Friday, February 6, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Ada Tes Ngaji Nggak ya?, Prediksi Tes dan Wawancara Bank Muamalat

Posted: 06 Feb 2015 05:14 PM PST

Bisa ikut lulus seleksi Muamalat Officer Development Program (MODP) adalah harapan sebagian banyak orang yang ingin bekerja di Bank Muamalat sebagai salah satu bank berbasis syariah. Rangkaian tes hingga wawancara Bank Muamalat bisa anda temui, tapi ada tes ngajinya nggak ya? . Buat anda yang penasaran, inilah prediksi tes dan wawancara Bank Muamalat selengkapnya :

Ada Tes Ngaji Nggak ya, Prediksi Tes dan Wawancara Bank Muamalat

Kredit gambar; infobanknews.com

  • Diawali dengan seleksi berkas. Seperti di bank atau perusahaan lainnya terlebih dahulu anda mengirimkan dokumen lamaran via email yang ditujukan ke HRD Bank Muamalat sebelum anda menginjak wawancara Bank Muamalat.
  • Ujian Tes Tulis. Jika anda anda lulus seleksi administrasi, tahap berikutnya anda mengikuti ujian tes tulis, biasanya dilakukan di tiap-tiap wilayah atau cabang bank Muamalat. Materi tes tulis ini kurang lebih tentang pengetahuan dasar keuangan syariah dan ilmu agama Islam. Disela-sela ujian, biasanya panitia dan beberapa pihak yang mewakili HRD memberikan pemaparan tentang tujuan seleksi serta memberikan gambaran tentang besaran gaji . Jika lulus tes, akan diumumkan di hari itu juga akan ada wawancara awal/ singkat sebagai bagian dari sederet wawancara Bank Muamalat.
  • Psikotes. Biasanya materi prsikotes yang muncul yaitu jenis deret angka, kraepelin dan lain-lain. Hasil psikotes dapat dilihat dari pengumuman yang disebar lewat situs psikologi yang bersangkutan.
  • Tes TOEFL. Kemampuan bahasa Inggris anda akan diuji disini. Materi uji kurang lebih soal-soal essay, listenning, reading dan grammar.
  • Tes Kesehatan. Pada tes kesehatan terdiri dari tes fisik, tes rontgen, tes darah hingga tes urin. Organ tubuh bagian dalam anda akan di rontgent jadi gunakanlah pakaian yang kasual dan mudah dibuka khusus nya bagi yang mengenakan jilbab.
  • Wawancara kerja. Kalau mengenai wawancara, tes MODP bank Muamalat mengadakan beberapa sesi wawancara Bank Muamalat yang tidak sekali, yaitu :
  1. Wawancara awal. Untuk mempersingkat waktu seleksi, biasanya panitia menggelar wawancara awal diwaktu yang sama dengan tes tulis. Tapi jika tidak selesai atau tidak mendapat giliran, jadwal wawancara Bank Muamalat bisa ditambah keesokan harinya, jadi jangan lupa persiapkan dan bawa dokumen lamaran dan CV hardcopy nya. Materi pertanyaannya kurang lebih tentang profil pribadi, motivasi kenapa ingin masuk bank Muamalat, kelemahan dan kekuatan hingga berbagai pengalaman. Bahkan kemampuan bahasa Inggris aktif juga bisa uji saat wawancara awal, sedang durasi waktunya relatif kurang lebih 15 menit.
  2. Wawancara dengan psikolog. Waktu yang dibutuhkan pada sesi wawancara Bank Muamalat ini lebih panjang ketimbang wawancarta awal, kurang lebih 30 sampai 1 jam. Hal ini bisa dipengaruhi oleh kepribadian masing-masing kandidat dan selebihnya akan diberikan berbagai pertanyaan untuk mengetahui kemampuan manajemen bagi kandidat yang memilih posisi sebagai officer. Selain itu, dalam sesi ini anda akan disodorkan beberapa pilihan topik dan nantinya anda akan diminta menjabarkan pandangan baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  3. Wawancara oleh tingkat Manager. Berbagai pertanyaan bisa dilayangkan pada sesi wawancara Bank Muamalat ini, dimana materi pertanyaannya lebih kepada hal-hal yang bersifat teknis. Seperti problem solving, bagaimana cara mengatasi masalah internal dan pemecahaannya.
  4. Wawancara Akhir. Pada sesi ini nantinya anda akan berhadapan dengan pimpinan bank Muamalat atau level direktur. Untuk sekali wawancara anda tidak sendiri lagi tapi bisa dengan peserta lain bahkan berlima sekaligus. Dari materi pertanyaan wawancara Bank Muamalat ini cenderung sama dengan wawancara level manager namun lebih kepada nasihat atau arahan-arahan seorang pimpinan perusahaan. Bobot pertanyaan-pertanyaan yang bersifat menguji dan mengasah visi serta argumen sangat kentara di sesi wawancara ini, seperti menanyakan tentang pembukaan kantor cabang dan alasannya yang menjadikan anda seperti seorang konsultan.

Mandeg dan Telat Respon, Inilah Aturan Komunikasi Tim Kerja

Posted: 06 Feb 2015 04:35 PM PST

Komunikasi tim kerja sangat diperlukan, utamanya dalam menjalankan berbagai rencana, schedule maupun pelaksanaan project yang membutuhkan koordinasi tingkat tinggi. Berbagai kendala dalam membangun komunikasi tim kerja kerap dialami semua pihak, baik dikarenakan jarak, teknologi yang terbatas hingga leadership yang kurang jelas. Imbasnya, fokus kerja tim menjadi buyar atau lebih fatalnya lagi anda akan kesulitan menjalankan perencanaan sesuai jadwal.

Mandeg dan Telat Respon, Inilah Aturan Komunikasi Tim Kerja

Kredit gambar: lifestyle.bisnis.com

Jika terjadi hal demikian, setiap tim membutuhkan peraturan mengenai komunikasi. Faktanya bila kesepakatan ini bisa anda jalankan, membuat suatu tim bekerja bersama dengan lebih efisien dan efektif. Koordinasi yang baik dipercaya meningkatkan komunikasi tim kerja yang lebih berkualitas,ingin tahu apa saja yang menjadi sebab?. Berikut penjelasannya:

  • Hal kecil bisa sangat berarti. Dengan semaraknya teknologi ponsel ataupun gadget, sebagian besar dari kita mungkin banyak memanfaatkannya sebagai sarana membangun komunikasi tim kerja. Berbagai pesan singkat kerap dikirim untuk sekedar mengirimkan beberapa instruksi ataupun menerima arahan pekerjaan. Namun, pesan instan bukan berarti menerima balasan yang instan karena si penerima mungkin saja membutuhkan beberapa waktu untuk membaca pesan tersebut. Hal ini sering terjadi dan bisa sangat berarti terlebih bila saat-saat yang genting ataupun penting. Untuk mengantisipasinya ialah dengan memberikan notifikasi status, misalnya jika anda ingin mengadakan pertemuan atau meeting dengan mengirimkan 1 jam sebelumnya. Dengan demikian, akan mengurangi waktu mengganggu yang mengganggu terlebih menyangkut progress atas project yang anda jalankan.
  • Mencari tahu gaya bekerja rekan satu tim. Waktu akan menjadi masalah jika anda harus berbagai zona waktu yang berbeda dengan rekan satu tim. Komunikasi tim kerja menjadi urgent bila hal demikian anda alami, solusinya yakni mempelajari rekan anda bekerja, cara mereka memulai dan menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal ini akan membantu cara kerja anda hingga anda bisa menyesuaikan gaya bekerja dengan rekan-rekan anda.
  • Menentukan target pesan direspon. Jika hambatannya adalah jarak yang mengakibatkan anda harus melakukan komunikasi jarak jauh. Komitmen bersama rekan menjadi kebutuhan yang penting guna menjaga komunikasi tim kerja. Beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu membuat aturan menunggu balasan email dari rekan kerja anda, 15 menit kah? Setengah jam? Ataukah satu jam?. Jika aturan ini anda dan rekan kerja lakukan diharapkan dapat membantu mengefektifkan waktu.

Bila anda belum memiliki waktu untuk sekedar bisa mendiskusikan hal-hal di atas, maka mulailah care dan meluangkan waktu anda. Tanyalah rekan tim kerja anda seputar progress yang mereka kerjakan, apakah ada permasalahan atau tidak, apakah anda bisa membantu atau tidak, dan lainnya. Sebagai tim, kerjasama yang baik sangat diperlukan dan salahsatunya membangun komunikasi tim kerja yang efektif dan efisien.

Perhatikan Kesalahan Fatal Ini Dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja!

Posted: 06 Feb 2015 03:00 PM PST

Penulisan Surat Lamaran Kerja – Pastinya Anda akan terus-menerus mengeluh jika sampai saat ini Anda masih belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kemampuan Anda. Padahal Anda merasa kalau Anda mampu dan bisa memenuhi semua persyaratan yang di butuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Lalu, mengapa sampai saat ini Anda masih belum mendapatkan panggilan hanya untuk melangsungkan wawancara kerja?

Perhatikan Kesalahan Fatal Ini Dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja!

Kredit gambar: blogspot.com

Nah, perlu Anda ketahui, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pembuatan surat lamaran kerja, yang memang bisa membuat Anda gagal dalam mendapatkan pekerjaan yang selama ini Anda inginkan. Dan salah satu penyebab gagalnya Anda mendapatkan panggilan dari perusahaan untuk melangsungkan wawancara kerja adalah kesalahan dalam proses pembuatan surat lamaran kerja. Dan berikut ini ada beberapa kesalahan surat lamaran kerja yang harus Anda ketahui dan pahami, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan frase negatif

Dalam pembuatan surat lamaran kerja, sebaiknya Anda tidak mencantumkan frase yang bersifat negatif pada surat lamaran kerja yang Anda buat, misalkan seperti mau di bayar berapapun, ataupun bersedia melakukan pekerjaan apapun. Dan alangkah lebih baik jika Anda dapat menggunakan frase yang positif, yang mana mampu menunjukkan motivasi yang Anda miliki terhadap perusahaan yang Anda lamar.

2. Melakukan kesalahan ejaan dan tata bahasa

Anda harus memastikan kalau Anda telah membaca ulang CV yang Anda buat setelah menulisnya dengan teliti, hal ini harus Anda lakukan guna menghindari terjadinya satu kesalahan. Karena tidak akan pernah ada alasan untuk kesalahan ejaan serta tata bahasa, jadi Anda harus menjadi orang yang lebih teliti dalam membuat surat lamaran kerja.

3. Membuat kesalahan dalam tahun atau riwayat pendidikan

Bukan hanya itu, terjadinya kesalahan dalam penulisan tanggal lahir atau bahkan tahun kelulusan Anda dapat mempengaruhi kualitas diri Anda, bahkan hal ini bisa berakibat fatal pada kelangsungan karir Anda.

4. Satu surat lamaran cocok untuk semua pekerjaan

Ingat! Beberapa jenis pekerjaan pastinya sangat memerlukan berbagai jenis kemampuan. Dan itulah salah satu alasan mengapa Anda harus mengirimkan CV yang berbeda untuk pekerjaan yang berbeda pula, karena kebutuhan untuk menempati posisi yang tersedia juga pastinya berbeda.

5. Hanya menuliskan keterangan lulus

Jika Anda telah dinyatakan lulus kuliah dari universitas atau bahkan lulus dari bangku SMK/A, maka sebaiknya Anda menuliskan bidang spesialis yang Anda tekuni. Bukan hanya mencantumkan bahwa Anda telah lulus. Dan hal ini akan sangat mengurangi nilai jual diri Anda di hadapn perusahaan.

6. Terlalu menjual

Menjual diri Anda pada resume atau CV yang Anda kirimkan merupakan satu hal yang harus Anda lakukan. Namun jika Anda menggunakan cara yang berlebihan, maka Anda akan dianggap kalau Anda seseorang yang over confidence, dan Anda akan mendapatkan dampak yang buru pada hal ini.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam kesalahan surat lamaran kerja, semoga dengan adanya artikel kami kali ini, bisa membantu Anda semua dalam mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Apa Benar Isi Surat Lamaran Kerja Kian Memburuk?

Posted: 05 Feb 2015 11:46 PM PST

Isi Surat Lamaran Kerja – Untuk saat ini, banyak diantaranya para pelamar kerja yang dilaporkan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang selama ini diinginkan hanya dikarenakan isi surat lamaran kerja yang buruk, yang memang tidak sesuai dengan apa yang di harapkan oleh perusahaan. Ketika Anda melamar pekerjaan dan mengirimkan berkas lamaran Anda ke perusahaan yang Anda tuju, pihak perusahaan pastinya akan mengukur diri Anda melalui surat lamaran kerja tersebut. Berbagai macam kesalahan yang terdapat pada isi surat lamaran seperti salahnya ejaan atau tanda baca, detail yang memang tidaklah penting, serta beberapa hal lainnya akan sangat dijadikan sebagai ukuran mutu sebuah surat lamaran kerja.

Apa Benar Isi Surat Lamaran Kerja Kian Memburuk?

Kredit gambar: ilham-teorema.blogspot.com

Ada sebuah penelitian terbaru yang mana menyebutkan bahwa banyak diantaranya para pelamar kerja yang mana mencantumkan hobi yang dimiliki yang tidak sesuai dengan posisi yang akan dilamar oleh pelamar tersebut. Jika hal tersebut terjadi, pastinya pihak perusahaan tidak akan mempertimbangkan kualitas diri yang Anda miliki, dan pastinya Anda akan di tolak bekerja di perusahaan tersebut, dan Anda di pandang sebagai orang yang tidaklah profesional.

Selain itu, perusahaan juga akan mengukur diri pelamar kerja dari informasi aneh yang diberikan pada surat lamaran kerja. Entah seperti apa maksud dari hal ini, namun pada kenyataannya ada pelamar kerja yang mencantumkan hal tersebut pada surat lamaran kerja yang di buatnya. Bahkan sebuah penelitian yang telah di lakukan oleh salah satu situs terbesar di dunia ini yang memang melakukan survey terhadap 255 orang pimpinan yang memang menangani langsung penerimaan karyawan di perusahaan.

Dan mereka telah menemukan fakta yang menarik dari hasil penelitian tersebut, dan dinyatakan bahwa ada sebanyak 71% pimpinan perusahaan merasa sangat kesal serta kecewa terkait isi dari surat lamaran kerja yang kian memburuk ini. Dan sebanyak 43% pimpinan lainnya bahkan menyebutkan bahwa isi dari surat lamaran kerja yang di kirimkan oleh pelamar telah masuk kedalam golongan surat lamaran kerja yang membingungkan.

Dan rupanya, para pelamar kerja yang berusia 22 sampai 30 tahun ini lah pelaku dari si pembuat surat lamaran kerja yang memang tidaklah memiliki mutu yang baik ini. Walaupun sebenarnya mereka memiliki kemampuan yang sangat memadai dalam bidangnya, akan tetapi dengan buruknya surat lamaran kerja yang dibuat akhirnya membuat para pelamar kerja tersebut  menjadi gagal dalam mendapatkan pekerjaan yang seharusnya bisa dengan cepat mereka dapatkan.Sangat di sayangkan bukan?

Nah, bagi Anda yang mungkin masih awam dalam membuat surat lamaran kerja, maka sebaiknya Anda bisa mempelajari cara dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar juga terlihat profesional, agar Anda bisa menjual kemampuan yang Anda miliki pada surat lamaran kerja Anda.

No comments:

Post a Comment