TipsKarir.Com | ![]() |
- Seperti Apa Sih Surat Lamaran Kerja yang Baik Itu?
- Rahasia Dibalik Surat Lamaran Kerja yang Anda Buat
- Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Profesional
- Mitos Surat Lamaran Kerja yang Harus Anda Ketahui
- Mungkin Anda Lupa Cantumkan ini Pada CV Kerja Terbaru, Cek Disini !
Seperti Apa Sih Surat Lamaran Kerja yang Baik Itu? Posted: 04 Feb 2015 04:22 PM PST Surat Lamaran Kerja Yang Baik – Mungkin akan muncul pertanyaan dari benak Anda, seperti apa sih surat lamaran kerja yang baik itu? Jawabannya yaitu, surat lamaran kerja yang baik adalah surat lamaran yang di buat sesingkat mungkin, namun tetap memiliki isi yang profesional juga dapat menjual semua kemampuan yang Anda miliki. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membuat surat lamaran kerja yang baik itu? Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, pastinya Anda harus memperhatikan serta memahami hal-hal yang harus Anda cantumkan di dalam isi dari surat lamaran kerja tersebut. Apa sajakah itu? Berikut uraiannya: 1. Impresif Dalam surat lamaran kerja, Anda harus menampilkan jati diri dengan cara yang lebih menarik. Isi dari surat lamaran kerja sebaiknya mampu memunculkan kesan yang simpatik, tidak terlalu arogan namun juga tidak terlalu merendahkan diri. 2. Menarik minat calon atasan Kesan pertama yang baik sangatlah penting untuk Anda bangun. Maka dari itu, Anda harus berusaha untuk membuat surat lamaran kerja yang mana ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertaik kepada Anda dan ingin mengetahui diri Anda lebih jauh. 3. Menyebutkan kualifikasi yang diraih Prestasi yang Anda peroleh di dunia kerja ataupun pengalaman Anda dalam bekerja harus Anda sebutkan di dalam surat lamaran yang Anda buat, hal ini guna menunjukkan bahwa Anda memiliki prestasi serta pengalaman yang pantas untuk Anda pertimbangkan. 4. Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat Dalam membuat surat lamaran kerja, sebaiknya Anda menggunakan gaya bahasa yang sederhana namun ringkas. Nanti Anda akan memiliki kesempatan untuk menjabarkan semuanya di saat wawancara kerja, untuk saat ini buatlah penjelasan yang singkat namun tetap efektif. 5. Kalimat yang efektif Anda harus menghindari penggunaan kalimat yang tidak efektif dalam surat lamaran kerja yang Anda buat, kalimat yang memang di ulang-ulang tanpa ada satu alasan yang jelas, ejaan yang salah, ataupun penggunaan tata bahasa yang sangatlah buruk. Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pembuatan surat lamaran kerja yang baik. Semoga berhasil dan sukses! |
Rahasia Dibalik Surat Lamaran Kerja yang Anda Buat Posted: 04 Feb 2015 04:18 PM PST Dibalik Surat Lamaran Kerja – Sebelum kita membahas mengenai rahasia di balik surat lamaran kerja yang Anda buat dan yang Anda kirimkan ke perusahaan, maka sebelumnya ada satu hal yang harus kita tanyakan. Apakah Anda sering membuat surat lamaran kerja yang lengkap, hingga berlembar-lembar? Jika jawabannya iya, maka penting untuk Anda ketahui bahwa hal ini bukanlah satu cara atau strategi yang baik untuk di gunakan. Pastinya ketika Anda membuat surat lamaran kerja, Anda hanya cukup membuat surat lamaran kerja yang ringkas, berisi, serta profesional. Satu hal yang juga harus Anda ketahui, bahwa sebenarnya ada rahasia besar di dalam surat lamaran kerja yang sering Anda buat dan Anda kirimkan ke perusahaan, namun selama ini Anda tidak pernah menyadari hal tersebut. Apakah Anda ingin mengetahui dengan jelas rahasia di balik surat lamaran kerja yang Anda buat? Berikut uraiannya: 1. Menurut Cynthia Shapiro, seorang penulis buku Corporate Confidential: 50 Secrets Your Company Doesn’t Want You to Know. Beliau menyebutkan, ketika pelamar kerja menuliskan sudah menganggur selama 6 bulan bahkan lebih di dalam surat lamaran kerja yang mereka buat, maka pihak perusahaan beranggapan kalau pelamar kerja tersebut sudah tidak produktif lagi dalam bekerja. Dan mencari kembali kandidta yang memang lebih memiliki potensi yang lebih baik daripada Anda. Oleh karena itu, sangat tidak di anjurkan Anda menulis kalau Anda seoarng pengangguran dalam surat lamaran kerja. 2. Menurut seorang Pemimpin dari Bagian Sumber Daya Manusia kantor Pelayanan Kesehatan menyebutkan, ketika Anda datang untuk melangsungkan wawancara kerja, dan Anda memiliki keinginan untuk bisa di terima bekerja di perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan tidak akan pernah peduli terhadap bagus atau tidaknya surat lamaran yang Anda kirim. Namun yang terpenting yaitu koneksi yang Anda miliki. 3. Menurut Shauna Moerke, administrator sumber daya manusia sekaligus merangkap sebagai seorang penulis di salah satu blogs ternama di Alabama menyebutkan bahwa ketika Anda memiliki keinginan untuk bekerja di sebuah perusahaan, maka cara terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu menghindari bagian sumber daya manusia atau bagian penerima karyawan baru. Namun Anda harus langsung menemui orang yang telah bekerja di perusahaan tersebut, atau bahkan Anda bisa langsung temui manajer rekrutmen. 4. Berdasarkan ungkapan dari Kaya DeMatteo, konsultan perekrut di Philadelphia, beliau menyebutkan bahwa perusahaan biasanya akan menilai Anda berdasarkan surat lamaran kerja yang Anda kirimkan via online atau email, apalagi ketika Anda menggunakan alamat yang memiliki nama tidaklah profesional, seperti ciakucayangcelalu@yahoo.com. 5. Jika di lihat berdasarkan ungkapan dari Profesional HR di North Carolina, beliau menyebutkan jika Anda telah berusia lebih dari 50 tahun, maka sebaiknya jangan pernah Anda menyebutkan tahun kelulusan Anda di dalam surat lamaran kerja yang Anda buat. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan sangat mengurangi nilai jual Anda. Dan itulah beberapa rahasia yang ada di balik surat lamaran kerja yang Anda buat. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa sangat membantu Anda semua. Semoga berhasil! |
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Terlihat Profesional Posted: 04 Feb 2015 04:14 PM PST Surat Lamaran Kerja – Anda ingin surat lamaran kerja Anda di baca oleh pihak perusahaan yang Anda lamar? Jika jawabannya iya, maka sebaiknya Anda membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, juga terkesan profesional. Apakah Anda tahu cara membuat surat lamaran kerja agar terlihat profesional? Jika Anda ingin mengetahui caranya, maka berikut ini ada beberapa tips bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran kerja agar terkesan profesional. Yaitu sebagai berikut: 1. Anda harus menyesuaikan lamaran yang Anda buat dengan iklan yang memang Anda tanggapi. Anda harus menggunakan kata-kata atau kalimat yang memang disesuaikan dengan iklan yang Anda temukan. 2. Jika memungkinkan, maka Anda bisa menulisa atau membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris, sebab dengan Anda menggunakan Bahasa Inggris dapat meningkatkan presepsi kualitas yang sangat baik. Namun jika kemampuan Bahasa Inggris Anda msh kurang, maka sebaiknya Anda menggunakan Bahasa Indonesia saja. 3. Ketika membuat surat lamaran kerja, Anda bisa menggunakan jenis kertas conqueror untuk mencetaknya. Dan jangan pernah Anda menggunakan kertas HVS standar, sebab dengan begitu kualitas dari surat lamaran Anda akan berkurang. 