • Usahakan jagalah pola makan mulai dari sekarang
  • Kurangi konsumsi junk food
  • Perbanyak makanan sehat seperti buah-buahan
  • Jangan lupa untuk tidur teratur dan rajin berolah raga

Nah, kalau Anda sudah tahu tahapannya, jangan lupa mengasah diri mengerjakan berbagai soal psikotes dan berlatih menjawab wawancara kerja.

Tips Menggambar Dalam Tes Psikotes Dengan Tepat

Posted: 29 May 2015 04:45 PM PDT

Tes psikotes gambar merupakan satu soal yang akan diberikan pada saat tes psikotes kerja. Biasanya yang dilakukan untuk tes psikotes gambar ini yaitu menggambar pohon dan manusia. Tes psikotes diberikan untuk menguji kemampuan logika masing-masing pelamar yang tujuannya untuk mengetahui tentang pelamar dalam menghadapi setiap masalah yang kemungkinan terjadi dalam pekerjaa yang mereka lakukan. Kegiatan tes psikotes ini umumnya dilakukan seteleh tes penyeleksian surat lamaran kerja, bagi pelamar yang berhasil menarik perhatian perusahaan dalam tahap awal tes seleksi dengan kriteria yang sesuai dengan apa yang perusahaan butuhkan, tes psikotes tahapan yang akan dihadapi selanjutnya.

Tips Menggambar Dan Menghadapi Tes Psikotes Dengan Sukses

kredit gambar :soalsoalpsikotes.blogspot.com

Tes psikotes berlangsung layaknya seperti ujian sekolah, yang membedakan adalah soal yang diberikan. Mungkin bagi Anda yang sudah pernah mengikuti tes psikotes sudah memiliki gambaran mengenai soal yang akan Anda hadapi nanti, namun jika Anda belum pernah mengikuti tes psikotes, dengan adanya internet Anda bisa mencari contoh soal untuk tes ini guna untuk melatih diri Anda. Nah, dari beberapa jenis soal tes psikotes,  soal gambar adalah salah satu soal yang bisa kemungkinan akan menjadi soal dalam tes psikotes nanti, agar Anda bisa memberikan gambar yang baik dan dinilai baik oleh pihak perusahaan, untuk mengatasi soal menggambar, berikut ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam menggambar yang penting untuk Anda perhatikan.

  • Usahkaan menggambar satu goresan. Hal ini akan menunjukan bahwa Anda orang yang tidak ragu-ragu
  • Goresan gambar tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis
  • Usahakan tidak ada bekas hapusan
  • Posisi gambar berada ditengah
  • Jika menggambar pohon, pilihlah pohon yang memiliki cabang dan berdaun lebat
  • Gambar dengan lengkap
  • Bila menggambar manusia, gambarlah sesuai dengan jenis kelamin Anda.
  • Gambar yang diberikan jelas
  • Jaga kerapihan kertas ruang gambar Anda

Itulah yang harus menjadi perhatian Anda dalam proses menggambar dari tes psikotes, selain mengetahui cara untuk menggambar diatas alangkah baiknya jika Anda juga melakukan beberapa hal berikut ini sebebum berangkat ke tempat tes dan saat akan menegrjakan soal tes psikotes kerja

  1. Kenali jenis soal psikotes yang biasanya muncul
  2. Pelajari bagaimana untuk mengatasi soal tersebut agar Anda bisa menyelesaikan soal dengan cepat
  3. Periksa kembali alat tulis yang akan Anda bawa
  4. Istirahat dengan cukup
  5. Bangun lebih awal dan datang tepat waktu
  6. Sebelum mengerjakan berdo'alah terlebih dahulu
  7. Berusahalah untuk lebih tenag dan teliti dalam menegrjakan soal

Semoga postingan untuk menghadapi tes psikotes gambar diatas dan beberapa persiapan yang penting dilakukan ini memberikan manfaat dan bisa menjadi panduan untuk diri Anda agar bisa menghadapi tes ini dengan sukses.

