Thursday, October 2, 2014

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Tips Langkah Sukses Wawancara Kerja Di Bidang Farmasi

Posted: 02 Oct 2014 04:30 PM PDT

Wawancara Kerja Farmasi – Mencoba melamar Menjadi salah satu perawat di Lembaga kesehatan dan Mendapatkan panggilan untuk mengikuti wawancara kerja di tempat tersebut tentulah menjadi kebanggaan tersendiri. Tidak mudah menjadi seorang yang memiliki profesi di bidang farmasi ini. Karena, mungkin ini merupakan profesi berkaitan dengan kesehatan, kemampuan dan mental seseorang benar-benar harus dipakai dalam bekerja disini. Terutama anda yang menekuni bidang farmasi yang mendapatkan panggilan disalah satu instansi Rumah sakit baik menjadi dokter, atau perawat. Memiliki pekerjaan dalam bidang kesehatan sangat disegani oleh orang, jadi anda yang saat ini mendapatkan kesempatan untuk memiliki profesi itu jangan buang percuma siapkan diri anda untuk wawancara kerja dengan beberapa langkah berikut :

Tips  Langkah Sukses Wawancara Kerja Di Bidang Farmasi

kredit gambar : www.anakkedua.com

  • Kenali Instansi Kesehatan Yang Akan Menjadi Tempat Anda Bekerja
    Hal ini penting karena kerap kali pertanyaan tentang alasan Anda melamar suatu pekerjaan muncul dalam sebuah interview kerja. ika Anda melakukan “riset” kecil-kecilan, maka Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan informasi detail. Dengan mengetahui perusahaan sebelum Anda memulai wawancara kerja, Anda juga akan memiliki bekal pertanyaan untuk interviewer di akhir sesi.
  • Berlatih Menjawab Pertanyaan
    Pikirkan tentang pertanyaan apa saja yang biasanya diajukan para pewawancara. Kemudian, latihlah jawaban Anda dengan menyuarakannya secara lantang atau menuliskannya di kertas. Tetapi, jangan membaca apa yang Anda tulis itu selama interview karena hal ini justru akan membuat Anda tidak fokus.
    Beberapa pertanyaan yang umum diajukan saat interview kerja farmasi:
    - Apa yang anda ketahui tentang kesehatan?
    - Mengapa Anda melamar untuk posisi ini?
  • Persiapakan Portofolio
    Supaya Anda terlihat profesional dan kredibel ketika membawa hard copy portofolio dalam sesi interview kerja. Bahkan, beberapa contoh pekerjaan saja sudah cukup memberikkan kesan yang baik.
  • Persiapkan pakaian
    Pakailah pakaian yang sopan dan sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar. Apa yang Anda kenakan sangatlah penting. Anda harus memberikan penampilan profesional saat interview kerja. Selain itu, mengetahui baju apa yang akan Anda kenakan juga akan membuat hari Anda lebih mudah.
  • Tanamkan Sikap Ramah
    Menjadi seorang yang berprofesi untuk melayani masyarakat tentunya harus memiliki sikap yang disenangi orang, tanamkan sikap ramah, namun jangan dibuat-buat. Tetapi jika anda memiliki kpribadian yang kurang welcome kepada orang lain, belajarlah bersosialisasi dan tanamkan jiwa yang berbudi.
  • Tarik Napas Dalam Sebelum Interview
    Jika Anda merasa gugup, cobalah menarik napas panjang untuk meredakan kegugupan Anda.

Saat wawancar berlangsung lakukan sikap berikut :

  1. Datanglah Lebih Awal.
    Anda bisa datang 15-20 menit lebih awal untuk merapikan serta mempersiapkan diri anda. Dan jika anda mengalami keterlambatan, segera informasikan kepada pewawancara dengan menghubungi perusahaan tersebut.
  2. Ucapkan salam. Berikan kesan awal yang baik
    Saat anda memasuki ruangan, ucapkanlah salam dengan intonasi suara yang tepat. Misalnya dengan ucapan salam “Selamat pagi Pak/Bu”, atau anda bisa menambahkan kata-kata pamungkas “Senang bisa bertemu dengan anda” atau “Sebuah kehormatan bisa bertemu dengan anda”. Kata-kata pujian atau complimentary merupakan kata-kata yang pasti setiap orang senang mendengarnya.
  3. Lakukan Jabat Tangan.
    Sodorkan tangan anda sekaligus perkenalkan diri anda. Genggam tangan pewawancara dengan hangat dan erat namun tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lemah.
  4. Jangan Duduk Sebelum Dipersilahkan.
    Tetap pada posisi anda, jangan langsung duduk sebelum anda dipersilahkan untuk duduk. Meskipun terkesan sederhana, namun pewawancara sesungguhnya bisa menilai attitude atau sikap anda dari hal tersebut. Duduklah dengan tegak namun santai dan tetap sopan sehingga anda bisa melakukan wawancara dengan rileks.
  5. Tebarkan Senyum dan Lakukan Kontak Mata.
    Tebarkan senyum hangat dan lakukan kontak mata kepada pewawancara. Kontak mata merupakan salah satu indikasi rasa percaya diri serta salah satu bentuk fokus perhatian dari anda yang diberikan kepada pewawancara.

Semoga Berhasil – Wawancara Kerja Farmasi

 

Jadikan Wawancara Kerja Pertama Anda Lolos Dengan Tips Ini

Posted: 02 Oct 2014 04:25 PM PDT

Wawancara Kerja Untuk Lulusan Baru -  Anda yang akan terjun keduia kerja Setelah lulus dari massa pendidikan yang anda pikirkan jelas mencari kerja. iyakan?? karena, tujuan sekolah merupakan modal anda untuk bekerja. Mencari pekerjaan tentunya adalah hal yang tidak mudah, mulai dari anda mencari-cari lowongan, membuat surat lamaran, dan mengikuti berbagai jenis tahapan tes yang diberikan perusahaan.

Jika saat ini anda mendapatkan panggilan kerja berarti anda sudah lolos dalam tahapan sebelumnya. Dan tentunya anda tidak ingin kegagalan ada berada ditahapan tes ini, karena ini merupakan langkah akhir untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan, oleh sebab itu, tidak aneh jika Banyak yang stress akibat kegagalan dalam menghadapi wawancara kerja. Meskipun anda merasa smart namun belum tentu anda bisa lolos di tahapan ini. Kenapa? karena yang dinilai dalam tes ini bukan hanya kemampuan otak anda, melaikan dari sisi lain yang anda miliki. Seperti sikap anda, karakter anda, itu akan menjadi penentu keberhasilan anda dalam wawancara kerja. Tidak mudah menerobos tahapan ini. Butuh persiapan yang lebih dibandingkan persiapan yang telah anda lakukan untuk tes sebelumnya. Lalu persiapan seperti apa??

Nah, bagi anda yang baru pertama kali mengikuti Tes ini disini ada beberapa hal yang penting untuk anda ketahui saat menghadapai wawancara kerja :

Jadikan Wawancara Kerja Pertama Anda Lolos Dengan Tips Ini

kredit gambar : pramugarisulsel.blogspot.com

  • Persiapkan Mental Anda
    Kesiapan Mental ini sangat penting dan berpengaruh sangat besar untuk keberhasilan wawancara kerja anda. karena siapnya mental akan memberikan rasa percaya diri kepada anda, dan rasa percaya diri sangat diperlukan saat wawancara kerja. sebagain besar mereka yang gagal itu disebabkan karena kurangnya rasa percaya diri. Agar anda bisa melalui tahapan ini cara sederhananya yaitu dengan mencoba mencari tahu dari pengalaman seseorang yang telah berpengalaman dalam tes ini. Setidaknya anda memiliki gambaran dan bisa mengetahui keadaanya seperti.
  • Siapkan Pakaian Yang Akan Anda Gunakan
    Pakailah pakaian yang bersifat formil, sesuaikan dengan posisi dan perusahaan yang akan anda lamar. Pakaian rapih, bersih, dan terlihat nyaman. Jangan terlalu ketat dan jangan terlalu longgar.
  • Lakukan Reseach Tentang Perusahaan Yang Anda Lamar
    Jangan pernah anda pergi untuk wawancara tanpa mengetahu informasi tentang perusahaan. Ini guna untuk  membuktikan keseriusan anda untuk bekerja diperusahaan tersebut. Setidaknya ada mengetahui perusahaan itu bergerak di bidang apa, posisi yang dibutuhkan, dan hal-hal lain yang di anggap penting. Maksudnya ini untuk pengetahuandan bahan diskusi saat wawancara kerja nanti.
  • Mengetahui Pertanyaan dan Siapkan Jawaban
    Untuk kemantapan jawaban yang akan anda berikan, cari tahu tentang pertanyaan yang biasa diajukan oleh pewawancara kerja kepada pelamar, anda bisa menanyakan kepada rekan atau sodara yang berpengalaman atau search di internet. Kemudian siapkan jawaban yang tepat dan lakukan latihan.
  • Pelajari Sikap Tubuh
    Sikap tubuh anda juga berpengaruh dalam keberhasilan wawancara nanti, ketahui beberapa sikap yang harus anda lakukan. Baik dari sikap duduk, cara berjabat tangan, dan lain sebagainnya untuk lebih jelas bisa anda search Sukseskan Wawancara Kerja Anda Dengan 7 Sikap

Itulah beberapa persiapan yang bisa membantu anda untuk  wawancara kerja nanti. Semoga sukses- Wawancara Kerja Untuk Lulusan Baru

Sukseskan Wawancara Kerja Anda Dengan 7 Sikap

Posted: 02 Oct 2014 04:20 PM PDT

Keberhasilan dan Kegagalan adalah hal yang selalu berdampingan disaat anda memiliki tujuan untuk mendapatkan maksud dari harapan Anda. salah satu contohnya dalam sebuah wawancara kerja. mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan sangatlah memerlukan pengorbanan untuk mewujudkan keinginan itu. Berhasi atau Gagal itu merupakan pilihan, tergantung bagaimana anda dapat menyikapi hal tersebut dalam mempersiapkannya.

Secara umum wawancara adalah sesi tanya-jawab. Namun untuk lolos dari tahapan ini, jangan terlalu memfokuskan diri anda pada jawaban yang akan anda berikan saat wawancara nanti. Memang jawaban yang cermat dan bisa memuaskan pewawancara adalah hal yang penting. Tetapi, penilaian yang dilakukan oleh seorang HRD tidak hanya pada jawaban saja, melainkan ada poin-poin lain. Seperti penampilan, dan sikap anda. Lalu sikap seperti apa yang harus anda berikan saat wawancara berlangsung ?

Sukseskan Wawancara Kerja Anda Dengan 7 Sikap

kredit gambar ; www.vemale.com

Berikut beberapa Sikap Wawancara Kerja Yang Baik yang sebaiknya anda lakukan saat menghadapi wawancara kerja :

  1. Postur Tubuh
    Dari pertama Anda masuk, orang-orang sudah memperhatikan akan membuat penilaian terhadap diri Anda.  Orang lain dapat menangkap kepercayaan diri Anda melalui postur tubuh yang ditampilkan. Saat memasuki lingkungan perusahaan, berdirilah tegap, dengan pandangan lurus, namun tidak perlu mengangkat dagu.
  2. Posisi Kepala
    Untuk meningkatkan rasa percaya diri selama wawancara, posisikan kepala Anda tegak secara horizontal dan vertikal. Ini memberikan sinyal bahwa Anda serius dalam menggapai tujuan. Namun untuk membangun suasana yang lebih bersahabat, miringkan sedikit kepala Anda untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang cukup mampu bersimpati terhadap lawan bicara.
  3. Jabat Tangan
    Lakukan jabat tangan yang hangat, tekanan yang tepat, dan berikan ruangan yang cukup bagi tangan pewawancara. Jadilah yang terakhir melepaskan jabatan tangan tersebut. Anda dapat mengetahui waktu yang tepat untuk melakukannya, yaitu saat tangan si pewawancara mulai mengendur.Jabatan tangan sering dikaitkan dengan siapa diri anda sebenarnya.
  4. Sikap Duduk
    Duduklah dengan posisi senyaman mungkin, namun jangan terlalu santai. Jangan menampakan sikap tubuh yang kurang berwibawa. Jangan terlihat tegang dan jangan lakukan sandaran pada kursi.
  5. Sikap Kaki
    Terkadang saat wawancara berlangsung, kita merasa cemas, gugup, stres, atau terlalu antusias. Kemudian kaki Anda melakukan gerakan-gerakan yang tidak disadari. Misalnya bergoyang-goyang, baik secara vertikal maupun horizontal. Upayakan kaki anda tetap tenang saat wawancara, rileks saja, jangan terlalu kaku namun juga jangan terlalu santai.
  6. Gerakan Tangan Tangan
    Posisi tangan sebaiknya diletakkan di sisi tubuh saat berjalan atau diletakkan di pangkuan saat anda sedang duduk. Jangan menyilangkan tangan di depan dada, karena hal tersebut mengisyaratkan bahwa Anda merasa kurang nyaman boleh lakukan gerakan tangan namun Anda menggerakan tangan untuk memperjelas setiap jawaban yang Anda kemukakan kepada pewawancara. Tapi jangan sampai menggerakan tangan terlalu sering, karena hal tersebut dapat mengesankan bahwa Anda mengalami keraguan atau kecemasan saat memberikan jawaban bagi pewawancara.
  7. Ekspresi Wajah
    Ekspresi wajah adalah hal utama yang diperhatikan oleh orang yang akan mewawancara Anda. Bagaimana pandangan mata Anda?? dalam pandangan mata pewawancara dapat melihat siap tidaknya anda. Apabila Anda merasa kurang percaya diri, jangan mengarahkan pandangan mata ke arah bawah Usahakan pandangan mata terarah pada daerah segitiga aman, yaitu ujung alis kiri, hidung bagian bawah, dan ujung alis kanan. Jangan menunjukan senyum yang over pe-de, terlalu yakin bahwa Anda yang paling pantas untuk menerima posisi tersebut. Berikanlah senyum yang tulus dan bersahabat kepada pewawancara. Dan Lakukan kontak Mata yang baik.

Sekarang anda sudah mengetahui bagaimana Sikap Wawancara Kerja Yang Baik yang harus anda lakukan. Pahami, pelajari, dan selamat mencoba . Semoga Sukses

 

 

10 Pertanyaan Umum Sekaligus Tips Menjawab Saat Wawancara Kerja

Posted: 02 Oct 2014 04:17 PM PDT

Wawancara Kerja – Sudah bukan rahasia dan tidak aneh lagi bukan dengan kata interview atau wawancara kerja bagi setiap orang yang melamar pekerjaan pastinya akan bertemu dengan tahapan ini. Interview atau wawancara kerja ini merupakan hal paling kritikal karena tes ini merupakan  poin penting dan berpengaruh besar bagi diri anda untuk dapat diterima dari perusahaan yang anda minati untuk bekerja. Pada saat Anda dipanggil untuk melakukan wawancara kerja, sangat penting untuk Anda dalam mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat sukses untuk lolos wawancara kerja sesuai dengan harapan Anda.
Maka dari itu persiapkanlah diri anda sesiap dan seprima mungkin, baik fisik dan mental.

10 pertanyaan umum dan jawaban wawancara kerja

Kredit gambar : samangi.blogspot.com

Tidak aneh juga wawancara tentunya adalah sesi tanya jawab antara pewawancara dengan pelamar. pertanyaan seperti apakah? dan bagaimana cara menjawabnya?
Nah, Disini akan ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan dan bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut.

  1.  Pewawancara Pasti Mempertanyakan Tentang Diri Anda.
    Berikan jawaban yang menjawab empat subjek yaitu : tahun-tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karir trakhir.
  2. Apa Yang Anda Ketahui Dari Perusahaan Kami ?
    Ketika pertanyaan itu dikeluarkan , Berikan jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti "Saya tahu perusahaan anda mengalami problema-problema, itu alasan saya disini". Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal tersebut.
  3. Keahlian Apa Yang Anda Miliki ?
    Maka sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir  yang anda telah capai.
  4. Apa Yang Anda Cari Di Dalam Sebuah Pekerjaan ?
    Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi. Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yang mempersoalkan kestabilan keuangan pribadi.
  5. Menurut Anda Apa efinisi dari potensi yang anda inginkan ?
    Berikan jawaban yang singkat dan berkisar tentang tugas dan kewajiban. Pastikan Anda mengerti posisi tersebut sebelum Anda hendak menjawab.
  6. Berapa Lama Anda Akan Bersama Kami ?
    Beritahukan pewawancara bahwa Anda tertarik berkarir bersama perusahaan tersebut namun Anda ingin tetap tertantang untuk mencapai target bersama.
  7. Kenapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Anda yang Sebelumnya  ?
    Anda sebaiknya menjawab pertanyaan ini dengan jujur namun singkat dan jelas termasuk jika hal tersebut Anda terbawa emosi.
  8. Berapa Gaji yang Anda Minta  ?
    Ini pertanyaan yang mengiurkan, namun pastikan Anda menyebutkan angka kisaran yang Anda yakin merupakan gaji yang pantas atau bertanya pada pewawancara berapa kisaran pada pekerjaan sejenis. Jika Anda diberi pertanyaan ini dari awal wawancara, sebaiknya Anda mengelaknya dengan mengatakan Anda ingin tahu seberapa banyak tanggung jawab yang akan Anda pegang di perusahaan tersebut. Tekankan  bahwa Anda lebih mementingkan pekerjaannya namun jangan menjual standar Anda.
  9. Apa Target Jangka Panjang Anda  ?
    Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda lagi-lagi diharuskan meneliti perusahaan tersebut dan mengetahui rencana dan/atau target mereka lalu memberikan jawaban yang singkron dengan milik perusahaan.
  10. Seberapa Sukses yang Anda Rasa Telah Capai ?
    Berikan jawaban yang positif dan percaya diri, namun jangan memberikan jawaban yang berlebih. Jangan membuat pewawancara merasa Anda seorang yang suka membesar-besarkan sesuatu.Semoga pertanyaan tersebut dapat anda temukan saat wawancara kerja . sehingga anda dapat mengeluarkan jawaban yang telah anda siapkan. Semoga Berhasil

 

Pertanyaan Wawancara Kerja Tentang Kemampuan Manajerial

Posted: 02 Oct 2014 04:15 PM PDT

Persiapan Wawancara Kerja – Khususnya bila Anda adalah kalangan kutu loncat dan sudah pegang posisi sebagai manajer, maka pertanyaan terkait kemampuan manajerial SDM akan jadi santapan tes wawancara Anda. Tapi ternyata kemampuan ini kan hanya bisa diamati secara akurat dengan adanya interaksi dengan orang lain. Ini tentunya tidak bisa disimulasikan di tes wawancara kerja. Namun paling tidak sang pewawancara bisa mengetahui sejauh mana Anda bisa mendeskripsikan dengan apik pengalaman manajerial SDM Anda. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pihak pewawancara seputar kemampuan Anda dalam manajerial, yaitu sebagai berikut:

Pertanyaan Wawancara Kerja Tentang Kemampuan Manajerial

Kredit gambar: careernews.web.id

1. Jika Anda saya tempatkan sebagai manajer departemen, maka berdasarkan pengalaman Anda, bagaimana cara membangun hubungan saling pengertian dengan para staf?

Pertama-tama, saya akan coba ketahui lebih banyak lagi tentang setiap orang yang ada, dalam urusan profesional dan juga pribadi. Setiap staf tentunya adalah individu yang unik sehingga tidak bisa begitu saja dievaluasi mentah-mentah berdasarkan ukuran atau standar baku tertentu. Fokus pada hubungan supervsior dan bawahan hanya akan menghasilkan monolog alih-alih dialog. Ini adalah permasalahan dan tantangan dari setiap manajer. Yang jelas, saya akan memulainya dengan banyak mendengarkan alih-alih banyak berbicara.

2. Bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan staf dan atasan Anda?

Dalam banyak kasus, seorang manajer harus mengembangkan gaya komunikasi yang empatik dan konsisten sehingga bawahan bisa paham dan tak salah persepsi. Saya mengutamakan asertivitas dalam berkomunikasi dengan para staf. Setiap manajer perlu ketahui keunikan karakter tiap bawahan dan juga atasan sehingga kemudian bisa menyesuaikan diri dengannya. Ada mereka yang bisa didekati dengan gaya yang gaul dan blak-blakan, tapi ada juga yang hanya bisa didekati dengan gaya yang formal. Manajer yang efektif tahu bagaimana membaca orang lain dan berkomunikasi dengan gaya yang tepat.

Yang jelas, kemampuan komunikasi tidak hanya didapat dengan mendengar dengan telinga, namun juga dengan hati. Ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghindari misunderstanding. Berdasarkan pengalaman, memang butuh tenaga dan waktu lebih, tapi hasil yang saya dapat hingga saat ini amatlah worth it, lah. Kalau dalam NLP ini disebut "pacing", yakni untuk 'nyambung' dulu dengan orang lain sebelum kita bisa mengarahkannya.

3. Apa yang Anda lakukan terhadap karyawan yang tidak perform dengan baik?

Pertama-tama, saya akan pastikan segala aturan dan prosedur perusahaan, serta seluruh perundangan terkait situasi ini sudah saya jalankan dengan baik. Setiap karyawan berhak mendapatkan kesempatan untuk melakukan perbaikan dengan setidaknya satu buah peringatan jika perlu. Saya akan menangani sendiri dan memberi peringatan tertulis dengan tenggat waktu, lengkap dengan arahan perbaikan yang bisa ditempuh. Setelah itu saya akan amati yang bersangkutan dengan baik serta tak lupa memberi dia penghargaan jika dia memang menunjukkan upaya serius untuk lakukan perbaikan diri.

Tapi jika kemudian pengarahan dan peringatan tidak bisa membawa hasil, saya tak akan segan untuk memberhentikan yang bersangkutan. Memang memecat karyawan bisa jadi adalah hal terberat bagi seorang manajer, ada perasaan iba, kasihan dan tak tega. Tapi bagaimanapun seorang manajer juga punya kewajiban untuk melindungi kepentingan perusahaan. Dan kemudian, saya akan pastikan keputusan saya terdokumentasikan dengan baik dan juga alasan-alasan pemberhentian dari karyawan bersangkutan.

4. Tindakan apa yang Anda lakukan ketika menghadapi masalah?

Sebelum bertindak, saya berpikir. Saya coba untuk ambil jarak dari permasalahan sehingga saya bisa memandang masalahnya dengan lebih obyektif untuk kemudian menganalisanya dari semua sisi. Terkadang saya bahkan menuliskannya di papan atau kertas untuk bisa melihatnya dengan lebih jelas.

5. Setelah Anda membuat keputusan, apakah Anda tetap konsisten pada keputusan itu?

Biasanya sih iya, karena sampai saat ini model problem solving dan pengambilan keputusan saya terbukti efektif. Tapi bagaimanapun saya punya fleksibilitas. Ketika apa yang sudah diputuskan ternyata tidak mendatangkan hasil yang diharapkan, saya membuat modifikasi. Terkadang modifikasi yang kecil sudah cukup untuk hasilkan perbedaan yang besar.

 

Hal Yang Harus Anda Persiapkan Untuk Wawancara Kerja Bidang Finance

Posted: 02 Oct 2014 04:10 PM PDT

Wawancara Kerja Bagian Finance – Wawancara kerja merupakan salah satu bagian dari proses rekrutmen karyawan baru di perusahaan, termasuk perusahaan yang bergerak di bidang finance seperti Perbankan. Melalui proses wawancara, perusahaan dapat mengevaluasi hal-hal yang mungkin kurang terdeteksi melalui resume dan tes tertulis, seperti keterampilan teknis dan kepribadian kandidat. Dalam wawancara kerja, anda akan “menjual” diri dan kemampuan anda, jadi lakukan persiapan dengan baik. Berikut adalah beberapa tips wawancara kerja untuk anda yang memang akan melangsungkan sesi wawancara kerja bagian finance:

Hal Yang Harus Anda Persiapkan Untuk Wawancara Kerja Bidang Finance

Kredit gambar: careernews.web.id

Sebelum wawancara

Pastikan bahwa anda mencatat informasi wawancara dengan jelas, seperti nama perusahaan, alamat, waktu dan siapa pewawancara anda. Luangkan waktu paling tidak sehari sebelum wawancara untuk mengetahui dengan pasti lokasi dan bagaimana cara anda ke sana.

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang mengundang anda. Dengan demikian anda akan lebih siap untuk menjawab maupun mengajukan pertanyaan pada pewawancara. Anda juga dapat lebih mengetahui apakah perusahaan tersebut cocok dengan anda.

Apa yang akan anda katakan dan lakukan pada saat wawancara menentukan apakah perusahaan meneruskan anda ke tahap wawancara berikutnya atau mengeliminasi anda dari daftar kandidat. Pelajarilah pertanyaan-pertanyaan umum yang biasa ditanyakan pada saat wawancara dan berlatihlah untuk menjawabnya.

Baca ulang resume anda. Ketahuilah dengan pasti apa yang anda tulis di sana. Ingatlah dengan baik waktu pengalaman kerja dan masa pendidikan anda. Sebisa mungkin usahakan agar tanggal-tanggal tersebut tidak tertukar atau salah. Ketidaksesuaian antara resume dengan penjelasan anda saat wawancara dapat mengurangi nilai anda.

Kesan pertama dapat membuat perbedaan yang besar dan perusahaan akan mendapatkan kesan pertama tersebut dari penampilan dan gaya berpakaian anda. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu berpenampilan profesional dalam wawancara kerja. Berpakaianlah seakan-akan anda siap bekerja hari itu juga.

Jangan pernah datang terlambat. Datanglah 10 – 15 menit sebelum waktu yang telah ditentukan. Biasanya perusahaan akan meminta anda untuk mengisi formulir lamaran sebelum memulai wawancara. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk mengisi formulir dengan tenang. Jika anda terpaksa datang terlambat, teleponlah ke perusahaan dan jelaskan alasan keterlambatan anda. Namun juga jangan datang terlalu awal (misalnya 1 jam sebelumnya), hal ini dapat mengganggu pewawancara, apalagi jika ada keterbatasan tempat menunggu.

Bawalah resume extra, alat tulis dan buku catatan. Mungkin saja anda akan memerlukannya.
Periksalah penampilan anda sebelum masuk ke ruang wawancara, mungkin rambut anda berantakan atau ada sisa makanan yang terselip di gigi. Ingat, kesan pertama sangat penting.

Saat wawancara

Jabatlah tangan pewawancara anda dengan erat (tapi jangan terlalu keras) dan sebutkanlah nama anda dengan jelas. Jangan duduk sebelum dipersilahkan. Ingatlah dengan baik nama pewawancara anda.

Tunjukkan sikap yang tenang namun antusias, sikap anda yang positif akan diingat oleh pewawancara. Jagalah kontak mata dengan pewawancara, jika anda diwawancara oleh lebih dari satu orang, beresponlah kepada yang mengajukan pertanyaan kepada anda, tapi saat menjawab sesekali buatlah kontak mata dengan pewawancara yang lain. Dengarkan setiap pertanyaan dan penjelasan dari pewawancara dengan baik. Jangan menyela sebelum ia mempersilahkan anda berbicara.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan secara rinci, jelas, dan tepat pada sasaran. Namun berhati-hatilah agar jawaban anda tidak terlalu panjang dan bertele-tele.
Tanyakanlah kembali maksud dari pertanyaan pewawancara jika anda merasa kurang jelas.

Gunakan bahasa yang formal dan baik, bukan bahasa prokem atau gaul, kecuali jika anda diwawancara untuk posisi yang menuntut penggunaan bahasa tersebut. Cobalah untuk menghubungkan jawaban anda dengan apa yang anda ketahui tentang perusahaan jika apa yang telah anda capai merupakan sesuatu yang dicari oleh perusahaan.

Setelah wawancara

Ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan oleh pewawancara. Bertanyalah mengenai langkah selanjutnya dari proses rekrutmen ini atau kapan kira-kira anda mendapat keputusan dari perusahaan. Anda dapat meminta kartu nama dari pewawancara atau nama orang yang bisa dihubungi untuk informasi kelanjutan proses rekrutmen. Berilah waktu kurang lebih dua minggu sebelum anda menelepon perusahaan dan menanyakan kabar mengenai hasil wawancara anda.

Lowongan Kerja Bank Andara

Posted: 02 Oct 2014 04:07 PM PDT

Profil Bank Andara

Lowongan Kerja Bank Andara – Bank Andara didirikan pada tahun 2009 oleh pemegang saham yang di kenal memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan sektor ekonomi mikro di indonesia dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Lowongan Kerja Bank Andara

Kredit gambar : ekonomi.inilah.com

Sektor keuangan mikro di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia dengan sekitar 50.000 lembaga keuangan mikro (LKM) yang melayani lebih dari 40 juta orang. Namun demikian, diperkirakan 50 juta penduduk saat ini masih belum mendapatkan akses terhadap jasa keuangan dan hampir separuh dari jumlah tersebut hidup dengan penghasilan dibawah US$2 per hari.

Usaha mandiri adalah fitur kunci dari ekonomi Indonesia. Lebih dari 40 juta penduduk merupakan pengusaha mandiri dalam bentuk usaha mikro dan kecil, namun hanya 13 persen yang memiliki akses ke jasa keuangan formal. Keuangan mikro adalah sebuah cara yang telah terbukti mampu membantu penduduk untuk keluar dari kemiskinan secara permanen. Akan tetapi, saat ini hal tersebut masih belum mencapai target sesuai potensi atau skala maksimumnya di Indonesia.

Industri keuangan mikro Indonesia didominasi oleh lembaga keuangan mikro (LKM) kecil, yang rata-rata melayani kurang dari 10.000 nasabah aktif melalui pemberian pinjaman individu, dengan pendanaan diperoleh terutama dari simpanan nasabah. Sektor LKM tersebut meliputi berbagai jenis lembaga milik swasta dan milik publik, mulai dari bank komersial dan bank di pedesaan hingga koperasi dan lembaga milik desa.

Meskipun berskala cukup besar, sektor keuangan mikro di Indonesia masih memiliki kelemahan. Masih terdapat tantangan yang cukup besar yang dihadapi oleh LKM untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya serta memperluas jangkauan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang lebih luas lagi.

Salah satu tantangan tersebut adalah kurangnya akses terhadap permodalan. Hasilnya, sebagian besar lembaga keuangan mikro hanya mampu melayani nasabah dengan produk-produk mendasar yang sangat sederhana. Ditambah lagi, sebagian besar masyarakat berpenghasilan rendah berada di luar jangkauan pelayanan, sehingga mereka dinilai beresiko tinggi untuk diberikan fasilitas pinjaman.
Sumber bankandara.co.id

Lowongan Kerja Bank Andara

Update 03 Oktober 2014

POSISI : General Affairs Administration

JOB DESCRIPTION

  • Proses Pembayaran Faktur
  • Mengelola Permintaan Pembayaran & Pembelian Pesanan Formulir
  • Pemantauan penggunaan mobil operasional
  • Merekam semua peralatan kantor
  • Kontrol distribusi Stationary & pengiriman cek

Persyaratan:

  1. Usia maksimal 30 tahun
  2. Pendidikan gelar Sarjana S1 diploma D3 Jurusan ekonomi atau manajemen
  3. Komunikasi yang baik dan pemecahan masalah keterampilan
  4. Bersedia ditugaskan dari kantor / ponsel
  5. pekerja keras

Penutupan tanggal 05 Oktober 2014. Jika Anda tertarik dan memenuhi syarat, silakan kirim aplikasi lengkap Anda.
Website: http://www.bankandara.co.id
Semua aplikasi akan dijaga kerahasiaannya dan hanya kandidat terpilih akan dihubungi.
Sumber Lowongan

Lowongan Kerja Rabobank International Indonesia

Posted: 02 Oct 2014 04:06 PM PDT

Profil PT Bank Rabobank International Indonesia

Lowongan Kerja Rabobank International Indonesia – Rabobank Indonesia adalah anak perusahaan dari Rabobank Group yang merupakan salah satu penyedia layanan jasa keuangan terbesar di Belanda. Rabobank Indonesia mengawali bisnisnya dengan memberikan layanan perbankan korporasi. Seperti perusahaan induknya di Belanda, Rabobank Indonesia memiliki pengetahuan yang baik mengenai Food and Agribusiness (pangan dan agribisnis).

Lowongan Kerja Rabobank International Indonesia

tipskarir.com

Rabobank Indonesia memiliki rencana untuk tumbuh cepat dan menjadi salah satu bank terdepan dalam memenuhi kebutuhan bisnis dan pengusaha. Saat ini Rabobank Indonesia memberikan layanan perbankan kepada nasabah korporasi, komersial, UKM melalui jaringannya yang terdiri dari 89 kantor di 30 kota di Indonesia.

Produk dan Layanan

Divisi Perbankan dan Komersial
Divisi Perbankan dan Komersial menawarkan rangkaian layanan perbankan untuk korporasi, yang bergerak dalam bidang pangan dan agribisnis.
Kredit & Pinjaman
Pembiayaan Perdagangan dan Komoditas (TCF)
Penggabungan & Pengambilalihan dan Advisori Korporasi (MACA)
Global Financial Markets (GFM) / Treasury
Cash Management

Divisi Perbankan Komersial dan UKM

Divisi Perbankan dan Komersial menawarkan berbagai layanan perbankan bagi nasabah perorangan dan perusahaan berskala kecil menengah. Rabobank Indonesia berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan perbankan nasabah dengan menyediakan produk dan layanan berkualitas.
Rekening Tabungan
Rekening Giro
Layanan Deposito
Pinjaman Pribadi
Layanan Pembiayaan Perdagangan
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dan Mobil (KPM)
Produk dan Layanan Lain: Valuta Asing, Rabocard, Auto Debit, Safe Deposit Box,
Pembayaran Pajak, Pembayaran Gaji

Penghargaan dan Prestasi

Predikat Sangat Bagus Atas Kinerja Keuangan oleh Info Bank Awards 2005, 2006,
2008
Bank Campuran dan Asing Terbaik oleh Bisnis Indonesia Awards 2008
Bank Teraktif dalam mengimplementasikan Warehouse Receipt Financing pada
2008-2012 oleh Sucofindo
Sumber rabobank.co.id

Lowongan Kerja Rabobank International Indonesia

UUpdate 03 Oktober 2014

POSISI : SME Relationship Officer

JOB DESCRIPTION

  1. Tumbuh portofolio kredit Bank dengan mengakuisisi baru klien Komersial dan UKM dan menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan klien yang sudah ada

Persyaratan

  1. Pendidikan gelar Sarjana dari setiap jurusan dengan IPK minimal 2.75 (skala 4,00)
  2. Memiliki 1-2 tahun pengalaman kerja di bidang perbankan
  3. Memiliki analisis yang kuat dalam proses kredit & kredit
  4. Memiliki komunikasi yang baik dan keterampilan interpersonal
  5. Bahasa Inggris yang baik dan / atau bahasa asing lainnya (Mandarin merupakan nilai tambah)

Penutupan Tanggal 15 Oktober 2014. Jika anda memenuhi persyaratan di atas, silahkan lihat sumber lowongan di bawah ini.
Website: http://rabobank.com
Sumber Lowongan

6 Pertanyaan Penentu Lolos Wawancara Kerja Bidang Finance

Posted: 02 Oct 2014 04:05 PM PDT

Pertanyaan Wawancara Kerja Finance – Banyak diantaranya para pelamar kerja yang gagal diterima kerja di bidang finance hanya dikarenakan mereka tidak lulus dalam proses wawancara kerja bidang finance. Memang tidaklah mudah, apalagi bagi Anda seorang fresh graduate. Untuk memudahkan Anda saat proses wawancara di bidang finance, maka Anda harus mengetahui enam pertanyaan yang menjadi penentu diterima atau tidaknya Anda di perusahaan tersebut, yaitu sebagai berikut:

6 Pertanyaan Penentu Lolos Wawancara Kerja Bidang Finance

Kredit gambar: ciricara.com

1. Motivasi Bekerja

Menurut Chief Consultant Assessment dari Experd Consultant, Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, motivasi dalam bekerja menjadi hal yang penting karena akan berpengaruh terhadap kinerja sang pelamar kedepannya. Maka Anda harus tahu motivasi apa yang membuat Anda ingin bekerja di perusahaan itu.

"Nanti akan ditanya, 'kenapa Anda ingin bergabung di perusahaan ini?' kita harus bisa mengemas jawabannya yang bisa menarik user bukan berarti kita ngasih jawaban yang bersifat teoritis tapi jawaban yang bisa memberikan upaya dan pengembangan perusahaan," papar Cherry.

Bahkan beliau juga memberikan contoh jawaban yang teoritis, misalnya Anda ditanya 'Bagaimana peran Anda saat berada dalam sebuah tim kerja?'. Kemudian Anda menjawab, 'Saya berperan untuk saling membantu tim karena penting dilakukan demi meraih hasil yang maksimal'. Jawaban seperti itu dinilai teoritis karena pelamar tidak menjawab pertanyaan dengan jawaban yang nyata sesuai dengan pengalamannya .

2. Rencana ke Depan

Rencana ke depan juga menjadi pertanyaan yang sensitif sehingga harus dijawab dengan tepat. Cherry menuturkan, pelamar harus mempunyai rencana lebih dulu kedepannya mau seperti apa. Anda harus memberikan jawaban yang konsisten dan menggambarkan karier lima tahun mendatang.

"Anda jangan memberikan jawaban 'nggak tahu sih pak jalani saja', itu jawaban yang kurang diharapkan sama user, coba menjawabnya 'saya akan berkontribusi terhadap ini-ini, saya ingin mengembangkan perusahaan dengan cara ini-ini," jelas wanita yang sudah enam tahun bekerja di Experd Consultant itu.

3. Gaji

"Biasanya akan ditanya harapan gajinya, memang si kandidiat harus punya data terlebih dulu gaji di perusahaan itu seperti apa," ujar Cherry.

Data tersebut untuk membantu Anda lolos sesi wawancara. Jika jawaban mengenai gaji terlalu tinggi bisa membuat pewawancara kurang menyukai Anda. Namun kalau terlalu rendah bisa mempengaruhi persepsi pewawancara kalau Anda merupakan orang yang tidak percaya diri.

4. Pengetahuan Mengenai Posisi yang Dilamar

Pelamar harus memiliki pengetahuan luas mengenai posisi yang dia pilih. "User juga biasanya mengetes berdasarkan tiga hal, sisi knowledge, skill, dan behaviour. ," ujar Kurnia Fitra Utama, selaku Praktisi Human & Resources Development.

Beliau juga menambahkan, seseorang yang melamar ke sebuah perusahaan sudah harus tahu pekerjaannya seperti apa. Pengetahuan itu harus dimiliki sang pelamar sebelum melakukan wawancara agar bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pewawancara.

5. Skill

Setiap orang pastinya memiliki keahlian yang berbeda-beda. Maka sebaiknya memilih posisi yang sesuai dengan skill Anda saat melamar kerja. Keterampilan dalam bekerja juga menjadi pertanyaan penentu dalam proses interview. Sebagai contoh, melamar ke perusahaan advertising tapi memilih bagian keuangan, Anda harus tahu dan menguasai bidang tersebut karena nanti akan ditanya seberapa mampu Anda mengembangkan perusahaan.

6. Sikap

Ketika Anda tengah melakukan wawancara kerja bidang finance, user juga ingin mengetahui apa tindakan Anda untuk mengembangkan perusahaan. Pewawancara mau mengetahui cara Anda bersikap apakah sesuai atau tidak dengan posisi yang Anda inginkan.

"Jadi misalnya orang itu ngelamar jadi akuntan, dia punya knowledge akunting, skill, dan behaviour sebagai akuntan atau nggak," ujar Kurnia.

Banyak pelamar kerja bidang finance yang gagal diterima kerja karena tidak lulus sesi wawancara. Tidak mudah memang, apalagi bagi pelamar yang jarang melakukan interview kerja.

Lowongan Kerja Bank Agris

Posted: 02 Oct 2014 04:05 PM PDT

Profil PT Bank Agris

Lowongan Kerja Bank Agris – PT. Bank Agris, berkedudukan di Jakarta, didirikan pada tahun 1973, pada awalnya bernama PT. Finconesia merupakan Lembaga Keuangan, pada saat itu para pemegang sahamnya adalah : (i). Bank Negara Indonesia 1946; (ii). The Nomura Securities Co Ltd (iii). Barclays Bank International Limited; (iv). Manufacturers Hanover International Finance Corporation (v). The Mitsui Bank Ltd; (vi) Banque Francaise Du Commerce Exterieur dan (vii). Commerzbank Aktiengesellschaft.

Lowongan Kerja Bank Agris

tipskarir.com

Pada tahun 1993, PT. Finconesia yang semula ijin usahanya merupakan lembaga keuangan, disetujui dan berubah menjadi Bank Umum dengan nama PT. Bank Finconesia berdasarkan Surat Keputusan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan Nomor 442/KMK.017/1993 tertanggal 9 Maret 1993. Pada tanggal 11 September 1993, PT. Bank Finconesia ditunjuk sebagai Bank Devisa Persepsi, berdasarkan surat keputusan dari Departemen Keuangan Republik Indonesia Kantor Wilayah VI Direktorat Jenderal Anggaran Jakarta dengan suratnya Nomor : S-1094/WA.06/BD.0502/1993 tertanggal 11 September 1993.

Pada awal tahun 2007, PT Dian Intan Perkasa, merencanakan memperluas usahanya di bidang keuangan dan pada tanggal 1 Agustus 2007 telah merealisasikan rencana tersebut dengan melakukan pembelian saham PT Bank Finconesia yang pada saat itu dimiliki oleh Commerzbank Aktiengesellschaft sebesar 51 % dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebanyak 48,51 %, sehingga kepemilikan total PT. Dian Intan Perkasa menjadi sebesar 99.51 % Saham.

Sedangkan kepemilikan PT. Pertiwi Indonesia (PI) sebesar 0,49% di PT. Bank Agris dimulai pada tanggal 16 Februari 2011, kepemilikan tersebut berasal dari pembelian atas seluruh saham yang dimiliki oleh JP Morgan International Inc – New York pada PT. Bank Agris. Selanjutnya kepemilikan ini dialihkan kepada Bapak Benjamin Jiaravanon pada tanggal 4 April 2012.
Sumber bankagris.com

Lowongan Kerja Bank Agris

Update 03 Oktober 2014

POSISI : Customer Service

Persyaratan

  1. Kandidat harus memiliki setidaknya gelar Sarjana, bidang apapun.
  2. Keterampilan yang diperlukan (s): layanan pelanggan, Customer Service dan Relationship Management.
  3. Setidaknya 1 tahun (s) dari pengalaman kerja di bidang terkait diperlukan untuk posisi ini.
  4. Pelamar harus bersedia untuk bekerja di WISMA GKBI.
  5. Lebih disukai Staff (non-manajemen & non-pengawas) s mengkhususkan diri dalam Customer Service atau setara.
  6. Full-Time posisi (s) yang tersedia.

Penutupan Tanggal 18 Oktober 2014. Jika anda memenuhi persyaratan di atas, silahkan lihat sumber lowongan di bawah ini.
Wisma GKBI, Bendungan Hilir, DKI Jakarta, Indonesia
Website: http://www.bankagris.co.id/
Sumber Lowongan

No comments:

Post a Comment