Thursday, August 20, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

6 Aktivitas yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tes Psikotes Jika Kamu Ingin Melewatinya Dengan Selamat

Posted: 20 Aug 2015 06:04 PM PDT

Tips sukses menghadapi tes psikotes – Saat melakukan melamar kerja, umumnya perusahaan hanya melakukan tahap tes seleksi surat lamaran dan wawancara dan mungkin itu sudah menjadi hal yang biasa kamu lakukan saat melamar kerja, akan tetapi sebenarnya dalam tes kerja ini ada satu lagi tahapan tes yang dilakukan yaitu tes psikotes.  Tes psikotes menjadi bagian tahap kedua yang akan dihadapi pelamar saat berhasil lolos dari tahapan tes seleksi surat lamaran kerja. Tes psikotes mungkin dulu hanya dilakukan oleh perusahaan milik negara, namun disaat ini banyak perusahaan swasta yang melakukan tes psikotes sebagai cara perekrutan tenaga kerja yang akan dilakukan.

6 Aktivitas yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tes Psikotes Jika Kamu Ingin Melewatinya Dengan Selamat

Kredit gambar: citacinta.com

Tes psikotes memiliki beberapa bentuk seperti tes tulis, verbal dan visual. Dari berbagai bentuk tersebut, yang umum dilakukan yaitu yang berkaitan dengan IQ yang dalam kata lainnya untuk mengukur emosional seseorang, Baca juga : Rahasia Sukses Menghadapi Tes Psikotes Perusahaan. Jika saat ini kamu akan menghadapi tes psikotes, sebagai persiapan yang akan kamu lakukan, agar bisa melewati tes ini dengan baik dan menghadapinya dengan sukses, penting untuk kamu melakukan beberapa hal berikut:

  • Beristirahat Dengan Cukup
    Istrirahat yang cukup menjadi faktor yang berpengaruh pada keberhasilan kamu dalam menghadapi setiap tes termasuk tes psikotes. Istirahatlah dengan cukup, dengan  istirahat yang cukup akan membuat kamu bisa tampil dengan prima dan konsentrasi yang baik.
  • Perhatikan Pola Makan
    Perhatikan pola makan, jangan sampai karena terlalu sibuk kamu melupakan hal ini yang pada akhirnya sakit dan kamu tidak bisa mengikuti tes ini. Jaga stamina tubuh untuk tetap prima dengan mekana tyang etratur dan bergizi, sebab saat mengerjakan soal-soal psikotes kamu membutuhkan energi yang cukup baik dan energi tersebut bisa kamu dapatkan dari pola makan yang dilakukan. Jangan lupa untuk sarapan dahulu sebelum berangkat.
  • Persipakan Alat Tulis
    Alat tulis apa yang dibutuhkan untuk tes ini persiapakan dari sekarang jangan sampai ketinggalan. Apabila alat tulis ini tertinggal itu bisa mengganggu mental Anda dan konsetrasi dalam penegrjaan soal akan terganggu. Maka persiapkan dari sekarang.
  • Bedo’a Terlebih Dahulu
    Disaat kamu hendak akan mengerjakan berbagai macam bentuk soal psikotes, luangkan waktu sejenak untuk berdo’a memohon untuk diberikan kelancaran serta kemudahan dalam mengerjakan soal tersebut hingga mencapai keberhasilan yang kamu harapkan. Bedoa menjadi langkah awal yang bisa membantu kamu untuk bisa mengerjakan setiap tahapan soal dengan baik dan menjadi satu jalan untuk mewujudkan harapan yang kamu inginkan.
  • Kerjakan Dengan Tenang Dan Optimis
    Ketenangan serta keyakinan untuk optimis dalam diri sangat diperlukan dalam mengahdapi tes ini, dengan ketenagan dan rasa yakin yang kamu miliki guna untuk menciptakan kenyamanan dalam mengerjakan sederetan soal psikotes. Yakinkan dalam diri bahwa kamu bisa lolos melewati tahapan tes ini. Baca juga : Contoh Soal Tes Psikotes Yang Tak Pernah Absen Disetiap Tes Seleksi Masuk BUMN
  • Lakukan Periksa ulang
    Jika kamu memiliki waktu lebih, sebelum dikumpulkan atau diberikan kepada pengawas, perhatikan dan periksa ulang mulai dari pengisian data hingga jawaban, takutnya ada yang terlewat atau yang belum terisi terutama pada bagian pengisian data yang sebagian banyak pelamar lain sering melewatinya dan itu bisa mnejadi penyebab kegagalan mereka.

Bagi kamu yang ingin melakukan tes pskotes dan ingin berlangsung sukses, maka lakukan beberapa hal diatas sebagai tips sukses menghadapi tes psikotes

Jangan Cuma Perkara Bagaimana Cara Menjawab Tapi 5 Sikap Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja Ini Turut Menentukan

Posted: 20 Aug 2015 05:33 PM PDT

Sikap tubuh yang baik saat wawancara kerja  – Menunjukan kesan yang baik disaat melakukan tes wawancara kerja merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap kandidat untuk bisa menarik perhatian HRD atau pihak perusahaan yang akan menentukan kamu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang perusahaan sediakan.

Jangan Cuma Perkara Bagaimana Cara Menjawab Tapi 5 Sikap Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja Ini Turut Menentukan

Kredit gambar: tangselpos.co.id

Mungkin untuk bisa menunjukan kesan yang baik dimata perusahaan tidak bisa dilakukan tanpa suatu persiapan, maka dari itu untuk memilikinya banyak hal yang harus kamu lakukan dan persiapkan dari saat ini, mulai dari persiapan penampilan, menghadapi sejumlah pertanyaan yang harus kamu jawab begitupun dengan sikap yang harus kamu tunjukan, hal-hal tersebut menjadi bagian penting yang harus kamu ketahui untuk bisa melewati tahapan tes wawancara ini dengan baik dan berkesan baik dimata perusahaan. Baca juga : 8 Hal Yang Mesti Kamu Perhatikan Dalam Penampilan Baik Saat Wawancara Kerja

Nah, dari ketiga hal yang harus kamu persiapakan tersebut, berikut ini sikap tubuh yang sebaiknya kamu tunjukan saat wawancara kerja berlangsung.

Sikap Tubuh yang Baik Saat Wawancara Kerja

  • Masuk Ruangan Dengan Tenang
    Jika kamu masih merasa sedikit grogi, untuk meminimalisir rasa grogi tersebut kamu bisa melakukannya dengan pergi ke toilet dengan mencuci tangan dan menghela napas serta yakinkan dalam diri bahwa kamu bisa menghadapi tes ini dengan baik. Dan saat berhadapan dengan pewawancara nanti, anggap saja mereka rekan atau teman Anda sehingga kamu bisa berkomunikasi dengan lebih terbuka namun tetap jaga sikap dan tunjukan jiwa yang profesional dengan begitu rasa tenang bisa kamu miliki.
  • Ketuk Pintu Beri Salam
    Mengetuk pintu dan memberikan salam saat masuk rungan menunjukan kamu orang yang sopan. Maka saat kamu akan memasuki ruangan wawancara, cobalah ketuk pintu rungan dan berikan salam. Saat pihak perusahaan melirik kamu, berikan senyuman dan berjalanlah dengan tegak tetapi tidak tegang.
  • Bejabat Tangan
    Lakukan jabat tangan, hal ini bertujuan untuk mencairkan suasana yang tegang. Jabat tangan dengan tidak terlalu erat dan terlalu lemah, biarkan pewawancara melepaskan tangan telebih dahulu.
  • Sikap Duduk
    Jangan duduk sebelum dipersilahkan. Jika pihak perusahaan sudah mempersilahkan kamu untuk duduk, duduklah dengan tegap dengan sikap tangan di atas lutut tetapi tidak terlihat tegang, jangan duduk terlalu menunduk apalagi menyandar sebab itu menggambarkan orang pemalas. Baca juga : Tips Melewati Wawancara Kerja Buat Kamu Yang Sering Dianggap Lemah Berbicara
  • Perkenalkan Diri Dengan Baik
    Diawal pembukaan tes ini, pihak perusahaan pastinya akan menyuruh kamu untuk memperkenalkan diri. Perkenalkan diri kamun dengan singkat dan jelas, tidak perlu menceritakan tentang diri kamu sesuai dengan apa yang telah kamu tulis dalam CV, cukup dengan menyebutkan nama, latar belkang pendidikan dan pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Mungkin itulah beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui dan dilakukan sebagai sikap tubuh yang baik saat wawancara kerja yang sebaiknya kamu lakukan saat wawancara nanti.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar Agar Bisa Dipertimbangkan Manager HRD

