Sunday, April 12, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Penyebab Anda Tersingkir Di Tes Wawancara Kerja

Posted: 12 Apr 2015 04:35 PM PDT

Berbohong ketika tes wawancara kerja bukan cuma tidak berguna, namun juga bisa membuat Anda tersingkir atau tidak diterima. Lebih bijaksana kalau pertanyaan wawancara dijawab apa adanya, spontan serta langsung ke pokok persoalan, tidak mengada-ada, tidak menggurui dan sopan.

Penyebab Anda Tersingkir Di Tes Wawancara Kerja

Kredit gambar: molto.co.id

“Padahal tinggal tes wawancara kerja loh, tapi kok gagal. Dulu juga pernah begitu, selalu gagal di tahap ini”. Itulah kalimat dan keluhan yang banyak kita jumpai dari mereka yang tak lolos dalam tes wawancara kerja saat melamar kerja. Sebuah fakta yang menyesakan, apalagi tes wawancara kerja berada di akhir proses seleksi karyawan. Ini artinya bila lolos di fase ini maka bisa dipastikan kandidat diterima di perusahaan yang dilamarnya.

Menurut pakar yaitu Bingham dan Moore, tes wawancara kerja ialah “Conversation directed to define purpose other than satisfaction in the conversation itself”. Sedangkan menurut pendapat  Weiner, “The term interview has a history of usage going back for centuries. It was used normally to designate a face to face meeting of individual for a formal conference on some point.” Dari kedua pendapat itu, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa wawancara merupakan pertemuan tatap muka, dengan menggunakan cara lisan, dan mempunyai tujuan tertentu.

Karena tidak cocok dan berbobot

Pada intinya Tes wawancara kerja ini bertujuan mendalami individu yang cocok dan pas, baik dari tingkat kecerdasan maupun sifat dan kepribadian yang diperoleh dari berdialog.  Dari dasar pemikiran inilah, tes wawancara kerja bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara individu kandidat satu dengan lainnya berdasarkan pola pikir, tingkah laku, minat, serta pandangannya terhadap sesuatu. Sampai pada akhirnya dimana suatu pekerjaan atau jabatan akan lebih berhasil bila dikerjakan oleh individu yang mempunyai bakat dan kemampuan seperti yang dituntut oleh persyaratan yang harus dipenuhi untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.

Tujuan lainnya yakni observasi. Dalam hal ini calon karyawan akan dilihat dan dinilai, mulai dari penampilan, sikap, cara menjawab pertanyaan hingga postur maupun gestur. Selain itu, penilaian juga menyangkut bobot jawaban dan kelancaran dalam menjawab. Demikian pula dengan perilaku ataupun sikap-sikap yang akan muncul secara spontan ketika di situasi menegangkan. Hal ini dapat dilihat dari sikap kandidat, contonya mata yang berkedip-kedip dan memutar jari-jemari yang dilakukan tanpa sadar.

Bobot jawaban yang dilontarkan kadidat menjadi pertimbangan penilaian tes wawancara kerja. Hal ini bisa dinilai apakah ia memberikan jawaban yang dangkal atau tidak, atau malah berbelit-belit. Mengenai kelancaran dalam menjawab biasanya diukur dari berapa lama waktu yang diperlukan oleh seorang calon kandidat dalam menjawab pertanyaan. Jadi sebaiknya tidak memberikan jawaban  yang mengada-ada atau malah berlagak sok pintar, contohnya bila ditanya alamat, sebut saja alamat tempat tinggal. .

Tujuan berikutnya dalam tes wawancara kerja ialah menggali data yang tidak didapatkan dari tes tertulis. Seperti, Jika anda sudah berkuarga apakah istri bekerja, anak bersekolah di mana, masih tinggal bersama orangtua atau tidak, serta apa judul skripsi dan berapa nilai yang didapat. Dan yang tidak kalah penting dalam mempengaruhi penilaian yaitu kecocokan data. Benarkah data yang ditulis oleh sang calon?

