Monday, May 11, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Tips: Agar Tidak Terlilit Utang Kartu Kredit Untuk Karyawan yang Bergaji Bulanan

Posted: 11 May 2015 05:16 PM PDT

Tips Keuangan – Penggunaan kartu kredit di masa kini terbilang cukup diperlukan. Pasalnya, kalau kita betul-betul mengerti banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan kartu kredit ini. Namun  sebelum menggunakan transaksi menggunakan kartu kredit, sebaiknya seseorang perlu memahami terlebih dahulu tentang kegunaannya. Ada manfaat yang didapatkan dari kartu kredit jika Anda seorang peggawai atau karyawan

  • Menunda pembayaran. Meski memiliki uang pada rekening atau tabungan akan tetapi dengan menggunakan kartu kredit, Anda bisa menunda pembayaran tersebut. Contohnya saja jika pengeluaran bulan ini terlalu banyak, Anda dapat memakai kartu kredit untuk membayar keperluan. Pembayaran tersebut akan ditagih pada masa jatuh tempo.
  • Mengamankan transaksi. Dewasa ini, banyak sekali tindak kejahatan yang terjadi terlebih bilamana kita membawa uang tunai dalam jumlah yang terbilang banyak dan mengundang perhatian. Kelebihan bagi penggunaan kartu kredit yaitu dapat meminimalisir kejahatan tersebut. Hal ini dikarenakan dengan memakai kartu kredit maka seseorang tidak perlu lagi repot membawa uang tunai.
  • Transaksi dapat tercatat dengan jelas. Jika menggunakan kartu kredit, segala transaksi yang sudah dilakukan akan tersimpan atau terecord dengan baik. Selain itu, seseorang dapat mengetahui maupun memeriksa apa yang dibelanjakannya lewat rincian tagihan kartu kredit tersebut.
  • Simpanan dana taktis saat keadaan darurat. Terkadang seseorang dihadapkan dengan kondisi terdesak (mendadak) dimana keadaan tersebut justru memaksa dan harus mengeluarkan banyak uang. Kartu kredit bisa menjadi bala bantuan dikala kondisi keuangan kita tidak mencukupi pada situasi tersebut.

Namun sebaliknya, jika kita tidak bijak dan kurang cermat menggunakan kartu kredit terkadang menjadi sesuatu yang menyebalkan dan kurang nyaman. Terlebih bagi seseorang yang sulit mengendalikan diri dalam berbelanja.
Ada beberapa hal yang perlu dipahami agar dapat menggunakan kartu kredit dengan nyaman namun tidak terjebak dengan tagihan yang cukup besar. Pemahaman tersebut dapat menjadi tips agar tidak terlilit utang kartu kredit.

  1. Kuatkan motivasi bahwa dalam memiliki Kartu kredit bukanlah sebagai uang tambahan, kita hanya meminjam uang dari bank.
  2. Boleh pakai kartu kredit asal pastikan uangnya ada dan jangan pakai gaji bulan depan. Karena seseorang perlu memastikan memiliki uang tunai agar bisa membayar tagihan tersebut.
  3. Pastikan melunasi tagihan kartu kredit secara keseluruhan saat jatuh tempo. Mengingat bunga pada kartu kredit cukup besar mencapai 3 hingga 5 persen. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak menggunakan minimum payment dalam membayar utang tersebut.
  4. Tidak perlu memiliki kartu kredit lebih dari satu. Pastikan juga limit kartu kredit hanya sebesar 1-2 bulan gaji, sehingga tidak terlalu besar dan sanggup dilunasi.
  5. Jika Anda tergolong sulit mengendalikan diri dalam mengatur uang, sebaiknya pakai kartu kredit, cukup pakai kartu debit saja. Karena karekter diri sangat mempengaruhi pola keuangan kita.

Cara Buat Kalimat Positif Pada Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

Posted: 11 May 2015 04:50 PM PDT

Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris – Melamar kerja diperlukan serta surat lamaran dan CV yang baik dengan menggunakan bahasa Indonesia ataupun versi bahasa Inggris. Ketika itupula Anda melakukan personal branding secara tertulis dengan menuliskan profil lengkap, baik pada surat lamaran maupun CV. Supaya mendapat kesan pertama yang positif dan menguatkan Anda pada Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris, berikut ini beberapa kalimat yang bisa Anda pilih dan gunakan pada isi surat :

  • Maksud dan tujuan yang jelas. Hindari kesan Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris yang bertele-bertele atau kami istilahkan ‘lebay’ sebab disamping kepanjangan juga salah-salah bisa membuat recruiter enggan membacanya. Langsung pada tujuan alias straight to the point, dimana didalamnya menyebutkan bahwa anda mendapat informasi tentang lowongan perusahaan tersebut. Misalnya: "I am writing to express my interest in the Sales Manager position advertised on your Web site. I have enclosed a copy of my resume for your review.”
  • Menawarkan keahlian yang relevan dengan kebutuhan. Dalam menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris hendaknya tidak berlebihan dan juga tidak terlalu datar,  melainkan proporsional dan sesuai kemampuan Anda punya. Selain itu usakan Anda meyakinkan perusahaan bahwa Anda seabagai calon karyawan yang berkualitas, pribadi yang mau belajar atau juga berpengalaman. Silakan pada akhir kalimat dengan menulis  "I am confident that these combined experiences make me an ideal candidate for this position.”
  • Personal branding. Jangan sekedar meniru contoh atau template Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris, namun sebaiknya Anda bisa memperlihatkan apa yang bisa dilakukan untuk perusahaan. Untuk menguatkannya gunakan kata aksi seperti developed, managed, dan facilitated dalam  mempersonofikasikan kemampuan anda pada pekerjaan sebelumnya jika pernah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya.  Silakan buat kalimat penegasannya seperti “I strongly believe I possess the right combination of skills and experience you are looking for”.

Ketika anda menggunakan kesempatan membuat Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris, hal ini dapat menjadi  kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris anda dalam menulis surat secara profesional. Ingat, sebaiknya hindari kata-kata yang rumit agar recruiter yang membacanya tidak sulit menangkap pesan yang Anda sampaikan atau bahkan membuat bingung buat mereka.

Jangan terburu-buru dalam membuat Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris, lebih baik Anda periksa ulang kembali. Jika Anda masih ragu dalam penyusunan kata maupun kalimatnya pada Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris, alangkah baiknya  konsultasikan pada mentor atau orang yang anda anggap lebih meegerti bahasa Inggris. Bacalah kembali kalimatnya satu persatu, guna memastikan kalau Anda tidak salah menggunakan ejaan, tata bahasa atau dalam penuturan kalimat-kalimatnya. Demikian paparan dari kami, selamat mencoba dan semoga sukses ya!.

5 Strategi Untuk Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Sukses

Posted: 11 May 2015 04:40 PM PDT

Panduan Wawancara Kerja – Bagi Anda yang kini tengah sibuk dalam persiapan menghadapi wawancara kerja, dari beberapa persiapan untuk menghadapi tes tahapan kerja, mungkin persiapan kali ini yang membuat Anda harus lebih memaksimalkan diri untuk bisa melewati tahapan tes wawancara kerja dengan baik, sebab keberhasilan melewati tahapan wawancara kerja menjadi keberhasilan yang sesungguhnya untuk bisa menempati pekerjaan yang diinginkan. Tes wawancara kerja atau tes interview sangat menegangkan dan mungkin membuat tegang setiap pelamar untuk menghadapinya, dari itu agar Anda bisa meminimalisir ketegangan diri untuk menghadapi tes wawancara kerja, pada kesempatan ini saya memberikan 5 strategi sebagai panduan untuk menghadapi tes wawancara kerja agar Anda bisa lebih siap menghadapi tes yang menentukan ini. Nah, berikut 5 strategi tips persiapan diri menghadapi tes wawancara kerja

  1. Latih Mental Diri
    Persiapakan mental dengan baik sebab inilah yang menjadi faktor pendorong berlangsung lancar tidaknya suatu wawancara kerja. Mental yang terlatih akan membuat diri Anda lebih tenang saat berhadapan dengan pihak perusahaan. Lakukan pelatihan diri dengan cara berkomunikasi dan bertanya serta menjawab layaknya saat wawancara kerja, lakukan bersama rekan atau sodara Anda. Lebih tepat minta rekan atau sodara yang memiliki pengalaman dalam wawancara sehingga Anda bisa sambil belajar bagaimana cara wawancara yang baik.
  2. Kenali perusahaan
    Sempatkan waktu untuk mencari mengenai profil perusahaan yang akan Anda lamar. Sehingga saat diberikan pertanyaan yang bersangkuta dengan perusahaan, Anda bisa memberikan jawaban yang tepat.
  3. Pelajari pertanyaan wawanacara kerja
    Cari tahu dan pelajari mengenai pertanyaan yang diberikan saat wawanacar kerja. Dengan mencari tahu soal ini selain dari pertanyaan tersebut Anda juga akan mengetahui bagaimana tips menjawab pertanyaan dan dengan itu dari sekarang Anda bisa memikirkan untuk memberikan jawaban yang tepat sehingga saat diwawancara nanti jika Anda menemukan pertanyaan yang sama, Anda tidak akan merasa bingung untuk menjawab pertanyaan tersebut.
  4. Persiapkan Penampilan
    Penampilan adalah kesan awal yang akan menjadi ketertarikan pihak perushaaan untuk mengenal diri Anda. Penampilan yang baik membuat minat perusahaan ingin mengetahui kepribadian Anda lebih jauh. Siapkan penampilan yang memperlihatkan bahwa diri Anda profesional. Dalam penampilan untuk pakaian pilihlah pakaian yang sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lamaran sudah tentu bersih, rapih, dan pas untuk tubuh Anda tidak terlalu ketat dan tidak longgar. Selain pakaian juga perhatikan penampilan wajah, bagi wanita gunakan riasan yang natural serta hindari aksesoris yang berlebihan. Bagi laki-laki perhatikan rambut Anda karena itu yang menjadi pengaruh pada kesan raut muka.
  5. Istirahat Dengan Cukup
    Tubuh yang prima juga sangat membantu Anda untuk bisa melewati wawancar kerja denga baik, untuk itu agar saat hari wawancara nanti tubuh Anda prima , lakukan istirahat yang cukup dan jaga pola makan Anda.

Itulah 5 strategi sebagai panduan wawancara kerja untuk Anda yang kini sedang melakukan persiapan untuk  mengikuti tes wawancara kerja, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Contoh Surat Lamaran Kerja Part time

Posted: 11 May 2015 04:35 PM PDT

Contoh surat lamaran kerja part time – Bekerja part time atau bekerja paruh waktu adalah pekerjaan yang banyak diincar oleh kalangan mahasiswa, biasanya pekerjaan ini diambil bagi mereka yang masih menitih pendidikan dan ingin belajar mendapatkan penghasilan sendiri. Tidak banyak perusahaan yang memberikan pekerjaan seperti ini, biasanya pekerjaan part time diberikan oleh sebagain perusahan yang membutuhkan tenaga kerja dari waktu-waktu tenrtentu. Bagi Anda yang kini menginginkan pekerjaan diwaktu senggang pekerjaan seperti inilah yang tepat untuk diambil, karena pekerjaan ini tidak diharuskan untuk Anda berangkat ketempat kerja dan mengerjakan pekerjaan ini bisa dilakukan diwaktu-waktu senggang yang dimiliki.

Banyaknya yang membutuhkan suatu pekerjaan part time, umumnya dari kalangan pelajar mahasiswa atau sekolah menengah yang sudah mencoba mencari pekerjaan sendiri. Dengan banyak pencari kerja ketika suatu perusahaan menawarkan suatu lowongan kerja part time ini sudah tentu banyak peminat yang akan mengajukan diri untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Dalam merekrut pekerja untuk pekerjaan part time dari perusahaan, sudah tentu awalnya sama bahwa setiap pelamar harus memberikan lamaran kerja terdahulu. Nah, bila saat ini Anda sedang menginginkan pekerjaan yang menyediakan lowongan pekerjaan part time, membuat lamaran kerja khusunya surat lamaran kerja harus tertulis dengan baik, sebab meskipun ini pekerjaan part time, perusahaan akan melakukan penyeleksian pekerja yang akan mengambil pekerjaan tersebut agar pekerjaan yang diberikan bisa dilakukan dengan baik. Jika Anda salah satu peminat kerja pasrt time, untuk awal melamar kerja ini perhatikan surat lmara yanb akan diberikan sebb itu akan emnjadi pengaruh awal minat pihak perusahaan untuk menentukan siapa yang tepat mengambil pekerjaaan tersebut. Dan untuk surat lamaran kerja pasrt time, dalam penulisannya bisa Anda melihat contoh berikut

Contoh surat lamaran kerja pasrt time

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada :
Yth, pimpinan personalia
PT. Media Priangan
Jl. Saboga no 89, Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya terima bahwa perusahaan media Priangan sedang membutuhkan tenaga kerja baru untuk pekerjan part time, maka dengan ini saya yang bertanda tangan di bahawah ini :
Nama : Syamsul Ahmad
Tempat, tanggal lahir : Bandung,  21 Mei 1994
Alamat : Jl. Raya menteng, buah duri Bandung 7678
Pekerjaan : Mahasiswa Universitas Maranata
Status : Belum menikah

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, terbiasa bekerja dengan komputer, ketelitian dan kejujuran saya utamakan dalam bekerja. serta saya siap untuk bekerja maksimal dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :
1. Pas foto terbaru
2. Foto copy Tanda Mahasiswa
3. Foto copy KTP
4. Foto copy Ijazah SMA
5. Daftar riwayat hidup

Kesempatan untuk bisa mengikuti tes wawancara kerja sangat saya harapkan, agar saya dapat menjelaskan secara lebih jelas tentang potensi diri saya.

Demikian surat permohonan ini, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Syamsul Ahmad

Itulah contoh surat lamaran kerja part time, silahkan untuk Anda persiapakan surat lamaran ini dengan baik untuk mengambil kesempatan pekerjaan yang kini tersedia. Salam sukses

Sebab Mengapa Surat dan CV Lamaran Kerja Tidak Dibaca HRD

Posted: 11 May 2015 04:32 PM PDT

Surat dan CV Lamaran Kerja- Setelah mengirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan tapi surat dan CV lamaran kerja Anda malah luput dari perhatian personalia dan HRD. Akibatnya Anda tidak masuk daftar panggilan seleksi ataupun wawancara kerja. Nah, untuk mengetahui nya, saat ini akan kita ulas mengenai kesalahan dalam membuat Surat dan CV Lamaran kerja sehingga dokumen yang Anda kirimkan tidak layak dipertimbangkan perusahaan.

Surat dan CV Lamaran kerja menjadi halaman depan yang dilihat pihak perusahaan ketika membuka dokumen berkas lamaran kerja. Agar Anda tak gagal di tahap seleksi administrasi, ada beberapa hal yang layak menjadi catatan Anda ketikan mengirimkan Surat dan CV Lamaran kerja ;

  • Hindari menggunakan jumlah kata "Saya" yang berlebihan pada surat lamaran.Sebaiknya yang mesti ditekankan ialah menjelaskan diri Anda sebagaimana kualifikasi yang dibutuhkan calon perusahaan dan bukan cerita Anda. Hindari persepsi yang fokus hanya pada diri sendiri, seperti permohonan kerja yang lebih mengharapkan belas kasih perusahaan sehingga lupa dengan apa yang seharusnya Anda tawarkan pada perusahaan pada isi Surat dan CV Lamaran kerja .
  • Lemah dalam membuat kalimat pembuka.  Kesulitan yang biasa terjadi ketika menulis ialah membuat kalimat pembuka. Kesulitan ini menghasilkan pengenalan diri yang lemah tanpa mampu membuat pembaca (pihak perusahaan) tertarik. contoh kalimatnya : Tolong pertimbangkan saya untuk posisi Marketing yang sedang Anda butuhkan. Disarankan  menggunakan kalimat yang lebih baik  seperti: Kebutuhan Anda akan seorang Marketing yang handal saya rasa tepat dengan riwayat bekerja saya selama 2 tahun terakhir yang mencapai target dengan baik.
  • Lemah daya tawar. Surat dan CV Lamaran kerja semestinya lembaran promosi singkat Anda yang mampu menjual kemampuan diri kepada calon perusahaan yang sedang Anda lamar. Sebagaimana Surat dan CV Lamaran kerja  berisi alasan utama anda harus dipanggil untuk sebuah seleksi dan wawancara kerja.
  • Isi yang Terlalu Panjang. Membuat Surat dan CV Lamaran kerja yang terlampau panjang, justru akan memjadi bomerang bagi Anda. Semula ingin memperlihatkan banyak pengalaman, tapi karena kurang relevan dan jadi kepanjangan malah membuat prang HRD enggan membacanya. Sebuah Surat dan CV Lamaran kerja  yang baik dibuat ringkas namun menarik sehingga menghormati waktu pembacanya.
  • Tidak mencantumkan posisi/ kode posisi sebagai subjek email/ amplop lamaran kerja. Bila anda ingin membuat surat lamaran berdasarkan lowongan yang diiklankan, cantumkan jabatan tertentu yang sesuai dalam surat lamaran anda. Pikirkan jika orang yang menyeleksi surat lamaran anda mungkin harus membaca ratusan surat lamaran untuk puluhan pekerjaan yang berbeda. Pastikan redaksionalnya agar Surat dan CV Lamaran kerja  mendukung sebagaimana kebutuhan spesifik calon perusahaan.
  • Lupa merubah dan menyesuiakan isi Surat dan CV Lamaran kerja  dengan perusahaan. Bila anda melamar kerja lebih dari satu perusahaan dengan posisi berbeda, Jangan lupa mencermati informasi tentang perusahaan, pekerjaan, informasi kontak. Jangan sampai salah tulis pada Surat dan CV Lamaran kerja, baik itu mencantumkan kepala surat yang sesuai dengan badan surat karena Anda akan membuat perusahaan langsung mencoret anda.

Contoh Serta Cara Menulis CV lamaran Kerja yang Baik

Posted: 11 May 2015 04:25 PM PDT

Contoh cara membuat CV yang baik – CV atau daftar riwayat hidup merupakan satu berkas lamaran kerja yang harus tertulis dan terlampirkan dengan baik, sebab berkas ini merupakan berkas lamaran yang menjadi pusat perhatian pihak perusahaan. Dalam CV yang dilampirkan, pihak perusahaan bisa mengenali diri pelamar dan inilah pentingnya setiap pelamar melampirkan CV dalam lamaran yang diberikan agar pihak perusahaan bisa mengenali diri pelamar secara jelas.

Buat CV lamaran kerja dengan baik dan benar sebab dari CV ini menjadi ketentuan pihak perusahaan untuk bisa mengenal baik atau tidaknya seorang pelamar. CV yang terlampirkan dengan baik akan membuat perusahaan mengenal diri Anda dengan baik, lain sebaliknya jika CV yang diberikan tidak baik maka perusahaan akan sulit bahkan tidak mengenal diri pelamar dengan baik. Nah, untuk itu jika lamaran kerja yang akan diberikan bisa menjadi awal perkenalan yang baik caranya terdapat dari CV atau daftr riwauyat hidup yang akan Anda buat karena disitu pihak perusahaan bisa mengetahui dengan jelas tentang diri Anda sebagai calon pekerja diperusahan yang mereka pimpin. Untuk membuat CV lamaran kerja tidaklah dapat ditulis dengan ngasal atau seperti penulisan CV dalam kepentingan lain. Dalam penulisan CV lamaran kerja  terdapat beberapa hal yang membedakan dengan penulisan CV untuk kepentingan lainnya, mungkin untuk memudahkan Anda dalam penulisan CV lamaran kerja ini, bisa Anda lihat contoh CV dan tips penulisan berikut sebagai cara yang singkat untuk membuat CV  yang baik

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Regina Erlan
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 22 April 1993
Alamat : Jl. Raya kenanga no 34 kel. Indah raya, semarang 35456
Alamat Email : Reginaa@yahoo.co.id
Telepon : 089 565 787 998
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Tinggi / Berat badan : 170 cm / 50 kg
Kewarganegaraan : Indonesia

Latar Belakang Pendidikan
Pendidikan Formal
2010-2013 : D-3 Universitas Kerta Semarang
2009-2012 : SMK Budi Negri Semarang

Pengalaman Orgnisasi
2009 – 2010 : Ketua BEM Fakultas Ekonomi Semarang
2008 – 2009 : Kepala Bidang SDM BEM Fakultas Ekonomi Semarang

Kemampuan
1. Mengoprasikan komputer dengan baik
2. Berbica bahasa inggris dan jepang
3. Sistem Akuntansi dan Perpajakan

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Sentosa Makmur
Periode : Agustus 2013-Maret 2015
Status : Karyawan tetap
Posisi : Customer service

Demikan Riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat saya pertanggung jawabkan.

Semarang, 11 April 2015
Regina Erlan

Nah itulah contoh CV yang bisa menjadi referensi penulisan CV yang akan Anda buat, dan untuk pelengkap persiapan membuat CV lamaran kerja yang baik, berikut cara penulisan CV yang harus Anda perhatikan

Cara Penulisna CV yang Baik

  1. Dalam penulisan CV ini perhatikan penggunaan huruf besar kecil serta sesuai dengan EYD. misalnya untuk penulisan awal lakukan dengan huruf besar.
  2. Tulis setiap data dengan jelas dan benar, perhatikan setiap penulisan yang dilakukan jangan sampai terjadi kesalahan penulisan.
  3. Dta yang diberikan benar
  4. Coba untuk periksa kembali sebelum Anda masukan pada amplop lamran kerja atau mengirim berkas lamaran ini.

Demikian penjelasan mengenai Contoh cara membuat CV yang baik, semoga contoh dan cara penulisan cv diatas bermanfaat.

Tips Menjawab 7 Soal Wawancara Kerja yang Umum Diberikan HRD

Posted: 11 May 2015 04:20 PM PDT

Sejumlah pertanyaan atau Soal wawancara kerja sudah pasti akan Anda hadapi saat wawancara kerja nanti, Beragam pertanyaan mulai dari pertanyaan umum sampai pertanyaan yang mungkin menyulitkan jawaban akan diberikan seorang HRD dalam mengenali diri seorang pelamar. Dari sejumlah pertanyaan yang diberikan, untuk setiap jawaban yang diberikan itulah yang menjadi nilai untuk keyakina pihak HRD memutuska siapa yang tepat untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan tersebut

Wawancara kerja adalah tes akhir yang menjadi penentu keberhasilan pelamar dalam mendapatkan pekerjaan, dari itu bagi siap yang mendapatkan kesempatan wawancara kerja persiapkan diri dengan baik karena dengan berhasil melewati tes wawancara ini bisa mewujudkan harapan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dari persiapan lamaran kerja yang dilakukan, mengenali setiap pertanyaan dan cara menjawab pertanyaan penting untuk dikenali karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa jawaban yang diberikan untuk setiap soal wawancara kerja yang diberikan HRD akan menjadi satu poin meyakinkan pihak perusahaan dalam menentukan pelamar yang tepat.  Berikan jawaban yang tepat untuk setiap soal wawancara kerja sehingga Anda bisa menjadi orang yang terpilih untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Nah, dari persiapan wawancara kerja agar Anda bisa memberikan jawaban yang baik, langkah yang tepat berada dihalamn ini karena disini akan dipostingkan tips menjawab soal wawancara kerja yang umum dipertanyakan seorang HRD.

  1. Ceritakan tentang diri Anda !
    Pertanyaan ini sangat umum dan pastinya akan Anda temukan nanti. Menjawab pertanyaan ini memang gampang tetapi perlu diketahui bahwa untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan Anda harus mengetahui apa yang ingin diketahui pihak prusahaan dari pertanyaan yang diberikan. Seperti untuk menjawab pertanyaan ini, tidak perlu Anda memberikan jawaban yang menjeleskan sejaca rinci mengenai diri Anda. Cukup dengan menjelaskan nama, alamat, latar belakang pendidikan dan bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja bisa ceritakan pengalaman kerja Anda.
  2. Mengapa Anda Ingin Bekerja Di perusahaan ini ?
    Pertanyaan ini juga mungkin akan Anda temukan dalam wawancara nanti. Perusahaan mengajukan pertanyaan ini mereka ingin mengetahui keseriusan pelamar untuk ingin bekerja diperusahaan yang merek pimpin. Untuk menjawab pertanyaan ini luangkan waktu untukAda mengenali profil atau kronologi perusahaan sampai Anda bisa mendapatkan alasan apa yang membuat Anda tertarik untuk bekerja diperusahaan tersebut atau bisa Anda hubungkan dengan posisi kerja dariperusahaan dengan potensi yang dimiliki.
  3. Jika Ada Kesempatan Untuk Pekerjaan Dari Perusahaan Lain, Perusahan Mana yang Akan Anda Pilih ?
    Ini adalah salah satu pertanyaan jebakan untuk mengetahui seberapa besar niat Anda untuk bekerja diperusahaan tersebut. Dalam menjawab pertanyaan Jangan sekali-kali menyebutkan perusahaan lain, berikan jaeaban yang tepat dan positif yang telah dilakukan seperti ini : Sebelum memutuskan melamar kerja ke perusahaan ini, saya telah melakukan beebrapa pertimbangan terlebih dahulu dan saya yakin perusahaan ini yang tepat untuk saya berkarir dengan kehlian yang saya miliki.
  4. Apa yang Akan Anda Capai 5 Tahun Kedepan ?
    Pertanyaan ini tujuannya untuk mengetahui apa rencana jangka panjang Anda. Jangan brikan jawaban harpaan untuk posisi yang lebih tingga dan gaji.
  5. Apa yang Dapat Anda Berikan Untuk Perusahaan Dibandingkan Pelamar Lain ?
    Pertanyaan ini bisa menjadi pertanyaan yang sulit untuk Anda jawab. Dan tips untuk menjawab pertanyaan ini Anda bisa melakukan mengambil jawaban dari kemampua yang Anda miliki yang mungkin tidak dimiliki pelamar lain.
  6. Mengapa Anda Berhenti Dari Perusahaan Sebelumnya ?
    Untuk menjawab pertanyaan ini hinbdari jawaban yang bersifak menjelekan atau merendahkan perusahaan atau atasa yang sebelumnya karena itu akan menjadi kesan yang kurang baik, pihak perusahan akan berfikir jika nanti Anda melamar pekerjaan pada perusahaan lain akan melakukan hal yang sama. Bwrikan saja jawaban yang diplomatis.
  7. Jika Anda Diterima, Berapa Gaji yang Anda Inginkan ?
    Perusahaan memberikan pertanyaan seperti ini bukan berarti mereka sudah akan memilih Anda. Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang tidak menyebutkan angka yang diinginkan, terkecuali jika perusahaan memaksa bisa Anda menyebutkan kisaran gaji untuk posisi tersebut. Coba ketahui dan tanya pada rekan Anda yang memiliki posisi yang akan Anda lamar menegnai gaji yang mereka dapatkan.

Itulah contoh soal wawancara kerja yang umum diberikan HRD saat wawancara kerja beserta tips menjawab soal tersebut untuk panduan Anda saat mmberikan jawaban nanti. Semoga postingan ini bermanfaat dan salam sukses

Cara Tulis Surat Lamaran Kerja Tenaga Sales – Marketing

Posted: 11 May 2015 03:39 PM PDT

Surat lamaran sales – Agar bisa menjadi seorang sales dan marketing yang handal diperlukan proses, kerja kerasa dan pengetahuan yang cukup. Menjadi tenaga sales bisa dari latar belakang dan pendidikan apapun, dimana pendidikan bukanlah hal yang nomer satu untuk posisi maupun profesi di bidang pekerjaan sales. Hanya saja Anda hanya perlu proses dan mau belajar tentang teknik komunikasi yang baik serta berbagai masukan dari senior untuk meraih target penjualan yang diinginkan.

Dengan karakteristik pekerjaan yang dimiliki seorang sales maupun marketing, erat kaitannya dengan pola kerja yang dituntut daya tahan mental yang kuat dimana mereka bekerja selalu berjumpa dengan banyak orang dan berada di berbagai macam lingkungan sehingga membutuhkan proses untuk bisa cepat beradaptasi dengan situasi seperti ini. Setiap saat seorang sales mengasah keterampilan mereka untuk diri sendiri dan perusahaan dengan memberikan keuntungan dari hasil penjualan produk. Apa Anda tertarik?, Jika Anda berminat silakan bulatlah surat lamaran kerja sales – marketing Anda, dengan memperhatikan contoh berikut ini;

Contoh Surat Lamaran Kerja Sales – Marketing

Lampiran : 1 Berkas
Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Personalia/ Manager HRD
PT . Multi Sarana
Jl. Raya Surabaya No. 234 Surabaya
di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari berita harian Radar tasikmalaya bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Sales/ Marketing . Dengan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki, mampu berbahasa Indonesia dan Inggris dan penampilan proporsional, saya akan berusaha melaksanakan tugas sebagaimana target perusahaan dan akan berusaha mentaati segala peraturan yang ditetapkan.

Maka yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Anna Joan
Tempat/ Tanggal Lahir : Surabaya, 12 Mei 1995
Agama : Islam
Alamat : Jl Pahlawan No. 45, Surabaya
No Hp : 089xxxxxxxxx

Sebagai bahan pertimbangan dengan ini saya lampirkan :

  • Photocopy ijaszah SMK 1 lembar
  • Pas photo ukuran 3×4 cm 2 lembar
  • Photo copy traskrip nilai
  • Photo copy sertifikasi kompetensi

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan penuh harapan di terima sebagai karyawan pada perusahaan bapak/ibu.

Hormat saya,

Anna Joan

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV yang Baik Terbaru 2015

Posted: 11 May 2015 12:33 AM PDT

Contoh surat lamaran kerja dan CV terbaru – Setelah berhasil melewati masa study baik di jenjang sekolah menengah atau universitas, maka selanjutnya yang akan dihadapi adalah dunia kerja. Memasuki dunia kerja dengan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tentu bukan hal yang mudah, sedikitnya lowongan kerja yang tersedia yang tidak seimbang dengan jumlah pencari kerja menjadi faktor kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mungkin hal ini sudah Anda rasakan sendiri disaat ini, bagaimana saat mencari informasi lowongan kerja yang sudah dilakukan. Dan kini jika Anda sudah menemukan lowongan pekerjaan yang diinginkan, membuat lamaran kerja adalah tindakan awal yang sudah pasti akan dilakukan.

Nah, untuk persiapan lamaran kerja dengan mengajukan beberapa berkas lamaran data diri, penting untuk Anda memperhatikan surat lamaran dan CV, sebab kedua berkas itu merupakan berkas penting yang dapat menarik perhatian pihak perusahaan dalam mengenal diri pelamar. Surat lamaran kerja sebagai berkas lamaran pembuka dan CV sebagai berkas yang memperkenalkan diri kepada perusahaan menjadi pusat perhatian pihak perusahaan untuk menentukan bisa tidaknya pelamar tersebut masuk ketahap selanjutnya sehingga memiliki peluang mendapatkan pekerjaan dari perusahaan. Dari itu disini akan dipostingkan contoh surat lamaran kerja dan CV terbaru untuk membantu persiapan Anda yang kini akan melakukan melamar kerja, agar lamaran yang diberikan dapat melampirkan berkas yang baik sehingga dapat diterima perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 23 April 2015
Kepada :
HRD PT. Mujaya Abadi
Jl. Kertajaya No. 98  Jakarta pusat

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                             : Sugandi Anjaya
Tempat, tanggal lahir : Bekasi, 23 Mei 1990
Alamat                          :  Jl. Sukasuka no 89 kel. Kota utara, Bekasi 76789
Status                           : Belum menikah
No. Telepon                 : 089 787 909 898
Pendidikan                  : D-3 Universitas Pancasila Bekasi

Bersama surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan PT. Mujaya abadi yang Bapak / Ibu pimpin dengan posisi sebagai merketing.

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, dan pernah memiliki pengalaman kerja sebagai marketing di salah satu perusahaan besar di bekasi. Latar belakang saya cukup memusakan, dengan pengalaman dan latar belakang yang saya milki, saya siap memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya dan siap melakukan pekerjaan untuk posisi ini dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan:

1. Pas foto terbaru
2. Foto copy KTP
3. Foto copy SKCK
4. Foto copy ijazah
5. Transkrip nilai
6. Daftar riwayat hidup
7. Foto copy sertifikat pelatihan

Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tes wawancara kerja agar bisa menjeleskan mengenai potensi yang saya miliki.
Demikian surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Sugandi Ajaya

Contoh Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Sugandi Anjaya
Tempat, tanggal lahir : Bekasi, 23 Mei 1990
Alamat :  Jl. Sukasuka no 89 kel. Kota utara, Bekasi 76789
Alamat Email : Sugandi@yahoo.co.id
Telepon : 089 767 898 990
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Tinggi / Berat badan : 170 cm / 65 kg
Kewarganegaraan : Indonesia

Latar Belakang Pendidikan
2008-2010 : D-3 Universitas Pancasila Bekasi
2005-2008 : SMK Pasundan Bekasi

Kemampuan
1. Mampu berbicara bahasa inggris
2. Mampu berkomunikasi dengan baik
3. Mengoprasikan komputer

Pengalaman Kerja
Praktek kerja lapangan di PT. Sugih Mukti
Periode : Juni 2010 – Agustus 2010
Tujuan : Kelulusan D-3 Universitas Pancasila Bekasi
Posisi : Staff Admin

Bekerja di PT. Pamuniaga Bekasi
Periode :     Maret 2011-April 2013
Status : Karyawan tetap
Posisi : Customer service

Bekerja di PT. Cakra Utama Bekasi
Periode : Juni 2013 – Maret 2015
Status : Karyawan tetap
posisi : Marketing

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Bekasi, 23 April 2015
Sugandi Anjaya

Nah itulah contoh surat lamaran kerja dan CV terbaru baik untuk referensi berkas lamaran yang akan Anda lakukan. Semoga bermanfaat dan salam sukses

No comments:

Post a Comment