Friday, April 17, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Berikut Satu Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Posted: 17 Apr 2015 04:40 PM PDT

Mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup tentu itu yang menjadi satu modal untuk membantu kamu dalam membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja yang harus tertulis dengan baik dan benar. Tanpa mengetahui cara bagaimana untuk membuat daftar riwayat hidup tentu daftar riwayat hidup yang harus kamu tulis dengan baik dan benar tidak akan dapat kamu lakukan sebab tanpa sebuah cara apa yang kamu akan lakukan itu tidak akan terwujud sesuai dengan apa yang akmu inginkan. Nah, seperti daftar riwayat hidup lamaran kerja, penulisan daftar riwayat hdiup ini harus baik, tetapi apakah kamu sudah tahu bagaimana untuk penulisan daftar riwayat hidup melamar kerja? penulisan daftar riwayat hidup untuk melmar kerja jelas berbeda dengan penulisan dafatr riwayat hidup yang mungkin sudah kamu buat untuk hal lain. Daftar riwayat hidup untuk melamar kerja lebih fokus pada diri Anda dan kepentingan untuk pekerjaan yang diinginkan.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Kredit gambar :

Nah untuk cara membuat dafatr riwayat hidup lamaran kerja yang baik, satu cara yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan membuat daftar riwayat hidup ini yaitu kamu memiliki sebuah contoh daftar riwayat hidup, sebab dengan contoh tersebut sudah cukup untuk melakukan proses pembuatan daftar riwayat hidup yang akan dilakukan. Untuk itu disini saya mempostingkan sebuah contoh daftar riwayat hidup lamaran kerja untuk membantu persiapan lamaran kerja buat daftar riwayat hidup yang akan kamu persiapkan

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Nama : Sri Rahmat
Tempat, tanggal lahir : Jambi, 22 Desember 1991
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Tinggi, berat badan : 160 cm, 55 kg
Alamat : Jl. Raya indah no 81, Jambi 24356
Telepon : 089 787 676 555
Email : Srirahmat@ymail.com

Pendidikan Formal
2009-2013 : S-1 Universitas Akademi Sekretari dan Manajemen Jambi
2006-2009 : SMA Negri 1 Jambi

Pendidikan Non Formal
2009-2010 : Kursus komputer Akuntansi Perkantoran
2007-2008 : Kursus komputer dan bahasa inggris

Kemampuan
Dapat mengoprasikan komputer dengan baik
Sudah terbiasa bekerja dengan komputer
Mampu mengoprasikan paket aplokasi MS office seperti word, excel, power point, acces, outlook, dan perangkat kantor lain.
Websie dan blog
mengerti sistem komputer akuntansi

Pengalaman Kerja
Desember 2010-2011 : Bekerja di PT. Margamukti sebagi customer service
2012-2014 : Bekerja di Alfamart pusat Bandung sebaagi Kasir
2014 – Maret 2015 : Bekerja di PT. Pusat Belanja Indonesia Jambi Sebagai kasir

Demikian informasi riwayat hidup saya yang dibuat dengan sebenarnya dan dapat saya pertanggung jawabkan. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih

Jambi, 17 April 2015
Sri Rahmat

Semoga contoh daftar riwayat hidup diatas bisa menjadi persiapan pelengkap kebutuhan lamaran kerja sebagi cara membuat daftar riwayat hidup yang akan kamu persiapkan. Semoga sukses

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan

Posted: 17 Apr 2015 04:40 PM PDT

Contoh Daftar riwayat hidup – Dalam mempersiapkan lamaran kerja, surat lamaran dan daftar riwayat hidup adalah dokumen yang akan kamu buat. Kedua berkas lamaran tersebut sangat berperan baik untuk keberhasilan melewati tahap awal lamaran kerja, untuk itu dalam persiapan awal ini, yang harus benar-benar dipersiapkan adalah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup sebab ketertarikan pihak perusahaan untuk mengenal lebih lanjut setiap pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang tersedia bisa ditentukan dari cara penulisan surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang diberikan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Pekerjaan

kredit gambar : tipskarir.com

Untuk surat lamaran kerja pasti sebelumnya kamu sudah mempersiapkan terlebih dahulu, dan untuk persiapan daftar riwayat hidup yang akan kamu persiapakan,  jika kamu membutuhkan bantuan untuk penulisan daftar riwayat hidup lamaran kerja yang akan kamu buat,  disini akan diberikan contoh daftar riwayat hidup sebagai bantuan untuk cara penulisan daftar riwayat hidup yang baik. Dengan melihat contoh daftar riwayat hidup berikut merupakan langkah yang sangat tepat kamu lakukan, karena jika kamu masih bingung menulis daftar riwayat hidup yang dilakukan tanpa mengetahui bagaimana cara penulisan yang baik sudah pasti daftar riwayat hidup yang akan kamu buat akan salah dan itu sering terjadi. Kesalaha dalam penulisan ini bisa menjadi penghambat keberhasilan untuk lolos seleksi lamaran kerja, untuk itu kamu harus lebih hati-hati dalam mempersiapakan lamaran ini, dan berikut contoh daftar riwayat hidup untuk membantu persiapan pelengkap surat lamran yang akan kamu buat

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Nama : Riska Febrianti
Tempat, tanggal lahir : Banjar baru , 22 Agustus 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Tinggi, berat badan : 160 cm, 50 kg
Alamat : Jl. Fadillah no 81, Banjar baru 23451
Telepon : 089 767 878 999
Email : Riskafebrianti@ymail.com

Pendidikan Formal
2009-2013 : S-1 Universitas Nusa Bangsa Banjar Baru
2007-2009 : SMK Informatika Banjar Baru

Pendidikan Non Formal
2009-2010 : Kursus pelatihan manajemen akuntansi dan pemasaran
2007-2008 : Kursus komputer dan Bahsa inggris

Kemampuan
Mampu mengoprasikan komputer dengan baik
mampu berbicara dan menulis dalam bahasa inggris
Menguasai paket Ms.Office yaitu Ms word, Excel, Acces, power point dan perangkat kantor lainnya
Internet

Pengalaman Kerja
2013-2014 : Bekerja di PT. Bank BJB cabang sumedang sebagai anggota Marketing
2014- Februari 2015 : Bekerja Di PT. TELKOM sebagai Customer service

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan benar dan dapat saya pertanggung jawabkan.

Banjar baru, 17 April 2015
Riska Febrianti

Seperti itulah penulisan untuk daftar riwayat hidup atau CV dalam melamar kerja, semoga dengan contoh Daftar riwayat hidup diatas bisa menjadi gambaran yang tepat untuk membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja yang akan kamu lakukan. Salam sukses

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik Untuk Melamar Kerja

Posted: 17 Apr 2015 04:30 PM PDT

Contoh daftar riwayat hidup yang baik – Melampirkan daftar riwayat hidup atau CV saat melamar kerja merupakan hal yang tidak boleh terlupakan. Apalagi CV ini adalah dokumen yang sangat berperan penting dalam melamar kerja, lamaran kerja tanpa melampirkan CV satu kesalahan yang fatal sebab dari lamaran yang diberikan perusahaan tidak bisa mengetahui mengenai informasi data diri kamu dengan jelas dan dengan itu lamaran yang kamu berikan akan diabaikan perusahaan. Untuk itu sangat penting dan jangan sampai kamu lupa untuk melampirkan daftar riayat hidup dalam lamaran kerja.

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik Untuk Melamar Kerja

kredit gambar : nawatri.blogspot.com

Daftar riwayat hidup atau CV  adalah perantara yang memperkenalkan diri kamu kepada pihak perusahaan, baik tidaknya CV yang kamu buat itu adalah nilai perkenalan kamu. Jika kamu ingin dikenal baik maka buat CV ini dengan baik. Nha, jika masih merasa bingung dan membutuhkan sebuah contoh untuk referensi kamu dalam menulis daftar riwayat hidup lamaran kerja, berikut contoh daftar riwayat hidup yang baik saya postingkan untuk membantu persiapan kamu saat ini

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Nama : Rida Maulida
Tempat, tanggal lahir : Bogor, 23 Mei 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Umur : 25 tahun
Tinggi, berat badan : 165 cm, 55 kg
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Alamat : Jl. Jaya indah no 72 kel. Kota Bunga, Bogor 65456
telepon : 089 767 878 999

Latar Belakang Pendidikan
Formal
2008-2012 : S-1 Universitas Nusa Bangsa Bogor, Komputer Akuntansi
2005-2008 : SMK Jaya 1 Bogor

Non Formal
2006-2007 : Kursusu bahsa inggris dan komputer
2010-2011 : Brivat komputer Akuntansi dan pemasatan

