TipsKarir.Com | ![]() |
- Cara Ciptakan ‘Chemistry’ Setelah Diterima Kerja
- Tanda-tanda Anda Akan Ditipu Modus Panggilan Kerja
- Waduh, 1.500 guru Belum Punya Sertifikat Mengajar !
- Akan Ada Krisis Guru PAI, Gara-gara Sudah ‘Ogah’ Mengajar
- 6 Tips Untuk Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Sukses
- Cara Membuat CV yang Baik Dan Menarik
- Kumpulan Soal yang Terdapat Dalam Tes Psikotes Kerja
- Contoh Dan Cara Tepat Mengirim Lamaran Kerja Via Email
- Tips Sukses Berdialog Saat Wawancara Kerja
Cara Ciptakan ‘Chemistry’ Setelah Diterima Kerja Posted: 28 May 2015 07:34 PM PDT Menciptakan chemistry ‘hubungan batin’ menjadi bagian dati seni dari workplace communication. Khususnya bagi pendatang baru atau karyawan baru, chemistry yang positif dengan sesama rekan kerja akan menentukan masa depan karir Anda. Bekerja sangat memerlukan kerjasama tim mengingat sebuah perusahaan adalah suatu organisasi yang teratur dari semua level posisi, sehingga iklim bekerja akan sangat mempengaruhi terhadap performa kerja. Satu faktor yang akan sangat berperan terhadap terciptanya iklim kerja yang nyaman dan kondusif ialah terbangunnya hubungan baik antar sesama rekan kerja. Bagi Anda yang menjadi status karyawan baru, hubungan itu harus dibangun sejak awal, bagaimana caranya?. berikut adalah tipsnya Bersikap low profile Pantang bagi seorang pegawai baru untuk merasa dirinya ahli, Walau Anda memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang bagus. Sebaiknya Anda memposisikan diri bukan menjadi seorang ‘ahli’ agar bisa bekerja sama dengan baik, dengan sikap low profile. Salah contoh sikapnya yakni memperkenalkan diri, tersenyum, hingga menyapa terlebih dahulu. Kesan pertama yang positif, baik dan hemat berbicara Menciptakan kesan pertama yang positif dan baik, yakni dengan hemat bicara. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan yang lazim terjadi, tidak sedikit orang yang keliru dalam membangun keakraban dengan cara mengungkapkan diri disaat pertemuan pertama dengan banyak berbicara. Alih-alih ingin merasa dekat atau sok-sok kenal, mereka bisa saja tidak tertarik dengan apa yang kita bicarakan karena itu bukan urusan mereka Berbincang diwaktu yang tepat Setelah mempunyai teman untuk mengobrol, sebaiknya pandai-pandai memilih waktu yang tepat, ataupun kapan saatnya membangun hubungan lewat perbincangan. Jika perbincangan dengan topik tertentu akan berkualitas ketika disampaikan pada waktu yang tepat dan sebaliknya akan menjadi tidak berkualitas ketika disampaikan pada saat yang lain. Ketika jam kerja, kita bisa memperbincangkan tentang pekerjaan, bertanya tentang apapun terkait pekerjaan, asalkan tidak mengganggu aktivitas mereka. Begitupun dengan waktu istirahat makan siang, Anda bisa membangun hubungan yang lebih pribadi dengan sesama rekan kerja. Memperlihatkan sikap empati dan toleransi Setelah Anda mempunyai kelompok pertemanan di tempat kerja baru, langkah selanjutnya ialah membuat lebih mengerti bagaimana memposisikan diri, seperti pada saat rekan kerja merasa sedih maupun senang. Sikap tersebut bisa dilakukan lewat obrolan yang bersifat lebih pribadi sehingga Anda bisa tahu apa yang sedang rekan kerja alami. Langkah sederhana agar bisa memulainya yakni dengan berperan menjadi seorang pendengar yang baik. Jadi, kesimpulannya proses menciptakan ‘hubungan batin’ bukanlah dihasilkan dari proses instan. Oleh karenya, hal tadi bisa Anda terapkan sejak hari pertama bekerja sehingga bisa lolos melewati masa percobaan. |
