Monday, February 2, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Gestur Tubuh yang Membuat Cara Presentasi Anda Kurang Bermutu

Posted: 02 Feb 2015 05:20 PM PST

Disaat anda hendak melakukan presentasi, mulailah dengan berpikir dan mencari cara presentasi yang baik. bahasa tubuh anda merupakan hal yang penting saat presentasi, karena audiens akan melihat anda. Bahasa tubuh dapat membuat kesan pertama yang dapat memberikan pon tinggi, agar antara anda dan audiens saling percaya.

Gestur Tubuh yang Membuat Cara Presentasi Anda Kurang Bermutu

Kredit gambar: presentasi.net

Dr. David DeSteno, professor psikologi di Northeastern University, menjelaskan mengenai gestur seperti apa yang dapat menjadi indikator apakah seseorang dapat dipercaya ataukah tidak. Namun sampai saat ini, para peneliti belum menemukan dengan tepat gestur seperti apa yang dapat mengarahkan pada rasa tidak percaya. Oleh sebab itu Dr. DeSteno melakukan eksperimen dengan mempergunakan permainan yang bertujuan untuk mengetahui persoalan tersebut.

metode yang digunakan Dr. DeSteno yakni responden diminta untuk memainkan suatu permainan. Dimana permainan ini dapat dilakukan dengan cara bekerja sama maupun bekerja individu. Kemudian ia membagi kedua responden menjadi dua kelompok. Satu kelompok responden memainkan secara langsung dan satu kelompok lainnya melalui internet. Responden yang bermain secara langsung direkam melalui tiga angle kamera.

Berdasarkan rekaman, peneliti kemudian membuat model yang mengaitkan gestur apa saja yang dapat menjadi indikator apakah seseorang dapat dipercaya ataukah tidak. Gestur-gestur tersebut ialah menyentuh tangan, menyentuh wajah sendiri, menyilangkan tangan, menyender pada punggung kursi. Semakin responden menampilkan gestur tersebut, maka semakin kecil kemungkinan ia akan dipercaya.

Relevansinya,  dari berbagai gestur yang ditampilkan oleh responden dapat disimpulkan bahwasanya ada gerak-gerik yang menunjukan nilai negatif. Hal ini bisa dilihat disaat anda berhadapan dengan orang lain, terlebih berhadapan dengan banyak orang. Ini alasan kenapa harus dihandari tatkala sedang presentasi :

  • Menyentuh tangan dapat membuat anda terlihat gugup, sehingga orang lain akan berpikir bahwa anda menyembunyikan sesuatu ataupun tidak jujur, atau anda kurang percaya diri.
  • Menyentuh wajah anda sendiri biasanya adalah gestur yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berpikir. Tidak lama setelah itu biasanya anda akan menyentuh kepala anda. Mungkin gestur ini menandakan bahwa anda sedang berpikir, namun orang lain melihatnya sebagai tanda bahwa anda tidak bisa dipercaya.
  • Menyilangkan tangan adalah salah satu gestur menutup diri yang cukup terkenal. Dengan Anda menyilangkan tangan artinya Anda menutupi diri anda dan tidak ingin untuk bekerja sama.
  • Ketika anda bersandar ke sandaran kursi, anda bisa terlihat sebagai seseorang yang menghindari kontak dengan orang lain.

Seorang komunikator yang baik biasanya melatih diri mereka untuk menghindari gestur ini. Dengan sedikit latihan, anda mungkin bisa mengurangi untuk menampilkan gestur tersebut ketika berbincang dengan orang lain ataupun ketika sedang presentasi.

Cara Merangkum Pertanyaan Sulit dan Jawaban Tepat Wawancara Kerja

Posted: 02 Feb 2015 04:45 PM PST

Selamat! bagi anda yang saat ini mendapat panggilan interview kerja, tapi bagi anda yang belum dapat giliran semoga tidak putus asa dan terus berusaha. Berbagai persiapan bisa anda lakukan dalam melatih diri dan mengantisipasi jawaban tepat wawancara, seperti riset tentang perusahaan yang akan anda masuki, berbincang dengan karyawan yang sedang ataupun pernah bekerja disana hingga melatih jawaban atas prediksi pertanyaan tidak terduga saat wawancara.

