Tuesday, August 18, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

7 Cara Meningkatkan Loyalitas Dan Kinerja Karyawan

Posted: 18 Aug 2015 04:50 PM PDT

Untuk beberapa perusahaan besar yang memiliki target profit dalam jangka waktu yang panjang, maka karyawan adalah merupakan salah satu aset perusahaan. Namun dalam hal ini karyawan tidak mejadi selalu akan loyal terhadap perusahaan karena selalu saja ada kasus tertentu yang menyebabkan karyawan mengundurkan diri. Apa cara terbaik agar karyawan bisa menjadi loyal terhadap perusahaan sehingga proses kinerja perusahaan tidak menjadi terganggu? Jika kamu memiliki suatu perusahaan atau menjadi tim manajemen sebuah perusahaan dibawah ini terdapat tips yang bisa membantu meningkatkan loyalitas dan kinerja karyawan dalam perusahaan kamu.

7 Cara Meningkatkan Loyalitas Dan Kinerja Karyawan

Kredit gambar: hrdhelper.net

1. Dengan selalu memberikan hak-hak karyawan sepenuhnya dengan baik.

Setiap karyawan yang direkrut oleh perusahaan diwajibkan menjalankan pekerjaan yang di bebankan terhadap karyawan tersebut, akan tetapi diantara kewajiban tersebut harus menjadi seimbang dengan hak-hak mereka, Baca juga : 5 Prinsip Kerja Yang Efektif Karena Cara Kerjamu Jauh Dari Peribahasa Tidak Adak Keringat Yang Terbayarkan. Hak-hak karyawan seperti pada umumnya pada tiap perusahaan antara lain:

-Mendapatkan Gaji
-Mendapatkan Tunjangan kesehatan
-Mendapatkan Pelatihan
-Memiliki Fasilitas kerja
-Mendapatkan Kesejahteraan keluarga
-Mendapatkan Jaminan sosial tenaga kerja
-Mendapatkan Keamanan
-Mendapatkan Tunjangan hari raya

Hak-hak karyawan seperti diatas sangat wajib untuk pimpinan atau tim manajemen memenuhinya, hal ini langsung berkaitan dengan loyalitas dan kinerja dari karyawan tersebut. Dengan cara memberikan hak-hak tersebut pada karyawan dengan cara yang profesional maka memungkinkan loyalitas terhadap perusahaan akan meningkat.

2. Terapkan penilaian kinerja karyawan yang efektif

Cara lainnya untuk dapat meningkatkan loyalitas karyawan adalah dengan menerapkan penilaian kinerja efektif. Penilaian-penilaian seperti ini dilakukan secara bijaksana dan tepat sasaran. Fair berarti kamu harus menilai berdasarkan standar yang telah disetujui, dan objektif berarti kamu harus menilai berdasarkan pencapaian dari kinerja tersebut, tidak berdasarkan suka atau tidak suka terhadap masing-masing individu. Baca juga : 10 Macam Sikap Yang Tidak Tergolong Menjilat Dalam Cara Mendapatkan Perhatian Atasan

3. Terapkan jenjang karier yang jelas

Selain dari hak-hak karyawan juga penilaian kinerjanya yang efektif, dengan menerapkan jenjang karier yang jelas bisa juga meningkatkan kesetiaan karyawan terhadap perusahaannya. Jenjang karier yang jelas tersebut dapat meningkatkan karyawan untuk bekerja dengan lebih baik sehingga karyawan memungkinkan untuk meraih puncak kariernya.

4. Promosikan karyawan

Dengan cara mempromosikan karyawan merupakan jalan lain dalam proses peningkatan kesetiaan karyawan terhadap perusahaan. Cara seperti ini biasanya diberlakukan kepada karyawan spesial yang sangat dibutuhkan dan diandalkan oleh perusahaan. Dengan kata lain, bahwa perusahaan takut akan kehilangan karyawan tersebut karena akan mengganggu kinerja perusahaan jika karyawan tersebut keluar dari perusahaan.

5. Membebaskan kreativitas

Memberikan kebebasan berkreativitas untuk setiap karyawan dalam bekerja merupakan tips lainnya yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kesetiaan para pekerja. Maksud dari kreativitas ini adalah hal yang baik diluar standar kerja.

6. Berikan pinjaman lunak

Dengan cara memberikan pinjaman lunak pada karyawan bisa juga dijadikan untuk meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan, karena selain dari sisi finansial karyawan harus melunasi dahulu pinjaman sebelum hendak mengundurkan diri dari perusahaan.

7. Berikan bonus

Terakhir cara yang bisa kamu pakai adalah dengan cara memberikan bonus pada karyawan, banyak cara untukmemberikan bonus bisa dari segala aspek seperti contoh bonus kinerja, bonus akhir tahun, pembagian keuntungan. Dengan memberikan bonus ini akan menunjukan bahwa perusahaan merupakan perusahaan profesional karena memberikan banyak keuntungan bagi karyawan.

Kesimpulannya adalah loyalitas dan kinerja karyawan ini tidak bisa dipastikan dengan standar tertentu karena memiliki banyak sekali aspek lain yang bisa mempengaruhi loyalitas karyawan. Akan tetapi meski demikian kamu bisa mencoba menerapkan salah satu cara yang sudah ditulis di atas untuk bisa meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan semoga menginspirasi.

Status Kurang Pengalaman Bukanlah Halangan Untuk Bersaing, Beginilah Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Posted: 18 Aug 2015 04:20 PM PDT

Contoh surat lamaran kerja fresh garduate – Sudah lulus dari masa pendidikan baik SMK atau bahkan seorang sarjana disaat ini ingin melakukan melamar kerja atau sudah lama belum juga memiliki panggilan kerja padahal kesemapatan kerja dengan kualifikasi berlatar belakang pendidikian tersebut banyak tertulis di iklan bahkan setiap koran harian. Bagi kamu yang telah melakukan beberapa kali melamar kerja dengan posisi tersebut, mengapa belum juga ada panggilan kerja ? Banyak teka-teki dan penuh pertanyaan bila ini terjadi pada diri kita.

Status Kurang Pengalaman Bukanlah Halangan Untuk Bersaing, Beginilah Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Kredit gambar: ntarasumsel.com

Memiliki pekerjaan bisa dikatakan perutungan, terkadang mereka yang hanya lulusan SMK bisa lebih cepat memiliki pekerjaan dibandingkan seorang sarjana. Hal tersebut bisa terpengaruhi oleh beberap faktor, yang kemungkinan karena seorang didikan SMK ini lebih kreatif serta inovatif dalam menghadapi segala macam tes kerja dibanding lulusan sarjana contohnya dalam membuat surat lamaran kerja. Perlu kamu tahu, surat lamaran ini bisa menjadi penentu seorang pihak perusahaan untuk menentukan siapa yang layak untuk mereka pilih dan keprofesionalan seseorang itu bisa dilihat dari pembuatan surat lamaran yang dilakukan, status latar belakang pendidikan tidak cukup berpengaruh bila dalam hasilnya membuat surat lamaran kerjapun belum baik. Baca juga : Untuk Dirimu Yang Memiliki Skill Pas-pasan, Begini Caranya Buat Surat Lamaran Kerja Yang Profesonal

Nah, buat kamu fresh graduate yang kini akan melakukan melamar kerja,  agar surat lamaran kerja yang kamu buat bisa baik dan diterima perusahaan, untuk referensi penulisan surat lamaran kerja berikut contoh surat lamaran kerja fresh garaduate yang baik dan menarik tipskarir postingkan sebagai satu bantuan agar kamu bisa membauat surat lamaran yang baik dan lolos melewati tahap tes seleksi surat lamaran kerja. Baca juga: Bukan Tanpa Sebab, Kenali 5 Sinyal Lamaran Kamu Bakal Ditolak Akibat Kesalahan Dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Menarik Untuk Fresh Graduate

Jl. Sinar Bakti No. 76 A
Banjaran Utara
Tegal
Telp (026) 0976898

18 Agustus 2015

Yth ;
Departemen Pengembangan SDM
PT. Cipta Nusa Sejahtera
Jl. Pribuana No.98
Jakarta

Dengan hormat,
Saya mahasiswi lulusan dari universitas Manajemen Informatika sekolah tinggi Teknologi Bandung pada tanggal 23 Juni 2014.

Saat ini saya sedang mencari pekerjaan dalam bidang yang berhubungan dengan sysrtem analis sebagaimana lowongan kerja yang ada diperushaaan ini. Selama kuliah saya mengikuti berbagai macam pelatihan dan kursus seperti kursus  database MYSQL, ORACLE, Jaringan mikrotik dan bahasa pemograman yang bersertifikat. Dengan latar belakang pendidikan, pengetahuan serta keterampilan yang saya miliki, saya yakin bisa memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Terlampir dalam daftar riwayat hidup yang memuat rincian pengalaman dan berbagai sertifikat yang pernah saya ikuti. Saya berharap dengan kualifikasi diri yang saya miliki saya dapat perhatian dati Bapak/Ibu pimpinan dan memiliki kesempatan untuk mengikuti tes wawancara.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Ratna Antika

Buat surat lamaran ini dengan isi yang singkat namun memiliki nilai jual yang bisa menarik perhatian pihak perusahaan, dan juga berikan informasi yang jujur serta tetap memperhatikan kerapihan penulisan.

Semoga postingan contoh surat lamaran kerja fresh graduate ini bermanfaat untuk membantu persiapan lamaran kerja yang akan kamu persiapkan. Salam sukses

 

 

 

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Terbaru Yang Bisa Bikin Kamu Lebih Kreatif Dan Gampang Diterima Personalia

Posted: 18 Aug 2015 04:07 PM PDT

Contoh penulisan surat lamaran kerja terbaru – Melihat semakin sedikitnya lowongan kerja karena semakin bertambahnya pencari kerja membuat perasaan setiap pencari kerja menjadi tertekan bahkan bisa menjadi stress karena itu membuat semakin sulit untuk memiliki lowongan pekerjaan yang ada. Dorongan untuk terus mencari peluang kerja disaat ini memang banyak yang dapat dilakukan, bahkan dalam proses pencarian kerja diwaktu ini snagatlah mudah. Namun, persaingan yang semakin ketat menjadi satu kesulitan setiap pelamar untuk saling berlomba memberikan yang terbaik untuk menarik perhatian perusahaan atas beberapa tahapan tes yang dilakukan termasuk salah satunya yaitu tes seleksi surat lamaran yang akan dilakukan diawal ini. Baca juga : Untuk Dirimu Yang Memiliki Skill Pas-pasan, Begini Caranya Buat Surat Lamaran Kerja Yang Profesonal.

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Terbaru Yang Bisa Bikin Kamu Lebih Kreatif Dan Gampang Diterima Personalia

Kredit gambar: bisniskeuangan.kompas.com

Melampirkan beberapa berkas lamaran sebagai permohonan diri untuk bisa bergabung bekerja dengan perusahaan terlihatnya seperti mudah namun ternyata itu sangat sulit. Apalagi bila kita tidak memiliki keterampilan yang ditonjolkan dalam membeli perhatian pihak perusahaan tersebut, strategi lain yang bisa menariknya yaitu dengan memebuat berkas lamaran baik dan menarik meski tanpa menjual suatu potensi yang dimiliki. Lamaran kerja yang tertulis dengan baik dan benar menjadi satu cara penilaian seorang pihak perushaaan bahwa kamu orang yang bisa menjadi seorang pekerja yang baik. Belum tentu mereka yang memiliki potensi sesuai dengan yang perusahaan butuhkan bisa diterima masuk tes berikutnya jika tidak bisa membuat berkas lamaran dengan baik yang salah satunya yaitu surat lamaran kerja sebagai berkas pembuka saat perusahaan melakukan penialain masing-masing pelamar.

Maka dari itu disini contoh penulisan surat lamaran kerja terbaru yang benar akan diberikan sebagai bantuan penulisan surat lamaran yang akan kamu lakukan agar tidak menjadi surat lamaran yang dibuang oleh pihak pembaca nanti. Baca juga : Tips Membuat Lamaran Kerja yang Dilirik HRD Jika Dirimu Sudah Berkali-Kali Sulit Mendapat Panggilan

Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja Terbaru

Bandung, 24 Mei 2015

Kepada :
Departemen Pengembangan SDM
PT. Garuda Indonesia
Jl. Rasdiman No. 09 Jakarta

Dengan hormat,

Dengan surat lamaran kerja ini saya ingin mengajukan diri untuk bisa bergabung menjadi karyawan PT. Garuda Indonesia sesuai dengan informasi media Kerjaku pada tanggal 23 mei 2015 bahwa perusahaan yang bapak/ibu pimpin sedang membutuhkan karyawan untuk bagian operator administrasi, maka dari itu saya ingin melamar pekerjaan untuk posisi yang perushaaan butuhkan.

Saat ini saya dalam kondisi sehat, nama lengkap saya Argina Resmayanti umur 21 tahun memiliki pengalamana kerja yang berhubungan dengan finance serta akuntansi. Berdasarkan pengalaman tersebut beserta keinginan belajar untuk bekerja lebih baik, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berharga untuk PT. Garuda Ondonesia.

Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tes wawancara sehingga saya bisa memperkenalkan diri secara jelas.

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Argina Resmayanti

contoh penulisan surat lamaran kerja terbaru diatas menjadi format untuk membantu kamu dalam penulisan surat lamaran yang akan dilakukan, silahkan ceritakan dengan singkat mengenai diri kamu agar perushaaan bisa memiliki keinginan untuk menarik kamu sebagai salah satu pekerja diperusahaan yang mereka pimpin. Salam sukses

Ini Sarannya Untuk Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik Diterima Perusahaan

Posted: 18 Aug 2015 03:50 PM PDT

Berhubungan dengan persiapan lamaran kerja yang akan kamu lakukan didekat ini, dalam persiapan untuk membuat berkas daftar riwayat hidup, disini tipskarir akan berbagi mengenai cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dengan beberapa saran penting yang harus dimiliki berkas daftar riwayat hidup sebagai berkas pelengkap surat lamaran yang akan kamu butuhkan.

Ini Sarannya Untuk Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik Diterima Perusahaan

Kredit gambar: jambi.tribunnews.com

Daftar riwayat hidup menjadi berkas yang penting untuk kamu perhatikan dalam melamar kerja , mengapa ? sebab dari berkas inilah pihak perusahaan akan mengenal kamu dan mengetahui kelayakan untuk bisa tidaknya kamu menjadi pekerja yang mereka butuhkan. Setiap berkas lamaran ini semua memiliki arti yang penting, sedikit saja terjadi kesalah dalam penulisan yang dilakukan atau penulisan yang dilakukan kurang menarik, itu bisa menjadi hal yang bisa menjadi keputusan seorang pihak perusahaan ingin atau tidak memanggil kamu kembali dan lolos dari tahap awal ini. Maka dari itu, penting untuk kamu memperhatikan cara penulisan ini bagaimana cara berkas yang diberikan bisa diterima baik oleh perusahaan. Baca juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik Dan Bisa Memberikan Arti Nilai Positif Dirimu Dimata Manager HRD

Nah agar daftar riwayat hidup bisa kamu buat dengan baik dan diterima perushaaan, ini dia saran yang penting dimiliki sebuah daftar riwayat hidup salah satu berkas lamaran kerja yang akan kamu persiapkan.

  • Informasi yang Diberikan Jujur
    Ditekankan lagi untuk penulisan daftar riwayat hidup ini dimana kamu menuliskan tentang riwayat kehidupan yang kamu miliki, kejujuran menjadi hal penting yang harus kamu lakukan. Apa yang telah kamu tuliskan dalam daftar riwayat hidup ini harus bisa kamu pertanggung jawabkan saat pihak perusahaan ingin mengtahui hal itu. Sebaiknya tulis riwayat hidup kamu dengan informasi yang jujur terutama dalam potensi dan pengalaman kerja karena kebanyakan kekurang jujuran ini terdapat pada potensi dan penaglaman kerja, mungkin karena ingin diterima hal tersebut mereka lakukan. Akan tetapi jika ketahuan berbohong, maka itu akan menjadi hal yang sangat buruk dan sangat merugikan kamu.
  • Buat Jumlah Halaman Ideal
    Umumnya CV terdiri dari 1-2 halaman, akan tetapi bila menurut kamu ada hal lain yang penting untuk dituliskan dan bisa menjadi poin kemenarikan mengenai diri kamu, silahkan kamu boleh menambahkannya menjadi 3 halaman. Tetapi untuk surat lamaran kerja tetap buat dalam 1 halaman.
  • Penggunaan Bahasa Benar Dan Tanda Baca Tepat
    Penggunaan bahasa, tanda baca serta ejaan dalam penulisan yang dilakukan menjadi hal yang diperhatikan. Jika kamu merasa kurang menguasai atau takut terjadi kesalahan, bisa kembali membuka buku atau kamus bahasa indonesia untuk menbeceknya. Bila penulisan yang dilakukan menggunakan bahsa inggris kamu bisa meminta bantuan teman yang menguasai bahasa inggris untuk mereview kembali tulisan yang telah kamu buat. Baca juga : Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Agar Perusahaan Mengenali Kamu
  • Penulisan Jelas
    Lakukan penulisan dengan jelas agar tidak terjadi kesalah pahaman atau mengartikan suatu hal. Tulislah semua kelengkapan data tersebut dengen jelas.
  • Isi CV mudah Dimengerti
    Sebisa mungkin usahakan untuk buat isi dari CV ini mudah dimengerti oleh pembaca, buat tulisan mudah dibaca dan jelas sehingga mereka bisa mengetahui dan mengenal diri kamu dengan baik. Bisa kamu buat tebal satu kata atau beberapa kata yang menurutmu penting untuk diketahui pihak perusahaan namun jangan terlalau banyak.

Itulah saran penting yang harus dimiliki dalm sutau daftar riwayat hidup atau CV sebagai cara membuat daftar riwayat hidup yang baik, semoga postingan ini memberikan manfaat. Salam sukses

 

Buat Interviewer Merasa Yakin Terhadap Kamu Dalam Tes Wawancara Kerja Dengan 5 Tips Ini !!

Posted: 18 Aug 2015 03:38 PM PDT

Tips wawancara kerja – Wawancara kerja merupakan tahapan tes yang sudah umum dilakukan oleh setiap perusahaan dalam penyeleksian tenaga kerja dan tes Wawancara ini menjadi satu tahap tes yang cukup menegangkan dan bahkan sebagaian orang merasa takut untuk menghadapinya, namun karena keinginan untuk bekerja keberanian dan kesiapan diri pastinya akan dilakukan untuk bisa melewati tahapan tes wawancara ini dengan baik dan bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Baca juga : Agar Tidak Terjadi Aral Melintang, Berikut Tips Wawancara Kerja Perusahaan Yang Bisa Kamu Praktekan.

Buat Interviewer Merasa Yakin Terhadap Kamu Dalam Tes Wawancara Kerja Dengan 5 Tips Ini !!

Kredit gambar: kompasiana.com

Seseorang yang menerima panggilan surat wawancara ini mereka yang dinyatakan telah hampir sesuai dengan kualifikasi apa yang perusahaan butuhkan, namun disini pihak perusahaan mencoba melakukan tes wawancara sebagai tes untuk meyakinkan kembali seseorang tersebut sebelum diangkat menjadi pekerja diperusahaan yang mereka pimpin. Untuk keyakinan dari pihak perusahaan yang nantinya akan mewawancarai kamu, kesiapan diri penting dilakukan untuk mendorong keberhasilan dalam menarik perhatian pihak perusahaan hingga memutuskan kamu sebagai pekerja untuk posisi lowongan pekerjaan tersebut. Baca juga : 4 Hal Yang Bisa Kamu Coba Dari Tips Sukses Menghadapi Wawancara Kerja.

Nah dalam persiapan wawancara ini, berikut 5 tips wawancara kerja yang bisa membantu sukseskan keberlangsungan wawancara yang akan kamu hadapi

  • Awali Dengan Memberikan Kesan yang Positif
    Selalu memberikan kesan yang positif ketika berkenalan dengan seseorang wajib untuk dilakukan, begitupun saat melamar kerja, tidak hanya memberikan kesan positif dalam surat lamaran juga berikan kesan positif  ketika kamu diwawancarai oleh perusahaan yang memanggil. Berikan kesan positif ini dengan senyuman sekaligus sikap yang ramah bukan hanya pada sang perekrut, tetapi keseluruh orang yang kamu temui ketika berada ditempat wawancara khusunya pada resepsionis kantor, berikan kesan yang baik saat kamu masuk ke tempat tersebut karena bisa jadi itu akan menjadi penilaian kamu diawal tes ini.
  • Tidak Mendominasi Pembicaraan
    Pada dasarnya wawancara kerja adalah suatu dialog tanya-jawab antara pihak perusahaan dengan pelamar kerja. Saat kamu diberikan pertanyaan, jawablah dengan baik dan seperlunya , dalam artian seperlunya ini bukan terlalau sedikit berbicara tetapi bicaralah hal penting yang cukup bersangkutan dengan pertanyaan dalam wawancara tersebut. Jaga terlalau banyak bicara dengan memeprtanyakan hal yang tidak penting, karena sebagain perusahaan untuk posisi tersebut tidal senang dengan bawahan atau pekerja yang bawel atau banyak ngomong.
  • Beritahu Perusahaan Mengenai Kelebihan Dan Kelemahan Diri Dengan Jujur
    Mengenai kelebihan dan kelemahan biasanya akan menjadi satu persoalan yang dipertanyakan pihak perushaaan, mungkin sedikit sulit untuk kita mengenali kelebihan diri sendiri dibandingkan kelemahan. Kenalilah kelebihan atau potensi diri yang kamu miliki yang cukup berhubungan dengan pekerjaan dan berikan kelemahan yang dimiliki sekaligus cara mengatasi kelemahan tersebut sehingga suatu kelemhaan bisa menjadi nilai positi dimata perusahaan. Ceritakan hal tersebut dengan jujur.
  • Tunjukan Bahwa Kamu Memiliki Sasaran Kerja
    Memiliki sasaran dalam bekerja menjadi satu hal yang dicari pihak perusahaan dari seorang pekerja atau pelamar kerja. Milikilah dan coba pikirkan sasaran kerja apa yang akan kamu berikan untuk perusahaan dalam pekerjaan tersebut sehingga saat pihak perusahaan mendengar sasaran itu mereka akan merasa tertarik dan menghargai kamu untuk berpartisipasi dalam mengembangkan pekerjaan tersebut.
  • Hati-Hati Pertanyaan Jebakan
    Khusunaya bagi kamu yang belum memiliki penbgalaman kerja, hati-hati atas pertanyaan yang perushaaan berikan, sbab dari sejumlah pertanyaan tersebut sebagian pertanyaan ada yang bersifat menjebak yang diantaranya mengenai soal gaji, perushaaan sebelumnya dan hal lain yang mungkin cukup membingungkan kamu dalam memberikan jawaban untuk pertanyaan tersebut. Saran penting untuk mengatasi pertanyaan itu berikan pertanyaan yang sekiranya memiliki kesan yang positif dan hindari jawaban yang menjelek-jelekan pihak lain.

Coballah miliki 5 tips wawancara kerja diatas dan lakukan saat wawancara nanti sehingga pihak perusahaan bisa yakin dengan kamu bahwa kamu orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

 

 

 

No comments:

Post a Comment