Tanda-tanda Anda Akan Ditipu Modus Panggilan Kerja Posted: 28 May 2015 06:58 PM PDT Akhir-akhir ini penipuan dengan modus panggilan kerja muncul begitu marak. Tentu saja hal ini sebagian besarnya bermula pada pencari kerja mencari lowongan kerja melalui internet, kemudian memasukan lamaran ke alamat email yang telah ditentukan. Dalam beberapa hari, pelamar pun memperoleh panggilan melalui SMS ataupun via email untuk menjalani tes wawancara di tempat yang sudah ditentukan. Untuk mengantisipasinya ada beberapa hal yang patut Anda lakukan ; Teliti dan perhatikan isi Pesan atau email panggilan tes Apabila dicermati, panggilan kerja yang asli dan palsu memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Anda perlu mencermati isi pesannya secara jeli. Ada beberapa hal yang bisa kita lihat ketika memperoleh sebuah panggilan kerja;
|
Waduh, 1.500 guru Belum Punya Sertifikat Mengajar ! Posted: 28 May 2015 05:12 PM PDT Sekitar 1.500 guru dan tenaga kerja di Kota Batam, Kepulauan Riau, belum memiliki sertifikat mengajar yang kini menjadi syarat untuk menjadi pendidik sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tak tanggung-tanggung, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam menyampaikan bahwa dari 2.535 orang guru di daerahnya kurang dari separuhnya atau baru sekitar 1.000 orang yang sudah memiliki sertifikat. “Karena kuota kami dari pemerintah pusat, kecil,” keluhnya, Rabu kemarin (27/5/2015). Ia pun menambahkan, untuk proses sertifikasi dilakukan oleh pemerintah pusat kepada guru-guru di daerah. Sementara itu di tahunnya pemerintah pusat cuma memberikan kuota sertifikasi paling banyak sekitar 300 orang guru untuk Kota Batam. Dari penjelasan terpisah, Riky Indrakari yang kini menjabat Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam mengutarakan bahwa UU14 tahun 2005 yang mengatur kompetensi guru dan termasuk sertifikasi guru, mulai berlakunya tahun 2015 inu. Sesuai dengan UU, maka guru tidak memiliki sertifikasi, maka tidak boleh mengajar. “Masa sosialisasi sudah selesai. Tapi pemerintah ke mana saja selama ini, tidak ada sosialisasi,”ucap Riky. Ia juga ikut menyesalkan karena Dinas Pendidikan yang dinilai tidak memperhatikan kebijakan itu secara seksama, dengan memberikan pelatihan serta sertifikasi sendiri kepada guru. Seharusnya, pemerintah kota bisa menganggarkan biaya sertifikasi guru dalam APBD. Bila demikian, DPRD tidak akan menghalanginya. “Pemerintah tidak menganggarkannya. Kalau pemerintah mengajukan, kami akan mendukung,” lanjut Riky. Riky juga memertanyakan terhadap langkah pemerintah saat ini yang mewajibkan sertifikasi kepada guru lulusan Fakultas Keguruan, yang semestinya sudah dipersiapkan mempunyai kompetensi mengajar usai menempuh pendidikannya. “Kalau pemerintah tidak mengakui fakultas keguruan, bubarkan saja,” Pungkasnya. |
Akan Ada Krisis Guru PAI, Gara-gara Sudah ‘Ogah’ Mengajar Posted: 28 May 2015 04:57 PM PDT Berdasarkan proyeksi pengurangan akibat pensiun setiap tahunnya, seperti halnua jumlah guru Penjaskes PNS akan mengalami krisis kekurangan tenaga pada 10 tahun yang akan datang. Contohnya di Sragen, dengan jumlah guru Penjaskes PNS yang ada hanya 144 orang. Sebaliknya situasi paling mengkhawatirkan yaitu untuk tenaga Mapel PAI. Walau jumlah guru PAI PNS yang tercatat sekarang sebanyak 356 orang masih dibilang aman. Tapi, hampir semua guru PAI PNS itu akan masuk periode pensiun dalam jangka 10 tahun kedepan. Oleh sebab itu, jika mulai tahun-tahun ini tidak dilakukan pengangkatan CPNS untuk formasi Mapel ini, nasib pembelajaran agama Islam SD akan menghadapi masalah. Ini karena, tidak ada lagi guru yang mengajar. Mohammad Sauman selaku Kepala Disdik Kabupaten Sragen pun tidak menampik, bila pada jenjang SD memang ada persoalan yakni kekurangan guru kelas. Kekurangan tersebut tentu untuk guru Penjaskes dan PAI yang berstatus PNS. Melihat hasil pemetaan serta proyeksi kedepan, Mapel PAI paling mengalami krisis. Hal ini disebabkan, hampir setiap tahun banyak guru pensiun. Dan, bakal habis tahun ke-10. Kalau melihat fakta dan proyeksi ke depan, kondisinya memang terjadi seperti itu. Apalagi, dengan adanya moratorium CPNS yang melarang adanya pengangkatan lagi. Sementara setiap tahunnya selalu ada guru pensiun. Tapi untuk merekrut tenaga honorer justru terbentur PP 48/2005, yang intinya tidak boleh ada pengangkatan honorer dalam bentuk apapun. Kepala Bidan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Kabid PTK) Disdik, Sunari pun turut berkilah, menilai meski terjadi kekurangan guru, proses pembelajaran, baik guru kelas ataupun Penjaskes dan PAI, masih bisa diatasi dengan berbagai solusi. Selain pemerataan juga regrouping, sejumlah guru PNS PAI terpaksa harus mengajar di dua sekolah. Hal ini disebabkan ada beberapa sekolah yang tidak punya guru PAI. Krisis guru SD Mapel PAI, juga dialami Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di tingkat kecamatan. Naim Purwanto yang kini menjabat Kepala UPTD Kecamatan Tanon, memaparkan fakta dari 28 SDN yang ada, hanya ada 12 guru PAI PNS dan beberapa honorer kategori 2 (K-2). ”Karena jumlah guru kurang banyak, beberapa guru PAI PNS terpaksa harus ndobel untuk mengajar SDN yang tidak punya guru PAI PNS maupun K-2,” katanya. Disdik pun turut kuatir, bila tidak ada kebijakan baru untuk penambahan atau pengangkatan CPNS untuk Mapel PAI, maka dalam kurun 10 tahun kedepan di SDN tak ada lagi yang mengajar pendidikan agama. Penyebabnya, sekolah maupun UPTD tidak bisa merekrut tenaga pengajar dari luar karena terbentur larangan PP. Sementara itu, sejumlah lulusan perguruan tinggi yang siap mengajar agama, juga enggan mengajar karena tidak ada kejelasan status dan terganjal aturan PP 48/2005. ”Memang, serba repot. Padahal, pendidikan agama itu hak bagi anak. Dan, penting. Apalagi di jenjang pendidikan dasar,” tambah Sunari. |
6 Tips Untuk Menghadapi Wawancara Kerja Dengan Sukses Posted: 28 May 2015 04:40 PM PDT Tips menghadapi wawancara kerja – Wawancara kerja menjadi tahap tes yang sangat ditakuti oleh setiap pelamar, mengapa? karena dari tahapan tes ini semua kepribadian diri Anda akan ternilai, dan ini yang akan menjadi penentu diri Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Berhasil melewati tes kerja sudah berarti akan berhasil mendapatkan pekerjaan yang Anda harapkan. Tetapi untuk bisa melewati tahapan tes wawancara ini tidaklah mudah, banyak orang yang merasa dirinya mampu untuk berhadapan dengan pihak perusahaan dari tes wawancara, setelah berada ditempat wawancara mereka merasa kurang percaya diri yang pada akhirnya harus gagal. Itu akibat dari perbuatan yang mensepelekan dan kurangnya persiapkan. Setelah dinyatakan gagal pastinya akan menyesal dan kemungkinan kesempatan untuk peluang kerja itu tidak akan didapatkan kembali. Nah, jika saat ini Anda sudah mendapatkan peluang baik untuk mendapatkan suatu pekerjaan, daripada Anda harus kembali mencari lowongan kerja dan berjuang dari awal, persiapakan diri Anda dengan semaksimal mungkin agar perjuangan Anda dari awal untuk bisa mendapatkan kesempatan masuk ketahap ini tidaklah sia-sia. Untuk persiapan mengahadapi wawancara kerja, agar persiapan yang dilakukan bisa mendukung untuk kelancaran wawancara yang akan Anda lakukan hingga mendapatkan hasil yang diharapkan, sebagai panduan untuk mengenali apa yang penting untuk Anda persiapkan dan mengetahui hal apa yang harus dilakukan, berikut tips menghadapi wawancara kerja penting Anda ketahui sebagai pegangan menghadapi tes wawancara kerja dengan sukses.
Itulah tips menghadapi wawancara kerja, semoga bermanfaat dan silahkan lakukan hal tersebut demi kesuksesan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Salam sukses |
Cara Membuat CV yang Baik Dan Menarik Posted: 28 May 2015 04:35 PM PDT Cara membuat CV yang baik – Curriculum Vitae atau sering disebut dengan Resume oleh sebagian orang adalah salah satu berkas dalam melamar kerja. CV merupakan satu lampiran penting yang harus diberikan saat mengirimkan surat lamaran kerja, karena berkas ini sebagai perantara yang memperkenalkan diri kepada pihak perusahaan. CV sangat mempengaruhi untuk berhasil atau tidaknya pelamar meraih posisi disebuah perusahaan yang ditargetkan. Maka berkas lamaran ini harus dibuat dengan baik dan benar karena CV yang baik dan menarik membuat minat perushaaan untuk bisa meloloskan masuk ketahap yang lebih menentukan. Dikarenakan CV ini sangat berpengaruh baik, maka dalam membuatnyapun jangan sembarangan, sangat perlu pegangan yang tepat agar CV yang Anda buat bisa diterima baik oleh pihak perusahaan. Untuk itu tipskarir akan memberikan beberapa tips dalam membuat CV untuk membantu Anda, sebelum membuat CV tersebut alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut agar CV lamaran kerja yang Anda berikan bisa menjadi CV yang baik dan menarik.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara membuat CV yang baik, semoga postingan kali ini bermanfaat dan sukses. |
Kumpulan Soal yang Terdapat Dalam Tes Psikotes Kerja Posted: 28 May 2015 04:30 PM PDT Kumpulan soal tes psikotes – Tes psikologi atau psikotes merupakan bagian tes yang diberikan perusahaan kepada setiap calon pekerja untuk menguji kematangan otak logika dan emosi dari seseorang, tes psikotes ini secara khusus dibuat oleh para ahli psikologis sebagai cara untuk menguji peserta calon karyawan atau pagawai swasta dan negeri. Tes psikotes tidak diberikan hanya untuk calon pekerja saja, tes ini juga sering diberiak kepada mereka yang masih sekolah atau yang akan mengikuti tes seleksi suatu universitas. Modal dan klasifikasi tes ini tentu tidak sama tergantung dari umur, dan mungkin untuk Anda pelamar kerja guna untuk melihat sejauh mana kematangan psikologis pelamar diperlukan saat melamar pekerjaan. Mengenai soal dalam tes psikotes cukup sulit untuk ditebak, akan tetapi tidak ada salahnya jika saat ini Anda mencoba untuk mengenal beberapa soal yang diberikan dalam tes psikotes bermanfaat untuk melatih diri Anda dalam menghadapi soal psikotes yang akan Anda lakukan. Nah, mengenai contoh soal psikotes ini, dibawah ini terdapat kumpulan soal tes psikotes yang pada umumnya diberikan dan muncul dalam lembaran soal psikotes
Sekarang Anda sudah mengenal beberapa soal dari tes psikotes, selanjutnya latih diri Anda untuk menjawab setiap masing-masing soal tersebut, sehingga saat tes nanti Anda menemukan soal yang sama, Anda sudah memiliki pegangan untuk mengatasi soal tersebut. Semoga postingan untuk kumpulan soal tes psikotes ini memebrikan manfaat dan salam sukses. |
Contoh Dan Cara Tepat Mengirim Lamaran Kerja Via Email Posted: 28 May 2015 04:25 PM PDT Contoh CV email – Disaat ini mencari dan melamar suatu pekerjaan tidak perlu dilakukan dengan ribet, munculnya internet sangat membantu Anda untuk menangani hal ini. Jika sebelum ada internet Anda harus membeli media koran atau majalah untuk mencari lowongan kerja saat ini cukup dengan duduk dirumah dengan menggunakan laptop yang tersambung dengan internet, kemudian menuliskan informasi lowongan kerja yang diinginkan secara cepat bisa Anda temukan, karena saat ini perusahaan besar mempublikasikan lowongan kerja selain di iklankan dalam media masa juga dibagikan kedalam internet, dan itu bisa didapatkan dengan mudah bagi pelamar yang membutuhkan. Setelah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, hal awal yang akan dilakukan sudah pasti membuat lamaran kerja. Nah, selain informasi kerja yang dapat Anda dapat dilakukan dengan mudah, mengirim lamaran kerja yang akan dilakukan juga bisa dilakukan secara online. Bila dulu mengirim lamaran kerja melalui via pos yang cukup memerlukan waktu aga lama terutama saat mengirim lamaran kerja pada perusahaan yang jauh dari kota tinggal Anda, kini dalam hitungan waktu lamaran yang Anda berikan dapat terkirim. Untuk mengirim lamaran kerja via online persiapan yang dilakukan untuk membuat lamaran kerja sama, hanya cara pengiriman yang berbeda. Lamaran kerja via email untuk surat lamaran kerja dan CV atau daftar riwayat hidup Anda tulis dengan ketik komputer dan simpan dengan file .dok atau pdf sedangkan untuk berkas lamaran lain Anda lakukan scan mulai dari KTP, Ijazah terakhir, transkrip nilai, dan sertifikat lain. Untuk contoh penulisan surat lamaran dan cv bisa klik disini. Buat file dengan ukuran kecil agar lamaran yang Anda kirimkan bisa terdownload dengan mudah. Untuk cara mengirim lamaran kerja via email berikut tipskarir berikan sebagai persiapan Anda agar lamaran yang diberikan bisa terkirim dengan tepat
Demikian untuk Contoh CV email dan cara mengirim lamaran kerja via email yang dapat dibagikan untuk membantu proses melamar kerja online Anda, semoga informasi ini bermanfaat dan salam sukses. |
Tips Sukses Berdialog Saat Wawancara Kerja Posted: 28 May 2015 04:20 PM PDT Dialog wawancara kerja dilakukan pada saat tes seleksi wawancara dengan tujuan untuk saling memberikan informasi pelamar dan pihak perusahaan mengenai lingkungan kerja, aktifitas bisnis dan rencana masa depan. Dalam kegiatan ini pihak perusahaan akan memberikan sejumlah pertanyaan yang mana jawaban dari seorang pelamar menjadi keputusan apakah pelamar benar-benar bisa memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan, dan pekerjaan yang diberikan memiliki kecocokan untuk pelamar tersebut. Dari dialog ini pihak perusahaan bisa menilai kemampuan setiap pelamar mulai dari bakat samapai kepribadian serta motivasi dalam malaksanakan pekerjaan yang diberikan. Bila Anda ingin melakukan dialog wawancara kerja ini dengan baik, Anda harus bisa menunjukan bahwa Anda memiliki sesuatu yang ditawarkan dan bisa membuktikan dengan yakin kualitas dalam resume yang telah menarik perhatian pihak perusahaan. Bila Anda tidak bisa melakukan itu maka meskipun Anda masuk ketahap tes ini dan tidak bisa melakukan hal yang terbaik itu tidak akan mendapatkan apa-apa. Persiapakan diri Anda dengan matang, dan untuk berdiaolog saat wawancara kerja, agar bisa berlangsung dengan baik ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya sebagi berikut :
Saat dialog wawancara kerja, cara bicara Anda yang akan dinilai oleh seorang interviewer, jika Anda sudah bisa memberikan pembicraaan yang memberikan kenyaman maka kemungkinan besar Anda bisa lolos dari tahap tes ini. Semoga sukses |
You are subscribed to email updates from TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment