Wednesday, May 20, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Contoh CV SPG Produk Barang dan Otomotif

Posted: 20 May 2015 06:52 PM PDT

Apakah CV melamar kerja Anda dirasa kurang menarik?, tentu mungkin saja hal ini jadi sebab utama mengapa Anda belum mendapatkan panggilan wawancara kerja atau seleksi di perusahaan. Bagaimana tidak jika satu lowongan kerja saja mampu mendatangkan ratusan dokumen pelamar. Tambah lagi kalu pihak perusahaan memilih secara acak sementara waktu yang diberikan untuk mendapatkan calon pelamar yang cocok cukup sebentar.

Dengan karakteristik pekerjaan yang dipunyai seorang sales promotion girl (SPG) sangat berhubungan dengan pola kerja yang dituntut daya tahan mental yang kuat. Selain penampilan dan performa fisik yang memuka, mereka diharuskan bekerja selalu berjumpa dengan banyak orang dan berada di berbagai macam event sehingga diperlukan mampu beradaptasi dengan cepat pada situasi lapangan atau pameran. Setiap saat seorang SPG mengasah keterampilan mereka untuk diri sendiri dan perusahaan dengan memberikan keuntungan dari hasil penjualan produk. Apakah Anda tertarik?, Bila Anda berminat silakan bulatlah surat lamaran kerja SPG, dengan melihat contoh berikut ini;

Curriculum Vitae

Gesya Ananda

DATA PRIBADI

Tempat, tanggal lahir : Purwakarta, 12 Januari 1993
Jenis kelamin : Perempuan
Status : Belum Menikah
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Ahmad Yani, No.232 Purwakarta
Contact Person : 081 xxxxxxx
e-mail : Gesyaananda@ymail.com

BIDANG KEAHLIAN

  • Manajemen Pemasaran
  • Public Speaking
  • Mengusai Bahasa Inggris
  • Menguasai Komputer Ms. Office dan Internet

PENGALAMAN KERJA
2014–Saat ini PT. Adi Dhaya Purwakarta, Jawa Barat

PENDIDIKAN :

2011- 2014 : Sarjana Ekonomi, jurusan Management Pemasaran, STIE Pelita Harapan dengan IPK 3.32.

  • Mata kuliah yang dipelajari : Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan, Manajemen Proyek, Akuntansi, Bahasa Inggris
  • Prestasi : Mendapat beasiswa STIE Pelita Harapan
  • Juara ke 2 Public Speaking Tingkat Regional

KURSUS  DAN PELATIHAN :

  • 2014  Executive Training Center Jakarta, Effective Seling Strategy
  • 2012 Kumputer Center, Aplikasi Komputer Untuk Bisnis

Demikan saya buat dengan sebenar-benarnya.

Purwakarta, 21 Mei 2015

Gesya Ananda

Surat Lamaran Kerja Di Minimarket

Posted: 20 May 2015 06:22 PM PDT

Mau bekerja di perusahaan Minimarket?, Jika iya persiapkanlah dokumen lamaran kerja Anda dengan lengkap. Langkah pertama Anda ketika hendak melamar kerja ialah membuat surat lamaran kerja di minimarket, hal ini menjadi keniscayaan yang wajib Anda lakukan. Perusahaan minimarket yang kini tersebar luas seperti Alfamart, Indomart, Alfamidi dan lainnya secara langsung memberikan peluang kerja bagi Anda yang ingin mencobanya.

Selain penampilan yang menarik, kemampuan berkomunikasi yang baik, mudah beradaptasi, jujur dan teliti seakan menjadi satu paket yang dibutuhkan untuk seorang pelayan minimarket. Nah, bagi Anda yang memiliki kualifikasi itu, tentu akan menjadi modal dasar buat Anda yang berminat bekerja di salah satu perusahaan minimarket. Oleh sebab itu mulailah Anda membuat surat lamaran kerja yang baik dan cocok untuk perusahaan minimarket, dan jangan sampai Anda keliru menulis surat lamaran. Maksudnya, bedakanlah isinya dari cara membuat surat lamaran kerja untuk sebuah perusahaan (pabrik) denga perusahaan minimarket.

Jadi, silakan perhatikan contoh surat lamaran kerja minimarket di bawah ini;

 

Bandung, 21 Mei  2015

 

Kepada

Yth. Manager HRD

PT. …………………….

Jl. …………………

Bandung

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Dengan hormat,

Berdasarkan Informasi Kerja yang dimuat di situs resmi, saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada PT. ………………. untuk menempati posisi sebagai Pramuniaga yang anda butuhkan sekarang.

Dengan latar pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Bisnis Manajemen serta  berbekal 1 tahun pengalaman sebagai sebagai tenaga sales dan memiliki kemampuan membuat laporan hingga level eksekutif. Kebutuhan anda akan seorang Pramuniaga yang handal saya rasa tepat dengan riwayat bekerja saya selama 1 tahun terakhir yang mencapai target dengan baik.

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 085 xxx xxx atau email Selmatiana@gmail.com. Besar harapan saya untuk dapat diterima  dan bergabung di PT. …………….. , Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Hormat Saya,

 

Selmatiana

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Di Perusahaan Distributor

Posted: 20 May 2015 06:07 PM PDT

Surat lamaran kerja perusahaan distributor – ditengah himpitan persaingan di bursa kerja, mau tidak mau Anda pun harus rela ditolak oleh perusahaan-perusahaan besar yang notabenenya memiliki peminat yang cukup besar orang yang ingin bekerja disana. Perusahaan kelas menengah atau perusahaan-perusahaan kecil seakan menjadi jalan alternatif Anda untuk memasuki dunia karir sebagai start up dan ingin berkembang.

Perusahaan distributor dan perdagangan adalah sebagai contohnya, tidak sedikit orang yang melamar dan bekerja disana walau dengan penghasilan tidak tetap. Mengingat sebagian besar perusahaan distributor selalu memakai standar upah minimun atau juga dalam bentuk insentif penjualan. Bagi Anda yang tertarik, tidak salahnya bekerja dan memperoleh pengalaman agar keluar zona nganggur Anda.

Guna membantu Anda berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja perusahaan distributor dan perdagangan yang bisa Anda pergunakan untuk melamar di dealer, perusahaan barang elektronik dan lain sebagainya;

————–

Kepada Yth,
Direktur
PT. Simasindo Persada
Jl.  Siliwangi No 235 Bandung
up. Bapak Herman Nurohman, SE
di
-Tempat

Hal    :    Surat Lamaran Kerja
Lampiran   : 6

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya dapat dari situs PT. Simasindo Persada, bahwasannya perusahaan Anda sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan dibagian Staf Gudang. Maka dengan ini Saya bermaksud melamar pekerjaan  untuk mengisi posisi yang Anda butuhkan tersebut.

Saya yang bertanda tangan sebagai berikut :

Nama lengkap    :   Asep Ruhiat
Jenis kelamin    :   Laki-laki
Pendidikan   :    SMK Manajemen Bisnis
Alamat     :    Jl. Kiaracondong No. 123 Bandung
Pendidikan terakhir    :    Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Tata Busana

Dengan fisik yang sehat, memiliki antusias tinggi dibidang tata busana, memiliki kemampuan dibidang komputer, menguasai Microsoft Office dan Excel serta memahami sistem keadministrasian umum, kiranya tepat kalau saya dijadikan kandidat potensial untuk mengisi posisi tersebut.

Terlampir CV serta dokumen persyaratan sebagai bahan pertimbangan. Saya berharap adanya kesempatan bisa berjumpa dengan Anda untuk membicarakan serta wawancara sebagaimana target yang ingin dicapai perusahaan Anda. Bila hal ini dipandang perlu silakan hubungi saya melalui nomor 0819 xxx xxx atau email partynapuji@gmail.com

Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

Bandung, 21 Mei 2015
Hormat saya,

 

Asep Ruhiat

Contoh CV Melamar Kerja Di Perusahaan Manufaktur

Posted: 20 May 2015 05:52 PM PDT

Contoh CV melamar kerja yang baik merupakan CV yang mampu memberi ketertarikan sebuah perusahaan terhadap diri Anda lebih disebabkan Anda sukses pandai mempromosikan diri lewat CV melamar kerja. Sehinggan kualifikasi serta kompetensi Anda terlihat kuat dan mudah dibaca keahlian yang Anda  tawarkan sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan dari jabatan/ posisi.

Agar CV melamar kerja Anda layak dipertimbangkan maka selain data pribadi, berbagai pertimbangan lain yang wajib Anda cantumkan ialah keahlian, referensi hingga pengalaman kerja yang pernah anda alami betul-betul relevan atau mendekati dengan bidang pekerjaan yang akan digeluti. Sedangkan , bobot isi curriculum vitae yang baik senantiasa mengutamakan keahlian serta pengalaman sebagai poin penilaian layak tidaknya Anda ikut seleksi dan wawancara kerja.

Silakan perhatikan sub-sub penulisan CV melamar kerja pada contoh di bawah berikut, ubahlah dan sesuaikan dengan data diri anda, serta informasi-informasi yang berdasarkan pada pengalaman anda sendiri.

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama : Agung Prayoga
Jenis kelamin : Laki-laki
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 14 Maret 1992
Kewarganegaraan : Indonesia
Status perkawinan : Belum menikah
Tinggi, berat badan : 172 cm, 62 kg
Kesehatan : Sangat baik
Agama : Islam
Alamat langkap : Jl. Buah Batu No.111 Bandung
No. HP : 081322xxxxxx
E-mail : dedygumilar@hotmail.com

PENDIDIKAN :

Formal :

  • Tahun 2012-2014, Teknik Otomotif di Politektik Bandung
  • Tahun 2008-2011, Otomotif di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Bandung
  • dan seterusnya…

Non Formal :

  • Tahun 2013, Kursus Auto CAD 3D di Lembaga Pendidikan Komputer Bandung
  • dan seterusnya…

PENGALAMAN ORGANISASI :

Sebagai Ketua Unit Kerja Mahasiswa : Kegiatan “Workshop dan Seminar : Teknologi Otomotif Masa Kini”

PRESTASI :

Peserta beasiswa mahasiswa Jurusan Otomotif Politeknik Bandung

KEAHLIAN :

  • Menguasai software CAD dengan baik
  • Mengerti spec mesin/jig/peralatan/sarana-prasarana
  • Memahami gambar teknik
  • Memahami fungsi komponen & sifat material
  • Memiliki kemampuan analisa yang baik

PENGALAMA KERJA

Sebagai Teknisi Magang di CV. Pusaka Bubut Otomobil selama 2 Bulan

Urain Tugas :

  • Menghitung kapasitas & cost/unit untuk line production.
  • Mendesign basic concept untuk fixture/peralatan/sarana-prasarana/inspection jig.
  • Menyusun program peningkatan efisiensi dan produktifitas produksi.

REFERENSI :

………………………………………. (Nama)
………………………………………. (Pekerjaan & Jabatan)
………………………………………. (No HP)
………………………………………. (email)

Demikian saya buat dengan sungguh-sungguh dan sebenar-benarnya

Bandung, 21 Mei 2015

Pemohon,

Agung Prayoga

3 Hal yang Membuat Wawancara Kerja Berkesan Baik

Posted: 20 May 2015 04:30 PM PDT

Wawancara kerja yang baik sebenarnya dapat dilakukan setiap pelamar dan tentunya itu dapat dilakukan karena persiapan. Persiapan yang baik menjadi jalan untuk mewujudkan suatu keberlangsungan tes wawancara kerja yang akan dihadapi. Suatu proses melamar kerja akan dikatakan sukses jika sudah bisa berhasil melewati tahap wawancara kerja.

Nah, dari itu jika Anda ingin sukses dalam melamar kerja, lewati tahapan wawancara ini dengan baik dan berikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan. Untuk mlewati setiap tahapan tes kerja tidaklah hanya dengan mengandalkan potensi dan pengalaman kerja yang baik dan berhubungan dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. Potensi yang baik dan pengalaman kerja yang baik tidak akan berguna jika Anda tidak bisa memberikan kesan baik saat wawancara kerja. Potensi dan pengalamn tersebut bisa hilang begitu saja bila Anda tidak dapat memberikan kesan baik pada pihak perusahaan, mereka akan merasa tidak yakin dengan pembawaan Anda sebagai salah satu calon pekerja diperusahaan tersebut. Nah, untuk memberikan kesan baik ini, silahkan simak beberapa hal berikut yang harus Anda persiapkan untuk memberikan kesan baik saat wawancara kerja.

  1. Surat Permohonan Kerja Dan Daftar Riwayat Hidup
    Meskipun wawancara merupakan suatu tes perkenalan lebih mendalam terhadap calon pekerja, tetapi kesan awal baik tidaknya yang akan didapatkan dari  seorang pelamar yaitu dari Surat permohonan kerja dan daftar riwayat hidup yang diberikan saat awal melamar kerja. Surat permohonan atau surat lamarn kerja adalah suatu surat formal yang mana tata bahasa dalam penulisan surat tersebut akan benar-benar diperhatikan. Bila Anda menulis surat lamaran dengan menggunakan bahasa yang tidak baik dan berantakan, maka pihak perusahaan sudah menilai bahwa Anda merupakan sosok yang tidak serius. Oleh sebab itu pastikan Anda menulis surat lamaran ini dengan baik dan rapi. Gunakan bahasa-bahasa yang tepat yang memberikan makna bahwa Anda mempunyai kualifikasi dan sangat berbagung dengan perusahaan. Dan ingat jangan terlalu arogan. Sekalipun Anda percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki, suatu sikap yang baik sangat jauh lebih dibutuhkan dalam suatu perusahaan. Bila Anda sudah bisa menulis surat dengan baik maka secara praktis daftar riwayat hidup akan menjadi poin tambah, terutama jika daftar riwayat hidup Anda memiliki hubungan yang baik dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan itu akan menjadi peluang yang sangat baik. Surat lamaran dan daftar riwayat hidup akan menjadi berkas penentu minat seorang perekrut dalam memilih seorang pelamar, maka penting untuk diperhatikan.
  2. Penampilan yang Baik
    Setelah berhasil menarik minat pihak perusahaan, dan memutuskan untuk Anda masuk pada tes wawancara kerja untuk mengenal lebih jauh tentang diri Anda. Persipakan diriterutama dalam pakaian karena itu akan menjadi nilai awal saat pihak perusahaan bertemu dengan Anda. Pakailah pakaian yang sopan, sesuai dengan pekerjaan yang akan Anda lamar, rapih dan bersih. Tampilkan diri dengan baik, bagi wanita percantik diri Anda dengan riasan wajah akan tetapi jangan berlebihan, gunakan warna yang natural. Jika Anda laki-laki perhatikan rambut Anda karena itu yang akan membawa fresh pada wajah. Penampilan Anda bisa menjadi satu nilai karakter yang dapay dilihat, maka perhatikan dan persiapkan dengan baik.
  3. Sikap Bahasa tubuh
    wawancara kerja merupakan tes akhir yang menentukan apakah Anda akan diterima di perusahaan tersebut atau tidak. Selain penampilan, untuk memiliki kesan baik dari pewawancara Anda harus bisa memperhatikan sikap yang harus ditunjukan.  Segala tindakan mulai dari menjawab panggilan telepon, memasuki ruangan wawancara, cara menjabat tangan perekrut dan saat menghadapi pewawanacar akan benar-benar dinilai. Hati-hati jika Anda memiliki kebiasaan yang buruk jangan lakukan saat wawancara. Tunjukan sikap diri yang profesional, baik itu dari sikap duduk, cara menjawab pertanyaan, dan hal lain yang bisa meyakinkan pihak perusahaan. Sikap adalah nilai penting untuk Anda, sebab selain kemampuan sikap juga menjadi poin yang dicari pihak perusahaan untuk memilik calon pekerja diperusahaanya.

Itulah hal yang bisa memberikan kesan baik dalam wawancara kerja, agar wawancara bisa berlangsung baik maka lakukan 3 hal diatas. Salam sukses -wawancara kerja yang baik

Cara Tepat Mengerjakan 4 Soal yang Sering Muncul Dalam Tes Psikotes Kerja

Posted: 20 May 2015 04:25 PM PDT

Untuk pembahasan artikel kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai contoh soal psikotes guna untuk membantu memudahkan persiapan Anda sehingga diharapkan dengan mengetahui dan mengerti cara mengerjakan soal psikotes untuk masuk kerja, Anda dapat melatih diri dengan baik sebelum tes pesikotes berlangsung sehingga Anda akan memiliki peluang besar untuk lolos tes psikotes.

Tes psikologi atau Phsicology Test lebih sering disebut tes psikotest sebagai salah satu bagian dari tahap perektutan karyawan di setiap perusahan. Baik itu perusahaan BUMN, TNI, perbankan (bank), Polri, maupun instansi swasta seperti astra dan lainnya. Tujuan adanya tes psikotes yaitu untuk mengukur aspek individu secara psikis. Psikotes dapat diterapkan kepada anak-anak maupun dewasa dalam bentuk tertulis, proyektif secara verbal untuk mengukur kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Psikotes secara umum lebih pada tes kepribadian. Dan penilaian tidak tergantung kepada siapa yang lebih pintar, sebab bisa saja orang yang secara akademik tidak begitu pintar bisa lolos mengalahkan orang yang lebih pintar. Hal seperti ini sering terjadi, bahkan mungkin saja Anda pernah mengalami atau mendengar hal ini. Maka Anda yang menganggap mudah melewati tes ini jangan yakin untuk bisa lolos, persiapkan diri dengan baik.

