TipsKarir.Com | ![]() |
- Jam Lembur itu Hanya 3 Jam Saja
- 4 Usaha Untuk Menghapus Gagal Melamar Kerja
- Strategi Cerdas Hadapi Tes TOEFL
- 5 Tips Cerdas Tingkatkan Skor TOEFL
- Poin Minus yang Tidak Meluluskan Interview Kerja
- Bagaimana Meningkatkan Skill Yang Baik Untuk Melamar Kerja?
- Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Negosiasi Gaji
- Anda Ingin Diterima Bekerja? Perhatikan Kata Ajaib Ini!
- Mengapa Surat Lamaran Kerja Tak Kunjung Direspon?
- 6 Poin Hal Terpenting yang Harus Anda Perhatikan Dalam Surat Lamaran Kerja
Jam Lembur itu Hanya 3 Jam Saja Posted: 09 Feb 2015 05:22 PM PST Pada umumnya untuk rentang jam kerja wajib tiap harinya selama 8 jam, namun terkadang pekerjaan menuntut anda bekerja lebih dari jam kerja yang sudah ditentukan bahkan hingga larut malam. Hal ini biasanya dimasukan kedalam jam lembur. Tapi ada beberapa kasus yang keluar dari biasanya, dimana waktu lembur lebih dari ketentuan hingga mereka bisa kerja sampai tengah malam atau bahkan pulang subuh. Jadi, gimana sih aturan jam lembur resmi yang berlaku di Indonesia?, inilah urainnya; “Sebenarnya semua peraturan sudah diatur dalam undang-undang tersebut. Pada undang-undang telah jelas dijabarkan mengenai waktu lembur, upah lembur serta jenis pekerjaannya,” ungkap Mahdian Wiratama (Tama), Chief of Human Resources, sebuah perusahaan dibidang usaha kelapa sawit yang bertempat di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Kemudian ia menjelaskan bahwa waktu lembur karyawan itu sudah diatur pada Pasal 78 Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Mengenai kronologis penentuan jam lembur, secara tertulis bahwa sistem lembur dapat berlangsung jika ada persetujuan antara perusahaan dan karyawan yang bersangkutan. Selanjutnya, jam lembur hanya boleh terlaksana maksimal 3 jam dari satu hari atau 14 jam dalam satu minggu. Perusahaan yang meminta karyawan agar bisa lembur, ini berarti berkewajiban untuk membayar upah sesuai ketentuan. Menurut Tama, kebijakan lembur sebenarnya bisa dikembalikan lagi pada peraturan perusahaan tempat karyawan bekerja. Karena, ada karyawan dalam golongan tertentu berhak mendapatkan uang lembur. Berdasarkan Pasal 4 Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 102 Tahun 2004, mengenai jam lembur dapat diurai seperti berikut ini:
Jika hal ini dipahami semua pekerja atau karyawan, Idealnya, mereka dapat memahami hak maupun kewajibannya berdasarkan aturan resmi yang diperlakukan oleh negara. Cara ini diharapkan mampu mencegah anda mengalami eksploitasi tenaga dan kesewenangan melalui jam kerja yang diberlakukan oleh perusahaan. |
4 Usaha Untuk Menghapus Gagal Melamar Kerja Posted: 09 Feb 2015 04:53 PM PST Kenali apa yang menjadi kelemahan dan penyebab anda gagal melamar kerja. Perjalanan seleksi anda mungkin sampai tahap wawancara kerja tapi kenapa nasib belum berpihak pada anda. Parahnya janda gagal baru tahap awal, gara-gara CV kerja anda tidak menunjukan anda sebagai kandidat potensial dan layak dipanggil seleksi. Banyak alasan yang menyebabkan anda bukan kandidat pilihan recruiter, mulai dari CV yang tidak menjual, tidak lulus psikotes karena karakteristik anda yang kurang sesuai dengan kebutuhan hingga ketidaksiapan anda hadapi wawancara kerja. Tatkala nasib anda belum juga menemukan perubahan, sebaiknya lakukan beberapa usaha yang bisa meminimalisir penyebab gagal melamar kerja. Check it’s out :
|
Strategi Cerdas Hadapi Tes TOEFL Posted: 09 Feb 2015 04:37 PM PST Strategi Tingkatkan TOEFL – Mungkin anda bingung, strategi seperti apa yang cocok untuk anda gunakan guna menghadapi tes TOEFL yang mungkin akan anda hadapi. Selain itu mungkin anda juga kebingungan, dalam bagaimana anda dapat menaklukkan soal-soal TOEFL. Memang benar, ketika anda menghadapi tes TOEFL, anda memang membutuhkan strategi yang cerdas guna menaklukkan serangkaian bentuk soal-soal tes. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan kepada anda bagaimana strategi yang ampuh guna menghadapi tes TOEFL agar anda bisa menaklukkannya serta anda dapat mendapatkan skor yang tinggi pula, berikut ini ulasannya: 1. Gunakan bahasa inggris setiap hari Guna menaklukkan tes TOEFL, langkah awal yang bisa anda gunakan yaitu dengan anda menggunakan bahasa inggris setiap hari. Anda bisa menyisihkan waktu yang anda miliki hanya untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris hanya beberapa menit saja. Ketika anda mendengarkan, membaca, serta menulis dalam bahasa inggris dalam waktu yang anda miliki, maka akan menambah kemampuan anda dalam berbahasa inggris. 2. Menulis Anda bisa membuat sejumlah catatan yang bisa anda gunakan untuk diri sendiri serta buatlah pengingat harian dengan menggunakan bahasa inggris. Selain itu, mungkin anda juga bisa menggunakan beberapa kata baru serta beberapa ekspresi umum. Jika anda sempat, mungkin anda juga bisa berlatih via email dengan anda chat bersama teman anda dengan menggunakan bahasa inggris. Hal tersebut dapat membantu anda dalam penstrukturan kalimat juga kosakata yang anda miliki. 3. Mendengarkan Selain dengan menulis, mungkin anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda dengan mendengarkan musik, radio, televisi, film serta beberapa siaran online dalam bentuk bahasa inggris. Ketika anda semakin banyak mendengar, maka semakin besar pula anda dalam pemahaman kosakata serta ekspresi. Dengan anda mendengarkan musik juga akan membantu anda dalam mendapatkan pola irama, anda bisa mendengarkan dengan erat kata-kata tersebut. 4. Membaca Ketika anda memiliki keinginan untuk mampu dalam berbahasa inggris yang baik dan benar, membaca juga merupakan satu cara yang terbaik guna meningkatkan kosakata anda. Mungkin anda bisa membaca beberapa majalah, koran, bahkan situs-situs secara online dalam bentuk bahasa inggris. Selain itu, mungkin anda juga bisa membaca beberapa bahan bacaan yang bersifat akademis guna mempersiapkan diri anda untuk berkomunikasi pada tingkatan dunia kerja dalam bahasa inggris. 5. Jauhkan journal Anda juga dapat menuliskan sejumlah hal ataupun momen yang memang telah anda lakukan guna mempersiapkan anda memasuki dunia baru yaitu dunia kerja serta beberapa aktivitas lainnya yang memang anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari anda. Pada poin ini merupakan salah satu cara yang memang tepat untuk anda lakukan guna mengatur pikiran serta praktek penulisan anda dalam berbahasa inggris. Selain itu anda juga dapat mengecek kemajuan anda dalam berbahasa inggris, dan anda bisa membacanya untuk diri sendiri serta bacalah sekeras mungkin. Agar hasil yang anda dapatkan bisa membuat diri anda puas. |
5 Tips Cerdas Tingkatkan Skor TOEFL Posted: 09 Feb 2015 04:36 PM PST Tips TOEFL – Ketika anda akan lulus dari bangku pendidikan, pastinya anda akan disibukkan dengan proses pencarian kerja. Ketika anda telah mendapatkan pekerjaan yang cocok, maka anda juga akan dihadapkan dengan berbagai bentuk ujian, dimulai dari proses wawancara kerja, psikotes dan banyak diantaranya. Satu hal yang perlu anda tahu, sejumlah perusahaan biasanya memberikan syarat kepada setiap pelamar untuk mencantumkan sertifikat TOEFL pada surat lamaran kerja yang diajukan. Dan itu akan menjadi satu tantangan yang besar bagi anda yang memang belum memiliki sertifikat tersebut atau bahkan bagi anda yang memang memiliki kekurangan