Atas dasar itu seorang pewawancara sering memberi pertanyaan dan menilai sesuai tingkat pemahaman dan intelegensi kandidat. Misalnya bila Anda berpendidikan S2, maka pertanyaan yang diberikan sesuai dengan tingkat pendidikan itu. Bila jawabannya dianggap kurang bermutu, dapat pewawancara berpendapat bahwa Anda sebagai kandidat yang memiliki intelegensi kurang atau dianggap tidak serius selama menjalani proses pendidikan.

Kurang Meyakinkan

Sering dijumpai juga ada yang hasil tes tulis bagus, tapi hasil tes wawancara kerjanya kurang meyakinkan. Hal ini bisa ditunjukan ketika Anda sudah beberapa kali mengikuti psikotes atau pernah latihan bimbingan psikotes namun ketika wawancara menunjukan hasil yang berbeda. Kepribadiannya yang tidak jujur akan mengakibatkan hasil jawaban yang tidak stabil, padahal kejujuran merupakan prasyarat penting untuk perusahaan.

Tes wawancara kerja juga bisa untuk melengkapi dari data yang terlupakan atau tidak tertulis secara lengkap. Misalnya saja, sudah pernah mengalami psikotes atau belum. Kalau sudah, berapa kali? Untuk apa? Lulus atau tidak? Mungkin juga minat ataupun gaji yang diinginkan. Yang terakhir, manfaat wawancara yaitu untuk membuat keputusan. Dari hasil pemeriksaan tes wawancara kerja ini bisa diperoleh kesimpulan, apakah Anda ini memenuhi syarat seperti job requerments yang diberikan oleh perusahaan atau tidak.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Pekerjaaan

Posted: 12 Apr 2015 04:25 PM PDT

CV lamaran pekerjaan– Kesalahan dalam penulisan dafatar riwayat hidup atau CV sering terjadi, banyak pelamar yang gagal melewati tahap awal ini buka dikarenakan kualifikasi atau memiliki potensi yang jelak, melainkan sebagain penyebab itu dikarenakan kesalahan dalam penulisan berkas lamaran kerja yang salah satunya yaitu CV.

Contoh Curriculum Vitae (CV) Untuk Melamar Kerja

kredit gambar : www.liputan6.com

Mengapa bisa seperti itu? Saat ini orang yang mencari kerja sangatlah banyak, tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia, bahkan satu lowongan kerja akan menjadi incaran puluhan atau lebih pencari kerja untuk bisa menempati posisi tersebut, dan ini akan mejadi tantangan pihak perusahaan untuk bisa memilih pekerja yang tepat. Tes seleksi surat lamaran kerja, ini tes awal yang diberikan perusahaan untuk memilih beberapa pelamar dengan melihat surat lamaran kerja dari sekian lamaran yang diberikan. Bila saat ini Anda akan mengajukan lamaran kerja, cermatlah dalam membuat lamaran yang akan Anda buat, terutama untuk surat lamaran dan CV, kedua berkas tersebut sanagat berperan untuk keberhasilan melewati tes awal ini.

Nah, sebagai satu bantuan untuk persiapan lamaran kerja yang akan dilakukan,untuk membuat CV yang harus tertulis dengan baik, berikut contoh CV lamaran pekerjaan saya berikan untuk pegangan Anda dalam mempersiapkan lamaran kerja agar dapat membuat CV yang baik untuk pekerjaan yang kini Anda inginkan.

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Sinta Rifatin
Tempat, tanggal lahir : Banjaramsin, 23 Mei 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Tinggi, berat badan : 160 cm, 50kg
Alamat : Jl. Purwo Blok C no 89 Banjarmasin
Telepon : 081 921 354 777
Email : Rifatin@ymail.com

Pendidikan Formal
209-2012 : D-3 Fakultas Pasundan Banjarmasin
2007-2009 : SMK Bima Sakti Banjarmasin

Pendidikan Non Formal
2008-2009 : Kursusu Bahasa inggris dan komputer
20012-2013 : Kursus manjamen komputer akuntansi dan web

Kemampuan
Mampu berbicara dan menulis dalam Bahasa inggris
Mengoprasikan komputer
Memahami aplikasi MS. Office

Pengalman Kerja
Bekerja di PT. Asuransi Jaya sejak September 20013-Januari 2015 dengan posisi sebagai Admin.
Data CV ini saya buat dengan informasi yang sebenarnya.

Banjarmasin, 11 Aprol 2015
Sinta  Rifatin

Untuk menulis sebuah CV lamran kerja, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut yang bisa menjadikan CV Anda baik

  1. Kerapihan dan kejelasan tulisan
  2. Informasi data yang benar dan jelas
  3. Mudah dimengerti
  4. Isi CV tidak panjang, maksimal 2 halaman

Itulah yang dapat saya sampaikan, semoga contoh untuk CV lamaran pekerjaan dan sedikit penjelsan diatas bisa memberikan manfaat untuk Anda. Salam sukses

Contoh Tepat Untuk Menghindari Kesalahan Penulisan CV

Posted: 12 Apr 2015 04:20 PM PDT

Contoh Curriculum Vitae – Saat melamar kerja, Curriculum Viate atau CV adalah satu berkas yang harus kamu persiapkan dengan baik. Penulisan yang baik, informasi yang jelas itu menjadi bagian yang harus dimiliki sebuah CV, sebab CV ini adalah lembar data yang memberikan keterangan ringkas mengenai diri pelamar sebagai tahap awal perkenalan dengan perusahaan. Dalam CV ini perusahaan akan mengenali dan mengetahui layak atau cocok tidaknya pelamar tersebut untuk bisa bekerja dengan posisi atau pekerjaan yang perusahaan berikan.

Contoh Tepat Untuk Menghindari Kesalahan Penulisan CV

kredit gambar : tipskarir.com

Nah, jika kini kamu akan melamar kerja, pastikan CV yang dibuat bisa memberikan informasi yang jelas agar pihak perusahaan bisa mengenali diri Anda dengan baik. Kejelasan informasi data diri yang dimaksudkan, tidaklah perlu Anda menulisakan semua tentang biodata diri Anda dalam CV, tetapi tuliskan poin-poin penting yang dianggap perlu perusahaan tahu bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk bisa bekerja diperusahaan mereka.

Sebagai bantuan untuk memudahkan kamu dalam membuat CV dengan penulisan yang benar, Contoh Curriculum vitae dibawah ini bisa menjadi gamabaran yang baik untuk membuat Curriculum vitae atau CV lamaran kerja yang akan kamu persiapkan

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Sifa Lestari
Tempat, tanggal lahir : Solo,  22 Oktober 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Status : Belum menikah
Agama : Islam
Kebangsaan : Indonesia
Alamat : Jl. Purnama satu no 89 Kela. Primbu, Solo 54565
Telepon : 089 787 878 908
Email : sifalestari@ymail.com

Latar Belakang Pendidikan

Formal
2010-2013 : D-3 Universitas Kerta Jaya Solo
2007-2010 : SMK I Solo

Non Formal
2011-2012 : Kursus Bahasa inggris dankomputer
2011-2012 : Kursus komputer akuntansi dan RPL

Kemampuan
Mampu berbicara dna menulis dalam bahasa inggris
Mengoprasikan komputer
Memahamai paket aplikasi MS. Office
melakukan pembukun dan menjurnal

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Laksamana Asia Banten
Periode       : Agustus 2013 – Maret 2015
Status         : Karyawan
Posisi         : Staf Finance

Data ini saya buat dengan sebenarnya.