Posted: 20 Aug 2015 05:08 PM PDT

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar – Ketika akan melakukan melamar kerja, surat lamaran kerja menjadi bagian awal yang akan dilakukan yakni sebagai kata pengantar permohonan pelamar kepada perusahaan untuk bisa bergabung bekerja baik pada posisi pekerjaan yang perusahaan tawarkan atau suatu posisi yang pelamar inginkan. Sebagian perusahaan mungkin ada yang tidak begitu mementingkan surat lamaran dalam melakukan proses perkenalan ini, akan tetapi tidak ada salahnya bila dalam berkas lamaran ini meski terdapat surat lamaran kerja sebagai pengajuan diri untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar Agar Bisa Dipertimbangkan Manager HRD

Kredit gambar: pikiran-rakyat.com

Jangan karena surat lamaran ini tidak dipentingkan lagi oleh sebagian perusahaan kamu membuatnya dengan asal-asalan, tetap saja buat surat permohonan ini dengan baik dan benar sebab sebagian perusahaan ada yang menilai seorang pelamar itu dari surat lamaran yang telah dibuat dan keinginan untuk bisa tidaknya orang tersebut masuk ke tahap selanjutnya bisa tergantung dari surat lamaran yang diberikan, bisa saja seseorang yang memiliki kualifikasi yang cocok namun gagal karena tidak bisa membuat surat lamaran yang baik. Baca juga : Status Kurang Pengalaman Bukanlah Halangan Untuk Bersaing, Beginilah Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Maka dari itu buat kamu yang kini akan melakukan melamar kerja, pastikan untuk surat lamaran yang akan kamu berikan itu baik dan benar sehingga keinginan kamu untuk bisa bergabung denga perusahaan bisa dihargai.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar

Sebagai cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, disini ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dan diterapkan dalam surat lamaran kerja yang akan kamu persiapkan.

  • Menggunakan Bahasa yang Baik Dan Benar
    Tulis surat lamaran dnegan menggunakan bahasa dengan susunan kalimat yang baik dan benar, jangan menggubakan bahasa yang gaul karena surat lamaran merupakan bagian surat resmi yang mana penggunaan bahsa penting diperhatikan.
  • Penempatan Tanda Baca Dan Ejaan yang Tepat
    Tanda baca menjadi satu tanda intonasi dalam membaca, maka hati-hati dalam menentukan penempatan tanda baca ini jangan sampai salah apalagi salah ejaan dalam satu kalimat yang kemungkinan kalimat tersebut bisa menjadi arti yang berbeda.
  • Penulisan Rapih
    Tulis surat lamaran dengan rapih, baik tulis tangan atau komputer, kerapihan penting untuk kamu perhatikan. Bila kamu masih merasa bingung untuk mengambil cara penulisan ini, jika kamu memiliki tulisan yang bagus, sebagai nilai tambah sebaiknya tulis tangan, namun jika kamu merasa kurang percaya diri, untuk kejelasan dan mendukung kerapihan tersebut sebaiknya ditulis dengan menggunakan komputer.
  • Singkat Dan Jelas
    Buat isi surat lamaran ini dengan singkat dan jelas karena pihak perusahaan tidak memiliki waktu yang cukup panjang untuk melihat atau membaca setiap berkas yang kamu berikan. Bila surat lamaran yang kamu tulis terlihat panjang dan berkesan bertele-tele itu akan membuat pembaca malas menindaklanjuti lamaran yang kamu berikan yang pada akhirnya akan terabaikan.
  • Buat Dengan Menarik
    Untuk isi surat lamaran yang menarik, bisa kamu jelaskan sedikit mengenai potensi diri yang kamu miliki secara singkat dengan begitu pihak perusahaan bisa mengenalu kecocokan kamu untuk pekerjaan tersebut. Baca juga : Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Terbaru Yang Bisa Bikin Kamu Lebih Kreatif Dan Gampang Diterima Personalia
  • Periksa Kelengkapan Data
    Dalam surat lamaran ini kamu akan menuliskan beberapa lampiran sebagai kelengkapan data diri yang kamu miliki, periksa kelengkapan tersebut jangan sampai ada yang tertinggal.

Itulah cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, yuk miliki hal tersebut dalam surat lamaran yang akan kamu buat .

Cara Menulis CV yang Baik Agar Usaha Melamar Kerjamu Dapat Dimaksimalkan

Posted: 20 Aug 2015 04:56 PM PDT

Cara menulis cv yang baik – Datar riwayat hidup atau dikenal juga dengan CV menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses lamaran kerja selain dari surat lamaran yang akan dipersiapkan. Dari beberapa berkas yang akan kamu lampirkan, CV dan surat lamaran menjadi berkas yang akan kamu buat sendiri dan kedua berkas itu menjadi awal pembuka perkenalan dan ketertarikan pihak perusahaan terhadap setiap calon pelamar.

Cara Menulis CV yang Baik Agar Usaha Melamar Kerjamu Dapat Dimaksimalkan

Kredit gambar: berita.suaramerdeka.com

Saat awal perkenalan melakukan permohonan melamar kerja, pastinya kamu ingin memiliki nilai yang berkesan baik dimata pihak perusahaan bukan ? Nah, untuk memiliki kesan tersebut, itu terdapat dari berkas surat lamaran serta CV yang akan kamu berikan, dimana surat lamaran ini sebagai pengantar permohonan kerja dan CV sebagai berkas yang mewakili perkenalan awal kamu dengan pihak perusahaan. Dari itulah berkas tersebut penting untuk kamu persiapkan dengan baik, pihak perusahaan bisa mengenal kecocokan kualiikasi pekerja yang mereka butuhkan dapat ditentukan dari datar riwayat hidup atau CV yang kamu berikan sebab dari berkas tersebut keseluruhan mengenai riwayat hidup kamu akan diketahui. Baca juga : Contoh Lamaran Kerja dan CV Yang Bisa Menjawab Kesulitanmu Memperoleh Pekerjaan

Mungkin bagi kamu yang masih merasa awam dalam pembuatan CV, disaat ini pastinya masih bertanya-tanya hal apa sajakah yang sebaiknya tertulis dalam CV tersebut agar bisa dikenal oleh pihak perusahaan dengan baik ? Agar lebih singkat dan jelas, untuk cara menulis CV yang baik, lihat contoh CV dibawah ini sebagai referensi penulisan yang akan kamu lakukan. Baca juga : Bosan Mendapat Nasib Tak Mujur, Contoh CV Kreatif Setidaknya Memberi Sentuhan Menarik Saat Melamar Kerja

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama                             : Selly putri Amidin
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 21 Agustus 1991
Jenis Kelamin              : Perempuan
Agama                          : Islam
Status                           : Belum Menikah
Alamat                         : Jl. sugih santoro No. 09 Kel. Balingin, Bandung 76567
Kewarganegaraan      : Indonesia
Telepon                        : 089 767 876 656
Email                            : Selly_putri@gmail.com

Pendidikan Formal
2014 Universitas Maranatha Bandung
2010 SMK Informatika Bandung

Pendidikan Non Formal
2012 Bima Skti Komputer Bandung
2009 Study English Smart Bandung

Bidang Keahlian
Bahasa Inggris
Komputer Akuntansi

Pengalaman Kerja
Praktek Kerja Lapangan
Juni 2014 – Agustus 2014
PT. Primajasa Bandung
Staff Administrasi

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan sanggup untuk dipertanggung jawabkan.

Selly putri amidin

Itulah sebagai referensi cara menulis cv yang baik yang bisa kamu gunakan sebagai bantuan dalam penulisan yang akan kamu lakukan, dan ebebrapa hal berikut yang sebagikanya tercamtum dalam suatu CV

  1. Isi CV singkat dan jelas
  2. Memiliki nilai jual
  3. Penulisan rapih
  4. Menggunakan bahasa dan tanda baca yang baik dan benar.

Untuk membuat CV ini lebih menarik, kamu bisa menambahkan template sebagai design untuk CV tersebut agar tidak terlihat polos dan berbeda dengan yang dimiliki orang lain, dengan catatan pilihlah template yang sesuai dengan posisi dan pekerjaan yang sedang kamu lamar sehingga tetap memiliki nilai profesional.

Semoga postingan untuk cara menulis cv yang baik ini memeberikan manfaat, selamat mempersiapkan dan semoga sukses.

 

No comments:

Post a Comment