Pengalaman Organisasi
2003-2004 : Ketua OSIS SMP 1 Bogor
2006-2007 : Wakil ketua OSIS Dan Ketua Ekskul komputer SMK Jaya
20011-2012 : Ketua karang taruna kampung jaya bogor

Pengalaman Kerja
Praktek Kerja lapangan industri di PT. PLN Bogor posisi Customer Service sebagai syarat kelulusan S-1 Universitas Nusa Bangsa
Bekerja di PT. Mahardika Bogor posisi karyawan tetap sejak Januri 2013-Maret 2015

Kemampuan
Komputer Mengoparasikan MS. Office word, excel, power poin dan acces
Website dan Blog

Demikian Riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya, atas perhatian Bapak/ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Bogor, 17 April 2015
Rida Maulida

Nah, itulah contoh daftar riwayat hidup yang baik untuk dijadikan referensi kamu dalam memeprsiapkan lamaran kerja untuk membuat daftar riwayat hidup yang akan kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan salam sukses

3 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja yang Tidak Boleh Disepelekan

Posted: 17 Apr 2015 04:28 PM PDT

Berbagai alasan yang menyebabkan kita terkadang sulit menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja, bahkan pertanyaan yang ringan sekalipun. Memilih jawaban yang pas dan tidak melemahkan diri itulah yang menjadikan kita harus berpikir, paling tidak kelemahan yang dimiliki bukan menjadi kesan negatif dari sudut pandang pewawancara. Belum punya pengalaman atau lama menganggur kerap menjadi kelemahan yang dimiliki pencari kerja, namun pada wawancara kerja senantiasa dituntut berlatih untuk menguasai pertanyaan dan jawaban wawancara kerja yang mampu menutupi kelamahan menjadi kekuatan diri.

3 Pertanyaan dan Jawaban Wawancara Kerja yang Tidak Boleh Disepelekan

Kredit gambar: gijobs.com

Bagaimana cara memberi jawaban wawancara kerja yang baik?, berikut ini 3 pertanyaan dan jawaban wawancara kerja yang tidak boleh anda sepelekan;

Mengapa Anda mencari kerja?

Dengan pertanyaan ini, pewawancara mulai mengarah ke sesuatu yang lebih dalam dari Anda; ia ingin mengetahui apa sebenarnya motif terdalam alasan Anda ingin bekerja di perusahaannya. Di bawah ini ada tiga alternatif jawaban yang dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi Anda:

  • "Pekerjaan saya saat ini sudah tidak relevan lagi dengan harapan dan tujuan karir saya"
  • "Saya ingin mengubah arah karir saya, dan ingin memberikan kemampuan saya ke perusahaan yang (sebutkan karakter perusahaan yang Anda inginkan) karena itu akan lebih sesuai dengan gairah pribadi saya dan tentu akan berimplikasi baik pada kinerja saya."
  • "Saya sudah mengevaluasi kembali tujuan-tujuan saya, dan sekarang bermaksud memulai babak baru dalam karir saya.

Mengapa Anda lama tidak bekerja?

Ketika Anda dihadapkan pertanyaan model ini, contoh jawaban yang baik :

  • Saya membutuhkan waktu untuk memperdalam pengetahuan saya dalam …(sebutkan bidangnya, contoh: komputer atau bahasa asing sehingga saya benar-benar bisa bekerja secara maksimal.
  • Setiap orang seharusnya dapat mengevaluasi diri sendirinya, begitu juga dengan saya sendiri; saya butuh waktu untuk menilai kemampuan diri saya. Sekarang saya sudah mendapat pandangan yang jelas. Buktinya, sekarang saya ada di kantor ini!
  • Saya mempelajari tawaran-tawaran yang datang kepada saya. Dan hanya beberapa tawaran yang saya pertimbangkan, yaitu yang bisa memberi pekerjaan yang berkualitas.
  • Saya hanya menerima pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi saya.

Dari empat contoh jawaban dalam menjawab jenis pertanyaan di atas boleh dikatakan sebagai umpan balik. Mengapa umpan balik? Karena walau pertanyaan ini mengandung nilai negatif tapi justru dari sanalah Anda mendapatkan kesempatan yang sangat baik untuk memperlihatkan kesan positif yang Anda inginkan namun tetap mengkontrol emosi Anda dan memastikan semua pernyataan yang Anda sampaikan logis dan proporsional.

