Sunday, September 6, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Demi Cita-Cita Yang Layak Kamu Perjuangkan, Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini Pantas Kamu Praktekan

Posted: 06 Sep 2015 06:51 PM PDT

Contoh Daftar Riwayat Hidup – Pada saat Anda akan melamar suatu pekerjaan, maka salah satu persyaratan yang harus di ajukan yaitu daftar riwayat hidup. Mengajukan suatu lamaran pekerjaan bukanlah hal yang begitu sepele, namun merupakan salah satu aktifitas yang menguras mental juga tenaga Anda.

Demi Cita-Cita Yang Layak Kamu Perjuangkan, Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini Pantas Kamu Praktekan

Kredit gambar: liputan6.com

Seorang pelamar pekerjaan, haruslah menyiapkan segalanya dengan semaksimal mungkin, dan juga harus siap di akhir yang akan Anda terima. Sebenarnya, jika Anda menyadari banyak sekali perusahaan yang membutuhkan para pekerja tentunya yang mempunyai prestasi dan kualifikasi juga pekerja keras dan tanggung jawab pada saat bekerja. Namun perlu Anda ketahui bahwa persaingan untuk mendapatkan suatu posisi atau bidang pekerjaan yang layak dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan tidaklah mudah. Karena memerlukan persiapan yang begitu matang, seperti pembuatan daftar riwayat hidup, mental, sikap, serta berdoa dan berusaha yang di utamakan. Sangat banyak sekali jenis pekerjaan yang tersia untuk Anda para pelamar pekerjaan, di mulai dari pegawai tetap, pekerja lepas, di rektur, staff, manager, supervisor, sales dan masih banyak lagi.

Agar mendapatkan tingkatan pekerjaan yang tinggi tentunya membutuhkan kerja keras berusaha berpendidikan tinggi, di siplin, dan juga berpenampilan sopan dan menarik. Karena semakin tinggi jabatan yang kita miliki, maka akan semakin besar gaji yang kita dapatkan dan juga akn menambah pengalaman kita dalam bekerja juga lebih mengetahui tentang pekerjaan baru kita juga tidak ada kata menyerah untuk mencapai kunci sukses! Baca juga : Contoh Lamaran CV Kerja Yang Bikin HRD Tidak Berpikir 2 kali Memanggil Kamu Ikut Wawancara

Cara membuat daftar riwayat hidup tentunya sangatlah mudah, tetapi bagi Anda yang baru pertama kali membuatnya pasti akan merasa kebingungan dan membutuhkan sebuah contoh yang cukup sederhana agar dapat di pahami secara baik. Kita hanya perlu membuatnya dengan rapih, professional secara singkat dan jelas. Yang nantinya akan memberikan pengaruh di terima atau tidaknya di suatu instansi yang kita lamar. Baca juga : Format dan Contoh CV Lamaran Kerja Bahasa Inggris Masa Kini

Cara Membuat daftar riwayat hidup atau CV Lamaran Kerja :
1. Buatlah CV maksimal 3 atau 4 halaman
2. Buatlah daftar riwayat hidup dengan singkat dan jelas dan mudah di pahami.
3. Cantumkanlah foto terbaru Anda dengan berpakaian yang sopan dan formal.
4. Tuliskan pengalaman Anda .
5. Tuliskanlah training yang pernah Anda ikuti sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan Anda lamar.
6. Tulis kompetensi lain yang akan menunjang pekerjaan.
7. Jangan pernah menuliskan CV dengan memanipulasinya.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja

Data Diri
Nama : Rheina Azzahra
Tempat/Tgl. Lahir : Jakarta, 20 oktober 1992
Alamat : Jl. Batu Asih No.13 Jakarta Utara
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat Email : RheinaAZzahra@gmail.com

PENDIDIKAN :
2001-2005 : Universitas Padjajaran

KEMAMPUAN :
1. Akuntansi dan Administrasi
2. Komputer ( Internet, Blogger, MS Word)
3. Sistem Perpajakan

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai contoh daftar riwayat hidup, Semoga bermanfaat 

Kontributor : Anita Nurfatimah

Buat Dirimu Yang Saat Ini Masih Menjalani Drama Melamar Kerja, Ini Adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV Terbaru

Posted: 06 Sep 2015 06:26 PM PDT

Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV Terbaru – Ketika Anda telah berhasil menyelesaikan masa studinya, baik di jenjang sekolah menengah maupun universitas, maka langkah selanjutnya adalah memasuki dunia kerja.
Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, biasanya Anda akan mengajukan lamaran kepada instansi atau perusahaan tertentu. Oleh karena itu, Anda pastinya akan membutuhkan yang namanya surat lamaran kerja yang disertai dengan daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae).

Buat Dirimu Yang Saat Ini Masih Menjalani Drama Melamar Kerja, Ini Adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV Terbaru

Kredit gambar: poskotanews.com

Adapun fungsi dari CV adalah untuk memperkenalkan diri Anda secara tidak langsung (tertulis) mengenai data personal dan latar belakang pendidikan Anda kepada pihak perusahaan yang dituju. Maka dari itu, surat lamaran dan CV sangat dianjurkan dibuat semenarik mungkin, baik dari segi isi surat maupun kemasannya.

Membuat surat lamaran kerja dan CV sebenarnya tidaklah sulit. Mungkin karena Anda tidak terbiasa membuatnya, maka hal itu seolah-olah menjadi masalah tersendiri. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang sudah banyak tersedia berbagai contoh surat lamaran kerja dan CV yang bertebaran di internet. Baca juga : Disaat Kamu Membutuhkan Perhatian HRD, Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Bisa Menjawab Harap-Harap Cemas-Mu

Berikut ini adalah struktur surat lamaran kerja beserta CV nya :
1. Tempat dan tanggal penulisan surat
2. Nama Perusahaan yang dituju
3. Salam hormat/sapaan
4. Kata pengantar
5. Biodata pribadi (singkat)
6. Pengalaman kerja dan skill
7. Harapan
8. Penutup

Baca juga : Menepis Anggapan Buruk Perusahaan Dengan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru yang Baik Dan Benar. Contoh surat lamaran kerja :

Surabaya, 02 September 2015
Kepada Yth :
HRD PT. Cahaya Abadi,
Jl. Kaliung No. 11 Surabaya
Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Riska Ameliana, SE
Tempat/Tgl. Lahir : Surabaya, 27 Mei 1992
Alamat : Jl. Serma muchtar No. 09 Surabaya
No. Telp/HP : 081234567899
Pendidikan : S1 Manajemen
Melalui surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Marketing.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya, dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan dedikasi dan kompetensi baik waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan:

1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru
7. Surat Pengalaman Kerja

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat Saya
Riska Ameliana, S.E.

Contoh CV :

DATA PRIBADI

Nama : Riska Ameliana
Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 27 Mei 1992
Alamat : Jl. Serma muchtar No. 09 Surabaya
E-mail : riskapsg27@gmail.com
Telepon : 081234567899
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Tinggi / Berat badan : 168 cm / 50 kg
Kesehatan : Baik Sekali
Kewarganegaraan : Indonesia

DATA PENDIDIKAN

SD : SD Negeri Bendungan 1 Surabaya, 1994 – 2000
SLTP : SLTP Negeri 03 Surabaya, 2000 – 2003
SMA : SMA Negeri 02 Surabaya, 2003 – 2006
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Surabaya, 2006-2010

PENGALAMAN KERJA

2013 – 2014 : Marketing di PT. Angin Ribut

KEMAMPUAN

Presentasi dan Komunikasi
Aplikasi dan Program Komputer (Microsoft Office)
Aplikasi Website, dan Internet.

Nah, demikian contoh surat lamaran kerja dan CV yang baik dan benar. Pastikan segala persyaratan dokumen yang diminta perusahaan yang dituju telah Anda penuhi. Selain itu, gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas saat menulis lamaran kerja. Semoga bermanfaat yaa 

Kontributor : Riska Ameliana

Memulai Usaha Baru Dengan Berpikir Bisnis Online Bukan Bisnis Ghaib

Posted: 06 Sep 2015 06:06 PM PDT

Apakah Bisnis online sama dengan “Bisnis Ghaib”? Tentu saja tidak, karena Bisnis Online adalah salah satu kegiatan yang memiliki biaya operasional yang relatif murah. Untuk itu, metode bisnis ini cukup berkembang pesat dari tahun ke tahun. Selain keunggulan dalam hal biaya yang murah, bisnis jenis ini juga sangat mudah dijalankan. Kehadiran yang merupakan interaksi tiga pihak ini cukup simple dan memberikan banyak kemudahan. Adapun pihak yang terkait dan menjadi bisnis ini dapat berlangsung yaitu: Pembisnis online, search engine dan pengunjung situs. Ketiga saling terkait dan menjadikan bisnis ini dapat berjalan selayaknya usaha secara offline.

Memulai Usaha Baru Dengan Berpikir Bisnis Online Bukan Bisnis Ghaib

Kredit gambar: m.liputan6.com

Nah sekarang, sebelumnya saya ingin membuka pikiran teman-teman sekalian. Jika saya bertanya kepada teman-teman, mana yang akan Anda pilih PENGUSAHA ATAU PEGAWAI?? Kalau pengusaha terserah Kita kapan toko dibuka, kapan kita tidur, kapan kita makan, kapan kita istirahat, kapan kita gajihan, kapan kita beli ini beli itu dan kapan-kapan yang lain. Nah kalo Pegawai, kapan kita kerja ( setelah perusahaan buka), kapan kita tidur (setelah kita sedang libur atau pulang kerja ), kapan kita istirahat (setelah disuruh istirahat), kapan kita beli ini beli itu (setelah kita gajian), yang intinya semua waktu yang kita punya tidak dapat sembarang kita gunakan karena semuanya sudah diatur oleh perusahaan tempat kita bekerja (dalam artian lingkup pekerjaan). Baca juga : Ide Bagus Dari Politikus, Bisnis 'Gantungan Kunci Haji Lulung'

Berbeda dengan seorang pengusaha yang semuanya itu kita sendiri yang mengaturnya. Dari mulai toko dibuka, kapan menggaji karyawan, berapa besaran gaji yang diberikan, inovasi apa yang kita lakukan memajukan bisnis tersebut, sampai kapan toko tersebut ditutup. Tetapi semuanya itu tidak akan didapat jika yang menjadi pengusaha hanya berleha-leha dan jarang melakukan inovasi terhadap bisnisnya tersebut. Berikut Modal yang diperlukan:
1. Komputer
2. Akses Internet. Co : Modem
3. Rekening + Tokennya
4. HandPhone

Baca juga : Jurus Marketing Mempertahankan Pelanggan Di Dunia Maya

Nah, Kalau senjata-senjata diatas sudah ada, Anda sudah dapat menjadi seseorang pemain BISNIS ONLINE.
Berikut ini alasan bisnis online dikatakan sebagai kegiatan usaha yang murah. Di antaranya:

  • Bisnis internet tetap membutuhkan tempat, yang disebut website. Anda dapat melihat bahwa Membuat Website tetap perlu mengeluarkan biaya tetapi tidak sebesar jika Anda menyewa sebuah ruko atau tempat sebagai etalase produk Anda. Inilah arti murah yang pertama.
  • Bisnis online dapat dijalankan sendiri oleh pemilik atau menggunakan pihak yang mengelola secara khusus. Di Indonesia banyak bisnis online yang dikelola langsung oleh pemilik, terutama jika skala bisnis yang dikelola masih kecil.
  • Bisnis online dikatakan murah karena Anda tidak membutuhkan waktu khusus di dalam mengelola. Usaha via internet pada umumnya "menembus" keterbatasan waktu seperti jika menjalankan bisnis offline yang memerlukan jam kerja khusus. Jika waktu adalah berharga bagi Anda, maka menjalankan usaha via online akan lebih murah karena ada dapat melakukan kegiatan lain.
  • Biaya operasional di dalam Menjalankan Usaha di media internet memang sangat murah. Biaya yang Anda keluarkan hanya pulsa koneksi internet dan listrik untuk komputer atau laptop. Serta sewaktu-waktu mungkin melakukan pengeluaran dana untuk jasa maintenance website, jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Tetapi hal ini jauh lebih murah untuk biaya transportasi, makan, maupun biaya lain yang dikeluarkan jika Anda menjalankan bisnis offline.
  • Dengan menjalankan usaha online, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunjungi pelanggan yang berada di luar kota, pulau lain atau bahkan negara lain. Internet memudahkan Anda berinteraksi dengan pembeli tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi dan akomodasi. Sudah pasti hal ini lebih murah, bukan?
  •  Jika usaha online Anda tumbuh pesat dan ingin menggunakan Layanan jasa seo maka hal ini jauh lebih murah dibanding dengan pengeluaran menggaji tim marketing khusus seperti pada bisnis offline.

Semua alasan juga merupakan analisa mengapa bisnis online dapat tumbuh secara signifikan dari waktu ke waktu. Jadi mengapa harus menunggu, segera kembangkan bisnis secara online yang menarik ini. So, tolong garis bawahi hal ini menjadi pengusaha bukanlah pilihan bagi orang-orang yang MALASSSS! Demikian tentang Bisnis Online murah yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. 

Kontributor : Dessy Purnama

Inilah Jenis-Jenis Psikotes Yang Kelak Akan Kamu Hadapi

Posted: 06 Sep 2015 05:44 PM PDT

Jenis-Jenis Psikotes – Salah satu cara lembaga atau perusahaan menguji para calon karayawannya adalah dengan mengajukan sejumlah tes psikologi. Test ini sangat menentukan masa depan calon karyawan, yang pada umumnya model psikotes ini relative tidak berubah karena memang di buat secara bukan hanya tidak nasional tapi juga secara internasioal. Bagi para jobseeker tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis psikotes atau test psikologi ini hamper di terapkan pada seluruh institusi maupun perusahaan saat melakukan perekrutan karyawan.

Inilah Jenis-Jenis Psikotes Yang Kelak Akan Kamu Hadapi

Kredit gambar: seputarjabar.com

Psikotes juga memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Penulis juga pernah menghadapi hal serupa, kemudian harus bangkit melalui proses 'learning by doing'. Anda memang bukan seorang psikiater maupun phsicology tester, Psikotes atau tes psikologi adalah sebuah tes yang bertujuan mengukur fungsi kognitif dan emosi seseorang, berikut ini beberapa tips yang akan di-share ;

Berikut adalah jenis-jenis psikotes :

1.Tes-IQ (Intelegence Question)
Jenis Psikotes tes IQ ini berisi mengenai tes yang berhubungan dengan bahasa dan angka. Tes IQ ini dibuat standar sehingga bisa dikerjakan oleh orang umum dan akan lebih menyenangkan bagi Anda yang menyukai hitung-menghitung. Tes IQ ini terdiri dari beberapa macam seperti Culture Fair Intelegence Test(CFIT), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kemampuan Dasar (TKD), Army Alpha (AA), Administrasi dan Keuangan, dan Tes Intelegensi . Baca juga : Cara Lolos Tes Psikotes Kerja Buat Dirimu Yang Tidak Suka Matematika

2.Tes-Kepribadian
Jenis psikotes tes kepribadian ini bertujuan untuk melihat cara orang menghadapi konflik, cara bekerja sama serta cara mengambil solusi saat menghadapi masalah. Pada tes kepribadian ini juga dapat diketahui tipe orang itu sebagai orang yang individual atau orang yang gampang beradapatasi dengan lingkungan baru. Baca juga : Trik Menjawab Soal Psikotes Kerja Yang Membuat Kamu Lebih Berani Jujur Pada Diri Sendiri

3.Tes-Kemampuan
Test ini bisa berupa deretan angka ataupun gambar. Dalam mengerjakan soal ini, diperlukan konsentrasi penuh dalam mengerjakannya. Karena test ini memerlukan waktu yang lama, sebaiknya jika Anda ada keperluan ke kamar kecil, lakukan sebelum test ini dimulai. Konsentrasi yang cukup hanya di dapat dari istirahat yang cukup, oleh karena itu malam sebelum test tidurlah lebih awal.

4.Tes-Kreatifitas
Jenis psikotes tes kreatifitas biasanya juga pelamar kerja akan diminta untuk dapat menggambarkan atau menulis sesuatu. Biasanya Anda akan diminta menulis atau menggambarkan sesuatu. Pada salah satu tes Anda diminta melanjutkan gambar dari enam kotak yang sudah ada. Lanjutkan dengan ilustrasi yang baik semaksimal mungkin. Satu lagi tes final biasanya Anda diminta menggambar. Saya sarankan gambarlah orang yang sedang aktif bertindak, misalnya sedang lari sehingga terlihat aktif. Kata psikolog, orang yang seperti itu termasuk dinamis dan kreatif.

Nah,demikianlah itu jenis jenis psikotes gambaran dari saya untuk meningkatkan peluang Anda lulus psikotes, Anda harus mengenali jauh jenis-jenis psikotes semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan gambaran bagi para pelamar dan pencari kerja terutama yang belum mengetahuinya. Selamat mencoba ya.

Kontributor : Siti Aissyah

Kalau Sudah Mengingat Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya Ini, Tanda-Tanda Akan Diterima Kerja Pasti Kamu Dapatkan

Posted: 06 Sep 2015 05:12 PM PDT

Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya – Dalam kesempatan kali ini Tipskarir.com akan membahas tentang pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya. Dalam melamar pekerjaan di sebuah perusahaan baik itu perusahaan negeri maupun perusahaan swasta, kita tidak akan luput dari perekrutan tahapan wawancara kerja atau interview. Biasanya tahap wawancara kerja dilakukan setelah calon karyawan lulus psikotes. Namun bisa saja tahap wawancara kerja dilakukan lebih awal sesuai dengan kebijakan dan prosedur perekrutan masing-masing perusahaan.

Kalau Sudah Mengingat Pertanyaan Wawancara Kerja Dan Jawabannya Ini, Tanda-Tanda Akan Diterima Kerja Pasti Kamu Dapatkan

Kredit gambar: umuslim.ac.id

Wawancara kerja dilakukan dengan 2 tahap, diantaranya yaitu dengan wawancara dengan HRD dan wawancara dengan user atau para dewan direksi perusahaan tersebut. Untuk wawancara kerja dengan dewan direksi biasanya membicarakan hal yang cukup serius mencakup posisi dan pengetahuan Anda terhadap perusahaan yang Anda lamar. Sedangkan wawancara dengan HRD biasanya hanya berupa wawancara apa yang ada dalam daftar riwayat hidup (CV). Baca juga : Contoh Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Menangkis Pertanyaan Sulit Penanya

Sebelum Anda mengikuti wawancara kerja,Anda harus mempersiapkan diri dan mencari pertanyaan yang akan ditanyakan interview kepada Anda. Serta mencari jawaban yang benar dan tepat atas perrtanayaan tersebut.
Di bawah ini ada beberapa contoh pertanyaan dan jawaban dalam wawancara/interview ketika melamar kerja:

1. Berapa gaji yang Anda minta?
jawab : Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima dikantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Dan bila Anda merasa bahwa gaji Anda dikantor yang sekarang lebih kecil, berikan penjelasan.

2. Apa kelebihan utama Anda?
Jawab : Jangan bilang Anda relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras. Lebih baik, berikan respons berupa, “Saya tidak akan pulang terlebih dahulu ketika pekerjaan saya belum selesai”

3. Apa kekurang Anda yang paling jelas?
Jawab : Jangan bilang Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda sombong). Lebih baik, jujur saya dan sebutkan yang kongkret. Tapi, setelah menyebutkan kekurangan Anda susulah dengan kelebihan Anda. Baca juga :  Tips Menghadapi Wawancara Kerja : Lulus Tanpa Penilaian Minor Pewawancara

4. Dimana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Jawab : Gambarkan posisi realistis. Kira-kira 2-3 posisi Anda berada diatas posisi yang Anda lamar sekarang. jangan serta cita-cita yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda lamar.

5. Mengapa Anda meninggalkan kantor yang lama?
Jawab : Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif. Ucapkanlah dalam kalimat positif’. Lalu, Anda jelaskan bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang baik.

6. Adakah contoh kegagalan Anda?
Jawab : Ungkapkan kegagalan yang pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk menyelesaikan masalah.

7. Ceritakan tentang diri Anda?
Jawab : Persiapkan jawaban Anda terbatas pada bidang pekerjaan yang Anda kuasai sebelumnya. Bicarakan karir Anda sebelumnya, prestasi yang Anda raih, hobi dan aktivitas terakhir yang Anda jalani.

8. Pengalaman apa yang Anda miliki dalam bidang ini?
Jawab : Jawablah sespesifik mungkin mengenai keahlian Anda di bidang yang Anda lamar. Jika Anda tidak memiliki pengalaman yang khusus setidaknya berikan jawaban yang mendekati keahlian yang dimaksud.

9. Apakah Anda ketahui tentang perusahaan kami?
Jawab : Jawablah dengan “iya” antusias untuk pertanyaan ini. jelaskan keberhasilan yang telah Anda capai dalam hidup ini terutama dalam karir.

10. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
Jawaban ini hanya bisa dijawab jika Anda telah melakukan penelitian terlebih dahulu tentang perusahaan tempat Anda melamar. Jawab tentang aktivitas perusahaan tersebut seperti produk yang dijual atau sistem pemasaranya.

11. Apa yang telah Anda lakukan untuk mengembangkan pengetahuan Anda terakhir ini?
Jawablah dengan ragam kegiatan positif yang telah Anda lakukan tentu saja yang berhubungan dengan pencapaian karir Anda.

12. Kenapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan ini?
Hati-hati menjawab ini karena memerlukan pengetahuan Anda tentang perusahaan dan karir jangka panjang yang ingin Anda raih.

13. Apakah Anda bisa bekerja dalam satu tim?
Selalu jawab ‘iya’ dan sebutkan pengalaman yang pernah Anda lakukan saat bekerja sama dengan bahnyak orang.

14. Jika Anda diterima, berapa lama Anda ingin bergabung diperusahaan ini?
jawaban jangan terlalu spesifik. Anda bisa menjawab seperti ini ‘ Saya ingin selamanya bisa bekerja dengan catatan perusahaan ini puas dengan hasil kerja saya’.

15. Apakah Anda bersedia kerja lembur kapan saja bila diperlukan?
jawaban untuk ini ada di diri Anda. Jawablah dengan jujur dan berikan alasan yang tepat.

16. Apakah Anda ada pertanyaan untuk saya?
Siapkan pertanyaan Anda. Ini menunjukkan antusias Anda bergabung diperusahaan.

Itulah beberapa contoh pertanyaan dan jawaban wawancara kerja. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca ini dan semangat untuk mencari pekerjaan semoga sukses.

Kontributor : Windi Juwita

Contoh Lamaran CV Kerja Yang Bikin HRD Tidak Berpikir 2 kali Memanggil Kamu Ikut Wawancara

Posted: 06 Sep 2015 04:55 PM PDT

Contoh Lamaran CV – Banyak pilihan pekerjaan untuk menyambung hidup Anda, bisa dengan berwirausaha atau menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Dan perlu Anda ingat, setinggi apapun jabatan kita entah itu Direktur, Manager, atau apapun tetap saja Anda seorang karyawan, karena diberi gaji oleh perusahaan. Sedangkan, apapun jenis wirausaha yang Anda jalankan, Anda adalah bos nya. Jiwa wirausaha masyarakat Indonesia memang perlu ditingkatkan lagi, karena mental rakyat masih banyak yang lebih memilih menjadi karyawan ketimbang wirausaha, namun apapun pekerjaannya pastinya harus pada jalan kebenaran alias pekerjaan yang halal.

Contoh Lamaran CV Kerja Yang Bikin HRD Tidak Berpikir 2 kali Memanggil Kamu Ikut Wawancara

Kredit gambar: merdeso.com

CV daftar riwayat hidup biasanya diperlukan oleh Anda ketika akan lamaran kerja ke sebuah perusahaan. Belakangan ini, penggunaan CV ataupun daftar riwayat hidup sangat penting keberadaannya, karena memiliki persentase yang cukup besar dalam hal penerimaan kerja di instansi. Baik itu CV yang diketik ataupun hasil tulis tangan harus dikerjakan secara maksimal. Memang kini persaingan dunia kerja semakin ketat, meskipun perusahaan yang menerima lowongan kerja baru sangat banyak, tetapi bukan berarti itu hal mudah, karena harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah diwajibkan oleh instansi tersebut, misalnya harus bergelar minimal S1 atau memiliki pengalaman kerja di bidang itu minimal 2 tahun, dan lain sebagainya. Baca juga : 4 Kategori Daftar Riwayat Hidup Yang Tidak Baik Dan Bakal Ditolak Perusahaan

Contoh daftar riwayat hidup atau CV yang dibuat dengan jujur dan menarik, mungkin dapat menjadi nilai tambah untuk Anda yang akan melamar kerja, namun bukan hanya soal CV riwayat hidup saja, karena sebagus apapun pembuatan contoh CV, jika tidak diimbangi dengan skill ataupun pendidikan yang ditempuh harus tinggi, sama saja bohong. Jadi, selain contoh daftar riwayat hidup yang dibuat secara bagus, tetapi juga pendidikan yang pernah ditempuh harus cukup tinggi, dan Anda pikir hal tersebut akan menjadi nilai tambah apabila skill kerja di bidang tersebut sangat dikuasai. Karena pastinya setiap perusahaan menginginkan calon karyawanya memiliki kemampuan yang bagus dan sikap yang baik.

Hal terpenting atau modal utama yang harus dipersiapkan oleh para pelamar kerja selain riwayat hidup ialah pengalaman bekerja dan pendidikan terakhir yang ditempuh. Jadi untuk mendapatkan pekerjaan dengan jabatan tinggi dibutuhkan usaha keras jauh-jauh hari sebelum waktunya kita melamar kerja, bahkan bisa sampai beberapa tahun, mengingat untuk mendapatkan gelar sarjana memang tidak cukup dalam 1 tahun. Untuk itu, pastinya doa dan kerja keraslah yang berperan besar mengantarkan Anda pada kesuksesan karir atau pekerjaan. Baca juga : Cara Menulis CV Yang Benar Berdasarkan Aturannya
Data Pribadi
Nama : Riska Ameliana
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 27 Mei 1985
Jenis Kelamin : Wanita
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Serma muchtar No 11 Bandung
Telepon : 022 -18298838 (Rumah)
081281372837 (Handphone)

Latar Belakang Pendidikan

A. Formal
1991 – 1994 : SMPN 3 Bandung
1994 – 1997 : SMA Negeri 03 Bandung
1997 – 2001 : Yayasan Pendidikan Indonesia (Yapendik), Bandung

B. Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Surabaya
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Surabaya
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)

Kemampuan Yang Dimiliki
1. Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills)
2. Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
3. Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja

A. Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di : PT. Cahaya Abadi, Bandung
Periode : Mei 2001 – Juli 2002
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMA 03 Bandung
Posisi : Operator Administrasi

B. Rincian Pekerjaan:
1. Mengupdate data konsumen
2. Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
3. Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
4. Menyiapkan tagihan

A. Bekerja di PT. Angin Ribut, Bandung
Periode : Maret 2005 – Agustus 2008
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf di bagian Finance

B. Rincian pekerjaan :
1. Mengelola kas kecil
2. Melakukan surat menyurat bisnis
3. Mengontrol persediaan peralatan kantor
4. Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
5. Penggajian atau payroll

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.
Bandung, 02 September 2015
Riska Ameliana

Kontributor : Riska Ameliana

Tips dan Cara Mudah Menjawab Soal Psikotes : 5 Cara Berbeda Menjawab Psikotes Kerja

Posted: 06 Sep 2015 03:34 PM PDT

Tips dan Cara Mudah Menjawab Soal Psikotes – Pada saat Anda melamar suatu pekerjaan, Anda pasti akan mengikuti test psikotes. Mendengar namanya saja sudah begitu menegangkan bukan? Huh sangat melelahkan dan pastinya kita akan merasa sangat kebingungan. Apa Anda tahu apa itu psikotes?

Tips dan Cara Mudah Menjawab Soal Psikotes 5 Cara Berbeda Menjawab Psikotes Kerja

Kredit gambar: ppdi.or.id

Psikotes yaitu salah satu test psikologi diri seseorang, yang di akhir akan di ketahui bagaimana karakter diri seseorang itu sendiri, di mulai dari test IQ, test kepribadian, dan test penalaran. Test Psikotes juga salah satu hal sering di hindari oleh para calon karyawan apalagi bagi Anda yang belum mengetahui trik-trik dan pengetahuan tentang test psikotes. Baca juga : Trik Menjawab Soal Psikotes Kerja Yang Membuat Kamu Lebih Berani Jujur Pada Diri Sendiri

Nah, Anda tidak perlu merasa pusing pada saat akan melaksanakan test psikotes. Dalam artikel ini saya akan sedikit berbagi membahas tentang cara mudah mengerjakan soal psikotes. Berikut ada beberapa cara mudah menjawab soal psikotes :

  1. Test Logika Aritmatika

Dalam test ini terdapat beberapa deret angka. Yang menjadi penilaian dalam test ini adalah sejauh mana kemampuan Anda dalam menganalisa suatu pola pada kecenderungan tertentu.

Tips cara menjawabnya :

  • Anda jangan terlalu terpaku pada deret perhitungan matematika, Anda harus tahu bahwa Andakalanya harus melihat keseluruhannya, karena bisa saja ada pengelompokan yang berurutan ataupun pengelompokan loncat.
  • Anda harus mengingat berapa lama waktu keterbatasan yang di berikan oleh panitia.
  • Janganlah terlalu terpaku pada soal yang membuat Anda penasaran, kerjakanlah soal yang menurut Anda mudah untuk di kerjakan di banding pada soal sebelumnya.
  • Sebaiknya Anda lebih melatih kemampuan Anda mengenai materi deret angka.
  1. Test Logika Penalaran

Dalam test ini, biasanya terdapat 2 atau 3 deret gambar. Yang menjadi penilaian dari test ini yaitu sejauh mana kemampuan Anda dalam memahami pola kecenderungan untuk melakukan prediksi berdasarkan pola Anda.

Tips cara menjawabnya :

Anda harus lebih teliti dan berhati-hati, terutama berkonsentrasi.

  1. Analog Verbal Test

Test ini biasanya terdiri atas 40 soal yang di dalamnya berisi kata sinonim ataupun antonim dan juga kata analog. Yang menjadi penilaian dalam test ini yaitu bagaimana kemampuan Anda pada saat memahami sebab dan akibat suatu problem.

Tips cara menjawabnya :

Jika Anda mempunyai konsentrasi dan logika yang terbatas, maka Anda dapat mem-bayy-pass nya dengan cara menghafal soal beserta jawaban. Karena soal yang di berikan relatif sama.

  1. Kraepelin

Dalam test ini berisi gagasan angka yanng telah tersusun secara membujur dalam bentuk lajur. Maka calon karyawan akan di minta untuk menjumlahkan kedua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu dan menuliskan di sampingnya. Yang menjadi penilaian dalam test ini yaitu Konsistensi diri Anda, sikap Anda terhadap ketekanan dan juga kemampuan diri Anda dalam penyesuaian atau adaptasi, serta ketelitian Anda dan kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tips cara menjawabnya :

  • Jangan gunakan pencil mekanis, tapi pulpen atau pensil yang biasa saja, karena pencil mekanis harus di reload ketika ujung granitnya sudah habis maka akan membutuhkan waktu 0.5-1 detik sama artinya Anda kehilangan waktu 1 detik. karena test ini sangat terikat sekali dengan keterbatasan waktu.
  • Usahakanlah jumlah angka yang sudah di jumlahkan stabil, karena nanti hasilnya akan jauh lebih baik . Maka kendalikan diri Anda untuk lebih menghemat waktu dan tenaga Anda.
  • Hal yang sangat penting pada saat melakukan test ini yaitu konsentrasi.

 

  1. Test Wartegg

Dalam test ini terdapat beberapa kotak yang mempunyai bentukan seperti titik, garis kurva, kota, tiga garis sejajar, dua garis terpisah, dan sebagainya. Peserta test psikotes akan di minta agar menggambar lalu menuliskan urutan gambaran yang telah Anda buat.

Tips cara menjawabnya :

Sebaiknya Anda membuat kombinasi urutan gambarnya.

Itulah Tips dan Cara Mudah Menjawab Soal Psikotes , Semoga Bermanfaat ya.

Kontributor : Anita Nurfatimah

No comments:

Post a Comment