Thursday, March 19, 2015

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to TipsKarir.Com|Contoh Surat Lamaran Kerja|Contoh CV

Panduan Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja Via E-mail

Posted: 18 Mar 2015 10:20 PM PDT

Lamaran Kerja Online – Di zaman yang serba modern ini, memang sangatlah sulit untuk mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan, apalagi bagi sebagian besar orang yang masih awam mengenai proses pendaftaran secara online dengan menggunakan email. Akan tetapi, banyak juga orang yang memang dibantu dalam mempercepat serta mempermudah bagi bagi sebagian orang yang mungkin telah mengenal internet.

Panduan Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja Via E-mail

Kredit gambar: ciricara.com

Anda tidak usah khawatir, dikarenakan kali ini TipsKarir.com akan membagikan informasi terkait panduan tepat melamar pekerjaan atau mengirimkan surat lamaran kerja dengan menggunakan email.

Sebelum Anda melamar pekerjaan, pastikan Anda telah melakukan beberapa tahapan di bawah ini:

  • Cari situs lowongan kerja terpercaya
  • Biasanya di dalam artikel lowongan kerja tersebut ada email terkait yang dapat anda gunakan untuk mendaftar melalui email. Namun tidak semua perusahaan yang menggunakan sistem pendaftaran melalui email, namun anda bisa mencarinya di beberapa artikel lowongan kerja pada link loker yang Anda temukan..
  • Kemudian setelah mendapatkan lowongan sesuai kemampuan anda.
  • Lalu daftar melalui email yang tertera di bawah artikel tersebut jika lowongan tersebut support pendaftaran melalui email.
  • Kemudian login/masuk pada email anda, menggunakan (Yahoo / Gmail / yang lainnya).
  • klik new mail (untuk yahoo).
  • Untuk Gmail.com (KLIK compose)
  • Masukkan alamat email perusahaan yang Anda tuju, Isi subjek dengan kode posisi pekerjaan yang Anda lamar.
  • Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai clip atau penjepit kertas.
  • Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai clip atau penjepit kertas.
  • Pilih file atau resume Anda yang akan Anda kirimkan.
  • Kemudian Anda dapat memilih satu persatu atau sekaligus file lamaran yang telah di rar

Dan itulah beberapa langkah yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan melamar pekerjaan melalui online ataupun email. Semoga panduan kami kali ini bisa sangat membantu Anda semua yang saat ini akan melamar pekerjaan. Semoga dari Panduan Tepat Mengirimkan Lamaran Kerja Via E-mail ini membantu anda dalam melamar pekerjaan seperti yang anda damakan. Terimakasih

Contoh Resume Untuk Melamar Kerja

Posted: 18 Mar 2015 10:20 PM PDT

Contoh Resume Untuk Melamar Kerja

Kredit gambar: www.easyresumemaker.com

Contoh Surat Resume – Apakah Anda tahu arti dari Resume? Resume atau disebut juga sebagai Ringkasan adalah suatu cara yang paling ekfektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam sajian yang singkat ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan, Resume hampir sama dengan daftar riwayat hidup atau CV. Namun pada bagian ini ada sedikit yang membedakan. Biasanya resume ini digunakan ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan, apakah Anda pernah membuat resume untuk melamar kerja? Jika belum, maka simaklah contoh resume berikut ini yang sering digunakan untuk melamar suatu pekerjaan.

Contoh 1

   Nurvika Susanti Ningrum

DATA PRIBADI

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 5 Maret 1979
Jenis kelamin : Perempuan
Status : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Kebon Jeruk X No.75
Jakarta Barat 17345
Telepon : (021) 5846887, 08170957556
e-mail : susanti@yahoo.com

BIDANG KEAHLIAN

Manajer Pemasaran

PENGALAMAN KERJA

2002–Saat ini PT. BCG Battery Bekasi, Jawa Barat
National Sales Manager
* Meningkatkan penjualan sebesar 50% dari Rp 400 milyar menjadi Rp 850 milyar.
* Meningkatkan penjualan per distributor sebesar 50%.
* Membuka wilayah pemasaran baru di Indonesia bagian timur yang memberikan
kontribusi terhadap kenaikan penjualan nasional sebesar 20%.

1999–2002 PT. BOGA INTI SARI Bogor, Jawa Barat
District Sales Manager
* Meningkatkan penjualan wilayah Jabotabek dari Rp 250 milyar per tahun
menjadi Rp 350 milyar per tahun.
* Mengkoordinir 250 agen distributor di wilayah Jabotabek.
* Implementasi kursus dan pelatihan mengenai teknik dan strategi menjual
yang efektif bagi karyawan baru, yang terbukti dapat meningkatkan
penjualan secara lebih cepat.

1997–1999 PT. AUTO 5000 Tangerang, Banten
Senior Sales Representative
* Meningkatkan penjualan produk mobil per individu agen sebesar 20%
dalam waktu 2 tahun.
* Mengkoordinir agen-agen penjualan di wilayah Tangerang dan Serpong.
* Mengembangkan tim agen penjualan dari 10 orang menjadi 45 orang
dalam waktu 2 tahun.

PENDIDIKAN

1992–1997 STIE YKPN Yogyakarta
Sarjana Ekonomi, jurusan Management Pemasaran, lulus tahun 1997
dengan IPK 3.32.

KURSUS DAN PELATIHAN

2002 EXECUTIVE TRAINING CENTER Jakarta
Effective Seling Strategy

1997 GAJAH MADA KOMPUTER Yogyakarta
Aplikasi Komputer Untuk Bisnis

HOBY
Travelling, olah raga, membaca, internet.

 

Contoh 2

                                                                                                        Ketut Suarsa

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 8 Januari 1975
Jenis kelamin : Laki-laki
Status : Menikah
Agama : Hindu
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Kebon Jeruk IX No.15
Jakarta Barat 17355
Telepon : (021) 5846789, 08170954554
e-mail : ksuarsa75@yahoo.co.id

Ringkasan:

Manajer Sirkulasi yang berpengalaman menangani sirkulasi untuk penerbitan media massa dalam bidang perdagangan, bisnis dan konsumen. Pengalaman sebagai manajer sirkulasi mencakup semua bidang yang berhubungan, seperti strategi promosi, penjualan melalui agen dan kios, serta penjualan langsung di wilayah Jabotabek.

Pengalaman Kerja:

PT. Tutur Tinular Press, Jakarta (9/97- saat ini)

Senior Manajer Sirkulasi. Sekaligus menjabat sebagai anggota Badan Manajemen Perencanaan. Bertanggung jawab atas usulan, pengembangan dan penerapan semua program yang berhubungan dengan sirkulasi.

PT. Majalah Kita, Jakarta (1/94-8/97)

Asisten Manajer Sirkulasi. Bertanggung jawab atas semua bidang yang berhubungan dengan sirkulasi dan anggarannya, seperti promosi, penjualan langsung, koordinasi dengan agen-agen penjualan besar di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

PT. Koran Kita, Jakarta (2/92-12/93)

Supervisor Sirkulasi. Bertanggung jawab untuk mengkoordinir agen-agen penjualan besar di Jabotabek.

PT. Majalah Swara, Jakarta (8/85-1/92)

Supervisor Sirkulasi. Bertanggung jawab atas sirkulasi di wilayah DKI Jakarta.

Pendidikan:

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) 'Veteran', Jakarta (1990-1992)

Akademi Manajamen Perusahaan (AMP), Jakarta (1982-1985)

Kursus:

Desain Grafis di Astra Graphica Learning Center, Jakarta (1994)

Urban Photography di 'Blitz' Institut of Photography, Jakarta (1993)

 

Itulah kedua contoh dalam pembuatan resume lamaran kerja. Semoga contoh ini bisa membantu Anda ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan. Semoga berhasil!

Format Lamaran kerja Untuk Kantoran

Posted: 18 Mar 2015 10:19 PM PDT

Contoh Surat Lamaran Kerja – Bagi Anda yang saat ini sudah lulus dari dunia pendidikan, baik SMA ataupun kuliah, kami berharap Anda tidak kehilangan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang memang selama ini Anda inginkan serta di perusahaan yang selama ini Anda incar. Jangan sampai Anda kehilangan peluang untuk bekerja di perusahaan yang Anda incar dengan posisi yang Anda inginkan hanya dikarenakan Anda tidak pandai dalam membuat surat lamaran kerja yang ‘menjual’.

Format Lamaran kerja Untuk Kantoran

Kredit gambar: silowongankerja.com

Sebetulnya, bentuk, bahasa, dan syarat-syarat yang dibutuhkan dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan tidaklah ada yang baku. Sebagian dari sejumlah perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sebenarnya telah membuat bentuk, persyaratan, serta beberapa hal lainnya yang telah mereka jadikan sebagai sebuah persyaratan.

Akan tetapi, banyak juga diantaranya pihak perusahaan yang hanya membuka lowongan pekerjaan tanpa membuatkan contoh surat lamaran kerja yang diharapkan. Nah, oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan kembali bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik serta profesional seperti kedua contoh yang akan kami berikan di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

Hal-hal lain yang perli diperhatikan:

Biasanya perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, saat ini sudah membolehkan surat lamaran kerja yang diketik dengan komputer. Bahkan, ada yang hanya menerima surat lamaran kerja melalui surat elektronik (email) saja. Mereka tidak menerima dalam bentuk hard copy.

Namun, masih banyak kantor yang meminta surat lamaran kerja ditulis dengan tangan. Untuk itu, kawan-kawan harus memperhatikan:

  • Tulislah diatas kertas HVS Putih (Boleh ukuran kuarto atau folio)
  • Supaya rapi alaslah kertas HVS tersebut dengan kertas folio bergaris. Dan jepit kedua ujungnya dengan paper clip.
  • Tulislah dengan menggunakan pena tinta hitam
  • Jangan ada salah sedikitpun dan jangan ada bekas correction ink (Tip Ex). Kalau salah, ulang lagi di kertas baru.
  • Sebelum memnandatangani tempeli dulu materai Rp 6000 di samping kiri nama Anda di bagian bawah.
  • Tanda tangani surat tersebut. Sebagian tanda tangan harus mengenai materai
  • Lipat surat tersebut dengan lipatan Low Standard fold, Low Accordion fold, atau lipatan apapun yan resmi.
  • Kirim sebelum deadline cap pos yang ditentukan oleh kantor berakhir.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BERDASARKAN IKLAN DI MEDIA

Hal : Lamaran Pekerjaan                                                                                                                                                  Pekanbaru, ……………..
Yth.
Manager Personalia
PT. Randu Arbitra
Jl.Thamrin No. 97
Pekanbaru 28132

Dengan Hormat,
Saya telah membaca iklan yang Bapak/Ibu muat pada Harian Pagi Bahasa Santun tanggal 17 September 2013 yang menyatakan bahwa PT. Randu Arbitra sedang membutuhkan tenaga pengemudi/sopir. Saya sangat tertarik dengan iklan yang Bapak/Ibu muat tersebut. Oleh karena itu, dengan ini saya mengajukan lamaran.
Sebagai bahan pertimbangan berikut saya sampaikan data pribadi saya:

Nama :
Tempat tanggal lahir :
Agama :
Alamat :
No. yang bisa dihubungi :
Pendidikan :

Selanjutnya pada kesempatan ini saya sampaikan beberapa pengalaman kerja di berbagai bidang sebagai berikut:
1.
2.
3.
Selain itu saya juga memiliki beberapa keahlian yang lain sebagai berikut:
1.
2.
3. mengoperasikan komputer

Besar harapan saya untuk dapat bekerja di hotel yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
Lampiran                                                                                                                                                                                      Hormat saya,
1. F.C. Ijazah Terakhir                                                                                                                                                                 Pelamar
2. F.C. KTP dan SIM A
3. Pass Photo 3X4 (2 lbr)
4. ……………………
5. ……………………                                                                                                                                                                       …………….

 

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA BERDASARKAN INISIATIF SENDIRI

Hal : Lamaran Pekerjaan Pekanbaru, ……………..
Yth.
Pimpinan PT. Randu Arbitra
Jl. Thamrin no. 97
Pekanbaru 28132
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Tempat tanggal lahir :
Alamat :
No. yang bisa dihubungi :
Pendidikan :

Dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya sertakan juga berkas-berkas dan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.
Besar harapan saya untuk dapat bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya Pelamar,

………………………
Lampiran
1. F.C. Ijazah Terakhir
2. F.C. KTP dan SIM A
3. Pass Photo 3X4 (2 lbr)
4. ……………………
5. ……………………

 

Kedua contoh format lamaran di atas merupakan contoh lamaran kerja yang bisa Anda gunakan ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan ke salah satu perusahaan yang Anda incar. Semoga Anda berhasil!

Tips Tepat Mengirim Lamaran Kerja Via Online

Posted: 18 Mar 2015 10:19 PM PDT

Contoh Lamaran Kerja Online – Untuk saat ini, zaman semakin canggih, dunia seakan-akan tidak ada batasan waktu sehingga membuat proses komunikasi antar individu yang memang memiliki waktu dan ruang yang berbeda semakin mudah. Proses kerja pun akan semakin cepat bahkan efesien dengan adanya kemajuan teknologi seperti saat ini. Bukan hanya dalam proses kerja, namun dalam proses pencarian kerja pun saat ini semakin jauh lebih mudah dan cepat. Salah satu contoh yaitu ketika kita akan mengirimkan CV atau berkas lamaran kerja dengan cara melalui media internet atau online. Jika kita bandingkan dengan cara menggunakan pos, menggunakan email akan jauh lebih cepat serta efesien.

Tips Tepat Mengirim Lamaran Kerja Via Online

Kredit gambar: cahayanusantara.blogspot.com

Untuk saat ini, telah banyak perusahaan terutama perusahaan besar yang mana mengijinkan para calon karyawannya untuk mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Dan tentunya hal ini akan sangat memberikan keuntungan yang besar baik bagi pihak perusahaan maupun pihak pelamar kerja. Dan saat ini yang harus diperhatikan oleh para pencari kerja yaitu, bagaimana cara tepat dalam penulisan surat lamaran yang nantinya akan dikirimkan melalui email. Dan berikut ini ada beberapa cara mudah bagi Anda yang akan mengirimkan surat lamaran kerja via email, yaitu sebagai berikut:

Judul email

Tulislah judul surat lamaran Anda dengan jelas dan singkat misalnya, "Melamar kerja untuk Manajer Penjualan". Sehingga orang yang menerima email Anda dapat dengan cepat mengetahui maksud dari email Anda. Ada juga perusahaan yang sudah menentukan judul email yang akan dipakai, misalnya "Accounting" atau sekedar kode "ACC". Jika Anda menemukan persyaratan seperti ini, harap untuk mengikuti ketentuan yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Dimana surat lamaran ditulis?

Sudah ketentuan umum, seperti pada surat yang menggunakan kertas yang berfungsi sebagai pembuka komunikasi, maka isi surat lamaran ditulis di bagian bodi email / di dalam email.

Resume

Sebaiknya resume ditulis di file tersendiri yaitu sebagai lampiran email Anda. Jangan menulis resume di badan email, karena bisa menjadikan surat lamaran Anda tidak enak dibaca.

Lampiran yang dikirim

Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh Anda kirim. Perusahaan biasanya mensyaratkan jenis file .doc, pdf atau .txt kalau perusahaan tidak menyebutkan syarat jenis file yang dikirim sebaiknya menggunakan file .doc. Usahakan ukuran file tidak melebihi 300 KB termasuk foto, periksa terlebih dahulu ukuran file sebelum dikirim. Dan lebih baik lagi jika file yang dikirim di zip terlebih dahulu. Hal ini akan mempengaruhi si penerima email, apabila file yang di lampirkan terlalu besar tentunya si penerima akan malas untuk men-download-nya.

Itulah beberapa cara dalam mengirimkan surat lamaran kerja online. semoga artikel kami kali ini bisa sangat membantu Anda yang saat ini akan melangsungkan proses lamaran kerja.

8 Tips Cerdas Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Posted: 18 Mar 2015 10:19 PM PDT

Lamaran Kerja Online – Untuk saat ini, telah banyak diantaranya perusahaan terutama perusahaan besar yang memperbolehkan para pelamar kerjanya untuk mengirimkan surat lamaran kerja dengan menggunakan email. Dan pastinya hal ini sangat memberikan keuntungan yang besar bagi pelamar kerja ataupun yang menyediakan lowongan pekerjaan.

8 Tips Cerdas Mengirim Lamaran Kerja Via Email

Kredit gambar: tegean.wordpress.com

Bagi pihak perusahaan, hal ini akan mengurangi jumlah surat lamaran yang berbentuk kertas yang memang harus mereka terima serta mereka arsipkan. Bukna hanya itu, pihak perusahaan juga akan lebih mudah untuk mengirimkan balasan surat lamaran kerja dalam bentuk email tersebut ke para pelamar kerjanya.

Sedangkan untuk calon karyawan sendiri, hal ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran kerja dengan waktu yang jauh lebih cepat. Dan jika Anda mengirimkan lamaran pekerjaan ke banyak perusahaan, dengan mudah Anda akan mendapatkan kopi email lamaran Anda sebelumnya serta Anda dapat menyesuaikannya dengan baik.

Biasanya isi dari surat lamaran kerja email sama dengan isi dari surat lamaran kerja yang dikirim dengan cara manual melalui pos. Perbedaannya hanya ada pada cara pengiriman surat lamaran kerjanya saja. Sehingga baik tips ataupun trik dalam menulis surat lamaran kerja tetap penting untuk Anda ketahui.

Dan berikut ini ada beberapa tips serta trik dalam menulis surat lamaran kerja via online, yaitu sebagai berikut:

1. Judul Email

Judul email yang Anda buat harus dapat menolong si penerima untuk segera mengetahui maksud fari email yang Anda kirimkan ini. Oleh karena itu, Anda harus menuliskan judul yang jelas namun tetap singkat. Namun ketika Anda mendapatkan info lowongan pekerjaan, sebaiknya Anda membacanya dengan seksama, karena bisa saja pihak perusahaan telah menentukan kode dari lowongan pekerjaan tersebut, dan Anda di haruskan mencantumkan kode tersebut di judul atau subject email yang Anda kirim.

2. Dimana Surat Lamaran Ditulis

Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri? Perlu Anda ketahui, bahwa sesuai dengan ketentuan umum beberapa perusahaan besar yang memang bergerak di bidang rekritmen baik perusahaan nasional ataupun multinasiona, bahwa surat lamaran kerja bisa langsung di buat atau di tulis pada bagian badan email.

3. Bagaimana dengan Resume

Ketika menulis resume, jangan pernah Anda menulis resume di bagian badan email. Namun Anda harus menuliskannya dalam satu file tersendiri yang nantinya Anda jadikan sebagai lampiran email Anda.

4. Jenis File Attachment yang Dikirim

Banyak diantaranya pihakperusahaan yang akan menuliskan pada iklan lowongan pekerjaan yang mereka pasang terkait jenis file apa yang memang boleh Anda kirimkan. Namun walau pada umumnya pihak perusahana meminta file Ms Word, terkadang pihak perusahaan juga akan memberikan izin kepada Anda untuk mengirimkan file lamaran kerja tersebut dalam format pdf atau xls atau txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).

5. Ukuran/Bobot (Size) Email

Anda harus mengusahakan agar ukuran email yang akan Anda kirimkan juga termasuk lampiran lamaran kerja Anda tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini akan sangat dipengaruhi oleh ukuran file-file yang di-attch atau di lampirkan. Oleh karena itu, Anda harus memerikas kembali besaran file yang memang Anda lamprkan.  Jika anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya  terlalu besar. Perkecil size-nya dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor

6. Dijadikan Satu dalam Bentuk ZIP

Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan (dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan (di attach) dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

7. File Attachment yang Terlalu Besar Akan Diabaikan

Dapat anda bayangkan sendiri, bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, misalkan sampai lebih dari 1 MB. Tentunya anda malas untuk membukanya (men-download-nya). Demikian juga dengan perusahaan yang menerima email lamaran kerja anda. Bila file attach-nya terlalu besar, otomatis perusahaan tersebut akan malas untuk membuka/mendowload file kiriman anda. Dengan kata lain anda telah gagal hanya di masalah pengiriman email saja. Jadi ikutilah tips nomor 5 di atas.

8. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email

Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju. Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, maka anda dapat melihat sendiri hasil pengiriman email anda tersebut. Untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan bila diperlukan.

Cara Tepat Melamar Pekerjaan

Posted: 18 Mar 2015 10:15 PM PDT

Ketika Anda sibuk dengan rutinitas Anda dalam melamar pekerjaan, pastinya Anda akan sangat membutuhkan teknik melamar kerja yang jitu agar Anda bisa diterima bekerja di perusahaan yang selama ini Anda idamkan. Namun sebelum Anda melamar suatu pekerjaan, maka terlebih dahulu Anda harus melengkapi dokumen lamaran kerja Anda dengan lengkap, dimulai dari surat lamaran kerja, CV, serta beberapa berkas lainnya yang memang dapat mendukung Anda saat melamar pekerjaan.

Cara Tepat Melamar Pekerjaan

Kredit gambar: olgaalvianto.wordpress.com

Dan berikut ini teknik melamar kerja yang tepat bagi Anda yang memang baru memasuki dunia kerja, atau bagi Anda yang memang tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk melamar suatu pekerjaan, berikut uraiannya.

1. Buat CV dan surat lamaran yang menarik

Pastinya setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan akan membutuhkan CV serta surat lamaran kerja si calon pegawai. Hal itu guna memperkenalkan diri Anda kepada pihak perusahaan dengan cara yang tidak langsung. Dalam membuat CV serta surat lamaran kerja, Anda harus membuatnya sebaik serta semenarik mungkin, agar pihak perusahaan dapat memberikan penilaian yang baik terhadap berkas lamaran kerja yang Anda kirimkan dan Anda segera di panggil untuk melanjutkan sesi seleksi selanjutnya.

2. Jangan asal-asalan dalam membuat Email

Ada sebagian perusahaan yang menerima pengiriman berkas lamaran kerja dengan melalui email atau online. Oleh sebab itu dalam mengirimkan berkas lamaran kerja melalui email, jangan pernah mengirimkan berkas tersebut melalui alamat email yang memiliki nama yang aneh, usahakan untuk Anda membuat email seprofesional mungkin, bahkan gunakanlah nama jelas Anda. Jika Anda mengirimkan lamaran kerja dengan menggunakan alamat email yang tidak jelas atau alai, itu akan membuat pihak perusahaan merasa sangat ilfeel ketika membaca CV serta surat lamaran yang Anda kirimkan.

3. Foto terlihat menarik

Ketika membuka lowongan, setiap perusahaan pastinya akan memberikan syarat kepada pelamar kerja untuk menyertakan foto. Dan alangkah lebih baik ketika Anda melampirkan foto, lampirkanlah foto yang menarik namun masih ada dalam batasan profesional serta formal, sehingga perusahaan akan yakin kepada Anda ketika mereka melihat foto Anda.

4. Berpenampilan menarik

Bentuk wajah yang dimiliki oleh setiap orang pastinya tidak akan sama, dan Anda jangan pernah merasa malu dengan wajah Anda sendiri, percaya dirilah. Sebab pihak perusahaan tidak akan pernah menilai bentuk dari wajah Anda. Namun perusahaan akan menilai dari segi penampilan Anda, oleh sebab itu, jika Anda mendapatkan panggilan dari perusahaan, maka tampillah serapi serta semenarik mungkin. Namun ingat, menarik dari hal ini bukanlah hal yang negatif, namun Anda harus berpenampilan yang sopan, formal, profesional, namun tetap menunjukkan penampilan yang sangat menarik.

5. Pelajari teori–teori yang ada

Jika Anda seorang mahasiswa, alangkah lebih baik jika Anda dapat mempelajari beberapa teori yang memang pernah Anda pelajari pada saat Anda duduk di bangku kuliah. Teori sederhana yang Anda pelajari kembali akan sangat membantu Anda dalam memasuki dunia kerja, jadi jangan pernah Anda takut, sebab aplikasi teori yang telah Anda dapatkan di bangku kuliah akan Anda dapatkan juga nanti ketika Anda telah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Itulah beberapa teknik melamar kerja yang bisa Anda gunakan kelak saat akan melamar pekerjaan. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda, terima kasih.

Tips Cerdas Melamar Kerja Bahasa Inggris Via E-Mail

Posted: 18 Mar 2015 10:14 PM PDT

Lamaran Kerja Bahasa Inggris via eMail – Untuk saat ini, kemajuan teknologi semakin memudahkan banyak orang guna melakukan suatu komunikasi. Seseorang yang memang tengah berada di tempat yang berbeda pastinya masih bisa berkomunikasi dengan cara melalui beberapa alat elektronik, misalnya internet, ponsel, dan lain sebagainya. Bahkan melalui beberapa perangkat elektronik ini, seseorang bisa mengirimkan berbagai macam bentuk surat atau pesan, yakni dengan SMS, BBM, Email, Facebook, dan masih banyak lagi. Dan cara yang digunakan pun bisa dibilang praktis, ekonomis, serta cepat.

Tips Cerdas Melamar Kerja Bahasa Inggris Via E-Mail

Kredit gambar: ciricara.com

Sama halnya dengan proses penerimaan karyawan baru. Untuk saat ini, banyak diantaranya perusahaan asing maupun lokal yang merekrut karyawan barunya dengan cara melalui sistem elektronik ini. Dengan demikian, para pelamar kerja tidak usah repot-repot lagi untuk datang ke kantor pos atau ke perusahaan yang akan dilamar hanya untuk mengirimkan berkas lamaran kerja.

Biasanya pihak perusahaan akan meminta si pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran kerjanya dengan melalui email. Dan hal tersebut akan sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak perusahaan maupun pihak si pelamar kerja.

Walaupun pihak pelamar kerja bisa dengan mudah mengirim berkas lamaran kerja melalui email, namun Anda sebagai pelamar kerja tetap harus memperhatikan cara penulisan surat lamaran kerja bahasa Inggris via email ini. Sebab, jika ada kesalahan sedikit saja, akan sangat berakibat fatal terhadap kemajuan karir Anda.

Dan berikut ini cara menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris via email yang bisa Anda jadikan sebagai satu pedoman jika Anda akan melamar pekerjaan ke perusahaan asing maupun lokal.

1. Judul email harus tepat

Dalam menulis judul surat lamaran kerja, Anda harus menulisnya dengan jelas dan singkat. Tujuan dari hal tersebut yaitu agar pihak pembaca atau pihak yang menerima surat lamaran kerja Anda bisa dengan cepat mengetahui maksud dari email yang Anda kirimkan, apalagi Anda membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Inggris. Dimisalkan, “Job application for reporter.” Namun, tidak jarang perusahaan yang sudah menentukan judul dari email yang nantinya akan digunakan oleh si pelamar kerja. Dimisalkan mereka hanya menggunakan kata “Reporter” atau bahkan hanya sekedar nama “REF.” Jika Anda menemukan persyaratan seperti itu, maka mau tidak mau Anda harus mengikuti ketentuan yang sudah diberikan tersebut.

2. Jangan menulis di badan email

Dalam menulis atau mencantumkan surat lamaran kerja atau resume, ada baiknya jika Anda menulisnya dalam satu file. Jangan pernah Anda menulis surat lamaran kerja atau resume di badan email, sebab hal tersebut bisa membuat tampilan lamaran kerja Anda tidak enak untuk dibaca.

3. Lampiran yang dikirim tepat

Umumnya, pihak perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan pekerjaan yang disebarkannya jenis file yang boleh dikirimkan. Dan biasanya, perusahaan hanya membolehkan para pelamar kerja melamar melalui email dengan jenis atau format .doc, .PDF, atau bahkan .txt. Jika pihak perusahaan tidak menyebutkan jenis file yang harus digunakan, maka setidaknya Anda bisa menggunakan jenis file seperti .doc. Akan tetapi, satu hal yang harus Anda ingat, Anda harus mengusahakan untuk ukuran file Anda tidak lebih dari 300 Kb, termasuk foto. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan kalau Anda telah memeriksanya dengan teliti sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran tersebut melalui email.

Itulah beberapa tips cerdas dalam mengirimkan berkas surat lamaran kerja bahasa Inggris via email yang bisa Anda jadikan sebagai satu pedoman saat hendak melamar kerja.

Kata Kunci Terkait: contoh b inggris surat lamaran via email, kirim cv bahasa inggris, kirim email cv inggris

Langkah Mudah Membuat Resume Lamaran Kerja

Posted: 18 Mar 2015 10:14 PM PDT

Diantara kalian semua pastinya masih ada yang bingung dengan perbedaan CV serta resume lamar kerja. Sebenarnya keduanya sama saja, hanya ada sedikit yang membedakan di dalam isi, tujuan serta panjang tulisan yang dibuat. Akan tetapi, baik CV maupun resume lamaran kerja sama saja ditulis untuk diajukan beserta surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan yang akan Anda lamar.

Langkah Mudah Membuat Resume Lamaran Kerja

Kredit gambar: indonesiaseputarinfo.blogspot.com

Dan berikut ini ada beberapa langkah mudah dalam membuat resume lamaran kerja yang dapat “menjual” kemampuan yang Anda miliki kepada pihak perusahaan.

1. Buat draft awal

Anda bisa menuliskan jabatan serta daily task Anda di kantor. Anda bisa mencoba membaca kembali tulisan yang telah Anda buat serta cobalah untuk memprioritaskan tanggung jawab Anda di kantor sehari-harinya. Dan Anda harus menemukan banyak informasi yang Anda butuhkan dengan mencari jenis skill seperti apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda di kantor.

2. Pilih sebuah format

Jika Anda telah menemukan informasi yang Anda butuhkan, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengemas informasi tersebut dengan baik, dan Anda bisa memilih 3 format dalam pembuatan resume, yaitu:

  • The Chronological CV/ Resume
  • The Functional CV/ Resume
  • The Prioritised CV/ Resume

3. Susun CV/ Resume maksimum sebanyak 2 halaman

Pastinya tidak akan ada orang yang mau dengan senan tiasa menghabiskan waktu yang dimilikinya hanya untuk membaca CV atau reseme yang sangatlah panjang. Dan pastinya hal tersebut akan sangat membosankan bagi si pembaca, bukan?

4. Berhati-hati dengan content CV/ Resume Anda

Resume yang Anda buat harus Anda susun secara seksama, dengan beberapa pilihan kata serta gaya berbahasa yang sesuai. Anda bisa menganggap bahwa resume yang Anda buat merupakan satu sejarah pengalaman kerja Anda selama ini, dengan Anda memberikan highlight pada kekuatan serta keahlian yang Anda miliki dalam problem-solving, sebagai contoh "responsible" dan "achieved".

5. Penekanan pada "isi" di atas "gaya"

Anda bisa mengetik resume yang Anda buat dengan tujuan agar mudah untuk di baca. Anda harus melupakan bentuk font yang indah atau bahkan yang grand gesture lainnya. Anda harus tetap fokus untuk membuat konteks ini resume yang baik dan profesional.

6. Personalized content

Sejatinya, dalam pembuatan resume, Anda harus membuat dengan menggunakan gaya bahasa yang formal serta sopan, akan tetapi terkadang sedikit penambahan gaya bahasa yang profesional yang tentunya lebih akrab akan memberikan penilaian tambahan bagi resume yang Anda buat.

7. Hindari gaya bahasa yang "melebih-lebihkan"

Mungkin Anda seorang manajer di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya yang memiliki pemikiran yang brilian. Akan tetapi, ketika Anda tengah menyusun CV/resume alangkah lebih baik lagi jika Anda dapat menghindari penekanan yang bersifat berlebihan pada achievement Anda. Adanya ungkapan "teamwork" dalam achievement anda cenderung lebih dihargai.

8. Cek dan cek lagi ejaan pada CV/ Resume Anda

Memang benar, skill sangatlah penting untuk Anda jabarkan di dalam resume yang Anda buat, namun adanya kesalahan pada ejaan akan sangat membuat penilaian terhadap Anda menurun, bahkan mungkin sampai pada penolakan. Mungkin Anda bisa mengajak teman atau saudara Anda untuk mengecek resume yang telah Anda buat.

9. Beritahu orang yang akan menjadi referensi Anda

Sebaiknya Anda mengkonfirmasi terlebih dahulu orang yang Anda Anda jadikan sebagai referensi, bahwa saat ini Anda akan menggunakan namanya.

10. Simpan dulu pernyataan tentang "harga" Anda

Pernyataan seberapa besar gaji yang Anda harapkan sebenarnya tidak perlu untuk Anda cantumkan, terkecuali jika memang Anda ditanya langsung oleh pihak perusahaan. Perbedaan antara menyatakan gaji sebelum dan sesudah ditanyakan ikut mempengaruhi keputusan apakah anda layak diterima atau tidak.

Kata Kunci Terkait: contoh membuat resume lamaran kerja

Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Posted: 18 Mar 2015 10:14 PM PDT

Mungkin bagi Anda yang saat ini tengah sibuk melamar pekerjaan bagi fresh garduate ke sana kemari sangat perlu untuk mempersiapkan segala hal dengan sebaik-baiknya. Dimulai dari sejumlah berkas untuk melamar kerja seperti surat lamaran pekerjaan, CV, dan beberapa dokumen pelengkap lainnya yang pastinya bisa memberikan nilai plus bagi Anda yang akan melamar pekerjaan bagi fresh garduate .

Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Kredit gambar: bem.fkip.uns.ac.id

Lantas apakah cukup kita hanya mempersiapkan dokumen penting tersebut? Pastinya tidak, sebab ada hal lainnya yang tidak kalah penting yang harus Anda persiapkan selain berkas lamaran kerja. Dan berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum Anda akan melamar pekerjaan ke suatu perusahaan baik negeri maupun swasta.

1. Milikilah kemampuan berkomunikasi

Setidaknya Anda bisa menyampaikan sebuah ide yang Anda miliki dengan cara melalui komunikasi yang baik, sehingga pendapat yang Anda miliki bisa tersampaikan dengan baik bahkan bisa di dengar oleh orang lain. Bukan hanya itu, mungkin Anda juga bisa mengikuti sejumlah kursus public speaking yang memang saat ini banyak diadakan dengan berbagai macam variasi konsep.

2. Tingkatkan kepercayaan diri

Hal ini bisa membantu Anda dalam menunjukkan kemampuan yang selama ini Anda miliki, sebab Anda sendiri yakni terhadap kemampuan yang Anda miliki. Rasa percaya diri akan semakin membuat diri Anda berani dalam melakukan eksplorasi serta berkreasi. Lantas, sebelum Anda memutuskan untuk melamar suatu pekerjaan, Anda harus memastikan kalau Anda memiliki rasa percaya diri yang cukup.

3. Beradaptasilah dengan baik

Anda harus memperhatikan yang satu hal ini, sebab memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi akan sangat menguntungkan diri Anda dalam menghadapi situasi seperti apapun serta dalam kondisi apapun. Dengan begitu, Anda akan jauh merasa lebih tenang dalam menghadapi setiap masalah serta mampu mengambil keputusan dengan lebih objektif. Bukan hanya itu, lingkungan kerja nantinya juga akan menuntut Anda agar bisa bertahan dalam kondisi seperti apapun.

4. Kembangkan keahlian dengan lebih spesifik

Banyak diantaranya orang-orang yang bisa melakukan sega hal, namun mereka melakukannya dengan cara yang tidak spesifik. Anda harus memberikan spesifikasi terhadap keahlian yang selama ini Anda miliki. Sebab hal ini nantinya akan menjadi satu nilai jual bagi diri Anda. Dan alangkah lebih baik lagi jika keahlian yang Anda miliki tersebut dapat berkaitan dengan pekerjaan yang saat ini akan Anda lamar, sehingga hal tersebut akan jauh lebih matang.

5. Milikilah kemampuan bahasa yang baik

Di zaman yang serba modern seperti ini, menguasai bahasa asing adalah suatu keharusan. Di sejumlah perusahaan, akan sangat membutuhkan orang-orang yang memang mampu berkomunikasi dalam bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Dan penguasaan bahasa asing ini akan menjadi salah satu faktor yang sangatlah penting dalam proses penerimaan calon karyawan baru di sejumlah perusahaan. Kemampuan berbahasa tidak hanya ditunjukkan melalui sertfikasi tetapi lebih kepada wujud konkret bahwa Anda memang mampu.

6. Kembangkan keahlian menjadi wujud usaha yang nyata

Dimisalkan Anda memiliki keahlian dalam menulis, mungkin Anda bisa mencoba untuk mengirimkan hasil tulisan Anda ke media. Tulisan Anda akan dimuat atau tidak, yang penting Anda sudah berusaha. Anda harus bisa menanamkan niat bahwa Anda ingin memberikan sumbangsih melalui tulisan Anda, jangan semata-mata hanya mengharapkan imbalan finansial.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum Anda melamar pekerjaan. Pastikan Anda sudah memahami beberapa hal ini sebelum Anda melamar jika Anda ingin perusahaan melirik data diri Anda.

Kata Kunci Terkait: Dokumen lamar di Bank

3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Curriculum Vitae (CV)

Posted: 18 Mar 2015 10:10 PM PDT

Tips Menulis CV – Banyak diantaranya para pencari kerja yang mengalami kegagalan dalam melamar pekerjaan yang memang benar-benar sesuai dengan kemampuan mereka, hal tersebut bukan dikarenakan mereka tidak memiliki potensi yang baik atau pun mereka tidak memiliki skill yang baik pula, namun hal tersebut dikarenakan oleh satu hal yang sangatlah sederhana namun dapat menentukan nasib seorang pencari kerja yaitu terkait dengan penulisan Curriculum Vitae (CV) yang salah atau tidak tepat sehingga tidak bisa membuat pihak pewawancara tertarik dengan CV yang para pelamar tersebut buat.

3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Curriculum Vitae (CV)

Kredit gambar: suratlamarankerjaterbaru.blogspot.com

Curriculum Vitae (CV) merupakan satu dokumen sederhana yang sangatlah penting dan bisa memberikan dampak yang besara kepada setiap pelamar kerja. Karena CV dapat menentukan permulaan karir serta masa depan anda. Oleh karena itu, walaupuu dokumen tersebut terkesan sangatlah sederhana, itu berarti anda tidak bisa membuatnya sembarangan.

Lantas, hal apa saja yang harus benar-benar diperhatikan dalam penulisan CV? Berikut beberapa hal yang harus anda hindari saat penulisan CV.Yaitu sebagai berikut:

1. Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca

Jika anda sudah terbiasa menggunakan komputer dalam penulisan CV atau pun pembuatan surat lamaran kerja, sebaiknya anda menggunakan tulisan yang sewajarnya saja, misalnya anda dapat menggunakan tulisan "Tims New Roman." Dalam penulisan CV atau surat lamaran kerja, sebaiknya anda jangan menggunakan tulisan-tulisan layaknya ada pada SMS misalnya singkatan. Pergunakanlah kata yang menarik namun masih dalam keadaan sopan serta resmi.

2. Pergunakanlah pas foto tampak depan

Ketika anda melampirkan pas foto, ada baiknya anda menggunakan foto yang pormal namun menarik untuk dilihat. Jangan pernah anda melampirkan foto dengan angle dari atas sambil anda menggigit jari telunjuk anda seperti layaknya poto profil yang terdapat di facebook atau twitter anda, mungkin bagi sebagian orang hal tersbeut memang keren, namun tidak dengan pihak HRD yang akan melihat serta membaca CV yang anda kirimkan bersama dengan surat lamaran kerja juga beberapa berkas lainnya.

3. Pergunakan kalimat yang efektif

Pihak HRD yang anda tuju pastinya bukan mamah dedeh yang memang akan setia mendengarkan curhatan anda. Oleh karena itu, ketika anda membuat surat lamaran kerja atau pun CV, ada baiknya jika anda menggunakan kalimat-kalimat yang informatif serta jangan berbelit-belit, karena hal tersebut dapat membuat pihak HRD merasa bosan membaca CV anda. Pihak HRD hanya membutuhkan informasi terkait data diri anda, pengalaman serta kemampuan yang anda miliki. Dan mereka tidak akan pernah mempedulikan kisah anda saat anda masih berada di bangku sekolah atau pun saat anda bekerja di tempat yang lama.

Uraian diatas merupakan beberapa hal yang memang harus anda perhatikan dalam penulisan CV atau pun penulisan surat lamaran kerja. Selain penulisan CV yang tepat dan bagus, tentunya ada beberapa faktor lainnya yang bisa membuat anda diterima dalam bekerja di salah satu perusahaan yang anda lamar.

 

Kata Kunci Terkait: hal gal yang harus diperhatikan dalam membuat riwayat hidup

No comments:

Post a Comment