Apakah Anda yakin mempunyai kualifikasi untuk pekerjaan ini?

Berhati-hati ketika menjawab pertanyaan seperti ini, dimana ertanyaan tersebut disampaikan untuk menggali atau setidaknya memetakan kualifikasi diri Anda dalam bidang pekerjaan tertentu dan tentu saja hal ini akan menjadi pertimbangan penting bagi pewawancara untuk meloloskan Anda atau tidak.

Berikut dua alternatif jawaban yang dianggap paling efektif:

  • Inilah pekerjaan yang ingin saya lakukan dan saya telah mempelajarinya sebaik mungkin untuk memastikan bahwa saya punya potensi dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan ini.
  • Agar Anda yakin dengan kompetensi saya, silakan tes saya! Jika Anda benar-benar menguasai (advance) dalam bidang pekerjaan tersebut, saya sarankan Anda untuk memilih alternatif jawaban ke dua. Ini jawaban paling optimis dan memiliki daya sugesti yang kuat pada pewawancara.

 

Tips Mempersiapkan Lamaran Pekerjaan yang Baik

Posted: 17 Apr 2015 04:25 PM PDT

Lamaran pekerjaan itulah yang pasti akan dialami dan dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang mereka inginkan. Bekerja dengan tugas kerja yang mampu dilakukan dengan gajih yang layak itulah yang diinginkan oleh setiap pencari kerja, namun untuk mendapatkan pekerjaan tersebut bukanlah hal yang mudah, banyak hal yang harus dilakuka mulai dari belajar atau menempuh pendidikan yang dibutuhkan untuk masuk kualifikasi pekerjaan tersebut, dan menghadapi beberapa tahap tes yang harus dilalui untuk mendapatkannya.

Tips Mempersiapkan Lamaran Pekerjaan yang Baik

kredit gambar : www.kabarlawu.com

Tahapan tes lamaran kerja dilakukan setiap  perusahaan yang menyediakan lowongan kerja. Semakin banyak yang minat dengan pekerjaan tersebut, semakin banyak tes yang harus dilalui seperti tes penyeleksian surat lamaran kerja, tes psikotes, hingga wawancara kerja adalah tahapan-tahapan tes yang biasanya harus dilalui setiap pelamar dengan baik. Tujuannya agar perusahaan bisa mendapatkan pekerja yang tepat. sebelum melajutkan ketahap tes lamaran pekerjaan selanjutnya,  membuat lamaran kerja dengan melampirkan surat lamaran kerja serta berapa data yang dilampirkan itu adalah awal yang akan dilakukan setiap pencari kerja, termasuk kamu saat ini. Membuat lamaran kerja dengan melampirkan beberapa berkas tersebut tentu harus baik, sebab ini adalah awal perkenalan dengan perusahaan, buat awal perkenalaan ini dengan baik sehingga pihak perusahaan bisa meloloskan kamu untuk masuk ketahap selanjutnya. Nah, untuk persiapan lamaran pekerjaan ini, berikut yang harus kamu persiapakan agar kamu bisa melewati tahap awal ini dengan baik

  • Surat Lamaran Kerja
    Surat lamaran kerja adalah berkas lamaran yang harus kamu buat sendiri. Kamu harus bisa membuat surat lamaran ini dengan baik sebab sebelum melihat berkas lamaran lain yang terlampir, surat lamaran kerja adalah berkas awal yang akan dibaca oleh pihak perusahaan. Sangat harus dan penting untuk kamu memperhatikan membuat surat lamaran ini dengan baik, karena ketertarikan pihak perusahaan untuk melanjutkan mengenal diri kamu selanjutnya bisa ditentukan setelah melihat surat lamaran yang diberikan. Jika kamu masih bingung dalam penulisan suarat lamaran kerja yang baik bisa kamu lihat contoh surat lamaran kerja yang baik dengan klik disini.
  • Daftar riwayat Hidup
    Daftar riwayat hidup atau CV ini adalah pelengkap dari surat lamaran kerja, dimana isi dari CV ini memberikan informasi mengenai riwayat hidup pelamar. Dalam CV ini perusahaan bisa mengenal setiap pelamar. baik tidaknya kamu memperkenalkan diri agar dikenal oleh pihak perusahaan itu dilihat dari daftar riwayat hiup yang diberikan. Buat Daftar riwayat hidupmu dengan ringkas, jelas, dan penulisan yang rapih sera data yang diberikan benar.
  • Kelengkapan Data
    Selain kedua berkas lamaran diatas, jangan lupa untuk mempersiapkan kelengkapan data yang akan kamu lampirkan seperti ijazah terakhir, sertifikat penilain, serta sertifikat lainnya dalam bentuk foto copy yang akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Bila kamu memiliki serifikat atau penghargaan yang relevan untuk pekerjaan sebaiknya lampirkan, karena itu akan menjadi satu kekuatan yang bisa menarik perusahaan untuk merekrut kamu.
  • Periksa Ulang
    Lakukan pemeriksaan ulang pada keseluruhan berkas lamaran kerja yang akan kamu berikan, baca kembali untuk surat lamaran serta cv yang kamu buat, pastikan tidak ada kesalahan penulisan serta informasi yang diberikan tepat. selain itu periksa kembali apa yang telah kamu tulis dalam surat lamaran kerja sebagai lampiran, pastikan semuanya berkas-berkas tersebut ada.

Itulah hal yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan lamaran pekerjaan. Selamat mempersiapkan dan semoga sukses

Tips Membuat CV Agar Mudah Dikenal Pihak Perusahaan

Posted: 17 Apr 2015 04:20 PM PDT

Contoh CV – Selain dari surat lamaran kerja, dokumen penting yang harus dibuat dengan baik saat akan melakukan melamar kerja adalalah Curriculum vitae. CV yang memberikan informasi mengenai data pelamar seperti data pribadi, latar belakang pendidikan, keahlian yang dimilki, pengalaman kerja serta lainnya yang bersangkutan mengenai data pelamar sebagai perkenalan kepada perusahaan untuk bisa menempati pekerjaan yang kini tersedia.CV harus dibuat dengan baik, sebab dari CV ini perusahaan bisa mengenali diri pelamar untuk mencari pekerja yang mereka butuhkan dan suatu perusahaan sudah pasti akan mencari pekerja yang memiliki potensi baik untuk pekerjaan yang akan diberikan.

Tips Membuat CV Agar Mudah Dikenal Pihak Perusahaan

kredit gambar : thetotobox.com

Nah, bagi kamu yang memiliki potensi yang baik untuk pekerjaan yang kini tersedia, hal yang harus dilakukan saat ini agar kamu bisa masuk ketahap selanjutnya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu harus bisa membuat CV yang baik. Dikenal tidaknya potensi diri yang kamu miliki bisa tergantung dari cara CV yang kamu buat, potensi yang baik tidak akan diketahui jika cara penulisan yang dilakukan tidak baik. Dari itu tulislah CV yang akan kamu buat dengan baik agar kamu bisa dikenal baik oleh pihak perusahaan dan mereka bisa memilih kamu sebagai salah satu calon yang bisa masuk ketahap selanjutnya untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang akan mereka berikan dan kamu inginkan. Sebagi bantuan kamu untuk mendapatkan pekerjaan ini, dan mempersiapkan lamaran kerja untuk menulis sebuah CV yang baik, berikut ada beberapa poin yang harus kamu ketahui dan lakukan saat menulis CV lamaran kerja

  • Ringkas
    Tidaklah perlu semua mengenai diri kamu tuliskan dalam CV, cukup kamu menuliskan poin-poin penting saja, contohnya jika kamu memiliki potensi diri dan pengalaman kerja yang banyak, tidak seharusnya kamu tuliskan semua, cobalah seleksi dan cari yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Dengan memberikan informasi yang ringkas seperti itu akan memudahkan kamu dikenal oleh pihak perusahaan.
  • Jelas
    Berikan informasi data yang jelas, jangan mebuat pihak perusahan yang membaca CV kamu masih bertanya-tanya tentang data yang kamu tulis.
  • Benar
    Apa yang kamu tuliskan untuk menginformasikan mengenai diri kamu kepada perusahaan, semua data yang diberikan benar, tidak sedikitpun ada hal yang melebihkan. Jangan karena ingin diterima kamu menuliskan pa ayang buka kamu miliki. Ingat, apa yang kamu tulis dalam CV nanti harus kamu pertanggung jawabkan. Jika kamu berbohong dan tidak bisa mempertanggung jawabkan hal tersebut, itu akan membuat kamu lebih buruk.
  • Rapih
    Penulisan yang rapih tentu menjadi hal yang membuat pihak perusahaan tertarik untuk membaca apa yang dituliskan dari CV tersebut. Untuk itu tulislah CV kamu dengan rapih, dan jaga juga kebersihan dari lembar CV yang akan kamu berikan.

