Monday, February 16, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Inilah 20 Perusahaan Terbaik dan Sehat yang Rajin Serap Tenaga Kerja

Posted: 16 Feb 2015 04:45 PM PST

Sebuah apresiasi patut kita berikan bagi perusahaan-perusahaan yang selama ini telah menjadi kontributor dan secara konsisten membuka kesempatan berkarir sekaligus menjadi solusi langsung dunia kerja. Sebagai perusahaan Top, Perusahaan-perusahaan ini mampu secara rutin menerima pasokan sumber daya manusia produktif dalam mengentaskan berbagai probelamatika pengangguran nasional.

Inilah Urutan 20 Perusahaan Terbaik yang Sering Serap Tenaga Kerja

Kredit gambar: agenpelangi.blogspot.com

Seraya hasrat pemerintah yang berkeinginan mengurangi angka pengangguran, seakan gayung bersambut dengan apa yang dilakukan Fortune Indonesia  sebagai perusahaan yang bergerak dalam biro pengiklanan dan satu-satunya di Indonesia ini yakni mengadakan event yang diberi nama ” Indonesia’s Most Admires Companies”.  Dengan menggandeng Hay Group, mereka melakukan riset terhadap perusahaan Indonesia dengan menggunakan metode kuantitif dan kualitatif satu tahun sebelumnya.

Berbagai kriteria penilaian yang digunakan sebagai nominasi ialah kualitas produk atau jasa, kualitas manajemen, inovasi, tanggungjawab komunitas dan lingkungan, bijaksana penggunaan aset, posisi keuangan, nilai investasi jangka panjang hingga kemampuan menarik dan mengembangkan potensi karyawan berpotensi serta efektifitas menjalankan bisnis secara regional.

Dan perusahaan yang dikukuhkan menjadi pemenang dalam ajang tahunan ini adalah PT Astra International Tbk. Selanjutnya disusul oleh PT Unilever Indonesia Tbk sebagai pemenang kedua serta pemenang ketiga dinobatkan kepada PT Bank Central Asia Tbk.

“Ini kerjasama tim yang solid. Ini kesatuan group Astra yang penduduknya 200.000. Itu tanpa team work yang baik, nggak sampai posisi saat ini. Di Astra nggak ada superman. Yang ada superteam. Kami nggak nyangka dapat posisi nomor 1″ ujar Prijono saat itu menjabat sebagai Presiden Direktur Astra Intenational dihadapan Chief Executive Officer (CEO) penerima anugerah Fortune Indonesia’s Most Admired Companies di Hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Inilah urutan 20 perusahaan yang paling dikagumi di Indonesia dan dunia kerja versi Fortune di tahun 2014 silam:

1. Astra International, 2. Unilever Indonesia, 3. Bank Central Asia, 4. Telekomunikasi Indonesia, 5. Bank Mandiri, 6. Bank Rakyat Indonesia, 7. Indofood Sukses Makmur, 8. United Tractors 9. Kalbe Farma, 10. Semen Indonesia, 11. Astra Agro Lestari, 12. Garuda Indonesia, 13. Indofood CBP Sukses Makmur, 14. Gudang Garam, 15. Indocement Tunggal Perkasa, 16. Bank Negara Indonesia, 17. XL Axiata, 18. Holcim Indonesia, 19. Krakatau Steel, 20. Indosat

Siapa peraih penghargaan di tahun ini? tunggu kelanjutannya..

Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup yang Mudah Dibaca Dalam 30 Detik

Posted: 16 Feb 2015 04:35 PM PST

Melamar kerja seakan menjadi sebuah kegiatan yang cukup menguras tenaga dan mental, selain mesti mempersiapkannya dengan optimal, seorang kandidat juga harus siap dengan hasil akhir yang diterima. Bila anda mau menyadarinya, kegagalan bisa saja bersumber dari belum maksimalnya cara anda mempromosikan diri, mulai dari  sikap, mental atau bahkan dokumen lamaran kerja seperti penulisan teks Daftar Riwayat Hidup yang baik dan menjual. Disamping itu, kompetensi maupun skill memegang peranan terhadap keberhasilan anda ketika melamar kerja.

Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup yang Mudah Dibaca Dalam 30 Detik

Kredit gambar: lowongan-bandung.com

Paradigma dalam menulis maupun mengolah isi teks Daftar Riwayat Hidup yang menjual, tidak luput dari cara anda dalam menyesuaikan kompetensi anda dengan kualifikasi untuk berbagai posisi pekerjaan. Seperti posisi untuk supervisor, marketing, operator, staf admistrasi, keuangan dan masih banyak lagi. Jadi bukan satu CV untuk semua perusahaan atau posisi, karena hal ini bisa menjukan bahwa anda kurang paham terhadap apa yang menjadi kebutuhan perusahaan. Fokus dari isi teks Daftar Riwayat Hidup ialah bagaimana cara anda ‘jual diri’ agar pesan tersebut mudah dipahami pembaca yakni recruiter juga user (perusahaan). Selain penyajian tampilan yang menarik juga penggunaan tata bahasa yang ringkas serta mudah dipahami ketika dibaca dalam tempo 30 detik saja. Bagaimana caranya, inilah teks Daftar Riwayat Hidup kerja yang ringkas dan padat;

Contoh teks Daftar Riwayat Hidup :

Curriculum Vitae

Nama                             : Isny Damayanti
Jenis Kelamin              : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahir   :  Bandung, 11 Oktober 1991
Pendidikan                   : Sarjana Ekonomi (Akuntansi)
Kewarganegaraan       : Warga Negara Indonesia
Status Perkawinan      : Single
Alamat                           : Puri Bandung Indah, Jl. Ujung Berung  No. 23 Blok A Kecamatan Cibiru, Kabupaten Bandung
Contact Person    : 081322xxxxxx (HP)
Email                     : Isnadamayanti@hotmail.com

KEAHLIAN :

•    Mampu  membuat kompilasi laporan keuangan
•    Mampu membuat sistem pencatatan atas berbagai transaksi keuangan
•    Mampu membuat form-form transaksi
•    Mampu melaksanakan tugas  audit sebagai upaya pengendalian

PENDIDIKAN :
•    2009 – 2013    : Program Sarjana (S1) Akuntansi Universitas Padjadjaran Bandung; Mata kuliah yang diepelajari : Akuntansi, Manajemen, Bahasa Inggris, Komputer Akuntansi, Manejemen Perbankan

PRESTASI :

Mendapat Beasiswa Pendidikan dari Universitas Padjdjaran Bandung

PENGALAMAN ORGANISASI :

Tahun 2013, Sebagai Bendahara Umum Himpunan Masiswa Fakultas Ekonomi; Kegiatan, Seminar dan worksop ” Pengelolaan Keuangan Aparatur Pemerintahan Desa”

PENGALAMAN KERJA :

Staff Consultant di PT. Jasa Consultan  2013 s.d November 2014
Urain Singkat Pekerjaan :
•    Membuat kompilasi laporan keuangan
•    Membuat Ssistem pencatatan atas berbagai transaksi keuangan perusahaan
•    Membuat form-form transaksi yang terjadi di perusahaan
•    Melakukan internal  audit sebagai upaya pengendalian internal perusahaan
•    Melakukan eksternal  audit untuk memeriksa laporan keuangan dan meyakinkan pelaporan bebas dari salah saji material
•    Menghitung dan menganalisis potensi –potensi pajak perusahaan
•    Membuat Pelaporan perpajakan perusahaan

Demikian saya buat dengan sebenar-benarnya,

Bandung, 17 Februari 2015

Isny Damayanti

Arti Daftar Riwayat Hidup Lengkap Dengan Penjelasannya

Posted: 16 Feb 2015 04:25 PM PST

Penjelasan dan arti Daftar Riwayat Hidup - Daftar riwayat hidup atau yang biasa disebut Curriculum Vitae (CV) merupakan suatu keterangan jati diri yang bertujuan sebagai promosi untuk perusahaan ataupun instansi yang ingin dilamar. Mengingat Daftar Riwayat Hidup menjadi persyaratan wajib ketika melamar kerja, surat lamaran pekerjaan serta daftar riwayat hidup dibuat seakan menjadi kesatuan yang saling mendukung.

Arti Daftar Riwayat Hidup Lengkap Dengan Penjelasannya

Kredit gambar: antaranews.com

Dalam melengkapi arti Daftar Riwayat Hidup dan perihal isi sebuah CV mencakup dari data pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman, keahlian hingga prestasi atau penghargaan yang diraih. Melalui daftar riwayat hidup ini, dengan berbekal referensi dan informasi yang cukup tentang kandidat maka recruiter akan menindak lanjuti terhadap lamaran kerja yang anda buat. Mereka akan mempertimbangkan tentang layak tidaknya si pelamar untuk mendapat panggilan seleksi dan wawancara. Peran sebuah Daftar Riwayat Hidup sangat berpengaruh dalam menarik perhatian dan simpati perusahaan terhadap anda seagai calon karyawannya.

Sehingga makna dan arti Daftar Riwayat harus benar benar memuat isi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik dari aspek kualifikasi serta kompetensi yang dipersyaratkan. Berikut beberapa sub isi dalam sebuah Daftar Riwayat Hidup ;

  • Personality/ Data Pribadi, Meliputi data diri seperti nama, tempat dan tanggal lahir,  Alamat, jenis kelamin, status, contact person (nomor HP/ email). Adapun tambahan data lain seperti kewarganegaraan, suku bangsa, agama. tinggi dan berat badan pencatumannya supaya di sesuaikan dengan situasi yang diperlukan.
  • Riwayat Pendidikan. Cara penulisan riwayat pendidikan sebagai subjudul urutannya adalah sebagai berikut: Jika  pada subjudul hanya di tulis pendidikan, maka urutan penulisan sebaiknya dari pendidikan tertinggi, lalu menurun ke tingak yang lebih rendah. Jika pada subjudul ditulis riwayat pendidikan, selanjutnya urutan penulisannya sebaiknya dimulai dari yang lebih tinggi dan seterusnya, sebab kata riwayat mengandung pengertian kronologis. Jika pernah mengikuti pendidikan informal seperti kursus/ pelatihan. selain mencantumkan kronologis pendidikan formal, juga diikuti dengan pendidikan nonformal. Bilamana anda sebagai fresh graduate sebaiknya anda cantumkan beberapa mata pelajaran atau mata kuliah yang dipelajari dan dianggap relevan dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada posisi yang dilamar tersebut.
  • Pengalaman Bekerja atau magang. Jika anda mempunyai pengalaman bekerja atau magang dapat disusun secara kronologis, dengan mencantumkan nama perusahaan, periode tanggal tahun, posisi/ jabatan, uraian tugas
  • Keahlian. Berbagai skill atau keterampilan yang anda miliki dapat anda cantumkan tapi sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan dalam job requerement dan syarat-syarat kualifikasi.
  • Prestasi dan Penghargaan. Terdiri dari berbagai presatasi yang anda capai seperti mendapat beasiswa, atau prestasi lainnya yang menurut anda dapat dijadikan sebagai nilai tambah.
  • Referensi. Cantumkan keterangan dari orang-orang  yang berpengaruh bagi diri pelamar seperti mantan atasan, mantan guru, dosen, tokoh publik yang dikenal. Tujuannya agar memudahkan recruiter dalam mengklarifikasi anda dan dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Variasi Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja via Pos dan Email

Posted: 16 Feb 2015 04:15 PM PST

Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja sesungguhnya sudah sangat banyak dipublikasikan dan sangat mudah anda temukan di Internet. Namun dari sekian banyak contoh surat lamaran kerja yang ditawarkan, beberapa diantaranya kurang layak ataupun ‘tidak menjual’ untuk dijadikan sebagai acuan ketika anda menyusun sebuah surat lamaran kerja yang baik dan efektif.