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup Lamaran Pekerjaan yang Baik

Posted: 29 May 2015 04:35 PM PDT

Daftar riwayat hidup lamaran pekerjaan adalah satu berkas lamaran kerja yang harus dipersiapakan dengan baik, karena daftar riwayat hidup ini merupakan ringkasan mengenai gambaran diri pelamar untuk dikenal oleh pihak perusahaan, baik tidaknya seorang pelamar dikenal oleh pihak perusahaan itu terdapat dari daftar riwayat hidup yang diberikan, maka penting untuk diperhatikan dalam mempersiapkannya. Usahakan dalam penulisan daftar riwayat hidup ini semua terisi dengan informasi yang lengkap dan benar, informasi apa yang dibutuhkan perusahaan dari diri pelamar itu dapat Anda tuliskan dalam daftar riwayat hidup yang akan diberikan.

Contoh penulisan Daftar riwayat hidup melamar pekerjaan yang baik

kredit gambar : tipskarir.com

Daftar Riwayat Hidup dapat ditulis dengan format yang cukup sederhana dan bahkan dengan bentuk yang standard.  Untuk penulisan daftar riwayat hidup ini seperti membuat uraian singkat tentang diri anda yang diawali dengan menuliskan Judul dilanjutkan dengan menambahkan data-data diri seperti data pribadi, latar belakang pendidikan, dan riwayat lainnya sampai diakhiri dengan membubuhi tanda tangan. Dikarenakan daftar riwayat hidup ini cukup penting dan berpengaruh untuk lolos seleksi surat lamaran yang akan Anda hadapi, dalam penulisan daftar riwayat hidup ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  dan berikut sedikit tips untuk penulisan daftar riwayat hidup lamaran pekerjaan

  • Dalam menuliskan daftar riwayat hidup, panjang halaman yang baik 1 halaman bagi fresh graduate dan maximal 3 halaman bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja.
  • Tulislah dengan menggunkaan bahasa yang enak dibaca dan mudah dipahami jangan menuliskan hal-hal yang tidak perlu dan terlalu banyak basa basi dan juga bertele tele.
  • Berikan photo terbaru dengan menggunakan pakaian yang formal, dan usahakan wajah Anda pada foto tersebut terlihat santai.
  • Jangan melampirkan data-data yang tidak penting, isikan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar, baik untuk potensi yang dimiliki, dan pengalaman kerja.
  • Informasi yang diberikan benar, tidak ada sedikitpun kebohongan. Jikapun Anda akan menuliskan apa yang bukan ada pada diri Anda, itu akan menjadi hal yang sangat fatal dan akan berakibat lebih buruk.
  • Untuk penulisan silahkan boleh diketik atau ditulis tangan, pilih yang menurut Anda baik.
  • Sebelum berkas tersebut diberikan, periksa kembali pastikan tidak terjadi kesalahan penulisan.
  • Jaga kerapihan berkas, tidak kotor dan tidak kusut.

Itulalah hal yang perlu Anda perhatikan sebagai tips untuk menulis daftar riwayat hidup lamaran pekerjaan, semoga postingan ini memberikan manfaat dan salam sukses

Panduan Menjawab 5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

Posted: 29 May 2015 04:30 PM PDT

Panduan wawancara kerja –Setelah pihak perusahaan merasa tertarik dengan hasil dari tahapan tes yang telah dilalui baik untuk tes seleksi surat lamaran kerja dan tes psikotes, mereka memanggil pelamar tersebut termasuk Anda untuk bisa mengikuti tes wawancara kerja ini untuk melakukan penyeleksian kembali secara langsung menentukan siapa yang berhak untuk bisa bergabung bekerja dengan perusahaan yang mereka pimpin.

Panduan Menjawab 5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

kredit gambar : akuratpost.com

Berlangsungya suatu wawancara kerja adalah sesi tanya jawab antara pihak perusahaan dan pelamar, maka untuk itu persiapan yang penting dilakukan bagi Anda yang akan menghadapi tes wawancara kerja adalah mengetahui bagaimana cara untuk bisa menghadapi pertanyaan yang akan diberikan pihak hrd nanti, agar saat wawancara kerja Anda bisa melakukannya dengan baik. Jawaban Anda adalah nilai keyakinan pihak HRD untuk merekrut Anda, maka persiapakan diri dengan baik, caranya ketahui sejumlah peranyaan yang umum diberikan, dan ketahui juga cara untuk menjawab pertanyaan tersebut agar Anda bisa mengambil jawaban yang tepat. Nah, untuk membantu persiapan Anda menghadapi wawancara kerja tersebut, berikut 5 pertanyaan yang sering diberikan saat wawancara kerja dan tips menjawab pertayaan tersebut penting untuk Anda pelajari.

  1. Silahkan perkenalkan diri Anda !
    Sangat besar kemungkinan pertanyaan ini akan Anda hadapi nanti, sebab pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan pembuka dalam wawancara kerja. Untuk menjawab pertanyaan ini singkat dan tepat, cukup Anda menjawab tentang latar belakang pendidikan dan bisa menyebutkan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar untuk menarik minat pihak perushaaan. Persiapkan jawaban dari sekarang.
  2. Apa Kelemahan Dan Kekuatan Diri Anda ?
    Untuk menjawab pertanyaan ini akan terasa sulit jka Anda belum mengetahui tips untuk memberikan jawaban pertanyaan tersebut, apalagi berbicara mengenai kelemahan. Nah tipsnya beritahu kelemahan dalam diri Anda, tetapi ingat kelemahan tersebut masih bersangkutan dengan suatu pekerjaan dan sertakan dengan cara mengatasi kelemahan yang akan Anda lakukan sehingga seolah-olah kelemahan tersebut akan menjadi sebuah kekuatan diri.
  3. Mengapa Anda ingin bekerja diperusahaan ini ?
    Berikan alasan positif dan jelas yang mendorong Anda untuk ingin bergabung bekerja dengan perusahaan yang sedang Anda lamar, jangan berikan alasan mengenai soal besarnya upah Bicarakanlah mengenai karir Anda yang kemungkinan untuk bekerja ditempat tersebut bisa membantu karir Anda lebih berkembang.
  4. Mengapa Anda berhenti dipekerjaan sebelumnya
    Berikan alasan yang jujurmeskipun karena Anda dipecat, tetapi ingat hindari jawaban yang menjelek-jelekan perusahaan atau atasan sebelumnya.
  5. Berapa Besar Gaji yang Anda harapkan ?
    Jangan berpikir bahwa ini peluang yang baik untuk Anda bisa menghasilkan uang yang banyak, ini adalah salah satu pertanyaan jebakan. Jadi, hati-hati untuk menjawab pertanyaan tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini. bisa Anda berbicara mungkin dengan bertanya kembali mengenai kisaran gaji untuk posisi tersebut yang telah ditetapkan perusahaan, dan sebagai karyawan Anda akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan begitupun soal gaji yang akan Anda peroleh.

Itulah pertanyaan beserta cara untuk memberikan pertanyaan tersebut sebagai panduan wawancara kerja, silahkan untuk Anda coba menyiapkan jawab dari pertanyaan diatas agar saat wawancara nanti dihadapkan dengan petanyaan yang sama, Anda sudah memiliki jawaban yang akan Anda berikan.

Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Wawancara Kerja

Posted: 29 May 2015 04:25 PM PDT

Cara memperkenlakan diri saat wawancaa kerja – Bila perkenalan diri yang dilakukan awal melamar kerja melalui suatu berkas yang disebut dengan CV atau daftar riwayat hidup, dalam tes wawancara kerja Anda akan memperkenalkan diri secara langsung. Memperkenalkan diri dalam tes wawancara kerja ini tidaklah harus selengkap apa yang telah Anda tuliskan dalam sebuah CV, saat pihak perusahaan meminta Anda untuk memperkenalkan diri kembali, cukup Anda hanya meyebutkan tiga hal yang tedapat dari data riwayat hidup yang telah diberikan yaitu nama, latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja yang Anda miliki.

Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Wawancara Kerja

kredit gambar : news.okezone.com

Pada saat memperkenalkan diri dalam sesi wawancara kerja , tentu tidak hanya dari cara bicara dan jawaban yang Anda berikan mereka nilai, akan tetapi keseluruhan diri Anda kan mereka perhatikan, maka untuk tes wawancara kerja ini sangat perlu persiapan yang maksimal. Tujuan dari pihak perusahaan kenapa mereka menyuruh pelamar untuk kembali memperkenlakan diri mereka yaitu untuk meyakinkan kembali apakah yang tertulis dalam CV tersebut benar atau hanya kiasan. Apa yang tertulis dalam berkas lamaran dalam tahapan tes ini harus dibuktikan. Agar perkenalan diri yang akan nanti Anda lakukan bisa diterima baik oleh pihak perusahaan, dalam memperkenalkan diri saat wawancara kerja Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini

  • Memakai pakaian yang cocok dengan lingkungan kerja
  • Datang lebih awal dari waktu wawancara kerja, cara ini guna untuk membantu Anda untuk merapihkan penampilan, dan menenangkan diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan.
  • Rapihkan kembali penampilan Anda baik itu pakain dan rambut, perhatikan diri Anda jangan sampai memalukan di depan HRD.
  • Pastikan nafas Anda segar. Kunyahlah permen atau penyegar nafas sebelum Anda masuk ruangan wawancara.
  • Ketika dipanggil, tarik nafas sejenak untuk meminimalisir rasa grogi dalam diri.
  • Berdiri dan melangkah dengan tenag, tebarkan senyuman jika pewawancraa melihat Anda.
  • Tegaskan saat berjabat tangan dan pasang wajah yang menyenangkan
  • Jika pewawancara berbicara “Senang bertemu dengan Anda,” maka Anda harus mengatakan, “Terima kasih. Senang bertemu Anda juga, Pak/Bu.”
  • Jangan duduk sebelum dipersilahkan
  • Duduk dengan rilex dan posisi duduk benar, tidak menyandar dan menunduk, begitupun posisi tangan dan kaki Anda perhatikan.
  • Bersikap sopan dan jangan menunjukan ketegangan
  • Saat berbicara untuk memperkenalkan diri, buat kontak mata dengan pewawancara,terlebih jika yang
  • mewawancarai Anda lebih dari satu orang, ajak komunikasi kedua pewawancara tersebut dengan kontak mata yang Anda lakukan.
  • Berbica dengan jelas dan gunakan bahasa yang baik.
  • Apa yang dibicarakan HRD dengarkan dengan baik , jangan memotong pembicaraan mereka. Jikapun ada yang kurang dipahami Anda bisa bertanya setelah mereka selesai berbicara.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk cara memperkenalkan diri saat wawancara kerja di awal perkenalan diri, cobalah berlatih dan terapkan poin diatas agar saat wawancara yang sesunguhnya Anda sudah terbiasa untuk melakukan hal itu, jika hanya dibaca bisa mungkin saat wawancara nanti Anda akan lupa. Salam sukses

Rahasia Agar Tidak Terjungkal Di Tahapan Seleksi BRI Untuk Lulusan IT

Posted: 29 May 2015 04:22 PM PDT

Latar Belakang – Di era informasi peran penting teknologi informasi dalam dunia perbankan telah berkembang pesat dan maju. Salah satunya kebutuhan Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan pelayanan jaringan sangat tinggi, guna menjalankan program pemerintah serta untuk menjangkau financial Rakyat Indonesia di bidang perbankan. Hal ini telah dibuktikan oleh BRI yaitu dengan terwujudnya lewat berbagai program pelayanan nasabah yang mencapai kepulauan-kepulauan kecil di bagian wilayah Indonesia timur melalui layanan kantor BRI Teras Kapal.

Sejalan dengan hal tersebut, kebutuhan akan penyediaan layanan jaringan online yang mumpuni juga dapat diandalkan senantiasa menjadi prioritas utama. Hal ini tentunya akan mendorong BRI untuk senantiasa mengembangkan Divisi IT, utamanya dalam hal mengembangkan berbagai produk pelayanan bagi nasabah secara mandiri tanpa harus selalu meminta bantuan vendor atau pihak ketiga.

Patut Anda ketahui divisi IT BRI merupakan divisi IT perbankan terbesar di Indonesia, hal ini ditunjukan denga adanya gedung tersendiri yang dijadikan sebagai main data centre di Ragunan. Keseriusan BRI dalam mengembangkan jaringan informasi secara mandiri, juga tampak dengan adanya investasi peluncuran satelit miliki BRI semenjak tahunl 2014. Dengan satelit yang dimiliki BRI ini diharapkan dapat lebih menjangkau pelosok-pelosok wilayah indonesia juga memperkuat akses data warga Indonesia pada umumnya.

Cara Bekerja di BRI

Agar Anda bisa bergabung dengan BRI, ternyata ada beberapa tahapan seleksi yang wajib Anda lalui dan diantaranya: seleksi dokumen lamaran kerja (berkas), Psikotes dan tes minat bakat, serta tes wawancara. Selain itu, catatan bagi Anda yang lulusan IT bahwa BRI membutuhkan SDM IT handal yang menyukai akan tantangan serta mau belajar.

Disisi lain, untuk persyaratan administrasi yang harus dipersiapkan oleh calon kandidat yaitu memiliki IPK S1 minimal 2.75 untuk PTN atau setidaknya 3.00 untuk PTS. Jurusan yang bakal diutamakan yaitu Ilmu Komputer, Teknik Informasi, Teknik Informatika serta Teknik Elektro.

Jika Anda telah dinyatakan lolos tahapan seleksi BRI tersebut, selanjutnya Anda akan mendapatkan pelatihan PPS IT yang memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan. Pelatihan ini bertujuan kesempatan untuk mengembangkan diri dan selanjutnya akan diberikan jenjang karir melalui penawaran kuliah pasca sarjana setelah 3 tahun masa bekerja. Ingat, Anda pun harus mempersiapkan mental untuk rolling penempatan di seluruh Indonesia.

Nah, sebagai pelengkap pengetahuan Anda mengenai tahapan seleksi BRI, silakan baca juga artikel : Bocoran Interview BRI dan Contoh Pertanyaan

Contoh Penulisan CV Lamaran Kerja yang Baik Terbaru

Posted: 29 May 2015 04:20 PM PDT

Contoh CV – Ketertarikan seorang HRD ketika membuka suatu lamaran kerja yang mereka terima terdapat dari surat lamaran kerja dan CV. Surat lamaran sebagai berkas pembuka jelas haruslah menarik minat HRD untuk ingin mengenal diri pelamar dan CV adalah sasaran selanjutnya yang akan mereka lihat, dari berkas ini mereka akan mengetahui tentang riwayat masing-masing pelamar. Jika surat lamaran dan CV sudah bisa menarik minat perusahaan, disitu pihak perusahaan akan melakukan pertimbangan untuk memilih beberapa pelamar yang sesuai dengan kriteria yang mereka pilih untuk bisa masuk menghadapi tes selanjutnya. Hati-hati banyak lamaran yang terabaikan itu dikarenakan kondisi dari berkas lamaran kerja tidak menarik, baik itu dari surat lamaran atau CV yang diberikan. Maka dari itu penulisan untuk dua berkas lamaran tersebut haruslah diperhatikan dengan baik.

Contoh Penulisan CV Lamaran Kerja yang Baik Terbaru

kredit gambar : www.nhn.ou.edu

Nah, jika pada waktu lalu saya mempostingkan mengenai contoh surat lamaran kerja untuk membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja agar menjadi surat lamaran kerja yang baik, pada kali ini saya akan membagikan contoh CV sebagai pelangkap dari surat lamaran yang akan Anda persiapkan, dengan mengetahui dan melihat contoh cv ini, bisa menjadi pegangan yang mudah untuk Anda melakukan penulisan CV lamaran kerja.

Contoh Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Agustin Sri Aisyah
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 23 Mei 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Alamat : Jl. Panjang no 89 Blok B Kel. Baringin, Bandung 87876
Telepon : 089 787 898 000
Email : agustin@gmail.com

Latar Belakang Pendidikan
Pendidikan Formal
2008-2012 : S1 Universitas Darma Husada Bandung
2005-2008 : SMK Muda 3 Bandung
Pendidikan Non Formal
2006-2007 : Kursus bahasa asing jepang dan inggris
2008-2009 : Komputer Akuntasi dan Administrasi

Kemampuan
1. Berbicara dan Menulis Bahasa inggris dan Jepang dengan fasih
2. Mengoprasikan komputer
3. Sistem akuntansi dan Administrasi

Pengalaman Kerja

  • Bekerja di PT. Harmoni Bandung
    Periode : Juni 2012 – Maret 2013
    Posisi : Operator Administrasi
    Status : Karyawan kontrak
  • Bekerja di PT. BTPN bnadung
    Periode : Mei 2013 – Maret 2015
    Posisi : Teller
    Status : Karyawan tetap

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan sanggup untuk dipertanggung jawabkan,

Bandung, 27 Mei 2015
Agustin Sri isyah

Contoh CV diatas hanya untuk referensi dalam penulisan yang akan Anda lakukan dalam penulisan CV lamaran kerja, silahkan isi data dengan lengkap, dan ingat berikanlah data yang relevan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Semoga contoh diatas bisa menjadi peganagn yang baik dan memebawa Anda untuk bisa lolos tes seleksi surat kamaran kerja. Salam sukses

No comments:

Post a Comment