Thursday, February 12, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Berapa Persen Kemungkinan Lulus Interview Kerja?, Cek Peluang Anda Disini!

Posted: 12 Feb 2015 05:02 PM PST

Tahap interview kerja  selalu dianggap tahap yang paling krusial dan menegangkan, hal ini lebih dikarenakan interview kerja sebagai tahap akhir seleksi yang menentukan nasib anda. Selanjutnya, apakah anda akan tetap mempertahankan periode menganggur ataukah anda akan masuk babak baru di dunia kerja. Menurut survey yang bisa dipercaya, dimana pelitian ini dilakukan oleh CareerBuilder menyatakan 49% rekruter mampu mengetahui seorang kandidat tepat untuk posisi yang mereka inginkan ketika berlangsungnya interview kerja.

Berapa Persen Kemungkinan Lulus Interview Kerja, Cek Peluang Anda Disini!

Kredit gambar: wolipop.detik.com

Pada waktu permulaan interview kerja, di 15 menit awal menunjukan angka progresif seorang pewawancara mengenal anda hingga 90%. Wajar saja jika sebagian besar kandidat merasa tegang karena sejak menit pertama mereka sudah mulai dinilai dan diperhatikan. Berbagai cara yang biasa dilakukan untuk mengurangi rasa tegang ini, bahkan tidak sedikit dari kandidat melakukan hal aneh yang membuat para rekruter menggelengkan kepala.

Tidak hanya itu, bahasa tubuh juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi penilaian saat interview kerja. Lewat bahasa tubuh yang anda lakukan ketika interview, dari reaksi yang anda tampilkan para rekruter akan mampu menilai apakah anda sebagai calon kandidat pilihan dan orang yang tepat untuk mengisi posisi yang diperlukan. Berdasarkan praktisi HR, bahasa tubuh seperti apa yang mampu memberikan pengaruh bagi mereka menolak suatu kandidat secara cepat, inilah persentase yang mempengaruhinya;

  • Tidak membuat eye contact yang baik: 65%
  • Tidak memberi senyum: 36%
  • Memainkan suatu varang atau benda di meja: 33%
  • Memiliki postur buruk atau tidak proporsional: 30%
  • Posisi duduk yang berubah-ubah: 29%
  • Melipatkan tangan di depan dada: 26%
  • Memainkan rambut atau menyentuh wajah: 25%
  • Berjabat tangan yang lemah: 22%
  • Sering melakukan gerakan tangan atau berlebihan: 11%
  • Berjabat tangan yang terlalu keras: 7%

Satu dari Tiga yang Melamar Kerja via Sosial Media Ditolak Gara-Gara Status

Posted: 12 Feb 2015 04:45 PM PST

Melamar Kerja via Sosial Media, berdasarkan sebuah infografik yang diperoleh dari Career Savvy menjelaskan hasil survey yang dilakukan oleh salah satu majalah karir di Inggris. Bagi anda yang jarang membersihkan akun sosial media anda, berdasarkan dari survey tersebut diketahui bahwa satu dari tiga pelamar ditolak lamaran kerjanya  gara-gara status dan postingan yang lebay di sosial media.

Satu dari Tiga yang Melamar Kerja via Media Sosial Ditolak Gara-Gara Status

Kredit gambar: dibalikdiamku.blogspot.com

Career Savvy memberikan masukan, ketika anda mengirimkan lamaran sebaiknya pastikan dulu akun-akun sosial media yang anda miliki tidak ada postingan-postingan yang akan merugikan anda sendiri. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara ‘operasi bersih’ semua akun sosial media anda, agar posting yang cenderung melemahkan dan menampilkan anda seorang pemalas, lebay dan tidak kreatif dapat disingkirkan jauh-jauh.

Sekitar 86% pencari kerja setidaknya memiliki satu akun sosial media. Satu dari tiga pelamar kerja ditolak atas apa yang ditemukan rekruter di social media. Sementara dari 45% rekruter mengakui bahwa mereka mengecek sosial media kandidat mereka. Sedangkan 76% rekruter mengecek akun Facebook, dan 53% mengecek akun Twitter dan 48% mengecek akun LinkedIn .

Apa yang menjadi alasan para recruiter melakukan hal ini?, Ternyata sekitar 65% rekruter mengatakan bahwa merekabertujuan ingin melihat profesionalisme kandidat. Sedangkan sebanyak 51% rekruter mengatakan bahwa mereka ingin melihat apakah kandidat cocok dengan budaya perusahaannya. Dan sekitar 45% rekruter mengatakan bahwa mereka bertujuan ingin mempelajari kualifikasi para kandidat.

Cara untuk membersihkannya bisa anda lakukan beberapa hal berikut:

  • langkah pertama dengan meng-Googling nama anda, telurusi riwayat dan jejak di Google untuk melihat apa saja yang pernah anda upload di internet. Selanjutnya, bila ada foto dan status yang dirasa tidak penting dan tidak pantas maka hapuslah. Jangan lupa ubahlah setting akun sosial media anda agar kehidupan pribadi anda tetap tertutup.
  • Hati-hati dan jangan sepelekan foto profil pada akun sosial media anda!. Hindari default image alias tanpa foto profil, karena membuat anda terkesan malas. Bila anda mengambil gambar  di Google yang kemungkinan memiliki copyrights, gambar yang blurred sebab bisa menunjukkan ketidak profesionalan anda. Begitupun hindari mengupload berbagai gambar yang digolongan tidak pantas atau hal-hal yang mengandung pornografi.

 

Inilah Satu Pertanyaan yang Paling Mempengaruhi Interview Pekerjaan

Posted: 12 Feb 2015 04:35 PM PST

Disaat mengikuti sebuah inteview pekerjaan, biasanya kita sering dicecar dengan berbagai pertanyaan, mulai dari hal-hal yang bersifat personal hingga  pengalaman professional. Menurut Lou Adler, sebagai CEO dari The Adler Group sekaligus kontributar Inc.com, menceritakan pengalamannya 36 tahunnya selama ia jadi seorang recruiter. Ia memaparkan bahwa dari sekian banyak pertanyaan yang dilayangkan interviewer kepada kandidat, hanya ada satu pertanyaan yang dianggap sangat penting yang dijadikan pedoman serta pertimbangan untuk menerima atau tidak seorang calon karyawan.

Inilah Satu Pertanyaan yang Paling Mempengaruhi Interview Pekerjaan

Kredit gambar: usability.gov

Satu pertanyaan interview pekerjaan ini bisa menjadi tolok ukur kesimpulan serta pertimbangan, yang digunakan baik itu bagi recruiter ataupun kandidat pelamar kerja. Sangat banyak dari para recruiter perusahaan yang menganggap sudah cukup dan merasa percaya diri dakan kemampuannya mewawancarai orang. Begitupula sebaliknya, tidak sedikit kandidat yang repot-repot mencari cara maupun panduan tentang bagaimana seharusnya menjawab pertanyaan ketika interview pekerjaan. Merangkum yang sudah pernah Adler ditulis, Ia membuat kesimpulan bahwa hanya ada satu pertanyaan yang penting agar bisa mengidentifikasi kecocokan kandidat untuk masuk ke perusahaan, yaitu ;

"Tugas atau Proyek apa yang pernah anda buat, yang menurut anda anggap paling berarti dalam hidup sepanjang berkarir?"

Supaya menguji kekuatan dari pertanyaan interview pekerjaan di atas, silakan coba anda bayangkan dimana anda sebagai seorang kandidat dimana interviewer baru saja menanyakan hal tersebut pada anda. Jika anda memiliki pengalaman, mulailah dengan mengingat semua proyek yang pernah anda kerjakan serta memilih satu yang menurut anda paling penting. Selanjutnya, anda berlatih menerima rentetan pertanyaan lanjutan dari interviewer, seperti berikut:

  • Dapatkah anda memberi detail ikhtisar dari pencapaian yang telah diraih tersebut?
  • Ceritakan tentang jabatan anda saat itu, perusahaan anda,  peranan anda serta siapa saja tim yang terlibat?
  • Paparkan hasil nyata dari proyek anda pernah lakukan tersebut?
  • Dimana serta berapa lama proyek tersebut berjalan?
  • Mengapa anda dipilih ketika itu?
  • Coba sebutkan setidaknya 3 tantangan yang harus anda hadapi pada proyek tersebut serta bagaimana cara anda mengatasinya?
  • Sejauhmana anda bekerja agar lebih dari yang lain serta mengambil inisiatif terhadap pengadaan proyek tersebut?
  • Jelaskan kepada saya, seperti apa perencanaan yang anda jalankan pada waktu itu, bagaimana cara pengelolaannya dan apa ukuran kesuksesannya?
  • Bagaimana kondisi linkungan kerja serta sumber daya yang ada saat itu?
  • Deskripsikan seperti apa gaya kepemimpinan manajer Anda dan apa pendapat anda tentang itu?
  • Skill apa yang anda butuhkan untuk dapat mengerjakan proyek anda tersebut serta seperti apa penerapannya?
  • Kesalahan terbesar apa yang pernah anda lakukan?
  • Hal apa yang paling anda nikmati pada proyek itu?
  • Apakah ada hal yang anda tidak sukai?  bagaimana cara anda mengelola hal tersebut?
  • Coba berikan contoh tentang bagaimana anda mengatur serta mempengaruhi orang lain?
  • Bagaimana anda bisa berubah serta berkembang sebagai seorang individu?
  • Apaka yang ingin anda ubah jika anda memiliki peluang untuk mengubahnya?
  • Apakah anda pernah mendapatkan penghargaan yang bersifat formal untuk prestasi anda?

