Tuesday, December 30, 2014

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk CPNS

Posted: 30 Dec 2014 03:45 PM PST

Buat Surat Lamaran Pekerjaan – Surat lamaran kerja untuk melamar kerja sebagai CPNS sangatlah perlu dibuat dengan baik dan sebenar mungkin, persaingan yang luar bisa untuk berlomba mendapatkan pekerjaan sebagai seorang pegawai negeri sipil sangatlah membaut anda membutuhkan persiapan yang baik, seperti surat lamaarn kerja yang menjadi tahap tindakan awal yang ahrsu anda lakukan untuk bisa menarik perhatian penentu anda bisa tidaknya anda bekerja dengan profesi yang diinginkan oleh sekian banyak calon pekerja. Pekerjaan yang bisa menjamin dan ternama tentu itu yang dicari seriap calon pekerja, lowongan menjadi seorang CPNS ini adalah kesempatan anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang banyak diinginkan, jangan sampai anda kehilangan kesempatan ini hanya karena salah membaut surat lamaran kerja. banyak mereka yang gagal hanya salah dalam pembuatan surat lamaran yang mereka berikan, untuk itu bila anda tidak ingin itu terjadi, sebelum anda membuat surat lamaran, pahami contoh dari surat lamaran kerja untuk bekerja sebagai CPNS berikut ini.

Jakarta, 30 Desember 2014

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk CPNS

kredit gambar : article.wn.com

Kepada yth :
Bapak/Ibu Menteri Keuangan
Up. Kepala Badan Kepegawaian
Departemen Keuangan
di
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : Lusiana Ananda
Tempat, tanggal lahir : Bandung, 23 maret 1987
Jenis kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Pendidikan/Jurusan : S-1 Universitas Maranatha / Teknologi Informatika
Alamat : jln, Primbun n0 99 Bandung 24578
Nomor telepon/HP : 098 898 876 777

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan, dengan jabatan ……………………(kode jabatan : ……….).
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :

1. Foto copy Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar
2. Pas photo ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar
3. Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
(tanda tangan)
Lusiana Ananda

Seperti itulah contoh untuk surat lamaran kerja yang baik menjadi seorang CPNS, dengan contoh diatas semoga bisa membantu persiapan anda untuk Buat Surat Lamaran Pekerjaan agar lolos dari tahap penyeleksian awal lamaran kerja. Semoga Sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik Untuk Lulusan SMK Sederajat

Posted: 30 Dec 2014 03:40 PM PST

Contoh Surat Lamaran Kerja SMK – Membuat surat lamaran dengan Baik adalah suatu keharusan untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, ini merupakan poin awal penilaian perusahaan untuk memilih anda dari sekian pekerja yang mengajukan diri keperusahaan. Buat anda yang lulus SMK mungkin masih merasa belum Percaya diri untuk bersaing dengen mereka yang memiliki pendidikan akhir yang lebih tinggi, perlu anda yakini bahwa pendidikan atau ijazah akhir tidaklah berpengaruh yang begitu sangat penting, jika perusahaan memberikan persyaratan dar lulusan SMK, Anda sudah termasuk kualifikasi yang mereka cari terlebih anda memiliki skill yang berpengaruh untuk pekerjaan tersebut, optimis bahwa anda bisa bersaing dengan mereka. Nah, untuk surat lamaarn yang akan anda buat, tidak usah khawatir, berikut ini akan diberikan contoh surat lamaran kerja untuk lulusan SMK yang baik untuk anda jadikan contoh.

Jakarta, 25 Desember 2014

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik Untuk Lulusan SMK Sederajat

kredit gambar : www.merdeka.com

Kepada Yth,
Manager Personalia PT. Garuda Asia
di Tempat

Hal : Surat Lamaran Kerja
Lamp. : –

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Indi Rindiani
Jenis kelamin : Perempuan
Tempat/tgl. Lahir : Bali, 11 Januari 1994
Alamat : jl. Mh Riwana no 18 Jakarta
Pendidikan : SMK Teknik Informatika Jakarta
Agama : Islam
Status : Belum menikah

Sehubungan dengan informasi dibukanya lowongan pekerjaan di PT. Garuda Asia untuk ditempatkan dibagian Administrasi, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran .

Sebagai bahan pertimbangan dan perlengkapan persyaratan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pribadi saya dalam bentuk foto copy, berupa :

Foto copy ijazah terakhir
Foto copy KTP
Foto copy SKCK
Foto copy daftar riwayat hidup
Pas foto 4×6 dan 3×4

Demikian surat lamaran ini saya buat berdasarkankondisi saya yang sebenarnya. Semoga Ibu Berkenan untuk mempertimbangkannya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Indi Rindiani

Selain dari contoh surat lamaran diatas, agar surat lamaran anda dapat dibuat dengan baik, perhatikan juga penulisan, penggunaan bahasa serta kerapihan kertas surat lamaran anda. Dengan begitu, pihak perusahaan akan memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari isi surat lamaran dan berkenan untuk membaca CV anda serta memanggil anda kembali. Semoga Contoh Surat Lamaran Kerja SMK diatas bermanfaat untuk anda.

Cara Buat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Posted: 30 Dec 2014 03:35 PM PST

Bagi anda yang masih kesulitan untuk mendapatkan suatu pekerjaan , bahkan berkali-kali gagal mendapatkan lowongan pekerjaan yang membuat kesal dan putus asa jangan menyerah untuk bisa mencoba kembali, Untuk membantu persiapan anda dalam Membuat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar agar bisa mendapatkan pekerjaan yang saat ini menjadi kesempatan anda merubah karir yang lebih baik , berikut ini akan diberikan beberapa hal yang harus dilakukan dan menjadi perhatian anda saat membuat lamaran kerja

Cara Buat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

kredit gambar : tipskarir.com

  • Lamar pekerjaan yang memang sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki.
    Buat surat lamaran anda dengan baik dan bisa menarik perhatian pihak perusahaan, surat lamaran anda individual/personal, khusus untuk perusahaan yang dimaksud. Jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standar atau meniru dari buku atau dari internet.
  • Surat lamaran singkat, faktual, dan menarik, dengan menggunakan bahasa yang jelas dan penampilan menarik, pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahsa, penampilan surat rapih, tidak ada bekas hapusan serta kertas surat tidak kotor dan kusut.
  • Surat lamaran anda hanya satu halaman, disertai dengan resume/CV dan berikan impresi pertama yang positif tentang diri Anda.
  • Resume/CV dibuat dengan informasi yang detail tentang latar belakang pendidikan, keterampilanketerampilan yang Anda miliki, pengalaman dan lainnya. Ditulis dengan baik yaitu rapi, simpel, jujur, dan akurat. Kertas Resume bersih dan tulisan anda mudah dibaca. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  • Lampiran
    Untuk lampiran yang anda berikan semuanya sesuai dengan apa yang dilampirkan dan dituliskan ada buktinya, semua lengkap jangan sampai ada lampiran yang tertinggal.
  • Periksa Ulang
    Lakukan pemeriksaan ulang sebelum anda mengirim lamaran kerja tersebut,baca kembali surat lamaran dan cv yang anda buat.  Pastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan, tata bahasa, pengulangan bahasa, ataupun kesalahan lain. kesalahan kecil seperti itu bisa saja menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
  • Pengiriman Surat
    masukan surat lamaran anda dengan rapih pastikan alamat perusahaan tertulis dengan benar dan jelas sehingga surat lamaran anda dapat terkirim sampai tujuan.

Itulah beberapa hal yang harus menjadi perhatian anda saat akan melamar kerja, dengan memeperhatikan poin-poin tersebut, setidaknya dengan Membuat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar bisa membawa anda untuk masuk ketahap selanjutnya dan memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Semoga Sukses

Contoh Surat Dan Daftar Riwayat Hidup Untuk Lamaran Kerja Yang Benar

Posted: 30 Dec 2014 03:30 PM PST

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan yang anda inginkan dan kualifikasi anda memenuhi persyaratan yang ditentukan, untuk langkah awal mendapatkan pekerjaan tersebut buat Lamaran Pekerjaan Yang Benar untuk menaklukan tahap awal penyeleksian lamaran kerja sebagai tiket masuk anda ketahap selanjutnya dan memiliki peluang mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan. untuk bisa lolos dari penyeleksian surat lamaran ini, anda mengandalkan apa yang anda buat dan anda berikan kepada perusahaan , seperti surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup. Ini adalah proses awal tahap perkenalan diri kepada perusahaan, jika anda ingin melewati tahap awal ini dengan baik, maka buat surat lamaran dan daftar riwayat hidup anda dengan baik, untuk itu agar lamaran yang anda berikan memiliki nilai yang baik, disini ada contoh surat lamaran dan daftr riwayat hidup yang baik untuk melamar kerja.

Contoh Surat Dan Daftar Riwayat Hidup Untuk Lamaran Kerja Yang Benar

kredit gambar : herugan.com

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bekasi, 23 Maret 2014
Hal           : Lamaran pekerjaan
Lampiran : Satu berkas

Kepada    : Yth Bapak/Ibu Kepala bagian personalia
PT Pribumi
Jln patimuran no 28
di tempat

Dengan hormat
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                          : Agus Ramdan
Tempat tanggal lahir  :Bandung, 18 Januri 1990
Alamat                       :  Jln Mega no 9 Bekasi
Pendidikan terakhir   :  SMK N 1 jakarta (Teknik Informatika)
Status                         :  Belum kawin
No HP                        : 086 989 877 667

Bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang bapak/ibu pimpin sebagai bahan pertimbangan bapak/ibu untuk menerima saya bekerja bersama surat ini saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup
2. Foto copy KTP yang masih berlaku
3. Foto copy Ijazah pendidikan terakhir
4. foto copy SKKB
5. Foto copy SKCK dari kepolisian
6. Foto copy Surat pengalaman kerja
7. Pas foto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan , besar harapan saya dapat diterima bekerja di PT Aneka tips . Atas waktu dan perhatian yang bapak ibu berikan saya ucapkan banyak terima kasih .

Hormat saya
( tanda tangan )
Agus Ramdan

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi :
Nama                                     : Agus Ramdan
Tempat, Tanggal Lahir   : Bandung, 18 Januri 1990
Jenis Kelamin                    : Perempuan
Agama                                   : Islam
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                                : Jln Mega no 9 Bekasi
Telephon                           : 021 6523987 (rumah)
0812 222 5555 (HP)

Latarbelakang Pendidikan
Formal
2002–2005 : SMP 30, Jakarta
2005 – 2008 : SMK 28 Jakarta Jurusan Administrasi Perkantoran
2008 – 2012 : LP3I, Jakarta
Non Formal
2002 – 2003 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
2003 – 2004 : Kursus Bahasa Inggris di LIA, Jakarta
2005 – 2007 : Kursus Akuntansi di Lembaga PAPP

Kemampuan
Kemampuan Akuntansi (Accounting) dan Administrasi.
Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
Memahami Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja
Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di  : PT. Karya Indah, Jakarta
Periode                : April 2012 – June 2012
Tujuan                 : Persyaratan Wisuda LP3I Jakarta
Posisi                   : Adminsitrasi

Rincian Pekerjaan:
– Mengupdate data konsumen
– Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
– Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
– Menyiapkan tagihan

Bekerja di PT.Prima Mandiri,  Jakarta
Periode       : Januari 2013 – Mei 2014
Status         : Karyawan Tetap
Posisi         : Staf Finance

Rincian pekerjaan :
– Melakukan surat menyurat bisnis
– Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
– Mengelola kas kecil
– Mengontrol persediaan peralatan kantor
– Penggajian (payroll)

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Semoga Contoh Surat dan Dafar riwayat hidup diatas bisa membantu anda untuk membuat Lamaran Pekerjaan Yang Benar dan bisa diterima oleh perushaan yang akan anda lamar.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Terbaik 2010

Posted: 30 Dec 2014 03:25 PM PST

Bagi anda yang masih memebutuhkan sebuah contoh daftar riwayat hidup, disini akan diberikan Contoh Daftar Riwayat Hidup 2010 sebagai salah satu cara untuk memudahkan anda untuk memenuhi syarat awal Saat melamar sebuah pekerjaan, sebuah daftar riwayat hidup sangatlah memiliki arti penting. Selain sebagai pelengkap surat lamaran kerja juga berfungsi sebagai salah satu bagian yang menjadi kriteria penilaian pihak yang dilamar untuk mengetahui sejauhmana latar belakang kemampuan pelamar, baik itu dari segi pendidikan maupun pengalaman kerja, dan dengan daftar riwayat hidup ini perusahaan bisa mengenal diri setiap pelamar. jika anda ingin dikenal baik, maka buat daftar riwayat hidup anda dengan baik. berikut contoh daftar riwayat hidup yang baik untuk dijadikan contoh sebagai pegangan anda dalam pembuatan lamaran kerja nanti.

Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup Terbaik 2010

kredit gambar : www.gopixpic.com

Data Pribadi
Nama                                          : Yusuf Kurniawan
Tempat, Tanggal Lahir        : Bandung 15 Mei 1990

Jenis Kelamin                     : Laki-Laki
Agama                                   : Islam
Kewarganegaraan               : Indonesia
Alamat                                   : Jln. Patimura RT. 01/10 Jakarta
HP                                          : 085643608713

Latarbelakang Pendidikan
Formal
2001 – 2006 : SDN 02 Koripan
2007 – 2010 : SMP Negeri 2 Tawangmangu
2012 –2013 : Kursus Komputer di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar
2011 – 2014 : SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar

Kemampuan
*Kemampuan Akuntansi (Ledger, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
* Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, dan Internet)

Pengalaman Kerja
PT. Jaya Utama Jakarta
Periode : Mei 2008 – Agustus 2009
Status : Pegawai Tetap
Posisi : Staf Akuntansi Dan Perpajakan
Uraian singkat pekerjaan :
•    Mengontrol persediaan dan pembelian peralatan kantor.
•    Turut membantu pembuatan laporan keuangan perusahaan
•    Mengatur jadwal pertemuan bisnis, pertemuan internal, dan perjalanan bisnis.
•    Melakukan surat-menyurat bisnis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris (via internet maupun non internet).
•    Melakukan perhitungan pajak perusahaan.
•    Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok.
•    Turut membantu pelatihan pegawai baru.

Hormat Saya

Yusuf Kurniawan

Contoh Daftar Riwayat Hidup diatas adalah Contoh Daftar Riwayat Hidup 2010 yang baik dan diterima oleh perusahaan, Semoga dengan melihat contoh diatas bisa membantu persiapan anda dan bisa memberikan manfaat yang baik untuk lolos dari tahap awal melamar kerja.

Format Serta Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik

Posted: 30 Dec 2014 03:20 PM PST

Membuat Daftar riwayat hidup untuk melamar kerja memang sedikit berbeda dengan daftar riwayat hidup untuk keperluan lain , dalam daftar riwayat hidup yang akan anda buat sebagai pelengkap surat lamaran yang menuliskan data yang berkaitan dengan diri anda dan pekerjaan yang akan anda lamar. Dalam berkas inilah pihak perusahaan akan mengenal anda, buat daftar riwayat hidup anda dengan baik dengan begitu pihak perusahaan akan mengenal anda dengan baik. Jika anda masih merasa awam dengan Bentuk Daftar Riwayat Hidup untuk melamar kerja, disini ada format serta contoh untuk daftar riwayat hidup untuk membantu anda, dengan ini setidaknya anda bisa mengetahui dan memiliki gambaran untuk pembuatan daftar riwayat hidup yang akan anda lakukan.

Format Daftar Riwayat Hidup

Format Serta Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Baik

kredit gambar : tipskarir.com

 

DATA PRIBADI
Nama Lengkap                    :
Jenis Kelamin                     :
Tempat, tanggal lahir      :
Agama                                   :
Status                                    :
Tinggi                                    :       cm
Berat badan                        :        kg
Anak ke                                :
Alamat                                 :
No. hp                                  :

PENDIDIKAN
Formal
tahun masuk – tahun lulus : nama sekolah
…………………-………………… : ……………………
………………..-………………….. : ………………….
……………….. – ………………… : ……………………
Non Formal
……………… : ………………………..
………………. : ……………………….
Kemampuan/Skill
……………………………..
……………………………
………………………….

PENGALAMAN KERJA
Nama Perusahaan : …………………
Periode : ……………………
Status : ……………………..
Posisi : ………………………
Rincian Pekerjaan : ………………………..

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Dan saya berani mengangkat sumpah jika saya memberi keterangan palsu.

Hormat saya,
……………………..

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Nama : Zea Rafika
Tempat, Tanggal Lahir :Bandung, 13 Nopember 1983
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Primbun No. 19, Bandung 16920
Telepon : 021-098764 (Rumah)
081 567 545 769 (HP)

Latarbelakang Pendidikan
Formal
1991 – 1994 : SMPN 1 Bandung
1994 – 1997 : SMEA Sila Jakarta
1997 – 2001 : Yayasan Administrasi Indonesia (YAI), Jakarta
Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)

Kemampuan
* Kemampuan Akuntansi dan Administrasi ; Journal printing & Calculation, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation
* Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
* Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja

* Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di PT. ARJUNA CARGO, Jakarta
Periode : Mei 1997 – Agustus 1997
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 804 Jakarta
Posisi : Operator Administrasi
Rincian Pekerjaan:
– Mengupdate data konsumen
– Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
– Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
– Menyiapkan tagihan

* Bekerja di PT. Garuda Jaya, Jakarta
Periode : Juni 2002 – Juli 2005
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf bagian Finance
Rincian pekerjaan :
•    Mengelola kas kecil
•    Melakukan surat menyurat bisnis
•    Mengontrol persediaan peralatan kantor
•    Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
•    Penggajian (payroll)

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hormat Saya,

Zea Rafika

itulah Bentuk Daftar Riwayat Hidup untuk melamar kerja, Semoga format serta Contoh Daftar Riwayat Hidup diatas bermanfaat dan bisa membantu persiapan anda.

7 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Wawancara Kerja

Posted: 30 Dec 2014 03:15 PM PST

Wawancara Kerja – Bagi Anda fresh graduate mungkin kerap bertanya, hal apa yang harus dilakukan ketika Anda mendapatkan panggilan untuk melangsungkan proses wawancara kerja. Dalam proses seleksi melamar sebuah pekerjaan, wawancara sering kali dianggap mudah. Namun dalam sesi wawancara beberapa orang gagal mendapatkan pekerjaan yang didambakannya. Untuk itu sesi wawancara harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

7 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Wawancara Kerja

Kredit gambar: poslovi.infostud.com

Dan berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan melangsungkan proses wawancara kerja, yaitu sebagai berikut:

1. Berapa gaji yang Anda minta?

Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Lihat mata pewawancara, sebutkan jumlah, dan berhentilah bicara. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima di kantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Bila Anda merasa bahwa gaji Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan. Jangan pernah minta gaji setara dengan C.Ronaldo or Messi.

2. Apa kelebihan utama Anda?

Pilih potensi Anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras. Lebih baik, berikan respons berupa, "Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan di kantor beres semua."

3. Apa kekurangan Anda yang paling jelas?

Jangan bilang Anda kurang gondrong or kurang uang or lain sebagainya (Soalxa itu bukan masalah perusahaan). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret. Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, dan karenanya Anda mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan kelebihan Anda.

4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?

Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira dua-tiga posisi di atas posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tak ada hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin menaklukan Dunia atau jadi bintang sinetron dan novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus bahkan terlihat bodoh.

5. Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?

Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif, misal Bos yang lama Kamu putusin, dan sekarang ingin mencari Bos baru yang lebih nyaman. Kalau kenyataannya begitu, ucapkan dalam kalimat 'positif', misalnya bahwa Anda tidak melihat ada 'ruang' di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa Anda menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang lebih baik.

6. Adakah contoh kegagalan Anda?

Ungkapkan kegagalan yang pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk mengatasi masalah anda.

7. Apakah Anda punya pertanyaan?

Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang terfokus pada kantor baru ini. Misalnya, Anda bertanya apakah kantor ini sudah punya website. Atau, bisa juga Anda mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu baru saja diangkat – apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan semacamnya. Jangan bertanya tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya, apakah karir Anda akan berkembang di sana.

3 Hal yang Harus Anda Hindari Ketika Mencari Pekerjaan

Posted: 30 Dec 2014 03:10 PM PST

Tips Mencari Kerja – Proses mencari sebuah pekerjaan memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dan pastinya ada saja hambatan yang akan Anda temui ketika Anda tengah mencari pekerjaan, dimulai dari perusahaan yang tidak sesuai atau pekerjaan yang tak cocok dengan latar belakang pendidikan.
Namun ternyata, tanpa Anda sadari, ada beberapa kebiasaan yang memang kerap Anda lakukan yang memang bisa mempersulit Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda harapkan

3 Hal yang Harus Anda Hindari Ketika Mencari Pekerjaan

Kredit gambar: www.nakernews.com

Tapi ternyata, tanpa Anda sadari, beberapa kebiasaan seperti yang Anda lakukan justru bisa mempersulit proses pencarian kerja. Berikut ini tiga di antaranya.

1. Tidak melakukan networking

Salah satu kesalahan umum adalah Anda tidak melakukan networking atau menjalin hubungan kerja. Hal ini penting untuk dilakukan, terutama kepada orang-orang yang berada di bidang yang sama dengan Anda atau berteman dengan mereka yang berada di perusahaan impian Anda.

Menurut John Sullivan, profesor manajemen di Universitas San Francisco dilansir laman LearnVest, salah satu cara paling umum untuk mendapatkan pekerjaan adalah melalui rekomendasi. Karena itu, jika Anda menyasar sebuah perusahaan, cobalah jalin networking untuk setidaknya mengenal beberapa orang di perusahaan tersebut.

2. Tidak memiliki profil online

Di zaman yang memang tengah maju ini, pastinya Anda harus memiliki profil online guna memasarkan diri Anda sendiri kepada setiap perusahaan yang memang membuka lowongan pekerjaan. Anda bisa mencoba untuk membuat profil di LinkedIn, bikin blog yang menceritakan tentang profesi Anda, dan tampilkan resume Anda secara online.

3. Terlalu cepat kemukakan soal gaji

Salah satu kesalahan fatal yang memang kerap dilakukan ketika tengah mencari pekerjaan yaitu ketika Anda terlalu cepat mengemukakan terkait ekspektasi gaji yang Anda inginkan. Lebih-lebih, ketika Anda menyebutkan angka yang memang jauh lebih tinggi jika di bandingkan dengan kisaran gaji untuk posisi pekerjaan yang akan Anda tempati tersebut. Jika Anda salah menyebutkan kisaran angka, maka kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan akan tertutup rapat.

Karena itu, selalu lakukan riset untuk mengetahui besaran gaji untuk jabatan yang Anda sasar. Kemudian tunggu ketika topik itu diangkat di dalam wawancara kerja.

Dan itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan hindari ketika Anda tengah mencari pekerjaan yang memang selama ini Anda impikan. Semoga berhasil dengan segala usaha yang telah Anda lakukan.

7 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Membuat Resume Lamaran Kerja

Posted: 30 Dec 2014 03:05 PM PST

Resume Lamaran Kerja – Ketika Anda tengah melamar suatu pekerjaan, pastinya ada beberapa hal yang patut untuk Anda pertimbangkan ketika Anda menulis resume lamaran kerja.

7 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Membuat Resume Lamaran Kerja

Kredit gambar: intisari-online.com

Dan berdasarkan survei yang memang telah dilakukan kepada sebuah Komunitas Manajemen Sumber Daya Manusia, bahwa setidaknya ada tiga perempat pemberi kerja hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit untuk menilai apakah resume yang dikirimkan si pelamar kerja akan lulus uji coba atua tidak
Dan berikut ini ada beberapa kesalahan yang kerap di lakukan oleh para pelamar kerja ketika mereka membuat resume lamaran kerja yang mana sering di temukan oleh para profesional pihak SDM, yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan alamat email yang aneh

Ketika Anda tengah membuat email, seringkali Anda menuliskan nama yang aneh, dimisalkan seperti hairofthedogdude@yahoo.com. Walaupun hal tersebut tidaklah salah, namun jika Anda menggunakan nama email seperti ini akan menunjukkan bahwa Anda bukanlah orang yang profesional. Jadi jika Anda akan mencantumkan nama email di resume yang Anda buat, maka sebaiknya cantumkanlah nama yang tidak aneh-aneh.

2. Membuat kesalahan dalam ejaan atau tata bahasa

Banyak diantaranya para pelamar kerja yang kerap melakukan kesalahan seperti ini, dan sebaiknya Anda harus bisa menghindari hal semacam ini jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Selain itu, Anda juga harus menghindari hal ini karena resumemencerminkan kredibilitas pelamar.

3. Menggunakan jenis huruf yang tidak lazim

Perlu Anda ingat, sebuah resume pastinya tidaklah memerlukan sebuah seperti proyek seni, karena si pemberi kerja memerlukan informasi yang jelas dan tidak bertele-tele.

4. Tidak menggunakan kata kunci

Pemberi kerja perlu untuk mencari dengan cepat apa yang dimiliki pencari kerja sehingga lebih mudah menentukan kelayakannya.

5. Tidak menyebutkan prestasi yang pernah dicapai

Pada bagian ini, Anda harus menyampaikan prestasi apa yang telah Anda capai selama Anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Dan Anda jangan hanya menyampaikan hal standar mengenai pekerjaan yang dilakukan tidak memberikan daya tarik kepada pemberi kerja.

6. Resume terlalu panjang

Resume kerja bukanlah sebuah buku yang memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk membacanya. Pihak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tidak akan membaca setiap paragraf pada resume yang Anda buat, namun mereka akan memperhatikan pada poin-poin tertentu.

7. Lupa mencantumkan tahun untuk pengalaman kerja

Pencantuman tahun akan memudahkan pemberi kerja melihat berapa lama pencari kerja berada pada satu pekerjaan, dan penting bagi Anda untuk mencantumkan satu hal ini.

Inilah beberapa hal atau beberapa kesalahan yang kerap di lakukan oleh para pencari kerja ketika membuat sebuah resume. Semoga Anda bisa menghindari beberapa hal tersebut.

Cara Tepat Mendapatkan Kesan yang Baik di 7 Detik Pertama

Posted: 30 Dec 2014 03:00 PM PST

Wawancara Kerja – Kesan pertama merupakan suatu hal yang sangatlah penting, terutama ketika Anda akan melakukan pertemuan bisnis atau bahkan ketika Anda akan melangsungkan proses wawancara kerja.

Cara Tepat Mendapatkan Kesan yang Baik di 7 Detik Pertama

Kredit gambar: lapakbunda.blogspot.com

Perlu Anda ketahui, sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan guna memperoleh kesan pertama yang baik saat Anda akan melangsungkan proses wawancara kerja. Dan berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda pergunakan agar Anda bisa mendapatkan kesan pertama yang baik saat akan melangsungkan proses wawancara kerja, yaitu sebagai berikut:

1. Atur perilaku

Orang lain akan jauh lebih cenderung melihat pereilaku Anda saat pertama kali bertemu. Dan sebaiknya, sebelum Anda menengur seseorang atau bahkan sebelum Anda memasuki ruangan untuk melangsungkan wawancara kerja, maka Anda harus bisa mengatur gerak tubuh yang memang ingin Anda tunjukkan.

2. Postur tegak

Anda harus berdiri dengan tegak, tarik bahu Anda kebelakang, serta tetaplah jaga agar kepala Anda tetap lurus kedepan guna memberikan kesan percaya diri yang lebih. Anda harus menghindari untuk menundukkan kepala, sebab hal tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda seseorang yang sangat pemalu. Sedangkan ketika Anda menarik dagu Anda dengan posisi terlalu ke atas, maka akan menunjukkan kesan yang arogan.

3. Senyum

Sebuah senyuman yang Anda tunjukkan merupakan sebuah undangan. Selain itu, senyuman juga merupakan suatu gerakan tubuh yang dapat menandakan bahwa Anda seseorang yang ramah serta sangatlah mudah untuk di dekati. Dan hal tersebut sangat di senangi oleh setiap orang.

4. Kontak mata

Ketika Anda tengah berbicara dengan orang lain atau ketika Anda tengah mendengarkan orang lain bicara, maka Anda harus memastikan kalau Anda melakukan kontak mata dengan baik. Dan jika Anda tengah melakukan sebuah presentasi, maka Anda harus memberikan kontak mata kepada setiap orang yang berada di tempat tersebut. Jagalah selalu kontak mata Anda dengan lawan bicara.

5. Naikkan alis

Anda harus membuka mata dengan sedikit lebar, sehingga alis mata Anda akan sedikit terangkat. Hal ini merupakan salah satu pertanda penghargaan serta pengenalan diri Anda.

6. Jabat tangan

Hal ini merupakan salah satu cara tercepat dan terjitu guna menjalani suatu hubungan, dan cara ini juga sudah terbukti efektif untuk di gunakan. Anda harus menjabat erat tangan orang yang memang baru pertama kali Anda temui, hal ini patut Anda lakukan guna memberikan kesan bahwa Anda ingin mengenalnya.

7. Condong ke depan

Ketika Anda tengah berbicara, setidaknya Anda harus mencondongkan tubuh Anda sedikit lebih ke depan, hal ini patut Anda lakukan guna menunjukkan bahwa Anda tertarik serta mendengarkan pembicaraan. Namun Anda harus tetap bisa menjaga jarak antara Anda dengan orang tersebut, terutama jika dalam masalah pekerjaan

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda ingin mendapatkan kesan pertama yang baik, semoga berhasil!

activate javascript

No comments:

Post a Comment