Wednesday, August 12, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Rahasia Sukses Menghadapi Tes Psikotes Perusahaan

Posted: 12 Aug 2015 05:59 PM PDT

Persipan menjadi kunci terpenting dilakukan untuk bisa mewujudkan apa yang kamu inginkan. Termasuk dalam memiliki pekerjaan ini, persiapan untuk menghadapi segala bentuk tes yang diberikan sebuah persiapan menjadi hal yang harus kamu lakukan agar bisa melaluinya dengan baik. Tidak sedikit mereka yang telah memiliki kesempatan untuk bisa menghadapi segala macam tes kerja, merasa mudah dan mensepelekan persiapan hingga pada akhirnya mereka menyesal karena gagal memiliki pekerjaan tersebut dan menunggu lain waktu yang mungkin cukup lama untuk memiliki kesempataan itu kembali. Kesempatan untuk bisa bekerja disaat ini sangatalah kecil, jika kamu memiliki kesempatan untuk kembali datang ke perusahaan yang menyediakan tes seleksi persiapakan dengan baik apa yang berhubungan dengan keberlangsungan tes tersebut. Baca juga : Beberapa Contoh Soal Psikotes Bank yang Sering Diujikan.

Rahasia Sukses Menghadapi Tes Psikotes Perusahaan

Kredit ambar: gaulfresh.com

Jika saat ini kamu memiliki kesempatan untuk mengikuti tes psikotes, persiapakan diri dengan sejumlah hal yang bisa membuat diri kamu lebih siap dalam menghadapi tes tersebut. Tes psikotes dilakukan untuk mengenal karekter seorang pelamar, dimana dalam tes ini akan diberikan beberapa soal logika dan jawaban dari soal tersebut menjadi satu gambaran karakter seseorang dan sifat yang dimilikinya. Cara berpikir logika yang menjadi modal utama kamu disaat mengikuti tes psikotes ini, agar logika yang kamu miliki berkembang  dan menambah kesiapan menghadapi tes psikotes, berikut rahasia sukses menghadapi tes psikotes yang harus kamu ketahui dan wajib untuk dilakukan. Baca juga: Beberapa Contoh Soal Psikotes Bank yang Sering Diujikan.

Rahasia Sukses Menghadapi Tes Psikotes

  • Melatih diri dengan mencoba soal tes psikotes
    Carilah sejumlah soal yang umumnya muncul dalam tes psikotes kerja, pahami soal dan cobalah cari cara untuk memecahkan dan mengambil jawabandari setiap soal. Ketahui bagaimana trik cepat untuk menjawab soal tersebut sehingga saat nanti kamu dihadapkan dengan soal yang sama tidak perlu memikirkan terlalu panjang, bayangan cara mengerjakan soal tersebut akan kamu miliki dan membuat kamu percaya diri untuk mengatasi setiap soal yang diberikan. Tetapi ingat, tetap teliti jangan telalu percaya diri, takutnya kamu ceroboh dan memberikan jawaban yang kurang tepat.
  • Menambah Pengetahuan
    Luangkan waktu untuk menambah pengetahuan umum dari media seperti TV, majalah, tabloid dan lainnya guna untuk mencermati berita aktual yang berhubungan dengan dunia kerja. Melakukan hal ini tujuannya untuk melatih kepekaan serta wawasan kamu dalam tes pengetahuan umum. Selain itu dengan wawasana umum yang kamu ketahui akan membantu kamu lebih mudah untuk beradptasi dengan dunia mana yang kamu anggap tepat dengan kemamapuan dan latarbelakang yang kamu miliki.
  • Menjaga kesehatan Tubuh
    Jangan terus terusan melakukan kedua poin diatas tanpa memperhatiakn kesehatan tubuh, sesekali lakukan olahraga ringan untuk merefresh kebugaran cara berpikir sehingga rasa jenuh hilang. Melakukan olahraga juga guna untuk menghilanagkan stress.  Mempersiapkan diri dalam tes ini jangan terlalau serius, sesekali luangkan waktu untuk refreshing dan jangan lupa untuk memperhatikan pola makan, jangan sampai saat waktu tes tiba kondisi tubuh tidak prima.
  • Persiapkan Peralatan Tulis
    Jangan meremehkan peralatan tulis yang harus kamu bawa, persiapan segala macam alat tulis yang kamu butuhkan saat tes nanti. Jangan sampai diwaktu tes kamu sibuk meminjam alat tulis orang lain yang mungkin orang alain tidak akan memperdulikan kamu. Dengan hal tersebut banyak waktu yang akan terbuang dan besar kemungkinan kamu tidak akan menyelesaikan soal tes dengan sempurna. Selain itu kefokusan kamu akan terbagi, sebagus atau sematang apapun persiapan yang dilakukan, jika ini terjadi persiapan tersebut bisa tersabotase dengan kejadian sperti ini. Maka dari itu persiapkan dan cek kembali peralatan tulis sebelum berangkat melaksanakan tes.