Solo, 11 April 2015
Sifa Lestari

Setelah melihat contoh curriculum vitae diatas, mungkin sudah tergambar bagaimana untuk penulisan CV yang akan kamu buat. Nah, penulisan diatas itu hanya sebuah referensi, selebihnya silahkan kamu isi data dengan apa yang kamu miliki sebagai penarik untuk perhatian pihak perusahaan. Tetapi ingat untuk penulisan CV jangan buat panjang, maksimal untuk CV sebaganyak 2 halalaman. Selamat mempersiapkan dan salam sukses

Jenis-jenis Soal yang Biasa Muncul Dalam Psikotes Polri

Posted: 12 Apr 2015 04:15 PM PDT

Penerimaan Polri tidak terlepas dari tahap seleksi, mulai dari seleksi administrasi (Rigmin) yaitu seleksi berkas yang memenuhi persyaratan pendaftaran yang dibuat standar oleh Polri, tes kesehatan, tes jasmani, psikotes Polri, tes akademik hingga tes penentuan akhir (Pantokhir) sebagai runtututan seleksi penerimaan Polri.

Jenis-jenis Soal yang Biasa Muncul Dalam Psikotes Polri

Kredit gambar: perspektifalbertparulian.blogspot.com

Khusus Psikotes Polri, hasil psikotes polri sangat tergantung pula pada sikap yang menjalani test. Situasi dan suasana yang penuh minat, antusias dan kebebasan itu hanya dapat diciptakan bila psikotes disajikan dengan memenuhi standar. Disisi lain, alat psikotes Polri berpedoman kepada instruksi, cara menghitung (menskor) dan mengevaluasi data, yang umumnya sudah tersedia lengkap bersama alat test itu disertai dengan norma dan validitasnya. Bahkan boleh dibilang soal-soalnya tampak mudah dan penerapan testing biasanya dilaksanakan secara massal (klasikal), semestinya memperhatikan syarat-syarat standar yang sudah ditentukan, seperti ruangan yang cukup ditunjang dengan penerangannya, fresh, penyampaian instruksi yang jelas serta mudah dimengerti dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Psikotes Polri

Pengadaan soal untuk soal psikotes biasanya terpusat dan kemungkinan besar untuk tiap tes di tingkat provinsi sama, namun sebaliknya peserta yang lulus dari tes ini hanya mencapai 20% dari jumlah seluruhnya.

  • Tes Kecerdasan . Tes kecerdasan merupakan tes yang hampir mirip dengan tes TPA ketika perekrutan SBMPTN atau peneriamaan CPNS. Biasanya dari 100 soal yang diberikan, waktu yang disediakan sekitar 90 menit. Jenis soalnya terdiri dari : Sinonim, Analogi, Deret Angka, Pengetahuan Umum, Matematika hitungan, analisis dan kepribadian.
  • Tes Kepribadian. Tes kepribadian terdiri dari 2 tipe soal, diantaranya terdiri dari 100 soal untuk pilihan jawaban setuju, sangat setuju, tidak setuju dan 200 soal tentang kepribadian dalam masyarakat
  • Tes Ketelitian. Soal ketelitian dari brigadir polisi berbeda dengan soal ketelitian SIPSS dan Akpol. Khusus Brigadir polisi terdiri dari Angka Hilan, Simbol Hilang dan Huruf Hilang atau biasanya objek Hilang. Tes ini berguna untuk mengetahui kecermatan dan ketahanan pesera dalam melakukan pengkoreksian. Biasanya peserta diberikan 2 lembar soal, dimana tiap lembar terdiri dari 5 kolom dan tiap kolom terdiri dari 60 Soal. Untuk pengerjaan soal tiap kolom, rata-rata pserta diberi waktu antara 2 – 3 menit saja.

Penjelasan Umum dan Pengertian Wawancara Kerja

Posted: 12 Apr 2015 04:05 PM PDT

Pengertian Wawancara Kerja (Interview) dapat didefinisikan sebagai sebuah percakapan yang terjadi antara dua orang maupun lebih yang memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi melalui percakapan melalui pertanyaan yang disampaikan pihak pewawancara terhadap kandidat. Sebuah interview kerja menjadi bagian proses rekrutmen yang harus dilalui oleh seorang kandidat pasca lulus seleksi administrasi pada perusahaan.

Penjelasan Umum dan Pengertian Wawancara Kerja

Kredit gambar: stephenlawrence.org.uk

Lantas apa tujuan diadakannya Wawancara Kerja ini?. Terlepas dari yang merasa penasaran dan pernah mengalami kegagalan dalam sesi interview kerja, betapa sebuah interview kerja sangat biasa dilakukan pihak perusahaan terhadap kandidat yang menjadi calon karyawannya. Wawancara Kerja hakikatnya sebagai usaha untuk mengumpulkan atau mengetahui informasi dari calon karyawan terkait kemampuan, kompetensi maupun kepribadian para calon karyawannya sampai perusahaan dapat menemukan kandidat yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Jadi, tujuan interview kerja secara umum yakni untuk mengetahui potensi serta kemampuan karyawan sesuai bidang pekerjaan maupun posisi pekerjaan yang diminati.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan sebagai indikator diselenggarakannya sebuah Wawancara Kerja yang layak kita ketahui :

  • Menilai kemampuan dan keterampilan. Dua hal ini menjadi penentu keberhasilan seorang kandidat dalam mengemban tugas sesuai bidang yang diberikan perusahaan. Ketika hendak melakukan rekrutmen karyawan baru sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan lewat serangkaian tes awal yang mencakup uji kompetensi dasar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan termasuk sesi interview kerja. Bahkan tidak hanya dalam proses rekrutmen, perihal menguji skill dan kompetensi seorang calon karyawan setelah lulus seleksi masih harus dihadapkan proses training dalam jangka waktu sesuai dengan kebijakan/ ketentuan perusahaan.
  • Menilai motivasi kerja. Hal ini menjadi penting mengingat motivasi kerja seseorang mempengaruhi terhadap etos kerjanya. Berbagai alasan yang melatarbelakangi seorang kandidat melamar kerja bisa beragam, baik karena ingin mendapatkan penghasilan/ uang ataukah pengalaman kerja yang bisa mendorong hidupnya menjadi lebih produktif sekaligus jenjang karir di masa depannya. Sikap antusias bekerja yang ditunjukannya ketika interview kerja akan menjadi poin dasar seorang pewawancara dalam mengukur kredibilitas seorang kandidat. Namun sebaliknya, kandidat pun mesti berhati-hati ketika pewawancara bertanya seputar motivasi ingin bekerja pada perusahaan tersebut. Dari berbagai pertanyaan kerap dilontarkan pewawancara, tidak lain untuk mengetahui keterkaitan pertanyaan satu dengan yang lainnya, sehingga menuntut seorang kandidat untuk berpikir kreatif. Bekerja bukan sekedar untuk mendapatkan penghasilan atau gaji melainkan juga untuk memberikan nilai tambah dan kontribusi kepada perusahaan, dengan demikian seorang recruiter HRD akan memberikan perhatian lebih serta ketertarikannya pada kandidat yang memiliki semangat dan kerja keras yang tinggi.
  • Menilai kesesuaian dan etika kerja. Disamping untuk mengetahui kemampuan serta motivasi kandidat, tentu saja pihak perusahaan juga ingin mengetahui kepribadian calon karyawannya. Kepribadian kandidat bersangkutan apakah  sesuai dengan budaya kerja yang berlaku di perusahaan, seperti bekerja secara tim maupun personal.  Interview kerja menjadi bentuk pembuktian maupun klarifikasi terhadap apa yang sudah ditulis kandidat dalam surat lamaran juga curriculum vitae (CV), sehingga bisa menjadi kesempatan baik bagi kandidat dalam menunjukan serta menjelaskan secara langsung terkait pemaparan kemampuan, pengalaman maupun faktor lain yang dimiliki.

Cerita Rahasia HRD Ketika Menerima CV lamaran kerja Anda

Posted: 12 Apr 2015 03:55 PM PDT

Proses rekrutmen karyawan umumnya terdiri atas Seleksi Administrasi (CV) – Psikotest – Wawancara tingkat HRD – Wawancara tingkat manager/direksi (User) – Negosiasi Gaji  hingga Pengumuman Penerimaan. Tapi tidak semua perusahaan menerapkan semua sistem seperti itu, tergantung skala besar kecilnya perusahaan tersebut. Membaca dokumen CV lamaran kerja menjadi pekerjaan yang membosankan bagi seorang HRD. Bagaimana tidak bosan kalau satu lowongan kerja saja bisa mendatangkan dokumen yang tidak sedikit bahkan bisa ratusan hingga ribuan pelamar kerja.

Cerita Rahasia HRD Ketika Menerima CV lamaran kerja Anda

Kredit gambar: cakrawalaremaja.blogspot.com

Lalu apa yang harus orang HRD lakukan dengan setumpuk CV lamaran kerja dan pelamar kerja sebanyak itu?, kalau memilih mereka secara acak tentu terlalu riskan tapi kalau mengundang semuanya untuk wawancara tentu sangat memerlukan waktu lama, sementara manajemen senior hanya memberikan waktu sebentar rata-rata 2 minggu.

Akhirnya seorang HRD cenderung berpikir untuk mencari jalan singkat bahkan boleh dibilang agak jahat, yaitu cukup dengan melihat CV melamar kerja kandidat saja. Maksudnya, bila CV yang tidak menarik juga tidak sedap dipandang mata bisa langsung dibuang ke keranjang sampah atau dihapus dari inbox. Tapi itulah yan biasa dilakukan orang HRD ketika banyak pelamar kerja, yakni hanya menilai buku dari sampulnya sehingga cara ini dipercaya lebih efektif dan efisien karena dianggap berhasil mendapatkan kandidat yang berkualitas selama bertahun-tahun menerapkannya.

Ada tiga pengalaman yang tak lazim dan bisa kita jadikan ide ketika hendak mengirimkan dokumen dan cv melamar kerja disamping para kandidat lain yang membuat CV bagus, tapi yang tiga cara inilah yang paling dianggap unik dan berbeda ;

  • CV melamar kerja dibuat seperti sebuah brosur. Bukan sekedar brosur yang biasa dicetak dengan warna hitam putih. Melainkan sebuah brosur yang dibuat dengan apik dan bagus sekali, menggunakan kertas yang berkualitas juga dicetak full-color. Boleh dibilang kandidat ini punya kemauan yang kuat dan sungguh-sungguh.
  • Pengiriman dokumen dengan menggunakan perusahaan jasa pengiriman. Walau isinya tampak biasa namuun yang membuatnya berbeda ialah CV melamar kerja ini dikirimkan lewat jasa PedEx. Karena mengira itu sebagai dokumen penting dan sampai ke meja HRD dengan mulus bahkan langsung dibaca. Cara ini dianggap merebut perhatian hingga mampu mengalahkan ratusan CV yang lain.
  • CV  melamar kerja yang mencantumkan sebuah link yang mengarah ke sebuah situs pribadi. Yang mengagumkan dari cara kandidat ini yaitu CV itu dibuat dengan simple tapi mampu membuat penasaran HRD untuk mengunjungi situs tersebut. Dalam situs itu pribadinya juga ada rekaman video singkat tentang mengapa kandidat tersebut harus diterima bekerja. Sehingga boleh dibilang kandidat ini betul-betul berusaha ekstra untuk sebuah CV melamar kerja.

Dari ketiga pola ini bisa diasumsikan kalau cara penilaian orang HRD mungkin saja berbeda dan jangan takut untuk melawan arus. Lain waktu Anda bisa mencoba menuliskan CV melamar kerja Anda yang berbeda dan unik. Mungkin cobalah menjadi orang yang tidak biasa-biasa saja ntuk tampil beda, karena bisa jadi itulah yang akan memudahkan orang HRD mengingat Anda dan menerima bekerja di perusahaannya.

Kemendikbud Buka Penerimaan 90 Guru

Posted: 11 Apr 2015 11:29 PM PDT

penerimaan cpns kemendikbud, guru

Kemendikbud Buka Penerimaan 90 Guru - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia berencana membuka penerimaan 90 pengajar yang terbagi ke dalam 2 kategori staus: 20 pendidik berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sisanya, 70 orang lagi berstatus non-PNS.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Kemendikbud RI:

Jakarta, Kemendikbud — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka rekrutmen calon pendidik untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia dan Mindanao, Filipina. Jumlah calon pendidik yang akan direkrut sebanyak 90 orang, terdiri atas 20 orang pendidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 70 orang pendidik non Pegawai Negeri Sipil (non-PNS). Pemberitahuan tentang rekrutmen tersebut dimuat dalam Surat Edaran Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) Kemendikbud Nomor 1428/C.5.1/LL/2015 tentang Rekrutmen Calon Pendidik ke Malaysia dan Mindanao.

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) Kemendikbud, Sumarna Surapranata, mengungkapkan perekrutan 90 orang pendidik tersebut adalah untuk menggantikan para pendidik yang telah selesai masa tugasnya.

“Kita akan merekrut sekitar 90 orang untuk mengajar di Johor, Kinabalu, Sabah, Serawak, dan Mindanao. Mereka untuk mengganti guru-guru kita yang sudah ada di sana, seperti kontrak kerjanya sudah dua kali diperpanjang, atau memang sudah pengen pulang ke sini. Kita akan mengganti 90 orang itu,” jelasnya Selasa (07/04/2015).

Karena keterbatasan wilayah tugas, Sumarna mengatakan akan mengutamakan para guru yang berasal dari lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dari program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T).

“Di sana wilayahnya masih perkebunan kelapa sawit, jadi masih sepi dari keramaian. Kalau mau kemana-mana jauh, apalagi mau berbelanja kebutuhan hidup. Untuk itu, kita perlu guru dengan mental dan jiwa mengajar yang lebih, cinta kepada anak-anak, sehingga SM3T kita prioritaskan,” ujarnya.

Berdasarkan data Direktorat P2TK Dikdas tentang analisis kebutuhan guru tahun 2015, perekrutan 90 pendidik ini akan mengisi kebutuhan di empat lembaga yang memfasilitasi layanan pendidikan bagi para anak TKI. Rinciannya adalah 13 pendidik PNS di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), 35 guru non PNS di Community Learning Center-Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu (CLC-KJRI Kota Kinabalu), 35 guru non PNS di lembaga swadaya masyarakat Humana-Konsulat Republik Indonesia Tawau (KRI Tawau), dan tujuh guru PNS di Mindanao, Filipina,  dengan rincian satu guru kelas, dua guru mata pelajaran Matematika, dua guru IPA, dan dua guru IPS.

Berdasarkan kebutuhan, komposisinya mencakup 12 guru untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 15 guru untuk mata pelajaran IPA, 13 guru IPS, 10 guru  Bahasa Indonesia, 10 guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), 12 guru Matematika, tujuh guru Agama Islam, enam guru Olah Raga, lima guru Seni Budaya dan Keterampilan. Khusus guru Olahraga, Agama Islam dan Seni Budaya, Sumarna mengatakan, ketiga mata pelajaran tersebut akan menjadi program studi kekhususan, sehingga guru yang dikirim harus memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai.

