Thursday, February 5, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Ingin Tahu Surat Lamaran Kerja yang Paling Keren Di Dunia? Simak Ulasannya!

Posted: 05 Feb 2015 05:37 PM PST

Fakta Unik Surat Lamaran Kerja – Pada umumnya surat lamaran kerja dibuat dan ditulis di atas kertas putih polos. Akan tetapi, ada juga orang yang memang membuat surat lamaran kerja tidak di tulis ataupun di ketik di atas kertas. Mereka justru membuat surat lamaran kerja dengan beberapa bentuk yang unik dan menarik, sampai-sampai mungkin kita yang melihatnya beranggapan kalau itu bukanlah suatu surat lamaran kerja. Apakah Anda percaya dengan fakta unik surat lamaran kerja ini? Jika Anda masih bingung dan penasaran menyangkut kebenarnnya, maka simak beberapa ulasan kali ini!

Ingin Tahu Surat Lamaran Kerja yang Paling Keren Di Dunia? Simak Ulasannya!

Kredit gambar: www.got-blogger.com

Brian Moose

Memperoleh sebuah pekerjaan di salah satu studio animasi pixar merupakan satu hal yang sangatlah sulit, Oleh karena itu, agar surat lamaran kerja yang dikirimkannya ke perusahaan tersebut dapat di lirik dan di baca di antara ribuan pelamar kerja lainnya, maka seorang pelamar kerja yang juga merupakan seorang seniman yang kreatif bernama Brian Moose menciptakan dan membuat surat lamaran kerja dengan bentuk yang sangat unik, yang mana di tampilkan di dalam sebuah kemasan yang sangatlah spektakuler. Di dalam surat lamaran kerja yang ia buat, ia juga menampilkan beberapa ilustrasi yang cantik serta beberapa catatan terperinci terkait keterampilan yang ia miliki serta riwayat pekerjaan ia sebelumnya.

Sid Santos

Sid Santos merupakan seseorang yang memiliki keahlian dalam 3D modelling serta dalam mendesain kemasan. Dia yang saat ini tengah menjabat sebagai seorang senior art director, telah berhasil membuat dan menyulap sebuah cangkir kertas menjadi sebuah surat lamaran kerja yang unik dan menjual. Dan setelah itu, cangkir yang ia buat pun langsung di gunakan sebagai metode promosi dirinya.

Victor Rodriguez

Victor Rodriguez, seorang desainer grafis yang berasal dari Kolambia juga memiliki ide yang brilian dalam membuat surat lamaran kerja. Sama halnya dengan para pelamar kerja lainnya, kalau dia mempromosikan dirinya melalui surat lamaran kerja, namun yang membedakan dari yang lain yaitu bentuk dari surat lamaran kerja yang ia gunakan. Ia membuat surat lamaran kerja dalam bentuk kotak sereal yang mana berisikan mengenai keterangan yang terperinci mengenai riwayat pekerjaan serta keterampilan yang ia miliki.

Miguel Rato

Bukan hanya Victor, Miguel Rato juga berhasil menciptakan sebuah surat lamaran kerja unik yang mana memiliki bentuk karton susu serta kantong untuk makan siang. Di dalam kemasan tersebut, ia mencantumkan catatan pengalaman kerjanya serta kemampuan yang ia miliki, yang mana pada saat itu ia tunjukkan kepada sebuah biro iklan yang sudah terkenal di Wieden+Kennedy. Ia melakukan hal tersebut dengan alasan bahwa betapa sulitnya untuk mendapatkan panggilan wawancara kerja di perusahaan besar tersebut.

Ed Hamilton

Selain ke-4 orang hebat di atas, kali ini Ed Hamilton juga telah berhasil menciptakan surat lamaran kerja yang tidak kalah keren dan hebat. Dia mendesain surat lamaran kerjanya dengan cara dan hasil yang sangat kreatif, yakni ia membuat surat lamaran kerja dengan berbentukkan tampilan Google Maps. Siapapun orang yang melihat dan membaca surat lamaran ini, akan sangat terkesan.

Dan itulah kelima surat lamaran kerja terkeren di dunia. Bukan hanya keren, namun surat lamaran kerja ini juga merupakan salah satu fakta unik surat lamaran kerja di dunia. Bagaimana menurut Anda?

Jangan Abaikan Ke-5 Hal Ini Dalam Surat Lamaran Kerja yang Anda Buat!

Posted: 05 Feb 2015 05:31 PM PST

Surat Lamaran Kerja Efektif – Surat lamaran kerja yang dibuat dengan cara yang efektif merupakan satu langkah dasar jika memang Anda ingin diterima bekerja di sebuah perusahaan yang memang selama ini telah Anda impikan. Namun banyak diantaranya para pelamar kerja yang malah mengabaikan hal-hal yang seharusnya di cantumkan di dalam surat lamaran kerja, sehingga mereka kehilangan kesempatan untuk bekerja di perusahaan yang selama ini mereka incar. Lantas, apa sajakah hal-hal penting yang kerap di abaikan oleh para pelamar kerja dalam membuat surat lamaran kerja efektif? Berikut uraiannya:

Jangan Abaikan Ke-5 Hal Ini Dalam Surat Lamaran Kerja yang Anda Buat!

Kredit gambar: mardianavanso.blogspot.com

Profil singkat

Profil singkat atau ringkasan yang Anda buat sebenarnya bisa Anda letakkan sebelum isi dari surat lamaran kerja tersebut. Di bagian itulah, sebaiknya Anda menyebutkan kemampuan, kekuatan juga pengalaman yang Anda miliki dalam beberapa kalimat ataupun poin. Pembuatan profil singkat yang baik pastinya akan lebih memberikan gambaran dasar mengenai bagaimana diri Anda serta perusahaan juga akan jauh lebih tertarik melihat lebih jauh mengenai diri Anda.

Daftar keberhasilan

Banyak diantaranya para pelamar kerja yang hanya mencantumkan pekerjaan mereka sebelumnya di dalam surat lamaran kerja. Padahal tanpa mereka sadari, ada hal lain yang jauh lebih penting yang harus mereka cantumkan , yaitu keberhasilan serta pencapaian yang pernah di raih semasa kerja. Dan hal ini sangatlah penting untuk Anda cantumkan, guna menarik minat calon atasan Anda kepada diri Anda.

Pekerjaan sebagai relawan

Ketika seseoarng melamar pekerjaan yang mereka inginkan, mereka sangat jarang mau untuk menyebutkan pengalaman atau jenis pekerjaan sebagai seoarng relawan di dalam surat lamaran kerja. Mengapa demikian? Karena para pelamar beranggapan kalau pekerjaan sebagai sukarelawan tidak akan memberikan poin yang lebih ketika mereka melamar pekerjaan. Padahal tanpa mereka ketahui, bahwa pihak perusahaan ingin mengetahui lebih jelas segala bentuk pengalaman yang memang pernah dilakukan oleh si pelamar kerja. Dan dengan Anda mencantumkan pengalaman sebagai sukarelawan ini, poin Anda di mata perusahaan akan semakin bertambah.

Hobi yang mendukung

Memang benar, tidak semua hobi yang dimiliki bisa di cantumkan di dalam surat lamaran kerja. Akan tetapi, jika hobi yang Anda miliki itu memiliki kaitan dengan posisi yang di lamar, maka tidak akan ada salahnya jika Anda mencantumkan hobi tersebut serta berikan keterangan yang jelas mengenai hal tersebut.

Bentuk paragraf

Jika Anda menginginkan pihak perusahaan dengan cepat memahami maksud serta tujuan Anda mengirimkan berkas lamaran kerja, maka Anda harus menghindari penggunaan kalimat dalam bentuk paragraf. Alangkah lebih baik lagi jika Anda dapat menyebutkan hal-hal penting dalam bentuk poin, sebab jika paragraf akan lebih cenderung membuat si pembaca merasa malas.

Dan itulah beberapa hal yang memang kerap diabaikan oleh pelamar kerja dalam membuat surat lamaran kerja efektif. Semoga dengan adanya artikel kami kali ini bisa membantu Anda semua dalam meraih kesuksesan.

Kesalahan-kesalahan Konyol yang Harus Anda Perhatikan Di Dalam Surat Lamaran Kerja

Posted: 05 Feb 2015 05:26 PM PST

Kesalahan Surat Lamaran Kerja – Anda harus lebih jeli lagi ketika membuat surat lamaran kerja yang akan Anda tujukan kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, karena tanpa Anda sadari, di dalam surat lamaran yang Anda buat terdapat sejumlah kesalahan konyol yang memang dapat merusak masa depan Anda.Lantas, apa saja kesalahan-kesalahan konyol itu yang terdapat di dalam surat lamaran kerja? Ingin Tahu jawabannya? Yuk mari simak penjelasan berikut ini:

Kesalahan-kesalahan Konyol yang Harus Anda Perhatikan Di Dalam Surat Lamaran Kerja

Kredit gambar: tipssersan.blogspot.com

Terlalu detail

Di dalam surat lamaran kerja, sebaiknya Anda hanya mencantumkan nama, alamat, nomor telepon dan yang lainnya tidak lebih dari satu. Karena, ketika Anda mencantumkan nomor telepon yang terlalu banyak, alamat lain selain rumah tempat tinggal Anda, jumlah gaji yang memang Anda inginkan, serta alamat dari sekolah atau perusahaan sebelumnya merupakan satu hal yang detail yang memang tidak perlu dan tidak penting untuk Anda cantumkan. Dan itu akan mengurangi nilai diri Anda.

