Wednesday, December 31, 2014

TipsKarir.Com

TipsKarir.Com

Link to Tips Karir

Cara Menulis Surat Lamaran Yang Baik Secara Manual

Posted: 31 Dec 2014 03:40 PM PST

Baik tidaknya suatu surat lamaran kerja itu tergantung dari bagaimana penulisan anda terhadap surat lamaran tersebut. Bila ingin surat lamaran anda baik, maka tulis surat lamaran tersebut dengan baik.  Untuk penulisan surat lamaran kerja,  bila anda belum memahaminya berikut ini akan diberikan Cara Menulis Surat Lamaran Yang Baik untuk anda yang akan membuat surat lamaran secara manual atau ditulis tangan sebagai panduan anda saat membuat surat lamaran nanti. Penulisan untuk surat lamaran itu harus menjadi perhatian, karena dengan tulisan yang baik itu akan menjadi poin nilai baik surat lamaran anda, nah, untuk surat lamaran yang akan anda buat secara tulis tangan, berikut ini akan diberian tips penulisannya

Cara Menulis Surat Lamaran Yang Baik Secara Manual

kredit gambar : tipskarir.com

  • Pilih Kertas Folio bergaris , dengan begitu akan memudahkan anda untuk membantu kerapihan tulisan surat lamaran anda.
  • Gunakan Bahasa yang formal, dengan memilih kata dan rangkaian kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele. Agar tulisan anda terlihat rapih, sebaiknya berikan garis batasan pada kertas dengan menggunakan penggaris. Berikan garis jangan terlalu tebal, agar nanti tidak terlihat bekas hapusan.
  • Tulis dengan hati-hati, cermat dan teliti agar tidak terjadi banyak kesalahan dalam menulis. Bila terjadi kesalahan penulisan, sebaiknya lakukan pembuatan kembali jangan menghapus atau mencoret, itu tidak baik.
    Pastikan lembaran kertas  Surat lamaran anda bersih tidak ada noda / coretan serta tidak ada bekas lipatan.
  • Untuk membantu kerapihan tulisan anda, untuk pengaturan Margin secara manual pada kertas folio, pada umumnya menggunakan batasan 2,5 titik atas sejajar 2,5 titik bawah (bagian kiri) dan 2 titik atas sejajar 2  bawah (bagian kanan). Jadi bisa diperkirakan batas kiri 2,5 cm dan batas kanan 2 cm itu bisa anda gunakan.
  • Pastikan untuk setiap bagian surat diisi dengan benar, maksud surat lamaran anda bisa dimengerti oleh pembaca, dan hindari kalimat yang bertele-tele.
  • Untuk lampiran anda berikan dalam bentuk foto copy, semua lampiran lengkap dengan apa yang dilmpirkan dalam surat lamaran anda.
  • Susun semuanya dengan rapih, dan masukan kedalam amplop besar yang biasa digunakan untu melamar kerja serta tuliskan alamat perusahaan yang anda tuju dengan benar dan jelas.

Seperti itulah Cara Menulis Surat Lamaran Yang Baik Untuk Surat lamaran kerja yang akan ditulis tangan. Semoga bermanfaat

Format Surat Lamaran Kerja Terbaik Dan Terbaru

Posted: 31 Dec 2014 03:35 PM PST

Buat anda para pemula yang masih belum banyak mengetahui tentang struktur yang dirangkum dalam isi surat lamaran kerja, mungkin masih merasa bingung untuk pembuatan lamaran yang akan dilakukan untuk membuat surat lamaran yang baik dan benar agar bisa diterima perusahaan. Nah, untuk membantu anda dalam persiapan melamar kerja saat membuat surat lamaran yang baik dan benar, untuk Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik disini akan diberikan format surat lamaran untuk membantu proses pembuatan surat lamaran kerja yang akan anda lakukan.  Dengan mengetahui fomat ini setidaknya anda bisa membuat surat lamaran yang sesuai dengan struktur yang harus dimiliki surat lamaran kerja.

Format Surat Lamaran Kerja Terbaik Dan Terbaru

kredit gambar : www.anneahira.com

Bandung, …

Hal     : …
Lamp.   : …

Yth,
(Nama Perusahaan Yang Dituju)
(Alamat Perusahaan)
(Kota Perusahaan)

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama  : ………………………………..
Tempat & Tgl. Lahir  : ……………
Jenis Kelamin : …………………….
Status Pernikahan : ………………
Pendidikan Terakhir  : …………..
No. Telp / HP : ……………………..
Almat  : ………………………………..

Dengan ini saya mengajukan surat lamaran kerja pada PT. (Nama Perusahaan) untuk menjadi karyawan pada perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :
1.    Daftar Riwayat Hidup
2.    Foto Copy Ijazah terakhir
3.    Foto Copy Kartu Tanda Penduduk
4.    Pas Photo terbaru
Besar harapan saya, untuk dapat diterima dan bergabung dalam PT. (Nama Perusahaan) yang Bapak/Ibu pimpin. Atas kebijaksanaanya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
(tanda tangan)
( Nama jelas)

Setelah mengetahui format surat lamaran diatas, alangkah baiknya anda mengetahui juga beberapa poin berikut yang harus menjadi perhatian anda dalam membuat surat lamaran agar surat lamaran yang anda buat bisa ternilai baik oleh pihak perusahaan.

  • Tulis surat lamaran anda dengan Rapih dan jelas
  • Gunakan bahsa yang baik, dapat dimengerti dan tidak bertele-tele
  • Maksud surat dapat dipahamai dengan benar
  • Penggunaan tanda baca benar serta ejaan sesuai dengan EYD
  • Kertas surat lamaran terjaga dengan baik dan rapih
  • Berkas lamaran disusun dengan rapih saat dimasukan kedalam amplop lamaran kerja.
  • Alamat surat tertulis dengan benar dan jelas.

Semoga postingan Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik ini Bermanfaat dan bisa membantu untuk kesuksesan anda dalam melamar kerja.

Cara Buat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Tepat

Posted: 31 Dec 2014 03:30 PM PST

Memilih lamaran pekerjaan yang baik dari yang terbaik adalah tindakan yang akan dilakukan oleh pihak perusahaan ditahap awal penyeleksian perekrutan karyawan baru, sebelum anda masuk ketahap selanjutnya anda harus bisa mencuri perhatian pihak perusahaan agar meloloskan anda untuk bisa mengikuti tes selanjutnya. Dan untuk lolos dari tahapan ini, anda buat lamaran anda dengn baik karena disini pihak perusahaan hanya menilai anda dari berkas/dokumen lamaran pekerjaan yang anda berikan. Cara Membuat Lamaran Pekerjaan Yang Baik kini akan diberikan untuk membantu persiapan anda saat akan membuat lamaran yang akan anda ajukan kepada perusahaan.

Buat  lamaran anda dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

Cara Buat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Tepat

kredit gambar : panduanpencarikerja.blogspot.com

  • Penggunaan Kertas
    Gunakan kertas yang tepat baik itu untuk surat lamaran ataupun daftar riwayat hidup. Anda bisa menggunakan HVS dengan ukuran A4 jika diketik atau kerta folio bergaris jika surat lamaran dan daftar riwayat hidup  anda ditulis tangan.
  • Ketentuan Surat
    Miliki struktur surat lamaran yang telah ditentukan. Jika anda belum mengetahui hal ini, coba untuk mencari tahu tentang struktur surat lamaran kerja dan pastikan surat lamaran anda memiliki bagian-bagaian tersebut.
  • Daftar Riwayat Hidup atau CV
    Buat daftar riwayat hidup anda dengan mencantumkan poin-poin penting yang harus diketahui oleh pihak perusahaan dan memmiliki pengaruh untuk pekerjaan yang akan dilamar. Khususnya untuk keahlian dan pengalaman kerja yang anda miliki. Pilihlah keahlian dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar.
  • Penulisan
    Penulisan Rapih. Jika diketik, pilihlah jenis huruf yang formal dan bila ditulis tangan, tulis dengan hati-hati jangan samapai ada kesalahan penulisan untuk menghindari hapusan, jika anda salah menulis, sebaiknya lakukan pengulangan pembuatan surat kembali jangan menghapus atau mencoret kata yang salah. Itu akan membuat surat anda tidak rapih.
  • Buat Menarik
    Dengan isi yang ringkas dan jelas, buat penampila lamaran anda dengan menarik, anda bisa menggunakan template atau desain yang profesional untuk kertas surat atau CV anda.
  • Pengiriman Surat
    Masukan semua berkas dnegan rapi, pastikan tidak ada yang terlewatkan dalam lampiran serta tidak ada kesalahan penulisann. Sebaiknya lakukan pengecekan ulang sebelum berkas lamaran anda dimasukan kedalam amplop lamaran kerja. Tulis alamat perusahaan dengan Rapih dan jelas.
  • Online
    Jika lamaran kerja anda akan dikirim secara online, sebaiknya nada memperhatikan hal-hal berikut ini.
    1. Pastikan alamat email perusahaan yang akan anda kirim email benar dan resmi.
    2. Tulis dengan baik dan rapih surat lamaran anda dengan Ms. Word dengan formsat PDF
    3. Scan dokumen atau berkas berkas yang diperlukan misal Ijazah, Transkrip nilai dll. Usahakan ukuran file scan berkas tidak lebih dari 300kb
    4. Untuk pengiriman lamaran, Untuk kolom Subjek, tulikan lamaran pekerjaan bisa juga ditambahkan kode pekerjaan yang ingin dilamar, contoh : “Lamaran Kerja – Adm" jika anda mengirim lamaran kerja untuk bagian administrasi.
    5. gunakan akun email dengan nama asli anda agar dapat terbaca dengan mudah dan jelas serta dapat diingat.

Dengan postingan Cara Membuat Lamaran Pekerjaan  diatas semoga bisa membantu persiapan anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Posted: 31 Dec 2014 03:25 PM PST

Lamaran Pekerja Contoh membuat surat lamaran yang baik berikut ini akan diberikan untuk memenuhi persiapan anda saat akan melakukan melamar kerja ke suatu perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan disaat ini. Surat lamaran yang anda buat bisa menjadi penarik minat perusahaan untuk merekrut anda dan meloloskan ditahap awal lamaran kerja ini. maka dari itu harus anda buat surat lamaran dengan baik dan benar, surat lamaran anda akan menjadi awal pembuka pembaca untuk ingin lebih mengenal anda, jika surat lamran anda baik ada kemungkinan untuk perusahaan melihat berkas lamaran yang anda berikan, namun bila surat lamaran anda sudah dibuat dengan tidak baik, berkas lamaran anda yang lain akan terlewatkan. Nah, supaya tidak terjadi kesalahan dalam pembuatan surat lamaran kerja, berikut ini akan diberikan contoh Surat lamaran kerja yang baik dan bisa dijadikan untuk referensi anda.

Bandung , 30 Desember 2014

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik

kredit gambar : www.lowkerr.com

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. Rajasa Putra
Jl. Merpati No 88
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Rajasa Putra yang saya dapatkan dari harian exspres pada tanggal 29 Desember 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT.Rajasa Putra.

Berikut ini adalah data singkat saya
Nama                                   : Puna Purwanti
Tempat / Tgl. lahir       : Bandung, 05 Mei 1995
Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen Informatika
Alamat                              : Jln. Mawar Pitih No. 56
Telepon (HP)                  : 081 234 567 891
Status                                : Belum Menikah

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.
Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,

Puna Purwanti

Semoga Lamaran Kerja Contoh untuk Surat lamaran kerja diatas bisa bermanfaat dan membantu anda untuk persiapan melamar pekerjaan.

5 Konsep Untuk Membuat CV Yang Diterima Baik Perusahaan

Posted: 31 Dec 2014 03:20 PM PST

Curriculum Vitae atau Daftar riwayat hidup merupakan berkas penting yang bisa menjadi penentu berhasil tidaknya anda melamar kerja dan bisa masuk untuk mengikuti tes selanjutnya, CV ini menginformasikan data mengenai diri anda dimana perusahaan akan mengenal diri anda dari CV yang anda buat, untuk itu penulisan dalam sebuah cv perlu anda perhatikan, bagaimana cara supaya CV anda bisa diterima perusahaan dan menarik perhatian pihak perusahaan untuk merekrut anda sebagai karyawan baru dan menempati posisi yang dibutuhkan dengan pekerjaan yang anda inginkan. Agar CV anda ternilai baik, Disini akan diberikan beberapa saran sebagai konsep dasar yang baik dan harus dimiliki CV agar dapat diterima baik oleh perusahaan

5 Konsep Untuk Membuat CV Yang Diterima Baik Perusahaan

kredit gambar : tipskarir.com

  • Pertama ; Curriculum vitae  yang anda buat  usahakan untuk  bisa menggambarkan kemampuan serta keterampilan yang dimiliki, jangan hanya menuliskan sikap sehari-hari anda yang biasa dilakukan di tempat kerja. kemampuan anda itu lebih penting karena disana pihak perusahaan akan mencocokan pekerjaan dengan diri anda untuk bisa tidaknya anda menemapti posisi tersebut.
  • Kedua ; Jangan membuat Curriculum vitae  yang hanya fokus tentang pekerjaan anda di masa lalu, Curriculum vitae yang harus anda buat yaitu menyampaikan tentang kemampuan dan siapa diri anda sekarang ini, disini adalah kesempatan anda untuk menjual kemampuan yang anda miliki dan itu adalah hal ketertarikan yang membuat pihak perusahaan untuk merekrut anda.
  • Ketiga ; Buat Curriculum vitae yang bisa menjualkan kemampuan anda. Anda baiknya Curriculum vitae fokus tentang kualifikasi serta pengalaman yang sesuai dengan posisi yang anda lamar saat ini. Berikan penekanan mengenai apa saja yang menjadi rencana Anda untuk masa depan serta seperti apa cara untuk menggapai tujuan tersebut.
  • Keempat ; Pada umumnya Curriculum vitae hanya berisi daftar pekerjaan yang dulu anda lakukan. Nah untuk saat ini Curriculum vitae haruslah jauh lebih bisa menceritakan tentang prestasi apa saja yang sudah berhasil Anda gapai ketika melakukan pekerjaan dengan begitu CV anda akan terlihat lebih menarik.
  • Kelima ; Pastikan bahwa apa yang anda tulis semuanya jelas, jujur dan ingat tulislah hal-hal yang bisa menunjang anda untuk bisa memenuhi kriteria yang dicari oleh perusahaan, namun itu benar-benar dimiliki anda, cantumkan keahlian serta pengalaman kerja yang memiliki kaitan baik untuk pekerjaan yang akan anda lamar.

Itulah Konsep dasar yang harus anda ketahui dan terapkan saat akan membuat Curriculum Vitae yang baik . Semoga bermanfaat

4 Tips Cerdas Membuat Curriculum Vitae (CV)

Posted: 31 Dec 2014 03:15 PM PST

Curriculum Vitae – Informasi terkait calon karyawan sangatlah penting bagi sejumlah perusahaan yang memang membuka lowongan kerja baru. Oleh karena itu, curiculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup sering menjadi salah satu syarat yang diutamakan bagi pelamar kerja. Setidaknya CV akan menjadi salah satu bahan pertanyaan saat proses wawancara berlangsung sekaligus dijadikan sebagai bahan penilaian. Maka dari itu, anda harus membuat CV anda semenarik mungkin karena hal tersebut dapat menunjukan kemampuan serta keterampilan yang anda miliki.

4 Tips Cerdas Membuat Curiculum Vitae (CV)

Kredit gambar: jobfairindo.co.id

Dalam pembuatan CV tidak diperlukan isi yang terlalu panjang serta bertele-tele, namun anda harus memfokuskan pada kekuatan yang anda miliki serta sejarah anda dalam berkarir jika anda memiliki pengalaman dalam bekerja. Berdasarkan beberapa sumber, ada beberapa hal penting yang perlu anda cermati guna membuat CV yang baik serta menarik.

1. Pernyataan Pribadi

Pernyataan pribadi sangatlah penting untuk menunjukan jati diri seorang pelamar, hal tersebut dapat menggambarkan bahwa pelamar tersebut merupakan orang yang memang tepat untuk bergabung di perusahaan yang dituju tersebut. Para pelamar kerja dapat menyampaikan beberapa alasan serta keterampilan yang memang relavan dengan posisi yang memang dikehendaki.

2. Ketrampilan

Berdasarkan ungkapan dari Paul Mac Kenzie, dalam Cereer Builder, setidaknya ada 3 keterampilan yang memang merupakan kunci yang akurat bagi seorang pelamar tersebut dapat diterima bekerja atau tidak, dan ke-3 kunci tersebut yaitu transferable, berkaitan dengan pekerjaan, dan adaptif.

Transferable yaitu keterampilan yang dimiliki seseorang yang memang telah dipelajari dalam satu bidang pekerjaan, dan hal tersebut juga dapat disesuaikan dengan bidang yang baru yang dilamar, dimisalkan dengan bidang penjualan serta bidang pemasaran. Sedangkan keterampilan adaptif yaitu keterampilan yang dimiliki oleh seseorang namun tidak dibuktikan dengan pengalaman, dan hal tersebut terlihat dari kepribadiannya seperti ulet dalam bekerja, tekun serta mampu dalam memecahkan satu masalah yang dihadapinya. Diantaranya ada beberapa keterampilan yang memang sering dibutuhkan oleh setiap perusahaan, yaitu mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bekerja dalam tim atau pun individu, luwes serta mampu memecahkan satu masalah yang dihadapi. Selain itu, para pelamar kerja juga diharuskan untuk menguasai keterampilan teknis juga komputer guna menunjang kinerja mereka. Dan keterampilan tersebut dapat dikuatkan dengan sertifikat atau piagam penghargaan.

3. Riwayat Pekerjaan

Terkait dengan riwayat anda dalam bekerja, menjadikan satu sorotan yang pasti bagi setiap perusahaan yang membuka lowongan kerja baru. Dalam hal ini, biasanya pelamar harus lebih menonjolkan pengalaman serta keterampilan yang dimiliki oleh mereka dan disesuaikan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Pelamar bisa menuliskan jenis keterampilan yang dimiliki yang digunakan sebagai subjudul, baik dari pekerjaan profesional atau pun yang memiliki sifat sukarelawan.

4. Pendidikan

Pada poin ini sekaligus poin yang terakhir, sebaiknya para pelamar menuliskan atau mencantumkan riwayat pendidikan yang dimiliki secara singkat namun jelas. Para pelamar bisa menuliskan tempat pendidikan, baik sekolah atau pun perguruan tinggi serta cantumkan jurusan apa yang dipilih semasa sekolah. Pada bagian ini sangatlah penting untuk anda cantumkan, dikarenakan pihak perusahaan dapat menilai berdasarkan hasil akademik yang telah diperoleh anda. Walaupun pengalaman dalam bekerja dinilai lebih baik, namun pihak perusahaan juga penting untuk mengetahui latar belakang pendidikan setiap pegawainya. Oleh sebab itu pelamar penting untuk menyusun kualifikasi pendidikan yang dimiliki serapih mungkin, serta usahakan CV yang anda buat tetap bersih saat proses pengiriman berlangsung.

5 Strategi Tepat Hadapi Interview Kerja

Posted: 31 Dec 2014 03:10 PM PST

Tips Interview Kerja – Mungkin anda pernah mendengar orang tua anda berbicara terkait betapa pentingnya membuat kesan pertama yang baik pada proses wawancara kerja, mereka sering mengatakan, “berpakaianlah yang baik untuk sukses”. Mungkin anda beranggapan, ketika mereka mengatakan hal tersebut anda menganggapnya hanyalah seperti kuliah, namun pada kasus seperti ini apa yang diungkapkan orang tua anda memang ada benarnya, dan pastinya ketika orang tua anda berbicara mereka pasti mengatakan hal yang baik bagi kita.

5 Strategi Tepat Hadapi Interview Kerja

Kredit gambar: wolipop.detik.com

Dibawah ini ada 5 strategi yang baik untuk membantu anda dalam menghadapi proses wawancara kerja, yaitu sebagai berikut:

1. Perhatikan busana yang anda gunakan

Ketika satu pekerjaan yang anda lamar diharuskan menggunakan seragam atau pun pekerjaan yang dilakukan di belakang layar, cara anda ketika berpakaian untuk wawancara kerja dapat memberitahu calon atasan anda bahwa anda termasuk kedalam golongan orang-orang yang mengambil posisi pekerjaan yang memang serius dan anda juga termasuk didalam orang yang berpotensional. Untuk anda para kaum pria, sebaiknya anda berbusana dengan menggunakan celana katun yang bagus yang memiliki warna netral serta dipadankan dengan kemeja yang juga memiliki warna yang cocok untuk anda gunakan disaat proses wawancara berlangsung. Dan hal yang serupa juga harus dilakukan oleh anda kaum wanita, pergunakanlah busana yang baik, nyaman untuk digunakan namun terlihat profesional, hindari pemakaian rok yang terlalu pendek atau terlalu panjang. Dan untuk makeup, sebaiknya pergunakanlah makeup yang sama naturalnya.

2. Tampil dengan percaya diri

Ketika anda melakukan proses wawancara kerja, ada baiknya jika anda menatap mata orang yang sedang mewawancarai anda, berjabat tanganlah dengannya, serta ingatlah pesan dari orang tua anda yang lainnya, yaitu anda harus bersikap dengan baik. Dan tentunya, rasa percaya diri akan dengan mudahnya muncul ketika anda mengetahui dengan pasti apa yang anda bicarakan, serta hal yang akan membawa anda menuju titik berikutnya.

3. Persiapkan semua

Sebelum anda melakukan proses wawancara kerja, ada baiknya jika anda mencari tahu terkait posisi yang anda lamar serta tentang perusahaan yang akan anda lamar juga, setelah itu tunjukkan pengetahuan yang anda miliki selama wawancara kerja berlangsung. Ketika pihak perusahaan mengetahui kalau anda telah mencari tahu informasi terkait perusahaan tersebut, maka pihak perusahaan akan beranggapan bahwa anda merupakan seseorang yang cerdas serta memiliki semangat yang besar untuk bekerja.

Dan jika bisa mengetahui lebih lanjut terkait posisi yang anda lamar. Dengan melihat pada website perusahaan atau menanyakan beberapa hal kepada orang-orang yang memang telah bekerja di sana, akan membuat anda berpikir terlebih dahulu terkait keterampilan serta kemampuan yang anda miliki yang sesuai dengan posisi tersebut.

4. Jawab setiap pertanyaan dan minta pertanyaan

Ketika anda menjawab dengan tepat dan baik setiap pertanyaan yang terlontar dari pihak pewawancara, maka pihak pewawancara tidak akan lagi meragukan kemampuan anda dalam bekerja, keterampilan anda, serta semangat anda untuk bekerja. Dan ada baiknya jika anda menyiapkan jawaban sebelum proses wawancara berlangsung.

Jangan pernah anda untuk merasa takut untuk mengajukan beberapa pertanyaan, selama pertanyaan tersebut masih berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar. Karena pertanyaan yang anda lontarkan tidak akan membuat anda terlihat bodoh, justru anda akan terlihat menjadi seseorang yang tidak takut untuk berinteraksi. Namun satu hal yang perlu anda ingat, ketika anda bertanya ada beberapa pertanyaan yang seharusnya tidak anda tanyakan, seperti berapa besaran gaji yang akan anda terima, atau menanyakan terkait aturan cuti di perusahaan tersebut. Ada beberapa hal yang memang tidak cocok atau tidaklah pantas untuk anda tanyakan, dan anda harus memperhatikan hal tersebut.

5. Follow Up

Pada poin ini, mungkin anda bisa mengirimkan ucapan terima kasih via telepon atau email. Katakanlah kepada pihak perusahaan bagaimana anda memiliki ketertarikan untuk bekerja di perusahaan tersebut serta pada posisi yang anda incar. Hal tersebut merupakan bentuk strategi yang sangatlah baik untuk anda lakukan jika anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut.

Ketika anda tengah sibuk mencari pekerjaan, mama anda jangan pernah merasa ragu untuk meminta bantuan kepada keluarga anda, karena bagaimana pun juga orang tua anda atau pun saudara-saudara anda bisa memberikan nasehat yang baik terkait bagaimana caranya berburu pekerjaan.

10 Kesalahan Dalam Surat Lamaran Kerja yang Harus Anda Ketahui

Posted: 31 Dec 2014 03:05 PM PST

Tips Menulis Surat Lamaran – Halaman depan surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang akan dilihat oleh pihak perusahaan ketika mereka membuka file Anda. Agar Anda berhasil pada tahapan awal, maka Anda harus menghindari beberapa kesalahan dalam surat lamaran kerja. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam surat lamaran menurut Kim Isaac, ahli karier dari Monster Resume.

10 Kesalahan Dalam Surat Lamaran Kerja yang Harus Anda Ketahui

Kredit gambar: infojakarta.net

1. Terlalu Banyak Kata "Saya"

Ingat, surat lamaran bukanlah autobiografi Anda. Fokus yang seharusnya ditekankan adalah menjelaskan diri Anda sebagaimana yang dibutuhkan calon perusahaan dan bukan cerita Anda. Hindari persepsi "self centered" dengan menghindari terlalu banyak kata "saya" terutama di awal kalimat.

2. Membuka Surat dengan Cara Lemah

Ketika menulis surat lamaran, pencari kerja kerap bekerja keras demi sebuah kata-kata pembuka. Kesulitan ini menghasilkan pengenalan diri yang lemah tanpa mampu membuat pembaca atau pihak perusahaan tertarik.

3. Menghilangkan Selling Point Sendiri

Sebuah surat lamaran adalah selembar surat yang semestinya menjual kemampuan diri Anda kepada calon perusahaan. Sebagaimana resume, surat lamaran seharusnya berisi alasan utama Anda harus dipanggil untuk sebuah wawancara.

4. Surat Terlalu Panjang

Jangan membuat surat lamaran lebih dari satu halaman, ini akan membuat pembaca surat Anda bosan bahkan tertidur. Sebuah surat lamaran yang baik dibuat ringkas namun menarik sehingga menghormati waktu pembacanya.

5. Mengulang Kata-Kata yang Sudah Ada Dalam Resume

Surat lamaran tak harus mencakp apa yang ada di resume Anda. Ralat kata-kata dalams urat lamaran untuk menghindari membuat Riwayat Hidup atau Resume Anda menjadi tak menarik. Pertimbangkan menggunakan surat lamaran untuk menceritakan kisah singkat Anda seperti, "penjualan terberat saya.." atau "tantangan teknis terbesar saya..".

6. Tak Jelas

Jika Anda ingin membuat surat lamaran berdasarkan lowongan yang diiklankan, cantumkan jabatan tertentu yang sesuai dalam surat lamaran Anda. Pikirkan jika orang yang menyeleksi surat lamaran Anda mungkin harus membaca ratusan surat lamaran untuk puluhan pekerjaan yang berbeda. Pastikan konten dalam surat Anda mendukung sebagaimana kebutuhan spesifik calon perusahaan.

7. Lupa Menyesuaikan

Jika Anda melamar beberapa posisi yang berbeda, kemungkinan Anda memerlukan beberapa pembuka surat. Jangan lupa mencermati informasi tentang perusahaan, pekerjaan, informasi kontak. Jangan sampai salah mencantumkan kepala surat yang sesuai dengan badan surat karena Anda akan membuat perusahaan langsung mencoret Anda.

8. Mengakhiri Surat dengan Kalimat Pasif

Akhir surat juga merupakan penentu masa depan, sebaiknya buat akhir kalimat surat yang bersifat memberi janji untuk menindaklanjuti. Alih-alih meminta perusahaan menghubungi Anda, lebih baik buat pernyataan seperti : Saya akan menindaklanjuti lowongan Anda dalam beberapa hari untuk menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki. Sementara itu, Anda dapat menghubungi saya di…

9. Kasar

Cantumkan pernyataan "terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan" dalam surat lamaran Anda.

10. Lupa Menandatangani Surat

Sebuah etiket bisnis untuk selalu menandatangani surat pernyataan yang dikeluarkan. Ini juga akan memperlihatkan ketidak pedulian, ketika Anda lupa menandatanganinya. Menandatangani dalam e-mail juga bisa diperlihatkan dengan sebuah signature otomatis yang bisa diatur dalam pengaturan e-mail.

Dan itulah beberapa kesalahan fatal yang memang kerap dilakukan ketika Anda tengah membuat surat lamaran kerja.

Cara Tepat Menghadapi Penolakan Saat Mencari Pekerjaan

Posted: 31 Dec 2014 03:00 PM PST

Tips Mencari Pekerjaan – Salah satu hal terberat ketika Anda tengah mencari pekerjaan yaitu ketika Anda mendapatkan sebuah penolakan dari perusahaan yang Anda lamar. Walaupun sebenarnya penolakan merupakan bagian dari proses mencari pekerjaan, bahkan hal tersebut akan lebih sering terjadi dari apa yang Anda pikirkan.

Cara Tepat Menghadapi Penolakan Saat Mencari Pekerjaan

Kredit gambar: arenakarier.com

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika pencarian Anda dalam mencari pekerjaan seperti tidak berujung dan rasa percaya diri Anda sudah pudar? Dan berikut ini ada beberapa saran yang dapat Anda gunakan ketika Anda menghadapi masalah serupa.

1. Anda harus bisa menerima bahwa sebuah penolakan merupakan suatu hal yang sangatlah normal dan akan terjadi dalam proses pencarian kerja. Daripada Anda menyerah dengan keadaan, sebaiknya Anda mengambil pelajaran dari pengalaman yang saat ini tengah Anda alami ini, termasuk kesalahan yang memang pernah Anda lakukan. Dan Anda bisa menggunakan pengalaman yang Anda miliki tersebut untuk membuat diri Anda menjadi orang yang jauh lebih baik serta lebih kuat.

2. Penolakan yang kerap terjadi pastinya tidak mencerminkan diri Anda. Bahkan seorang pelamar kerja yang terbaik pun pernah mengalami sebuah penolakan dalam proses mencari pekerjaan, bahkan terkadang dikarenakan alasan yang paling tidak masuk akal. Jika Anda sudah melakukan yang terbaik jangan merasa malu terhadap penolakan yang Anda terima.

3. Anda harus menjadi orang yang realistis. Dan jangan pernah Anda beranggapan bahwa proses mencari pekerjaan merupakan suatu hal yang sangatlah mudah. Perlu Anda ketahui, rata-rata proses mencari pekerjaan dapat memakan waktu sekitar 4 bulan hingga 1 tahun.

4. Ingat! Anda jangan pernah berhenti untuk berusaha. Cukup besar kemungkinan seseorang menyerah dan tidak mau berusaha lagi setelah mengalami sebuah penolakan besar. Akan tetapi untuk menghasilkan, amat sangat lebih baik untuk menerima kegagalan dengan cara yang positif dibandingkan berlarut-larut dalam kesedihan.

5. Anda harus mengatakan terimakasih apapun yang terjadi. Sebesar apapun kesedihan yang Anda rasakan, katakan terima kasih secara tulus kepada pihak perusahaan, mungkin saja ada kesempatan untuk Anda di masa yang akan datang.

Dan itulah beberapa cara yang bisa Anda pergunakan ketika Anda mendapatkan sebuah penolakan saat Anda tengah mencari pekerjaan. Teruslah berusaha dan bersemangat untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Semoga berhasil!

activate javascript

activate javascript

activate javascript

No comments:

Post a Comment