Cara Merangkum Pertanyaan Sulit dan Jawaban Tepat Wawancara Kerja

Kredit gambar : esensi.co.id

Kesalahan bisa saja ada kapanpun, tidak semua pertanyaan yang anda pikirkan akan ditanyakan pada anda. Walau anda sudah menyiapkan jawaban tepat wawancara. Ketika anda menyampaikan jawaban dan cerita yang luar biasa pada interview, lalu pewawancara mendadak bertanya yang luar biasa, jeda yang terasa janggal pun dilakukan karena kaget dengan pertanyaan yang mendadak . Lalu, bagaimana cara anda menghindarkannya dari akhir yang tidak enak?

Alternatif #1 :
Disaat Interviewer bertanya, "Apa kekuatan anda?" atau "Ceritakan tentang diri anda," yang mereka harapkan ialah jawaban dengan tambahan, "dan bagaimana hal tersebut dapat menguntungkan diri saya dan perusahaan saya?" Dengan mengetahui hal ini salah satu cara terbaik untuk jawaban tepat wawancara adalah dengan mengaitkannya pada perusahaan ataupun posisi yang Anda inginkan. Selain itu, anda sebaiknya menjawab, "… dan begitulah mengapa saya sangat tertarik dengan posisi ini. Menurut saya ini adalah kesempatan bagi saya untuk memanfaatkan kemampuan detail saya saat bekerja" atau "…. Ini merupakan alasan saya untuk masuk dalam posisi ini, karena kesempatan untuk berkontribusi pada perusahaan yang menghargai transparansi."

Alternatif #2 :
Interviewer biasanya tidak pengulangi pertanyaan yagn sama, dan sebagai cara mengantisipasinya dengan jawaban tepat wawancara adalah dengan merangkum jawaban dan kembali pada pertanyaan awalnya. Hal ini menandakan kalau anda fokus dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh interviewer. Contoh mengakhiri jawaban, "secara keseluruhan, Anda bisa mengatakan bahwa saya mempergunakan gaya kepemimpinan Pemimpin adalah tauladan," atau "Kembali ke pertanyaan sebelumnya, saya memberikan usaha lebih untuk mempelajari dan melihat permasalahan dari sudut pandang orang lain sebelum melakukan suatu hal ketika dihadapkan pada suatu konflik."

Alternatif #3
Terakhir, cobalah anda bereksperimen denga membuat pertanyaan sendiri dan anda buat jawaban tepat wawancara.  Jadi ketika anda ditanya bagaimana anda bekerja dalam tim, bisa sedikit membicarakan bagaimana cara melakukannya, berikan contoh dan tutup dengan pertanyaan fedback, seperti "Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, bekerja dalam tim dapat membuat saya lebih produktif dan kreatif. Sebelumnya, karena sedang membicarakan hal ini, bisakah Anda ceritakan bagaimana bekerja dalam tim di perusahaan ini?"

Proses wawancara merupakan komunikasi dua arah, ketika anda melakoninya tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan interviewer. Namun, salah satu cara terbaiknya yaitu dengan memberikan kesan yang baik dan membangun rapport yang baik dengan rekruter anda. Sekarang Anda memiliki strategi bagaimana cara merangkum dam membuat jawaban tepat wawancara. Selamat mencoba !

Jadwal Libur dan Cuti Bersama Tahun 2015 Terbaru

Posted: 02 Feb 2015 04:35 PM PST

Sebagaimana yang telah diketahui hak cuti merupakan hak yang diberikan pada semua karyawan atau pegawai yang bekerja baik di perusahaan, industri, BUMN, hingga instansi pemerintahan. Tiap tahun pemerintah mengeluarkan ketetapan yang berkaitan dengan hak cuti ini, salahsatunya Cuti Bersama. Dalam rangka efektifitas dan efisiensi hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi dan swasta dalam melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2015, maka perlu menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama.

Jadwal Libur dan Cuti Bersama Tahun 2015 Terbaru

Kredit gambar: sgh.waw.pl

Berdasarkan pertimbangan tersebut, perihal cuti bersama telah ditetapkan melalui keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pelaksanaan cuti bersama sebegaimana yang telah ditetapkandiperhitungkan dengan mengurangi hak cuti tahunan pegawai/ karyawan/ pekerja sesuai dengan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku pada setiap unit kerja/ satua organisasi/ lembaga/ perusahaan. Sedang untuk pelaksanaan lembaga/ instansi swasta diatur oleh pimpinan masing-masing.

Berikut ini pengumuman dan keputusan cuti bersama tahun 2015, sebagaimana keputusan yang sudah ditetapkan bersama oleh ketiga kementerian.

JADWAL LIBUR DAN CUTI BERSAMA TAHUN 2015

Pengumuman Keputusan Cuti Bersama tahun 2015Sumber : Kementerian Agama, Kemenakertrans dan Kemenpan RB.

 

Pahami Dan Ketahui 5 Hal yang Bisa Merusak Karir Anda!

Posted: 02 Feb 2015 04:23 PM PST

Banyak diantaranya orang-orang yang kerap membuat kesalahan sebelum mereka memulai karir. Bahkan yang lainnya juga jatuh ke lubang yang sama ketika mereka berusaha keras untuk membangun karir yang mereka inginkan. Guna membantu Anda untuk mengembangkan karir yang jauh lebih cemerlang untuk masa depan, maka Anda harus bisa menghindari beberapa hal yang memang bisa merusak karir Anda. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut uraiannya:

Pahami Dan Ketahui 5 Hal yang Bisa Merusak Karir Anda!

Kredit gambar: beliberi.co.id

1. Kesalahan pada surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja merupakan tempat yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan pekerjaan yang memang Anda inginkan. Maka dari itu, Anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik serta terkesan profesional, jadilah orang yang lebih jeli ketika membuat surat lamaran kerja. Anda harus memperhatikan setiap aspek-aspek penting yang memang harus Anda cantumkan di dalam surat lamaran kerja.

2. Dokumen palsu

Ketika Anda akan melamar pekerjaan, jangan pernah Anda menggunakan dokumen-dokumen palsu untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan, karean itu sama saja Anda menipu pihak perusahaan dengan Anda mengirimkan dokumen tersebut, dan hal itu justru akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Oleh karena itu, ketika Anda melamar pekerjaan, jangan pernah Anda mengajukan dokumen ataupun sertifikat palsu saat melamar pekerjaan, sebab itu akan membahayakan reputasi Anda di dunia kerja.

3. Jejaring sosial

Perlu Anda ketahui, untuk saat ini jejaring sosial bahkan bisa menjadi salah satu barometer dalam proses penilaian calon karyawan baru di perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal-hal yang Anda tulis serta Anda postkan di akun jejaring sosial yang Anda miliki. Mengapa demikian? Sebab hal tersebut bisa berdampak terhadap kemajuan karir Anda. Anda harus menghindari sejumlah kata yang kasar dalam setiap post yang Anda tuliskan, sebab itu akan sangat merusak reputasi Anda.

4. Jangan bergunjing!

Ketika Anda bergosip di tempat kerja dengan rekan yang lainnya, maka secara tidak langsung Anda sudah membuat reputasi Anda memburuk di mata perusahaan dan Anda akan di pandang sebagai orang yang tidaklah profesional. Coba Anda bayangkan, ketika orang yang Anda gosipkan menjadi sangat marah kepada Anda? Maka hal ini akan sangat meruntuhkan reputasi Anda di depan rekan kerja yang lainnya, terutama di hadapan atasan Anda.

5. Meninggalkan pekerjaan tanpa izin

Ketika jam kerja, jangan sesekali Anda meninggalkan pekerjaan Anda tanpa adanya izin dari atasan Anda. Sebab hal itu akan sangat merusak citra Anda di hadapan atasn atau bahkan perusahaan tempat Anda bekerja. Jika memang Anda memiliki kepentingan lain di saat jam kerja yang memang tidak bisa Anda tinggalkan, maka Anda bisa segera mengionformasikan hal tersebut kepada atasan Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang memang harus bisa Anda hindari ketika Anda sudah ada di dunia kerja, sebab hal-hal tersebut bisa sangat merusakn karir Anda untuk kedepannya. Semoga dengan adanya tips kali ini, Anda bisa terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

5 Cara Tepat Meninggalkan Kesan Baik Saat Mengundurkan Diri

Posted: 02 Feb 2015 04:23 PM PST

Apakah saat ini Anda berencana untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda? Jika jawabannya iya, maka Anda tetap harus bisa menjaga hubungan baik antara Anda dengan rekan kerja Anda di kantor. Mengapa demikian? Karena hubungan yang baik dengan rekan kerja ini akan sangat berguna bagi Anda nantinya, berguna ketika Anda membutuhkan informasi tertentu guna mengembangkan karir Anda saat ini.

5 Cara Tepat Meninggalkan Kesan Baik Saat Mengundurkan Diri

Kredit gambar: merdeka.com

Lantas bagaimana cara meninggalkan kesan baik saat Anda mengundurkan diri? Berikut ini ada cara tepat bagi Anda yang akan mengundurkan diri, agar Anda bisa meninggalkan kesn yang baik, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan sering mengeluh

Ketika Anda terlalu banyak mengeluh, pastinya baik pihak perusahaan ataupun rekan kerja Anda akan sangat merasa terganggu dengan keluhan tersebut. Anda tidak perlu menyalahkan diri Anda atau siapapun ketika Anda ada dalam keadaan yang menyulitkan Anda, namun yang Anda butuhkan saat ini adalah menggambil sikap untuk segera hengkang dari perusahaan.

2. Ajukan alasan yang tidak menekan salah satu pihak

Mungkin Anda memiliki banyak alasan untuk meninggalkan pekerjaan yang saat ini tengah Anda tekuni, salah satunya yaitu karena kondisi kerja yang memang tidak membuat Anda nyaman. Namun sebaiknya, ketika Anda mengungkapkan alasan Anda kepada pihak perusahaan, usahakan untuk tidak menyampaikannya terlalu frontal. Anda bisa saja menggunakan alasan yang umum, yang memang biasa diajukan oleh para pegawai yang akan mengajukan pengunduran diri.

3. Bekerja keras sebelum mengundurkan diri

Salah satu cara yang tepat agar Anda bisa meninggalkan kesan yang baik sebelum mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja yaitu dengan Anda bekerja keras serta menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab Anda. Dengan begitu, rekan atau atasan Anda di kantor akan mengenang Anda sebagai seorang karyawan yang memang memiliki dedikasi yang tinggi.

4. Menyelesaikan proyek yang diberikan

Jangan pernah Anda membiarkan tugas atau proyek yang di berikan kepada Anda menjadi terbengkalai hanya dikarenakan Anda memiliki rencana untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Namun sebaliknya, Anda harus secepatnya bisa menyelesaikan proyek tersebut, dan Anda harus membuat atasan Anda terkesan dengan hasil kerja Anda.

5. Memastikan bahwa kepindahan Anda tidak mempengaruhi pekerjaan karyawan lain

Ketika Anda mulai meninggalkan pekerjaan Anda, maka Anda harus memastikan kalau rekan kerja Anda mampu untuk mengambil alih semua pekerjaan Anda sampai pengganti Anda datang. Oleh karena itu, Anda harus membicarakan hal tersebut kepada atasan Anda, terkait siapa yang pantas dan cocok untuk mengambil alih posisi Anda untuk sementara waktu.

Itulah beberapa cara agar Anda bisa meninggalkan kesan yang baik saat Anda hendak mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja. Kesan baik yang Anda tinggalkan di tempat Anda bekerja pastyinya bisa berimbas baik terhadap perjalanan karir Anda untuk waktu kedepannya. Oleh karena itu, Anda harus bisa mempertahankan reputasi baik selama Anda masih bekerja di perusahaan tersebut.

Ingin Tahu Hal yang Membuat Pria Scorpio Sukses?

Posted: 02 Feb 2015 04:23 PM PST

Pria-pria yang memang memiliki zodiak Scorpio yaitu mereka yang lahir tepat pada tanggal 23 Oktober sampai tanggal 21 November. Banyak diantaranya orang-orang yang mengatakan, bahwa pria yang memiliki zodia scorpio selalu memiliki jalan yang lebih baik untuk menuju ke arah kesuksesan. Hal ini dikarenakan mereka yang kerap memiliki banyak kualitas diri yang memang mampu mendorong mereka untuk meraih tujuan hidup yang nereka miliki. Apakah Anda penasaran? Jika jawabannya iya, mak simaklah beberapa hal yang memang bisa membuat pria Scorpio sukses, berikut ulasannya:

Ingin Tahu Hal yang Membuat Pria Scorpio Sukses?

Kredit gambar: masdarjo.wordpress.com

1. Selalu jadi magnet

Seorang pria Scorpio selalu menjadi magnet yang baik bagi sejumlah orang yang memang ada di sekitarnya. Bahkan mereka selalu berhasil dalam menggunakan kekuatan yang mereka miliki untuk membuat orang lain tertarik kepada mereka, terutama kemampuan yang mereka miliki.

2. Sangat ambisius

Mereka yang memang memiliki zodiak Scorpio tidak pernah takut untuk memiliki mimpi yang besar dan tinggi. Bahkan mereka kerap menjadi orang yang ambisius terhadap apa yang memang mereka inginkan. Dan ambisi itulah yang kemudian akan mendorong mereka untuk terus bekerja keras serta pantang menyerah demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

3. Gila kerja

Selain itu, pria yang memiliki zodiak Scorpio juga dikenal sebagai seseorang yang gila kerja, dan mereka juga dikenala sebagai orang yang memang memiliki gairan besar terhadap apa yang mereka lakukan. Dan ketika mereka tengah mengerjakn apa yang memang mereka sukai, maka mereka akan terus berusaha sebaik dan semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

4. Sedikit bicara, banyak bekerja

Sedikit bicara namun banyak bekerja, sikap itulah yang memang dimiliki oleh pria yang berzodiak scorpio. Bahkan mereka juga tidaklah menjadi orang yang introvert, namun mereka hanya akan bicara jika memang diperlukan. Kebanyakan dari pria yang memiliki zodiak Scorpio itu pendiam, namun dari diam itulah mereka akan menunjukkan kualitas diri mereka.

5. Suka memanipulasi, tetapi tidak mendominasi

Walaupun pendiam, pria scorpio juga sangat dikenal sebagai orang yang pinatr memanipulasi, namun mereka tidak pernah berusaha untuk mendominasi. Oleh karena itu, pria-pria yang memiliki zodiak scorpio bisa menjadi atasan yang baik dan profesional, sebab karyawan yang mereka miliki tidak akan pernah merasa didominasi oleh atasannya.

6. Terlihat tenang, namun kuat

Memang benar, permukaan laut memang terlihat sangatlah tenang, namun tidak akan pernah ada yang tahu seberapa dalam lautan tersebut. Dan pria scorpio kerap di analogikan seperti lautan yang tenang namun dalam. Mungkin pria scorpio akan sangat terlihat seperti orang yang tenang jika dilihat dari luar, namun di dalamnya, mereka justru memiliki kekuatan serta wawasan yang sangatlah luas, bahkan kontrol emosi mereka sangatlah kuat.

Dan itulah beberapa hal yang memang bisa membuat pria scorpio bisa menjadi orang yang cepat sukses. Mungkin bagi Anda yang memang bukan berzodiak scorpio, Anda bisa mengikuti sikap dari scorpio ini. Semoga sukses dengan tips yang kali ini kami berikan!

Ketahui 5 Hal yang Bisa Membuat Anda Dibenci Oleh Rekan Kerja!

Posted: 02 Feb 2015 04:23 PM PST

Dengan Anda membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja Anda di kantor, pastinya bisa membuat kehidupan Anda terutama dalam menjalankan karir bisa menjadi jauh lebih menyenangkan. Perlu Anda ketahui, di dunia kerja, Anda tidak akan pernah terhindar dari yang namanya konflik yang memang bisa mengancam masa depan karir Anda, atau bahkan yang nantinya bisa menjatuhkan reputasi Anda di hadapan perusahaan. Oleh karena itu, Anda harus menjadi orang yang lebih pintar dalam menjaga hubungan baik dengan setiap orang, terutama rekan kerja Anda di kantor. Dan berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda hindari, agar Anda tidak menjadi orang yang dibenci oleh rekan kerja Anda di kantor. Apa saja sih hal-hal yang bisa membuat seseorang di benci di kantor? Yuk mari simak ulsannya berikut ini!

Ketahui 5 Hal yang Bisa Membuat Anda Dibenci Oleh Rekan Kerja!

Kredit gambar: rahasiablogtraffic.blogspot.com

1. Mem-bully rekan kerja

Ketika Anda berperilaku layaknya seorang atasan di kantor, dan Anda suka mem-bully rekan kerja Anda sendiri, maka hal tersebut bisa membuat Anda menjadi public enemy. Dan akibatnya, Anda akan di jauhi oleh rekan kerja Anda di kantor dan Anda akan dipandang sebagai orang yang menyebalkan. Dan pastinya Anda tidak mau bukan, untuk diperlakukan seperti ini?

2. Menusuk dari belakang

Anda harus mengatakan apapun sesuai dengan kenyataan. Jangan pernah Anda menumpahkan kesalahan yang memang telah Anda perbuat sendiri kepada orang lain, hanya dikarenakan Anda tidak mau jika Anda di marahi oleh atasan Anda di kantor. Dan sikap itulah yang justru bisa membuat Anda menjadi orang yang dibenci oleh rekan kerja Anda, karena Anda dianggap sebagai orang yang suka menusuk dari belakang. Jangan sampai hal ini terjadi pada diri Anda, jika Anda ingin karir Anda tetap berkembang.

3. Tidak berkontribusi apa pun kepada tim

Anda harus bisa menunjukkan inisiatif Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab Anda, terutama jika Anda bekerja dalam satu tim. Orang-orangyang pasif serta sangat jarang memberikan solusi pada umumnya akan dijauhi oleh rekan yang lainnya, sebab hgal tersebut dianggap tidak akan memberikan manfaat yang lebih bagi tim.

4. Penjilat

Orang-orang yang biasanya suka menjilat terhadap atasan mereka biasanya tidak disukai oleh siapapun di tempat kerja. Bahkan mereka akan dianggap sebagai orang yang pandai dalam bersilat lidah. Dan mereka yang memang memiliki sifat sebagai penjilat sangat dijauhi di tempat kerja. Jika Anda tetap ingin memiliki teman di tempat Anda bekerja, jangan sampai Anda menjadi penjilat.

5. Berusaha lepas tangan

Karyawan yang memang suka lepas tangan ketika mereka tengah mengerjakan tugas tertentu biasanya akan sangat dibenci dan dijauhi oleh rekannya di tempat kerja. Hal tersebut dikarenakan mereka dianggap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang sharusnya mereka kerjakan, yang pada akhirnya akan merugikan rekan di kantor.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari ketika Anda berada di tempat kerja, agar Anda tidak menjadi orang yang dibenci oleh rekan kerja Anda. Anda harus menghindari hal negatif ini karena itu bisa menghancurkan karir Anda.

Sebelum Anda Melamar Kerja Pahami Potensi Anda Dahulu!

Posted: 02 Feb 2015 04:23 PM PST

Pastinya setiap orang memiliki potensi diri masing-masing yang memang sangatlah sulit untuk dilihat atau pun dipahami, dan kenyataan tersebut memanglah benar, karena sebagian besar orang-orang di negara ini sangatlah sulit untuk menentukan kemampuan apa yang mereka miliki. Ketika anda tidak mengetahui atau tidak memahami potensi apa yang anda miliki, maka hal tersebut akan menjadi satu halangan yang besar dalam dunia kerja.

Sebelum Anda Melamar Kerja Pahami Potensi Anda Dahulu!

Kredit gambar: duniapekerjaan.blogspot.com

Oleh karena itu, agar anda dapat mengembangkan potensi diri anda sangatlah penting terlebih dahulu anda mengetahui potensi apa yang anda miliki. Dan untuk mengembangkan potensi tersebut, sangatlah diperlukan beberapa cara yang bisa anda lakukan agar potensi diri yang dimiliki oleh anda dapat dikembangkan dengan mudah.

Agar anda dapat memahami dengan jelas potensi apa yang anda miliki, anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini yang akan kami uraikan, berikut uraiannya.

1. Bidang apa yang anda senangi

Ketika anda memiliki satu kesenangan tersendiri, maka anda akan melakukannya secara sukarela tanpa harus diperintah oleh orang lain. Ketika anda mendapatkan satu tugas yang memang anda senangi, maka anda akan lebih cenderung mengerjakan tugas tersebut tanpa ada harapan anda mendapatkan imbalan dari orang yang memang memerintah anda. Dan pada umumnya, ketika anda mengerjakan satu pekerjaan yang memang telah menjadi hobi anda, maka tanpa anda sadar anda juga akan membawa kebahagiaan terhadap orang yang tengah mengerjakannya.

2. Bertanya pendapat teman dekat

Seseorang yang memang sangatlah paham atau sangat mengetahui anda yaitu orang-orang yang memang sangatlah dekat dengan anda. Misalnya orang tua anda, saudara anda, keluarga bahkan teman dekat anda. Maka kami pastikan merekalah yang percis mengetahui diri anda dari kecil sampai dewasa. Oleh karena itu, pastinya mereka tahu potensi yang anda miliki dengan percis selama ini, dan memang sangatlah perlu orang lain guna membantu anda untuk mengetahui potensi apa yang anda miliki.

3. Mencoba hal-hal baru

Memang sangatlah banyak hal-hal yang bisa anda lakukan di dunia ini. Dan yang menjadi satu hambatan yang besar untuk anda melakukan banyak hal yaitu terkait dengan wawasan, pergaulan serta keberanian yang anda miliki. Mungkin anda bisa mencoba beberapa hal baru yang memang belumlah anda lakukan sama sekali, dan pastinya yang anda lakukan tidak boleh sampai melanggar hukum. Dengan anda mencoba banyak hal, mungkin anda dapat menemukan potensi diri anda yang memang selama ini telah tersembunyi.

4. Banyak membaca, melihat dan merasakan

Selain beberapa hal diatas, cara lain yang bisa anda lakukan guna mengetahui potensi diri yaitu dengan anda memperbanyak membaca, melihat serta merasakan. Dengan begitu, anda akan banyak memperoleh informasi serta anda akan mendapatkan pengetahuan yang banyak. Ketika anda memiliki tontonan serta bacaan yang memang sangatlah anda sukai, maka hal tersebut besar kemungkinan merupakan satu potensi besar yang anda miliki. Jika anda memang menyukai membaca sejumlah berita terkait perkembangan dunia komputer, internet serta semacamnya, mungkin anda bisa menjadi ahli dari bidang tersebut, asalkan anda memiliki kekonsistenan untuk terus menambah pengetahuan anda.

Ciri Calon Karyawan Berbohong Saat Wawancara Kerja

Posted: 02 Feb 2015 04:15 PM PST

Perilaku kandidat atau pelamar kerja sering bermacam-macam, hal ini bisa ditunjukan ketika melakukan sesi interview kerja. Tidak sedikit kandidat yang mencoba ‘membual’ alias berbohong disaat menjawab pertanyaan, oleh karena ia ingin tampil berkesan dihadapan pewawancara. Percaya atau tidak, perilaku berbohong saat wawancara kerja ini bisa diketahui dengan mengenal gestur maupun gerak-gerik tubuh anda loh.

Ciri Calon Karyawan Berbohong Saat Wawancara Kerja

Kridti gambar: suara.com

Dari tanda orang berbohong saat wawancara kerja, ada korelasinya dengan buku karya Dr. Lillian Glass, seorang analisis perilaku yang bekerja di FBI yang berjudul The Body Language of Liars memberikan pemaparan tanda-tanda perilaku seperti apa yang akan ditampilkan oleh mereka yang tidak berkata jujur. Berikut pemaparannya :

  • Berkedip Secara Berlebihan. Mereka yang berkata tidak jujur biasanya berupaya membuat orang lain mempercayai perkataannya. Namun tanpa mereka sadari, ia akan berkedip secara berlebihan sehingga akan melunturkan kepercayaan anda.
  • Bernapas Lebih Berat Dibandingkan Biasanya. Ketika seseorang berkata tidak jujur, maka detak jantung dan aliran darah akan berubah. Hal ini menyebabkan seseorang akan membutuhkan udara lebih banyak sehingga mereka benapas lebih berat dibandingkan biasanya.
  • Menyeret kaki. Ketika seseorang menyeret kakinya, itu merupakan salah satu tanda bahwa ia sedang gugup atau merasa tidak nyaman dan ingin pergi dari situasi tersebut. Ini merupakan salah satu tanda yang dapat mudah terlihat, menurut Glass.
  • Meletakkan Tangan di Sekitar Mulut. Ketika seseorang tidak ingin menjawab suatu pertanyaan, tanpa ia sadari ia akan meletakkan tangannya di sekitar mulutnya. Ini artinya mereka sedang mencoba untuk menutup komunikasi mereka.
  • Mengubah Posisi Kepala Secara Tiba-tiba. Jika anda bertanya pada calon karyawan Anda dan ia mengubah posisi kepalanya, maka sudah dapat dipastikan jawaban yang akan diberikannya tidak jujur. Menurut Glass dalam bukunya, mereka yang posisi kepalanya agak tersentak ke belakang, agak menunduk atau miring ke kiri atau ke kanan, akan melakukan hal tersebut sebelum mengutarakan kebohongan.
  • Menutupi Salah Satu Bagian Tubuh. Menurut Glass dalam bukunya, mereka yang berkata tidak jujur tanpa mereka sadari akan menutupi leher mereka dengan tangan mereka. Bagian tubuh lain yang memungkinkan untuk ditutupi yaitu kepala, dada, ataupun perut.
  •  Sering Menunjuk-nunjuk. Jika calon karyawan anda sering menunjuk-menunjuk, maka ia memiliki kemungkinan untuk berkata tidak jujur. Mereka yang tidak berkata jujur memiliki kecenderungan untuk mencari-cari masalah, dan ketika mereka merasa tertekan, maka mereka akan terlalu sering menunjuk-nunjuk untuk memberikan kesan bahwa mereka mencari-cari masalah.

No comments:

Post a Comment