Terlalu banyak ruang kosong

Walaupun surat lamaran kerja di buat tidak harus seperti koran yang memang ruang bacanya padat, akan tetapi pihak perusahaan juga tidak menginginkan Anda menulis surat lamaran kerja yang memang terlalu sedikit, dan memberikan terlalu banyak ruang kosong di dalam surat lamaran kerja tersebut. Anda harus membuat surat lamaran yang memang enak untuk di lihat serta di baca.

Dua halaman

Dalam pembuatan surat lamaran kerja, sebaiknya Anda membuat dalam satu halaman saja. Mungkin akan di perbolehkan untuk ada lembaran kedua, namun hal tersebut hanya diperbolehkan jika isinya hanya referensi juga beberapa hal lainnya yang memang Anda rasa penting seperti sertifikat.

Foto

Ketika Anda hendak melamar pekerjaan, sebaiknya Anda tidak pernah mencantumkan atau menerapkan foto Anda sendiri di atas surat lamaran kerja yang Anda buat, terkecuali jika pihak perusahaan meminta hal tersebut. Karena sebagian pihak perusahaan justru meminta kalau foto Anda terpisah dan tidak dalam keadaan di tempel di atas surat lamaran kerja.

Fakta yang mengganggu

Mungkin Anda pernah memenangkan lomba balap karung di tempat Anda tinggal, dan seharusnya hal ini tidaklah Anda cantumkan di dalam surat lamaran kerja. Selain hal ini dianggap sangat mengganggu, hal ini pastinya juga tidak ada hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Sebaiknya Anda mencantumkan prestasi Anda yang berhubungan dengan posisi yang Anda lamar.

Hobi yang aneh

Dalam surat lamaran kerja, jangan sampai Anda menuliskan atau mencantumkan hobi yang aneh yang memang tidak masuk akal dan tidak berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Jika Anda melakukannya, maka pihak perusahaan akan kehilangan minat mereka untuk menerima Anda sebagai karyawan.

Alamat email yang lucu

Pastinya Anda sudah dewasa bukan? Oleh karena itu, di dalam surat lamaran kerja Anda harus mencantumkan alamat email yang sewajarnya saja, tanpa ada nama yang aneh, hal ini guna menghindari terjadinya penolakan dari perusahaan tempat Anda melamar.

Itulah beberapa kesalahan konyol dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Apakah Anda pernah melakukan beberapa kesalahan konyol tersebut dikala akan melamar pekerjaan?

Kata-kata yang Harus Anda Hilangkan Dalam Surat Lamaran Kerja

Posted: 05 Feb 2015 05:22 PM PST

Membuat Surat Lamaran Kerja – Ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan, pastinya Anda harus mempersiapkan sebuah surat lamaran kerja secara seksama. Banyak diantaranya orang-orang yang memang memiliki kualitas serta kemampuan yang menunjang, namun mereka malah dinyatakan gagal dalam melamar pekerjaan, sehingga mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang selama ini mereka impikan hanya dikarenakan adanya beberapa kesalahan kecil yang ada di dalam surat lamaran pekerjaan. Jika begitu, apa saja kesalahan kecil yang memang harus di perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak uraian berikut ini.

Kata-kata yang Harus Anda Hilangkan Dalam Surat Lamaran Kerja

Kredit gambar: mardianavanso.blogspot.com

Ketika Anda memilih kata-kata yang akan Anda masukkan di dalam surat lamaran kerja, maka hal tersebut bisa menunjukkan pribadi yang Anda miliki sejak awal. Berdasarkan hasil riset yang telah di lakukan oleh situs online terbesar di dunia, mengungkapkan bahwa setidaknya ada sekitar 5 kata yang kerap di cantumkan oleh para pelamar kerja ke dalam surat lamaran yang mereka buat, apa sajakah itu? Berikut beberapa kata yang sering di cantumkan di dalam surat lamaran, yaitu:

1.Responsible (memiliki jiwa yang bertanggung jawab)
2. Strategic (orang yang strategis)
3. Creative (orang yang kreatif)
4. Effective (orang atau pekerja yang efektif)
5. Patient (seseorang yang memiliki sifat sabar)
6. Expert (orang yang ahli di bidangnya)
7. Organizational (calon pegawai yang teratur)
8. Driven (orang yang bisa dipimpin)
9. Innovative (orang atau pekerja yang inovatif)
10. Analytical (orang yang berkemampuan analisis)

Bukan hanya itu, situ yang memang telah melakukan riset ini juga menemukan, bahwa banyak diantaranya pihak perusahaan yang langsung menolak sebagian besar pelamar kerja hanya dikarenakan pelamar kerja tersebut menggunakan ke-10 kata-kata di atas yang memang seharusnya tidak di cantumkan di dalam surat lamaran kerja yang seharusnya kata-kata tersebut tidak Anda cantumkan . Mengapa demikian? Alasannya karena sudah terlalu banyak pelamar kerja yang menggunakan dan mencantumkan kata-kata tersebut di dalam surat lamaran kerja yang mereka kirimkan ke perusahaan untuk meminta pekerjaan. Dan pastinya pihak perusahaan yang tengah membutuhkan pegawai atau karyawan baru nyatanya tidak mau mempekerjakan karyawan yang "pasaran".

Berdasarkan ungkapan dari Nicoles Williams, salah satu konsultan website terbesar di dunia menyebutkan, bahwa para pencari kerja yang berada di negara luar seperti Amerika, mereka harus menunjukkan kemampuan atau kelebihan yang mereka miliki sejak awal ketika mereka melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Lantas bagaimana caranya? Anda harus mencari beberapa kata atau beberapa padanan kata yang memang lebih jarang di gunakan oleh para pencari kerja di dalam surat lamaran yang mereka buat untuk mendeskripsikan maksud dari ke-10 kata-kata di atas. Atau bahkan setidaknya Anda bisa memilih alternatif lain, yaitu dengan menggambarkan 10 kualitas individu di atas, dengan sejumlah gambar yang sangat kreatif atau bahkan menggunakan foto Anda sendiri yang tampak profesional.

Pikiran Menarik Bob Sadino Kalau Mau Menjadi Pemimpin yang Baik

Posted: 05 Feb 2015 05:15 PM PST

Ya, menjadi pemimpin memiliki tantangan sendiri. Bukan sekedar kesuksesan ataupun pengaruh, melainkan kesuksesan melayani yang menjadikan orang lain menghargai anda. Menjadi pemimpi yang baik selain butuh pengetahuan serta keterampilan mumpuni, juga memiliki karakter kuat yang bisa menjadi inspirasi maupun motivasi. Dari karakter inilah, sikap tulus melayani serta mampu memaafkan orang lain senantiasa menjadikan modal tak terhingga nilainya sebagai penentu keberhasilan untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses.

Pikiran Menarik Bob Sadino Kalau Mau Menjadi Pemimpin yang Baik

Kredit gambar: kontenpro.com

Orang besar pasti memiliki jiwa dan mental yang besar seperti om Bob Sadino, selain pemimpin yang nyeleneh dengan lagak perlente-nya namun beliau adalah sosok yang memegang prinsip yang kuat. Dari sikap 'Bodoh' nya itu merupakan bagian dari pemikiran pintar-nya. Jiwa besar dan sifat terbukanya menjadikan ia seorang leader yang menjungjung tinggi forgivness dan mau belajar dari kesalahan. Itulah tanda menjadi pemimpin yang baik.

Hal hebat yang bisa dilakukan untuk menjadi pemimpin yang baik ialah menjadi seorang pemaaf. Manakala bawahan atau tim anda melakukan kesalahan dan pelanggaran prosedur, bukanlah muram durja atau naik pitam yang menjadi pemecah persoalan. Melainkan sikap besar hati dan selalu menjadi motivator lah yang menjadi pilihan, yakni dengan memilah masalah serta memilih solusi yang bukan kontra produktif.

Inilah kebiasaan-kebiasaan yang tidak boleh anda hilangkan ketika ingin menjadi pemimpin yang baik;

  • Jujur dan mengakui kesalahan. Hal paling buruk ketika mengelola sebuah organisasi/ tim ialah adanya pelanggaran dan kesalahan. Membiasakan diri menimbun kesalahan bukanlah langkah bijak untuk sebuah tim. Jadi untuk menjadi pemimpin yang baik senantiasa membudayakan sikap terbuka agar saling mempercayai dan tidak saling curiga.
  • Menjadikan rekan kerja adalah saudara. Membangun atmosphere kerja yang positif, diperlukan leadership yang baik. Menjadi pemimpin yang baik senantiasa memberikan evaluasi dan feedback yang mampu memberikan nilai positif. Mengungkapkan poin negatif bukan berarti mengurangi ketidak nyamanan sesama anggota tim, melainkan sikap persuasif yang senantiasa menjaga persaudaraan antar sesama rekan kerja.
  • Mudah memberi maaf. Memberi pelajaran pada seseorang bukan berarti anda harus memelihara sikap keras kepala. Kesalahan bisa datang kapanpun bahkan terhadap siapapun, jadi keseriusan merubah perilaku bisa anda lakukan dengan memberi maaf dan peka dalam segala kondisi. Hal ini bisa dimaksudkan tidak sekedar memaafkan namun memiliki motif dalam segala keputusan maupun kebijakannya. Menjadi pemimpin yang baik, pada prinsipnya menjadikan kesalahan sebagai pengalaman sekaligus guru yang nyata.

Contoh Surat dan CV Lamaran Kerja HRD Tanpa Pengalaman Kerja

Posted: 05 Feb 2015 05:05 PM PST

CV Lamaran Kerja HRD, pada dasarnya mengedepankan latar belakang, kompetensi serta pengalaman kerja yang relevan dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Sebagaiman contoh-contoh lain cv lamaran kerja, di bawah ini merupakan contoh surat lamaran kerja (cover letter) dan cv lamaran kerja HRD yang bisa dijadikan panduan buat anda yang masih minim pengalaman maupun fresh gradutae :

Contoh Surat dan CV Lamaran Kerja HRD Tanpa Pengalaman Kerja

Kredit gambar: business.asiaone.com

Contoh Surat Lamaran Kerja HRD

06 Februari 2015

Kepada Yth,
Manager HRD
PT. Indojaya
Jl. Raya Cileungsi No 123
Bogor

Perihal : Lamaran Kerja Divisi HR

Berdasarkan Informasi lowongan kerja yang disebar pada situs remi perusahaan, bahwa perusahaan anda sedang mencari kandidat fresh graduate. Jika tidak keberatan, saya memohon waktu untuk bertemu untuk mendiskusikan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan anda.

Sebagaimana kebutuhan posisi yang Anda tawarkan, kualifikasi yang saya miliki sesuai dengan persyaratan, yakni :

  • Pendidikan S1 Psikologi, lulus dengan Indeks Prestasi 3.3 dari skala 4.00
  • Usia 23 Tahun

Selain itu saya memiliki pengalaman magang sebagai berikut :

  • Memberikan motivasi dan melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM
  • Mengelola proyek mulai dari perencanaan, implementasi, supervisi dan pelaksaan sesuai budget dan jadwal

Terlampir CV sebagai bahan pertimbangan. Senang sekali jika saya diberi kesempatan untuk bertemu dan membicarakan lebih lanjut tentang kebutuhan dan target yang ingin dicapai perusahaan Anda, serta kontribusi yang bisa saya berikan untuk mencapai target tersebut.

Hormat Saya,
Taufiq Hidayat

_______________________

Contoh CV lamaran Kerja HRD

Curriculum Vitae

  1. Nama                                      : Taufiq Hidayat
  2. Tempat dan Tanggal Lahir : Sumedang, 11 Oktober 1992
  3. Alamat                                    : Perum. Bukit Asri No.123 Blok F Sumedang Utara
  4. No. HP                                    :0872600xxxx
  5. Email                                        taufiqhidayat@gmail.com

Pendidikan :

  • Fakultas Psikologi, Universitas Padjadjaran, Bandung, 2010-2014
    Memperoleh gelar Sarjana, lulus dengan indeks Prestasi 3.3 dari Skala 4.00 Mata kuliah yang telah dipelajari : Rekruitmen Seleksi, Psikologi Industri dan Organisasi, Bahasa Inggris, Prinsip-prinsip Manajemen

Penghargaan :

  • Terpilih sebagai peserta beasiswa dari Universitas Padjadjaran,
  • Dst…

Pengalaman Organisasi : –

  • Sebagai Sekretaris Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi
    Kegiatan-kegiatan :
    Memberikan pelatihan public speaking melalui metode permainan teori dan praktek padaperangkat desa se kecamatan Jatinunggal Sumedang
  • Dst….

Pengalaman Magang :

  • Staf Magang selama 3 bulan di  PT. Indojasa Tenagakerja tahun 2014

Uraian tugas:

  • Memberikan motivasi dan melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM
  • Mengelola proyek mulai dari perencanaan, implementasi, supervisi dan pelaksaan sesuai budget dan jadwal

Anda Seorang Workaholic? Pahami Tanda-Tandanya Disini

Posted: 05 Feb 2015 04:55 PM PST

Workaholic merupakan isitilah bagi orang yang memiliki kecanduan dalam bekerja. Loh qo bisa?, kecanduan itu tidak cuma miliki pengisap rokok, namun dalam pekerjaan pun bisa. Seperti halnya orang-orang yang gila kerja, waktu seakan berputar cepat sejalan dengan kesibukannya yang mencapai level maxi atau overwork. Buat sesuatu yang berlebihan biasanya mempunyai ekses yang negatif seperti halnya workaholic. Kecenderungan yang mengidap kecanduan kerja, biasa memiliki gangguan kesehataan yang diakibatkan gejala stres, frustasi bahkan sangat berpengaruh pada kehidupan sosialnya.

Apakah Anda Seorang Workaholic Pahami Tanda-Tandanya Disini

Kredit gambar: nypost.com

Nah, dalam penelitian bertajuk " The boudaries of true workaholicsm versus simple passion for profession" yang dilakukan oleh peneliti dari Norwegia terhadap 1.100 lebih pekerja di Norwegia. Melalu pengembangan yang dilakukan peneliti, hasilnya mereka mampu membuat alat diagnosa untuk mendeteksi seseorang dalam kategori workaholic. Melalui alat itu, disajikan dengan tujuh pertanyaan yang dikasih judul Bergen Work Addiction Scale (BWAS). Bilamana anda menjawab 'selalu' atau 'sering' maka peneliti menyarankan agar anda untuk menghentikan kerja berlebihan.

Silakan anda jawab beberpa pertanyaan di bawah ini, jika anda lebih banyak menjawab kata 'sering' maka anda termasuk workaholic. Hal ini lebih banyak dialami oleh orang dewasa muda dibanding yang lainnya. Diperjelas oleh seorang peneliti berkebangsaan Norwegia Cicilie Schou Andreassen yang menyatakan;" Meskipun begitu workaholicsm tidak berhubungan dengan jenis kelamin, pendidikan, status pernikahan atau pekerja paruh waktu ataupun penuh waktu".

  1. Anda berpikir bagaimana caranya menambah waktu untuk dapat bekerja?
  2. Anda menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dibandingkan waktu yang sudah ditentukan?
  3. Anda bekerja untuk mengurangi rasa bersalah, cemas, ketidak berdayaan atau depresi?
  4. Anda sering disuruh orang lain untuk berhenti bekerja tapi anda tidak pernah mendengarkan?
  5. Anda merasa stres jika tidak diperbolehkan bekerja?
  6. Anda tidak menjadikan hobi, kegiatan liburan ataupun olahraga sebagai prioritas dikarenakan pekerjaan anda?
  7. Anda bekerja terlampau banyak sehingga memberikan dampak buruk pada kesehatan anda?

Bila anda merupakan satu dari sepuluh yang menerima dampak negatif dari workaholic ataupun overwork, mulailah anda bercermin dan menyadarinya. Hal ini karena bagi yang benar-benar workaholic diperlukan perawatan melalui tertapi. Kalau boleh, tanyakan kembali dibenak anda, apa tujuan dan untuk apa anda bekerja?, buat siapa anda bekerja?, dan apa untungnya bekerja kalau anda tidak peduli pada diri anda yang sesungguhnya?.

Menemukan 9 Makna Fengsui Dalam Menata Meja Kerja

Posted: 05 Feb 2015 04:45 PM PST

Fengsui merupakan ilmu topografi kuno yang sudah berumur ribuan tahun, berasal dari Tiongkok- China. Hal ini selalu dikaitkan dengan kepercayaan yang berhubungan dengan keberuntungan, asmara atau kesuksesan seseorang . Pengaruh fengsui bisa anda lihat, baik dalam dunia fashion, arsitektur, hubungan cinta, hingga menyangkut karir salah satunya menata meja kantor yang baik.

Menemukan 9 Makna Fengsui Dalam Menata Meja Kerja

Kredit gambar: gopixpic.com

Faktanya, area yang dipenuhi tumpukan barang kerap mempengaruhi kesiapan diri dalam melakukan aktifitas. Nah, sekarang coba anda lihat meja kerja anda sekarang, apakah sudah meletakan barang-barang yang benar?. Dalam pengaturan menurut pandangan fengsui, masing-masing area memiliki energi sendiri. Pelatakan alat-alat kerja pada meja kerja, bisa dibagi menjadi tiga bagian mendatar dan tiga bagian menurun dari 9 letak keseluruhan agar anda dapat bekerja efektif dan efisien.

Tetap masih bingung juga?, inilah 9 makna fengsui yang bisa anda pelajari :

  1. Makna Kemakmuran. Hal ini digambarkan pada area kiri atas meja kerja yang ditandai dengan warna ungu. Manfaatkan bagian ini sebagai tempat menyimpan yang berhungan dengan keuangan atau kemamuran. Contohnya anda bisa menaruh vas kristal yang berisi tanaman/bunga, tapi kalau bisa anda menaruh laptop atau komputer sebagai perangkat kerja utama anda.
  2. Makna Reputasi. Hal ini digambarkan pada area tengah atas meja kerja yang ditandai warna merah. Sebaiknya tempatkan benda yang menunjukan pencapaian atau prestasi anda, contohnya : foto pada momen penting, piagam/ sertifikat penghargaan. Atau ada cara lain yaitu menempatkan kartu nama anda pada penyangganya.
  3. Makna Asmara. Hal ini digambarkan pada area kanan atas meja kerja dimana merupakan tempat berkumpulnya energi yang mencerminkan cinta kasih serta ditandai warna merah muda. Buat anda yang masih jomblo, bisa anda letakan vas bunga di area tersebut. Sebaliknya buat anda yang sudang berpasangan, bisa menyimpan bingkai foto pasangan anda.
  4. Makna Kreativitas. Hal ini digambarkan pada area di kanan tengah meja yang ditandai dengan warna putih. Sebaiknya anda menaruh buku catatan atau notes untuk menyimpab ide brilian anda yang bisa muncul mendadak .
  5. Makna Relasi. Hal ini bisa digambarkan pada area kanan bawah meja kerja anda yang ditandai dengan warna abu-abu. Sebaiknya anda simpan hanphone, telepon atau daftar kontak relasi atau bisa menyimpan poster tempat-tempat liburan idaman anda
  6. Makna Karier. Hal ini bisa digambarkan pada area bawah tengah yang ditandai warna hitam. Sebaiknya anda membiarkanya kosong atau bisa isi dengan secarik kertas berisi dengan kalimat motivasi bahwa anda siap menerima tantangan kapanpun.
  7. Makna Ilmu Pengetahuan. Hal ini bisa digambarkan pada area kiri bawah yang ditandai dengan warna biru. Sebaiknya digunakan untuk menyimpan buku referensi yang sering anda gunakan, disamping mudah terjangkau juga sebagai wujud anda selalu menginginkan dengan ilmu baru.
  8. Makna Keluarga. Hal ini bisa digambarkan pada area kiri tengah yang ditandai warna hijau. Sebaiknya anda menyimpan foto keluarga yang diberi bingkai warna coklat sebagai bentuk penyeimbang maja kerja anda.
    Makna Kesehatan. Hal ini digambarkan dengan tidak mengenal area atau bebas tata letaknya yang ditandai dengan warna kuning. Sebaiknya anda tidak meletakan benda-benda yang tidak terpakai sebagai wujud penopang berat badan anda yang duduk didepan meja kerja.

Keterampilan yang Harus Anda Cantumkan Dalam Surat Lamaran Kerja

Posted: 05 Feb 2015 12:18 AM PST

Surat Lamaran Kerja – Membuat surat lamaran pekerjaan akan menjadi satu pekerjaan yang sangat sulit ketika Anda sudah terlalu lama menganggur dan ingin memulai pekerjaan yang baru. Penting untuk Anda ketahui, seiring dengan berjalannya waktu, bentuk, format, serta isi dari surat lamaran pekerjaan menjadi lebih berbeda, yang mana disesuaikan dengan permintaan dari perusahaan yang saat itu Anda incar. Namun, satu hal yang sangat penting yang harus ada di dalam surat lamaran kerja yaitu keterampilan yang Anda miliki, dengan keterampilan inilah bisa Anda jadikan sebagai satu bahan pertimbangan agar Anda bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Keterampilan yang Harus Anda Cantumkan Dalam Surat Lamaran Kerja

Kredit gambar: yayasanbiim.blogspot.com

Jika begitu, keterampilan apa saja yang memang harus di cantumkan di dalam surat lamaran pekerjaan? Seorang pengamat karir, Ford R. Myers memiliki pendapat, bahwa setidaknya ada lima kemampuan paling mendasar yang harus di perlihatkan di dalam surat lamaran kerja, yaitu sebagai berikut:

Komunikasi

Kemampuan komunikasi ini harus Anda tunjukkan, dengan cara menulis dengan jelas serta ringkas, berbicaralah dengan cara yang efektif, mendengarkan setiap ucapan yang diutarakan dengan penuh perhatian, mengungkapkan ide yang Anda miliki dengan cara terbuka, kemampuan bernegosiasi dalam menyelesaikan setiap perbedaan yang ada, percaya diri jika tengah berada di muka umum, serta memberikan informasi yang sesuai dengan kenyataan tanpa adanya kebohongan.

Interpersonal

Kemampuan interpersonal merupakan satu kemampuan dalam bekerja sama dengan baik berasa orang lain, sensitif terhadap keadaan sekitar Anda, mampu mendukung setiap pekerjaan yang dilakukan, memotivasi rekan atau teman kerja, memberikan saran yang baik kepada mereka yang membutuhkannya, memiliki kemampuan untuk delegasi atau dalam kata lain perwakilan dari perusahaan jika dibutuhkan, dan percaya diri serta penuh dengan tanggung jawab.

Penelitian dan perencanaan

Kemampuan dalam proses penelitian serta merencanakan setiap hal meliputi kemampuan memprediksi keadaan, menciptakan ide-ide yang brilian, dapat memecahkan setiap masalah yang ada, dapat mencapai suatu target yang ditentukan, menentukan setiap kebutuhan, mengembangkan strategi yang dimiliki, serta menilai situasi yang ada.

Organisasi

Biasanya, kemampuan bernegosiasi ini meliputi setiap perincian masalah, tugas yang harus diselesaikan bersama, disiplin dalam waktu, mampu mengelola sebuah proyek dengan cara yang efektif, memenuhi setiap tenggat waktu yang diberikan oleh perusahaan, dapat mengontrol setiap situasi yang ada, merencanakan serta mengatur setiap kegiatan yang ada, serta mampu melakukan banyak tugas pada waktu yang bersamaan.

Manajemen

Maksud dari keterampilan manajemen ini yaitu Anda harus memiliki serta menunjukkan kemampuan Anda dalam memimpin, mengajarkan, memberikan intruksi kepada kelompok yang ada di bawah pimpinan Anda, dapat memberikan nasehat-nasehat yang membangun, dapat menyelesaikan setiap masalah dengan baik, bertanggung jawab dengan baik, kemampuan dalam membuat setiap keputusan serta menerapkannya, serta mampu dalam menghargai tindakan yang dilakukan oleh orang lain.

Keterampilan-keterampilan di atas sebaiknya dapat Anda cantumkan di dalam surat lamaran kerja yang Anda kirimkan ke perusahaan yang Anda tuju. Hal ini agar membuat Anda menjadi sosok pelamar yang berbeda dari pelamar yang lainnya. Semoga tips kali ini bisa membantu Anda semua.

Cara Efektif Memilih Lembaga Kursus yang Baik

Posted: 04 Feb 2015 08:51 PM PST

Pengembangan diri seakan menjadi kebutuhan pokok untuk melatih skill maupun kemampuan anda agar bisa berkompetisi di dunia kerja. Mengasah diri agar memiliki keahlian khusus di sekolah dirasa menjadi tidak cukup, karena anda harus berhadapan dengan perkembangan global yang tumbuh dan semakin dinamis. Kursus dan pelatihan mungkin menjadi salah satu tatkala anda memiliki ekspetasi meningkatkan kompetensi diri. Namun, ditengah lembaga kursus yang kian menjamur, menjadi sepantasnya kita lebih selektif dalam memilih lembaga kursus yang baik.

Cara Efektif Memilih Lembaga Kursus yang Baik

Kredit gambar: aimjakarta.com

Berbagai pelatihan maupun pengajaran yang biasa ada dalam sebuah lembaga kursus, baik itu les bahasa, komputer, akuntansi dan lain sebagainya yang bisa meningkatkan kemampuan anda secara praktis. Namum, agar lebih efektif dalam mengikuti kursus yang anda lakukan, sebaiknya anda perhatikan beberpa saran untuk memilih lembaga kursus yang baik ini :

  • Jenis kursus yang dipilih. Belajar disemua bidang memang positif, tapi alangkah lebih baik anda membuat prioritas kursus yang anda pelajari. Jika orientasinya anda bekerja, maka pilihlah jenis kursus yang berdasarkan karakteristik anda agar skill anda dapat dieksplorasi dengan baik dan efektif. Termasuk untuk menentukan apakah anda menginginkan kursus dengan waktu singkat atau memilih program reguler.
  • Budget. Yang bisa anda pertimbangkan ialah masalah biaya, pilihlah lembaga kursus yang menyediakan paket biaya sesuai dengan budget anda. Fasilitas seakan berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan, namun bukan berarti sama dengan ilmu yang akan anda dapatkan. Biaya tinggi seakan menjadi kurang berarti kalau anda kurang .
  • Pengajar. Salah satu nilai tambah dari sebuah lembaga kursus ialah sumber daya manusianya atau tenaga pengajar. Carilah informasi lembaga kursus mana saja yang memiliki tenaga pengajar yang berkualitas. Hal ini bisa anda lakukan lewat bertanya pada teman yang lebih dulu kursus atau melalui media onlinie dan sosial media.
  • Fasilitas. Memilih lembaga kursus yang baik, salahsatunya bisa anda lihat dari kelengkapan fasilitas yang dimilikinya. Kenyamanan kelas serta berbagai fasiltas pendukung seperti ruang ber- AC, perpustakaan lengkap, ruangan audio visual akan menambah anda ketikan mengikuti bimbingan pengajar.
  • Jumlah Siswa. Rasio jumlah peserta didik mempengaruhi pada efektifitas belajar. Sebaiknya anda memilih lembaga kursus yang memiliki siswa tiap kelas yang sedikit walau jumlah siswa keseluruhannya banyak. Hal ini membantu pengajar maupun anda dalam mberi dan menyerap materi kursus yang dipelajari.
  • Lokasi. Keberadaan tempat atau kedudukan sebuah lembaga kursus sebaiknya menjadi pertimbangan anda, pilihlah yang relatif dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja bila anda sudah bekerja. Hal ini dapat membantu mengatur waktu dan energi anda, terlebih bagi anda yang mempunyai aktivitas yang padat.

No comments:

Post a Comment