Itulah rahasia sukses menghadapi tes psikotes, lakukan hal tersebut untuk persiapan kesuksesan kamu melewati tes psikotes kerja.  Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Untuk Dirimu Yang Memiliki Skill Pas-pasan, Begini Caranya Buat Surat Lamaran Kerja Yang Profesonal

Posted: 12 Aug 2015 04:58 PM PDT

Cara membuat surat lamaran kerja yang profesional – Surat lamaran kerja menjadi awal yang mempresentasikan diri kamu sebagai pelamar kepada suatu perusahaan yang kini kamu minati untuk bisa memiliki suatu lowongan pekerjaan yang mereka tawarkan. Surat lamaran ini sangat berperan penting sebagai poin keberhasilan seorang pelamar dalam  tahap awal ini, karena surat lamaran menjadi berkas pembuka dan juga sebagai berkas penarik minat awal perusahaan untuk ingin tidaknya mengenal seseorang yang mengajukan diri untuk bergabung dengan perusahaan. Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Berpengaruh Pada kemenarikan Awal Seorang HRD.

Untuk Dirimu Yang Memiliki Skill Pas-pasan, Begini Caranya Buat Surat Lamaran Kerja Yang Profesonal

Kredit gambar: m.log.viva.co.id

Akan tetapi sebagain banyak para pelamar ini tidak serius dalam membuat surat lamaran kerja, banyak diantara mereka yang membuat surat lamaran secara asal-asalan yang mungkin mereka menganggap hanya sekedar formalitas yang tidak terlalu penting. Bagi kamu yang kini sedang mempersiapkan proses lamaran kerja, janganlah beranggapan demikian. Sebab, sebagian perusahaan saat merekrut calon pekerja diawal tahap tes seleksi lamaran ini ada yang terpaku pada surat lamaran yang diberikan. Jika surat lamaran yang diberikan tidak baik, kemungkinan mereka untuk tidak ingin menindak lanjuti pelamar tersebut sebab mereka beranggap seorang pelamar yang tidak bisa membuat surat lamaran kerja dengan baik kemungkinan mereka bukan orang yang profesional. Baca juga : Saat Tak Kunjung Dihargai, Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Ini Setidaknya Bisa Bikin HRD Menaruh Perhatian Padamu.

Buat surat lamaran sebaik mungkin, jangan biarkan kesempatan kerja yang kini kamu minati hilang dikarenakan surat lamaran yang kamu buat tidak berkesan baik dimata perusahaan. Ingin tahu apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja agar berkesan baik dan terlihat profesional ? Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan  dan penulisan surat lamaran kerja.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Profesional

  • Gunakan Kalimat yang Efektif
    Penggunaan kalimat yang efektif menjadi salah satu hal yang bisa membuat surat lamaran kerja terlihat profesional. Dengan menggunakan kalimat efektif pihak perusahaan bisa memahami isi surat lamaran dengan mudah. Untuk menggunakan kalimat efektif hindari beberapa hal seperti  penumpukan gagasan, kerancuan kalimat aktif dan pasif,  kalimat mubadzir,  dan penggunaan kalimat majemuk.
  • Gunakan Bahasa Baku
    Menggunakan bahasa baku menjadi satu syarat yang penting dilakukan dalam pembuatan surat lamaran kerja. Surat lamaran ini merupakan salah satu surat resmi sehingga penggunaan bhasa ini penting untuk kamu perhatikan. Perhatikan kalimat yang ditulis sesuai dengan EYD, penggunaan kalimat yang jelas sesuai dengan Subjek, predikat, objek dan keteranga. peletakan tanda baca yang tepat, serta hindari penggunaan kalimat yang panjang. Selain penulisan yang benar juga perhatikan peletakan tanda baca, meskipun hanya titik karena jika ada yang terlewatkan itu akan menjadi pandangan penilaian ketelitian.
  • Tulis Surat berdasarkan Format yang Telah ditentukan
    Surat lamaran memiliki bagian-bagian tertentu yang telah ditetapkan seperti Kepala surat, tanggal surat, lampiran dan prihal, penujuan surat, salam pembuka, isi surat,salam penutup dan tanda tangan serta nama jelas pastinya terdapat pada surat lamaran yang kamu tulis dan berada pada posisi yang telah ditentukan.
  • Penulisan Rapi
    Tulis usurat lamaran dengan rapi, jika ditulis computer gunakan jenis huruf times new rowman atau arial dengan ukuran 12 dan jangan lupa perhatikan juga ukuran kertas sebab itu menjadi satu bagian yang bias membuat penulisan surat lamran yang rapi.

Beberapa hal tersebut yang penting untuk kamu perhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja, semoga dengan membaca postingan cara membuat surat lamaran kerja yang profesional biasa membantu kamu dalam mempersiapkan lamaran kerja untuk lolos mengikuti tahpan tes selanjutnya.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Agar Perusahaan Mengenali Kamu

Posted: 12 Aug 2015 04:29 PM PDT

Cara membuat daftar riwayat hidup – Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae merupakan bagian berkas lamaran yang menerangkan tentang diri pelamar kepada bagian personalia sebagai awal perkenalan singkat dan pertimbangan dasar untuk menentukan permohonan pelamar diterima atau ditolak.  Hal tersebut yang membuat berkas lamaran ini cukup berpengaruh penting dalam mengajukan lamaran kerja, tanpa adanya berkas daftar riwayat hidup, lamaran yang diberikan bisa dikatakan percuma sebab dari permohonan kerja itu pihak perusahaan tidak bisa mengenal seorang pelamar dengan jelas. Baca juga : Jika Kamu Ingin Dipandang Orang Yang Dibutuhkan Perusahaan, Beginilah Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Yang Menarik.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Agar Perusahaan Mengenali Kamu

Kredit gambar : molto.co.id

Namun keberadaan daftar riwayat hidup ini juga jangan dijadikan sebagai syarat kelengkapan saja,  setiap berkas lamaran yang kamu berikan itu menjadi pusat perhatian dan memiliki peran penting masing-masing. Pihak perusahaan akan mengenal kamu dengan meilhat data yang tertulis dari daftar riwayat hidup, dalam penulisan ini kamu harus mengingat satu hal bahwa pihak perusahaan tidak memiliki waktu yang lama untuk bias melihat setiap lamaran dari calon pekerjanya, apalagi yang menawarkan diri untuk bekerja diperusahaan tersebut banyak, kemungkinan sedikit saja kesalahan atau yang menurut mereka hanya membuang buang waktu seperti halnya isi yang terlalu panjang karena dianggap bertele-tele membuat mereka untuk melewati lamaran tersebut dan otomatis bagi si pengaju akan gagal memiliki perhatian pihak perusahaan dan tidak lolos melewati awal tahapan ini.

Disinilah pentingnya setiap pelamar harus memahami kondisi dengan mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup yang singkat namu jelas sehingga pihak perusahaan bisa mengenal kita dan mengetahui kecocokan dengan pekerjaan dengan waktu yang sebentar. Satu cara untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan menuliskan poin penting pada berkas lamaran yang diberikan, seperti pada CV ini, jangan kamu tuliskan keseluruhan mengenai data diri yang kamu miliki, cukup dengan menuliskan poin besar atau hal pentingnya saja yang penting untuk diketahui pihak perusahaan dan bersangkutan dengan pekerjaan yang dilamar itu yang penting untuk dilakukan. Baca juga : Contoh Lamaran Kerja dan CV Yang Bisa Menjawab Kesulitanmu Memperoleh Pekerjaan.

Bagimana cara membuat daftar riwayat hidup sederhana agar menjadi berkas yang dihargai perusahaan ?? Untuk format penulisan daftar riwayat hidup agar isi data yang tertulis bias dimengerti mudah dan cepat oleh pihak perusahaan, berikut format sederhana yang bias kamu ambil sebagai format penulisan daftar riwayat hidup.

Contoh Format Sederhana Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup

Nama Lengkap                  : ………………….

Tempat, tanggal lahir      : ………………….

Jenis Kelamin                     : ………………….

Kewarganegaraan           : ………………….

Agama                                  : …………………

Status                                   : ………………….

No telepon                         : …………………….

Email                                     : …………………….

Riwayat Pndidikan           : 1) …………………
2) ………………….
3) ………………….

Kemampuan                      : ………………………
……………………..
……………………..

Pengalaman Kerja           : Nama perusahaan
Periode Kerja
Status
Posisi
Rincian Pekerjaan

Alamat Lengkap                : …………………………

Nama Orang tua               : ………………………….

Pekerjaan Orang Tua      : …………………………

Tempat tinggal                  : …………………………

Keterangan lain-lain        : ……………………….

Hobi                                       : ………………………..

Referensi                            : ………………………..

Demikian dafatr riwayat hidup ini saya buat dengan sebenranya adan sanggup untuk dipertanggung jawabkan

Hormat saya,
(nama jelas)

Untuk pengisian daftar riwayat hidup tersebut, sedikit keterangan dalam pengisiannya yaitu

  • Tulis informasi data diri dengan jelas dan lengkap
  • Berikan informasi yang jujur, terutama pada kemampuan atau potensi yang kamu miliki jangan terlalau melebihkan atau menuliskan potensi diri yang tidak kamu miliki
  • Untuk riwayat pendidikan, nomor 1 ditulis dengan pendidikan teratas
  • Jika sudah memiliki pengalaman kerja dan memiliki pengalaman yang cukup banyak, tuliskan satu atau dua pengalaman kerja yang cukup berhubungan dengan pekerjaanyang sedang kamu lamar. Dan jika kamu seorang fresh graduate, bisa mengganti pengalaman dengan organisasi atau kegiatan yang pernah kamu ikuti.

Ingin Memberi Jawaban Pantas Saat Ditanya Gaji? Inilah Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Posted: 12 Aug 2015 03:30 PM PDT

Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja –Banyak hal yang harus kita ketahui saat akan menghadapi tes wawancara kerja, khususnya terkait pertanyaan yang diberikan seorang pewawancara nanti yang menjadi proses pokok berlangsungnya wawancara dilakukan. Sejumlah pertanyaan akan perusahaan berikan dengan tujuan untuk mengenal apa yang ingin mereka ketahui dari seorang pelamar tersebut atas jawaban yang diberikan prnting untuk kita mengenali bagaimana mengatasi pertanyaan tersebut hingga memberikan jawaban yang tepat. Beragam pertanyaan yang akan kamu temukan, dan dari sejumlah pertanyaan tersebut kamudahan dan kesulitan untuk menjawabnya itu tergantung pada diri kita sendiri, bila kita sudah memahami apa maksud dan jawaban seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan, sejumlah pertanyaan yang diberikan akan kamu jawab dengan mudah. Baca Juga : Buka-Bukaan Tentang Kunci Sukses Wawancara Kerja Dan Cara Memberikan Jawaban Yang Bermutu.

Ingin Memberikan Jawaban Pantas Saat Ditanya Gaji Inilah Tips Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Kredit gambar : okezone.com

Hati-hati terhadap pertanyaan jebakan, kamu harus pintar mengenal maksud dari pertanyaan tersebut dan cerdas dalam memberikan jawaban atas pertanyaan itu seperti salah satu contoh pertanyaan jebakan dan cukup membingungkan untuk jawaban yang akan kamu berikan yaitu pertanyaan mengenali soal gaji. Pertanyaan mengenai gaji ini sering dilontarkan oleh beberapa perusahaan saat melakukan tes wawancara kerja.

 "Berapa gaji yang kamu inginkan ??"

Pertanyaan tersebut membuat kamu pastinya merasa bingung dan jawaban apa yang harus kamu berikan bukan ?? Sebagian banyak orang pelamar beranggapan bahwa ketika perusahaan melontarkan pertanyaan tersebut mereka berpikir bahwa mereka akan diterima dan menurutnya itu kesempatan untuk memiliki upah atau gaji yang diinginkan. Padahal tujuan dari perushaaan lain, perusahaan menerima seorang pekerja tidak hanya karena keterampilan atau kelebihan yang dimiliki oleh seorang pekerja tersebut, namun perusahaan juga mencari seorang pekerja yang  tepat dengan kebutuhan dan tidak terlalau mengutamakan atau mempermasalahkan gaji dalam pekerjaannya, sebab perusahaan akan menghargai pekerjaan seseorang jika pekerja tersebut bisa memuaskan perusahaan. Baca juga : Jika Tips Wawancara Kerja di Bank Kamu Gugu, 7 Pertanda Lulus Ini Akan Didapat Dengan Cuma-Cuma.

Membicarakan soal gaji biasanya dilakukan diakhir tes wawancara, dan jawaban dari pertanyaan ini juga akan menjadi penentu atas jawaban awal yang telah kamu berikan. Bisa kemungkinan karena jawaban atas pertanyaan ini cukup menyinggung perusahaan karena seseorang yang terlalau percaya diri dengan kemampuan dan optimis dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dengan menyebutkan nilai gaji yang tinggi dalam menjawab pertanyaan soal gaji bisa membuat pihak perusahaan tidak kembali minat merekrut orang tersebut dan mencari kembali pekerja lain. Disitulah kita harus bisa mengatasi pertanyaan ini dengan tepat, jangan karena keangkuhan kamu semua kesempatan bisa hilang.

Untuk menjawab pertanyaan mengenai soal gaji, berikut tips negosiasi gaji saat wawancara kerja  yang bisa kamu pelajari

  • Saat pertanyaa ini diberikan diawal, jangan berikan jawaban yang langsung, biarkan pihak perusahaan mengenal potensi yang kamu miliki sehingga mereka bisa melihat dan menentukan sendiri kelayakan harga yang akan mereka tawarkan .
  • Usahakan sebelum soal negosiasi gaji diberikan, kamu telah mempresentasikan mengenai keahlian dan wawasan serta keuntungan yang dapat kamu berikan kepada perusahaan terlebih dahulu.
  • Ketahui kisaran gaji pada posisi atau pekerjaan yang sedang kamu lamar, sehingga saat perusahaan mendesak kamu untuk menyebutkan angka dari gaji tersebut kamu bisa menyebutkan kisaran angka gaji untuk pekerjaan tersebut.
  • Gunakan bahasa yang baik dan bisa mengajak pihak perusahaan untuk tidak mengetahui bahwa kamu bekerja bukan karena semata ingin gaji besar walaupun itu keinginan atau faktor utama yang mendorong kita untuk bekerja.

Nah berikut contoh jawaban yang bisa kamu pahami dalam menjawab pertanyaan wawanacara kerja mengenai gaji

"Berapa gaji yang kamu inginkan ?"

" Mohon maaf, pak. Karena saya belum ada gambaran yang jelas terkait bagaimana posisi pekerjaan ini, sebelum saya memberikanjawaban dari pertanyaan ini saya berharap bapak berkenan untuk terlebih dahulu memberikan saya gambaran dari posisi ini beserta rentan gaji yang sudah ditetapkan diperushaaan. Berdasarkan pengalaman saya, nama jabatan yang sama diperusahaan satu dengan yang lainnya sebenarnya tidak benar mengartikan kesamaan. Sehingga untuk menyebutkan angka saya rasa saya perlu tahu terlebih dahulu mengenai deskripsi gambaran tanggung jawab dan pekjerjaan dari posisi ini ".

Gaji yang besar untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup yang kita inginkan memang menjadi hal utama yang kita lakukan dalam bekerja atau mencari pekerjaan, akan tetapi jika kita hanya terpaku pada gaji yang besar, sedikit kemungkinan untuk kita memiliki suatu pekerjaan tersebut karena mengenai uang ini akan berjalan dengan waktu usaha yang kita lakukan.

Semoga pembahasan mengenai  tips negosiasi gaji saat wawancara kerja ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment