Monday, April 27, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tidak Ada Info Lowongan

Posted: 27 Apr 2015 05:09 PM PDT

Surat Lamaran Kerja Tidak Ada Lowongan. Patut kita ketahui kalau dalam menulis surat lamaran kerja tidak semuanya mutlak didasari atas informasi lowongan kerja maupun referensi yang kita terima dari media seperti iklan atau mungkin informasi lewat internet portal lowongan kerja lainnya. Hal ini mungkin saja ketika membutuhkan karyawan pada posisi tertentu sebuah perusahaan tidak secara terbuka atau mengumumkannya melalui iklan di media seperti koran atau internet. Terkadang lowongan kerja sebuah perusahaan bisa diinformasikan dengan terbatas/ secara internal mengingat kebutuhannya yang tidak bersifat masal atau banyak.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tidak Ada Info Lowongan

Kredit gambar: blog.sribulancer.com

Surat Lamaran Kerja Tidak Ada Info Lowongan bisa diartikan sebagai bentuk surat lamaran kerja yang dibuat berdasakan inisiatif sendiri. Dimana struktur surat dengan inisiatif sendiri memiliki format yang hampir sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya, namun yang membedakan disini ialah adanya pengajuan diri bagi si pelamar kerja kepada perusahaan tanpa menunjukan referensi berdasrkan iklan atau informasi lain terkait dengan surat lamaran yang dibuat.

Surat Lamaran Kerja Tidak Ada Lowongan biasanya dibuat oleh lulusan baru baik dari latar belang pendidikan SMA, SMK atau Perguruan Tingg, tapi bagi anda yang bukan lulusan baru dan minim pengalaman juga bisa membuat lamaran seperti model ini.  Pastinya untuk membuat Surat Lamaran Kerja Tidak Ada Info Lowongan lebih menarik HRD Perusahaan maka buatlah surat lamaran kerja sebaik juga semenarik mungkin

——————–

28 April 2015

Kepada Yth,

Manager HRD

PT. MULTISIAGA
Jl Raya Bekasi-Jakarta Km 10
Bekasi

Dengan hormat,

Saya berasal dari fakultas Administrasi Niaga Program Strata 1 (S1)  STIE Bina Harapan, Saya sangat tertarik dan mangharapkan untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk itu saya sangat berharap untuk diberitahukan informasi dan diberikan kesempatan jika perusahaan Bapak/Ibu sedang ada posisi yang bermungkinkan untuk bisa saya tempati.

Saya kini berusia 22 tahun, sehat jasmani maupun rohani serta siap terjun dalam dunia pekerjaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya semoga Bapak/Ibu Pimpinan mempertimbangkan. Atas perhatian saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya.

Adam Nugraha

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing/Pemasaran

Posted: 27 Apr 2015 04:40 PM PDT

Contoh CV Marketing – Persiapan awal lamaran kerja untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang sangat penting untuk diperhatikan yaitu membuat surat lamaran kerja beserta CV atau dafatr riwayat hidup. Dua dokumen tersebut penting diperhatikan karena saat melakukan penyeleksian lamaran kerja diawal ini pihak perusahaan memutuskan untuk memilih orang yang tepat masuk ketahap selanjutnya yaitu terdapat dari surat lamaran kerja dan CV yang diberikan.  Awal pusat perahatian mereka dan ketertarikan meraka akan ditentukan dari surat lamaran kerja juga CV yang diberikan, sebab dari berkas lamaran yang telah pelamar buat sendiri disitu pihak perusahaan bisa mengetahui tantang diri pelamar. Dari itu  berkas lamaran kerja tersebut sangat penting terlampirkan baik ditahap awal ini.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Marketing/Pemasaran

kredit gambar : tipskarir.com

Menulis CV lebih mudah dibandingkan saat melakukan penulisan surat lamaran kerja, sebab untuk ketertaikan yang mampu ditunjukan untuk manrik pihak perusahaan agar bisa meaajdi CV yang manarik itu  bisa dilakuakn dnagan mudah cukup menuliskan data yang relevan dengan pekerjaa yang akan dilamar. Penulisan yang rapih dengan data yang tertulis lengkap disertai data yang dimiliki relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar, jelas akan menajdi CV atau dafatr riwayat hidup yang kamu buat sangat menarik untuk diterima pihak perusahaan. Seperti saat ini jika kamu ingin melamar pekerjaan untuk posisi marketing, berikut Contoh CV marketing yang baik untuk dijadikan referensi penulisan yang akan Anda lakukan.

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Risma Ameliawati
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 22 September 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Tinggi, berat badan : 160 cm, 55 kg
Status : Belum menikah
Alamat : Jl. Indah sekali n0 89, kel. Menteng kini, Bandung 65676
Telepon : 081 234 567 899
Email : risma@ymail.com

Pendidikan Formal
2008-2011 : D-3 Universitas Gemilang Ekonomi Bandung
2005-2008 : SMA 02 Negri 1 Bandung
Pendidikan Non Formal
2006-2007 : Kursus bahasa Asing  dan Komputer
2009-2010 : Brivat Accounting dan Administrasi

Kemampuan
Mampu berbicara bahasa asing inggris dan jepang
Mengoprasikan komputer dengan baik
Internet
Sistem Manajemen pemasaran

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Merpatu Utama
Periode : Agustus 2011-Desember 2012
Posisi : Admin
Status : Karyawan kontrak

Bekerja di PT. Sindo makmur Jakarta
Periode :  Maret 2013- februari  2015
Posisi : Staff Marketing
Status : Karyawan tetap

Demikian Riwayat hidup ini saya buat dnegan sebenarnya dan sejujurnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Bandung, 26 April 2015
Risma Ameliawati

Itulah contoh cv lamaran kerja yang mungkin bisa buat contoh penulisan lamaran kerja yang akan Anda persiapkan. Satu tips buat Anda, untuk CV yang menarik melamar kerja sebagai marketing, isi CV data ini dengan data yang kamu miliki yang relevan dengan pekerjaan seorang marketing. Semoga postingan untuk contoh CV marketing ini bermanfaat dan bisa membantu persiapan Anda.

Pekerjaan Itu Ingin Anda dapatkan ?? Lakukan 7 Sikap Ini Saat Wawancara Kerja

Posted: 27 Apr 2015 04:35 PM PDT

Tata Cara wawancara kerja yang bisa meyakinkan pihak perusahaan? Wawancara kerja adalah satu tahapan tes yang banyak diharapkan oleh setiap pelamar ketika melakukan melamar kerja pada suatu perusahaan. Dengan bisa memasuki tahapan ini artinya seorang pelamar sudah dekat  dengan peluang mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Meskipun tahapan tes ini adalah satu harapan yang diinginkan, setelah mendapatkan kesempatan untuk menghadapi wawancara kerja itu menajadi satu ketegangan yang luar biasa,  tidak hanya bagi pelamar yang baru mengikuti wawancara kerja pertama kali, bagi mereka yang pernah masuk tes wawancara kerja sudah pasti akan merasakan rasa tegang. Kegagalan,  itulah yang membuat rasa takut setiap pelamar dalam menghadapi wawancara kerja setelah dari awal diperjuangkan harus hilang gara-gara kesalahan spele ditahapan ini yang membuat setiap pelamaar harus bisa meyikapi tes wawancara kerja dengan baik.

7 Sikap Ini Saat Wawancara Kerja

kredit gambar : www.isigood.com

Jika kamu yang kini menadaptkan panggilan untuk wawancara kerja maka sikapi kesempatan ini dengan baik, caranya dengan memepersiapkan apa yang berhubungan dengan apa yang akan dilakukan saat wawancara kerja. Tata cara wawancara kerja baik keseluruhan dari sikap saat berlangsungnya wawancara kerja itu yang harus menjadi perhatian Anda dengan mengetahui sikap apa yang harus Anda tunjukan saat bertemu dan berhadapan denga pihak perusahaan karena sikap yang baik tentu akan menambah keyakinan pihak perusahaan bahwa Anda orang yang tepat.

Mengenai sikap saat wawancara kerja yang termasuk tata cara wawancara kerja yang harus Anda tunjukan dengan baik, pada artikel kali ini tipskarir akan membagikan beberapa sikap yang baik Anda lakukan saat menghadapi tes wawancara kerja.

  • Ketuk Pintu Dan Mengucapkan Salam
    Setelah nama Anda dipanggil dan disuruh memasuki rungan, sebenatr rapihkamn pakaian Anda dan kemudian ketuk pintu sertakan salam. Lakukan ini sebagai kesopanan Anda terhadap pohak perusahaan yang akan mewawancarai Anda.
  • Berjabat Tangan
    Setelah berhadapan dengan piahk perushaaan, sebelum dipersilahkan untuk duduk sondorkan tangan Anda dan jabatlah tangan pewawancara dengan penuh percaya diri. Lakukan dengan tenang jangan sampai pewawancara merasakan tangan Anda bergetar. Ini akan menajdi nilai kepercayaan diri Anda.
  • Tersenyum dan Ucapkan sesuatu
    Baik saat melangkah menuju meja wawancara, tebarkan senyuman dengan mimik wajah yang tenang. Begitupun saat berjabat tangan berikan senyuman dan ucapkan suatu kata seperti "Senang bisa berjumpa dengan Bapak/Ibu". Memberikan senyauman tidaklah saat-saat seperti itu, sesekali Anda tersenyum saat wawancara berlangsung dan bersiakplah ramah.
  • Perkenalkan diri dengan Baik
    Diawal wawancara kerja setiap pewawancara pasti akan menyuruh kamu untuk memperkenalkan diri. Saat memperkenalkan diri jangan Anda sebutkan deti seperti yang tertulis dengan CV, cukup Anda memberikan keterangan diri yang ringkas seperti nama, alamat, pengalaman kerja.
  • Terbuka
    Cobalah untuk berbicara dengan terbuka, sopan, sehingga pihak perusahaan bisa memahami apa yang dikatakan.
  • Kontak Mata
    Suatu komunikasi tidaklah terjadi hanya berbicara, melainkan dari gerak gerik tubuh akan menjadi suatu komunikasi. Mata itulah yang menjadi satu anggota tubuh yang sering diperhatikan, dengan cara melihat atau gerak gerik yang dialakukan bola mata pihak perushaan bisa mengetahui apa yang Anda rasakan, dan itu bisa menjadi suatu nilai karakter. Lakukan kontak mata dengan baik, pandang wajah atau tatap mata pewawancara saat akamu berbicara, jangan sampai mata Anda melihat ke arah mana saja atau Anda menunduk itu akan sangat mengurangi keyakinan perushaan untuk merekrut Anda.
  • Tetap Fokus
    Fokus pada sikap diri jangan sampai bersikap yang bisa membuat pihak perusahaan tidak menyuakinya, apalagi jika Anda memiliki sikap kebiasan yang buruk jangan sampai itu dilakukan saat waktu wawancara kerja. Fokus pada pertanyaan yang diberikan serta ambil jawaban yang tepat dan bisa menuju dari tujuan pertanyaan yang diberikan.

Itulah sikap sebagai tata wawancara kerja untuk membuat wawancara kerja Anda berlangsung dengan baik serta memperoleh hasil yang diharapkan, pelajari dan lakukan sikap tersebut saat wawancara nanti. Salam sukses

Let’s be Smart ! Contoh Surat Lamaran Kerja yang ‘Nyebelin’ HRD

Posted: 27 Apr 2015 04:33 PM PDT

Let’s be Smart !, membuat surat lamaran kerja yang menarik memang gampang-gambang susah, yang menjadi rumit adalah kelemahan kita karena kurang pandai membuat susunan kalimat yang baik dan efektif. Ingat, surat lamaran kerja tergolong surat permohonan resmi jadi cara dan struktur penulisannya pun harus benar.  Tidak heran jika belum mendapat panggilan seleksi kalau Anda belum bisa memberikan pesan tentang personifikasi diri maupun kompetensi yang dibutuhkan. Surat lamaran kerja menjadi kurang menarik, hal ini lebih sebabkan oleh adanya kecenderungan pemikiran bahwa surat lamaran kerja dapat dibuat yang sama ke beberapa perusahaan dan untuk beberapa posisi, yang diubah hanya tujuan perusahaan saja sehingga terkesan tidak original dan tidak peduli pada kebutuhan perusahaan.

Let's be Smart ! Contoh Surat Lamaran Kerja yang 'Nyebelin' HRD

Kredit gambar: vemale.com

Pola pikir semacam ini haruslah di ubah, Inilah contoh surat lamaran kerja yang dianggap membosankan, kurang memenuhi syarat dan kurang menarik bahkan tergolong nyebelin dan lucu bagi recruiter HRD/ personalia.

Kepada

Yth. Manager HRD
PT. Alamsari
Jl. Raya Bandung no 111
Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Titim Darsimah
Tempat, Tgl. Lahir : Bandung, 14 Maret 1995
Alamat : Jl. Ujung berung  No. 15 Bandung
No. Telp/HP : 08123123
Pendidikan : SMA

Saya berminat bekerja di PT. Alamsari, melalui surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Bandung, 19 Januari 2015

Hormat saya

Titim Darsimah

—————————-

Kepada Yth :

Kepala Bagian Personalia
PT. Indosari Makmur
di
Tempat

Dengan hormat,

Saya lihat di internet kalau di kantor perusahaan bapak sedang buka lowongan kerja. Saya ini lulusan SMA, walau belum punya pengalaman tapi saya serius ingin bekerja di perusahaan bapak.

Dibalik surat ini ada beberapa dokumen yang bisa bapak baca, barangkali bisa bermanfaat dan jadi pertimbangan. Saya mohon bapak dapat mempertimbangkannya, kalau bisa diterima kerja diperusahaan saya sangat berterima kasih dan tidak tidak diterima pun tidak apa-apa.

Sekali lagi saya ingin sekali bisa bekerja supaya bisa membatu orang tua dan adik-adik saya, semoga bapak mempertimbangkan keinginan saya ini. Akhir kata, terima kasih atas perhatiannya.

Hormat Saya,
Ujang Laksana

Contoh Curriculum Vitae Dengan Format yang Baik Dan Tepat

Posted: 27 Apr 2015 04:30 PM PDT

Curriculum Vitae Format yang baik pada saat ini akan saya bagikan untuk membantu anda yang kini masih dibingungkan dengan penulisan Curriculum vitae atau CV yang harus tertulis dengan baik dan benar. Dalam persiapan lamaran kerja bukan hanya kelengkapan berkas yang dilampirkan menjadi satu poin yang bisa membawa Anda untuk bisa lolos dari tahap awal ini, tetapi cara penulisan yang dilakukan khususnya untuk berkas lamaran kera yang akan Anda tulis sediri haruslah baik dan benar, sebab itu yang akan membawa ketertarikan pihak perushaan untuk ingin dan mengetahui diri pelamar dari berkas lamaran yang tertulis.

Contoh Curriculum Vitae Dengan Format yang Baik Dan Tepat

kredit gambar : tipskarir.com

Penulisan lamaran kerja yang dilakukan ini akan menjadi awal ketertarikan pihak perusahaan saat inigin mengetahui apa yang tertulis dan dibrikan pelamar dari dokumen yang dilampirkan. Jika penulisan yang dilakukan diawal ini sudah tidak baik maka jangan salahkan pihak perusahaan untuk tidak ingin mengenal diri Anda dengan baik sebab mengingat tidak banyak waktu yang mereka luangkan dan bisa saja banyaknya pelamar yang juga berminat untuk pekerjaan diperusahaan mereka membuat perusahaan tidak ingin membuang-buang waktu untuk melakukannya.

Nah, dari itu agar lamaran kerja yang akan Anda persiapkan saat ini tidak terlewatkan dan terabaikan oleh perusahaan, buat lamaran kerja dengan penulisan yang baik. Dan untuk membantu penulisan yang baik  berikut contoh Curriculum Vitae Format penulisan untuk membuat CV lamara kerja saya postingkan sebagai satu cara yang bisa memudahkan Anda dalam  membuat CV atau daftar riwayat hidup.

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Sandrina Nugraha
Tempat, tanggal lahir : Malang, 23 April 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Tinggi, berat badan : 160cm, 55 kg
Status : Belum menikah
Alamat : Jl.Prabu indah blok A no 78, Malang 65678
Telepon : 089 787 990 009
Email : sandrina@ymail.com

Pendidikan Formal
2009-2011 : D-3 Universitas Jaya Nata Malang
2006-2009 : SMA PGRI 1 Malang

Pendidikan Non Formal
2006-2007 : Kursus bahasa Asing inggris dan jepang
2008-2009 : Kursus Komputer

Kemampuan
Mampu berbicara bahasa asing inggris dan jepang
Mengoprasikan komputer dengan baik
Internet

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Surya Gemilang Bandung
Periode : Agustus 2011-Desember 2012
Posisi : Marketing
Status : Karyawan kontrak

Bekerja di PT. Sindo makmur Jakarta
Periode :  Jnauari 2013- Januari 2015
Posisi : Customer service
Status : Karyawan tetap

Riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan sejujurnya, atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Malang. 25 April 2015
Sandrina Nugraha

Sedikit Tips untuk penulisan CV lamaran kerja ini silahkan tuliskan apa yang memang Anda miliki dan bisa menjadi penarik perhatian pihak perushaan, tidak terpaku pada penulisan Curriculum vitae format diatas. Bisa Anda menambahkan hal lainnya seperti pengalaman organaisasi yang pernah diikuti asalkan poin-poin diatas ada dengan penulisan data yang tepat. Selamat  mempersiapkan dan salam sukses

Contoh Penulisan CV Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar

Posted: 27 Apr 2015 04:25 PM PDT

Contoh CV – CV lamaran kerja yang baik dan benar merupakan satu berkas yang harus dipersiapkan setiap pelamar untuk bisa menarik perhatian pihak perusahaan diawal perkenalan lamaran kerja. Baik tidaknya perkenalan awal untuk perusahaan mengenal diri pelamar  suatu cara penyampaian penulisan CV yang dilakukan, jika perkenalan ini ingin menjadi suatu perkenalan awal yang baik maka pelamar harus bisa mempersiapkan membuat CV dengan baik.

Contoh Penulisan CV Lamaran Kerja yang Baik Dan Benar

kredit gambar : www.lintas.me

Dalam menulis CV atau curriculum vitae mengenai riwayat hidup memang terlihatnya mudah dan memang mudah jika pelamar tersebut sudah mengenali apa saja yang harus tertulis dan diperhatikan saat penulisan dokumen tersebut. Tetapi jika kamu hanya mengenali tanpa mengetahui apa yang harus terutulis dalam CV lamaran kerja, jangan ceroboh untuk langsung membuatnya karena takut nanti terjadi kesalahan penulisan yang bisa membawa kamu gagal masuk ketahap selanjutnya. Nah untuk penulisan CV lamaran kerja yang akan dipersiapkan bila kamu masih membutuhkan bantuan agar tidak  melakukan kesalahan penulisan, tepat untuk berada disini, karena disini saya akan memberikan contoh CV lamaran kerja yang baik sebagai satu pelengkap persiapan Anda saat ini.

Berikut contoh CV lamaran kerja untuk referensi penulisan yang akan dilakukan

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Hadi Saputra
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 23 Januari 1992
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum menikah
Tinggi, berat badan : 165 cm, 55 kg
Alamat : Jl. Sandang no 81, Kel marta , Bandung 65678
Telepon : 089 878 909 009
Email : Hadisaputra@ymail.com

Pendidikan Formal
2010-2013 : D-3 Universitas Satu Hati Bandung
2007-2010 : SMK Negri 12 Bandung Pendidikan

Non Formal
2009-2010 : Kursus Bahasa inggris dan komputer di Ganesha Utama Bandung
2011-2012 : Brivat Akuntansi

Kemampuan
Menulis dan Berbicara Bahasa inggris
Mampu bekerja dengan komputer
Sistem Akuntansi

Pengalaman Kerja
Praktek Kerja lapangan di PT. Satu Utama
Periode : April 2013 – Juli 2013
Tujuan : Tugas Akhir Kelulusan D-3
Posisi : Kliring Office

Bekerja di PT. Jangan Rugi
Periode : Desember 2013-Februari 2015
Status : Karyawan tetap
Posisi : Staff Marketing

Riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan siap untuk saya pertanggung jawabkan.

Bandung, 25 April 2015
Hadi Saputra

Seperti itu contoh pengisian untuk penulisan membuat CV lamaran kerja, sedikit saya terangkan kembali untuk penulisan dalam CV ini silahkan Anda tuliskan data diri yang Anda miliki yang begitu relevan dengan pekerjan yang akan dilamar baik itu untuk kemampuan atau keahlian yang dimiliki dan penagalaman kerja. Semoga contoh CV ini bermanfaat dan Semoga sukses.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik, Menarik, Dan Diterima Perusahaan

Posted: 27 Apr 2015 04:20 PM PDT

Membuat Daftar riwayat hidup dengan menulis data mengenai diri sendiri memang terbayang mudah, tetapi untuk memperaktekannya dengan harus bisa menarik minat perusahaan sehingga bisa dikenal dengan baik dan membuat minat perusahaan ingin mengenal lebih jauh serta terpilih dari sekian lamaran yang diterima, membuat Anda termotivasi untuk mencari bagaimana cara penulisan yang baik untuk satu berkas lamaran ini.

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik, Menarik, Dan Diterima Perusahaan

kredit gambar : tipskarir.com

Daftar riwayat hidup atau sering disebut dengan CV adalah satu berkas yang sangat penting dan bahkan akan menjadi pusat perhatian pihak perusahaan untuk bisa menentukan keberhasilan diawal tahap ini. Dari itu bagi Anda yang ingin bisa melewati awal tahap ini dengan baik salah satu langkah yang harus dilakukan adalah bisa membuat daftar riwayat hidup atau CV lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk penulisan CV lamaran kerja yang baik dan bisa diterima  serta menarik dihati pihak perusahaan, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips untuk penulisan CV lamaran kerja yang baik dan bisa menarik perhatian pihak perusahaan.

  1. Informasi data yang tertulis dalam daftar riwayat hidup jujur tidak melebihkan dan sedikitpun berbohong karena itu akan menjadi data sebagai pembawa nasib Anda selanjutnya.
  2. Lakukan penulisan dengan rapih dan baik serta jelas. Perhatikan penulisan pada setiap data dengan benar jangan sampai ada kesalahan penulisan dan perhatikan juga pemilihan bahasa serta penempatan ejaan yang benar.
  3. Gunakan kertas yang baik dan sesuaikan dengan cara penulisan yang akan dialkukan. Jaga juga kerapihan kertas ini jangan sampai kotor dan kusut.
  4. Cantumkan foto pada daftar riwayat hidup ini, gunakan foto yang berpenampilan rapih dan formal. Uahakan dengan bergaya rilex dengan mimik wajah yang gembira dan tersenyum.
  5. Buat daftar riwayat hidup dengan pengisian data yang tidak menjadi beberapa lembar kertas, buat isi CV ini ringkas tetapi bisa melengkapai apa yang perusahaan butuhkan.
  6. Baiknya CV tertulis dalam 1 halaman tetapi jika ada hal penting yang perlu ditulis, boleh terlampir menajdi 2-3 halaman.
  7. Tuliskan Kelebihan dan kemampuan diri yang bisa menunjang pekerjaan yang akan dilamar.
    Hindarai penulisan yang tidak penting

Beberapa tips tersebut yang perlu kamu ketahui dalam membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja ,  jika memang ingin daftar riwayat hidup Anda bisa menjadi berkas yang diterima baik perusahaan silahkan terapkan beberapa tips diatas dalam daftar riwayat hidup yang akan Anda buat. Semoga Sukses

Contoh Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris [Trik or Tips]

Posted: 27 Apr 2015 03:50 PM PDT

Contoh Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris – Jika Anda mendapat informasi lowongan tentang pekerjaan yang inginkan, namun ada satu hal dan ganjalan yang menghalangi karena Anda harus mengikuti interview denan menggunakan bahasa Inggris. Jangan takut dulu, pasalnya ketika interview kerja banyak pewawancara yang menanyakan hal yang sama pada kandidat (calon karyawan). Jadi sesulit apapun, dengan persiapan yang baik, Anda akan dapat mempelajari atau meminimalisir kesalahan menjawab dalam seleksi wawancara kerja.

Contoh Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris [Trik or Tips]

Kredit gambar : palembangjobs.com

Trik or Tips :

Contoh Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris, dalam mengawali sesi interview biasanya pewawancara sering mulai dengan kalimat yang hampir sama yakni menginginkan agar Anda menceritakan diri. Motifnya mereka ingin mendengar tentang keahlian maupun pengalaman Anda, tapi bukan untuk mengorek kehidupan pribadi Anda. Jadi sebaiknya jangan ucapkan, “I was born in Bandung,”  atau “I have two brothers” melainkan ceritakanlah pada pewawancara tentang perjalanan karier Anda, apa yang telah Anda pelajari serta bagaimana Anda telah mengembangkan sebuah keahlian tertentu.

Ketika pewawancara menanyakan, apa saja kelebihan Anda?, maka kunci dari pertanyaan ini ialah dengan memberi suatu jawaban dengan contoh yang spesifik. Kalau bisa jangan beri jawaban seperti: “I'm really organized, punctual and get along well with others.” Sebaiknya setiap jawaban sertai dengan kata, “For example …” dan barulah Anda menjelaskan bagaimana Anda menujukan kualitas ini pada pekerjaan Anda sebelumnya.

Dari pertanyaan Contoh Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris,  motifnya ingin mengetahui mengapa Anda ingin bekerja diperusahaanya. Jadi alangkah baiknya Anda memahami bidang usaha mereka dan tunjukan bahwa Anda sangat antusias tentang pekerjaan tersebut. Hindari ucapan dengan kata dengan “Umm,” “I don’t know,” “It seemed like a good career move,” mauapun “I haven’t been able to find anything else interesting.” Tapi pahamilah bahwa mereka ingin mengetahui apa yang dapat Anda bisa lakukan bagi perusahaan.

Bilamana pekerjaan Anda yang sebelumnya kurang baik, bukan hal tepat jika Anda membicarakannya kembali di perusahaan yang sedang lamar tersebut. Meski itu sebuah fakta maupun kenyataan, sebaiknya hindari membuat komentar negatif tentang perusahaan atau lingkungan tempat kerja Anda sebelumnya, seperti menjawab : “I didn’t agree with the company’s direction,” “I got no recognition for my work,” “My boss was totally unreasonable.” Dari jawaban ini seperti ini, akan membuat Anda terdengar  kesal maupun kecewa tanpa alasan.

Diakhir sesi interview, Pewawancara biasanya mengakhiri percakapan mereka dengan memberi kesempatan Anda bertanyaan. Sebaiknya jangan ajukan pertanyaan yang seharusnya sudah Anda ketahui jawabannya, seperti, “What does your company do?” atau, “Could you tell me your name again?” Juga, jangan tanyakan gaji atau liburan: “When do you give raises?” “How much vacation time can I expect?” Simpan pertanyaan tersebut sampai Anda mendengar, “We’d like to offer you the job.”

Contoh Soal Psikotes BUMN dan BUMD

Posted: 27 Apr 2015 03:07 PM PDT

Soal psikotes bumn – Mendapat panggilan tes di perusahaan BUMN maupun BUMD tentunya menjadi hal yang menggembirakan, dengan gaji dan kesejahteraan yang terbilang cukup serta prospek karir yang bisa di andalkan senantiasa menjadi daya tarik tersendiri. Namun untuk bisa bekerja di perusahaan BUMN tidaklah mudah, selain seleksi yang ketat, berbagai tes pun harus diikuti oleh para pelamar baik itu tes pengetahuan umum, tes keahlian dasar, tes kesehatan hingga harus mengerjakan soal Psikotes yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh Soal Psikotes BUMN dan BUMD

Kredit gambar: ekbis.sindonews.com

Soal Psikotes BUMN hampir sama dengan soal-soal piskotes perusahaan pada umumnya, karena pada dasarnya soal-soal psikotes dibuat berdasarkan kebutuhan untuk menyaring peserta tes yang cocok dengan posisi dan tanggung jawab pekerjaan. Pada dasarnya tes kejiwaan ini menjadi hal penting yang sebaiknya tidak boleh Anda abaikan bilamana ingin bekerja di perusahaan BUMN. Berikut ini  contoh soal BUMN yang kerap muncul dalam Psikotes BUMN Pertamina dan PLN.

Tes Analog Verbal (Padanan Kata)

Pada tes ini termasuk Psikotes BUMN Pertamina dan PLN,  diminta kemampuan mengerti akan arti kata, fungsi kata, dan pemakaian serta padanan fugsi dengan kata lain. Tugas anda adalah mencari kata dengan huruf kapital, padanannya dengan 5 kata-kata di bawahnya.
Waktu 25 menit, berikut contoh soalnya :
1. SEMINAR : SARJANA:::
a. Akademi: taruna
b. Rumah sakit: pasien
c. Ruang pengadilan : saksi
d. Kenservator: seniman
e. Perpustakaan: peneliti
2. FIKTIF: FAKTA:::
a. Dagelan: sandiwara
b. Dongeng: peristiwa
c. Dugaan: rekaan
d. Data: estimasi
e. Rencana: projeksi

EPPS (Edward Personal Preference Schedule)

Biasanya Psikotes BUMN Pertamina dan PLN anda akan diberikan dan membaca sejumlah pernyataan-pernyataan dalam pasangan, tentang pelbagai hal yang mungkin Anda suka lakukan atau tidak suka lakukan (inginkan atau tidak inginkan).
Perhatikan contoh di bawah ini:
A. Saya suka berbicara tentang diri saya dengan orang lain.
B. Saya suka bekerja untuk suatu tujuan yang telah saya tentukan bagi diri saya.
Yang manakah dari dua pernyataan tersebut lebih menggambarkan diri Anda?
1. Bila Anda lebih suka pernyataan A daripada B, maka hendaknya Anda memilih A. Tetapi bila Anda lebih suka pernyataan B daripada A, maka hendaknya Anda memilih B.
2. Mungkin Anda suka atau bahkan tidak suka A dan B kedua-duanya. Dalam hal ini, Anda tetap diharapkan tetap memilih satu saja di antara dua. Pilihlah yang paling menggambarkan diri Anda.
Jika Anda sudah selesai menjawab semua soal, cek kembali jawaban

Tidak ada jawaban salah atau benar dalam tes ini. EPPS atau Edward Personal Preference Schedule merupakan psikotes yang pemyataan-pernyataannya dipakai untuk mengetahui 15 variabel kepribadian seseorang, yakni:
• Kemampuan untuk berprestasi.
• Kemampuan menyesuaikan diri.
• Kemampuan menunaikan tugas.
• Kebutuhan untuk menunjukkan diri.
• Kebutuhan untuk mandiri.
• Kebutuhan untuk berempati.
• Kebutuhan perhatian terhadap sesama.
• Kebutuhan akan hubungan sosial.
• Keinginan untuk memimpin.
• Keinginan untuk kompromi.
• Kebutuhan memberikan perhatian.
• Kebutuhan akan stimulasi dari luar.
• Kemampuan menghadapi berbagai rintangan.
• Kebutuhan memberikan perhatian dari lawan jenis.
• Kebutuhan untuk bertentangan dengan orang lain.

Tes Spasial

Perhatikan Ketga Contoh soal Spasial yang biasa muncul dalam Psikotes BUMN Pertamina dan PLN di bawah ini :

spasial

Contoh Soal Tes Spasial

1. Jawaban D. Hanya pada jawaban D saja terdapat jumlah lingkaran di bagian atas lebih banyak daripada lingkaran di bawahnya.
2. Jawaban B. Garis tersebut tidak mem-bentuk sudut seperti pada pilihan jawaban yang lainnya.
3. Jawaban E. Semua huruf terbentuk dari garis lengkung yang tertutupi dengan garis kecuali pilihan E.

No comments:

Post a Comment