4. Anda bisa menggunakan amplop khusus untuk berkas lamaran kerja Anda. Ketika Anda menggunakan amplop coklat untuk melamar kerja, bisa membuat Anda menjadi orang yang tidak jauh beda dengan pelamar lainnya. Mungkin Anda bisa membuat amplop sendiri dengan menggunakan kertas conqueror yang sama dengan kertas yang Anda gunakan untuk membuat surat lamaran kerja. 5. Untuk CV atau daftar riwayat hidup, sebaiknya Anda menggunakan versi resume. Karena jika dibandingkan CV dengan resume, resume lebih memiliki tingkat profesional yang jauh lebih profesional. Jadi sebaiknya ketika Anda akan melamar kerja, Anda membuat daftar riwayat hidup dengan versi resume. 6. Dalam surat lamaran yang Anda buat, sebaiknya Anda mencantumkan beberapa hal penting serta dapat menjual kemampuan yang Anda miliki. Karena dengan Anda mencantumkan data-data yang tidak penting, maka hal tersebut nantinya hanya akan menurunkan kualitas lamaran kerja Anda. 7. Untuk foto, sebaiknya Anda berfoto dengan pakaian yang profesional. Karena hal ini akan sangat menambah nilai jual lamaran kerja Anda. 8. Anda harus menceritakan pengalaman yang Anda miliki dengan cara yang baik dalam bentuk action word. Anda juga harus memberikan sedikit gambaran kepada pihak perekrut kompetensi atau kemampuan apa yang Anda kuasai. 9. Sebaiknya Anda mengirimkan berkas lamaran kerja Anda pada hari iklan lowongan kerja tersebut di muat. Berkas lamaran kerja yang datang lebih awal pasti akan dibuka dan di baca oleh pihak perusahaan. Amplop ke-4000 yang datang ke perusahaan mungkin sekali tak akan pernah sempat dibuka atau di baca oleh pihak perusahaan. Dan itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda membuat surat lamaran kerja, agar surat lamaran kerja Anda lebih terlihat memiliki kualitas yang baik. |
Mitos Surat Lamaran Kerja yang Harus Anda Ketahui Posted: 03 Feb 2015 08:55 PM PST Surat Lamaran Kerja – Ternyata di dalam surat lamaran kerja juga terdapat mitos-mitos yang pastinya tidak banyak di sadari oleh para pencari dan pelamar kerja. Padahal, dengan Anda mengetahui mitos tersebut, kita bisa jauh lebih memahami dan mengetahui mengenai surat lamaran kerja. Apakah Anda ingin tahu mitos apa saja yang ada di dalam surat lamaran kerja? Berikut ini uraiannya: Mitos 1 : Surat lamaran yang baik beserta design-nya akan mendapatkan pekerjaannya Surat lamaran kerja yang Anda kirimkan pastinya tidak akan bisa membuat Anda diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar, namun surat lamaran kerja bisa Anda jadikan sebagai wadah untuk Anda mempromosikan diri agar Anda bisa mendapatkan panggilan untuk melangsungkan wawancara kerja. Buatlah surat lamaran kerja yang sederhana, namun bisa memikat si pembaca untuk ingin melihat Anda serta potensi yang Anda miliki lebih jauh. Mitos 2 : para pelamar harus memiliki latar pendidikan yang terbaik, kemampuan serta pengalaman untuk selalu mendapatkan posisi yang ditawarkan. Banyak diantaranya faktor yang berkaitan dengan keputusan yang diberikan oleh pihak perekrut. Pendidikan, kemampuan yang Anda miliki, usia bahkan ketangkasan Anda dalam bekerja itu hanya beberapa kriteria yang diinginkan oleh perekrut. Calon atasan ingin melakukan wawancara kerja bersama Anda dengan tujuan ingin langsung melihat Anda, melihat bagaimana penampilan Anda, serta kesesuaian Anda dengan organisasi yang mereka miliki. Sebuah study terbaru dari Yale University telah melaporkan, bahwa terdapat 15% alasan mengapa seseorang bisa menjadi sukses, karena berhubungan dengan kemampuan teknis serta pengetahuan yang dimilikinya. Akan tetapi, 85% alasan lainnya menyebutkan bahwa seseorang mendapatkan kesuksesan dari kemampuan personal yang mereka miliki sendiri, yakni sikap, antusiasme, perilaku mereka, disiplin diri, ambisi, serta gairah dalam bekerja. Dan inilah yang menyebabkan seorang pelamar kerja yang memiliki kualitas terbaik di atas kertas seringkali mereka justru tidak mendapatkan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan. Mitos 3 : Anda bisa merencanakan semua hal yang Anda inginkan, akan tetapi untuk mendapatkan pekerjaan sesungguhnya sangat berkaitan dengan keberuntungan diri Anda, atau siapa yang Anda kenal di perusahaan tersebut, atau bahkan Anda tengah berada di tempat yang benar pada saat yang tepat juga. Keberuntungan merupakan hal apa yang tengah terjadi pada diri seseorang yang memang memiliki tujuan yang jelas serta detail rencana yang menjadi tindakan. Mitos 4 : Pihak perekrut akan sangat menghargai lamaran yang panjang, sebab hal tersebut memberikan mereka lebih banyak informasi tentang data pelamarnya serta penghematan waktu untuk melangsungkan wawancara kerja. Mitos 5 : Selalu meletakkan besar penghasilan yang anda inginkan dalam lamaran Hal ini hanya berlaku untuk diri Anda sendiri. Negosiasi gaji akan dilakukan setelah pihak perusahaan telah memutuskan bahwa Anda merupakan orang yang tepat untuk menempati posisi yang di tawarkan tersebut. Dan itulah beberapa mitos yang terdapat di dalam surat lamaran kerja, semoga Anda bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, dan semoga Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. |
Mungkin Anda Lupa Cantumkan ini Pada CV Kerja Terbaru, Cek Disini ! Posted: 03 Feb 2015 07:41 PM PST Sudahkah anda periksa CV kerja terbaru anda?. Mungkin anda lupa cantumkan ini, #1 : Membuat Frame of Mind. Buatlah CV kerja terbaru anda lebih original berdasarkan kerangka yang dibutuhkan perusahaan, maksudnya baca kembali CV kerja yang anda buat dan coba prioritaskan yang menjadi kompetensi, skill yang dibutuhkan perusahaan untuk mengisi posisi yang lowong tersebut. Sebaiknya buat kedalam Sub Keahlian, prestasi atau riwayat pengalaman kerja dan magang. Bagia anda yang belum memiliki pengalaman kerja (fresh graduate) bisa mencantumkan beberapa pengalaman mengikuti beberapa kegiatan seperti seminar/ lokakarya yang relevan dengan kualifikasi pekerjaan. #2: Pengemasan Format CV Kerja. Selumnya perhatikan kondisi anda saat ini, sebaiknya buat CV kerja terbaru mempertimbangkan format standar berikut ini :
#3 : Mengutamakan Isi Bukan Gaya pada CV Kerja. Lupakan font dan grand gesture yang akan ada pilih ketika membuat CV kerja terbaru, berhati-hati dalam memilih gaya bahasa maupun membuat content dan fokus pada konteks isinya. Gunakanlah bahasa yang formal dan sopan, tidak melebih-lebihkan apalagi membuat data yang tidak anda alami sendiri. Berikanlah highlight pada kekuatan dan keahlian anda dalam problem solving misalnya tanggung jawab serta prestasi (achieved) sebagai sebuah teamwork bukan kesan prestasi individu. #4 : Mencantumkan Referensi. hal ini akan lebih berarti, jika anda mencoba menuliskan nama serta nomor bersangkutan yang bisa dihubungi pada CV kerja terbaru. Sebuah referensi akan menjadi informasi tambahan buat seorang recruiter, dimana mereka bisa menggali informasi serta membuat pertimbangan dari referensi yang anda berikan tersebut. Mereka bisa menanyakan berbagai hal tentang anda, termasuk bagaimana sebenarnya anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Atau jika anda sebagai fresh graduate, boleh saja anda cantumkan nama pengajar, dosen ataupun orang-orang yang berpengaruh di lembaga pendidikan. Namun, sebelum anda mencantumkan namanya menjadi referensi, sebaiknya anda konfirmasi dahulu perihal kesiapan mereka.
|
You are subscribed to email updates from Tips Karir To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
No comments:
Post a Comment