Tuesday, April 14, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Tips Sederhana Serta Contoh Penulisan CV yang Baik

Posted: 14 Apr 2015 04:35 PM PDT

Contoh Curriculum Vitae - Membuat CV dengan baik dan benar sudah tentu harus dilakukan oleh setiap pelamar, sebab ini menjadi satu kunci untuk bisa meraih keberhasilan melewati tahap awal lamaran kerja. Mungkin bukan hal yang sulit mempersiapkan lamaran kerja dengan membuat curriculum vitae yang baik jika sudah memahami apa yang harus tertulis dalam sebuah CV. Sebab data yang diberikan itu bersangjutan dengan diri pelamar pribadi.

Tips Serta Contoh Penulisan CV yang Baik

kredit gambar : tipskarir.com

Nah, bagi kamu yang kini akan melamar kerja, jika ingin bisa berhasil melewati tahap awal lamaran ini, satu caranya kamu harus bisa membuat curriculum vitae dengan baik, dimana pihak perusahaan akan mengenal kamu dan memberikan pertimbangan untuk menentukan kamu bisa masuk ketahap selanjutnya mendapatkan pekerjaan tersebut, itu dilihat dari curriculum vitae yang telah diberikan. Dan untuk membnatu membuat CV yang masih menurut kamu sulit, untuk contoh curriculum vitae yang kamu butuhkan, berikut saya postingkan untuk membantu persiapan lamaran kerja kamu. Tetapi sebelum melihat contoh curriculum vitae lamaran kerja dibawah ini, alangkah baiknya jika kamu memperhatkan dahulu bebreapa poin berikut yang harus kamu perhatikan saat membuat Curriculum vitae.

  • Tuliskan informasi data dengan jujur jangan karena ingin diterima untuk masuk ketahap selanjutnya, kamu menuliskan hal yang bisa menarik perhatian pihak perusahaan dengan cara berbohong, itu sangat tidak baik.
  • Tulis informasi dengan jelas, jangan buat pembaca bertanya-tanya mengenai data yang tertulis takutnya kata terjadi kesalah pahaman arti.
  • Penulisan CV dilakukan dengan rapih, dan perhatikan serta pastikan tidak terjadi kesalahan penulisan. Langkah yang tepat periksa ulang CV yang telah kamu buat sebelum kamu menggabungkan dengan berkas lamaran lain.

Contoh Curriculu Vitae

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Aditya Sidiq
Tempat, tanggal lahir : Malang, 22 Desember 1992
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Tinggi, berat badan : 175 cm, 55 kg
Alamat : Jl. Jayalah no 89 kel. Menteng barat, kota malang 98987
Telepon : 082 223 454 676
Email : Adityasidiq@ymail.com

Pendidikan Formal
2009-2013 : S-1 Universitas Barawijaya Malang
2007-2009 : SMA Negri 1 Malang

Pendidikan Non Formal
2009-2010 : Kursus Bahasa inggris dan komputer di Smart Class Bandung
2011-2012 : Brivat perpajakan dan manajemen pemasaran

Kemampuan
Mampu menulis dan berbicara dalam bahasa inggris
Mampu mengoprasikan komputer dengan baik
mengerti sitem perpajakan dan pemasaran

Pengalaman Kerja
Periode Desember 2013- Juni 2014 Bekerja Di PT. Garuda sebgai anggota marketing
Periode July 2014 – Januari 2015 Bekerjadi PT. Jaya Putra sebagai staff Admin

Demikian Curriculum vitae ini saya buat dengan sebenarnya, dan saya siap untuk mempertanggung jawabkan informasi data yang telah diberikan. Atas prhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

Malang, 14 April 2015
Aditya Sidiq

Itulah contoh curriculum vitae lamaran kerja persiapan lamaran kerja untuk membuat CV yang akan Anda buat, semoga dengan penjelasan dan contoh diatas bisa membawa keberhasilan lamaran kerja yang akan dilakukan. Salam sukses

Penulisan yang Tepat Untuk Daftar Riwayat Hidup Saat Melamar Kerja

Posted: 14 Apr 2015 04:30 PM PDT

Contoh penulisan daftar riwayat hidup – Daftar riwayat hidup atau CV merupakan dokumen yang memberikan penjelasan mengenai data pelamar secara singkat dan jelas sebagai perantara perkenalan diri dengan perusahaan, dengan itu dokumen ini sangat penting dimiliki dalam melamar kerja dan harus tertulis dengan baik, sebab keberhasilan seorang pelamar saat melamar kerja salah satu poinnya dapat ditentukan dari bagaimana cara penulisan CV yang diberikan.

Penulisan yang Tepat Untuk Daftar Riwayat Hidup Saat Melamar Kerja

kredit gambar : indojakarta.net

Menulis daftar riwayat hidup mungkin bukan hal pertama yang Anda lakukan, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa dalam penulisan daftar riwayat hidup melamar kerja tentu ada perbedaan dengan penulisan daftar riwayat hidup untuk kepentingan lainnya. Mungkin bagi mereka yang tidak mengetahui bagaimana cara penulisan daftar riwayat hidup untuk melamar kerja akan melakaukan hal yang sama dalam penulisan daftar riwayat hidup seperti biasa dan itulah kesalhan yang sering terjadi yang menyebabkan mereka gagal dalam melamar kerja.

Singkat, jelas, informasi yang lengkap, itulah yang harus dimiliki dalam dokumen daftar riwayat hidup lamaran kerja yang akan diberikan, dan itulah poin yang memberikan nilai pada daftar riwayat hidup yang diterima perusahaan. Mungkin untuk lebih jelas dan lebih mudah untuk membuat daftar riwayat hidup melamar kerja yang akan Anda lakukan, Perhatikan contoh penulisan daftar riwayat hidup berikut ini sebagai gambaran Anda dalam penulisan daftar riwayat hidup atau CV lamaran kerja

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Nama : Yuda Ardiputra
Tempat, tanggal lahir : Semarang, 25 Maret 1992
Jenis Kelamin : Perempuan
Status : Belum menikah
Agama : Islam
Kebangsaan : Indonesia
Alamat : Jl. Mawar indah no 12 Kel. Simapang, kota semarang 76765
Telepon : 089 787 656 787
Email : Yuda@ymail.com

Pendidikan Formal
2010-2014 : S-1 Universitas Tarumanegara Semarang
2007-2010 : SMA Negri Semarang

Pendidikan Non Formal
2008-2009 : Kursus pelatihan komputer dan bahasa inggris
2012-2013 : Mengikuti Pelatihan Manajemen akuntansi dan marketing

Kemampuan
Bisa berbahasa inggris, baik lisan dan tulisan
Mengoprasikan komputer dengan baik
Sistem perpajakan

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Primajasa posisi karyawan tetap dengan posisi Admin dari tahun 2014 – Januari 2015

Riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya, dan saya siap untuk mempertanggung jawabkan atas informasi yang telah saya berikan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Jakarta, 14 April
Yuda Ardiputra

Seperti itulah penulisan untuk daftar riwayat hidup lamaran kerja,  mengenai data yang tertulis dalam daftar riwayat hidup silahkan isi berdasarkan data diri Anda yang sebenarnya. Semoga contoh penulisan daftar riwayat hidup diatas bermanfaat dan selamat mempersiapkan, semoga sukses.

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Posted: 14 Apr 2015 04:25 PM PDT

Contoh daftar riwayat hidup melamar pekerjaan –  Melamar kerja suatu hal yang pastinya akan dilakukan oleh setiap orang untuk bisa mewujudkan keinginannya agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diharapkan demi kesejahteraan hidup. Dalam melamar pekerjaan ini, banyak persiapan yang harus dilakukan, banyak hal yang harus dilakukan agar lamaran yang diberikan bisa diterima oleh perusahaan. Mengingat banyaknya yang membutuhkan pekerjaan, tentu akan menjadi suatu tantangan untuk kamu bisa menarik perhatian pihak perusahaan yang mereka terima. Nah, salah satu cara yang bisa menarik perhatian perusahaan yaitu dengan memberikan berkas lamaran kerja yang baik sebab itulah yang menjadi pengganti kamu dalam melakukan tahap perkenalan awal ini.

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

kredit gambar : www.learndirect.com

Pastinya kamu sudah tahukan berkas yang akan diberikan dalam lamaran kerja? Ya salah satunya adalah daftar riwayat hidup atau CV berkas lamaran kerja yang memperkenalkan diri kamu, ini adalah satu berkas lamaran kerja yang harus kamu tulis dengan baik sebab dari berkas CV ini, perusahaan bisa menerima atau menentukan untuk layak tidaknya kamu masuk tes berikut sebgai peluang mendekati mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Nah, salah satu bantuan untuk membantu membuat berkas lamaran kerja yang satu ini, agar bisa menjadi berkas yang baik dan diterima perusahaan, bagi kamu yang masih merasa bingung dalam penulisan CV berikut saya berikan contoh Daftar riwayat hidup lamaran kerja untuk referensi lamaran yang akan kamu buat sekarang.

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi

Nama                             : Muhammmad Rizki
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 23 Juni 1990
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Agama                          : Islam
Kewarganegaraan      : Indonesia
Tinggi, berat badan   : 165 cm, 55 kg
Alamat                        : Jl. Banjar Blok A no 67 kelurahan saman, Bandung 65456
Telepon                      : 089 878 656 767
Email                          : Muhamad@ymail.com

Pendidikan Formal
2008-2011 : S-1 Universitas Instutite Bandung
2005-2008 : SMK Pasunda Bandung

Pendidikan Non Formal
2006-2007 : Kursus bahasa inggris dan komputer
2010-2011 Kursusu komputer dan pelatihan sistem manajemen Akuntansi

Kemampuan
Mampu bekrja dengan komputer
Memahami sistem aplikasi Ms. Office
Bisa menulis dan berbicara dalam bahasa inggris
Memahami siklus akuntasi, pembukuan dan membuat jurnal

Pengalaman Kerja
Pernah bekerja di PT. Asuransi Jiwa Sraya sebgai Staff karyawan tetap selama 2 tahun

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Bandung, 13 April 2015
Muhammad Rzki

Itulah contoh penulisan untuk CV lamaran kerja yang akan kamu buat untuk persiapan lamaran yang akan kamu lakukan, dengan melihat contoh untuk penulisan CV diatas pastinya sekarang kamu sudah merasa mudah untuk bisa membuat CV Lamaran yang menurutmu sulit. Tetapi ingat dalam membuat CV tetap perhatikan kerapihan penulisan, penggunaan bahasa yang baik, serta isi data yang jujur. Semoga dengan contoh daftar riwayat hidup melamar pekerjaan diatas bisa menjadi bantuan tepat untuk membawa kesuksesan lamaran kerja yang akan diberikan. Salam sukses

Terbaru Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik Dan Menarik

Posted: 14 Apr 2015 04:20 PM PDT

Contoh CV lamaran kerja – Ketika melamar kerja, pastinya akan membuat sebuah CV sebagai pelengkap surat lamaran yang memberikan informasi data pelengkap diri pelamar dari surat lamaran yeng diberikan. CV atau daftar riwayat hidup sangat harus dimiliki dan dibuat dengan baik dalam melamar kerja, sebab ini yang menjadi perantara untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan seteleh melihat surat lamaran yang diberikan. Perusahaan bisa mengenali diri pelamar dari CV ini, bahkan keputusan untuk bisa tidaknya seorang pelamar untuk masuk ketahap selanjutnya bisa ditentukan setelah pihak perusahaan melihat CV yang diberikan.

Terbaru Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik Dan Menarik

kredit gambar : mycv.pl

Nah bagi Anda yang kini akan melamar kerja dan sedang mempersiapkan membuat CV, jika masih merasa bingung untuk membuat CV, langkah yang tepat untuk berada dihalaman ini, karena disini akan diberikan contoh CV lamaran kerja untuk membantu persiapan Anda agar dapat membuat CV yang tepat.

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama : Rida Rahman
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 22 februari 1990
Umur : 25 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi, berat badan : 170 cm, 56 kg
Agama : Islam
Alamat : Jl. Singgasana no 93 kelurahan kota barat, jakarta 65645
Tekepon : 089 213 567 989
Email : Ridarahman@gmail.com

Latar Belakang Pendidikan

Pendidikan Formal
2008-2012 : Universitas Bina Nusantara Jakarta
2005-2008 : SMK Negri 1 Jakarta

Pendidikan Non Formal
2003 : Kursusu bahasa inggris
2006 : Kursusu komputer
2009-2010 : Kursus teknik komputer

Kemampuan Diri
Mampu berbicara, Menulis dalam bahasa inggris
Mampu mengoprasikan komputer dengan baik
Menginstal komputer
Memahami paket aplikasi Ms.office
Mengelola sistem pemasangan pada komputer

Pengalaman Organisasi
2003-2004 : Ketua OSIS SMP Kejar jakarta
2006-2007 : Wakil ketua Osis dan Ketua Anggota KIBRA SMK
2011-2012 : Bendahara himpunan mahasiswa teknik Bina Nusantara Jakarta

Penghargaan
2007 : Juara 1 lombar cermat akuntansi dan membawa anggota kibra juara 2 masuk tingkat jabar

Pengalaman Kerja
Bekerja di PT. Skala Nusantara
Periode – Desember 2012- Februari 2015
Posisi : Staff Admin

Curriculum Viate ini saya tulis dengab data yang sebenarnya serta dapat saya pertanggung jawabkan. Atas perhatian dari Bapak/ Ibu saya ucapkan terimakasih.

Jakart, 14 April 2015
Rida Rahman

Seperti itulah contoh penulisan CV untuk lamaran kerja, dan jangan lupa, dalam menulis CV ini ingat jangat dikarenakan Anda ingin diterima untuk bekerja dengan posisi yang diinginkan, Anda menuliskan data yang tidak benar, itu akan membawa Anda lebih buruk.

Contoh cv lamaran kerja diatas hanyalah sebagai referensi, silahkan bisa aAnda tambahkan bila ada hal penting yang sangat menjamin untuk menarik perhatian perusahaan yang Anda miliki. Selamat mempersiapkan dan salam sukses

Salinan Contoh Surat Lamaran Kerja CV Terbaru

Posted: 14 Apr 2015 04:14 PM PDT

Contoh surat lamaran kerja cv – Khusus melamar kerja secara online, tidak semua berkas Lamaran Kerja secara online  ‘wajib’ kita kirimkan,  terkadang perusahaan hanya meminta beberapa dokumen lamaran kerja saja seperti surat lamaran, CV (curriculum vitae) dan ijasah saja. Untuk hal seperti ini kita cukup mengirim persyaratan sesuai yang diminta perusahaan, jika semakin sedikit berkas yang diupload/unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena kapasitas beban file yang tidak terlalu besar. Tapi jika perusahaan mensyaratkan dokumen yang lengkap  maka kita bisa mengupload semua berkas lamaran yang dimiliki serta memilih sesuai dengan pengalaman keahlian yang dibutuhkan perusahaan.

Salinan Contoh Surat Lamaran Kerja CV Terbaru

Kredit gambar: beliberi.co.id

Berikut contoh surat lamaran kerja cv :

__, ___ __ 2015

Kepada,
Yth. _____________
PT _______________
Jln. ______________

Hal : Lamaran pekerjaan

Dengan hormat,

Sebagaimana informasi lowongan kerja  yang ada pada situs resmi perusahaan, bahwasanya PT……………… saat sedang membutuhkan tenaga Staf Administrasi. Sesuai dengan pendidikan saya sebagai sarjana lulusan sarjana Ilmu Komputer Universitas ……………., tepatnya dari Jurusan ………… Dengan ini, bermaksud mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan di PT …………….., khususnya sebagai …………………..