dalam menguasai bahasa inggris. Oleh karena itu, sangat perlu anda untuk meningkatkan skor TOEFL agar anda bisa diterima di perusahaan yang anda incar. Di sini kami akan memberikan beberapa tips agar anda dengan mudah bisa meningkatkan skor TOEFL anda, yaitu sebagai berikut ini: 1. Ketahuilah bentuk tes dengan baik Biasakanlah diri anda untuk menghadapi semua instruksi yang nantinya akan anda hadapi pada ujian TOEFL ini. Karena tes TOEFL merupakan ujian yang memang memiliki batasan waktu yang sangat singkat, oleh karena itu anda jangan pernah membuang-buang waktu anda secara percuma. Agar tes TOEFL anda berjalan lancar, ada baiknya jika sebelum anda menjalankan tes TOEFL anda berlatih terlebih dahulu dengan mengambil tes latihan awal, karena hal ini akan sangat membantu anda memberikan keyakinan akan bentuk petunjuk soal serta gaya pertanyaan yang nantinya akan anda hadapi. 2. Dengarkan makna dari percakapan Pada bagian listening, sebaiknya anda jangan terlalu fokus pada setiap kata ataupun frase pada setiap pilihan jawaban yang memang anda dengar mirip dengan apa yang memang dikatakan oleh rekaman audio. Karena ujian TOEFL akan membuat anda bingung dengan pilihan jawaban yang memang memiliki pengucapan yang terdengar mirip ataupun kata yang sama namun berbeda arti dan makna kalimat. Dalam bagian ini, ada baiknya jika anda mendengarkan setiap bagian sebaik mungkin serta cobalah anda untuk memahami setiap arti dari apa yang diucapkan dari pembaca. 3. Carilah kesalahan dalam pilihan jawaban Ketika anda telah berada di sesi kedua tes TOEFL, yaitu structure and written expression, maka anda akan diberikan syarat untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang ada di dalam soal. Biasanya setiap pilihan jawaban akan memiliki satu bahkan lebih pilihan yang sangat jelas salah. Mungkin anda bisa mengeliminasi setiap jawaban ini tanpa harus anda membaca terlebih dahulu. Anda hanya harus mencari serta memahami pola atau struktur yang memang sangatlah jelas tidak benar setelah itu eliminasilah pilihan jawaban tersebut terlebih dahulu. Setelah itu anda bisa kembali ke pertanyaan serta perhatikanlah kesesuaian antara subject dan juga verb setiap kalimat. 4. Bacalah pertanyaan terlebih dahulu Ketika anda mejalankan serangkaian bentuk tes TOEFL, maka anda akan dihadapkan dengan masalah yang besar, yaitu ada pada sesi reading comprehension. Salah satu cara yang mungkin bisa anda gunakan untuk menaklukkan tes ini yaitu anda diharuskan untuk membaca terlebih dahulu seluruh pertanyaan yang memang memiliki kaitan dengan bacaan, mungkin pada bagian ini anda bisa melakukan skimming guna mencari tahu informasi yang memang bersifat relavan. Selain itu, anda juga akan menemukan sejumlah pertanyaan di bagian ini yang pertanyaan kosakatanya hanya akan menanyakan terkait arti dari sebuah kata. Dan sebaiknya pertanyaan seperti ini dapat anda jawab terlebih dahulu. 5. Jawab semua soal Dan yang terakhir, sebaiknya anda jangan meninggalkan satu pun jawaban yang kosong, dikarenakan dalam tes TOEFL tidak akan ada pengurangan nilai jika jawaban yang anda berikan salah. Jika waktu pengerjaan masih tersisa, ada baiknya jika anda memeriksa kembali setiap jawaban yang anda berikan sebelum anda meninggalkan ruangan. |
Poin Minus yang Tidak Meluluskan Interview Kerja Posted: 09 Feb 2015 04:18 PM PST Mencari cara agar lulus interview kerja menjadi salah satu usaha kebanyakan kandidat pelamar kerja. Hal ini disebabkan karena interview kerja merupakan babak akhir dan penting dari usaha anda mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan maupun instansi. Berbagai informasi para kandidat kumpulkan agar lebih siap menghadipinya, termasuk cara memahami berbagai pertanyaan dan menjawab interview kerja. Tahu tidak sekuat apapun anda menghafal jawaban interview kerja, kalau anda tidak memahami kualifikasi penilaian pewawancara akan menjadi sia-sia. Bisa-bisa poin anda minus dan ternyata anda gagal pada interview kerja. Jangan kuatir, agar anda lebih tau kriteria penilaian pewawancara, inilah poin minus yang tidak meluluskan :
|
Bagaimana Meningkatkan Skill Yang Baik Untuk Melamar Kerja? Posted: 08 Feb 2015 11:09 PM PST Tips Melamar Kerja – Anda seorang fresh graduate yang baru lulus kuliah? Nah, perlu anda ketahui, salah satu kelemahan anda sebagai seorang fresh graduate dalam mencari pekerjaan yaitu kurangnya pengalaman dalam bekerja, bahkan kerap anda merasa bingung, apa yang harus anda lakukan dalam menghadapi dunia baru anda yaitu dunia kerja. Agar anda dapat mengatasi hal tersebut, mungkin anda bisa meningkatkan skill yang memang baik serta sangat berguna untuk anda melamar satu pekerjaan. Nah, apa saja skill tersebut? Berikut ini ulasannya. 1. Dapatkan umpan balik Apa sih umpan balik itu? Yang dimaksud umpan balik dalam poin ini yaitu komentar ataupun kredensial dari orang lain pada bidang yang kamu miliki. Agar anda dapat meningkatkan skill guna kemungkinan anda dapat diterima di perusahaan yang anda lamar, maka anda harus memiliki pengalaman yang berkaitan dengan bidang yang anda tuju tersebut. Akan tetapi dengan anda mendapatkan pengalaman melalui magang atau bekerja dengan upah yang diberikan tidak seberapa, terkadang hal tersebut tidak akan mendukung, terkecuali jika anda memiliki beberapa pernyataan tertulis dari klien anda. 2. Pecahkan permasalahan dan tambahkan nilai Ketika anda memiliki keahlian dalam memecahkan satu masalah, maka hal tersebut akan sangat anda butuhkan di tempat anda bekerja nanti. Agar anda bisa memperoleh perkembangan dalam bidang tersebut, maka ketika anda kuliah anda harus magang di tempat yang memang berkaitan dengan bidang tersebut, selain itu anda juga harus mengamati bagaimana caranya seseorang mengatasi atau memecahkan satu masalah yang memang tengah dihadapi yang memang berkaitan dengan bidang tersebut. Namun jika anda memang tidak memiliki kesempatan untuk magang di bidang yang anda inginkan, maka anda jangan putus asa serta jangan patah semangat, teruslah berusaha demi mencapai satu tujuan yang pasti. Mungkin anda bisa membeli sejumlah buku yang berkaitan erat dengan bidang yang kamu inginkan, setelah itu anda bisa mempelajari beberapa permasalahan yang mungkin terjadi di bidang tersebut serta cara untuk mengatasinya. Membaca yaitu salah satu cara yang sangatlah mudah bagi anda serta cara yang cepat untuk mendapatkan pengetahuan yang banyak secara gratis. 3. Dapatkan skill yang menunjang bidang kamu Terkadang pekerjaan yang anda dapatkan berbeda dengan skill yang anda miliki. Maka anda harus memperhatikan bidang pekerjaan yang anda miliki, setelah itu anda harus menemukan keahlian yang memang ada di luar bidang yang kamu geluti yang memang dapat mendukung pekerjaan anda. Hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi anda ketika anda melamar pekerjaan. Ketika anda memperhatikan beberapa tips di atas, maka anda akan lebih mudah dalam bersaing di dunia kerja yang memang ada di dalam bidang yang anda geluti. Anda harus mengingat satu hal, kalau dunia kerja sangat memerlukan penguasaan yang spesifik terkait bidang yang anda geluti. |
Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Negosiasi Gaji Posted: 08 Feb 2015 11:03 PM PST Tips Negosiasi Gaji – Mungkin setelah anda melamar pekerjaan di salah satu perusahaan, maka tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan yang memang tidak kalah pentingnya dengan proses wawancara kerja yaitu negosiasi gaji. Namun perlu anda ketahui, proses negosiasi gaji bukanlah satu hal yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang, ketika para pelamar kerja membicarakan persoalan tersebut, tidak sedikit pelamar kerja yang merasa gugup serta mereka merasa tidak mau berbicara lebih terkait dengan negosiasi gaji tersebut. Namun jika anda tidak melakukan negosiasi gaji saat proses wawancara berlangsung, maka kesalahan tersebut yang anda lakukan dapat membuat anda menggerutu sepanjang karir anda di perusahaan tersebut. Jika anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi atau menimpa diri anda, ada baiknya jika anda menyimak beberapa kesalahan yang sebaiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukannya. 1. Menganggap semua persoalan Ketika anda menginginkan satu posisi yang memang benar-benar anda inginkan, maka anda juga harus menghargai kemampuan yang memang ada di dalam diri anda sendiri. Mengapa demikian? Karena hal tersebut sangatlah penting untuk anda lakukan. Walaupun demikian, anda tetap harus mengingat satu hal, gaji hanyalah masalah angka. Kebanyakan orang hanya akan terpaku terhadap angka-angka tertentu, mereka akan lebih cenderung beranggapan bahwa proses negosiasi gaji itu hanyalah sebagai urusan yang personal, dikarenakan hal tersebut akan erat kaitannya dengan melibatkan emosi seseorang. Jika anda akan melamar suatu pekerjaan, maka anda harus benar-benar berhenti untuk memikirkan persoalan gaji yang nantinya akan anda dapatkan guna menunjang status sosial anda. Atau anda beranggapan bahwa gaji yang anda dapatkan yaitu uang yang memang digunakan anda untuk membayar seluruh tagihan bulanan anda. Jika anda mendapatkan gaji yang memang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, alangkah lebih baik jika anda meminta bonus yang sekiranya dapat menambah gaji anda. Sehingga, kesepakatan akhir yang akan didapat nilainya dapat setara dengan apa yang anda inginkan. 2. Jangan hanya mengandalkan lisan Mungkin anda merasa kalau anda tidak percaya terhadap perusahaan yang anda lamar, hal tersebut anda rasakan ketika anda meminta dibuatkan dokumen resmi terkait persoalan gaji. Namun pada kenyataannya, pada bagian ini salah satu hal yang sangatlah penting dalam melakukan negosiasi gaji. Setidaknya ketika anda melakukan hal tersebut dapat menunjukkan keseriusan antara anda dengan pihak dari perusahaan. Selain itu, dalam mengambil satu putusan anda juga jangan terlalu tergesa-gesa. Anda bisa meminta waktu sebentar kepada pihak pewawancara agar anda dapat membuat satu pertimbangan yang baik bagi diri anda serta membicarakan hal tersebut kepada orang lain yang memang sangat terlibat dalam putusan yang akan anda ambil tersebut, dan biasanya pihak perusahaan dapat memahami hal tersebut. 3. Jangan takut untuk bernegosiasi Ketika anda tengah membicarakan persoalan terkait dengan gaji, maka anda harus bermain layaknya seorang pemain poker yang handal. Anda dapat menarik ulur tuntutan anda serta kebijakan yang diberikan oleh pihak perusahaan. Namun sebelum anda melakukan hal tersebut, lakukan riset terlebih dahulu guna kelancaran negosiasi gaji anda. Anda harus bisa memahami seluruh komponen terkait setiap tawaran gaji pokok yang memang ditawarkan kepada anda oleh pihak perusahaan, bonus jika pihak perusahaan memberikan itu, serta hal-hal lainnya yang memang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu sebagai satu paket gaji yang akan anda terima. Anda harus dapat terbuka kepada pihak perusahaan terkait besaran gaji yang memang anda inginkan selama proses negosiasi gaji berlangsung. Selain itu, mungkin anda juga dapat berkompromi terkait satu persoalan. |
Anda Ingin Diterima Bekerja? Perhatikan Kata Ajaib Ini! Posted: 08 Feb 2015 10:57 PM PST Lamaran Kerja – Anda sudah banyak melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan, namun masih belum diterima juga? Tenang saja, jangan keburu frustasi, dan Anda jangan pernah berhenti untuk terus berusaha. Karena pada kesempatan ini, TipsKarir.com akan memberikan beberapa kata ajaib yang memang bisa Anda cantumkan di dalam surat lamaran kerja yang Anda buat, agar Anda bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda inginkan. Lantas, apa saja kata-kata ajaib yang harus di perhatikan itu? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak ulasan berikut ini! Ketekunan Perlu Anda ketahui, setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pastinya memerlukan orang yang memiliki jiwa tekun dalam bekerja serta pantang untuk menyerah. Oleh karena itu, jangan pernah ragu Anda untuk menunjukkan hal tersebut kepada perusahaan. Pengakuan Ketika Anda membuat surat lamaran pekerjaan, Anda juga di sarankan untuk mencantumkan sejumlah penghargaan yang pernah Anda raih di dalam surat lamaran. Mengapa demikian? Karena penghargaan yang Anda peroleh bisa menunjukkan pengakuan bahwa Anda merupakan orang yang layak untuk memperoleh posisi yang di tawarkan tersebut. Hasil Seorang konsultan karir, Ronald Kaufman mengatakan, “Untuk mendapatkan pekerjaan, Anda perlu membuat orang yang mewawancarai Anda percaya bahwa Anda bisa memberikan hasil yang mereka mau.” Dan saat ini yang menjadi pertanyaan, apakah Anda mampu untuk berjanji serta benar-benar menunjukkan hasil dari pekerjaan yang Anda selesaikan nanti, jika Anda sudah diterima bekerja? Pengaruh Anda bisa membayangkan ketika Anda dinyatakan diterima bekerja di perusahaan tersebut, dan Anda menjadi seorang karyawan di perusahaan itu. Dan setelah itu, coba Anda bayangkan dampak yang memang bisa Anda sebarkan ke setiap orang yang memang berada di sekitaran Anda, ataupun sebaliknya. Perlu Anda ketahui, pemikiran seperti ini pastinya penting untuk Anda ketahui, karena atasan Anda ingin mengetahui dampak seperti apa yang akan Anda sebarkan kepada perusahaan ataupun karyawan lainnya jika nanti Anda sudah bekerja. Kompetensi Hal ini juga tidak kalah penting dari beberapa hal sebelumnya. Oleh karena itu, jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk menunjukkan kompetensi yang Anda miliki ketika Anda tengah menulis surat lamaran pekerjaan ataupun ketika Anda tengah menjalani sesi wawancara kerja. Lugas Berbicaralah tepat pada sasaran, dan jangan bertele-tele. Sebab, ketika Anda bertele-tele, hal tersebut hanya akan membuat calon atasan Anda menjadi bosan serta menolak Anda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan bahasa yang lugas, tepat pada sasaran, namun efektif jika di lihat secara bersamaan. Apakah Anda bisa melakukan hal tersebut? Belajar Anda harus mampu belajar dari setiap kesalahan yang Anda lakukan, sebab hal itu sangatlah penting untuk Anda praktikkan. Seperti ungkapan yang dikeluarkan oleh konsultan karir yang satu ini, yakni Bruce Hurwitz, “Semua orang pernah gagal, tetapi yang paling penting adalah bagaimana kegagalan itu bisa membuat kira belajar.” Dan kesimpulannya yaitu, Anda jangan pernah melakukan kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya! Komitmen Anda harus menunjukkan bahwa Anda sangat berani untuk mengambil komitmen dalam pekerjaan baru Anda. Anda harus membuat calon atasan Anda percaya, bahwa Anda mampu menjalankan segala hal yang diminta oleh mereka tanpa adanya keluhan. Fleksibel Sikap ini merupakan salah satu syarat yang harus Anda miliki dalam menjalani pekerjaan yang hebat. Oleh karena itu, jangan pernah Anda takut untuk berubah, dan Anda harus cepat untuk belajar dari hal tersebut. Solusi Mungkin ketika Anda tengah menjalani sesi wawancara kerja, pihak perusahaan akan memberikan contoh masalah yang nantinya harus Anda jawab untuk memberikan solusi yang tepat. Lalu, hal apa yang harus di lakukan? Pastinya Anda harus berusaha memberikan solusi original yang terbaik yang Anda miliki. Apakah Anda percaya dengan kata-kata ajaib ini? Jika tidak, maka Anda bisa membuktikannya sendiri ketika Anda melamar pekerjaan. |
Mengapa Surat Lamaran Kerja Tak Kunjung Direspon? Posted: 08 Feb 2015 09:14 PM PST Tips Lamaran Kerja – Anda akan menunggu panggilan untuk melangsungkan sesi wawancara kerja dari perusahaan yang Anda lamar, setelah Anda mengirimkan surat lamaran kerja, bukan? Akan tetapi, apa jadinya jika panggilan untuk melangsungkan wawancara kerja itu tak kunjung Anda dapatkan? Anda akan berfikir, apakah ada kesalahan dalam surat lamaran yang Anda buat? Atau, apakah Anda tidak memenuhi kualifikasi yang diinginkan oleh perusahaan? Untuk mencari semua jawaban tersebut, sebaiknya Anda bisa menyimak beberapa penuturan kali ini, yaitu sebagai berikut: 1. Tak sesuai kualifikasi Sebelum Anda melamar pekerjaan, alangkah lebih baik jika Anda dapat memperhatikan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut. Jika pihak perusahaan menginginkan pelamar kerja yang memang memiliki pengalaman kerja pada bidang yang sama, sementara Anda merupakan seorang fresh graduate, maka kemungkinan besar surat lamaran kerja Anda akan di tolak, dan Anda tidak akan mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja. Anda harus bisa menghindari kekecewaan Anda, dan cobalah untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki. 2. Tak menyebut ‘kata kunci’ Biasanya, sebuah deskripsi pekerjaan selalu memiliki ‘kata kunci’, dan ‘kata kunci’ tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh para pelamar kerja. Dan pastikan kalau Anda membaca ‘kata kunci’ tersebut, dan setelah itu cantumkan ‘kata kunci’ tersebut pada resume Anda. 3. Kesalahan pada resume Ketika Anda akan melamar pekerjaan, pastikan kalau Anda membuat resume yang menarik. Namun ingat, membuat resume yang menarik itu bukan berarti Anda menghiasi resume yang Anda buat dengan gambar-gambar yang tidak jelas. Buatlah resume dengan format penulisan yang standar, dan setelah itu baru Anda dapat menonjolkan kualitas yang Anda miliki pada bagian isi. 4. Resume berbeda dengan profil online Penting untuk Anda ketahui, bahwa media atau jejaring sosial pastinya bisa Anda jadikan sebagai alat bantu dalam mencari pekerjaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda menyesuaikan profil di situs online atau media sosial yang Anda miliki dengan resume yang Anda buat. Jika terdapat perbedaan yang fatal, maka hal ini bisa sangat menghambat Anda dalam meraih kesuksesan. 5. Resume datang di akhir tenggat waktu Mengirimkan resume atau berkas lamaran kerja di awal waktu memang sudah menjadi satu keharusan. Oleh karena itu, Anda harus lebih rajin lagi untuk mencari info lowongan pekerjaan, sehingga Anda tidak akan ketinggalan berita dan mengirimkan berkas lamaran pekerjaan di waktu yang mana lowongan tersebut akan di tutup. Dan itulah beberapa alasan mengapa lamaran kerja Anda tidak mendapatkan respon dari perusahaan yang Anda tuju. Jika hal tersebut terjadi, cobalah Anda untuk mengefaluasi diri Anda, dan perbaikilah surat lamaran kerja yang Anda buat. |
6 Poin Hal Terpenting yang Harus Anda Perhatikan Dalam Surat Lamaran Kerja Posted: 08 Feb 2015 08:41 PM PST Surat Lamaran Kerja – Sebelum Anda dinyatakan lolos ke tahapan selanjutnya dalam proses lamaran kerja, pihak perusahaan terlebih dahulu akan memperhatikan beberapa bagian khusus yang ada di dalam surat lamaran kerja. Dan beberapa hal yang kerap menjadi sorotan perusahaan yaitu sejarah dari pengalaman Anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Penting untuk Anda ketahui, bahwa di dalam isi surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan, terutama dalam persoalan sejarah pekerjaan Anda sebelumnya. Lantas, apa sajakah poin-poin penting yang harus di perhatikan itu? Jika Anda ingin mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan di bawah ini! 1. Lama bekerja Jika Anda terlalu banyak mencantumkan pengalaman Anda dalam bekerja di surat lamaran kerja, namun pekerjaan itu hanya bertahan dalam waktu yang singkat, maka pihak perusahaan akan beranggapan kalau Anda merupakan tipe orang yang mudah bosan, bahkan Anda di pandang kalau Anda tidak mampu melakukan pekerjaan dengan benar, atau bahkan Anda dianggap kalau Anda tidak mengetahui kemampuan yang Anda miliki sendiri. Dan hal itu akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan karir Anda untuk waktu kedepannya. 2. Berhenti bekerja Banyak diantaranya para pelamar kerja yang memang melamar pekerjaan yang baru, walau sebenarnya mereka belum keluar dari profesi sebelumnya. Akan tetapi, jika Anda keluar dari pekerjaan Anda, dan Anda baru melamar pekerjaan yang baru, maka pihak perusahaan akan beranggapan kalau Anda mungkin memiliki masalah di tempat kerja Anda sebelumnya, sehingga Anda di keluarkan atau di PHK di perusahaan tersebut. Pastinya pihak perusahaan tidak akan menerima karyawan yang memang pernah memiliki masalah di tempat kerja sebelumnya. 3. Dipecat Ada beberapa alasan yang menyebabkan Anda di keluarkan atau di pecat dari perusahaan tempat Anda bekerja, salah satunya yaitu adanya pemangkasan karyawan pada terhadap divisi tertentu, atau bahkan Anda di pecat dikarenakan kinerja Anda di perusahaan tersebut buruk. Pihak perusahaan pastinya akan sangat memperhatikan hal ini lebih jauh lagi dari apa yang Anda fikirkan. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kalau Anda menulis latar belakang atau pengalaman Anda dalam bekerja dengan jelas mengenai divisi Anda di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya. 4. Menganggur lama Walaupun proses mencari pekerjaan tidaklah semudah yang kita bayangkan, akan tetapi buruk akibatnya jika Anda menganggur dalam kurun waktu yang lama. Daripada Anda hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa, maka sebaiknya Anda aktif di kegiatan sosial, memperdalam kemampuan yang Anda miliki, serta berusaha untuk membuktikan kalau Anda tetap produktif walaupun Anda tidak memiliki pekerjaan yang tetap. Jarak pekerjaan Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jarak antar pekerjaan Anda yang memang terlalu lama juga akan sangat di perhatikan oleh perusahaan tempat Anda melamar kerja. Dan pada keputusan akhir, biasanya pihak perusahaan akan beranggapan kalau Anda mungkin saja memiliki masalah dengan rekan kerja Anda sebelumnya. Sehingga Anda terpaksa harus keluar dari pekerjaan Anda dan baru mencoba untuk mencari pekerjaan yang baru. Itulah beberapa poin penting yang wajib untuk Anda ketahui dan pahami dalam membuat surat lamaran kerja. Jadi, jangan sampai Anda lupa untuk mencantumkan beberapa hal yang memang seharusnya Anda cantumkan di dalam surat lamaran kerja. Semoga berhasil! |
You are subscribed to email updates from Tips Karir To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment