Wednesday, March 25, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tetulis dengan Baik

Posted: 25 Mar 2015 07:22 PM PDT

Contoh Surat lamaran kerja yang baik dan benar sudah pasti akan kamu miliki jika kamu sudah mengetahui bagaimna cara menulis surat lamaran yang baik itu seperti apa. Surat lamaran yang baik dan benar ditentukan oleh penulisan surat yang kamu lakukan, jika ingin surat lamaran yang kamu buat menjadi surat lamaran yang baik dan benar, maka tulislah surat lamaran tersebut dengan baik.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tetulis dengan Baik

kredit gambar : tipskarir.com

Keberhasilan seorang pelamar ketika ingin mendapatkan suatu pekerjaan ini awalnya akan ditentukan dari bagaimana surat lamaran yang diberikan, baik tidaknya surat lamaran tersebut tentu menjadi satu pengaruh pada hasil atau ketentuan yang akan pelamar tersebut dapatkan. Sudah terjadi banyak yang gagal dari tahap awal seleksi surat lamaran ini dikarenakan surat lamaran yang diberikan tidak baik. Jangan sampai ini terjadi kepada Anda, mendapatkan suatu lowongan kerja itu sulit apalagi pekerjaan yang kamu inginkan, mungkin butuhk cukup waktu untuk bisa mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Jika saat ini suatu perusahaan sedang membuka lowongan kerja, dan itu menarik minat kamu, setelah kualifikasi yang dibutuhkan dapat kamu penuhi, kini tinggal kamu persiapkan berkas lamaran kerja denagn baik.  Untuk persiapan melamar kerja awali dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, karena ini akan menjadi kesan awal pihak perusahaan terhadap Anda. Nah, dalam persiapan melamar kerja ini berikut saya bagikan untuk cara menulis surat lamaran kerja dengan contoh surat lamaran kerja berikut :

Bekasi, 26 Maret 2015

Kepada :
Pimpinan staff personalia
PT. Intikom Berlian Mustika
Jl. Buana no 9 Jakarta

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Intikom Mustika untuk posisi Administrasi yang saya temukan dari situs lokerpedia.com pada tanggal 25 maret 2015, dengan ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan tersebut

Berikut biodata singkat saya
Nama                            : Firnia
Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 23 Agustus 1990
Jenis kelamin               : Perempuan
Status                            : Belum menikah
Pendidikan terakhir    : D3 Universitas Informastika Utama Surabaya
Alamat                           : Jl. Raya agung no 11, Surabaya 76256
Telepon                         : 081 243 676 898

Saya memiliki kesehatan yang baik, sudah tersbiasa bekerja komputer, dengan latar belakang dan pengalaman kerja yang saya miliki di posisi yang sama saya yakin bisa bekerja sebagai Admin PT.Intikom mustika dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data berikut :
1. Pas foto terbaru
2. Foto copy KTP
3. Foto copy Surat keterangan sehat
4. Foto copy SKCK
5. Foto copy ijazah terakhir
6. Foto copy transkrip nilai
7. Foto copy sertifikat pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk bisa mengikuti tes interview agar saya dapat menjelaskan dengan detail potensi yang saya miliki untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat permohonan ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Firnia

Nah, seperti itulah penulisan untuk surat lamran kerja, semoga setelah melihat contoh surat lamaran kerja diatas bisa menambah persiapan dalam membuat surat lamran kerja yang baik dan benar. Salam Sukses

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dan CV yang Baik Dan Benar

Posted: 25 Mar 2015 05:49 PM PDT

Buat kamu yang kini akan mecoba untuk melamar kerja baik yang baru pertama kali atau sudah beberapa melakukan melamar kerja,agar lamaran yang kamu berikan bisa diterima baik oleh perusahaan sebaiknya ketahui tips melamar kerja untuk penulisan atau membuat surat lamaran kerja dan CV berikut .

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dan CV yang Baik Dan Benar

kredit gambar : risco-comunity.blogspot.com

Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang menjadi pusat perhatian awal perusahaan ketika melihat berkas lamaran yang diberikan, untuk itu surat lamaran ini harus dibuat dengan baik karena jika surat lamaran tidak baik kesan awal perekrut sudah tentu tidak akan baik dan berkas lamaran lain akan terabaikan. Sedangkan peran penting dari  Daftar riwayat hidup atau CV ini yaitu sebagai informasi diri pelamar, dimana perusahaan akan mengenal Anda dan mengetahui kecocokan Anda dengan pekerjaan yang ditawarkan dari CV tersebut. Bila CV kamu tidak tertulis dengan baik maka sulit pihak perusahaan untuk mengenal kamu.

Nah, Dalam penulisan surat lamaran kerja dan CV ini ketahui beberapa hal berikut yang harus dimiliki surat lamaran kerja dan CV yang akan kamu buat, sehingga berkas tersebut bisa menjadi surat lamaran kerja dan CV yang baik dan benar.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Dan CV

  • Tulis Berdasarkan Struktur
    Buat surat lamaran Kerja dengan struktur yang telah ditentukan, ini adalah salah satu contoh surat resmi sehingga penulisan surat lamaran ini harus dilakukan sesuai dengan struktur yang telah ditentukan. Untuk CV tulislah poin-pin data diri Anda dengan jelas dan mungkin untuk contoh penulisan cv bisa Anda klik disini
  • Penggunaan Bahasa Baik
    Bahasa yang baik dan benar sudah menjadi hal penting yang harus dilakukan, sebab dari bahasa yang Anda gunakan bisa menjadi nilai karakter diri Anda termasuk kenyamanan dan maksud surat itu dapat dimengerti dari bahasa yang digunakan.
  • Tulisan Rapih
    Tulis dengan rapih baik itu surat lamaran kerja maupun CV. Teliti jangan sampai terjadi kesalahan penulisan takutnya terjadi salah arti.
  • Isi Singkat Dan Jelas
    Buat surat lamaran dan CV dengan singkat dan jelas serta bisa melengkapi informasi yang dibutuhkan perusahaan. Jnagan bertele0tele, perusahaan tidak memberikan waktu yang lama, jika surat lamaran dan cv Anda bertele-tele jangan harap untuk Anda bisa berhasil masuk tahap selanjutnya.
  • Infomasi Benar
    Apa yang Anda tuliskan dalamn surat lamaran kerja dan CV ini benar, tidak melebihkan. Jika Anda berbohong maka saat tes interview nanti perusahaan akan mengetahui hal itu, dan jika terjadi maka akan berakibat buruk.
  • Menarik
    Buat surat lamaran Anda menarik dengan menuliskan potensi Anda yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamara. Yakinkan bahwa Anda layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut
  • Jumlah Halaman
    Untuk surat lamaran kerja buat dengan satu halaman, sedangkan untuk CV boleh 2 halaman jika memang ada hal-hal penting yang harus dituliskan khusunya untuk kamu yang memiliki penagalaman kerja.
  • Jaga kerapihan.
    Selain dari segi penulisan juga kerapihan ini perlu diperhatikan terutama bagi kamu yang melakukan pembuatan surat lamaran dan cv ini secara manual atau prin out jangan samapi kertas lamaran Anda kusut dan kotor.

Itulah Tips melamar kerja untuk membuat surat lamaran dan CV yang akan kamu lakukan, semoga bermanfaat dan salam sukses

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Posted: 25 Mar 2015 04:47 PM PDT

Contoh daftar riwayat hidup – Setelah saya postingkan beberapa contoh surat lamaran kerja, kali ini saya akan membagikan cara penulisan untuk sebuah daftar riwayat hidup atau CV.

Contoh Penulisan Daftar Riwayat Hidup yang Baik

kredit gambar : tipskarir.com

Daftar riwayat hidup atau dikenal juga dengan CV ini adalah berkas kedua yang akan dipersiapkan setelah membuat surat lamaran kerja. Daftar riwayat hidup yang memberikan keterangan tentang diri pelamar sudah pastinya harus dibuat dengan baik karena ini yang mengantarkan perusahaan bisa mengenal setiap pelamar. Informasi diri pelamar akan dilihat pada berkas ini. Mungkin gampang dalam pembuatan sebuah daftar riwayat hidup, karena data yang dituliskan adalah data diri sendiri. Tetapi untuk cara penulisan ini harus tetap diperhatikan, takutnya Anda menuliskan hal yang tidak seharunya tertulis dalam sebuh daftar riwayat hidup. Seperti pekerjaan orang tua, itu bukan hal yang penting untuk Anda Tuliskan.

Nah, apa saja sih poin yang harus tercantum dalam daftar riwayat hidup tersebut?  Dibawah ini akan diberikan beberapa poin yang harus Anda lakukan dalam penulisan daftar riwayat hidup agar menjadi sebuah data yang baik dan informasi yang dibutuhkan perusahaan bisaAnda lengkapi.

  • Cara Penulisan Daftar Riwayat Hidup atau CV  
    Dalam sebuah CV ada beberapa bagian dengan poin-poin tertentu seperti dimulai dari data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan atau skill, penghargaan yang pernah dicapai, dan variabel pendukung lain.  Nah, untuk beberapa pin tersebut cara penulisananya bisa Anda perhatikan contoh Daftar riwayat hidup atau CV berikut

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Nama                              : Sinta Maria
Tempat,tanggal lahir   : Manado, 23 Mei 1992
Agama                            : Islam
Telepon                          : 081 234 678 899
Email                             : Maria@gmail.com

Riwayat Pendidikan
Pendidikan formal
2010-2013                  : Fakultas Ekonomi Manado IPK 3,5
2007-2010                 : SMK 1 Muda Manado
2004-2007                 : SMP 1 Manado
1998-2004                  : SDN 5 Manado
Pendidikan non Formal
2011-2012                 : Kursus Bidang Ekonomi
2009-2010                : Kursus Komputer
2006-2007                 : Kursus bahasa inggris

Pengalaman Organisasi
2005-2006               : Ketua OSIS SMP 1 Manado
2008-2010               : Ketua PMR SMK
2010-2012                : Bendahara Karangtaruna di Fakultas

Keahlian
Bisa Berbahasa inggris lisan maupun tulisan
Dapat mengoprasikan komputer

Demikian Curriculum Vitae ini saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

Sinta Maria

Seperti itulah contoh penulisan daftar riwayat hidup atau CV dalam melamar kerja untuk membantu persiapan Anda. Silahkan buat dan isi CV Anda sesuai dengan data diri yang Anda miliki.Untuk penulisan cv ini ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan

Halaman Daftar riwayat hidup atau CV maksimal 2 halaman, bagi kamu fresh graduate buat CV satu halaman
Tuliskan data yang penting saja jangan menuliskan hal-hal lain yang tidak memiliki poin nilai
Buat Isi CV jelas dan bersangkutan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar
Isi data jujur, tidak melebihkan atau mengada-ngada
Tulisan dan presentasi CV Rapih

Semoga apa yang saya bagikan untuk contoh daftar riwayat hidup dan cara penulisan di halaman ini bermanfaat dan menjadi bantuan kesuksesan Anda melewati tahap awal melamar kerja.  Salam sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Posted: 25 Mar 2015 04:25 PM PDT

Contoh surat lamaran kerja – Bukan hal yang gampang untuk membuat sebuah surat dalam melamar kerja, isi surat yang baik, jelas, dan menarik merupakan hal yang harus dimiliki agar bisa diterima baik oleh perusahaan. Dari sekian pelamar, mungkin ada sebagian orang yang tidak memetingkan dan memperhatikan surat lamaran kerja yang mereka berikan, hingga pada akhirnya mereka gagal untuk bisa memiliki kesempatan pekerjaan tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

kredit gambar : silowongankerja.com

Menulis surat lamaran kerja memang terlihat mudah, dari itu banyak yang menspelekan dalam membuat surat lamaran kerja ini. Banyak yang telah mencoba melamar kerja tetapi tidak mendapatkan panggilan, bukan soal kualifikasi atau potensi, kemungkinan surat lamaran yang diberikan itu masih salah atau ada surat lamaran pelamar lain yang bisa lebih menarik dibandingkan surat lamaran yang Anda berikan. Tidak hanya penulisan yang baik yang perlu Anda pikirkan, tetapi bagaimana caranya agar perusahaan bisa minat untuk merekrut Anda. Saran saya untuk menarik perhatian pihak perusahaan, bisa Anda membuat surat lamaran kerja dengan menuliskan potensi diri yang Anda miliki, seperti contoh surat lamaran kerja berikut

Malang, 26 Maret 2015

Kepada
Pimpinan Staff Personalia
PT. Rekan Usaha Mikro
Jl. Banjaran kota Bandung no 19

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs Lokerpedia.com pada tanggal 25 Maret 2015, bahwa PT. Rekan Usaha Mikro membutuhkan tenaga kerja baru untuk posisi Teknisi Komputer.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                             : Firmansyah
Tempat, tanggal lahir  : Malang, 23 Mei 1990
Jenis Kelamin               : Laki-laki
Pendidikan terakhir    : S-1 Fakultas Informatika Malang
Alamat                          : Jln. Pramuda no 90 Blok IC, Malang 53678
Telepon                         : 089 787 654 345

Saya memiliki kesehatan yang baik, mengoprasikan komputer, perbaikan instalasi komputer suadah menjadi suatu kebiasaan, saya memiliki pengalaman dengan posisi yang sama di salah satu perusahaan besar di malang selama satu tahun.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data antara lain :
1. Pas foto terbaru
2. Foto Copy KTP
3. Foto copy Surat keterangan kesehatan
4. Foto copy SKCK
5. Foto copy ijazah terakhir
6. Foto copy transkrip nilai
7. Foto copy sertifikat pelatihan
8. Foto copy pengalaman kerja

Besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, nntuk meyakinkan potensi yang saya miliki, Jika Bapak/Ibu berkenan saya siap menjelaskan secara detail saat tes wawancara.

Demikian surast permohonan kerja ini saya buat dnegan sejujurnya, atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Firmansyah

Itulah contoh surat lamaran kerja sebagai penjelas untuk mempersipkan surat lamaran kerja yang harus Anda buat dengan baik dan menarik. Jnagan lupa untuk tetap Anda perhatikan keraphan serta periksa ulang kembali surat lamaran Anda sebelum Anda serahkan pada pihak yang bersangkutan. Semoga ini bermanfaat dan Salam sukses

6 Hal yang Harus Dimiliki Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Posted: 25 Mar 2015 04:20 PM PDT

Sebelum melihat contoh surat lamaran kerja, alangkah baiknya Anda mengetahui bagaimana cara penulisan untuk surat lamaran kerja yang baik itu seperti apa, sehingga saat pencarian contoh surat lamaran yang akan Anda lakukan Anda bisa menilai baik tidaknya surat lamaran kerja tersebut. Selai itu, jika Anda mengetahui penulisan surat lamaran yang baik, akan menjadi sebuah bantuan Anda meski memiliki contoh surat lamaran yang sederhana, Anda bisa membuatnya lebih menarik dengan tetap memperhatikan hal-hal penting dalam penulisan sebuh surat lamaran kerja tersebut. Menulis surat lamaran yang baik menjadi satu nilai penting yang sangat berpengaruh untuk kesuksesan Anda mendapatkan pekerjaan tersebut. Surat lamaran yang menjadi satu perhatian yang dicari perusahaan sebelum mereka melihat berkas lamaran lain yang diberikan. Hati-hati dalam membuat surat lamaran ini, jangan sampai Anda memuat surat lamaran yang salah itu bisa membuat kehilangan kesempatan Anda.

6 Hal yang Harus Dimiliki Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

kredit gambar : soebita.com

Nah, dalam membuat surat lamaran kerja yang ingin Anda buat dengan baik, untuk penulisan surat lamaran ini,  ketahui beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan dimiliki dalam penulisan sebuah surat lamaran kerja berikut

  • Surat Lamaran Terstruktur Dengan Baik
    Buat Surat lamaran Anda dengan struktur surat yang telah ditentukan, tuliskan dengan baik dan jelas
  • Penulisan Benar Dan Rapih
    Tulis surat lamaran tersebut dengan benar, hati-hati terjadi kesalahan penulisan atau pengetikan . Tulislah surat lamaran dengan rapih dan ambil cara yang baik, jika Anda memiliki tulisan tangan yang bagus, sebaiknya buat surat lamaran Anda dengan tulis tangan itu akan menjadi nalai tambah untuk Anda.
  • Penggunaan Bahasa yang Baik
    Pakailah bahasa yang baik dan benar karena kenyamanan pembaca serta kepahaman maksud dari isi surat yang Anda buat itu tergantung dari bahasa yang Anda gunakan. Gunakan bahasa yang sopan, dan mudah dimengerti.
  • Singkat Dan jelas
    Buat surat lamaran Anda dengan informasi yang singkat dan jelas. Ingat pihak perusahaan tidak banyak waktu untuk melihat lamaran Anda, agar dalam waktu yang singkat mereka bisa mengenal Anda, tuliskanlah poin penting yang perlu Anda sampaikan. Jangan bertele-tele itu akan membuat surat lamaran Anda panjang dan bisa diabaikan perusahaan.
  • Beri Kesan
    Tuliskan kesan yang menarik dan keinginan Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Untuk menarik perhatian mereka, bisa Anda tuliskan kemampuan yang relevan dengan pekerjaan tersebut serta perlihatkan keinginan Anda untuk bergabung dengan perusahaan.
  • Jujur
    Berikan informasi data yang jujur. Jangan memalsukan data kebanyakan dari potensi diri, karena ingin diterima Anda menyebutkan kelebihan yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan, itu cara yang salah. Malahan jika Anda melakukannya, itu akan berakibat sangat buruk.

Nah, itulah hal-hal yang harus menjadi pehatian Anda dalam membuat surat lamaran kerja, begitupun dalam pemilihan contoh surat lamaran kerja. Jika Anda menemukan contoh surat yang bertolak belakang dengan hal tersebut, sebaiknya jangan Anda tiru.

Semoga penjelasan ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat. Salam Sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja Hotel Dengan Bahasa Inggris

Posted: 25 Mar 2015 04:05 PM PDT

Contoh Surat Lamaran Kerja Hotel Dengan Bahasa Inggris

Kredit gambar: www.merdeka.com

Bagi Anda yang saat ini tengah membutuhkan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk hotel, maka kami akan memberikan format surat lamaran kerja tersebut yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai salah satu panduan ketika akan mencari pekerjaan yang memang selama ini telah Anda idamkan. Semoga contoh dari surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk hotel ini juga bisa Anda aplikasikan guna kebutuhan Anda dalam membuat surat lamaran kerja.

Dan berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja dalam bentuk bahasa Inggris bagi Anda yang akan melamar kerja ke dunia perhotelan.

Contoh surat lamaran kerja I:

Jakarta, 14 January 2015

Attention to :
Head Manager
Human Resources Department
Glory Rest Hotel
Jalan. Nunukan Permata Nomor 11/78
Jakarta Pusat (Central of Jakarta)
Dear Sir/Madam,
By this letter I would like to apply for the position of Administration Staff that was advertised on berniaga.com job opportunity post, at January 12, 2015.
I have over two years experience as an Administrator at BAB Hotel, Jakarta Timur (East Jakarta) and I also have experience of a wide variety of pattern techniques. I may inform you that my computer skills are very good, and I have an excellent record as a reliable, productive employee where I had been working.
I am looking for new challenges and the position of Administration Staff sounds the perfect opportunity for me. Your organization has an enviable record innovation in investor financial consulting, and an excellent reputation as an employer, making the position even more appealing.
I enclose my Curriculum Vitae for your inspection and look forward to hearing from you soon. I am available for interview at your cosines.
Sincerely yours,

Fajar Albariqi

Contoh surat lamaran kerja II:

Jakarta, 14 January 2014

Attention to :
Head of Personnel
PT . Hotel Astana
Jl . Bed Raya No.100
Semarang

Dear Sirs ,

Based on the daily advertising information Binsis Field on May 27, 2012 about the job as hotel staff , so with this I volunteered to fill the position.

I have completed my undergraduate program in the field of hospitality and tourism at the School of Tourism Semarang , and believes has the ability required for the job .

My current age is 25 years old and had worked in state-owned companies . In addition I also speak English well and is able to operate a computer and the internet properly .

For your consideration , I have attached a curriculum vitae Me .

Full Name                     : Andi Umara
Place / Date of Birth : Semarang , 14 April 1987
Address                         : Jl . Potty No. 10
No. Phone / Email     : 081-25658-5475
Status                             : Not Married
Last Education           : S1 – Hospitality and Tourism

I am looking forward to the interview , where I can explain all the potential and ability to father myself .
Yours sincerely ,
Andi Umara

Itulah kedua contoh dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk hotel. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.

Kata Kunci Terkait: contoh surat lamaran kerja bahasa inggris untuk hotel, CONTOH SURAT LAMARAN KERJA HOTEL BAHASA INGGRIS, cara melamar pekerjaan di hotel - Bahasa inggris, contoh surat lamaran hotel berbahasa inggris, contoh application letter untuk hotel, contoh lamaran kerja bahasa inggris perhotelan, contoh surat lamaran di hotel bahasa inggris, contoh surat lamaran bahasa inggris untuk hotel, contoh lamaran kerja hotel bahasa inggris, contoh cv untuk melamar ke hotel

Cara Tepat Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Posted: 25 Mar 2015 04:01 PM PDT

Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email – Saat ini dengan kemajuan teknologi kian memudahkan seseorang untuk melakukan komunikasi. Seseorang yang berada di tempat yang berbeda tetap bisa melakukan komunikasi melalui beberapa perangkat elektronik, seperti ponsel, internet, dan lain sebagainya.

Cara Tepat Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Kredit gambar: buat-email-baru.blogspot.com

Melalui sejumlah perangkat elektonik tersebut, maka seseorang bisa dengan cepat mengirimkan pesan, yaitu diantaranya melalui SMS, BBM, Twitter, Facebook, Email, dan fasilitas pesan elektronik lainnya. Bahkan cara yang digunakan tersebut lebih praktis, ekonomis, dan cepat untuk digunakan. Dalam hitungan detik, pesan yang ingin disampaikan bisa langsung diterima oleh orang yang dituju.

Begitupun halnya proses penerimaan calon karyawan baru di sejumlah perusahaan. Saat ini banyak diantaranya perusahaan yang menggunakan sistem elektronik dalam proses penerimaan pegawainya. Dengan begitu, si pelamar tidak  perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor pos, membeli perangko, dan menyiapkan beberapa berkas lamaran lainnya hanya untuk mengirimkan surat lamaran kerja tersebut.

Biasanya si pelamar kerja hanya diminta untuk mengirimkan surat lamarannya dengan cara melalui email. Hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pihak perusahaan maupun si pelamar kerja.

Walaupun si pelamar kerja bisa dengan mudah mengirimkan surat lamaran pekerjaannya melalui email,akan tetapi mereka harus tetap bisa memperhatikan cara penulisan surat lamaran yang akan dikirimkan melalui email. Bagaimana caranya? Berikut cara mengirim surat lamaran kerja lewat email:

1. Judul email harus tepat

Ketika Anda akan mengirimkan berkas lamaran kerja via email, maka Anda harus menulis judul surat lamaran kerja dengan jelas dan singkat. Tujuan dari hal ini adalah agar si penerima bisa dengan cepat mengetahui maksud email Anda. Misalnya, "Melamar Kerja untuk Reporter". Akan tetapi, ada juga perusahaan yang sudah menentukan judul email yang akan dipakai. Misalnya, "Reporter" atau sekadar "REP". Jika menemukan persayaratan seperti itu, maka Anda harus mengikuti ketentuan tersebut.

2. Jangan menulis di badan email

Alangkah lebih baik jika surat lamaran kerja atau resume yang akan Anda kirimkan untuk melamar suatu pekerjaan dapat ditulis di file tersendiri. Jangan menulis resume di badan email karena bisa menjadikan surat lamaran Anda tidak enak untuk dibaca.

3. Lampiran yang dikirim tepat

Pada umumnya banyak diantaranya pihak perusahaan yang menuliskan pada iklan lowongannya kerjanya mengenai jenis file yang boleh dikirim. perusahaan biasanya mensyaratkan jenis file .doc, pdf, atau .txt. Jika perusahaan tak menyebutkan syarat jenis file, maka Anda bisa menggunakan file .doc. Namun, usahakan ukurannya tidak lebih dari 300 KB, termasuk foto. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kalau Anda telah memeriksa terlebih dahulu dengan teliti sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran kerja tersebut.

Itulah cara mengirim surat lamaran kerja lewat email. Pastikan resume yang Anda buat sudah benar dan bisa menarik perhatian perekrut. Selain itu, pastikan juga semua lampiran terkirim dengan baik. Jadi, Anda harus teliti sebelum mengirimkannya kepada perusahaan.

Kata Kunci Terkait: lamaran kerja via email, surat lamaran kerja via email yang baik, cara mengirim lamaran kerja lewat email, cara melamar pekerjaan lewat email, cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar, cara membuat lamaran kerja via email, contoh cv lamaran yang dikirim lewat sms, CARA KIRIM LAMARAN PEKERJAAN VIA EMAIL, cara mengirim cv lewat email, cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar

3 Cara Tepat Membuat Surat Lamaran Kerja

Posted: 25 Mar 2015 04:00 PM PDT

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Sebelum Anda pergi untuk melamar suatu pekerjaan, pastinya Anda harus mempersiapkan semua berkas yang akan dibutuhkan Anda untuk melamar pekerjaan. Dan salah satu berkas yang harus Anda siapkan dengan baik yaitu surat lamaran pekerjaan. Apakah Anda tahu bagaimana cara untuk membuat surat lamaran kerja?

3 Cara Tepat Membuat Surat Lamaran Kerja

Kredit gambar: informasitips.com

Banyak diantaranya orang-orang yang masih belum mengetahui pasti cara dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Padahal surat lamaran kerja merupakan penilaian awal yang akan diberikan oleh pihak perusahaan kepada Anda agar Anda bisa lolos dari semua tahapan seleksi dan bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Agar Anda bisa memperoleh respon yang baik dari pihak perusahaan yang merekrut Anda, pastinya Anda harus membuat surat lamaran kerja yang baik dan terlihat profesional. Dan berikut ini ada beberapa cara dalam membuat surat lamaran kerja yang perlu untuk Anda ketahui, yaitu sebagai berikut:

1. Tulisan tangan harus jelas

Ketika Anda hendak membuat surat lamaran kerja, maka sebaiknya pergunakanlah tulisan tangan yang jelas serta mudah untuk di baca. Jika tulisan tangan Anda sulit untuk di baca, maka hal ini akan membuat pihak perusahaan yang akan merekarut Anda merasa kesal. Dan tidak menutup kemungkinan surat lamaran yang Anda kirimkan tidak akan di baca, dan itu membuat Anda tidak akan diterima bekerja di perusahaan tersebut.

2. Hindari coretan pada tulisan

Ketika Anda membuat surat lamaran kerja, sebaiknya Anda lebih teliti dan usahakan untuk tidak ada kesalahan sedikitpun dalam penulisan surat lamaran kerja. Anda harus menghindari coretan pada surat lamaran karena ada kata yang salah. Oleh karena itu, Anda harus lebih teliti lagi dalam menulis setiap kata pada surat lamaran kerja, jangan sampai ada kata yang salah.

3. Sertakan tanggal dan tanda tangan

Sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran ke perusahaan yang membuka lowongan, pastikan Anda telah menulis tanggal pembuatan surat serta tanda tangan di bagian bawah surat lamaran kerja. Sebab kedua hal ini sering terlupakan oleh sebagian besar orang, oleh karena itu cobalah untuk selalu mengecek surat lamaran sebelum Anda mengirimkannya.

Berikut ini contoh surat lamaran kerja yang sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan

lamaran kerja

Kata Kunci Terkait: cara menulis lamaran kerja sederhana, cara membuat lamaran kerja sederhana, cara membuat surat lamaran yang baik dan simpel, contoh surat lamaran kerja sederhana, cara penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar, contoh membuat surat lamaran kerja sederhana, surat lamaran kerja sederhana, contoh surat lamaran kerja sederhana 2015, cara menulis surat lamaran kerja sederhana, cara membuat berkas lamaran menarik

5 Tips Jitu Menulis Surat Lamaran Kerja Profesional

Posted: 24 Mar 2015 10:24 PM PDT

Walaupun proses pencarian kerja telah menjadi tradisi lama, akan tetapi banyak diantaranya para pencari kerja yang memang belum mengetahui pasti bagaimana cara membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. Bukan hanya itu, bahkan tidak jarang para pelamar kerja yang membuat surat lamaran kerja dengan berbelit-belit dengan menceritakan hal-hal yang tidaklah penting untuk dicantumkan, dan hal itu akan sangat membuat pihak HRD merasa bosan membaca surat lamaran yang Anda buat.

5 Tips Jitu Menulis Surat Lamaran Kerja Profesional

Kredit gambar: fiqflash.blogspot.com

Satu hal yang sangatlah penting dalam membuat atau menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar , yaitu terdapat pada bagian lembaran pembuka yang mana dikirimkan langsung bersama dengan CV atau resume Anda serta beberapa lampiran yang memang dibutuhkan oleh pihak perusahaan yang berkaitan dengan data-data Anda. Oleh karena itu, guna membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar bahkan terlihat profesional, maka Anda harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini.

1. Jangan menulis ulang yang ada di CV

Seharusnya, surat lamaran kerja yang Anda buat dapat menjelaskan apa pencapaian Anda selama ini serta beberapa hal yang memang ada di dalam CV. Akan tetapi, dalam surat lamaran kerja yang Anda buat, usahakan untuk tidak membuatnya sama percis dengan CV yang memang Anda buat sebagai bahan lampiran surat lamaran kerja Anda. Anda bisa merangkum beberapa pencapaian serta beberapa data diri Anda sesingkat mungkin bahkan menggunakan kata-kata yang sangatlah menarik.

2. Paragraf pertama dan terakhir

Anda harus benar-benar memperhatikan paragraf pertama serta paragraf terakhir yang ada di dalam surat lamaran kerja Anda. Anda juga harus memastikan kalau isi dari paragraf pertama tidaklah berbelit-belit dan langsung pada pokok pembahasan. Buatlah paragraf awal yang jelas serta mampu “menjual” diri Anda. Dan untuk isi dari paragraf terakhir, buatlah setegas mungkin serta mintalah kepada pihak perusahaan untuk menghubungi Anda memang jika berkenan. Anda jangan membuat paragraf akhir yang mengambang, terlihat seolah-olah tidak peduli pada posisi yang di tawarkan atau bahkan Anda terlihat berharap namun dengan cara yang memang tidaklah baik.

3. Bicarakan perusahaan

Sebelum Anda memutuskan untuk menulis surat lamaran kerja, sebaiknya Ada melakukan penelitian terlebih dahulu terkait data-data perusahaan. Sebab, pihak perusahaan akan merasa sangat senang jika Anda banyak mengetahui hal tentang mereka. Namun ingat, ketika membicarakannya, Anda jangan terlalu berbusa-busa atau berlebihan. Anda hanya perlu menunjukkan kepada mereka bagaimana perusahaan tersebut telah membuat Anda terkesan serta di bidang apa Anda mampu berguna untuk mereka.

4. Jangan sebutkan semua kemampuan

Pastinya kemampuan ataupun keterampilan yang Anda miliki telah Anda tuliskan di dalam CV yang Anda buat. Oleh sebab itu, Anda tidak usah repot-repot menyebutkan semua kemampuan yang Anda miliki di dalam surat lamaran kerja yang Anda buta. Setidaknya Anda bisa menyebutkan dua atau tiga kemampuan serta pengalaman kerja Anda yang memang Anda anggap hal tersebut merupakan hal yang terbaik, bukan hanya itu, pastikan juga kalau kemampuan yang Anda cantumkan erat kaitannya dengan posisi yang Anda lamar.

5. Tunjukkan kepribadian

Disamping itu, Anda juga harus memastikan kalau surat lamaran kerja yang Anda buat mampu menceritakan betapa antusiasnya Anda untuk mendapatkan pekerjaan ini. Dan jangan pernah Anda menggunakan kalimat yang memang memiliki sifat negatif, bahkan Anda bisa menggunakan kalimat kerja aktif yang memang dinamis.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. Semoga tips yang kita berikan kali ini dapat membantu Anda sekalian.

Kata Kunci Terkait: contoh surat lamaran kerja yang profesional, contoh surat lamaran kerja profesional, contoh surat lamaran yg jitu, contoh surat lamaran yg jitu diterima perusahaan

Panduan Tepat Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris

Posted: 24 Mar 2015 10:24 PM PDT

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris bukan dikarenakan ingin terlihat WOW atau sok kebarat-baratan di mata pihak perusahaan atau HRD. Akan tetapi dengan Anda membuat surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris, secara tidak langsung Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Dan tidak akan pernah di sangkal, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik merupakan nilai plus ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda harus membiasakan diri dalam membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris ketika Anda akan melamar pekerjaan ke suatu perusahaan besar.

Panduan Tepat Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Bahasa Inggris

Kredit gambar: enetter.blogspot.com

Ketika menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris, sebenarnya tidak jauh bedanya dengan Anda menulis surat lamaran dalam bahasa Indonesia. Walaupun demikian, Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal penting dalam pembuatan surat lamaran kerja. Berikut ini beberapa panduan tepat dalam membuat Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris.

1. Format

Anda harus menggunakan format surat yang lazim ketika membuat surat lamaran pekerjaan, jangan ada hal yang tidak penting dalam isi surat lamaran kerja yang Anda buat.

2. Kop Surat

Ketika Anda membuat surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris, maka surat lamaran pekerjaan memerlukan kop surat sang pengirim lamaran tersebut. Lantas, apa saja yang harus di tulis di dalam kop surat tersebut? Anda bisa menuliskan beberapa informasi mengenai data diri Anda seperti nama, alamat, nomor telepon atau email. Perhatikan contoh di bawah ini.

Lamaran Kop Surat2. Tanggal

Sebenarnya, dalam penulisan tanggal dengan menggunakan bahasa Inggris memiliki format yang sangat sederhana. Anda bisa memilih format yang akan Anda gunakan, misalkan Anda akan menggunakan British English ataupun American English. Di dalam kedua format tersebut hanya memiliki beberapa perbedaan yang sederhana, British English lebih mendahulukan tanggal daripada bulan, sedangkan untuk American English lebih mendahulukan mendahulukan bulan daripada tanggal.

Tanggal Bulan Lamaran Kerja 3. Alamat Tujuan

Anda harus menuliskan nama serta alamat tujuan seorang pengirim dengan baik dan benar. Jika memang Anda tidak mengetahui nama jelas dari pemilik perusahaan atau orang yang bertanggung jawab terhadap segala urusan lamaran pekerjaan, maka setidaknya Anda bisa menuliskannya dengan "Hiring Manager" di alamat tujuan Anda. Anda bisa memperhatikan contoh sebagai berikut:

Alamat Lamaran Kerja4. Salutation

Dalam pembuatan surat lamaran kerja bahasa Inggris, penulisan kata”Dear” yang mana diikuti oleh gelar serta nama sangatlah wajib untuk digunakan. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakan tanda titik dua (:) jika surat lamaran yang Anda buat menggunakan format British English, atau koma (,) jika lamaran yang Anda buat  menggunakan format American English. Satu hal yang harus Anda ingat, Anda jangan sampai lupa untuk menuliskan gelar atau title di dalam salutation surat lamaran yang Anda buat. Dan gelar yang di maksud di sini adalah MR atau MS. Disini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan benar-benar ketika Anda menuliskan salutation, diantaranya yaitu:

 

  • Jika Anda tidak mengetahui nama dari employer perusahaan. Maka Anda bisa menuliskan  "Dear Sir or Madam:" "Dear Hiring Manager:" atau "To whom it may concern:" pada salutation.
  • Jika Anda mengetahui nama jelas dari seorang employer di perusahaan. Maka Anda harus menuliskan gelar yang diikuti nama keluarga. Akan tetapi, dikarenakan di Indonesia sebagian orang tidak terbiasa dengan menggunakan nama keluarga, maka Anda bisa menuliskan nama jelas employer Anda. Sebagai contoh, "Dear Mr. Tommy Nugroho:" atau "Dear Ms. Widya Nurhayati:"
  • Jika Anda merasa tidak yakin dengan jenis kelamin employer, maka Anda bisa menuliskan nama lengkap employer Anda tanpa harus diikuti gelar apapun, misalnya "Dear Eka Kusuma.”

5. Isi Surat Lamaran Kerja

Sama halnya dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan dalam bentuk bahasa Indonesia, surat lamaran kerja yang dibuat dalam bentuk bahasa Inggris juga harus terdiri dari 3 paragraf utama, diantaranya adalah paragraf pembuka, isi, serta penutup. Format dari isi surat lamaran pekerjaan tersebut adalah:

  • Paragraf Pembuka
    Pada bagian ini, Anda harus menjelaskan kepada seorang employer maksud serta tujuan Anda melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut, posisi yang Anda lamar, serta darimana informasi yang Anda dapatkan terkait lowongan pekerjaan ini. Dan Anda harus menuliskan hal ini sesingkat-singkatnya, maksimal 2 sampai 3 kalimat. Sebagai contoh: I am pleased to present my resume to you for a position as a Journalist with ABC Company that you advertised on XXX. Given my specializations in, I believe I am the right candidate for the position.
  • Paragraf Isi
  • Pada bagian ini, Anda harus mampu “menjual” diri Anda kepada pihak employer. Anda bisa menuliskan kualifikasi Anda dalam bentuk paragraf isi, misalkan seperti pendidikan, beasiswa, ataupun beberapa pengalaman bekerja yang Anda miliki. Anda harus memastikan kalau kualifikasi yang Anda miliki sangat sesuai dengan posisi yang Anda lamar di perusahaan tersebut.
  • Paragraf Penutup
    Pada bagian penutup paragraf, Anda bisa menulisnya 2 atau 4 kalimat yang memang bisa membuat pihak employer tertarik untuk menghubungi Anda dalam waktu yang dekat. Satu hal yang harus Anda ingat, Anda jangan lupa untuk merujuk pada lampiran yang Anda sertakan pada surat lamaran kerja Anda, selain itu, ucapkan pula rasa terima kasih Anda untuk waktu yang telah disediakan oleh employer guna membaca surat lamaran yang Anda kirimkan. Dan Anda harus menyebutkan pula kalau Anda memang telah siap untuk mengikuti sejumlah tes seleksi yang memang diadakan oleh pihak perusahaan, untuk contoh lihat paragraf di bawah ini:I enclose all documents you need and would be willing to take series of tests. I appreciate your taking the time to review my credentials and experience and I look forward to hearing from you at your earliest convenience.

6. Penutup dan Tanda Tangan

Pada bagian penutup paragraf, Anda harus mengikuti penutup tersebut dengan koma (,). Dan setelah itu, Anda juga harus membubuhkan tanda tangan Anda serta tuliskanlah nama lengkap Anda di bawah tanda tangan tersebut. Dan kata-kata yang mungkin bisa Anda gunakan dalam penutup surat lamaran kerja bahasa Inggris yaitu sebagai berikut:

  • Sincerely,
  • Sincerely yours,
  • Yours truly,
  • Respectfully,
  • Kind regards,

7. Lampiran

Pastinya Anda akan melampirkan beberapa dokumen pada surat lamaran yang Anda buat, misalkan seperti CV atau resume, ijazah, sertifikat yang Anda miliki, serta beberapa lampiran lainnya. Pada bagian ini, Anda harus menuliskan kata "Enclosure" untuk lampiran yang memiliki satu dokumen saja, atau bahkan Anda bisa menuliskan kata "Enclosures" jika memang Anda melampirkan banyak dokumen. Sebagai contoh perhatikan data berikut ini:

Penutup Lamaran KerjaItulah panduan tepat dalam membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris, semoga sedikit informasi ini bisa membantu Anda dalam menghadapi dunia kerja baru bagi Anda.

Kata Kunci Terkait: perbedaan kalimat penutup pada surat lamaran kerja english amerika dan english british, bahasa penulisan untuk melamar pekerjaan, penutup surat lamaran kerja menggunakan kata look forward to, penggunaan gelar dalam paragraf surat, Nama pengirim dalam bahasa inggris, Cop surat bahasa ingris, contoh penutup lamaran pekerjaan bahasa inggris, cara memilih bahasa dalam penulisan CV menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris, bentuk atau paragraf surat lamaran kerja, perbedaan lamaran pekerjjaan bahasa inggris dan indonesia

No comments:

Post a Comment