Didukung kondisi kesehatan yang sangat baik serta kompetensi yang saya miliki yaitu menguasai bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu terbiasa bekerja menggunakan komputer, terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet. Kebutuhan anda akan seorang Staf Administrasi yang handal saya rasa tepat dengan riwayat pendidikan serta kompetensi yang dimiliki. Sebagai bahan penunjang referensi, berikut saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi ijazah terakhir
3. Fotokopi transkrip nilai
4. Fotokopi KTP
5. dan lain-lain

Demikian surat permohonan pekerjaan ini dibuat, Saya akan menindaklanjuti lowongan anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin anda miliki. Sementara itu, anda dapat menghubungi saya di nomor 085223789 atau email bagusnurcahyo@gmail.com. Besar harapan saya dapat bergabung di PT. ………………

Terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Hormat Saya,

 

(Nama Lengkap)

———————————-

Jakarta, Maret 2015

Yth.
Human Resorces Departement
Tabloid Otto
Jl. Kebon Jeruk no. 23
Jakarta Selatan

Dengan Hormat

Bersama ini saya kirimkan surat lamaran dan curriculum vitae (CV), sebagai tanggapan atas iklan bapak mengenai pekerjaan untuk posisi Copywriter pada divisi majalah otomotif.

Seperti ditunjukan dalam CV, saya telah bekerja selama 2 tahun sebagai copywriter dan assitant copy editor di Tabloid Teknologi.

Dalam iklan disebutkan bahwa salah satu persyaratan untuk posisi tersebut adalah mempunya ketertarikan dan pengetahuan tentang modifikasi Motor.Mungkin kurang tepat jika saya memasukan pengalaman ini kedalam CV saya, tetapi saya ingin Bapak mengetahui bahwa saya memiliki hobi olahraga bermotor ‘Road Race’ dimana saya pernah menjadi juara 2 tingkat provinsi. Dari pengalaman tersebut, Bapak bisa melihat bahwa saya mempunyai ketertarikan dan pengetahuan otomotif yang menjadi persyaratan tersebut.

Saya selalu terbuka untuk undangan wawancara, dimana Bapak bisa mengetahui potensi saya secara lebih mendalam. Silakan hubungi saya sesuai dengan waktu yang Bapak kehendaki.

Terima Kasih atas tangapan yang Bapak berikan.

Hormat Saya

Riki Ricardo

————————————-

Contoh-contoh CV :

CURRICULUM VITAE

Executif Summary :

Nama     : …………………………………………………………
Tempat, Tanggal Lahir     : ………………, ………………………………………
Alamat/ Domisili    : ………………………………………………………..
Pendidikan Terakhir    : ……………………………………………………….
Jenis Kelamin        :  Laki-laki/ Perempuan
Status            : ……………………………………………………….
Contact Person        : ………………………………….. HP/Tlp.
E-mail             : …………………………………..

Pendidikan :
Formal :
1.   Universitas ………….. Tahun Lulus ………………….
2.   SMK ………. Tahun Lulus

Non Formal :
1.    Kursus Bahasa Inggris  Lembaga ………………… Tahun ………..
2.    Kursus Komputer          Lembaga ………………… Tahun ………..
Pengalaman Organisasi :
1.    Organisasi Sekolah ……… Sebagai/ Jabatan ……………… Periode ……..
2.    Organisasi Mahasiswa …  Sebagai/ Jabatan ……………… Periode ……..
Pengalaman Kerja :
1.    PT. ……..  dari Tahun …………. s.d ……………… Posisi/ Jabatan …………….
2.    PT.  ……..    dari Tahun …………. s.d …………….   Posisi/ jabatan …………….

Keahlian :
1.    Progammer , dll.

Penerapan Contoh CV yang menarik untuk posisi Manajemen, Staf Administrasi di perusahaan dan bank

CURRICULUM VITAE

Nama                                         :  Ilsha Yusna Setiawati
Tempat dan Tanggal Lahir : Bandung, 14 Maret 1992
Alamat                                    : Perum. Jatiasih Indah No.123 Blok A Bandung
No. HP                                    : 081322111222
Email                                        ilshayusna@gmail.com

Pendidikan :
Formal

  • Manajemen Informatika, Unikom, Bandung, 2011-2014
  • Memperoleh gelar Sarjana, lulus dengan indeks Prestasi 3.2 dari Skala 4.00;  Mata kuliah Sistem Basis Data : Sistem Informasi Manajemen;  Komunikasi Data, Pemrograman visual, Bahasa Inggris, Manajemen Perbankan, Akuntansi

Non Formal
Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa tahun 2012

Prestasi :
Terpilih sebagai peserta beasiswa dari Unikom Bandung

Pengalaman Organisasi : –
Sebagai Sekretaris Himpunan Mahasiswa Fakultas Komunikasi

Kegiatan-kegiatan :
Memberikan pelatihan public ‘Sistem Informasi Pemerintahan Desa’ pada perangkat desa se kecamatan Kabupaten Bandung Barat

Pengalaman Magang :
Staf Magang selama 1 bulan di  Bank  BJB  Kantor Cabang Padalarang tahun 2014

Uraian Tugas:
•    Membuat kompilasi laporan keuangan
•    Membuat Ssistem pencatatan atas berbagai transaksi keuangan perusahaan
•    Membuat form-form transaksi yang terjadi di perusahaan

Demikian saya buat dengan sebenar-bernarnya.

 

6 Pantrangan Ketika Mengirimkan Lamaran Kerja Lewat Email

Posted: 14 Apr 2015 03:35 PM PDT

Berbeda dengan mengirimkan dokumen lamaran via Pos, maka cara lamaran kerja lewat email ini kita harus men-scan berkas-berkas surat lamaran kerja terlebih dahulu sebagai kelengkapan melamar kerja selanjutnya berkas yang sudah dijadikan file elektronik tersebut kita ‘save’ dalam format pilihan JPG, PNG, DOC, PDF pada media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk dan media penyimpan file elektronik lainya. Bila sewaktu-waktu diperlukan atau digunakan, kita akan lebih mudah upload/unggah sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan. Garis besarnya, agar lebih memahami mengapa lamaran kerja via email tak kunjung mendapat jawaban , berikut ini kesalahan-kesalahan mendasar yang biasa dilakukan kandidat dalam mengirimkan lamaran kerja :

6 Pantrangan Ketika Mengirimkan lamaran kerja lewat email

Kredit gambar: losingtexture.blogspot.com

  1. Cover letter/ surat lamaran kerja yang tidak qualified. Membuat Lamaran Kerja Lewat Email sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini; Email Subject tidak di isi dengan kode posisi atau posisi jabatan yang dilamar dengan jelas. Body of Email, sebaiknya dibuat tidak lebih dari 4 paragraf, dengan masing-masing tidak lebih dari tiga baris, usahakanlah ditulis dengan singkat dan padat. Relevant experience, cantumkan sesuai dengan kebutuhan posisi yang dilamar, supaya tepat dan mendapatkan gambaran singkat mengenai kualifikasi dan kompetensi anda sasaran pada surat lamaran kerja via email. Contohnya kandidat yang bukan berlatar belakang pendidikan Keguruan tetapi mengirimkan lamaran untuk posisi Administrasi.
  2. CV lamaran kerja yang terlalu standar. Membuat lampiran Lamaran Kerja Lewat Email, sebaiknya tidak meniru template CV yang itu-itu saja. Buatlah CV yang lebih original dan sebagai portofolio diri. Bila malas dan tidak mau sedikit berusaha untuk menyesuaikan isi CV dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan, jangan heran jika seorang Hiring Manager maupun stafnya lebih tertarik menekan Tombol Delete (DEL) pada keyboard.
  3. Dokumen Lamaran Kerja Lewat Email atau data yang sudah kadaluwarsa. Hal paling menjengkelkan buat recruiter yaitu ketika lamaran kerja online kandidat sudah memenuhi kualifikasi, namun disaat hendak membalas lamaran kerja ternyata alamat emailnya bouncing ataupun nomor hp yang kirimkan kandidat tidak aktif.
  4. Dokumen Lamaran Kerja Lewat Email yang over kapasitas. Niatan melampirkan semua sertifikat kedalam lampiran dokumen lamaran kerja bukanlah hal yang bijak, akibatnya bukanya medarat dengan selamat juga masuk kedalam shortlist sebagai kandidat yang layak dipertimbangkan, melainkan makin cepat masuk kedalam trash folder. Disarankan lampiran dokumen lamaran kerja via email tidak lebih dari 1 atau 2 MB saja.
  5. Penulisan yang tidak cermat serta terkesan asal-asalan. Hindari kesalahan ejaan dalam penulisan dalam Lamaran Kerja Lewat Emaill, lamaran kerja yang tidak informatif serta lebih menonjolkan prestasi sekolah atau prestasi lain yang tidak relevan akan menyebabkan tujuan mengirimkan permohonan lamaran kerja menjadi tidak jelas intinya. Sekali lagi, seorang recruiter HRD cukup butuh 2 detik saja untuk menekan tombol Delete.
  6. Salah alamat/ salah sambung. Kesalahan paling krusial yang dilakukan kandidat pelamar kerja dalam mengirim Lamaran Kerja Lewat Email ialah salah dalam menulis tujuan perusahaan yang dilamar. Kasus ini masih banyak dilakukan para kandidat lebih dikarenakan oleh kecerobohan. Mungkin saja ini sebab pola pengiriman lamaran kerja yang masif maupun membuat satu dokumen untuk semua posisi dan perusahaan. Bila ini kita lakukan, hanya perlu waktu sekitar 1 detik saja seorang recruiter menekan tombol Delete sebab dianggap lamaran kerja yang salah sambung.

Demikianlah saran penting yang patut dijadikan pemahaman ketika membuat lamaran kerja via email. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat Lampiran Surat Lamaran Kerja dan Menyisipkan Attachment

Posted: 14 Apr 2015 03:06 PM PDT

Walau sebagian besar yang diperlukan perusahaan ialah berkas lamaran yang berupa file elektronik tapi Membuat Lampiran Surat Lamaran Kerja sebagai penulisan redaksi pengantar juga patut kita perhatikan. Pada prinsip penulisannya gunakanlah bahasa yang baik, mudah dipahami, tidak bertele-tele serta jelas maksud tujuannya. Redaksi yang dibuat bersifat surat permohonan lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file elektronik.

Cara Membuat Lampiran Surat Lamaran Kerja dan Menyisipkan Attachment

Kredit gambar: gakerja.com

Perhatikan contoh penulisan surat lamaran kerja via email :

—————————

To : Support@sucofindo.co.id
Cc : –
Subject : ADM (Admiministration Staff)

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi pada website, bahwa PT Sucofindo Indonesia membutuhkan beberapa lowongan Supervisor, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Vivin Aprila
Alamat : Jl. Raya Baru – Bandung
Usia : 24 Tahun
Pendidikan : S1 Teknik Informatik Universitas Komunikasi Bandung

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini saya lampirkan satu laman daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bpk/Ibu yang saya lampirkan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk di tes dan di wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Vivin Aprila

———————–

Setelah Membuat Lampiran Surat Lamaran Kerja maka tahap berikutnya yaitu menyisipkan Attachment atau file yang akan disertakan. khusus bagi pengguna Gmail menu Add Attachment maupun Lampirkan File ada pada menu bawah bergambar clip. Silakan 'klik' gambar (image) tersebut dan pilih file dokumen yang akan dilampirkan dari file folder yang ada di media penyimpanan atau laptop/komputer.

Perlu dicatat, ketika melakukan Scan berkas dokumen lamaran kerja usahakanlah ukuran file dokumen tidak terlalu besar, hal ini bertujuan supaya disaat mengupload file mengirim Membuat Lampiran Surat Lamaran Kerja prosesnya tidak lama. Kita bisa melakukan setting lewat software scanner untuk menentukan ukuran file hasil scan. Sedangkan jika ukurannya masih dianggap besar  maka ukuran file bisa dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager, Paint atau yang lainnya.

Supaya lebih simple ketika Membuat Lampiran Surat Lamaran Kerja, susunlah semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam format microsoft office word (setidaknya versi 2007) kemudian menyimpannya (save as) sebagai file PDF, atau kita bisa memasukan file berkas lamaran menjadi dalam satu folder. Kemudian mengkompresnya menjadi sebuah file format zip atau rar. Tujuannya untuk meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload dan kapasitas file dokumen menjadi lebih ringan.

Trik Membuat Curriculum Vitae Menarik dan Mudah Mendapat Panggilan

Posted: 14 Apr 2015 02:48 PM PDT

Membuat Curriculum Vitae Menarik yang mudah dipahami bukan sekedar tata bahasa yang baik, namun disamping itu mampu menyajikan informasi yang betul-betul dipahami kedua belah pihak. Kalau dilihat dari kepentingannya, hubungan seorang pencari kerja maupun perusahaan hakikatnya adalah hubungan yang saling menguntungkan. Praktisnya kalau seorang recruiter (HRD) mempunyai kepentingan untuk mendapatkan kandidat potensial, sedangkan pelamar kerja memiliki kepentingan mendapat pekerjaan yang sesuai.

Trik Membuat Curriculum Vitae Menarik dan Mudah Mendapat Panggilan

Kredit gambar: emske.com

Beberapa saran yang bisa kita catat ketika hendak Membuat Curriculum Vitae Menarik agar bisa memberi isyarat lamaran kerja bisa direspon positif oleh HRD ;

  • Penyesuaian isi CV. Yang dimaksud dari penyesuaian disini ialah melakukan beberapa perubahan dalam content CV kerja, yakni sebisa mungkin informasi yang diberikan menunjukan kemampuan dan kompetensi menyamai atau setidaknya mendekati kualifikasi yang dibutuhkan. Sederhananya, mencari tahu job deskripsi dari posisi yang kita lamar atau bisa dilihat dari iklan lowongan kerja yang biasanya mencantumkan berbagai persyaratan juga kualifikasinya. Agar tampak relevan, silakan sesuaikan berbagai riwayat pengalaman dan skill yang dipunyai dengan kualifikasi yang diperlukan. Jangan sampai CV kerja yang dibuat malah terkesan generik bahkan tidak sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan.
  • Prestasi. Jangan sungkan untuk mencantumkan prestasi yang telah diukir, baik semasa pendidikan ataupun ditempat pekerjaan sebelumnya. Ini menjadi kesempatan terbaik untuk membuktikan bahwa prestasi bisa memberikan kontribusi buat perusahaan. Prestasi acapkali menjadi ‘kartu truf” bagi kandidat (pelamar kerja) yang masih minim pengalaman kerja.  Sebaliknya bagi yang sudah merasakan pengalaman kerja, hal ini sebagai indikasi bahwa dirinya seorang pribadi yang tanggung jawab, tekun dan antusias dalam pekerjaannya. Jadi, buat seorang recruiter tak ada alasan lagi untuk menolak apalagi tidak memberi kesempatan interview.
  • Progresifitas. Mengapa progresifitas dalam berkarir ini menjadi penting?, hal ini bisa menjadi poin krusial bagi seorang recruiter dalam melakukan pertimbangan.  Boleh jadi riwayat karir progresif merupakan stimulus paling nyata dalam membuat pertimbangan seorang Recruiter HRD, apakah kandidat mampu memberikan performa kerja terbaiknya sehingga pantas mendapat ganjaran yang layak bagi kandidat yaitu berupa panggilan wawancara kerja atau diterima kerja karena kandidat betul-betul penting direkrut oleh sebab progresifitas kerjanya. Misalnya jenjang karir yang ditunjukannya jelas, dari pengalamannya mulai dari staf officer kemudian menjadi leader team dan menduduki jabatan level-level seterusnya.
  • Konsistensi. Salah satu kunci Recruiter HRD menghubungi kandidat ialah adanya riwayat pengalaman yang cukup panjang. Kalau boleh dibandingkan, seorang Recruiter akan memilih Kandidat yang memiliki konsistensi dengan rentang pengalaman dibidangnya dibanding kandidat yang berpindah-pindah jalur pekerjaannya. Sebagian besar pihak perusahaan lebih menyukai para spesialis seperti ini guna mengisi setiap posisi yang lowong dan dibutuhkan.

Dari penjelasan di atas diharapkan akan menuai pengetahuan dan pencapaian yang baru, Outcome-nya kita akan lebih mengerti tentang sebuah pandangan dalam membuat CV kerja yang baik dan mudah dipahami. Semua unsur memiliki kepentingan yang sama, jadi perbaikilah cara melamar kerja jika Anda bosan ditolak. Fokuskan tujuan membuat daftar riwayat hidup yang menarik agar mendapatkan kesempatan seleksi dan wawancara kerja.

No comments:

Post a Comment