Variasi Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja via Pos dan Email

Kredit gambar: money.usnews.com

Untuk itu, Tipskarir tidak akan bosan-bosannya memberikan informasi perihal Contoh Bentuk Surat Lamaran kerja secara online atau via Pos. Kami coba memilih serta menyeleksi dari sekian banyak contoh surat lamaran kerja yang dianggap layak anda pergunakan untuk dijadikan sebagai contoh maupun referensi penulisan surat yang baik dan benar. Kalau kembali pada fungsi dan tujuannya Surat lamaran kerja merupakan bentuk pernyataan permohonan, kesediaan serta kesanggupan seseorang untuk bekerja agar dapat melakukan berbagai wawancara dan seleksi lanjutan.

Oleh karenanya, isi dan Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja sebaiknya mengandung beberapa hal tersebut diatas. Dalam beberapa kasus seorang kandidat kadang mencoba untuk mengkesplorasi dari keahlian yang dimilikinya, sehingga mampu mencuri perhatian pembaca (recruiter) meski prestasi akademisnya terbilang pas-pasan dan minim pengalaman kerja. Nah, untuk memudahkan anda dalam memvisualkan Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja, silakan perhatikan beberapa cohtoh berikut ini;

1. Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja untuk lamaran kerka via email

To/ke = recruitement@ptpratamaindonesia.co.id

cc= –

Judul/subject email: Lamaran Kerja Staf Administrasi

Dengan hormat,

Sebagaimana informasi lowongan kerja  yang ada pada situs resmi perusahaan, bahwasanya PT……………… saat sedang membutuhkan tenaga Staf Administrasi. Sesuai dengan pendidikan saya sebagai sarjana lulusan sarjana Ilmu Komputer Universitas ……………., tepatnya dari Jurusan ………… Dengan ini, bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di PT …………….., khususnya sebagai …………………..

Didukung kondisi kesehatan yang sangat baik serta kompetensi yang saya miliki yaitu menguasai bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu terbiasa bekerja menggunakan komputer, terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet. Kebutuhan anda akan seorang Staf Administrasi yang handal saya rasa tepat dengan riwayat pendidikan serta kompetensi yang dimiliki.

Dokumen CV terlampir, demikian surat permohonan pekerjaan ini dibuat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 081321xxxxxx atau email Afiliatiwaty@yahoo.com. Besar harapan saya dapat bergabung di PT. ………………

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Hormat saya,

Afiliatiwaty

_____________________

2. Contoh Bentuk Surat Lamaran Kerja via Pos

Bandung, 17 Januari 2015
Kepada Yth :
HRD PT Hotel Indah
Jl. Karawang No. 13 Karawang – Jawa Barat

Perihal : Lamaran kerja Staf Hotel

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi lowongan kerja dari website resmi PT. Hotel Indah Karawang perihal lowongan pekerjaan Resepsionist di perusahaan Anda. Saya Lulusan Diploma 3 Sekolah Ilmu Komunikasi,

Nama : Afiliatiwaty
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 1 Januari 1992
Jenis Kelamin : Wanita
Alamat : Jl. Dewi Sartika No. 179 Bandung

Dengan performa dan kesehatan yang baik, mampu mengoperasikan komputer, menguasai alat komunikasi, mampu berbahasa Inggris serta berkomunikasi yang baik, kiranya menjadi kandidat yang tepat untuk mengisi posisi tersebut. Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
5.Sertifikat TOEFL

Demikian surat permohonan pekerjaan ini dibuat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 081321xxxxxx atau email Afiliatiwaty@yahoo.com. Besar harapan saya dapat bergabung di PT. Hotel Indah Karawang.

Hormat saya

 

Afiliatiwaty

No comments:

Post a Comment