Sunday, May 10, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Tips : 8 Syarat Jika Ingin Mempunyai Karyawan ‘Setia’ Pada Perusahaan

Posted: 10 May 2015 05:53 PM PDT

Tips – inilah 8 syarat jika Anda ingin memiliki karyawan yang setia dan loyal terhadap perusahaan;

  1. Kompensasi. Gaji menjadi salah satu komponen penting untuk mempertahankan karyawan serta menjadi bagian yang dianggap penting hingga membuat mereka tidak beralih pekerjaan. menurut Survei Robert Half menunjukan bahwa gaji ini sebagai faktor utama yang akan membuat mereka setia dan loyal pada perusahaan. Di era sekarang perihal Gaji dengan tunjangan yang memadai bahwa tidak sedikit perusahaan yang tidak tanggung-tanggung menawarkan fasilitas tambahan guna menarik karyawan agar betah.
  2. Menjaga keseimbangan kehidupan dengan pekerjaan. Menurut Robert Half dalam surveinya, disamping uang karyawan juga mencari keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan yang baik. Sebuah survei yang telah dirilis oleh Bayt tahun lalu memperoleh hasil bahwa 75 persen responden di Uni Emirat Arab (UEA) percaya bahwa keseimbangan dalam kehidupan dengan pekerjaan yang baik tidak hanya akan menjamin mereka tetap loyal, tetapi juga menjadi sumber yang sangat penting bagi motivasi. Sementara 60 persen mengklaim bahwa perusahaan mereka saat ini menawarkan dukungan untuk mendapatkan hal ini.
  3. Budaya Perusahaan serta lingkungan kerja. Membangun lingkungan kerja yang kuat dan sehat dalam mendorong karyawan untuk tetap bertahan. Ini masuk dalam salah satu faktor alasan karyawan tetap bekerja dan loyal pada perusahaan. Pemimpin (atasan) yang ingin mempertahankan orang-orang berbakatnya harus cerdik dalam menyediakan lingkungan kerja yang bagus sebagai strategi jangka panjang dalam bentuk investasi sumber daya manusia. Misalnya saja di perusahaan terkemuka yang masuk dalam Daftar The Great Place to Work Institute, akan selalu berusaha menciptakan lingkungan kerja yang baik guna meningkatkan loyalitas, produktivitas maupun penghematan biaya dalam pengadaan tenaga kerja baru.
  4. Menjaga hubungan antar karyawan yang baik. Bisa bekerja di lingkungan yang kondusif dengan didukung oleh hubungan pertemanan yang baik menjadi faktor penting untuk menjaga karyawan tetap betah di perusahaan. Sementara itu, hubungan interpersonal di tempat kerja dipercaya mampu mendorong karir seseorang maupun menghasilkan kepuasan kerja. Selain itu, hubungan kerja yang baik bisa menjadi pemicu kesejahteraan pribadi yang timbul karena memiliki hubungan interpersonal yang positif dilingkungan kerja. Dan, ini menjadi salah satu yang penting dalam upaya membuat karyawan betah terhadap pekerjaan mereka.
  5. Peningkatan karir yang berjenjang. Janganlah membuat karyawan yang merasa tidak berkembang oleh sebab tidak diberi kesempatan, pada akhirnya akan memutuskan untuk beranjak dan pindah kerja. Tidak cuma itu, banyak orang akan meninggalkan perusahaan kalau karir mereka berjalan lambat. Dalam hal ini perusahaan perlu dan berempati memastikan bahwa setiap karyawan diberikan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan diri dengan karir mereka. Berbagai pelatihan maupun promosi jabatan, bisa dijadikan sebagai penawar  untuk mengembangkan diri pada karyawan.
  6. Menjaga reputasi dan citra perusahaan. Mengelola reputasi perusahaan seakan menjadi bagian penting dalam menjaga kepercayaan karyawan. Jika reputasi perusahaan terkenal atau meningkat maka karyawan pun akan bangga dan loyal dalam bekerja. Dan sebaliknya jika reputasi menurun, mereka pun akan mempertimbangkan untuk pindah kerja ke perusahaan yang dianggapnya lebih bagus dan menjanjikan.
  7. Tidak tertinggal dalam perkembangan bisnis atau peluang. Performa bisnis perusahaan dianggap ikut memengaruhi kesetiaan seorang karyawan. Bila saja bisnis perusahaan menyusut maka bisa berdampak pada karyawan. Begitupun sebaliknya, jika bisnis lancar dan banyak proyek didapat maka karyawan akan memiliki kesempatan untuk berkembang secara profesional maupun finansial.
  8. Kepemimpinan yang mampu menginspirasi. Tentu saja hal ini memiliki hubungan penting antara kepemimpinan yang menginspirasi dan loyalitas mengingat keduanya mempunyai dampak besar pada keterlibatan dan komitmen karyawan. Pemimpin tentunya yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi bawahannya dapat memberi motivasi terhadap karyawan untuk bekerja lebih keras serta mencintai pekerjaannya tersebut. Pemimpin seperti ini dianggap mampu mendorong karyawan untuk mencapai tujuan bersama dan tujuan perusahaan, mampu memaksimalkan kemampuan mereka hingga mampu mengatasi kelemahan yang dimiliki. Secara jangka panjang hal ini bisa membuat karyawan merasa lebih diperhatikan, ini artinya karyawan kemungkinan besar akan loyal pada perusahaan.

Jika Kuliah Jadi Jembatan Karir Anda, Apa yang Dilakukan Setelah SNMPTN?

Posted: 10 May 2015 05:16 PM PDT

Hampir tiap tahun, ratusan ribu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mempunyai program studi unggulannya. Nah, bagaimana dengan jurusan terfavorit pilihan peserta SNMPTN tahun ini?. Lewat keterangan pers yang disampaikan oleh Ketua SNMPTN 2015 Prof Rochmat Wahab menjelaskan, setidaknya ada tiga jurusan yang terbilang favorit pada SNMPTN 2015 untuk setiap kelompok keilmuan.

Pada bidang ilmu sains dan teknologi, tiga jurusan favorit teratas yaitu Teknik Informatika,  Ilmu Kesehatan Masyarakat juga Farmasi. Sedangkan pada bidang sosial dan hukum, ada tiga jurusan yang paling banyak disukai yaitu : Manajemen, Akuntansi serta Ilmu Komunikasi.

Tren prodi favorit kali ini tidak jauh berbeda dengan kecenderungan pilihan peserta SNMPTN pada setiap tahunnya. Contohnya pada tahun 2014 kemarin, jumlah peminat ketika SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) paling tinggi adalah prodi Manajemen. Selanjutnya, pilihan favorit berikutnya ialah Ilmu Hukum, Akuntansi, Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Kedokteran, hingga Teknik Sipil. Sementara itu untuk tahun-tahun sebelumnya, yang tergolong tinggi peminatnya yaitu prodi Pendidikan Kedokteran.

Dilihat dari jumlah peserta, pada tahun ini terdapat kenaikan sepuluh persen. Tercatat 852.093 siswa mendaftar SNMPTN. Hanya 137.005 di antaranya diterima di 63 kampus negeri dengan program studi pilihan masing-masing. Setelah mereka mendaftarkan diri pada laman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015, bukan berarti dinyatakan sudah resmi jadi peserta karena masih ada beberapa tahap lagi yang harus dilakukan.

Menurut Rektor UNS (Universitas Sebelas Maret), Solo, Sutarno, ketika siswa melakukan pendaftaran masih harus mengisikan nomor ujian nasional (NUN) pada borang pendaftaran. “Jangan sampai salah dan terlambat,” lanjut Rektor UNS ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Bambang Hermanto selaku Koordinator Sekretariat Pokja Humas Panitia SNMPTN.  Ia pun mengingatkan, setelah mendapatkan NUN dari sekolah, silahkan siswa segera log in kembali ke laman SNMPTN untuk mengisikan nomor tersebut pada identitas dirinya.

“Sebab hanya siswa pendaftar yang telah mengisikan NUN dapat mencetak kartu tanda peserta SNMPTN 2015. Kartu ini menjadi bukti bahwa siswa telah mendaftar SNMPTN 2015 dengan tuntas,” jelas Bambang. Panitia SNMPTN 2015 menetapkan 14 hingga 28 April 2015 sebagai masa pengisian NUN. Siswa dapat menjalani tahap ini hingga pukul 22.00 WIB.

Tahun ini, panitia SNMPTN 2015 mencatat 852.093 siswa SMA/sederajat mendaftarkan diri. Dari jumlah tersebut, 153.229 di antaranya merupakan pemohon Bidikmisi.

Fakta Unik Antara Mempunyai Atasan Pria dengan Wanita

Posted: 10 May 2015 04:51 PM PDT

Berita Karir – Semenjak era tahun 1950-an, sebagian masyarakat Amerika Serikat mencari tahu apakah persoalan gender punya pengaruh kuat dalam pekerjaan melalui beberapa lembaga survei dan media massa terus. Uniknya selama puluhan tahun tersebut, pertanyaan yang sering diajukan para pekerja ialah – jika Anda mendapat pekerjaan dan punya hak untuk memilih atasan, siapa yang akan Anda pilih Pria atau Wanita?.

Pada masa itu hasilnya menunjukan jika dua pertiga para pekerja mengaku ingin bekerja dan lebih menyukai atasan laki-laki. Namun seiring berjalannya waktu, maka terjadi  penurunan yang cukup drastis. Sehingga di tahun 2014 silam, satu dari tiga orang masih mengungkapkan yang sama.

Ini artinya, bahwa selama 61 tahun terjadi peningkatan sebesar 33 persen terhadap persepsi masyarakat pada atasan perempuan. Tapi, hal ini juga bisa mengindikasikan kalau sikap seksisme masih ada dan berkembang dengan baik. Berdasarkan data yang telah dihimpun American Express perihal pemilik bisnis perempuan pada tahun 2014, di Amerika Serikat sudah tercatat sembilan juta perempuan memiliki usaha bisnisnya sendiri. Kemudian pada tahun yang sama, kaum wanita berhasil membuka 1200 bisnis baru disetiap harinya.

Akan tetapi walau meningkatnya jumlah perempuan memiliki  usaha bisnis, namun bisnis mereka tersebut tergolong kecil. Mereka hanya mempekerjakan sekitar 6 persen angkatan kerja dan kontribusi keuntungan yang dicapai masih di bawah 4 persen dari total bisnis yang berlangsung di negeri Paman Sam ini. Artinya, masih banyak ruang yang harus ditingkatkan.

“Perempuan belum bertumbuh dan berkembang sebagaimana seharusnya mereka bisa,” ujar Direktur Eksekutif Dewan Bisnis Perempuan Nasional Amerika Serikat Amanda Brown seperti dikutip dari laman cnnmoney, Minggu, 10 Mei 2015.

“Jadi tidak mengejutkan apabila perempuan lebih memilih untuk bekerja kepada atasan laki-laki, ketika mereka terus berpegang teguh hanya pada pandangan lama yang mereka ketahui.”

Menurut penelitian lembaga survey Gallup,  sekitar 39 % perempuan menginginkan atasan lelaki, 25 persen memilih punya atasan perempuan dan 34 persen menyatakan tak ada perbedaan antara keduanya. Secara garis besar, 46 persen dari laki-laki dan perempuan tidak bermasalah dengan perihal gender dalam pekerjaan.

Jayna Cooke, selaku CEO perusahaan yang menyelenggarakan acara EVENTup, menyatakan bahwa hasil penelitian Gallup secara umum sudah sejalan dengan apa yang diinginkan masyarakat. “Hal tersebut mungkin sebagai respon yang sebenarnya kita ingin dapatkan,” jelas Cooke.

Sebaliknya, Amanda Brown menyangsikan tentang keseriusan Gallup dalam membuat suatu penelitian. Alasannya, pertanyaan terkait atasan pria dan wanita itu sudah berpuluh tahun diajukan. “Gallup terus saja melanjutkan sebuah perbincangan yang sudah usang,” katanya. Namun, Gallup memiliki argumentasi kuat mengenai topik penelitian yang tak pernah mereka gugurkan selama puluhan tahun tersebut.

“Isu gender dalam ranah pekerjaan itu sangat penting, dan kami pikir data-data yang kami himpun selama ini menyediakan wacana bagi masyarakat mengenai isu ini,” papar Pemimpin Redaksi Galllup Frank Newsport. “Satu alasan yang kami pegang teguh untuk mempertahakankannya adalah, topik dan pertanyaan tersebut menunjukkan pada kita semua tentang konteks tren jangka panjang, dan hal ini sangat penting.”

Kemudian Frank Newsport menambahkan, pihaknya tidak akan bosan meneliti berbagai topik yang masih dipertanyakan dalam jangka waktu panjang, sekalipun hasilnya tak pernah menemui kesepakatan, hingga setiap orang setuju dan hal tersebut tidak relevan lagi untuk dibahas. Misalnya persoalan lain yang masih menjadi topik hangat dan terus mereka teliti ialah mengenai penerimaan masyarakat terhadap pernikahan antara warga kulit putih dengan kulit berwarna.

Ingin Lolos Seleksi Awal Melamar Kerja ? Lakukan 6 Hal ini !!

Posted: 10 May 2015 04:40 PM PDT

Kiat sukses Melamar Kerja – Mencari pekerjaan yang cocok dan gaji yang layak sudah jelas itu yang dilakukan setiap pencari kerja dalam mencari suatu pekerjaan disaat ini. Akan tetapi untuk bisa mewujudkan keinginan mendapatkan pekerjaan yang diharapkan tidaklah segampang cukup dengan mencari informasi mengenai lowongan kerja tersebut, setelah menemukan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai masih banyak hal lain yang harus dilewati dan dihadapi setiap pelamar untuk bisa mendapatkan lowongan pekerjaan yang tersedia mulai dari tes seleksi surat lamaran kerja, dan tes lain hingga masuk kedalam tes wawancara kerja.

Dari beberapa tahapan yang harus dilalui tidak semuanya bisa dihadapi semua pelamar yang mengajukan diri untuk mencalonkan sebagai karyawan diperushaaan tersebut. Hanya beberapa orang yang bisa melewati tahapan sebelumnya dengan baik yang bisa masuk ketahap hingga tes wawancara kerja. Nah, bila saat ini Anda sudah menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan dan sedang mempersiapkan lamaran awal, untuk bisa masuk ketahap tes wawancara kerja hingga mendapatkan pekerjaan tersebut, dalam mempersiapan lamaran kerja yang kini akan dilakukan, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Surat lamaran Kerja
    Tulis surat lamaran kerja dengan baik, perhatikan cara penulisan dan penyampaian maksud dalam surat lamaran sebagai permohonan diri untuk bekerja diperusahaan yang kini akan Anda lamar. Surat lamaran adalah berkas lamaran pertama yang akan menarik perhatian pihak perusahaan untuk mengenali lebih jelas pelamar yang memberikan lamaran kerja tersebut, dari itu surat lamaran kerja yang akan dib erikan sangat penting diperhatikan untuk menarik minat pihak perusahaan dalam mengenali diri Anda dan menghargai lamaran yang diberikan.
  2. Daftar riwayat hidup
    Daftar riwayat hidup adalah satu berks penting dan tidak boleh terlupakan terlampirkan dalam melamar kerja. Berkas ini yang akan memberikan kejelasan mengenai data diri pelamar, penting untuk diperhatikan dalam penulisan yang dilakukan sebab dari daftar riwayat hidup ini pihak perusahaan bisa mengenal diri Anda sebagai pelamar dan menjadi penentu untuk layak tidaknya Anda masuk kethap selanjutnya. Untuk membuat daftar riwayat hidup yang baik alangkah benarnya untuk Anda melakukan cara membuat sendiri daftar riwayat hidup tersebut dan buat Daftar riwayat hidup dengan penulisan baik, ringkas, dan informasi jelas serta jujur.
  3. Berkas Lamaran Rapih
    Kerapihan menjadi satu nilai yang bisa membawa ketertaikan pihak perusahaan, jaga setiap kertas lamaran sebaik mungkin, perhatikan jangan sampai kotor dan kusut.
  4. Periksa Kembali
    Baca kembali surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang telah dibuat pastikan tidak terjadi kesalahan penulisan.
  5. Periksa kelengkapan
    Setelah membuat surat lamaran kerja dan Dafatr riwayat hidup, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan berkas yang akan Anda jadikan sebagai lampiran. Periksa keseluruhan berkas dengan lengkap sebelum dimasukan kedalam amplop.
  6. Tulis Alamat Perusahaan Dengan Jelas
    Jika Anda mengirimnay melalui via pos, tuliskan alamat perusahaan yang dituju dengan jelas dan lengkap. Sedangkan jika melalui via email, pastikan email perusahaan benar dan tertulis dengan baik agar lamaran yang diberikan bisa tepat pada perusahaan yang dituju.

Itulah kiat sukses melamar kerja untuk melewati tahap awal seleksi surat lanaran kerja yang perlu Anda perhatikan, selamat mempersiapkan dan sukes.

Contoh Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik

Posted: 10 May 2015 04:35 PM PDT

Contoh membuat CV lamaran kerja – Saat mempersiapkan lamaran kerja, satu berkas lamaran yang akan Anda lampirkan harus terperhatikan baik adalah CV. CV atau daftar riwayat hidup berkas yang memberikan keterangan diri pelamar dengan jelas penting untuk diperhatikan baik dalam segi penulisan serta informasi data yang diberikan. Karena dari daftar riwayat hidup ini pihak bisa mengenali diri pelamar serta bisa memastikan untuk minat mereka menginginkan mengenal diri Anda lebih jauh dengan memberikan kesempatan untuk masuk ketahap selanjutnya.

Dalam membuat CV lamaran kerja terlihatnya seperti mudah, tetapi faktanya masih banyak yang melakukan kesalahan penulisan CV sehingga banyak pelamar yang memiliki kualifikasisesui bahkan potensi yang baik harus gagal melewati tes lamaran kerja dikarenakan kesalahan penulisan dalam embuat CV . Untuk itu saat ini saya mempostingkan contoh membuat CV lamaran kerja yang baik untuk dijadaikan referensi CV yang akan Anda buat Agar tidak terjadi kesalahan penulisan yang bisa membawa kegagalan untuk pekerjaan yang kini tersedia dan ingin Anda dapatkan.

Berikut contoh CV lamaran kerja

Curriculum Vitae

Data Pribada
Nama :Muhamad rizki pratama
Tempat, tanggal lahir : Bandung 12-09-1990
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama :islam
Kewarganegaraan :  indonesia
Status : Belum menikah
Alamat : Jln angkrek no 89, rt 01,rw 015 kecamatan soreang kabupaten bandung barat
Telepon 089980265426
Email : Muhamad_Rizki@ymail.com

Latar Belakang Pendidikan
Pendidikan Formal
2006-2009 : SMA Razawali 99
2009-2013 : D3 Universitan puting beliung bandung
Pendidikian Non Formal
2008-2009 : Kursus b.inggris
2009-2012 : Kursus komputer jaringan

Kemampuan
1. Menguasai aplikasi ms office,seperti ms word,ms excel,ms acces dan perangkat kantor lainnya
2. Menguasai b.inggris lisan maupun tulisan
3. Instal komputer dan internet

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Sejahtera alam indonesia
Periode : Desember 2014 – Maret 2015
Status : Karyawan tetap
Posisi : Marketing
Rincian Pekerjaan : Mencari nasabah untuk mengajukan modal atau pinjaman yang rincian nya berupa sertifikat rumah atas jaminanya.

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan sanggup untuk dipertanggung jawabkan.

Bandung, 7 Mei 2015
Muhamad rizki pratama

Contoh CV diatas hanyalah referensi untuk pegangan dalam penulisan data yang akan Anda lakukan untuk CV yang akan Anda buat. Silahkan isi data selengkap mungkin dan yang paling terpenting, informasi data yang diberikan berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilamar sebab itu yang dicari pihak perushaan untuk memilih calaon karyawan baru untuk perusahaannya. Semoga postingan contoh membuat CV lamaran kerja ini bermanfaat dan bisa membantu memudahkan persiapan Anda. Salam sukses