Nah untuk membantu persiapan Anda menghadapi tes psikotes, disini saya akan membrikan beberapa contoh soal psikotes dan cara mengerjakan soal tersebut agar Anda tidak lagi gagal dalam ujian psikotes.

Contoh Soal Psikotes Sekaligus Cara Mengerjakannya

  1. Tes Wartegg
    Soal wartegg test terdiri dari 8 kotak yang masing-masing kotak berisi bentuk berbeda seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung.
    Cara mengerjakan soal wartegg test :
    Buat menggambar lakukan secara acak misalnya 8,7,6,5 kemudian 1,2,3,4  atau terserah Anda, tetapi jika Anda laki-laki hindari menggambar dengan awal no 5 sebab ini berhubungan dengan seputar seks Anda. Menggambar secara acak pihak perusahaan akan memandang Anda sebagai orang yang kreatif dan inovatif. Lain halnya jika menggambar dengan susunan tetap Anda akan dipandang oleh sebagai orang yang kaku.
  2. Test Kraepelin atau Tes Koran
    Tes kreapelin terdiri atas angka yang tersusun vertikal dalam bentuk baris. Dalam soal meminta peserta tes untuk menjumlahkan dua angka yang mendekati dalam waktu tertentu pada setiap kolom dan menuliskan jawaban tepat disamping. Penilaian dari tes ini untuk mengetahui sikap terhadap tekanan, konsisten,kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian, ketahanan, sekaligus kecepatan dalam menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan.
    Cara mengerjakan soal tes kreapelin :
    Pastikanhasil jumlah angka yang Anda kerjakan benar dan stabil pada masing-masing kolom. Dalam mengerjakan soal ini jangan menggunakan pensil mekanis, gunkan pensil biasa atau sesuai dengan perintah yang diberikan panitia,sebab tes ini sangat terikat dengan waktu.
  3. Tes Edwards Personal Preference Schedule
    Pada soal EPPS Anda akan diminta untuk memilih diatara 2 pilihan baik untuk hal yang kita sukai atau sifat yang melekat pada diri. Meskipun  dari 2 pernyataan tersebut tidak ada yang Anda sukai dan tidak ada sifat kepribadian Anda, tetapi tetap harus memilih salah satu yang mendekati.
    Cara mengerjakan soal epps :
    Sebelum mengerjakan soal epps, Anda akan diminta pengawas psikotes untuk memilih salah satu kecenderungan yang mendekati diri Anda. Cara menjawan soal ini pilih jawaban yang mendekati sifat apa yang dibutuhkan atas pekerjaan atau posisi yang Anda duduki setelah Anda berhasil lolos psikotes dan diterima kerja.
  4. Tes logika Aritmatika
    Tes logika aritmatika terdiri dari soal deret angka, tes ini diberikan untuk menilai kemampuan analisa seorang pelamar dalam memahami pola atau kecenderungan tertentu dengan bentuk deret angka yang kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola yang ada.
    Cara mengerjakan soal tes logika aritmatika :
    Untuk mengerjakan soal ini jangan hanya memperhatikan deret hitung matematika dari angka awal saja. Sebaiknya Anda melihat deretan angka secara keseluruhan, karena pola bisa saja berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat angka.

Itulah contoh soal sikotes dan cara menjawab soal tersebut, semoga bermanfaat dan bisa menjadi latihan persiapan diri menghadapi tes psikotes. Salam sukses

 

4 Tips Sukses Melamar Kerja Via Email

Posted: 20 May 2015 04:20 PM PDT

Tips Melamar kerja via email – Disaat ini melamar kerja dapat dilakukan dengan cara yang singkat, mudah dan cepat. Internet adalah media yang menjadi bantuan canggih, dengan adanya internet segala bentuk informasi dapat ditemukan dengan mudah dan cepat. Begitupun dengan proses karir Anda dalam melakukan melamar kerja, yang dulunya setiap pelamar harus datang ke kantor pos dan menunggu surat lamaran ini sampai ke perusahaan yang dituju, apalagi perusahaan yang jauh yang memungkinkan butuh beberapa hari untuk terkirim lamaran tersebut sampai ke perusahaan, kini hal tersebut tidak akan Anda alami. Dengan melalui internet dan akun email yang Anda miliki, melamar kerja yang akan Anda lakukan pada suatu perusahaan yang sekalipun lokasinya sangat jauh dengan kota Anda, akan praktis dan cepat untuk Anda mengirim lamaran kerja.

