Sebagian Perusahaan melakukan
Wawancara Kerja Lewat Telepon
sebagai cara untuk mengidentifikasi dan merekrut calon tenaga kerja
diperusahaannya. wawancara kerja melalui telepon ini digunakan untuk
meminimalkan biaya yang terlibat bagi pelamar yang berada diluar kota.
Mungkin wawancara kerja dengan seperti ini akan meminimalkan anda dalam
hal persiapan yang mungkin lebih ringan dibandingkan dengan wawancara
kerja secara langsung, karena dengan seperti ini anda tidak akan
bertatap muka langsung dengan pewawancara, sehingga anda tidak perlu
memikirkan persiapan-persipan lain seperti pakaian, penampilan, serta
bahasa tubuh untuk hal seperti ini.Namun tetap saja anda perlu
mengetahui beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika sedang
interview kerja lewat telepon. Apa sajakah itu?
kredit gambar : www.femalesia.com
Berikut ini penjelasannya
- Lakukan Persiapan anda dengan hal seperti ini :
Bersiplah untuk menjelaskan setiap transisi pekerjaan
Bersiap untuk menjelaskan kembali Resume anda
Memiliki pemahaman bahwa wawancara bukan hanya tentang pertanyaan dan jawaban
Siapkan beberapa pertanyaan yang akan anda ajukan
- Jangan Merokok, Mengunyah permen karet, makan atau minum.
Meskipun pewawancara tidak melihat anda, namun jika nada melakukan hal seperti itu suara anda akan tedengar tidak jelas
- Gunakan Bahasa yang Baik
Pikirkan bahasa yang baik dan sopan karena nilai utama dalam wawancara
kerja telepon ini adalah bahasa yang anda gunakan. Perhatikan lagi
kata-kata yang sering diucapkan. Kelancaran berbicara bukan hanya
berarti mampu bercakap-cakap, tetapi juga berkomunikasi dengan kalimat
yang tepat.
- Jangan Berbicara terlalu Cepat
Pastikan Anda
tidak berbicara terlalu cepat ketika sedang interview di telepon. Jika
melakukan hal itu, Anda akan membuat si pewawancara merasa kebingungan.
Buatlah komunikasi secara efektif. Jadi, ketika lawan bicara selalu
mengatakan ‘maaf’, itu artinya Anda harus mengurangi kecepatan dalam
berbicara.
- Pahami Yang akan Anda Ucapkan
Sampaikan
dengan jelas maksud dan tujuan Anda dengan kata-kata yang tepat, agar
interviewer tidak menduga-duga. Sesuatu bisa diketahui dengan jelas
ketika Anda bebicara, bukan lewat CV.
- Lakukan Intonasi yang baik
Jagalah intonasi agar tetap stabil dan terdengar menyenangkan. Jangan
bericara terlalu kencang atau dengan nada tinggi. Ingat, jangan tutupi
suara Anda dengan sesuatu apapun dan jangan membuat suara Anda terdengar
berbeda dari biasanya. Cukup pastikan suara Anda tidak terlalu tinggi
dan terlalu gembira.
- Hindari kata-kata "Hah" atau "apa"
Jangan mengatakan "hah" atau "apa" ketika anda meminta pewawancara untuk
mengulangi pembicaraan yang tidak terdengar jelas oleh anda. sebaiknya
anda utarakanlah kata ‘maaf’ atau ‘permisi’. Dan ingatlah untuk selalu
tetap tersenyum, karena pendengar akan mendengarkan suara Anda dengan
baik.
Semoga postingan
Wawancara Kerja Lewat Telepon ini bisa bermanfaat membantu untuk kesiapan anda dan Semoga Sukses
No comments:
Post a Comment