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas) Kemendikbud Nomor 1428/C.5.1/LL/2015 tentang Rekrutmen Calon Pendidik ke Malaysia dan Mindanao, syarat pendaftaran bagi guru jalur PNS sebagai berikut: (1) Berusia maksimal 40 tahun ketika pendaftaran; (2) Berkualifikasi akademik minimal Strata 1/Diploma 4; (3) Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,7 dengan skala 4,00; (4) Memiliki sertifikat pendidik; (5) Memiliki masa kerja minimal lima tahun; (6) Mendapatkan izin mengajar di Malaysia atau Mindanau dari pemerintah daerah yang bersangkutan; (7) Memiliki kemampuan Bahasa Inggris baik; (8) Memiliki Kemampuan berorganisasi, seni dan budaya, serta olahraga; (9) Menguasai komputer; (10) Memiliki kemampuan membuat media pembelajaran dan metode mengajar; (11) Memiliki keterampilan atau kecakapan hidup, seperti menjahit, menyulam, memasak, elektro, percetakaan, menganyam, dan sebagainya).

Sedangkan persyaratan pendaftaran bagi guru jalur non PNS sebagai berikut: (1) Berusia maksimal 30 tahun saat pendaftaran; (2) Diutamakan bagi lulusan pendidikan profesi guru pasca sarjana mendidik di wilayah 3T dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Matematika, Agama Islam, dan Keolahragaan; (3) Memiliki kemampuan berbahasa Inggris; (4) Memiliki pengalaman berorganisasi, kemampuan dalam bidang seni dan budaya, olahraga, dan keterampilan atau kecakapan hidup (menjahit, menyulam, memasak, elektro, percetakaan, menganyam, dan sebagainya).

Para pendidik yang ditempatkan di lokasi-lokasi di atas akan mendapatkan sejumlah hak terkait yang dituangkan dalam surat perjanjian kerja selama dua tahun. Bagi pendidik jalur PNS, akan mendapat insentif sebesar Rp15 juta/bulan dari pemerintah pusat. Selain itu juga mendapatkan tunjangan profesi bagi yang sudah lulus sertifikasi, di samping tetap mendapatkan gaji pokok dari pemerintah daerah yang bersangkutan. Sedangkan bagi pendidik jalur non PNS akan mendapatkan insentif dari pemerintah pusat sebesar Rp15 juta/bulan, beserta izin liburan sesuai ketentuan berlaku.

“Insentif Rp 15 juta/bulan itu memang insentif khusus dari pemerintah pusat, karena mereka mengajar 800 KM atau lebih dari pusat kota, yang akses ke sana masya-Allah jauhnya,” jelas Pranata.

Seleksi penerimaan dilakukan melalui dua tahap, tahap pertama, seleksi administrasi. Pada tahap seleksi administrasi, bagi pendidik jalur non PNS, Direktorat P2TK Dikdas akan bekerjasama dengan lima Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), yaitu Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Negeri Medan. Setiap LPTK akan menyeleksi secara administrasi calon pendidik yang berasal dari alumnus program SM3T, kemudian memilih 50 orang calon pendidik sesuai kriteria yang telah ditentukan, untuk selanjutnya diikutkan dalam seleksi tingkat pusat.

Sedangkan bagi pendidik jalur PNS, seleksi administrasi dilakukan oleh Direktorat P2TK Dikdas terhadap  calon pendidik non-SM3T dan guru PNS yang mendaftar. Selanjutnya sebanyak 30 guru  non-SM3T dan 45 orang guru PNS yang terpilih akan diikutsertakan pada seleksi pusat. Kemudian akan dilakukan seleksi tertulis, berupa tes potensi akademik (TPA), wawancara, dan micro teaching oleh tim seleksi pusat.

Berikut jadwal rekrutmen dan seleksi: pendaftaran di LPTK yang ditunjuk pada tanggal 31 Maret-13 April 2015; penyerahan formulir yang telah diisi ke LPTK (bagi pendaftar SM3T) dan ke Direktorat P2TK Dikdas (bagi pendaftar non SM3T dan PNS) pada tanggal 13 April 2015; proses verifikasi berkas atau seleksi administrasi pada tanggal 14-16 April 2015, dan; pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 20 April 2015.

Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/siaranpers/4045

Kata Kunci Terkait: Penerimaan 90 cpns dan Non cpns di daerah malaysia sabah tahun 2015

No comments:

Post a Comment