Mengirim lamaran kerja via email mungkin belum menjadi satu kebiasaan dan belum dilakukan oleh setiap pelamar kerja, karena biasanya mengirim lamaran kerja via email dilakukan bagi mereka yang menginginkan pekerjaan jauh dari lokasi tempat tinggal dan hanya perusahaan besar yang melakukan hal ini. Nah, jika saat ini Anda akan melakukan melamar kerja via email, Agar lamaran kerja yang akan Anda kirimkan dapat diterima baik oleh perusahaan, berikut tipskarir akan membagikan beberapa hal yang penting Anda perhatikan dalam melamar kerja via email.

  • Akun Email Profesional
    Akun email atau alamat email yang akan Anda gunakan untuk mengirim lamaran kerja penting untuk diperhatikan, jangan asal email. Gunakan alamat email yang terlihat profesional dengan nama email yang jelas dan mudah diingat.  Jika Anda memiliki email namun alamat email tersebut kurang baik atau terkesan alay, sebaiknya buat email kembali dengan menggunakan gmail atau yahoo. Buat akun email dengan nama sendiri, misal nama Anda Andi Gumilar maka alamat email yang digunakan baik Andi@gmail.com, atau gumilar@yahoo.com bisa juga Andigumilar@yahoo.com. Bila nama Anda panjang, ambil awal atau tengah dari nama Anda. Dengan begitu akan terlihat lebih profesional.
  • Persiapkan Berkas Lamaran Kerja Dengan Baik
    Pastikan untuk surat lamaran kerja dan CV atau daftar riwayat hidup Anda sudah membuatnya dengan baik dan trkirim dengan berformat .doc . Persiapkan juga berkas lain yang akan Anda lampirkan sperti KTP. Ijazah terakhir, transkrip nilai, serta sertifikat lain yang penting untuk diberikan sebagai bahan pertimbagan pihak perusahaan nanti, Scann setiap berkas dengan benar.
  • Perhatikan Subjek Atau Judul Email
    Sebagian pelamar sering melakukan lupa dalam menuliskan judul email, jangan sepelekan masalah ini. Jika lamaran yang dikirim tanpa ada sebuah judul, saat pihak perusahaan menerima file tersebut mereka akan bingung utnuk mengetahui maksud dari file itu, malahan bagi perusahaan yang banyak menerima lamaran kerja bisa jadi lamaran tanpa judul akan terabaikan. Maka sangat penting untuk Anda memberikan judul pada lamaran ini agar hal tersebut tidak aka Anda alami. Berikan judul yang singkat dan jelas sehingga pihak perushaan bisa langsung mengerti dari email yang Anda kirimkan. Misal jika Anda melamar kerja untuk Marketing, subjek email "Lamaran Kerja posisi Marketing" seperti itu.
  • Ukuran Email
    Dari kesuluruhan file yang akan Anda kirim, usahakan tidak melebihi 300 kb. Mengirim file dengan ukuran besar itu akan sulit terdownload, dan pihak perusahaan akan sulit membuka file yang Anda kirim. Jika sulit terbuka maka bisa jadi terlewatkan.  Biasanya yang membuat besar file ini disebabkan oleh berkas lamaran yang menjadi lampiran. Dari itu periksa besar besar file yang akan dilampirkan, khusunya untuk photo yang memiliki ukuran besar. Jika disuruh melampirkan photo, coba untuk memperkecil photo tersebut dengan melakukan edit photo.
  • Bentuk Dengan File Zip
    Dengan menggunakan zip file yang akan dikirim size-nya akan lebih kecil dan ringan sehingga memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file diri pelamar. Dari itu sebaiknya manfaatkan Zip ini dalam mengirim lamaran kerja via email yang akan Anda lakukan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai tips melamar kerja via email, Semoga bermanfaat dan bisa menjadi panduan kesuksesan Anda.

No comments:

Post a Comment