Jika anda pernah melakukan proyek yang besar, dengan pertanyaan yang dijabarkan di atas, anda dapat menghabiskan sekitar setengah jam. Namun, yang mesti dicatat ialah bukan pada letak bunyi pertanyaannya, melainkan apa yang menjadi dasar dari proyek yang anda kerjakan tersebut. Inilah sebenarnya inti dari pertanyaan  interview pekerjaan. Jangan habiskan waktu untuk memberi pertanyaan-pertanyaan cerdas pada kandidat, melainkan coba galilah potensi kandidat lewat satu pertanyaan tersebut.

Contoh CV Pekerjaan Dengan Format Revisi Terbaru

Posted: 12 Feb 2015 04:25 PM PST

Contoh CV Pekerjaan terbaru menjadi acuan dasar penilaian recruiter untuk menajaga kualitas proses rekrutmen calon karyawan. Beberapa yang menjadi dasar pertimbangan recruiter ketika melihat kedalaman reprentasi personality anda melalui curriculum vitae yang anda buat diantara;

Contoh CV Pekerjaan Dengan Format Revisi Terbaru

Kredit gambar: blog.synergita.com

  • Key Personal Info yang terdiri nama, alamat, email atau contact person
  • Profile anda yang menjadi gambaran  singkat tentang diri anda sebagai aspirasi karir anda yang membuat recruiter berpikir dan mempertimbangkan anda sebagai kandidat tepat untuk posisi tersebu.
  • Employment, terdiri dari kronologis pengalaman pekerjaan terdahulu serta hal-hal lain yang menjadi penunjang karir.  Bagi anda yang pemula atau tanpa pengalaman kerja, bisa anda cantumkan berbagai kerja praktek, pekerjaan magang maupun proyek-proyek yang pernah anda kerjakan semasa pendidikan. Selain itu, sebaiknya tidak lupa mencantumkan pencapaian dan berbagai prestasi yang di capai namun relevan atau setidaknya mendekati dengan bidang pekerjaan yang anda lamar tersebut.
  • Education and other skills yang terdiri dari Latar belakan pendidikan, training, seminar atau workshop yang pernah diikuti, serta keterampilan lainnya yang anda kuasai.
  • Pengalaman organisasi, dimana anda mencantumkan berbagai aktivitas yang erat kaitannya dengan organisasi profesi, organisasi sosial dan kemasyaratan maupun organisasi sekolah/ kampus.
  • Additional information merupakan informasi tambahan, dimana anda bisa mencantumkan berupa prestasi, karya tulis, atau berbagai beasiswa yang pernah diterima, dan lainnya.
  • References, sebagai hal yang bisa menguatkan anda yang terdiri referensi dari mantan atasan, guru/dosen/profesor anda atau tokoh yang dikenal dan mengetahui anda. Namun, sebelumnya anda harus konfirmasikan dahulu dengan yang versangkutkan.

Contoh CV pekerjaan yang bisa anda jadikan referensi ;

CURRICULUM VITAE

Nama                                 : Edelyne Hassan
Tempat, Tanggal Lahir  : Bandung ,13 Januari 1992
Jenis Kelamin                  : Pria
Agama                               : Islam
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                              : Jl. Buah Batu No. 13 Bandung
Contac Person                 : 081322xxxx
Email                                : edelynehassan@hotmail.com

 

PENDIDIKAN
Formal
2004 – 2007 : SMP Negeri Bandung
2007 – 2010 : SMK Bandung Jurusan Administrasi Perkantoran
2010 – 2014 : Diploma III Akuntansi, Universitas Telekomunikasi, Bandung

Non Formal
2010 : Kursus Komputer di Bina Sarana Informatika, Bandung
2010 : Kursus Bahasa Inggris di ELF, Bandung
2013 : Kursus Akuntansi di Lembaga PAPP

KEAHLIAN :

  • Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi. Journal printing & Calculation, Ledger, Salary Calculation, Project Data Updating, Teller, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
  • Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
    Memahami Sistem Perpajakan

PENGALAMAN MAGANG

Praktek Kerja Lapangan:

Praktek Kerja di  : PT. Barkaert Indonesia, Karawang Jawa Barat
Periode                : April 2013
Tujuan                 : Persyaratan kelulusan SMK Bandung
Posisi                   : Adminsitrasi

Uraian Pekerjaan :
– Mengupdate data konsumen
– Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
– Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
– Menyiapkan tagihan

PENGALAMAN KERJA

1 Tahun Bekerja di PT. Bank Prekreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya,  Bandung

Periode       : tahun 2014
Status         : Karyawan Kontrak
Posisi         : Staf Keuangan

Uraian Tugas :
– Melakukan surat menyurat bisnis
– Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
– Mengelola kas kecil
– Mengontrol persediaan peralatan kantor
– Penggajian (payroll)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Bandung, 13 Februari 2015

Edelyne Hassan

No comments:

Post a Comment