Itulah beebrapa hal yang harus kamu lakukan dalam membuat CV lamaran kerja, jika ingin CV yang kamu buat diterima baik perusahaan, terapkan beberapa hal tersebut dan untuk pelengkap persiapan kamu membuat CV ini bisa kamu lihat Contoh CV dengan klik disini.

4 Wawasan yang Wajib Diingat Ketika Menerima Panggilan Interview Kerja

Posted: 17 Apr 2015 03:33 PM PDT

Ketika surat balasan panggilan interview kerja telah didepan mata, selain bahagia apakah ada hal lain yang Anda pikirkan?. Ya, tentu mempersiapkan diri agar Anda lebih siap dan percaya diri manakala waktu untuk interview kerja sudah tiba. Untuk menguatkan kesan sungguh-sungguh Anda dalam melamar pekerjaan, informasi tentang perusahaan atau lembaga yang Anda lamar saja tidaklah cukup. Anda pun dituntut harus mengetahui banyak informasi tentang posisi yang Anda lamar.

4 Wawasan yang Wajib Diingat Ketika Menerima Panggilan Interview Kerja

Kredit gambar: unisnotforme.com

Interview kerja memberikan kesempatan bagi kita sebagai kandidat untuk menjelaskan secara langsung perihal berbagai pengalaman, pengetahuan, ketrampilan hingga berbagai faktor lainnya. Disamping itu, juga untuk menunjukan berbagai kemampuan interpersonal, professional maupun kepribadian yang dimiliki. Jika pada CV lamaran kerja kita hanya bisa mengklaim bahwa mempunyai kemampuan komunikasi dan kepribadian yang baik, maka disaat interview kerja, kita diberi kesempatan untuk melakukan pembuktian.

Sementara value maupun keuntunan bagi perusahaan, interview kerja dapat dijadikan sebagai langkah strategis serta proses penyeleksian guna menemukan kecocokan antara karakteristik pelamar dengan dengan persyaratan jabatan yang harus dimiliki pelamar tersebut dalam menampuh jabatan yang ditawarkan. Cakupan penilaian ini meliputi kepribadian pelamar, mencari informasi yang sesuai sesuai kebutuhan persyaratan jabatan, mendapatkan informasi tambahan yang dipandang perlu bagi jabatan dan perusahaan, membantu perusahaan sebagai user serta untuk mengidentifikasi kandidat yang layak untuk diberikan penawaran kerja. 

Setidaknya ada 4 point terkait posisi yang Anda lamar yang harus Anda ketahui:

  • Job description. Tidak mungkin Anda melamar untuk posisi yang tidak Anda ketahui tugasnya. Karena itu, cari dan pahamilah job description posisi yang Anda lamar. Ini akan sangat membantu Anda terutama pada saat pewawancara kerja Anda menanyakan langsung mengenai hal ini.
  • Kompetensi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Setiap posisi dalam pekerjaan tentu membutuhkan kompetensi khas yang membedakan dari kompetensi untuk posisi lainnya. Pahamilah jenis kompetensi seperti apa yang harus dipenuhi oleh seorang yang mengisi posisi tersebut. Jangan sampai Anda terlihat bodoh di mata pewawancara dengan melamar posisi di pekerjaan yang bahkan Anda tidak ketahui kompetensinya.
  • Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku umum. Anda tidak harus mengetahui SOP suatu posisi di suatu perusahaan secara detail. Namun Anda harus mengetaui SOP stAndar yang bersifat umum. Untuk mengetaui SOP umum suatu posisi atau jabatan, Anda bisa mencarinya di internet, buku, majalah ataupun langsung bertanya pada orang HRD perusahaan atau lembaga tersebut tentang SOP posisi yang Anda lamar.
  • Peraturan pemerintah yang berhubungan dengan pekerjaan pada posisi yang dilamar. Wawasan ini akan sangat bermanfaat bukan hanya untuk menegaskan keseriusan Anda di mata pewawancara namun juga akan sangat bermanfaat bagi diri Anda jika kelak terjadi sengketa terkait pekerjaan Anda.

No comments:

Post a Comment