Dan Ini Tipsnya Agar Surat Lamaran Kerjamu Diterima Baik Perusahaan

Posted: 10 May 2015 04:30 PM PDT

Tips membuat surat lamaran kerja yang baik – Membuat lamaran kerja adalah awal langkah yang dilakukan untuk mendapatkan suatu pekerjaan pada suatu perusahaan, baik perusahaan yang kini sedang membuka lowongan kerja atau karena minat sendiri untuk bekerja diperusahaan tersebut. Untuk persiapan lamaran kerja cukup sulit dilakukan, mengajukan beberapa berkas yang bisa menarik perhatian pihak perusahaan menjadi hal yang harus dilakukan setiap pelamar. Berkas yang menerangkan data diri merupakan awal langkah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, dari itu dalam persiapan lamaran kerja ini harus dipersiapkan dengan baik dan benar agar lamaran yang diberikan dapat diterima dengan baik

Nah untuk persiapan lamaran kerja yang kini akan dilakukan, buat surat lamaran kerja yang menjadi kesan pertama yang bisa menentukan langkah untuk minat pihak perusahaan mengenal diri Anda, disini saya akan memberikan tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik agar surat lamaran atau permohonana yang diberikan bisa diterima perusahaan.

  • Ketahui Format Penulisan yang Benar
    Surat lamaran kerja merupakan salah satu contoh surat resmi yang mana cara penulisannya memiliki format yang telah ditentukan. Tulis surat lamaran Anda sesuai dengan format tersebut. Untuk melihat format penulisan surat lamaran kerja bisa Anda lihat dari contoh surat lamaran kerja.
  • Penggunaan Bahasa Baik Dan Benar
    Tulis surat lamaran ini dengan menggunakan bahsa yang baik dan benar. Penggunaan bahsa yang sopan dan mudah dimengerti sehingga pihak perusahaan bisa mengerti maksud dari isi surat permohonan kerja yang Anda buat.
  • Tulis Dengan Rapih
    Penulisan surat haruslah rapih karena kerapihan ini menjadi nilai ketertarikan pihak perusahaan untuk berminat merekrut Anda dan membrikan peluang masuk ketahap selanjutnya untuk mengenal diri Anda lebih jauh. Penulisan yang rapih bisa menjadi nilai kepribadian Anda, dari itu usahkan penulisan surat lamaran ini rapih. Bila menulis secara manual hindari bekas hapusan dan jaga kerapihan kertas.
  • Isi surat Ringkas Dan Jelas Serta Menarik
    Tulis surat dengan ringkas dan maksud surat tersampaikan dengan jelas. Hindari penulisan yang terkesa bertele-tele karena itu akan membuat pihak perusahaan malas untuk mngenal Anda.Dalam isi surat bisa Anda tuliskan potensi yang baik dan behubungan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar secara singkat sebagai umpan menarik yang membuat pihak perusahaan Ingin mengenal Anda. Tetapi ingat potensi tersebut benar-benar Anda miliki.
  • Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
    Jangan lupa untuk mempersiapkan berkas lain yang menjadi syarat yang harus terlampirkan dalam surat lamran kerja seperti KTP, Ijazah, transkrip nilai,Daftar riwayat Hidup, serta sertifikat yang berhubungan dengan data diri Anda yang bisa menjadai bahan pertimbangan bahwa Anda orang yang tepat untuk bekerja diperusahaan tersebut.
  • Periksa Kembali
    Sebelum bergegas untuk memasukan berkas-berks lamaran ini pada amplop, cobalah untuk periksa kembali penulisn pada surat yang telah Anda buat, pastikan sudah tertulis dengan baik dan benar.

Itulah untuk tips membuat surat lamaran kerja yang baik. Jika ingin surat lamaran yang Anda buat menjadi surat lamaran kerja yang baik dan bisa diterima perusahaan maka terapkan dan lakukan beberapa poin diatas. Salam sukses

Contoh Tepat Untuk Membuat Curriculum Vitea (CV) yang Baik

Posted: 10 May 2015 04:25 PM PDT

Membuat CV yang baik adalah satu cara yang harus dilakukan setiap pelamar untuk bisa menarik perhatian pihak perusahaan dalam tahap seleksi awal lamaran kerja. Keberhasilan seorang pelamar saat mengajukan surat lamaran kerja untuk tes seleksi surat lamaran yang dilakukan pihak perusahaan dalam menyeleksi sekian lamaran untuk memilih orang yang tepat, tidak hanya mengandalkan dari kualifikasi, potensi serta kelengkapan berkas lamaran kerja, melainkan bagaimana cara penulisan yang dilakukan menjadi satu nilai yang bisa menentukan untuk keberhasilan pelamar dalam melewati tahap awal ini.

Penulisan untuk berkas lamaran yaitu CV atau daftar riwayat hidup sebagai berkas perantara yang memperkenalkan diri kepada pihak perusahaan penting diperhatikan dan dilakukan dengan baik, sebab inilah yang menjadi pusat perhatian pihak perusahaan untuk bisa mengenali pelamar dan mengetahui cocok tidaknya pelamar tersebut sebagi salah satu kandidat yang perusahaan cari.  Nah, jika dalam penulisan CV atau daftar riwayat hidup belum Anda pahami, mengetahui contoh penulisan CV atau dafatr riwayat hidup adalah jalan yang paling mudah, untuk itu disini saya kaan memposting satu contoh penulisan CV untuk membantu persiapan Anda dalam membuat CV yang baik agar bisa dikenal dan diterima menjadi satu kandidat untuk masuk ketahap selanjutnya.

Curriculum Vitae

Data Pribada
Nama : Andiningtyas putri
Tempat, tanggal lahir : Bandung 12-02-91
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan :  Indonesia
Status : Belum menikah
Alamat : Jln angkrek suriatmadja No 89 Bandung Timur
Telepon : 085624516787
Email : tyas45yahoo.com

Latar Belakang Pendidikan
Pendidikan Formal
2007-2010 : SMA Ganesha 99 Bandung
2010-2014 : D3 Universitas Langlang buana
Pendidikian Non Formal
2008-2009 : Kursus bahasa asing
2009-2012 : Kursus komputer jaringan

Kemampuan
1. Menguasai aplikasi ms office,seperti ms word,ms excel,ms acces dan perangkat kantor lainnya
2. Menguasai  bahasa asing lisan maupun tulisan
3. Instal komputer dan internet

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Bank perkereditan rakyat
Periode : Desember 2014 – Maret 2015
Status : Karyawan tetap
Posisi : customer service
Rincian Pekerjaan : pembuatan rekening ATM, menjelaskan kepada nasabah rincian tentang produk produk perbankan bank perkereditan rakyat,pembuatan rekening ATM baru,pemindah bukuan rekening baru dsb

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan sanggup untuk dipertanggung jawabkan.

Bandung, 7 Mei 2015
Andiningtyas putri

Itulah contoh untuk membantu Anda dalam membuat CV yang baik. Selamat mempersiapkan dan salam sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat Untuk Anda Lihat

Posted: 10 May 2015 04:20 PM PDT

Contoh surat lamran kerja –Surat lamaran kerja atau surat permohonan kerja menjadi berkas awal yang akan diperhatikan pihak perusahaan untuk mengetahui bagaimana cara penyampaian yang dilakukan pelamar diawal perkenlaan diri dengan perusahaan. Ketika membuat surat lamaran kerja, jelas yang harus diperhatikan itu dalam penulisan yang dilakukan, karena penulisan surat lamaran berpengaruh untuk minat seorang HRD dalam merekrut setiap orang yang minat untuk bekerja diperusahaan yang dipimpin. Penulisan yang baik dan benar tentu menjadi nilai kesan baik yang bisa mencuri minat pihak perusahaan dan ingin mengenal diri pelamar tersebut untuk direkrut menjadi karyawan diperusahaannya. Lain halnya jika surat lamaran yang diberikan dengan penulisan yang tidak baik dan tidak benar, jangankan untuk bisa memberikan kesempatan kerja, mungkin untuk mengenali diri pelamar tersebut dengan melihat berkas yang terlampir tidak baik mereka tidak melakukannya. Nah, dari itu jika ingin Anda mendapatkan kesempatan lamaran yang diberikan diterima, maka buatlah dengan baik dan benar.

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu tidak gampang, apalagi bagi Anda yang baru pertama melakukan melamar kerja dan membuat surat lamaran kerja, tentu masih awam dalam mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar. Dari itu disini saya mempostingkan contoh surat lamaran kerja untuk membantu memudahkan Anda dalam melakukan penulisan surat lamaran kerja diawal lamaran ini agar lamaran yang diberikan dapat diterima dengan baik.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Hal : lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Untung Jangan Rugi
Jl. Mangga jeruk no 89
Jakarta Barat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Untung Janagan Rugi yang saya peroleh dari Situs KERJAKU pada tanggal 9 April 2015. Dengan surat ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin untuk posisi sebagai Customer service yang perusahaan butuhkan.

Berikut mengenai data singkat saya
Nama                              : Sintyya Farlisa
Tempat, tanggal lahir   : Bandung, 31 Mei 1992
Pendidikan Terakhir    : S1 Universitas Majapahit
Alamat                            : Jl Raya Pekan indah no 89 kel Baru, Bandung 56567
Telepon (HP)                 : 081 234 676 898
Status                             : Belum menikah

Saya memiliki kondisi badan yang sehat, Mampu berkomunikasi dengan baik, dapat berbahasa Inggris dengan fasih, dan dapat mengoprasikan komputer dengan baik. Dalam bekerja saya mengutamkan Kejujura, kedisiplinan dan penampilan. Saya memiliki latar belakang yang sangat memuaskan dan saya sanggup menjalankan tugas pekerjaan dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Pas Foto Terbaru
2. Foto Copy KTP
3. Foto Copy SKCK
4. Daftar Riwayat Hidup
5. Foto copy ijazah S1
6. Foto copy transkrip nilai
7. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan

Kesempatan wawancara sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih jelas tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, Atas perhatian Bapak/Ibu personalia saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Sintyya Farlisa

Seperti itulah Contoh penulisan surat lamaran kerja saya postingkan untuk referensi dalam menulis surat lamaran yang kini akan Anda lakukan. Semoga contoh surat lamaran kerja diatas bermanfaat dan salam sukses.

Gawat !, Pabrik Sepatu Akan Pindah, Gara-Gara Upah..

Posted: 10 May 2015 03:59 PM PDT

Berita Buruh – Industri persepatuan nasional akan mulai memindahkan sentra produksi mereka ke wilayah Jawa Barat juga Jawa Timur mulai sejak tahun lalu. Hingga sekarang, tercatat lebih dari 80 perusahaan sepatu mulai berbenah dan pindah secara bertahap.

Sebagai alasannya, Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko menyatakan bahwa hal ini terjadi oleh karena tingginya upah minimum di Tangerang dan Bekasi. "Semua tahu kalau industri sepatu itu perlu relokasi, hampir semua sudah siap-sia untuk pindah," tuturnya pada kemarin Minggu (10/5/2015).

Ia memaparkan alasan dari tujuan relokasi antara lain ke Jawa Timur seperti Nganjuk dan Jombang maupun ke Jawa Barat seperti Tasik, Garut, Subang dan Cirebon. Mengingat upah minimum di Tangerang dan Bekasi, yang hingga kini kedua wilayah tersebut menerapkan upah mencapai Rp2,7 juta dan Rp2,9 juta per bulan. Sementara itu untuk beberapa kabupaten yang ada di Jawa Barat lainnya serta beberapa kabupaten di Jawa Timur masih ada yang di bawah Rp1,5 juta per bulan.

Penyebab lain selain upah yakni tingginya gangguan sosial seperti banyaknya aksi unjuk rasa juga jadi pertimbangan lain. "Kalau di daerah bisa teredam karena lebih kondusif. DI kota kan lebih besar perlu dana untuk hidup. Jadi banyak stresnya," kilahnya.

Lebih lanjut ketua Aprisindo ini menjelaskan tentang relokasi dilakukan secara bertahap, mulai dari pembangunan pabrik, dan secara perlahan memindahkan sebagian kegiatandan proses  produksi di pabrik yang baru. Jika demikian menurutnya dengan cara bertahap ini tenaga kerja juga bisa dikurangi (PHK) secara bertahap.

No comments:

Post a Comment