Friday, July 3, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Contoh Format Surat Lamaran Kerja yang Baik. Silakan Ditiru!

Posted: 03 Jul 2015 02:39 AM PDT

Pengajuan surat lamaran kerja oleh pelamar kerja merupakan proses awal dalam sebuah rekrutmen yang diselenggarakan oleh perusahaan.  Bagi anda yang sudah berpengalaman membuat surat lamaran kerja tentu tidak menemui kesulitan yang berarti, namun bagi anda yang merupakan fresh graduate dari SMA atau perguruan tinggi, mungkin masih bingung contoh format surat lamaran kerja yang baik itu seperti apa. [Baca: Format Dasar Untuk Surat Lamaran kerja Yang Baik Beserta Contohnya]

contoh format surat lamaran kerja

Kredit: isusosial.com

Untuk bisa membuat surat lamaran kerja tentu dibutuhkan contoh format surat lamaran kerja yang baik agar bisa dijadikan referensi ketika akan membuat surat lamaran kerja. [Baca: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Umum]

Pembuatan surat lamaran kerja yang baik dianggap sangat penting, karena surat lamaran kerja dapat mewakili diri pelamar kerja dalam menyampaikan minatnya untuk bekerja di perusahaan yang dituju.  [Baca: 3 Cara Tepat Membuat Surat Lamaran Kerja]

Banyaknya contoh format surat lamaran kerja yang baik tentu semakin memudahkan seseorang yang ingin mencari referensi contoh surat lamaran kerja yang baik, sehingga bisa diaplikasikan pada saat mengajukan surat lamaran kerja yang sesungguhnya. [Baca: Ini Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik Untuk Anda]

Secara umum format contoh surat lamaran kerja yang baik berisi hal-hal berikut ini:

  • Tempat dan tanggal penulisan
  • Perusahaan yang dituju
  • Salam hormat
  • Kata pengantar
  • Data pribadi
  • Pengalaman kerja
  • Harapan
  • Penutup

Dalam contoh buat surat lamaran kerja yang baik, maka perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai EYD dan formal
  2. Format penulisan surat harus rapi dan informatif
  3. Hindari kata-kata yang disingkat atau pun bertele-tele
  4. Melengkapi data-data untuk dijadikan pertimbangan
  5. Melampirkan surat pendukung lain seperti referensi pengalaman kerja, sertifikat, dsb

Catatan: jika anda melamar suatu pekerjaan maka pilihlah yang sesuai dengan kualifikasi anda, sehingga waktu anda tidak terbuang percuma.

Berikut ini adalah contoh format surat lamaran kerja yang baik:

Yogyakarta 12 Juni 2015

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan

PT. Sinar Jaya

Jln. Menakjinggo 11 Yogyakarta

Perihal: Lamaran kerja

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya

Nama                : Riana Aprilia

Tempat, tanggal lahir  : Yogyakarta, 30 Juni 1990

Jenis kelamin         : Perempuan

Pendidikan           : Akademi Sekretaris dan Manajemen Yogyakarta

Alamat               : Jln. Kelinci no 1 Yogyakarta

No telpon/email       : 08754546864/april@gmail.com

Bersama ini saya mengajukan lamaran kerja melalui perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Sekretaris Direksi.  Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Pas foto
  2. Foto copy KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto copy ijazah terakhir
  5. Foto copy transkrip nilai
  6. Foto copy sertifikat kompetensi
  7. Foto copy sertifikat job training

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Riana Aprilia

 

Itulah salah satu contoh format surat lamaran kerja yang baik. Silakan ditiru!

Bingung Mau Jawab Apa? Ini Contoh Jawaban Wawancara Kerja

Posted: 03 Jul 2015 02:27 AM PDT

Wawancara kerja merupakan tahap akhir dalam sebuah proses rekrutmen yang menentukan berhasil tidaknya seorang pelamar kerja lolos dalam rangkaian seleksi rekrutmen karyawan.  Tujuan wawancara kerja adalah mengetahui potensi pelamar kerja secara verbal dan menyaring kandidat yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.  Karena itulah banyak di antara pelamar kerja yang gagal dalam seleksi ini karena kurangnya persiapan dan ketidaktahuan tentang jawaban apa yang harus diberikan saat menjawab pertanyaan dalam wawancara, sehingga banyak yang mencari contoh jawaban wawancara kerja. [Baca: Beberapa Pertanyaan Wawancara Kerja Beserta Jawabannya]

contoh jawaban wawancara kerja

Sebenarnya banyak contoh jawaban wawancara kerja yang bisa dicari di internet sehingga bisa memberikan gambaran pada pelamar kerja megenai hal-hal yang dipertanyakan dalam wawancara kerja maupun jawaban seperti apa yang sebaiknya diberikan. [Baca: Contoh Tes Wawancara Kerja : Cara Memberi Jawaban yang Baik Dari Pertanyaan Sulit]

Berikut ini adalah beberapa contoh jawaban wawancara kerja:

  • Mengapa Anda melamar pekerjaan di posisi ini?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum yang biasanya ditanyakan di awal wawancara.  Anda bisa saja menjawabnya dengan jawaban yang buruk seperti,” Saya butuh uang Pak, makanya saya melamar pekerjaan ini.”

Boleh saja anda menjawab seperti itu, tapi mungkin kesempatan anda untuk diterima bekerja akan langsung merosot tajam.

Ada baiknya anda menjawab dengan jawaban yang baik seperti;

“Setelah saya melihat lowongan yang ditawarkan, saya merasa tertarik dan kualifikasi saya sesuai untuk menempati posisi tersebut, sehingga saya berminat dan ingin berkontribusi pada perusahaan Bapak/Ibu sesuai dengan background pendidikan dan pekerjaan saya sebelumnya.”

  • Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan lama Anda?

Walaupun alasan anda meninggalkan pekerjaan lama anda karena ada konflik dengan teman kantor anda bukan berarti anda bisa menjawabnya dengan jawaban yang seperti ini,”Saya keluar karena ada konflik dengan teman kantor, coba Bapak bayangkan, masa teman saya selalu menjatuhkan nama saya di hadapan atasan saya, sampai-sampai saya sering mendapatkan teguran dari atasan saya.” Silahkan saja kalau anda ingin menjawab seperti itu, tapi jawaban itu bukanlah jawaban yang tepat.  Sebaiknya anda menjawab dengan jawaban yang tepat.  Seperti jawaban berikut ini;

“Saya ingin menemukan peluang yang lebih baik untuk mengembangkan diri dan karir saya, dan saya rasa saya menemukan peluang itu di perusahaan Bapak.”

  • Apa saja kelebihan dan kekurangan anda?

Boleh saja anda memberikan jawaban yang jujur tentang kekurangan anda, tapi jangan sampai jawaban anda justru akan menjatuhkan anda, seperti “Saya tidak bisa bangun pagi Pak, kalaupun bisa saya pasti ngantuk di kantor.” atau “Saya tidak percaya diri Pak, jadi saya tidak suka jika harus presentasi”.

Sebaiknya anda menjawab pertanyaan ini secara bijaksana, sehingga kekurangan anda bisa tertutup oleh kelebihan anda, seperti jawaban berikut ini;

” Saya kurang percaya diri, tapi hal itu justru memotivasi saya untuk melakukan pekerjaan lebih baik lagi sehingga hasilnya sangat berguna bagi perusahaan.

Itulah beberapa contoh jawaban wawancara kerja, semoga bermanfaat.

Beginilah Contoh CV yang Baik dan Benar. Layak Anda Contoh!

Posted: 03 Jul 2015 02:17 AM PDT

contoh cv yang baik dan benarCurriculum Vitae atau sering disebut dengan Daftar Riwayat Hidup memiliki fungsi yang sangat penting dalam pengajuan surat lamaran kerja.  Karena dokumen ini berisi informasi penting mengenai diri pelamar kerja terkait identitas pribadi, riwayat pendidikan, maupun pengalaman kerja dan informasi skill yang mendukung kualifikasi pelamar kerja.  Ada banyak contoh CV yang baik dan benar yang bisa anda dapatkan melalui internet, maupun bertanya dengan orang yang sudah bekerja entah itu taman ataupun saudara. [Baca: Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar]

Saat mengaplikasikan contoh CV yang baik dan benar pelamar kerja tentu mengharapkan CV yang dilampirkan tersebut dapat menarik perhatian perusahaan yang dituju sehingga akan diproses lebih lanjut untuk mengikuti seleksi rekrutmen selanjutnya. [Baca: Penjelasan Umum dan Pengertian Wawancara Kerja]

Banyak format contoh CV yang baik dan benar namun pada dasarnya secara umum CV berisi informasi yang hampir sama, yaitu seputar identitas diri, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman kerja maupun keahlian atau skill khusus, seperti komputer, bahasa asing ataupun skill lain yang mendukung.  Yang perlu diingat adalah penggunaan  gaya bahasa  harus formal dan resmi karena tujuan CV adalah memperkenalkan diri kepada perusahaan yang dituju secara formal. [Baca: Format CV (Curriculum Vitae) Lengkap]

Pada dasarnya sebuah CV memuat hal-hal berikut ini:

Data Pribadi

  • Nama
  • Jenis kelamin
  • Tempat tanggal lahir
  • Kewarganegaraan
  • Tinggi dan berat badan
  • Kesehatan
  • Agama
  • Alamat lengkap
  • Status perkawinan
  • No telepon
  • Email

Riwayat Pendidikan

  • Pendidikan formal
  • Pendidikan non formal

Pengalaman Organisasi

Keahlian yang Dimiliki

Berikut ini adalah contoh CV yang baik dan benar:

Curriculum Vitae

Data Pribadi     

Nama                :  Qory Hafiza

Jenis kelamin         :  Perempuan

Tempat, tanggal lahir  :  Yogyakarta, 21 Maret 1990

Kewarganegaraan     :  Indonesia

Tinggi dan berat badan :  160/58 kg

Kesehatan            :  Sangat baik

Agama               :  Islam

Alamat lengkap       :  Jln. Putih Melati no 8 Yogyakarta

Status                :  Single

No telepon/HP        :  087833822888

Email                :  qoryfiza@gmail.com

Latar Belakang Pendidikan

Pendidikan Formal

1996-2002 :  SD Negeri Kumendaman Yogyakarta

2002-2005 :  SMP Negeri 2 Yogyakarta

2005-2008 :  SMU Negeri 1 Yogyakarta

2008-2012 :  Jurusan Sekretaris Akademi Sekretaris dan Manejemen Yogyakarta, Lulus dengan IPK 3.00

Pendidikan Non Formal

2011 : Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Bimbingan Bahasa Asing LIA Yogyakarta.

Pengalaman Organisasi

2009-2014: Ketua Organisasi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Jogjakarta

Kemampuan

MS Office (Word, Excel, Power Point)

English (Spoken and written)

Pengalaman kerja:

Bekerja sebagai Sekretaris di PT. Yoga Utama Yogyakarta (2013-2015)

Demikian Curriculum Vitae ini saya buat dengan sebenar-benarnya, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

 

Qory Hafiza

Itulah salah satu contoh CV yang baik dan benar yang bisa anda gunakan sebagai referensi ketika mengajukan surat lamaran kerja.  Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment