Friday, September 11, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Kalimat Baik dan Buruk Contoh Penutup Surat Lamaran Kerja

Posted: 11 Sep 2015 07:36 PM PDT

Contoh Penutup Surat Lamaran Kerja – Bagi Anda yang ingin melamar kerja, tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah surat lamaran kerja yang Anda buat, surat lamaran yang baik merupakan kunci awal kesuksesan Anda untuk dipanggil kerja di tempat yang Anda lamar. Namun banyak juga orang yang belum paham bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang di senangi oleh HRD. Kesalahan terbesar dalam membuat surat lamaran adalah ketika bahasa yang Anda tulis terlihat bertele-tele, ini mengingat HRD tak mungkin membaca semua tulisan Anda yang bertele-tele, karena masih banyak pelamar yang lain yang akan mereka baca. Jadi hal yang terpenting dalam sebuah surat lamaran kerja adalah point pentingnya saja.

Kalimat Baik dan Buruk Contoh Penutup Surat Lamaran Kerja

Kredit gambar: unusedaccount.blogspot.com

Surat merupakan sarana komunikasi tulis. Agar dapat dipahami oleh pembacanya, di dalam penulisan surat (resmi), penulis perlu mempertimbangkan faktor kesederhanaan, kesantunan bahasa, kelugasan kalimat, ke­cermatan dan ketepatan dalam pemilihan kata dan struktur kalimat, serta keserasian atak. Walaupun demikian, faktor kelaziman juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu, bagian isi surat selalu terdiri atas bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup. Baca juga : Cara Kalahkan 1000 Tumpukan File Surat Lamaran Kerja Pesaing Anda

Bagian penutup surat dapat berupa harapan pengirim surat atau ucapan terima kasih kepada penerima surat. Hingga saat ini masih terdapat kalimat pada bagian penutup surat resmi sebagai berikut.

1. Demikian agar saudara maklum adanya

2. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

3. Demikian, atas perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.

Setiap surat yang dikirimkan tentu diharapkan untuk dapat dimaklumi oleh penerima surat. Oleh karena itu, pernyataan seperti pada kalimat (1) tidak diperlukan lagi. Selain itu, pernyataan pada kalimat (1) “Demikian agar Saudara maklum adanya” bukanlah sebuah kalimat yang lengkap karena tidak memiliki subjek dan predikat.
Pernyataan itu hanya berupa anak kalimat yang tidak disertai induk kalimatnya. Oleh karena itu, pernyataan itu dapat dikatakan mubazir karena tidak informatif. Pada kalimat (2) penggunaan kata gantinya pada Atas perhatiannya di ucapkan terima kasih tidak jelas mengacu kepada siapa. Bentuknya itu lebih tepat jika diganti dengan kata sapaan untuk orang kedua, seperti Saudara, Bapak, atau Anda karena komunikasi yang terjadi di dalam surat ialah komunikasi antara pihak pertama dan kedua. Selain itu, penggunaan imbuhan di- pada kata diucapkan terasa tidak masuk akal karena secara logika akan timbul pertanyaan, “Siapakah yang mengucapkan terima kasih itu.” Ucapan terima kasih itu disampaikan oleh penulis surat kepada penerima surat. Oleh karena itu, kalimat penutup surat yang dapat digunakan ialah, Atas perhatian Saudara, kami sampaikan ucapan terima kasih. Pada contoh kalimat penutup surat nomor (3), Demikian atas perhatian Bapak, kami haturkan terima kasih. Kata demikian tidak diperlukan pada penutup surat itu karena penggunaan kata itu tidak memberikan informasi apa pun. Selain itu, penggunaan kata haturkan tidaklah tepat karena kata haturkan itu masih bersifat kedaerahan, sedangkan surat yang dibuatnya adalah surat resmi, yang menuntut penggunaan kosakata baku bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kata haturkan lebih tepat jika diganti dengan kata ucapkan apabila kita menekankan pada keinginan untuk mengucapkan sesuatu, atau kata sampaikan apabila kita memang ingin menyampaikan sesuatu, yaitu ucapan terima kasih kepada penerima surat. Jadi, di dalam penulisan surat dinas, pada kalimat penutup surat sebaiknya tidak digunakan kata-kata yang masih bersifat kedaerahan dan tidak digunakan kata-kata yang tidak memberikan kejelasan informasi.

Sehingga Paragraf penutup Pada paragraf terakhir dari surat lamaran kerja Anda umumnya berisi harapan tindakan dari pembaca atau perusahaan. Jelaskan pada paragraf penutup bahwa Anda dapat melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang telah disediakan oleh organisasi perusahaan atau lembaga yang dilamar. Baca juga : Menepis Anggapan Buruk Perusahaan Dengan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru yang Baik Dan Benar

Demikian contoh penutup surat lamaran kerja ini semoga bermanfaat bagi Anda yang akan melamar sebuah pekerjaan disuatu perusahaan pilihan Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda salam sukses selalu. Sekian dan terima kasih.

Kontributor : Riska Ameliana

Tak Cuma Format Suratnya, Surat Lamaran Kerja Berdasarkan EYD Wajib Kamu Pahami

Posted: 11 Sep 2015 07:00 PM PDT

Surat Lamaran Kerja Berdasarkan EYD. Sebuah surat lamaran kerja yang baik tidak serta merta asal membuatnya tetapi harus diperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar.

Tak Cuma Format Suratnya, Surat Lamaran Kerja Berdasarkan EYD Wajib Kamu Pahami

Kredit gambar: bisnis.liputan6.com

Maka dari itu sebelum membuat surat lamaran kerja diperlukan persiapan dan juga memperhatikan kriteria seperti yang ada di bawah ini :
1. Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD.
2. Format penulisan yang rapi dan dengan bahsa yang singkat, jelas, dan padat.
3. Surat lamaran kerja ditulis secara manual (tulisan tangan) dan memang Anda yang membuatnya.
4. Lengkapi surat lamaran kerja Anda dengan data yang dibutuhkan oleh perusahaan
5. Lampirkan surat kelengkapan lainnya seperti sertifikat, daftar riwayat hidup dan pengalaman kerja.

Baca juga : Jenis Font yang Baik Untuk Menulis Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang benar harus mencakup beberapa dan struktur penulisan seperti yang ada dibawah ini :

1. Tempat dan tanggal penulisan
2. Perusahaan yang dituju
3. Salam hormat
4. Kata pengantar
5. Biodata diri
6. Pengalaman kerja dan kemampuan (skill)
7. Harapan
8. Penutup

Baca juga : Bagaimana Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Menurut Aturan?. Apabila Anda kurang jelas dengan struktur di atas saya sudah siapkan di bawah ini ada contoh surat lamaran kerja.

Bandung, 04 September 2015
Kepada Yth :
HRD PT Angin Ribut
Jl. Cisempak No. 14 Bandung

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari media cetak perihal lowongan pekerjaan di PT. Angin Ribut. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di PT. Angin Ribut untuk mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ika Ariska
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung 11 Juni 1989
Jenis Kelamin : Perempuan
Pendidikan : SMK Rekayasa Perangkat Lunak
Alamat : Jl. Buntu No. 11
Telepon : 089876543321

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut ini :

1. Pas Photo
2. Foto Copy KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Foto Copy Ijazah Terakhir
5. Foto Copy Sertifikat Competensi
6. Foto Copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Hormat saya

Ika Ariska

Dari paparan Contoh surat lamaran kerja berdasarkan EYD ini diharapkan dapat memberi manfaat terutama bagi Anda yang sedang berusaha untuk mencari pekerjaan. Semoga contoh surat lamaran kerja ini bisa membantu Anda untuk sukses menyelesaikan persyaratan lamaran secara baik. Salam sukses 

Kontributor : Windi Juwita

Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup Yang Lebih Memberikan Jaminan Kamu Berbeda Dengan Pencari Kerja Lain

Posted: 11 Sep 2015 05:51 PM PDT

Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup – Dalam kesempatan ini Tipskarir.com akan membahas tentang Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup untuk Anda yang akan melamar pekerjaan dan belum tahu bagai mana cara membuatnya.

Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup Yang Lebih Memberikan Jaminan Kamu Berbeda Dengan Pencari Kerja Lain

Kredit gambar: sundaypromo.com

Melamar kerja merupakan aktivitas yang cukup mengurus tenaga dan mental, selain harus mempersiapkan segalanya dengan maksimal kita juga harus siap dengan hasil akhir yang akan kita terima. Untuk melakukan pelamaran terhadap perusahaan yang menerima lowongan pekerjaan biasanya mewajibkan pelamar untuk membuat daftar riwayat hidup atau CV yang menjelaskan biodata diri pribadi secara lengkap dan benar agar perusahaan tersebut tidak salah dalam memilih pegawai yang berkualitas. Baca juga : Demi Cita-Cita Yang Layak Kamu Perjuangkan, Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini Pantas Kamu Praktekan

Dalam persaingan untuk bekerja pastinya dibutuhkan persiapan yang matang, mulai dari membuat riwayat yang baik, sikap, mental, dan tentunya berdoa agar diterima diperusahaan tersebut. Selain itu, satu hal yang sangat penting yaitu skill atau kemampuan yang Anda miliki, untuk memastikan apakah Anda layak untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Cara membuat daftar riwayat hidup sebetulnya cukup mudah, namun bagi orang baru pertama kali membuat pastinya masih bingung biasanya membutuhkan contoh sederhana agar bisa dipahami secara baik. Kita hanya perlu membuatnya secara profesional, rapih, dan jujur menjelaskan riwayat diri kita secara jelas. Karena riwayat hidup yang telah kita buat juga cukup mempengaruhi diterima atau tidaknya kita bekerja diperusahaan tersebut. Berikut di bawah ini ada contoh daftar riwayat hidup. Baca juga : Buat Dirimu Yang Saat Ini Masih Menjalani Drama Melamar Kerja, Ini Adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Dan CV Terbaru

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI
Nama Lengkap : Hadi Agung
Tempat, Tanggal Lahir : Bandung, 06 Juli 1989
Jenis Kelamin : Laki-laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Jl. Gunung Batu No. 23
Telepon : 087805750482

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

PENDIDIKAN FORMAL
1. SD Negeri 2 Bandung : Tahun 1996-2002
2. SMP Negeri 3 Bandung : Tahun 2002-2005
3. SMK Negeri 4 Bandung : Tahun 2005-2008
4. S1 Fakultas Programing Universitas Indonesia : Tahun 2008-2012

PENDIDKAN NON FORMAL
1. Kursus Komputer Dan Jaringan di Bandung : Tahun 2008
2. Kursus Programming di Bandung Progammer : Tahun 2009
3. Basic Language English di Bandung : Tahun 2010
KEMAMPUAN
1. Menguasai bahasa Inggris
2. Menguasai komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Acces, MS Outlook dan Internet
RIWAYAT PEKERJAAN
1. Programming di PT. Angkasa, Bandung : Tahun 2012-2013
2. Manager Programming PT. Jaya Abadi, Bandung : 2013-2014

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya dan dapat dipertanggungjawabkan

Bandung, 04 September 2015

Hadi Agung

Semoga Contoh Teks Daftar Riwayat Hidup bisa membantu Anda untuk membuat sebuah riwayat hidup yang baik dan benar. Semoga berhasil diterima di perusahaan yang diinginkan dan mendapatkan pekerjaan yang Anda harapkan.

Kontributor : Windi Juwita

Masih Ngebet Nyari Lowongan? Cara Penulisan CV Singkat Ini Setidaknya Membantu Dirimu Menemukan Pekerjaan

Posted: 11 Sep 2015 05:19 PM PDT

Cara Penulisan CV Singkat  – Ketika Anda akan membuat surat lamaran kerja pada sebuah perusahaan, maka tentunya Anda pun akan membuat daftar riwayat hidup atau yang sering disebut dengan CV ( Curriculum Vitae ). Dengan adanya penulisan daftar riwayat hidup, maka itu akan sangat membantu Anda untuk memenuhi salah satu persyaratan yang di butuhkan oleh suatu instansi.

Masih Ngebet Nyari Lowongan Cara Penulisan CV Singkat Ini Setidaknya Membantu Dirimu Menemukan Pekerjaan

Kredit gambar: bintang.com

Penulisan daftar riwayat hidup haruslah memperhatikan contoh penulisan CV yang baik, tentunya tidak asal-asalan dengan pengisian data yang seadanya saja. Perlu Anda ketahui bahwa, format penulisan CV sangat mempengaruhi kriteria penulisan daftar riwayat hidup yang benar. baca juga : Efektifkan Ikhtiar Melamar Kerjamu Dengan Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Namun, jika Anda hanya mengAndalkan satu penulisan daftar riwayat hidup saja, maka Anda tidak bisa melamar suatu pekerjaan. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang Anda inginkan, tidaklah mudah. Anda harus memenuhi semua persyaratan yang di butuhkan oleh perusahaan tersebut, seperti : Anda harus melengkapi surat lamaran kerja yang baik, agar Anda berhasil melewati seleksi kerja Anda.

Ketika Anda melamar pekerjaan, maka Anda akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang yang melamar suatu pekerjaan seperti Anda.Sedangkan posisi atau jabatan yang di butuhkan oleh perusahaan hanya 1 atau 2 orang. Namun Anda tidak perlu khawatir dalam hal ini, HRD perusahaan hanya akan menilai seorang kandidat yang mempunyai kemampuan yang sangat bagus dan juga prestasi yang sangat baik.

Maka ketika Anda menulis format CV tidak perlu menuliskan daftar riwayat hidup sampai berlembar-lembar. Janganlah Anda menuliskan pengalaman Anda yang tidak penting bagi HRD. Karena ketika HRD membaca CV Anda, maka akan merasa sangat membosankan dan biasa saja. Sebaiknya Anda menuliskan daftar riwayat hidup yang sangat menarik, kalau bisa buat HRD itu sampai melotot ketika membaca penulisan CV Anda.

Penulisan daftar riwayat hidup yang sederhana, memadai, dan sangat singkat tetapi jelas itu akan menjadi pembekalan pertama Anda pada perusahaan. Namun, apakah Anda tahu apa yang di maksud dengan CV itu seperti apa ??

CV yaitu resume tentang perjalanan seseorang mengenai data diri yang lebih menekankan pada beberapa point yaitu pernyataan profile pribadi seseorang, keahlian dan kemampuan juga kualifikasi pendidikan dan pengembangan pribadi, bahkan hobi dan kepentingan seseorang. Dalam artikel ini, Minin akan sedikit berbagi mengenai bagaimana cara penulisan CV yang singkat padat dan jelas yang nantinya akan menjadi suatu bahan acuan untuk Anda sebelum melamar suatu pekerjaan. Baca juga : Panggilan Kerja Tak Mustahil Kamu Dapati Kalau Contoh Curriculum Vitae Lamaran Kerja Ini Kamu Praktekkan

Cara mudah penulisan CV :
1. Format penulisan yang benar.  Tulislah penulisan CV yang umum.

2. Tuliskan penulisan yang penting saja Dalam penulisan CV yang akan Anda buat, isi nya harus benar-benar mencakup mengenai informasi yang pentingnya saja bagi HRD. Janganlah Anda mencantumkan hal yang tidak terlalu penting, misalnya: Tinggi dan berat badan Anda.  Kecuali kalau memang di minta di iklan lowongan kerja tersebut.

3. Tampilan CV yang menarik Buatlah penulisan CV yang menarik dan mudah untuk di baca sehingga team rekrutmen pun tertarik untuk membaca CV yang Anda tuliskan. Anda harus bisa mengatur tata letak CV yang menarik, atur spaci dan tulisan di ketik lalu di print dengan baik.

4. Lengkap, Jelas dan Ringkas. CV yang Anda tuliskan harus seringkas mungkin namun jelas dan lengkap.
Di dalamnya mencakup tentang semua informasi diri Anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar yang mempunyai nilai jual dengan posisi yang Anda inginkan.

5. Gunakanlah bahasa yang benar. Tulislah Cv dengan menggunakan tata Bahasa Inggris yang baku untuk tujuan komunikasi tertulis. Pastikan bahwa penulisan CV Anda dapat di mengerti oleh team rekrutmen yang akan membaca penulisan CV Anda.

6. Gunakanlah Bahasa dan kata-kata standar
Jangan gunakan singkatan kata yang dapat membingungkan orang yang akan membaca CV Anda.

7. Tulislah CV yang mempunyai nilai jual. Supaya penulisan CV Anda mempunyai nilai jual di mata perusahaan, maka tekankan penulisan cv yang ringkas namun jelas untuk di pahami. Tekankan pengalaman, keahlian dan prestasi yang pernah Anda raih.

8. Bernada Positif. Jangan menggunakan kalimat yang bernada minta maaf karena Anda misalnya mempunyai kekurangan ini itu. Sebaiknya sampaikanlah sesuatu yang bernada positif.

9. Janganlah Anda mencantumkan gaji yang Anda inginkan.

10. Jangan berbohong tentang apa yang ada pada kemampuan diri Anda.
11. Periksa kembali penulisan CV yang Anda buat dengan teliti.

Contoh CV :

Curriculum Vitae

Nama : Seyla Novita
Tempat/Tgl.Lahir : Bandung, 25 Januari 1989
Alamat : Jl. Babakan Bandung No. 13
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Kawin
Alamat Email : SeylaNovita@gmail.com
Nomor Telepon : 6285793679936

Pendidikan
1994 – 2000 : SDN 1 Bandung
2000-2004 : SLTP N 39 Bandung
2004- 2008 : SMAN 12, Bandung

Kemampuan
Jaringan LAN, Blogger
Kemampuan Berbahasa Inggris
Kemampuan Browser Internet
Bandung, 12 September 2015

Seyla Novita

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan mengenai penulisan CV yang singkat, dan yang saya ambil dari berbagai sumber. semoga bermanfaat bagi para pembaca :)

Kontributor : Anita Nurfatimah

Cara Membuat Perbedaan Yang Mencolok Pada Dirimu Lewat Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Menarik

Posted: 10 Sep 2015 07:04 PM PDT

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan menarik – Surat lamaran kerja menjadi bagian penting dan cukup berperan dalam perekrutan tenaga kerja yang dilakukan oleh suatu perusahaan. Tidak asing bukan mendenagr surat lamaran kerja ini karena diwaku sekolah kamu pastinya sudah dikenalkan dengan surat lamaran kerja dalam membuat lamaran kerja. Surat lamaran ini akan menjadi awal berkas lamaran kerja yang dilihat oleh perusahaan untuk melihat data yang pelamar berikan dan mengetahui kecocokan pelamar dengan pekerjaan yang ditawarkan. Tidaklah gampang dalam membuat surat lamaran ini, namun tidak juga begitu sulit karena kemudahan dan kesulitan itu tergantung dari kepahaman kamu sendiri dalam membuat atau menulis surat lamaran ini. Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Waiter Buat Anda Yang Ingin Bekerja Di Restoran Dan Hotel

Cara Membuat Perbedaan Yang Mencolok Pada Dirimu Lewat Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Menarik

Kredit gambar: torycapital.com

Surat lamaran yang dibuat selain harus baik sesuai dengan struktur yang telah ditentukan juga harus memiliki nilai menarik atau nilai jual kepada pihak perusahaan untuk menunjukan bahwa kamu siap dan cocok untuk menempati posisi yang dibuthkan oleh perusahaan. Nah, bagimana cara membuat surat lamaran yang baik dan manarik ? Untuk penulisan surat lamaran tersebut bisa kamu perhatikan contoh surat lamaran kerja dibawah sebagai referensi penulisan surat lamaran kerja yang baik dan menarik untuk kamu persiapkan saat melamar pekerjaan yang diinginkan. Baca juga : Cara Kalahkan 1000 Tumpukan File Surat Lamaran Kerja Pesaing Anda

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Dan Menarik

Misalkan kamu ingin melamar kerja diposisi bagian marketing, maka penulisan surat lamaran yang baik dan menarik bisa melihat contoh dibawah ini

Jakarta, 10 September 2015

Prihal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 7 Halaman

Kepada Yth :
Pimpinan PT. Sanugraha Bandung
Jl. Patimura Barat No. 71
Bandung

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Sanugraha Bandung yang saya temukan dari Media Majalah Kerja pada tanggal 9 sepetember 2015, dengan ini saya mengajukan diri untuk bergabung kedalam Tim Marketing PT. Sanugeraha Bandung yang mana untuk posisi tersebut perusahaan sedang membutuhkan tenaga kerja baru.

Berikut Mengenai data singkat saya :

Nama                              : Rifatin Alamsyah
Tempat, tanggal lahir  : Jakarta, 22 Mei 1990
Usia                                 : 25 tahun
Pendidikan Terakhir   : D-3 Universitas Pratama
Kejuruan                        : Manajemen Perkantoran
Alamat                            : Jl. Sindang saja No/9 Kel. Martapura, Jakarta 65657
Telepon                           : 088 656 787 990
Email                              : Riffatin@gmail.com

Saya memliki kesehatan yang baik, fasih dalam berbahasa inggris baik lisan dan tulisan, latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan dan saya memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya sudah terbiasa bekerja menggunakan komputer, Menguasai aplikasi MS Office untuk Word, excel, acces,Outlook, Power point, juga internet.

Saya menginginkan pekerjaan untuk posisi ini karena saya senang untuk belajat dan senang bekerja secara tim maupun mandiri dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan

  1. Pas Photo Terbaru
  2. Foto Copy KTP
  3. Foto Copy SKCK
  4. Foto Copy Ijazah Terakhir
  5. Foto Copy Transkrip Nilai
  6. Daftar Riwayat Hidup
  7. Foto Copy Kursus

Besar harapan saya untuk bisa bertemu langsung dengan Bapak/Ibu pimpinan sehingga saya dapat menjelaskan lebih terperinci mengenai potensi diri yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapakan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Rifatin Alamsyah

Seperti itulah contoh surat lamaran kerja yang baik dan menarik untuk referensi penulisan surat lamaran yang akan kamu persiapkan, semoga bermanfaat dan salam sukses.

 

 

No comments:

Post a Comment